En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 73 [72] 71 70 69 68 … 1 » Show All

  1. 1800
    safia irma Says:

    aslmu’alaikum..
    dok.
    saya mw nayak. apakah bagus penderita maag mengkonsumsi kopi susu.?
    dan setahu saya pendera maag tu lebih baik tdk banyak mengkonsumsi kopi.
    akan tetapi susu baik untuk penderita maag, apa benar dok?
    sebenernya apa zat yang di kandung kopi yg membuat tidak boleh untuk di konsumsi pnderita maag dok?

  2. 1799
    lina Says:

    Pagi Bu Dokter,

    Sudah 1 minggu ini saya sering keleyengan dan perut agak sakit tertahan. Agak kembung juga. Kepala saya sedikit demam, tapi kadang hilang. Kaki lemas dan badan tdk bertenaga. Apa saya kena infeksi usus ya dok…? Asal mula sakitnya sepertinya sejak saya makan mie di pinggir jalan, dan wkt itu kondisi badan saya memang sedang tidak fit. Saya juga ada maag dan pernah kena infeksi usus krn makan pedas.

    Makasih bu Dokter & salam.

  3. 1798
    Anonymous Says:

    Salam kenal dok. Maaf mau tanya, sy sudah 3 bln mengalami sakit di ulu hati seperti di tusuk dan ditekan, perut kembung, tp tidak mual, sdh periksa dokter sps dlm 3 x, di kasih obat lambung, pernah minum Lansoprasole 1 bln, tp masih terasa sakit, terakhir disarankan endoskopi, tp berhubung biayanya mahal dan harus opname jd belum. Kira” sy sakit apa, dan obatnya apa dok? Mohon jawabnya ke email= marjilansidki@gmail.com

  4. 1797
    Medina Says:

    dok , bagaimana cara untuk melangsingkan tubuh dengan aloe vera ?
    karena selama ini sya mendengar aloe vera dpt melangsingkan tubuh dan mengecilkan perut ..
    terimakasih .

  5. 1796
    Henry Says:

    met pagi dok

    saya mau tanya dr..pada saat mau mandi pagi tiba2 saya mengalami panas ditenggorokan dan panas diulu hati sampai2 sesak nafas.sebelumnya saya sarapan pagi agak pedas,saya jg menderita maag dok..satu hari kmudian sy msh merasakan sakit diulu hati,tp tidak merasa panas hanya sj msh agak sesak nafas..setiap mkn tempe misalnya sewaktu sy telan pas sampai ulu hati kok terasa sakit kayak ada yg mengganjal/lubang pencernaan sy agak sempit,sehingga lngsg sy ikuti minum air putih biar bs turun ke lambung…Ulu hati sy tekan jg agak keras kyk ada yg mengganjal…kira2 itu penyakit apa y dok, mohon infonya dok terima kasih

  6. 1795
    VIDA ARELLYA Says:

    mlm dok saya vida usia saya 19 thn.. saya bnyak skali mngalami.. ksakitan,mkan gak knyang@ trkadang kaya org hamil prut mmbsarr….dada saya panas trasa kaya trbakarr….dan sllu brdbar2 kencang ,,,,trkadang saya bingung mngpa pnggng saya sllu mrasa saklit susah mnelan makanan..lemess udah bbrapa obat saya mnuummm…. tp hsilnua sama saja…gda [prubahann,, stlah saya prustasi dgn pnykit nii saya brobat yg trakhirrr yg bikin aneh knpa dada saya sama ulu hatu saya koq d suntik apa t bbbahya

  7. 1794
    RUTH Says:

    Dok,saya 1,5 th yg lalu kena typus trus makan makanan yg asam/kecut, akhirnya walaupun typus sdh sembuh, saya kena sakit maag parah shg opname 3 bln dan tdk boleh makan makanan berserat. yg boleh saya makan hanya wortel,labu putih dan gambas dan daging yg sdh digiling. apakah saya boleh makan aloe vera? makasih banyak ya dokter

  8. 1793
    iwan setyawan Says:

    Dok, sdh beberapa bulan ini perut saya sering kembung disertai sesak nafas dan saya berobat ke dokter dan di cek darah hasilnya sy terkena thypus 1/640 dan sy dirawat selama 2 hari. tapi sampai saat perut kembung dgn disertai sesak nafas blm ada perubahan, apakah penyakit yg sedang saya alami ini dok?apakah ada kaitannya dgn penyakit jantung dan ginjal?mohon penjelasannya. terima kasih

  9. 1792
    dian Says:

    Dokter yang terhormat…..
    Usia saya 38 tahun.Sudah 3 tahun ini saya kebingungan dengan penyakit yang saya derita dimana saya merasakan lonjakan mendadak pada jantung saya ,Ulu hati saya terasa tak enak dan kadang-kadang saya merasakan rasa sakit didada saya hingga tembus kepunggung.Tenggorokan saya pun juga sakit dan terasa berdenyut juga suara saya parau.
    Yang ingin saya tanyakan penyakit saya ini cuma 1 atau lebih?
    Saya pernah ke dokter THT namun tidak ada hal yang serius dan dokter memberi antibiotik,tapi, sembuhnya hanya sesaat.Pernah juga saya EKG dan hasilnya juga baik.Tolong bantu dok.

  10. 1791
    lilik murni hayati Says:

    selamat malam dok…
    Saya ada sedikit keluhan ni dok…saya sering bersendawa dan buang angin perut kiri bawah sering terasa sakit hingga pegal dikaki kiri. perut saya bagian atas diantara tulang rusuk terasa keras bila ditekan agak sakit dan menjadi mual ???apakah itu gejala maag atau fungsi hati saya yg bermasalah dok?
    Mohon penjelasan

  11. 1790
    togar Says:

    Dokter yang terhormat..
    Saya togar 47 tahun,BB 75 kg.Saya sudah beberapa kali mengajukan pertanyaan di forum ini,tapi kali ini saya mau menjelaskan lebih detil lagi tentang penyakit saya.Sejak 1989 saya menderita maag,pernah pendarahan sekitar 6 tahun yang lalu,dimana BAB hitam sekali dan sangat bau tapi tidak sampai opname.Setelah menemukan blog ini dan menjalankan saran dokter,penyakit maag saya sudah mulai terkendali.Tetapi belakangan ini maag saya bertingkah lagi.Ulu hati nyeri berkepanjangan,kemuadian diatas pusar ada rasa tidak nyaman dan kram pada perut.BAB juga susah,kadang berbentuk bulat seperti kotoran kambing,kadang harus mengedan sekuatnya agar BAB bisa keluar,dan kadang diikuti keluarnya darah segar dan rasa nyeri di anus. Susah BAB ini sudah lama saya alami,kalau tidak salah sudah lebih 6 tahun.Suatu waktu maag kumat,kemudian periksa ke dokter dan dikatakan selain sakit maag saya juga kena fatty liver(setengah dari hati saya ditutupi lemak)Perlu saya tambahkan sampai sekarang BAB saya warnanya kecoklatan.Apakah saya perlu di endoscopy dan klonoscopy,dok?Penyakit ini sangat-sangat membuat saya menderita selama puluhan tahun,dok…Satu hal lagi dok,apakah merokok dapat membuat maag semakin parah?Mohon saran dan nasehat dokter bagaimana cara mengatasi keluhan saya tersebut.Terimakasih sebelumnya atas jawaban dari dokter,salam sukses selalu.

  12. 1789
    vina Says:

    dok saya ingin bertanya saya sudah berobat ke rumah sakit,tetapi tidak kunjumg sembuh dan sering mengalami nyeri di ulu hati.Sebaikny apa yang harus saya lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri?

  13. 1788
    Dr. Sukma Says:

    Halo Poetry A,

    Kemungkinan kesalahan ada pada lambung/ pencernaan anda..

  14. 1787
    poetry adhitria Says:

    Dok, kenapa saya kalau mau bernafas harus nafas panjang baru polng rasanya, sy sdh periksa jantung dan paru2 semua baik dan normal,,,ada apa dok dengan pernafasan saya..

  15. 1786
    Nani Tasyani Says:

    Siang Dok, saya mau nanya,
    1. maag itu apa sih
    2. benar ga maag itu bisa mengakibatkan nyeri di dada dan jantung seperti diremas2 dan agak sedikit sesak, langkah apa yang harus saya lakukan ?
    3. apa betul maag juga mengakibatkan sendawa berlebihan cara mengatasinya bagaimana ya Dok?
    4 obat apa yang saya harus minum,sudah beberapa obat saya minum tapi tidak ada perobahan.

    Terimakasih Dokter

  16. 1785
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ratna,

    Sebaiknya dirawat inap/ opname mengingat kondisi spt itu. Sekalian kalau perlu ilakukan pemeriksaan endoskopi mengingat penurunan BB yg drastis serta wajah yg pucat.

    2. Soal obat herbal nanti aja setelah pulang rawat disesuaikan dg kondisi terakhir.

  17. 1784
    ratna Says:

    Salam…jumpa dokter Sukma, lama tdk konsultasi dengan dokter! Saya mau menanyakan masalah lambung suami saya nih…sudah ke tiga kalinya kambuh tiap 6 bulan dan ini yg ke tiga kalinya parah sampai berat badan susut 5kg dalam wkt 3 hari. Suami sakit sudah 4 hari yg lalu dan berobat ke dokter spesialis penyakit dalam dan ditangani dengan macam obat yg byk. Kondisi fisik sekarang pucat, kurus drastis, masih mual, sebah, dan nafsu makan rendah. Tiap hari saya kasih 2 sdm madu dengan air hangat, pisang rebus, bubur, susu, dan roti mari meski yg dikonsumsi sedikit. Pertanyaan saya :
    1. Apa tidak perlu opname suami saya? Melihat fisiknya kok lemas…banget dan pucat.
    2. Obat herbal apa yg bisa diberikan untuk perawatannya setelah sembuh nanti?
    Terimakasih dokter atas waktu yg diluangkan.

  18. 1783
    ika Says:

    Dear bu dokter,,

    Saya mau tanya, apabila ingin mengkonsunsi aloe vera sebaik nya di minum sebelum atao sesudah makan ?
    Lalu, apakah boleh saya meminum nya dengan cara di Jus aloe vera nya(tdk dikunyah).. ??

  19. 1782
    yudik Says:

    mau tanya dok, saya punya keponakan umur 9 bln lagi diare 1 hari hampir 5x.klo ada obat oralit dan dialac bila diminum bersamaan apakah boleh? dan apa ada efek samping nya? terima kasih.

  20. 1781
    robby Says:

    selamat malam dok,,
    saya ingin bertanya tentang penyakit saya mengenai penyakit saya.
    dibawah ini akan saya sertakan hasil pemeriksaan EGD saya:

    pemeriksaan gastroscopy dan colonoscopy:

    Esophagus:
    upper third : normal
    middle third : normal
    lower third : normal

    Stomach:
    canlia : normal
    fundus: erosi 5bh hiperemis ringan
    corpus : normal
    antrum : ulkus 2 buah , biopsi 2 bh hiperemis sedang
    pylorus : normal

    duodenum:
    bulbus : normal
    1st part : normal
    2nd part : normal

    kesimpulan : ulkus antrum lambung gastritis erosif sedang

    hasil pemeriksaan spesialis patologi anatomik

    makroskopik : 2 buah jaring putih kecil – kecil semua cetak

    mikroskopik : sediaan terdiri atas mukosa gaster tipe antrum, eptel permukaan sebagian erosif. faveola hiperplastik, teratur. kelenjar normal. helicobacter pylorii negatif.tidak tampak tanda ganas.

    kesimpulan: sesuai reactive gastropathy.

    colonoscopy:

    colon:
    anus : hemoroid interna gr I
    rectum: erosi 2bh
    sigmoid : polyp sesil inflamasi 2bh biopsi 1 bh
    descending : normal
    splenic :normal
    transverse : normal
    hepatic : normal
    ascending : normal
    ceacum : normal
    ileo-cecal valve : normal

    kesimpulan: hemoroid interna gr I proktitis infektif DD/proktitisulseratif polyp sesil inflamasi multipel sigmoid

    saran: antibiotik/anti inflamasi, polypectomy (kauterisasi) polyp

    spesialis patologi anatomik

    makroskopik : 1 buah jaringan putih kecil.

    mikroskopik : sediaan terdiri atas mukosa colon dengan epitel permukaan banyak yang erosif. kripta hiperplastik, masih teratur. lamina propria bersebukab sel radang menahun padat dan sedikit tidak tampak kriptitis. tidak tampak ganas.

    kseimpulan : colistik kronik keras, tidak sdesdukti dan masih aktif.

    saya minum obat :
    pantozol 40mg 1×1
    fucoidan 100mg 1×1
    salofalk 250mg 2×1

    dari bagian gizi dilarang untuk makan apel, semangka,pisang dan lemon, serta sayur kangkung,brokoli. dan jika makan roti, rotinya harus dipanggang terleih dahulu

    menurut dokter apakah saya tidak bisa mengkonsumsi semua makanan tersebut ?

  21. 1780
    ulil Says:

    salam kenal dok..mau nanya ini saya sudah diendoskopi dan hasilnya saya positif gastroduodenitis..itu penanggulangannya gimana?saya sudah sebulan ini dikasih ulcycral sukralfat,lansoprazole,sm domperidone gak ada hasil..naah ini saya mau mencoba famotidine dan mylanta..dr dokter sndiri mesti gmn ya?saya jg ada keluhan mudah capek pusing dada terasa ada yg nusuk dan tertekan..srg bersendawa dan buang angin.akan tetapi saya juga akhir2 susah BAB..tp saya jg konsumsi yakult..terima kasih atas jwbnnya dok..

  22. 1779
    stephen Says:

    selamat pagi dok saya baru 1 bulan lebih ini saya periksa KEDOKTER kata dokter asam lambung saya naik tapi saya belum periksa endoskopi tapi saya baca gejala asam lambung yang saya baca di blog kesehatan sama seperti yang saya rasakan saya coba untuk memakan obat yang terbuat dari cacing tanah 2 hari saya mengkonsumsi obat tersebut sudah agak baikan. tapi masih suka kambuh walaupun tidak parah.apa cacing tanah bagus untuk asam lambung? kenapa asam lambung rasanya berbeda-beda gejalanya. kenapa setiap bangun pagi saya sudah agak enakan tapi kalau sudah siang sudah tidak enak khas terutama beberapa menit setelah makan rasanya tidak enak lg apa itu memang gejala asam lambung.memang saya stres berlebih ditempat kerja sampai karena penyakit ini saya resign dr tempat kerja.
    ada lagi dok kalau kalau perut saya tidak perih rasanya badan saya kurang enak.apa itu karna refluks? trimakasih.

  23. 1778
    fania Says:

    dear Dr.Sukma…
    Salam kenal dok, saya fania 23tahun.
    Dok, sudah >2minggu setiap sore sehabis ashar badan saya dingin, kepala pusing 7keliling, mual, kadang sampai muntah, seperti ada kabut tipis jika saya melihat, persendian juga kadang sakit.
    Sekitar setengah tahun yang lalu saya juga mengalaminya namun hanya pada pagi hari sampai menjelang siang.
    Riwayat kesehatan: Dulu waktu SMP, saya pernah terkena gejala thypus, saya juga punya maag, reumatik, vertigo, haemoroid, hipotensi dan terkadang perut bagian bawah sebelah kiri saya sakit, saya juga pernah dipukul beberapa kali dibagian kepala selama 7tahun diwaktu yang berbeda.
    Saya pernah ke 3 dokter syaraf berbeda, namun vertigo saya tetap tidak sembuh.
    Sebenarnya saya sakit apa ya dok? Dan apa yang harus saya lakukan?
    Mohon penjelasannya dok.
    Terima kasih banyak dokter.

  24. 1777
    dessy Says:

    Dear Dr Sukma,
    suami saya menderita Pankreatitis. Kami sudah ke dokter dan diberi obat Neolanta serta Domperidone 10mg untuk mengatasi rasa mualnya. Setelah 2 hari mengkonsumsi obat tsb, suami saya masih sering muntah2 dan jadi phobia untuk makan. Padahal cara meminum obatnya sudah sesuai anjuran (neolanta saat sedang makan. domperidone sebelum makan. yang ingin aku tanyakan:
    1. penderita pankreatitis bisa makan apa saja ya dok?
    2. apa bisa makan daging lidah buaya + jus apel? sbg tambahan info, suami sy komplikasi ke ginjal dan hipertensi jg saat ini :( ..
    3. apa bedanya simethicone dengan lipase, amilase dan protease?
    4. mnr Dr. Sukma, obat apa yg terbaik utk mengobati pankreatitis?

    Saya tunggu kabarnya dokter.
    Terima kasih,
    Dessy

  25. 1776
    Sysca Says:

    Dear Dr Sukma….

    Saya punya keponakan umur baru 1thn. Tapi sudah kena Thypus. Boleh tau perawatannya gmn ya dok.

    Thanks infonya

    Salam
    Sysca

Pages: « 74 73 [72] 71 70 69 68 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe