UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

  1. 200
    Dr. Sukma Says:

    Halo Erlan ,

    Sepertinya keluhan anda sehabis diare tsb. BUKAN gejala maag. Apa yang anda rasakan itu adalah gejala sisa atau efek samping dari diare, dimana gerakan usus belum kembali normal. Nanti akan hilang sendiri. Sementara ini minum teh hangat, sudah cukup. Nothing to do with your stomach. Yang bermasalah adalah usus anda, bukan lambung. Diare bisa akibat kurangnya hygiene&sanitasi atau makanan terkontaminasi bakteri, virus, jamur, dst. Atau makanan yang tercemar bahan yang bersifat racun.

    So, yang harus dijaga adalah kebersihan rumah dan lingkungan agar lalat tidak beterbangan dan cuci tangan sebelum makan.Satu lagi hati2 jajan dipinggir jalan, banyak debu dst.

  2. 199
    Joshua Erlan Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Saya Erlan, saya mau tanya beberapa hari yang lalu saya sempat terserang diare dan keesokan harinya diare saya berhenti dan semenjak saat itu sampai 3 hari kedepan saya sendwa terus dan perut aga ga enak.
    apakah hal terebut karena asam lanmbung berlebih? kalo ya, kira2 makanan apa selain aloe vera yang diajurkan dan jenis2 makanan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi dalam kondisi seperti ini.

    thanks untuk jawbannya dok.

  3. 198
    P. Lubis Says:

    Ma’af Ibu Dokter, ada pertanyaan saya yang terlupakan, tapi bukan mengenai penyakit ‘maag’.

    Teman saya menderita sakit usus buntu. Namun untuk di operasi, dia tidak mempunyai biaya.

    Pertanyaannya: “Adakah cara pengobatan alternatipnya, dan cara makan yang bagaimana yang baik untuk penderita sakit usus buntu, yang Ibu Dokter sarankan?”

    Atas perhatian dan kebaikan Ibu Dokter, saya ucapkan banyak terimakasih.

    Salam,
    P.Lubis

  4. 197
    P. Lubis Says:

    Selamat pagi Ibu Dokter,

    Terimakasih jawabannya atas pertanyaan-pertanyaan saya sebelum ini.

    Ini saya ada beberapa pertanyaan lagi, Dok.

    1. Dokter ada mengatakan, “hindari makan gorengan”. Apakah yang Dokter maksudkan gorengan (tahu, tempe, pisang goreng dlsb.) yang sekarang ini banyak di jual di pinggir jalan? Bagaimana dengan gorengan yang dibuat sendiri di rumah?

    2. Bagaimana dengan nasi goreng, mie goreng, ikan goreng dlsb. yang di jual di warung, resto, ataupun dibuat sendiri di rumah?

    3. Apa yang sebenarnya harus dihindari disini, Dok, minyaknya itu sendiri atau kwalitet dari minyaknya? Bila kwalitetnya, minyak goreng yang terbuat dari bahan apa yang baik kami gunakan untuk menggoreng?

    Atas perhatian dan jawaban Dokter, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

    Salam,
    P. Lubis

  5. 196
    Dr. Sukma Says:

    Halo Herman,
    1. Yang saya tahu BE ada yang early dan full-blown. BE yang masih berupa fokus, tidak pada seluruh dinding esofagus kita sebut ‘early’. Setelah meluas hampir diseluruh bagian disebut ‘full-blown’
    2. Yang harus dilakukan yaitu sikap kooperatif terhadap terapi yang diberikan dokter anda.Semua obat diminum sesuai jadwal secara teratur dan terus-menerus (sustainty). Yang tidak bolah adalah semua makan pantangan penderita maag -apalagi sudah BE- asam, pedas, santan, gorengan, alkohol, kopi, soft drink, dst. Juga sangat penting PIKIRAN HARUS TENANG, hindari stress, ISTIRAHAT yang cukup (tidur malam 8 jam), jangan begadang.
    3. Untuk kasus anda cukup satu kali sehari aloevera dikonsumsi.Maksudnya agar setiap hari maag anda yang sedang ‘upsets’didinginkan dan dijinakkan dengan lapisan aloevera.
    4. Soal susu sebelum tidur untuk penderita BE tidak baik, terus terang saya tidak tahu. Apabila tulisan itu updated dan dari sumber yang bisa dipercaya, you better believe it..

  6. 195
    Dr. Sukma Says:

    Halo P. Lubis,
    1. Iya, betul. Semua itu adalah gejala maag. Karena selalu ada variasi kecil antara satu individu dengan individu lain.
    2. Muntah dengan bercak darah, disebabkan pecahnya pembuluh darah saat reaksi muntah terjadi dengan tiba-tiba disertai gerakan pencernaan yang cukup kuat. Menghindari terulang lagi, sebaiknya anda lakukan FSF (Frequent Small Feeding), artinya jangan dibiarkan lambung kosong. Segera diisi dengan camilan ringan atau susu dengan porsi kecil.
    3.Jice apa saja, terserah sesuai selera, asalkan jangan juice jeruk dan juice lain yang rasanya asam. Cukup 3 kali seminggu.
    4.Lemon water asam, sedangkan powerade mengandung gas. Jadi hindari keduanya, termasuk semua soft drink bagi penderita maag.

  7. 194
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy,

    1. Tidak ada efek samping aloevera. Siapa saja boleh mengkonsumsi. Kalau setiap hari mungkin agak merepotkan. Saya sendiri cuma 2 kali per minggu. Dan ini cukup efektif untuk kondisi saya.Sebaiknya anda coba setiap dua hari sekali, rasakan sendiri dampaknya.
    2. Mengenai gol darah O yang tidak boleh konsumsi aloevera sudah pernah saya jawab pada posting yang sudah lalu. Saya pikir tidak boleh, kalau individu bergolongan darah O tersebut normal dan sehat. Akan tetapi bila sedang bermasalah dengan maag, saya pikir harus bisa membuat prioritas. Pantangan itu dapat diabaikan, karena ada hal mendesak dan penting yaitu sakit maag yang sedang diusahakan untuk menjinakkannya.
    3. Aloevera tidak mengadakan cross-reaction dengan obat apapun, jadi aman. Karena aloevera cuma pendingin dan pelapis lambung yang lagi ‘upset’.

  8. 193
    Andy Says:

    Selamat siang Dokter,

    Saya mau tanya :

    1. apa konsumsi aloe vera tiap hari tidak apa2 ?

    2. Terus bagaimana kalau gol. darah O, apa boleh konsumsi aloe vera, kan menurut diet gol.darah katanya tidak boleh.

    3. saya saat ini hipertiroid, msh konsumsi obat tiroid. apa tidak ada efek samping kalau konsumsi aloe vera ?

    Mohon penjelasannya. Trima kasih Bu dokter.

  9. 192
    P. Lubis Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Saya mempunyai penyakit maag yang sudah cukup lama, namun keluhannya selama ini bila telat makan mual-mual dan perut terasa hangat dan kadang-kadang kepala terasa pusing, kadang-kadang badan serasa demam begitu, Dok. Kemarin ini saya mencoba utuk berpuasa (saya makan saur), namun tengah hari perut saya terasa mual lalu muntah, ada sedikit bercak darah dalam muntahnya, Dok. Mau tidak mau saya harus membatalkan puasanya, dengan mengunyah mylanta dan makan biskit, Dok. Pertanyaan saya, Dok:

    1. Apa memang gejala mual, perut hangat, badan demam, dan kepala pusing itu gejala-gejala normal penyakit maag?
    2. Apa yang menyebabkan muntah saya itu ada bercak darahnya? Apa yang harus saya lakukan untuk menghindari hal yang sama?
    3. Selain apple juice, juice atau cairan apa saja yang baik untuk saya campur dengan irisan lidah buaya itu? Sebaiknya lidah buaya itu diminum 2x sehari atau 3x seminggu?
    4. Apa dampak pada maag saya bila saya meminum ‘Lemon Water’ dan juga ‘Powerade’?

    Atas perhatian serta jawaban Dokter, sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak terimakasih.

    Salam,
    P.Lubis

  10. 191
    Herman Says:

    Halo dok,

    sorry ketinggalan pertanyaan berikut…

    4. apa benar kl minum susu sebelum tidur itu tidak baik untuk penderita barret esofagus ? saya baca dari http://yosefw.wordpress.com/2008/01/01/penggunaan-proton-pump-inhibitor-pada-penderita-refluks-gastroesofagus/

    thanks Bu.

  11. 190
    Herman Says:

    Halo Dok,

    Terima kasih banyak atas jawabannya…

    Yg saya mau tanyakan lebih lanjut:

    1. Dok, apa benar barret esofagus itu ada grade nya seprti A,B,C,D?

    2. Apa yg harus saya lakukan dan apa yg tidak boleh saya lakukan( pantangan) untuk cepat sembuh khususnya dari barret esofagus?

    3. Saran Dokter, berapa kali sehari saya harus mengkonsumsi aloe vera untuk kasus saya di atas?

    Thanks

  12. 189
    Dr. Sukma Says:

    Halo Herman,

    Dari hasil biopsi endoskopi, kelihatannya Barrett’s esophagus (BE) yang agak merisaukan. Karena diagnosis BE, berarti telah terjadi perubahan dinding mukosa tenggorokan/ esofagus yang mengganti jenis mukosa normal menjadi jenis mukosa usus halus yang disebut ‘metaplasia intestinal’(MI).

    Menurut teori, MI merupakan kondisi satu langkah lagi kearah karsinoma esofagus (kanker ganas esofagus). Namun demikian, mudah2an kondisi anda tidak separah yang diperkirakan.

    Saran saya, sebaiknya anda minum obat yang diberikan sesuai aturan dan jangka waktu yang dianjurkan oleh dokter internist yang mengobati anda. Semua obat yang diberikan pada anda sudah sesuai dengan standard terapi yang baik. Namun soal apakah bisa disembuhkan, jawaban saya : kalau kooperatif, sebagian besar pasien akan sembuh.

    Sedangkan aloe vera tetap dapat dikonsumsi sebagai tambahan yang TIDAK MEMBERIKAN EFEK SAMPING, namun membantu mempercepat penyembuhan.

  13. 188
    Herman Says:

    Hi Ibu Dokter,

    Saya sudah menjalani endoskopi dan hasilnya:
    - barret’s esofagus
    - gastritis ringan
    - hiper sekresi cairan lambung

    Dan saya diberi obat2 dan disuruh minum selama 3 bulan:
    - nexium
    - motilium
    - muctosa
    - Rillus

    Yg saya mau tanyakan…

    1. apa itu barret’s esofagus? dan bagaimana cara alternatif untuk menyembuhkannya? apa bisa dg aloe vera?

    2. apakah dg obat2 tersebut diminum selama 3 bulan itu tidak apa2(aman)?

    3. apakah bisa sembuh dg obat2 tsb. setelah 3 bulan, Dok?

    Mohon pencerahannnya, Dok….
    Thanks

  14. 187
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andi,

    Seringkali flek-flek kecoklatan dapat disebabkan gangguan hormonal atau ketidak seimbangan antara hormon estrogen dan progesteron. Tidak berbahaya, namun bila dibiarkan berlarut-larut akan menimbulkan dampak serius.

    Jadi sebaiknya anda kunjungi dokter SpOG untuk periksa dalam, dilanjutkan dengan pemeriksaan kadar hormon dalam serum/darah.

  15. 186
    andi Says:

    Halo dok pa kabar, saya andi terima kasih atas jawaban sebelumnya pada point 153 dan 155.

    atas saran dokter kami telah melakukan test pack sebanyak dua kali dan hasilnya negatif. Test ini kami lakukan dengan jarak dua minggu. tapi pada 3 – 4 hari belakangan ini pacar saya mengalami hal serupa yaitu mengeluarkan cairan coklat sedikit-sedikit jarak keluarnya tidak tentu. bisa 1 hari beberapa kali dan bisa tidak sama sekali.

    maaf saya review kondisi pacar saya : – haid terakhir tgl 2/9/2008
    sebelumnya – keluar cairan merah kecoklatan awal bulan 10/2008
    – keluar cairan kecokaltan di minggu kedua bulan 11/2008
    – melakukan test pack dua kali jarak dua minggu, hasil negatif
    – keluar cairan kecoklatan awal minggu pertama bulan 12/2008

    dari penjelasan saya dok, kira-kira apa yang terjadi pada pacar saya ya dok ?

    mohon jawabannya dok, terima kasih.

  16. 185
    Andy Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Puji syukur pada Tuhan. Dengan terapi herbal lidah buaya, maag saya sudah berangsur2angsur membaik, belum 100% tapi sudah kerasa bener perbaikannya. Trimakasih buat dokter yang sudah dengan telaten menjawab email saya dan anjurannya menggunakan lidah buaya.

    Salam,
    Andy

  17. 184
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yanto,

    Saya turut bersyukur bahwa anda telah terbebas dari gejala maag. Keep your stomach healthy..

  18. 183
    Yanto Says:

    Assalamu’alaikum Dok.
    Saya sudah mencoba saran Dokter untuk mengkonsumsi lidah buaya. alhamdulillah kasiatnya memang luar biasa saya rasakan. Setelah mengkonsumsi lidah biaya selama kurang labih satu minggu hampir semua keluhan yang ada pada lambung saya dapat dikendalikan alias sembuh, semoga teman2 yang mempunyai keluhan spt saya dapat memanfaatkan lidah buaya tersebut. Sekali lagi terima kasih Dok.
    Wassalam

  19. 182
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aziz,

    Pankreoflat saya pikir ada dimanapun, termasuk arab saudi.

    1. Bukan sakit maag
    2. Boleh dicoba penambah nafsu makan dan multivitamin
    3. Alternatif lain belum saya lihat ada.

  20. 181
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sri,

    Anak kecil biasanya sangat jarang kena sakit maag. Bisa dihitung dengan jari tangan. Untuk masalah kembung pada anak usia 5 tahunan, sebaiknya coba dulu dengan rutin setiap kali habis mandi, pagi dan sore hari dinding perut diusapkan minyak telon untuk bayi.Diusap secara merata, keseluruh dinding perut.

    Sakit maag sebenarnya tidak diturunkan dari orang tua ke anak. Akan tetapi bila sifat dan temperamen anak dengan orang tua sama saja, yaitu sama2 perfectionis, dan gampang emosi serta kurang sabar, biasanya si anak akan juga bisa terkena sakit maag. Dan jangan lupa, bila orang tua sakit maag dan ditemukan positif kuman HP, maka si anak yang tinggal satu rumah bisa tertular infeksi HP.

    Secara logika, ya. Obat pelangsing akan memperburuk kondisi sakit maag. Namun demikian, anda boleh coba dulu, bila tidak ada keluhan silahkan diteruskan minum obat pelangsing. Karena reaksi tubuh terhadap obat yang dikonsumsi bersifat individuil, lain orang lain pula dampak yang dirasakan.

  21. 180
    sri Says:

    Dear bu dokter
    Mohon bantuannya, apakah penyakit maag itu bisa keturunan ?
    Anak saya umur 5 tahun, sering mengalami perut agak kembung dan susah sendawa. Saya takut sekali dia punyakit maag seperti saya, bagaimana mencegahnya untuk anak kecil ? mungkinkah anak kecil punya penyakit maag ?
    Selain itu apakah berbahaya buat orang yang punya penyakit maag minum obat-obatan pelangsing badan ?

    Terimakasih banyak sebelumnya

    Regards
    Sri

  22. 179
    aziz Says:

    Met pagi bu Dr yg baik hati….

    Akan saya coba saran bu Dr,dan u pankreoflat mngkn lbh efektif tp apa bs sy dpt di sini?soalnya terus terang aja sy lg^^mncari sesuap nasi di negri orang^^(saudi) atau mngkn product tsb sm di tiap negara?
    Dan satu lg bu Dr,anak sy sejak umur sktr 6 th – 12 th(skrng)nafsu mkn berkurang sampai badan kelihatan kurus,beda sekali dg adiknya yang jenis makanan apapun dia pasti suka,alhasil badanpun lebih berisi.pertanyaanya:

    1.Apa itu gejala pnykt maag ?
    2.Apa mngkn bisa diatasi dgn memberi multi vitamin dan obat nafsu mkn misalnya?
    3.Atau mngkn ada cara lain yg efektif ?

    mohon petunjuknya dr bu Dr yg baik hati….

  23. 178
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aziz,

    1. Bisa sakit maag bisa yang lain seperti aerophagia, dll.
    2. Menghilangkan angin itu bisa dengan menghangatkan dibagian banyak angin dengan menempelkan heating pad atau air hangat dalam botol yang ditempelkan kedinding perut yang bermasalah itu.
    Cara lain, bisa dicoba minum pankreoflat yang berkhasiat mengempiskan udara dalam perut.
    Terakhir, coba nungging (knee-chest position), lutut menempel didada, sehingga angin bisa keluar dari pencernaan via anus.

  24. 177
    aziz Says:

    malem dok,aku punya keluhan di bawah ulu hati,kalau aku pijit pijit emang ada angin di situ,tapi kok nda bisa hilang tu angin.sampai sekarang mngkn dah 2 minggu tu angin nongkrong disitu.pertanyaanya :
    1.apa itu penyakit maag
    2.bagaimana caranya pengobatannya & ngusir tu angin
    3.makasih banget atas jawabannya nanti
    dan perlu dketahui,ini pernah terjadi beberapa kali,tapi u sblmnya bisa hilang bersama BAB.dan u penyebabnya memang terlambat makan,tp heran bila sudah ada angin nda bisa hilang dgn mudah bahkan sekarang dah lbh dr 2 minggu.
    sekali lagi makasaih yg guede banget.

  25. 176
    Dr. Sukma Says:

    Halo Abe,

    Paling tepat justru makan kecil atau ngemil pas disaat perut terasa lapar.Baik untuk sakit maag dan untuk orang normal juga. Perut lapar merupakan sinyal alami yang mengisyaratkan pencernaan kosong sedangkan enzim pencernaan tersedia cukup. Sehingga inilah saat paling tepat untuk melahap sesuatu untuk meredam asam lambung dan enzim pencernaan lain

    Makan besar (lunch atau dinner), pada kondisi anda sebaiknya diabaikan saja, karena anda susah makan. Jadikan NGEMIL SEBAGAI SUMBER ENERGI instead of lunch and dinner..

Pages: « 74 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe