UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

  1. 225
    Ogi Nugraha Says:

    selamat sore dok,

    Dok apa betul gejala perut sering kembung itu di sebabkan tersumbatnya saluran empedu, bagaimana caranya membedakan dengan penyakit maag…?

    makasih dok

  2. 224
    Dr. Sukma Says:

    Halo Asep,

    Benar sekali. Keluhan yang anda rasakan saat ini ada hubungannya dengan sakit lambung/maag anda dulu yang kambuh lagi. Kurangi makan, jangan sampai terlalu kenyang. Sebaiknya lakukan FSF (Frequent Small Feeding)yaitu cara makan dengan porsi kecil, tetapi sering. Misalnya setiap 1-2 jam sekali, anda makan 5 sendok nasi dengan lauknya.

    Hindari semua makanan bercita rasa asam, bersantan, berminyak/gorengan. Alkohol, kopi, soft drink juga dihindari..

  3. 223
    asep Says:

    Dok, saya punya kebiasaan setiap pagi sebelum/setelah makan apabila ada bau yang sedikit menyengat atau kebanyakan ngomong sering merasa mual apalagi kalau makan kekenyangan harus dimuntahkan dulu, kalau saya tahan rasa mual lama sekali hilangnya, 3 tahun yang lalu saya pernah menderita infeksi lambung apa gejala yang saya rasakan setiap pagi ini ada pengaruhnya dengan penyakit yang pernah saya derita? bagaimana cara mengatasi hal ini, trimakasih

  4. 222
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ogi Nugraha,

    Kemungkinan terlalu banyak udara didalam pencernaan anda yang disebut AEROPHAGIA. Bisa disebabkan oleh jenis makanan dan minuman, bisa juga akibat udara yang tertelan saat bicara, dst. Jadi cobalah minum obat pankreoflat yang bisa dibeli di apotik. Minum 3 kali sehari, sebelum makan.

  5. 221
    Ogi Nugraha Says:

    dok, maaf saya mau tanya lagi perut saya masih suka kembung dan kalau dipegang tersa keras, tetapi saya masih bisa banyak makan jadi sebenarnya maag saya itu bagaimana….?

  6. 220
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eka,

    Mengenai TB 175 dan BB 62, termasuk ideal meski sedikit agak kurus.Soal BB ini sebaiknya let it be, nanti juga akan balik bila maag anda sudah tenang. Kalau saya cenderung suka melihat individu sedikit agak kurus dibandingkan kelebihan bobot. Akan lebih kelihatan ‘dandy dan trendy’.

    Susu Hi Lo produksi Nutri Food yang bertanda ‘Active’, diperuntukkan mereka yang berusia 19-50 tahun. Dikemas dalam kotak kardus dengan berat 200 gram dan 500 gram, dengan cita rasa coklat, vanilla dan tawar. Kalau saya suka rasa vanilla.Seperti namanya, susu ini High calcium dan Low fat.

    Soal olah raga basket, sebaiknya pause dulu. Sebab basketball termasuk olah raga cukup berat, banyak berlari dan meloncat tinggi untuk memasukkan bola ke basket. Dan itu semua sangat menguras tenaga. Maag akan sulit sembuh bila diteruskan jadwal bermain basket anda. Nanti kalau maag sudah baik, perlahan dan bertahap anda bisa kembali berolah-raga.

    Bila marie regal terasa perih, sebaiknya kalau ngemil minum susu Hi Lo, dengan porsi kecil, setengah cangkir setiap kali minum. Semoga berhasil…

  7. 219
    eka Says:

    Pagi dok..
    Alhamdulillah, setelah td mlm saya makan ALOEVERA sesuai petunjuk dokter, perut saya terasa enak, tapi kalo habis makan marie Regal, perut saya terasa perih, kenapa dok? Apa kandungan susu di dalam marie tersebut?
    Kemudian mengenai berat badan saya yang turun dari 65kg menjadi 62kg, apa bukan masalah? Perlu dokter ketahui, tinggi saya 175cm..
    Trus mengenai anjuran minum susu yang high calcium but low fat, contohnya susu merk apa? Dulu saya pernah minum susu Anline coklat, L-Men coklat , tp perut saya terasa perih..
    Saya juga suka olahraga, terutama basket, dalam kondisi sekarang ini, apa saya boleh olahraga basket?
    Terimakasih banyak atas semua saran dari dokter & waktu untuk saya…..

  8. 218
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eka,

    Mengenai BB anda yang menyusut 3 kg, pendapat saya justru baik. Anda pasti kelihatan lebih slim dan enak dilihat, good looking guy. So, be happy..

    Selama lambung anda bermasalah, sebaiknya makan rebusan saja. Artinya daging, telor, ikan dan sayuran yang direbus atau dibikin sop yang bening, tidak memakai santan. Hindari nasi goreng dan semua yang berminyak dan berlemak. Minum susu high calcium but low fat. Cara makan seperti ini sangat jauh lebih sehat daripada makanan serba goreng dan bersantan. Lambung aman, jantung sehat tekanan darah normal dan penampilan lebih keren & stylish..

  9. 217
    eka Says:

    Terimakasih atas jawaban pertanyaan saya yang sebelumnya, nanti akan saya coba ALOEVERAnya. Trus saya harus makan lauk dengan cara pengolahan yang bagaimana? Berat badan saya juga menyusut 3kg ( dari 65kg menjadi 62 kg), saya harus makan apa, biar berat badan saya kembali. Terima kasih atas saran dokter..

  10. 216
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eka,

    Untuk sementara lauk yang dibakar dan digoreng kesukaan anda distop dulu, demikian pula camilan roti tawar diganti marie regal sampai sakit maagnya tenang. Kemungkinan dalam 1-2 bulan, andaikan anda mulai hari ini mengkonsumsi lidah buaya (aloevera)-seperti ditulis dalam artikel saya ini- saya perkirakan sakit maag anda akan mulai tenang, bahkan pulih kembali.

    Aloe vera dikonsumsi cukup 2 hari sekali. Insya Allah, semuanya akan beres..

  11. 215
    eka Says:

    Hai dok.. saya pria 28 thn. Udah 2 bln ini maag saya kumat, kemarin ke dokter dan dikasih obat myloxan, redusec & gavistal-10.Klo makan saya kadang saya juga makan ikan bakar, telur goreng & tahu goreng.Trus klo lagi perut kosong saya makan roti tawar (apa aman, kan mengandung ragi). Sampai sekarang maag saya belim sembuh. Mohon saran dari dokter. Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak

  12. 214
    Dr. Sukma Says:

    Hai P. Lubis,

    Hampir pada setiap buah mengandung vit. C. Jadi sebaiknya pilih yang kandungan vit. C nya terendah. Pengalaman saya juice apel paling tepat. Kandungan vit C nya tidak tinggi, namun terdapat antioxidant juga. Antioxidant sangat baik untuk merepair segala macam kerusakan jaringan.

  13. 213
    P. Lubis Says:

    Hello Bu Dokter,

    Terimakasih jawaban-jawaban atas pertanyaan-pertanyaan saya sebelum ini. Namun saya masih ada pertanyaan lagi nih, Dok.

    Dokter memperbolehkan lidah buaya diminum dengan juice apa saja yang kita sukai. Namun, Dok, kalau saya lihat label dari bermacam-macam juice yang dijual di toko, semuanya mengandung Vit. C atau zat asam lainnya, bagaimana cara memilih juice yang baik bagi penderita sakit maag, Dok? Apa batasan-batasan dari kompisisi yang terkandung dalam juice tersebut yang dapat kami pegang sebagai acuan,atau yang kami harus perhatikan, Dok? Karena Dokter menyarankan untuk menghindari makanan / minuman yang mengandung asam.

    Atas perhatian dan nasihat Ibu Dokter, sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih.

    Salam,
    P.Lubis

  14. 212
    herutoto Says:

    terima kasih ya Dok utk saran nya…..
    salam
    herutoto

  15. 211
    Dr. Sukma Says:

    Halo pak Herutoto,

    Keduanya bisa : sakit maag atau jantung koroner. Dalam hal ini mengingat usia bapak dan kebiasaan merokok, sebaiknya kita memikirkan yang lebih berat dulu, yaitu jantung koroner. Pada penyakit jantung koroner ini, memang beberapa pasien akan mengeluhkan soal sendawa atau belching yang yang terus-terusan dalam waktu cukup lama. Kalau sakit maag, biasanya sendawa TIDAK terus-terusan seperti itu namun hanya sekali-sekali. Plus ada rasa sakit di dada sebelah kiri yg khas sakit jantung.

    Sebaiknya bapak kunjungi dokter penyakit dalam dulu. Nanti dari sana akan diarahkan, apakah perlu ke spesialis jantung/ cardiologist. Makin cepat bapak kunjungi dokter anda, semakin baik.

  16. 210
    herutoto Says:

    Dokter,saya laki2 umur 56 thn tinggal di surabaya,ingin saya konsultasi kan saya menderita rasa nya perut bgn bawah sebelah kanan terasa gak enak,sendawa terus2 an kadang2 bisa 1 jam sendawa terus,dan dada sebelah kiri terasa gak enak juga seperti gejala angina pectoris..BAB lancar setiap pagi,saya perokok kadang napas terasa sesak……tolong tanya apakah ini gejala sakit maag atau jantung koroner ?
    terima kasih Dokter saya tunggu jawaban dari dokter
    salam
    herutoto

  17. 209
    Dr. Sukma Says:

    Hai Arnold,

    Seperti yang berulangkali saya tulis, memang betul aloevera dikonsumsi mentah begitu aja, plus juice apa saja tergantung kesukaan anda. Yang berkhasiat dari aloevera khusus daging dan lendirnya. Getahnya yang kuning sebaiknya dibuang saja.

    Soal rasa menjadi nomor sekian dan dapat diabaikan, bila kesembuhan maag yang utama dan kita cari. Anda setuju, bukan ?

  18. 208
    Dr. Sukma Says:

    Halo Herman,

    Maaf dua hari kemarin saya agak repot dengan urusan pekerjaan di laboratorium. Baiklah akan saya jawab, sbb. :

    1. Betul. Semua sayauran yang anda tulis menimbulkan banyak gas dan tidak baik bagi penderita maag.
    2. Bayam makanan favorit Popeye, pengalaman saya sangat baik bagi penderita maag. Menenangkan.
    3. Penderita maag sebaiknya menghindari sayuran : kangkung,kacang-kacangan dan kubis/kol, berbagai macam sawi dan sayuran yang anda tulis pada point 1.

  19. 207
    Arnold Says:

    Hallo ibu dokter,

    Saya terkesan denagn artikel2 ibu…terutama mengenai saran bisa agar terbebas dari penyakit maag ini. Semalam saya coba mengkonsumsi aloe vera campur jus jambu merah (boleh??) memang agak susah ditelan kalau dimakan mentah2..rasanya agak pahit dan getir..(benar bu, rasanya seperti itu??)tapi saya merasa memang perut jadi lebih tenang. Yang mau saya tanyakan apa sudah benar cara saya konsumsi mentah2 setelah dikupas kulitnya dan makan bersama lendir2nya.?rasanya agak pahit dan getir?terima kasih. salam dari saya.

  20. 206
    Yana Sahertian Says:

    selamat pagi dok.. saya lagi neh, hehehe.. saya mau nanya dok, saya punya penyakit maag, dulu sewaktu ke dokter A saya disarankan makan sedikit2 tapi sering, tapi setelah saya ke dokter B, katanya jangan makan terlalu sering, karena jika terlalu sering makan maka lambung akan memproduksi asam yang berlebihan, dan saya harus makan teratur setiap harinya, 3x sehari dengan jam yang sama setiap harinya, yang betul yang mana ya dok? apakah orang yang mempunyai penyakit maag akut sama sekali tidak boleh makan asam, santan, atau kopi? lalu, apakah yoghurt dan jeruk nipis aman bagi penderita maag?
    terima kasih dokter..

  21. 205
    Herman Says:

    halo Ibu Dokter,

    Saya mau tolong tanya apa…
    1. apa gambas, selada air, sawi(caisim) mengandung gas? apa tidak baik utnuk maag?
    2. apa sayuran bayam boleh untuk penderita maag?
    3. sayuran2 apa saja yg tidak boleh dikonsumsi penderita maag?

    thanks

  22. 204
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aziz,

    Makasih kembali. Ntar pulang dari Saudi bawain korma, ya?

  23. 203
    Aziz Says:

    Selamat malam bu doktor…
    mudah mudahan masih ingat saya,aku cuma numpang lewat ngucapin terima kasih atas pankreoflatnya.
    perutku udah nyaman,ndak nek lagi.Sekali lg makasaih.

  24. 202
    Dr. Sukma Says:

    Halo P. Lubis, jawaban untuk posting 197.

    Saya singkat saja, semua pertanyaan anda 1, 2 dan 3. Intinya adalah BUKAN masalah kwaliteit minyak goreng. Makanan yang digoreng dan juga bersantan, dampaknya terhadap pencernaan adalah PANAS, yang sering disebut ‘panas dalam’. Makanan tsb mengakibat lingkungan mikro didalam lambung dan usus menjadi tidak normal, merangsang pengeluaran asam lambung dan enzim pencernaan yang lain secara berlebihan. Akibatnya timbul luka-luka lecet sepanjang esofagus, lambung, usus kecil dan usus besar seperti sariawan dimulut. Hal inilah yang harus dihindari.

  25. 201
    Dr. Sukma Says:

    Hai P. Lubis, jawaban untuk posting 198.

    Bila terkena radang usus buntu (appendicitis)tergantung kondisi klinis dan jenis sel radang apakah akut atau khronis.Radang akut usus buntu, HARUS MUTLAK DOPERASI, tidak ada jalan lain. Bila operasi ditunda, dikhawatirkan akan terjadi pecah usus buntu(perforasi)yang sangat berbahaya dan mengancam terjadi kematian.

    Bila radang usus buntu khronis, Ini dia yang boleh diterapi dengan ANTIBIOTIKA yang sesuai. Radang khronis BUKAN INDIKASI OPERASI. Penderita appendicitis khronis, sebaiknya makan yang lembut/lunak hindari makanan berbiji seperti jambu biji. Kalau mau dikonsumsi, pilih yang tanpa biji.

Pages: « 74 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe