SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    anti Says:

    Selamat siang dok, saya nanya nie..
    saya berumur 20thn.
    saya sering demam dok.
    baru saja bulan oktober 2008 kemaren, saya demam dan harus transfusi darah.
    dan sebelumnya pun bgitu. Saya sudah transfusi darah sebanyak 3 kali.
    yg pertama,hb saya 5,7. Yang ke dua hb saya 4,7.
    dan yg terakhir ini hb saya 7,8 lalu leukosit saya 13000 dan trombosit 200
    Hb saya tidak pernah lebih dr 10.
    dan sering sekali di kaki dan tangan saya muncul lebam2 byk ,besar, berkelompok dan berlangsung lama.
    Apakah itu gejala leukimia dok?
    saya harap Dokter bisa bantu saya untuk menjelaskannya dan bila saya hraus periksa darah, saya harus periksa apa saja y dok?

    Terimakasih..

  2. 24
    Dr. Sukma Says:

    Hai Toha,

    Singkatnya mengenai penyakit leukemia sbb. :
    Leukemia termasuk penyakit berat / kanker darah. Untuk memelihara badan penderita dirinya sendiri agar kembali fit, itu sangat susah banget. Apalagi bila ditambah dengan kehamilan, yang berarti ada beban tambahan janin yang harus tumbuh dengan sehat dan sempurna didalam tubuh yg sakit berat.

    Beban disini terhadap fungsi organ tubuh : jantung, paru, pencernaan, perkemihan, dll. Penderita leukemia biasanya anemia, sehingga dengan adanya janin akan memperburuk kondisi jantung yang terpaksa harus kerja extra keras memompa darah untuk memenuhi kebutuhan jaringan akan oksigen dan nutrisi keseluruh tubuh, dengan kadar Hb yang rendah. Akibatnya terjadi pembengkakan jantung dan ini sangat berbahaya, bisa tiba2 meninggal..

    SEYOGYANYA PENDERITA LEUKEMIA MENJADI AKSEPTOR KB, untuk mencegah kehamilan. Bila terjadi hamil, maka dipastikan janin tumbuh tidak sehat, dengan kemungkinan akan menderita leukemia juga sejak lahir, karena beredarnya darah ibu yang berisi sel kanker didalam tubuh janin. Kalau toch nantinya bertahan sampai lahir, dapat diduga akan sangat banyak permasalahan medis yang dibawa lahir.
    Jadi bayi akan sangat menderita dan menimbulkan masalah besar bagi keluarga. Baik dari segi finansial maupun fisik anak yang jauh dari normal.

  3. 23
    toha Says:

    Selamat pg dok, mo nanya nie..
    saya punya teman yg pada saat SMA dl didiagnosa terserang leukimia(kanker darah).dari dokter itu blg kl yg py pykt itu tdk/ssh hml(mgkn jg tidak blh hml).namun skrg dia hml dan msh ttp mndrita leukimia.kondisi terakhir, dia srg skt kepala,mual,demam.yg saya tanyakan, adakah pengaruh pykt itu terhadap perkembangan janin?dan tindakan apa yg hrs dilakukan.klpun dipertahankan,apkh akan menurun ke anaknya.
    terima kasih penjelasannya.

  4. 22
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tria,

    Dari keluhan yang anda tulis, kemungkinan anda dalam kondisi hipotensi dan anemia. Apakah anda berpostur kurus sekali ? Sebaiknya sekali waktu anda check tekanan darah dan kadar hemoglobin anda. Sakit kepala, rasa sakit tiba2 di perut, itu bisa mengarah ke anemia dan hipotensi.

    Jadi nasehat ortu anda ada benarnya, yaitu agar beristirahat yang cukup. Plus gizi anda ditingkatkan. Banyak minum susu, makan daging, telor serta sayur hijau dan buah.

  5. 21
    Tria Says:

    Sore Dok!!

    Terima kasih banyak ya Dok atas sarannya!apa saya boleh bertanya pada Dokter lagi??saya ingin tanya saya dari kecil sering sakit-sakitan dan sering keluar masuk RS kAli ini saya sering merasa nyeri dibagian depan atau belakang kepala itu terjadi beberapa hari terkadang diiringi dengan demam yang naik turun saya juga merasa perut tiba-tiba sakit kadang kiri kadang juga kanan dan malam hari terkadang merasa sesak nafas kira-kira itu kenapa ya,Dok??setiap kali saya merasa sakit saya tidak pernah bicara dengan orang tua saya karena kalau saya bicara juga orang tua saya hanya menyuruh saya istirahat,sebaiknya bagaimana,Dok??

    Terima kasih
    Bantuan Dokter sangat berarti bagi saya…!!

  6. 20
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tria,

    Sebaiknya saya luruskan dulu masalah kanker otak. Pada kasus Gugun Gondrong, di Indonesia dia DIDUGA menderita kanker otak. Padahal saat dioperasi di NUH Singapore, ternyata itu BUKAN kanker otak, tetapi ABSCESS otak.

    Gigi berlubang, jerawat didaerah T (dahi dan hidung)bila dipencet akan menyebarkan bakteri penyebab jerawat dan kuman yang ada pada gigi berlubang, yang disebut :Staphylococcus Aureus (SA). SA inilah yang pada jaringan otak akan membentuk massa yang penuh dengan gumpalan sel darah putih yang disebut abscess. Jadi sepintas, bila kurang teliti, massa ini terlihat seperti massa kanker di jaringan otak. Hal inilah yang terjadi pada Gugun.

    Saya sangat setuju anda sebaiknya cabut saja geraham itu, meskipun gigi terakhir. Bahaya lain selain abscesss otak yaitu penyakit jantung karena kuman Staphylococcus, yaitu RHD.

  7. 19
    Tria Says:

    Sore dok!saya mau tanya mengenai penyakit kanker otak,apakah gigi berlubang itu dapat menimbulkan gejala kanker otak,Dok???gigi saya berlubang dan kalau kambuh pasti sakitnya terasa sampai dikepala dan mata saya berniat mencabutnya akan tetapi ini adalah gigi geraham yang terakhir artinya jika dicabut maka tidak akan tumbuh lagi. Sebaikny bagaimana,Dok???Terima Kasih sebelumnya!!

  8. 18
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yohan,

    Paru2 anda pasti bisa bersih lagi, bila ada kemauan kuat dari anda sendiri dan Tuhan menghendaki.
    Sebaiknya anda coba berhenti merokok. Kiat-kiatnya mungkin dapat dilihat pada website http://www.stopmerokok.com

    Nikotin seperti yang sudah anda sadari sangat merugikan tubuh. Karena nikotin menurunkan daya tahan tubuh perokok terhadap hampir semua penyusup, seperti : bakteri, viru, jamur, kanker dll.

    Susu apapun jenisnya (bear breand,dll) sama baiknya. Yang penting kandungan lemaknya rendah.

    Sambil usahakan berhenti merokok, sebaiknya anda mengkonsumsi yang meningkatkan stamina dan daya tahan seperti PROTEIN dari : susu, telor, daging. Konsumsi buah dan sayur yang kaya ANTIOXIDANT seperti : apel, broccoli, dst. Disertai OLAH RAGA teratur (jogging, fitness) 2 kali seminggu.
    Jangan lupa ISTIRAHAT YANG CUKUP.

  9. 17
    Dr. Sukma Says:

    Halo Maria,

    Dari hasil penelitian yang ada, kelainan khromosome yang disebut Philadelphia chromosome lumayan banyak ditemukan pada penderita Leukemia, dan dapat diturunkan kepada anak dan cucu penderita.

    Dari apa yang anda tulis, kita bicara pahitnya dulu, ada kemungkinan anda menderita penyakit darah.
    Untuk mengetahui apa jenis kelainan darah yang ada, harus dilakukan pemeriksaan darah tepi yang lengkap atau disebut complete blood check (cbc). Yaitu : Hb, Ht lekosit, eritrosit, trombosit dan differential count/hitung jenis.

    Bila Hb rendah, akan diperiksa lebih teliti sel-sel darah merah, apakah ada kelainan bentuk(sickle cell, target cell) sehingga dapat diketahui penyebab anemia : apakah kekurangan zat besi (Fe) atau kekurangan vit B12 yang disebut anemia perniciosa. Dan sebab-sebab lain.

    Bila lekosit rendah, biasanya disebablan infeksi virus. Bila tidak ada infeksi virus, akan diperiksa lebih lanjut. Bila lekosit sangat tinggi, disinilah kemungkinan leukemia ada. Namun ada juga leukemia dengan jumlah lekosit/sel darah putih yang agak tinggi, bukan sangat tinggi. Keadaan ini disebut aleukemic leukemia.

    Namun sebagai standard prosedur, DIAGNOSIS LEUKEMIA BARU DAPAT DITEGAKKAN APABILA TELAH DILAKUKAN PEMERIKSAAN SUMSUM TULANG (BMP). Diagnosis BMP adalah final untuk leukemia.

    Bila trombosit rendah pada cbc, kemungkinan dilanjutkan ke pemeriksaan bleeding time dan clotting time. Apakah ada faktor pembeku yang kurang, atau idiopatik trombopenia.

    Begitu garis besar pemeriksaan yang harus dilalui sebelum kita sampai pada diagnosis pasti kelainan darah. Jadi sebaiknya kunjungi dokter internist/ spesialis penyakit dalam anda.

  10. 16
    maria Says:

    dokter yang baik
    saya berusia 21 th
    saya sering pusing, ingin muntah, nyeri sendi, berkeringat dingin, telapak kaki dan tangan saya putih pucat
    dulu waktu saya umur 15 tahun pernah mimisan 3 hari berturut-turut dan nggak terkontrol
    kadang kalau stress atau lagi banyak tugas bisa gusi berdarah mendadak
    riwayat keluarga saya, tante saya ada yang sakit leukimia dan sudah meninggal
    apa mungkin saya juga terkena leukimia??
    apa leukimia menurun???

  11. 15
    yohan Says:

    selamat sore dok,saya yohan.saya mau tanya nihh dok,saya seorang perokok berat…
    saya sudah ngerokok kurang lebih 7 tahun.saya tau pasti paru-paru saya sudah gk beres.
    pertanyaan saya,bs gk paru-paru saya bersih lagi?terus klo tidak bs,saya harus berbuat apa dok untuk
    ngejaga organ2 tubuh saya yg sudah yg sudah tercemar nikotin/rokok.
    ada tetangga saya bilang katanya suruh minum susu beruang untuk netralisir racun..
    itu pengaruh nya ada gk dok utk ngejaga paru-paru saya?

    terima kasih dok,sebelum dan sesudah.

  12. 14
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fitri,

    Anemia adalah keadaan dimana sel darah merah dan kadar hemoglobin(Hb) yang dibawah normal. Patokannya bila Hb kurang dari 10 mg %, dikatakan menderita Anemia.

    Sedangkan tekanan darah (tensi) yang rendah (hipotensi), berarti tekanan darah yang dibawah normal. Tekanan darah normal adalah 120/80. Seseorang yang tensinya rendah, belum tentu Hbnya rendah. Jadi kedua keadaan itu tidak mesti berjalan paralel.

    Pada kasus anda, karena diberi terapi sangobion, kemungkinan besar Hb anda rendah dan kondisi ini disebut ANEMIA. Ciri-ciri anemia : muka pucat, bibir dan mata dibagian bawah berwarna pucat. Sering pusing, sempoyongan atau rasa berputar(vertigo)serta cepat lelah dan susah konsentrasi.

    Sebaiknya makan hati sapi atau ayam yang bisa digoreng atau dibuat rendang atau campuran sayuran. Didalam jaringan hati banyak mengandung bahan2 pembentuk sel darah merah. Insya Allah masalah anemia anda akan dapat diatasi.

  13. 13
    Fitri Says:

    dok, saya mahasiswi, umur 18 th,
    saya ingin menanyakan tentang penyakit anemia,
    ciri2 penderita anemia itu seperty apa y???
    karena stiap saya tensi darah dan pernah tes darah selalu rendah,wajah saya selalu tampak lemah,lesu dan pucat jika terlalu banyak kegiatan, padahal kalau saya pikir kegiatan saya juga masih normal2 saja dan tdk bgitu banyak
    dulu saya pernah Praktek kerja selama 3 bulan dari pagy sampai malam,,hingga pagyna selalu mimisan,
    saat tes darah,saya disarankan banyak minum air putih,dan diberi vitamin sangobion,
    apakah itu juga bisa dikatakan anemia???
    trimakasih sebelumnya

  14. 12
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rahim,

    Gusi sering berdarah, pertama-tama dipikirkan kemungkinan kurang vitamin C. Jadi dinding pembuluh darah rapuh, akibatnya sering berdarah bila kena sikat gigi. Kemungkinan lain adalah kelainan darah seperti terganggunya pembekuan darah akibat bleeding time/ masa perdarahan yang memanjang dan kurangnya sel-sel pembeku platelets atau trombosit (trombopenia).

    Bila semua yang dicurigai diatas dalam batas normal, terakhir, barulah dipikirkan kemungkinan leukemia. Jadi sebaiknya anda mulai dengan konsumsi vit C 500 mg/hari. Vit C akan menambah stamina dan daya tahan tubuh, sehingga kita tidak mudah sakit. Disamping dampaknya terhadap kekuatan dinding pembuluh darah dan reparasi jaringan pada umumnya.

  15. 11
    Rahim Says:

    dokter yang baik hati.
    saya mau tanya, kalo gusi sering berdarah apakah ada gejala penyakit anemia atau leukimia. mohon petunjuknya.

  16. 10
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tata,

    Pada artikel ini, kira2 bagian tengah sudah ditulis gejala leukemia yang umum. Anda bisa baca. Intinya : demam tanpa sebab yg jelas lebih dari 3 minggu, badan lemah, pucat, sering mimisan. Bila diperiksa darah tepi terdapat banyak kelainan hematologis, terutama ditemukan sel-sel darah yang masih muda (blast).

    Sering pusing bisa disebabkan anemia, hemoglobin dibawah normal dan sel darah merah dibawah normal.

    Rambut rontok itu tidak spesifik, tetapi bisa terjadi. Apalagi setelah diberikan terapi khemo pada penderita leukemia bisa botak kepala.

  17. 9
    taTa Says:

    Dok,,,
    gejaLa2 skit leukimia itu dominan ny sperti aph?????
    aph bner qlo sring mimisan,rmbt rontok,sring pusing bsa dblng mengidap pnyakit leukimia,,

    bleh sya tau bgaimana gejala scara detaiL ny???

  18. 8
    Dr. Sukma Says:

    Hai Winda,

    Usia kakak anda berapa? Bila dewasa, bisa dicoba berobat ke AMC/ Vrey Universiteit di Amsterdam.

    Pada tahap akhir, bila telah di khemo 7 kali, belum respons biasanya dilakukan transplantasi sumsum tulang.Perlu donor allogenik, bila mungkin autologik.

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Indri,

    Anemia aplastik bisa berubah menjadi leukemia, bila penyebab anemia aplastik berdasarkan atas abnormalitas sel induk/stem cell yang biasanya terlihat dari adanya aberasi karyotipik. Maka kadangkala terjadi transformasi dari aplasia menjadi neoplasma myeloid seperti : myelodysplasia dan acute myelogenous leukemia.

    Kondisi klinis keduanya mirip, yaitu : insidious onset, segala umur, baik laki maupun perempuan. Rasa lemah yang progresif, pucat dan sesak nafas.Bila diperiksa sering terdapat bintik dan bercak merah berupa ptechiae dan echymoses. Sering demam tanpa sebab yg jelas. Dan yang pasti pada aplastik anemia tidak terdapat splenomegali/pembesaran limpa. Pada leukemia biasa terjadi splenomegali, ini bedanya.
    Disaat kondisi kritis, keduanya sama: lemah, pucat, dst.

  20. 6
    Winda Siswara Says:

    Dr. Sukma yth,

    Saya mohon dg sangat bantuan ibu krn kk saya divonis dokter tkenah leukemia stadium 1 sejak 1 thn yang lalu, slm ini dia sdh mjalani kemotherapi sdh 7 kali tapi sepertinya blm ada hasil, tlebih lagi kondisinya drop trs beberapa bulan trakhir….. apakah kk saya masih bs disembuhkan???

    dokter saya mohon minta nomor tlp atau nomor hp ibu biar saya bisa konsultasi langsung karena tlalu panjang jika diceritakan, saya tdk th lagi apa yang harus saya lakukan karena skrg kk saya tdk mau bhubungan dg siapa2 lagi bahkan minum obatpun sdh nggak mau, tlg dok saya nggak mau kehilangan kk saya,,,, bagaimana meyakinkan dia klo penyakitnya masih bisa disembuhkan karena baru stadium 1.

    akan sangat bahagia sekalih jika saya bisa konsultasi langsung dg ibu, siapa tahu dengan kabaikan ibu kk saya bisa semangat lagi dan bisa disembuhkan.

    Wassalam….

    winda.

  21. 5
    indri Says:

    saya seorang pelajar kelas 2 sma. nggak ada yang sakit sih, cuma mau tanya buat bahan referensi tulisan aja, boleh kan?
    sebenarnya ada nggak sih kemungkinan kalo penderita anemia aplastik terkena leukemia? soalnya saya pernah baca buku, ceritanya tentang anak yang kena anemia aplastik, tapi nama ssebenarnya leukemia (ujung”nya dia sakit leukemia). apa perbedaan dan persamaan kedua penyakit tersebut? dengan kondisi tubuh yg seperti apa kedua penderita penyakit tersebut jika dalam masa kritis? kedua penyakit itu bisa mematikan? oh ya, saya juga boleh tahu nama obatnya? maklum buat referensi, soalnya nggak punya kenalan dokter..

    makasih sebelumnya..

  22. 4
    Dr. Sukma Says:

    Ibu Linda yang Baik,

    Makasih sudah berkunjung ke blog saya dan pertanyaan yang baik. Langsung saja saya jawab.

    Dari data lab yang ibu tulis, semua sel darah dalam keadaan rendah/dibawah normal.Eritrosit, lekosit dan trombosit semuanya rendah ini disebut pansitopenia. Artinya benar sekali diagnosis yang dibuat pasca BMP sebagai Anemia Aplastik. Artinya : sumsum tulang sangat sedikit memproduksi semua jenis sel darah: eri, leko dan trombo.

    Sedangkan leukemia, biasanya ada satu jenis sel darah yang dominan,jumlahnya jauh diatas normal sehingga menekan sel darah jenis lainnya.

    Pada anemia aplastik keadaannya kebalikan dari leukemia.Semua jenis sel disini sangat rendah jumlahnya. Sehingga perlu diberikan obat yang merangsang aktivitas sumsum tulang agarmeningkat.

    Jadi logikanya anak perlu mendapatkan vitamin dan suplemen yang mendorong kearah produksi sel darah. Seperti susu, telor, hati, daging dan kacang2an. Insya Allah akan meningkatkan jumlah ketiga jenis sel darah pada putri ibu.

    Penanganan anemia aplastik di RSCM sudah cukup baik. Sehingga ibu belum perlu ke LN.

  23. 3
    linda astrid Says:

    Yth. dr.Sukma,

    Dokter, saya mempunyai anak perempuan 4 tahun, april 2008 lalu divonis oleh dokter RSCM setelah melakukan bmp terkena anemia aplastic dan ini bisa merupakan gejala dari leukimia.
    waktu itu dia panas tinggi 40.4, trombosit hanya 17,000, leukosit 2000, HB 7 dan limphositnya 93.
    sempat tranfusi trombosit dan darah untuk menaikan HB.
    Tapi setelah berjalan hampir 2 bulan lebih, alhamdullilah keadaannya membaik, telapak tangan dan kaki sudah memerah, napsu makan baik, dan bila panas karena batuk pilek bisa recovery sendiri tanpa diberi antibiotik.
    Yang akan tanyakan, dia sering terlihat lebam pada tangan dan kakinya, walau tidak besar dan berlangsung lama.
    Apakah itu gejala leukimia atau yang lain.
    Dokter bisa bantu saya untuk menjelaskannya dan please give me advise, where I should bring her to check.

    Balasan dari dokter sangat saya tunggu,

    Terima kasih

    salam

    linda astrid

  24. 2
    Dr. Sukma Says:

    Ibu Riska yang baik,

    Makasih telah berkunjung ke blog saya dan juga pertanyaan yang bagus.

    Untuk anak 4 tahun dengan Hb 9, itu memang rendah dan ada baiknya diperiksa Darah Lengkap : Hb, Ht, Lekosit, Trombosit dan Diff count. Dari sini dapat dinilai apakah ada kelainan yang patut diwaspadai.

    Sedangkan diagnosis pasti leukemia baru dapat ditegakkan, setelah dilakukan BMP yaitu pemeriksaan sumsum tulang, atas indikasi tepat, yaitu setelah ditemukan ada kelainan pada pemeriksaan darah lengkap diatas.

    Untuk pemeriksaan awal darah lengkap beayanya sangat terjangkau.

  25. 1
    Riska Says:

    Anak saya laki-laki 4 thn. Sering demam, pusing, ada benjolan kecil di belakang telinga ketika demam dan nyeri sendi. tp kalau saya priksakan ke dokter,diagnosa selalu radang tenggorokan dan amandel. Tapi kenapa HBnya selalu 9? Pdhal selalu minum susu lebih dari 3gelas per hari, telur,juga mau makan sayuran hijau . Apakah mungkin dia kena leukimia dok? Krn kakeknya jg meninggal dunia krn penyakit ini. Bagaimana sebaiknya? Dan apakah tes leukimia itu mahal?

Pages: « 26 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe