SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 … 13 12 11 [10] 9 8 7 … 1 » Show All

  1. 250
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuli,

    Itu BUKAN gejala leukemia.Lebih banyak akibat terjepitnya saraf oleh corpus vertebrae(ruas tulang belakang).

  2. 249
    yuli Says:

    dok,teman saya dulu pernah jatuh dari pohon kelapa waktu kecil(waktu kelas 6 SD),trus setelah diperilsa ternyata ada gangguan sumsum tulang belakang. sekarang dia berumur 16 tahun, punggung sering sakit,sering sakit kepala yang hebat,daerah perut sering sakit,sesak napas.
    dia juga punya skit paru2,asma,maag.kalo skitnya kambuh kayak orang bingung gitu.
    itu tanda2 leukimia bukan dok?

  3. 248
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nanda,

    Analisa saya anda mengalami reaksi imun terhadap sesuatu. Hal ini dibuktikan dengan TINGGINYA angka eosinofil. Hal itu mengakibatkan trombosit anda tinggi, juga hemoglobin.

    Khusus pada hemoglobin tinggi yang disebut ‘policytemia vera’, disebabkan tingginya sel-sel eritrosit jauh melampaui nilai ambang normal. Pada policytemia vera terpaksa harus MENGURANGI jumlah sel darah merah dengan jalan phlebotomi secara periodik.

    Khusus untuk kasus anda, sebaiknya anda berobat ke dokter hematologist handal, kalau perlu ke RSCM, Jakarta. Jangan sampai terjadi apa-apa yang lebih serius nantinya.

  4. 247
    Dr. Sukma Says:

    Hai Koko,

    Leukemia TIDAK ditularkan via apapun. Kelainan terletak pada gene yang mengalami mutasi, delesi, translokasi, dll.

  5. 246
    Nanda Says:

    Dok,saya cek darah,hslnya hb 19.8 (normal 11.7-15.5), trmbosit jg tinggi 502 (normal 150-440), MCHC rndah 31.4 (normal 32-36), eosinofil 7.3 (normal 2-4), neutrofil 47.7 (normal 50-70), 1 lg eosinofil# 0.78 (normal 0.045-0.44). Yg jd prtnyaan sy, apa sakit sy dok, sy serg pusing tp gak mganggu aktivitas, trs apa tips utk menormalkan darah ya

  6. 245
    koko Says:

    dr. sukma.

    saya mau tnya apakah penyakit leukemia dpt menular ke orang lain?
    misalnya lewat udara, lewat air liur, lewat luka?

    trimakasih sblumnya.

  7. 244
    koko Says:

    dr. sukma.

    saya mau tanya apakah penyakit leukemia dpt menular ke orang lain?
    misal lewat udara, lewat bersin, lewat air liur?

    trimakasih sblum nya.

  8. 243
    Dr. Sukma Says:

    Halo Agam ,

    Saat ini saya lagi berada di Ho Chi Minh City alias Saigon, Vietnam. Saya siang tadi sudah berusaha mencari ke pharmacy dikota ini, namun BELUM berhasil.

    So, tomorrow I will try again. Karena sudah cukup banyak yang menanyakan obat itu. Apabila ada, saya akan langsung beli obat itu untuk membantu pasien di Indonesia. Do’akan saya berhasil menemukan Hydrea dinegeri Uncle Ho ini…

  9. 242
    agam Says:

    Dear Dr.Sukma

    Saya punya saudara yg sudah 3 bulan ini cari obat “Hydrea” blom juga ketemu…mreka putus asa , mgkn ini jadi masalah bagi orang yang membutuhkan.
    Bu bisa tolongin saya gak?….dimana saya harus membeli obat tersebut di singapore, tolong di infokan alamatnya ….toolooong ya bu….terima kasih

    Regards
    Agam

  10. 241
    Dr. Sukma Says:

    Hai Korie,

    Tergantung jenis leukemia dan stadium penyakit pada saat ditegakkan diagnosis.

    Bila stadium lanjut dan jenis leukemia paling ganas, teorinya memang begitu.

    Namun, umur ada ditangan Tuhan Yang Maha Kuasa. Manusia boleh memprediksi, keputusan ada ditanganNYA…

  11. 240
    korie Says:

    dok apa bener penderita leukimia umur nya kurang dari 1tahun? saya harap dokter bisa kasih penjelasan ma korie

  12. 239
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ochie,

    Saya sendiri kurang tahu dokter di Riau, karena puluhan tahun di Jakarta dan baru di Pekanbaru sejak 3 tahun ini.

    Anda bisa coba ke Dr. Arles, SpPD di RS. Awal Bros Pekanbaru.

  13. 238
    ochie Says:

    maaf dok klo blh tau,,spesialis hematologi driau yg bs saya temui dRS mn ya dok???trimakasih ats jwbnnya..

  14. 237
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ochie,

    Hari gini hemoglobin 6,7 dan anda browsing internet, semestinya TIDAK ada lagi anemia defisiensi zat besi. Yaitu anemia akibat asupan zat Fe yang kurang dalam makanan anda.

    LED juga cukup tinggi, menandakan ada radang atau ada SESUATU yang perlu dipikirkan.

    Sayang tidak diperiksa trombosit, lekosit serta differensial count. Jangan cuma browsing dan diskusi, sebaiknya anda segera AMBIL TINDAKAN.Hasil lab anda kurang bagus, ada yang perlu ditelusuri LEBIH DALAM.

    SEGERA pergi ke dokter internist kalau bisa yang akhli penyakit darah/hematologist. Jangan tunggu hemoglobin dan keluhan anda semakin buruk…

  15. 236
    ochie Says:

    saya skrg brumur 24thn,,blm mnikah..sdh 3bln terakhir ini saya menstruasi sbln 2x,,trus dtbh saya jg suka ada lebam2 merah kbiruan,,saya sll mrasa mdh lelah,,nafsu mkan menurun,,BB saya pun ikut turun dok..bln lalu saya cek lab darah rutin saya,,hasilnya HB 6,7;Ht 25,7;LED 36;MCV 61,9;MCH 16,1;MCHC 26,1,,dan dtelapk tangan saya tdpt bbrapa ptekie..kira2 saya menderita pnyakit apa ya dok???klo saya terkena anemia,,jnis anemia apa yg saya derita dok??trimakasih sblmnya dok ats jwbnnya..

  16. 235
    nastasia norman Says:

    mba sampe-sampe jadi hilang nafsu makan saya badan saya jadi loyo enggak semangat mba tenggorokan saya jadi sakit banget enggak bisa nelan makanan jadi perasaan badan saya jadi enggak mba setiap bangun pagi badan saya selalu lemas terus di persendian kaki saya terasa nyeri bila di bawa jalan apakah penyakit saya sudah parah apa belum

  17. 234
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nastasia Norman,

    Domisili anda dimana? Bila dikota anda tidak ada Hematologist/ spesialis penyakit darah, pergi ke Jakarta. Saya serius, keluhan anda itu cukup berat.

    RSCM sebagai teaching hospital, semua spesialisasi pasti ada disana. So,luangkan waktu untuk ngurusi hal sangat penting menyangkut kesehatan anda. So, Hurry up…

  18. 233
    nastasia norman Says:

    mba saya udah pernah ke dokter penyakit dalam tetapi tidak di kasih tahu apa sebenarnya penyakit saya ini dokter leukosit saya melebihi trombosit saya HB saya rendah sekali terus punggung saya selalu merasakan nyeri hebat dok apakah saya sudah terjangkit leukimia apa tidak soalnya kalau tiap bulan saya selalu mengeluarkan mimisan yang banyak dok kalau tiap malam saya selalu mengeluhkan sakit di punggung terus saya juga pernah pingsan beberapa kali

  19. 232
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nastasia Norman,

    Sebaiknya kunjungi dokter internist akhli darah atau Hematologist. Keluhan anda cukup serius. Bisa kearah leukemia.

  20. 231
    Dr. Sukma Says:

    Hai Danu,

    Sickle cell Anemia. Terjadi kelainan bentuk sel darah merah yang bisanya bulat biconcave menjadi berbentuk seperti ‘bulan sabit’.

    Akibat kelainan bentuk ini, sel darah merah akan dipecah/hancur sebelum waktunya. Sehingga mudah terjadi penurunan hemoglobin yang disebut Anemia.

    Namun perlu observasi ekstra, agar jangan sampai Hb sangat drop, sehingga memerlukan transfusi darah.

    Penderita sangat RENTAN terhadap infeksi, dehydrasi dan
    shock. Pengawasan dan pemantauan sangat diperlukan.

  21. 230
    Dr. Sukma Says:

    Halo Oce,

    Saya sudah dengar mengenai kosongnya obat Hydrea. Isinya hydroxy urea, indikasi untuk androgenic effect dengan efek samping menekan sumsum tulang.
    So far, saya belum menemukan obat pengganti hydrea.

    Namun untuk leukemia jenis CLL, ada obat “leukeran’ yang isinya Chlorambucil tablet 2 mg. Di Indonesia belum ada, pasien menginfo beli di Singapore or Malaysia. Harga RM 90, sama dengan 270 rb IDR untuk satu kemasan berisi 25 tablet.

  22. 229
    Dr. Sukma Says:

    Halo Leean,

    Pasien end-stage dengan perut membuncit menjadi keprihatinan kita semua. Nothing you can do, except : pray to the God. May GB your mom and her family…

  23. 228
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tya,

    1. Bisa ya bisa tidak.
    2. Periksa ke dokter internist subdivisi Hematologi.

  24. 227
    nastasia norman Says:

    halo saya mau tanya kenapa saya setiap 2-4 bulan sekali saya sering mimisan dan saya juga perna terkena anemia saya pernah tes darah katanya hasil sel darah putih saya melebihi sel darah merah dan saya sering merasa capek sekali setiap hari dan saya pernah terkena radang tenggorokan dan gusi saya suka mengeluarkan darah tulang punggung saya selalu nyeri sekali aplagi kalau pada malam terasa sakit banget pada punggung belakang saya dokter apakah saya terkena leukimia

  25. 226
    tya Says:

    selamat siang dokter…
    saya mau tanya….
    -saya susah bernafas….
    -sering terjadi lebam2 di badan tanpa diketahui penyebab nya
    -saya sering pucat,mudah capek,pusing dan gampang sakit
    -nyeri pada tulang
    -tekanan darah yang selalu dibawah normal
    -sering keluarnya cairan putih dari hidung
    -susah tidur

    yang mau saya tanyakan:
    1.apakah ciri-ciri tersebut berarti saya terkena leukimia?
    2. kalau mau periksa ke dokter mana?dokter penyakit dalam yah dok?

    terimakasih dokter..

Pages: « 26 … 13 12 11 [10] 9 8 7 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe