SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 … 21 20 19 [18] 17 16 15 … 1 » Show All

  1. 450
    Sani Says:

    malam dok..
    senangnya menemukan website dokter yang luar biasa bermanfaat untuk banyak orang.. berharap banyak dokter lain yang mau berjiwa besar seperti anda.
    Saya seorang ibu dari anak perempuan berusia 7,5 bulan (BB 7 Kg). Anak saya baru pulang dari opname selama 4 hari di rs akibat penyakit diare disertai demam dan muntah2 (demam berlangsung 5 hari (kisaran 37,5 C).Sekarang kondisi anak terlihat sehat. dirumah sakit anak saya di cek darah dan hasilnya sangat mengagetkan saya:
    - Hb* 9,3 (Std: 10,1-12,9)
    - Leukosit 10.300 (Std: 6000-17.000)
    - Trombosit 291.000 (std: 150.000-400.000)
    - LED 20 (Std: < 15)
    Diff Count:
    - Basofil* 0 (0-1)
    - Eosinofil* 0 (1-3)
    - Batang* 0 (2-7)
    - Segmen* 20 (50-70)
    - Limfosit* (77 (20-40)
    - Monosit 3 (2-6)

    Serum iron 37 (37-145)
    TIBC* 252 (260-445)

    Gambaran darah tepi:
    Eritrosit : Normokrom anisositosis
    Leukosit : Limfosit atipik
    Trombosit : Tersebar jumlah cukup

    saya sudah banya membaca-baca artikel dan mulai menganalisa dan mengambil kesimpulan yang cukup mengerikan. Bila saya mencocokan hasil lab tersebut dan artikel2 yang saya baca, ada peluang anak saya mengalami leukimia limfositik atau kanker darah dengan peningkatan jumlah limfosit (melihat presentase limfosit yang sangat tinggi) dan rendahnya Hb pada anak saya (Meskipun saya sangat berharap dugaan saya salah). maaf ya dok, yang saya ingin tanyakan:
    1. Pada leukimia limfositik apakah yang meningkat hanya presentase limfosit saja pada diff. count atau harus selalu disertai dengan peningkatan jumlah leukosit (jumlah leukosit anak saya normal)?
    2. Kondisi apa saja yang dapat menyebabkan jumlah limfosit sangat tinggi mengalahkan netrofil segmen (normalnya kebalikan)?
    3. Normokromik anisositosis dan limfosit atipikal pada gambaran darah tepi ada kaitannya dengan leukimia?
    4. Dari sudut pandang dokter apa yang terjadi dengan putri saya?

    sebagai tambahan anak saya hampir selalu berkeringan saat menyusu da tidur baik siang dan malam hari dan pada belakan telinga kanan ada benjolan kecil, terkadang terlihat pucat. Dokter sendiri mengarah ke penyakit Tb.
    Terima kasih.. maaf panjang pertanyaannya.. mohon bantuan dan pencerahannya. Tks banyak sebelumnya.

  2. 449
    Dr. Sukma Says:

    Hai Khansa,

    Jangan terlalu cemas dengan tanda2 bintang/asterisk yang dicetak didepan item pemeriksaan.. Hanya sedikit diatas nilai normal range, langsung diberi tanda bintang. Itu kerjaan mesin yang membaca item pemeriksaan.

    Memang ada sedikit hasil pemeriksaan yang harus diwaspadai : LED agak tinggi, menunjukkkan adanya infeksi didalam tubuh. Limfosit yang rendah dan netrofil yang tinggi serta monosit agak tinggi semuanya menunjukkan terjadinya infeksi akut. Kemungkinan infeksi Toxoplasma gondii hendaknya diwaspadai, mengingat IgM toxoplasma yang positif 0,11.

    Jadi saran saya, jangan pelihara kucing dirumah karena tubuh dan bulu-bulu kucing sering terdapat Toxoplasma gondii. Dan jangan makan daging mentah atau setengah mentah seperti sate atau steak yang half done. Makanlah steak yang well done artinya dagingnya mateng betul…

  3. 448
    khansa Says:

    Dear Dr. Sukma,
    Saya berusia 34 thn, saat ini sdg kehamilan pertama sdh 9 minggu. Dokter kandungan saya menyarankan untuk chek LAB. Adapun hasilnya sbb :

    Keterangan Hasil / Rujukan
    Hemoglobin : 13.3 / 12-14
    LED : 28 / 0-20
    Leukosit : 9720/ 5000-10000
    Basofil : 0.1 / 0-1
    Eosinofil : 2.1 / 10-3
    Netrofil segmen : * 72.7 / 50-70
    Limfosit : * 16.8/ 20-40
    Monoksit : * 8.3 / 2 – 8
    Hematokrit : 39.4 / 37 – 43
    Trombosit : 262000 / 150000-500000
    Eritrosit : 4.55 / 4 -5
    VER(MCV) : 86.6 / 82-92
    HER (MCH) : 29.2 / 27 – 31 pg
    KHER (MCHC) : 33.8 / 32 – 36
    HBS AG : 00
    Toxoplasma IG M : 0.11

    Karena ada tanda * pada Netrofil, Limfosit dan Monoksit bikin saya takut ada masalah pada tubuh saya yg bisa mengganggu kandungan saya. Mohon infonya Dok, saya jadi kepikiran terus. Sedangkan pertemuan dengan dokter kandungan saya msh sebulan lagi. Dan saya spt tdk siap jika diinfo hal negative secara berhadapan langsung. Mohon bantuannya Bu dokter. Trima kasih

  4. 447
    Dr. Sukma Says:

    Halo Daniel,

    Saya sendiri juga tidak familiar dengan istilah yang anda tanyakan. Sebaiknya anda tanya ke dokter lab. PK (patologi Klinik).

  5. 446
    Daniel Says:

    Ibu Dokter, usia saya 43th pria, dari hasil pemeriksaan hematologi ada parameter yang saya tidak mengerti saya sudah berusaha mencari via internet tetapi tidak menemukan
    apa yang dimaksud dengan RDW-SD dan RDW-CV
    RDW-SD 39.4 (fL) RDW-CV 14 (%) Thanks.

  6. 445
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mela Meylani,

    Belum tentu leukemia. Tapi yang jelas anda pasti anemia. Cobalah dicheck dulu ke lab. periksa darah lengkap. Dari sana barulah bisa dilihat kearah mana..

  7. 444
    Dr. Sukma Says:

    hai Euis,

    Obat anti hiperagregasi trombosit biasanya aspilet atau aspirin yang termasuk dalam NSAIDs yang sangat menggaggu penderita sakit maag. Mungkin cara terbaik dengan minum obat itu bersamaan dengan minum susu, agar mengurangi iritasi lambung.. Dan jangan minum obat tsb dalam keadaan lambung kosong. Pastikan setelah makan dibarengi minum susu..

  8. 443
    euis Says:

    hi dok.
    saya mau tanya apakah penyebab hiperagregasi trombosit, obat yang harus diminum dan apakah obat itu mengganggu lambung karena saya punya maag. serta makanan apa yang harus saya pantang. terima kasih dok

  9. 442
    mela meylani Says:

    dokter aku mau tanya..
    umurku baru 16 tahun,
    aku itu gampang banget capek,aku sering pusing dan mata serig berkunang-kunang,bahkan kadang-kadang aku sering pingsan..,telapak tangan,muka dan mata bagian bawah aku juga pucat,selain itu aku juga sering berkeringat dingin,setiap kali sakit badan aku selalu dingin dan ga pernah panas,aku juga sering merasakan nyeri pada tulang bagian belakang,perutku sering terasa sakit danjuga sedikit membuncit,terkadang aku susah bernafas,kehilangan keseimbangan,rambut rontok,daya tahan tubuh lemah,tensi darah selalu rendah,keputihan berlebih dan sering kali terjatuh. apa semua gejala yang aku alami merupakan leukemia?
    aku mohon jawaban dari dokter. terimakasih

  10. 441
    Dr. Sukma Says:

    Silahkan hubungi rumah farmasi seperti posting diatas , bagi anda yang memerlukan obat Hydrea untuk Leukemia.

  11. 440
    rumahfarmasi Says:

    Untuk yang kesulitan mendapatkan Hydrea, kami menjual langsung dan dapat di pesan melalui

    http://www.rumahfarmasi.com/hydrea-hydroxycarbamide-500mg-100-capsules-bristol-myers-squibb-p-391.html

    Asli buatan Bristol Myers Sqibb

    Terima kasih

  12. 439
    Dr. Sukma Says:

    Hai Hotna,

    Secara logika panas akan nengakibatkan benda memuai atau melebar. Demikian pula dengan pembuluh darah anda. Aliran darah akan lebih lancar termasuk pembuluh darah di hidung. Dindingnya jadi menipis dan mudah pecah saat hidung dipencet. Sebaiknya kunjungi dokter THT agar dilihat adakah kelainan dirongga hidung anda. Mungkin perlu juga diperiksa lab darah. Apakah ada yang tidak normal.

  13. 438
    tarie napiet Says:

    trimakasi..dokter..atas..penjelasannya,saya..sangat terbantu..

  14. 437
    hotna Says:

    dok,saya mau brtanya
    saya kalau jalan waktu panas terik matahari, kepala saya langsung denyut2,kalau sering2 begitu saya mau mimisan tanpa sebab…apa itu ya dok?apa itu berbahaya????

  15. 436
    Filemon Says:

    Makasih banyak dok, sekarang saya semangat untuk berjuang melawan leukemia aml ini, tapi saya bingung kenapa aml lebih berbahaya dari all?

  16. 435
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tarie napiet,

    Secara umum pemeriksaan darah itu hasilnya bagus, artinya sumsum tulang sudah mulai membentuk sel-sel darah normal baik sel darah merah, sel darah putih maupun trombosiit. Meski angkanya belum normal, akan tetapi sudah ada tanda-tanda pembentukan sel-sel kearah normal .

  17. 434
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sasi,

    Lekosit 16.000 berarti ada infeksi yang berat/serius dalam tubuh. Biasanya disebabkan oleh bakteri atau coccen. Bila diberikan antibiotika yang tepat/broad spectrum infeksi tsb dapat diatasi..

  18. 433
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ummu miqdad,

    Benar seperti kata dokter anak. Nanti bila ukurannya membesar dan sudah berdiametr lebih dari satu cm, sebaiknya dilakukan FNAB oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik) agar diketahui pasti penyebab benjolan tsb.

  19. 432
    Dr. Sukma Says:

    Hai Filemon,

    Jangan berpikir negatif dengan pessimis begitu… Saya pernah melihat anak yang menderita AML dan diterapi khemo bisa survive tanpa transplantasi bone marrow belasan tahun yang lalu di RSAB. Harapan Kita Jakarta… Saran saya mohonlah kepada Yang DiAtas agar anda diberkati dan dijauhkan dari mara bahaya serta dikaruniai kesembuhan yang permanen. Tuhan maha mendengar dan maha pengasih kepada ummatnya yang dekat denganNYA serta memohon dengan sepenuh hati. Amien…

  20. 431
    Filemon Says:

    Trimakasih dok atas jawabannya, lalu bagaimana tentang transplantasi? Apakah saya bisa sembuh tanpa transplantasi? Karna di indonesia hal itu belum umum, belum lagi biaya, saya gak mampu, apakah ada survivor aml tanpa transplantasi?

  21. 430
    Dr. Sukma Says:

    Hai Filemon,

    Mencegah AML jangan sampai relaps caranya : tetap ‘keep in touch’ dengan dokter hematologist yang merawat anda. Bila ada sedikit saja keluhan atau kelainan yang anda rasakan, segera kontrol ke dokter hematologist anda. Secara umum tubuh harus cukup beristirahat, jangan sampai menguras tenaga. Tidur malam minimal 8 jam, jangan suka bergadang yang akan menurunkan kondisi tubuh. Asupan makanan dan minuman agar selalu dijaga bergizi tinggi. Jauhi orang atau tempat dimana terjadi infeksi seperti : pilek, diare, DBD dst. Infeksi akan menurunkan stamina anda dan memudahkan relapsnya AML.
    Tangan sering dicuci atau digunakan anti septik bisa dalam bentuk gel agar dipastikan anda terhindar dari virus, dll penyebab infeksi..

  22. 429
    ummu miqdad Says:

    maaf dok, anak saya umur 3 thn, ada benjolan dibagian kepala bawah dekat leher sejak lahir. dan benjolan itu besarnya proporsional seiring dengan pertumbuhan badannya, dan benjolannya jika dipegang bisa goyang-goyang maksudnya tidak keras menemel di tengkorak keala. sehari-hari anak saya aktif dan sehat, namun terkadang jika dia sakit maka dia sering sekali mual dan muntah jika ada makanan yang masuk. tolong dokter, kira-kira penyakitnya apa ya. saya sudah bawa ke dr,. anak tp katanya belum bisa dipastikan karena masi kecil, trimakasih atas bantuannya dok.

  23. 428
    sasi Says:

    dear dr. sukma

    dr anak sy skt panas udh 4 hr ktnya anaku utk nelan sakit dn agk pilek & udh dites darah hasilnya utk DB & typus msh baik, tp hasil lekositnya kok tg sekali ya spi 16000. ktnya dkr yg periksa ada infeksi, tp apa ya klo infeksi lekositnya tg, mohon penjelasannya.
    terima kasih dokter saya senang dg blok ini.

  24. 427
    tarie napiet Says:

    dear\DOKTER.. putri saya mengidap leuimia aml..terakhir pri\sa sumsum tulan hasilnya:
    Hemoglobin 8.6
    Leukosit 2200
    Hematokrit 26
    Trombosit 171.000
    Eritrosit 3,08

    VER(MCV) 84,1 tl
    HER (MCH) 27,9 pg
    KHER (MCHC) 33,2 g/dl

    Basofil 0 %
    Eosinofil 1 %
    Batang 0 %
    Segmen 21 %
    Limfosit 70 %
    Monosit 8 %
    morfologi darah tepi:
    eritrosit : nrmokrom anispoikilositosis ( ovalosit)
    lekosit: jmlh kurang, limfosit atipik (+)
    trombosit: jmlh cukup, giant thrmbocyte (+)
    morfo sumsum:
    selularitas: hiposeluler
    eritropoiesis:; dalam batas normal
    granulopoiesis:; menurun
    trombopoiesis: megakariosit(+), aktivita(-)
    kesan: hipoplasia seri granulpoisis(belum remisi)
    yang mau saya tanyakan …apa maksud dari
    itrosit : nrmokrom anispoikilositosis ( ovalosit)
    lekosit: jmlh kurang, limfosit atipik (+)
    trombosit: jmlh cukup, giant thrmbocyte (+)
    morfo sumsum:
    selularitas: hiposeluler
    eritropoiesis:; dalam batas normal
    granulopoiesis:; menurun
    trombopoiesis: megakariosit(+), aktivita(-)
    kesan: hipoplasia seri granulpoisis(belum remisi)..
    saya kurang mengerti dokter.. mohon bantuan..

  25. 426
    Filemon Says:

    Dok, saya seorang pasien aml, sekarang sedang menjalani kemo konsolidasi,yang saya tanyakan: 1. Bagaimana peluang penderita aml untuk sembuh tanpa transplantasi sumsung tulang? 2. Bagaimana cara mencegah releapse aml 3.mengapa aml lebih berbahaya dari all? 4. Jika banyak yang telah sembuh dari all tanpa transplantasi sumsung tulang,bagaimana dengan aml? Hasil cek darah terbaru saya hb: 11.8 lekosit:11.4 trombosit :209

Pages: « 26 … 21 20 19 [18] 17 16 15 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe