SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 … 23 22 21 [20] 19 18 17 … 1 » Show All

  1. 500
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tata,

    Sebaiknya periksa darah lengkap di laboratorium. Dari sana, bisa dilihat item mana saja yang abnormal. Hasil lab ini agar ditindak lanjuti oleh dokter penyakit dalam… Semestinya dokter yang merawat waktu sakit yang lalu bisa ditanyain… Kira2 kearah mana penyakit teman anda. Perkiraan saya BUKAN leukemia. Bisa radang paru atau lainnya…

  2. 499
    Dr. Sukma Says:

    Halo Quick Facts,

    Anda bisa membantu saya dalam me’refresh’ blog saya ini. Sehingga looks up dated, attractive dan eye catching….. Ditunggu bantuan ide, dst…. Thanks.
    Anda bisa kirim ke alamat e-mail saya : sukmamerati@yahoo.com

  3. 498
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nie,

    Sebaiknya anda kunjungi dokter penyakit dalam. Karena mimisan yang seringkali sejak 5 (lima) tahun waktu yang panjang, khawatir telah terjadi anemia yaitu kadar hemoglobin yang sangat rendah yang berakibat anda merasakan sakit kepala. Bisa juga kelainan yang lain. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah lengkap, agar bisa dilihat mana-mana yang abnormal…

    Segeralah periksa, jangan berlama-lama agar tidak menyesal nanti…

  4. 497
    Dr. Sukma Says:

    Hai Meutia,

    Saya tinggal dan praktek di Pekanbaru. Saya dokter spesialis PA (Patologi Anatomik) dan bekerja pada laboratorium milik saya sendiri : Riau Pathology Center. Dengan alamat : Jalan Jenderal Sudirman 121, Pekanbaru.

  5. 496
    nie Says:

    yth dr.sukma
    saya berusia 18tahun, saya sering mengalami mimisan serta diiringi kepala yang sakit,knp ya dok??
    kejadian ini sdah hampir kurang lebih 5tahun,sebelumnya tidak dsertai skit d kepala tpi akhir-akhir ini sering, knp ya dok?
    mksih ya dok sebelumnya?

  6. 495
    meutia Says:

    Selamat siang Dokter

    sy Meutia, ga ada pertanyaan apapun untuk Dokter, hanya ucapan terimakasih untuk Blog Dr Sukma ini, banyak info yg saya dapat dan sy senang sekali Dokter bersedia menjawab semua pertanyaan dengan baik dan jelas, jarang sekali ada dokter seperti anda.

    Jika sy boleh tau Dokter praktek di RS mana, mungkin suatu saat keluarga kami ada yg butuh konsultasi, kami bs lgsg ke tempat Dr.Sukma Praktek.

    Terimakasih
    Meutia (mama kean)
    Sukses terus untuk Dokter

  7. 494
    Quick Facts Says:

    Best you could make changes to the page title Dr. Sukma Merati » Blog Archive » Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari? to something more better for your webpage you write. I loved the the writing nevertheless.

  8. 493
    Tata Says:

    ibu saya mw nanya, saya punya temen 2mggu yg lalu dy masuk rumah sakit karena demam tinggi. trombosit dy trus menurun, awalnya dokter mengira dy db atau tipes..tp stlh cek darah 2 2 nya negatif. Dan dokter hanya mengatakan dy terkena virus. Dy sndri tidak tau hasil psti cek darahnya,karna tdk di perlihatkan oleh orgtuanya. dari dulu dia suka mimisan,dan juga dulu dy pernah kena bronkitis serta hepatitis.skrg stlh dy keluar rumah sakit,dy suka pusing, dan muka nya jg pucat, nafas pendek, dan batuk. apa temen saia kena leukemia dok??

  9. 492
    kiki Says:

    pagi dok…

    saya mau tanya,, kira2 saya sakit apa, pusing sudah 2minggu tidak sembuh2 padahal sudah minum obat, perut bagian bawah kiri saya juga terkadang sering sakit, sakitnya kayak saat haid, padahal saya tidak haid, trus rambut saya sering rontok, dan saya pun sekarang sering lupa… kenapa yah dok,, makasih

  10. 491
    rhomi Says:

    selama 1 bulan ini saya menderita demam yang turun naik tanpa ada penyebabnya,badan saya mudah lelah,letih dan kurang bersemangat saat bekerja hasil medical chek up saya
    hemoglobin; 12,9
    RBC; 4,46
    HCT36,6
    lymphocytes; 47,8
    bilirubin total: 1,26
    bilirubin indirect: 1,01
    kira2 apa penyakit saya dan penanggulangannnya?
    thanks

  11. 490
    Shinta Says:

    Dear Doker Sukma…

    Anak saya berumur 3 tahun 4 bulan, tanggal 6 kemarin badannya panas sampai pernah hinggga 40.8 derajat..tiap di kasih obat panas, tidak pernah dingin.lalu pada hari kelima kami bawa ke DSA, lalu disuruh cek darah yang pada saat itu (yang saya ingat dan dokter tekankan) trombositnya hanya 46000, lalu dokter menyarankan untuk opname…akhirnya hari keempat anak saya boleh untuk pulang, tapi esok hari harus cek darah lagi..pada saat pulang trombositnya 69000.
    Karena esok harinya anak saya terlihat sehat dan baik2 saja, saya tidak lakukan cek lagi..hingga 2 minggu kemudian anak saya mimisan..dalam satu hari bisa 2 kali mimisan, dan ini berlangsung selama 2 hari berturut2.akhirnya saya kembali lakukan cek darah..tapi berhubung waktu itu tengah malam,maka hanya bisa dilakukan oleh dokter umum..hasilnya menurut dokter tsb baik
    Hemoglobin 12.6 (rujukan 10.8-12.8)
    Hematokrit 36 (rujukan 35-43)
    Leukosit 8000 (rujukan 5000-14500)
    Trombosit 196000 (rujukan 217000-497000)
    Hitung jenis leukositnya :
    Basofil 0 (rujukan 0-1)
    Eosinofil 0 (rujukan 1-5)
    Batang 2 (rujukan 3-6)
    Segmen 21 (rujukan 25-60)
    Limfosit 66 (rujukan 25-50)
    Monosit 11 (rujukan 1-6)

    hingga 2 hari ini anak saya tidak mengalami mimisan lagi…tapi, tahun lalu anak saya juga pernah mengalami mimisan sebanyak 2 dalam waktu yang berjauhan..mimisan terjadi pada saat dia tidur..
    Saya mohon bantuan informasinya dan saran apa yang mesti saya lakukan?.karena saya khawatir keadaan nya, dan saya kurang puas atas jawaban dokter umum tsb.
    Terima kasih..

  12. 489
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kiko,

    Keluhan anda cUKUP SERIUS. Namun saya heran, kenapa tidak ada usaha untuk berkonsultasi langsung ke dokter penyakit dalam atau hematologist… Minimal periksa darah lengkap dan periksa tekanan darah, dst. Mungkin perlu didengar suara jantung anda, dll.

    Jadi sebaiknya kunjungi dokter internist terdekat, agar dapat diketahui keluhan yang cukup mengkhawatirkan itu….

  13. 488
    kiko Says:

    selamat siang Dok…Dok, mau tanya…saya sering sekali mengalami kepala pusing dan tiba-tiba suka mimisan..saya kira mungkin kecapekan dan nggak kuat dengan hawa panas.. tapi saya sering mengalami.kadang setelah pusing atau mimisan kadang saya pingsan..
    Menurut Dokter penyakit apa yang saya alami? karena selama ini saya nggak berani untuk periksa :(
    Mohon jawabannya dan terima kasih atas informasinya Dok

  14. 487
    Dr. Sukma Says:

    Hai Vian,

    Keluhan anda biisa akibat radang saluran kencing dan bisa juga radang atau kelainan pada organ reproduksi anda…. Jadi sebaiknya ke dokter SpOG sekalian periksa Urine lengkap serta pemeriksaan yang diperlukan. Sudah ada gejala yang cukup serius, anda masih belum melakukan action, kenapa? Apa mau nunggu sampai lebih parah lagi dan akhirnya tidak tertoolong?

    Penyakit jangan dipelihara…. segeralah berobat…..

  15. 486
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nia,

    Penderita kanker-apapun- sebaiknya makan dan minum yang bergizi tinggi untuk menaikkan daya tahan tubuh terhadap serangan kanker yang mematikan… Penerita kanker pada umumnya akan kehilangan selera makan, akibatnya daya tahan menurun dan malah drop sama sekali, sehingga sel-sel kanker akan berkembang biak dengahn leluasa karena tidak ada perlawanan dari tubuh pasien.,

    Jadi pada penderita kanker TIDAK ADA pantangan makan dan minum. Maklan dan min7umlah yang mengandung nutrisis berkwalitas nomoer satu. Dengan dem8ikian, sel-sel tumor akan terhambat-meskipun sedikit- dan agak terhalang dalam replikasinya/ perkembang-biakannya… Susu, telur, daging, madu, buah2an berwarna dan sayuran hijau sangatlah bagus….

  16. 485
    VIAN Says:

    Dok,,akhir” ini saya merasa ada kelainan pd daerah V,,
    .seperti keputihan yang berlebihan,,berbau,,terasa sakit pd bagian V saat buang air kecil,,dan rasanya seperti maaf sebelumnya rassa pengen pipis terus, selain itu jua pernah berdarah,,itu kenapa ya dok????????
    .saya takutnya,,kemarin tetangga saya cerita itu gejala kanker rahim,,apa benar????????
    .moho di jawab dan beri solusinya.

  17. 484
    nia Says:

    salam kenal dok..
    saya mempunyai kawan, wanita, 28 thn, sedang mengidap kanker kelanjar getah bening. yang ingin saya tanyakan apakah pasien kanker pada umumnya, atau kanker kelanjar getah bening, pada kasus kawan saya, harus melakukan diet khusus. makanan apa sajakah yang sebaiknya dia konsumsi. saat ini dia sama sekali tidak mau makan sumber protein hewani.sekarang dia hanya menjalani terapi bekam dan minum obat herbal.
    terima kasih sebelumnya atas penjelasan dokter.

    salam,
    nia

  18. 483
    Dr. Sukma Says:

    Halo Haekal,

    Anda bisa coba konsultasi ke herbalist atau alternatif. Secara ilmu kedokteran obatnya yaitu khemoterapi, sy belum tahu ada terapi lain untuk leukemia…
    Mengenai merokok, nikotin yang terdapat dalam tembakau itu telah diriset SANGAT MENURUNKAN DAYA TAHAN TUBUH terhadap berbagai penyusup (invaders), baik berupa virus maupun bahan kimia, dll. Perokok gampang terkena berbagai macam kanker seperti : paru, darah, rahim. payudara, usus besar dst…..

  19. 482
    haekal Says:

    salam kenal ibu,usia saya kini 24 tahun apa yang di tuliskan di atas itu saya rasakan lalu apa obat-obatan secara alami dan apakah merokok dapat menyebabkan kelenjar tumbuh subur ?terima kasih sebelumnya ibu.

  20. 481
    haekal Says:

    facebook ibu apa?penting

  21. 480
    Dr. Sukma Says:

    Hai Susi,

    1. Karena tidak ada pilihan lain, jadi minum obat terus-menerus adalah yang terbaik bagi kondisi anda
    2. Saran saya sebaiknya JANGAN hamil, sebab akan merepotkan kondisi anda sendiri. Sebab nanti persalinan, dsb sudah pasti akan menimbulkan perdarahan yang bila tidak akurat penanganannya akan berakibat buruk terhadap anda dan janin yang dikandung. Anjuran saya sebaiknya adopsi anak saudara atau keluarga dekat, itu lebih bijak…
    3. Primolut bisa mempengaruhi ovulasi atau pematangan sel telur. Sedangkan methil predinisolon setahu saya tidak ada pengaruhnya…

  22. 479
    Susi Says:

    Malam bu dokter, sy sdh 15 thn menderita itp, dan sampai skrg msh ditangani dokter hematologi pertanyaan sy:
    1. Baguskan kl kita terus menerus mnum obat? Krna jgnkan diberhentikan, dikurangi dosisnya saja lgs drop
    2. Bisakah sy hamil, dgn kondisi itp? krn sy sdh 5 thn mnikah blm hamil jg
    3. Apakah obat primolut n dan methilprednisolon mengurangi ksuburan kandungan?

  23. 478
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ria,

    Iya bener. Kemungkinan tekanan darah rendah (hipotensi) dan atau anemia. Untuk tahu pasti kunjungi dokter penyakit dalam. Penyakit jangan dipeilhara….

  24. 477
    ria Says:

    pgi dok.. sy mw tny lg dok.. sy sring pusing2, mdh cpk, mdh lms, kdg kl klmaan tdr2n dan du2k trus wkt brdri pndngan sy brkunang2 dan glap.. gjla2 ini sdh lma sy rasakan dr sy SMA dan skrg sy udh kul smstr 5.. kira2 it gjala anemia atw drah rndh dok.. sy blm ad priksa kdokter dok.. sy g brani priksa dok.. mksh y dok..

  25. 476
    Dr. Sukma Says:

    Hai Amanda,

    Saya sependapat untuk dilakukan pemeriksaan kearah lupus… Kunjungi dokter internist LAIN yang handal dan teliti dalam memeriksa pasien…

Pages: « 26 … 23 22 21 [20] 19 18 17 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe