SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 25 24 [23] 22 21 20 … 1 » Show All

  1. 575
    astri Says:

    dok.kakak saya perempuan berumur 30 thn…dia sudah hampir 2 minggu demam panas dingin…hasil darah…trombosit,leukosit,hb normal..malaria negatif!tp dulu pernah ada gejala lebam dikulit.bintik merah dikulit,gusi berdarah,,hasil darah ternyata trombosit tnggal 2000,tp leukosit normal…apa itu bisa dikatakan leukimia….???

  2. 574
    Dr. Sukma Says:

    Hai Laras,

    Leukemia yg diderita ayahanda sering mengenai orang dewasa sampai tua. Dan setiap jenis leukemia ada obat atau komposisi beberapa obat tertentu. Jadi sebaiknya ikuti saja terapi yg diberikan oleh dokter hematologist yg merawat.

    Mengenai sarang semut, saya tidak tahu dan belum pernah dengar untuk terapi kanker. Namun daun sirsak sangat bagus untuk penderita kanker karena anti oxidant yg tinggi. Mengenai glivec- ini obat kanker jenis tertentu yaitu gastrointestinal stromal sarcome atau disingkat GIST. Untuk kanker jenis lain belum ada literatur yg menyebutkan glivec cocok selain khusus buat GIST.

  3. 573
    laras Says:

    malam dok.. beberapa hari yang lalu ayah saya didiagnosis leukemia granulositik kronik fase kronis.. sekarang beliau sedang menjalani pengobatan baik dari dokter maupun tradisional.. ayah saya sering mengalami demam tinggi yang setelah itu diikuti dengan munculnya keringat dingin dan pola tersebut terjadi berulang-ulang kali.. apa yang harus saya lakukan untuk menangani kondisi ayah saya tersebut? lalu saya juga ingin bertanya benarkah tanaman herbal sarang semut dapat berkhasiat melawan kanker? dan saya dengar obat gleevec dapat membantu menghilangkan sel kanker, namun apakah obat tersebut mempunyai efek samping yang berbahaya?
    terima kasih sebelumnya dok, saya tunggu jawaban dari dokter..

  4. 572
    rinta Says:

    malam bu dokter……….saya pelajar kelas 2 SMK
    saya mau tanya telapak tangan saya sering basah, dan saya kalo habis duduk terus berdiri pusing banget dan hitam semua ketika melihat disekitar saya,terus kalo lari tuch dada saya sangat sakit……dulu saya pernah mengalami leukimia stadium 2 mau ke 3 tapi sudah sembuh dengan berobat ke supranatural.kira-kira penyakit apa yang menyerang saya bu dokter ?
    dan apa penyakit yang sudah sembuh total itu bisa kambuh lagi ?
    saya tunggu jawabannya bu dokter.

  5. 571
    bergi (22 tahun) Says:

    dokter yang cantik saya mau bertanya saya demam selama 3 hari disertai flu dan ada bintik merah sekitar tangan jika panasnya tinggi.
    hasil cek darah saya
    HB18,09(13-18)
    leuk 12,5(4,4-11,3)
    trom 240(150-400)
    erit 6,03 (4,5-5,9)
    hematokrit 54(42-50).
    hitung jenis leukosit 0/3/3/55/37/2.apakah saya menderita DBD atau peradangan atau leukimia?
    terima kasih sebelumnya

  6. 570
    Dr. Sukma Says:

    Halo Putri NS,

    Kemungkinan terbesar penyakit anda adl pleuritis atau radang selaput paru. Kunjungi doktyer spesialis paru agar diperiksa dan sekalian di rontgen untuk melihat keadaan paru anda. Soal beaya tidak mahal, kunjungi RSUD setempat.

  7. 569
    R.Putri N.S. Says:

    malam,dok.saya pernah brtanya di halaman ini cuma belum djawab,.waktu kelas 4 SD,saya pernah terkena bronkhitis.Sekaran saya kelas 3 SMP dn sering mrasa sakit d tulang rusuk knan-kiri,dada atas kanan-kiri dan tulang belakang,.saya jg sering sesak npas,.kemampuan berlari saya jg smakin menurun,.pertanyaannya,kira” itu penyakit apa dan saya harus k mana untuk mmeriksakannya,.kalau boleh tw brp harga biayanya?trims.

  8. 568
    Dr. Sukma Says:

    Hai jenny,

    Pendapat sy kelainan pd bayi anda adalah hemangioma capillare yaitu tumor jinak pembuluh darah. Biasanya ditunggu sampai usia 6 bulan. Bila tidak hilang sendiri, maka pada usia setelah 6 bulan dilakukan operasi mengangkat tumor jinak yg biasa ditemukan pada bayi tsb.

    Sebaiknya anda kunjungi dokter bedah anak yg sudah biasa menangani kelainan spt itu.

  9. 567
    Jenny Says:

    Malam dok, saya mo nanya nich,
    anak saya skrg 4bln, ada lebam hijau n merah tanpa sebab di pipinya.
    waktu umur 2 bulan, hanya terlihat hijau saja, skrg sudah 4 bln masih lebam n ada merah2 pembuluh darahnya terlihat. dan pipi terlihat seperti bengkak n terasa agak panas.
    dari SPA mengatakan tu pecahnya pembuluh darahnya saja, bila ingin sembuh harus dioperasi. Apakah benar dok? Jadi, bagaimana ya Dok? soalnya sudah 2 bln, lebamnya gak sembuh2? bagaimana caranya agar bisa sembuh?

  10. 566
    Dr. Sukma Says:

    Lebam disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di lokasi tsb. Darah keluar dari pembuluh yg pecah, masuk kedalam jaringan sekitarnya menimbulkan warna kebiruan karena adanya hemosiderin didlm darah.

    Kasus anak anda jangan terlalu dicemaskan, karena ada riwayat alergi. Sebaiknya di observasi saja, kalau perlu dicatat setiap kali terjadi lebam: lokasinya tetap atau berpindah, awal terjadinya lebam didahului oleh trauma/ terjatuh, dst. Kalau perlu lakukan pemeriksaan darah lengkap (DL), untuk melihat angka2 hitung dari berbagai sel darah : lekosit, trombosit dan eritrosit. Hasil pem DL lalu dibawa ke dokter anak agar dilihat dan diambil tindakan bila diperlukan.

  11. 565
    eric Says:

    Dok selamat siang saya mau konsul anak saya ada lebam dikakinya saya takut dok karena riwayat saya adik adik saya meningal karena kangker dara sedangkan anak saya dikakinya timbul lebam gak besar si dok cuman perna saya periksakan ke dokter katanya sih cuman alergi susu {memang dari kecil anak saya alergi susu dok} anaknya aktif dok makanya ya doyan cuman dari beberapa gejala gejala yg saya baca cuman memar yg ada kalau gejala panas atau mimisan sih belum pernah anak saya umurnya empat th dok terus bagai mana dok jalan yg harus saya lakukan

  12. 564
    Dr. Sukma Says:

    Halo tya,

    Jawabnya bisa iya bisa tidak. Untuk pastinya mesti dilakukan biopsi jarum halus/ fnab, bila benjolan sudah berdiameter satu sentimeter. Kunjungi dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA agar dilakukan fnab.

  13. 563
    tya Says:

    dok. sama mau tanya. kalau ada pembengkakan pada leher itu juga termasuk gejala leukemia ya??

  14. 562
    chiquetitta sherryl maria Says:

    slmt malam dokter…sy ibu sherryl dr papua…bgn dok, suami sy di diagnosa cml pada akhir januari 2011, dengan jumlah lekosit 356000, hb 10000….suami tidak menjalani kemotrapi hanya mengkonsumsi hydrea 500…seminggu yg lalu lekosit suami sy 88000, pct 500,hb 11, keadaan suami seperti orang tidak sakit yg ingin sy tanyakan, apakah dgn gejala seperti ini suami sy jg dpat terdiagnosa penyakit diluar cml…mohon penjelasan…krn seperti yg prnh sy bc gjl hiv kog hampir mirip leukimia

  15. 561
    Darmawan Says:

    Dr Sukma ysh,

    terimakasih atas jawaban yg diberikan begitu cepat.Namun kalau tidak keberatan,ijinkan saya melanjutkan beberapa pertanyaan:

    1. apakah ada test-test lain yang perlu dilakukan untuk mengetahui mengapa trombositnya meningkat?

    2. melihat hasil pemeriksaan lab tersebut, apakah pelu dilakukan test BMP?

    3. apakah trombositosis dapat disembuhkan?

    4. makanan apa yang harus dikurangi?

    5. apakah stress dapat meningkatkan jumlah produksi trombosit?

    Mohon maaf bila pertanyaannya terlalu banyak. Terimakasih atas bantuan Dokter.

    salam,

  16. 560
    Dr. Sukma Says:

    Halo Darmawan,

    Sepintas sudah ada perbaikan angka trombosit yg plg rendah di angka 401 ribu dan terakhir juni 2011 di angka 468 ribu. Menurut saya itu cukup bagus dg terapi aspilet 1 tablet /2 hari. Jadi menurut pendapat saya diteruskan aja terapi aspilet tsb sambil terus dimonitor angka trombosit setiap 3 bulan secara periodik.

    Mengenai penyebab trombosit diatas normal yg disebut trombositosis ada beberapa hal antara lain adanya INFEKSI.

  17. 559
    Darmawan Says:

    Dr Sukma yth,

    Mohon konsultasi, anak saya laki-laki 11 th, berat badan 50 kg.Pada Desember 2009 kejang tanpa demam. Diberi depaken 2×250 mg. Sampai saat ini tidak pernah kejang lagi, walau depaken telah diturunkan menjadi 2×125 mg.Namun yang menjadi perhatian saya adalah angka trombositnya masih diatas normal.
    Hasil cek darahnya sbb:

    trombosit leukosit eritrosit LED Hb
    13 des 2009 692000 18,6 5,2 – 13,7
    (wkt kejang)
    24 des 453000 9,4 4,4 25 13,1
    maret 2010 402000 10,1 4,4 5 13,3
    juli 2010 401000 10,8 4,5 12 13,4
    oktober 2010 508000 10,1 4,8 2 13,4
    des 2010 543000 11,1 5,3 – 14,4
    (hiperagregasi ringan)

    maret 2011 529000 10,5 5,4 10 14,5
    (hiperagregasi)
    Juni 2011 468000 11,3 5,2 7 14,2
    (hipoagregasi ringan)

    pada maret 2011 juga diperiksa morfologi darah tepi dng hasil
    eritrosit :Mikrositik normokrom, anisositosis
    leukosit:Jumlah & sebaran normal
    trombosit:Kesan : Jumlah meningkat, morfologi normal

    sejak desember 2010 diberi aspilt 2 hari 1 x

    Mohon informasinya apakah yang menyebabkan trombositnya berada diluar angka normal? Apakah dapat disembuhkan?
    Terimakasih atas bantuan Dokter

    salam,
    darmawan di jakarta

  18. 558
    dirga Says:

    dear Dr
    nama saya dirga
    kakak saya sekarang terkena LLA
    saya bingung tiap ahri dia mimisan dan lemas
    sekarang bibirnya terasa kaku dan membiru
    untuk menanganinya gimana ya dok?

  19. 557
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dimitri,

    Gak usah takut gangguan ginjal ASAL minum air putih extra setiap hari. Obat itu sangat bagus, cepat menurunkan angka trombosit..

  20. 556
    Dimitri Says:

    Terimakasih banyak dok atas jawabannya..sekarang saya memang sedang mengkonsumsi hydroxiurea..tapi saya khawatir dgn ginjal saya karena tiap hari minum obat..

  21. 555
    Dr. Sukma Says:

    Hai dimitri,

    Obat hydrea palingh tepat untuk kasus thrombositosis spt kondisi anda pada saat ini yaitu angka trombosit lebih tinggi diatas normal. Saya kurang pasti, coba perbanyak makanan mengandung anti-oxidant seperti: buah sirsak,cantaloupe, broccoli, dll.

  22. 554
    Dimitri Says:

    Selamat siang dok,,mhon ijin konsul..
    Apa ada makanan selain obat yg dapat menurunkan(menormalkan) jumlah trombosit? Mengngat jumlah trombosit saya sangat tinggi yakni 1.200.000
    Terimakasih banyak

  23. 553
    R.Putri N.S. Says:

    (Ini yg bnar)
    Sore,dok..saya mau bertanya tapi agak tdk nyambung dg artikel yg dokter tls krn sulit mncari dokter yg aktif menulis artikel.sy umur 14th.kls 4SD sy prnh trkna bronkitis n alm kakek sy prnh terkena pnyakit kanker paru-paru.Stiap pgi atw jm 6 sorean,dada bawah/atas bagian kanan/kiri srg trasa nyeri seperti ditusuk-tusuk,apalagi saat batuk.slain itu sendi-sendi dan tulang belakang serta tulang rusuk saya jga sering nyeri.waktu kls 1 SMP,sya kalau lari cepat.namun skrg sdh tdk.yg ad malah srg sesak napas dan dada sperti dtusuk-tusuk padahal baru lari 100 m.saya sering merasa mual dan cepat lelah..akhir-akhir ini saya kalo tdur slalu d ats jm 12 mlm (sulit tdur).dari ciri-ciri tsbt,kira-kira saya skit apa y dok?lalu bgaimana mengatasinya?apakah saya perlu k dkter spesialis?jka y,spesialis bagian ap?n kira-kira berapa biayanya?trims banyak

  24. 552
    yoppie Says:

    selamat sore dok..saya umur 21 tahun
    saya termasuk penderita anemia.
    2tahun belakangan ini saya sering demam tanpa sebab,mual, terkadang lebam lebam ato bintik2 merah di kaki/paha..saya merasa lemas/ sempoyongan saat beraktifitas,sesak nafas, dan terkadang telapak tangan saya sering berkeringat lebih sampai menetes2.
    tulang tulang saya sering terasa nyeri saya fikir dampak dari 2tahun lalu saya pernah patah tulang rusuk,engsel tangan selisih,tulang belakang saya retak,,,,, dan saya punya riwayat tifus sekitar 4 bulan lalu..

    oia dok,,bila tes darah lengkap itu apa harus ada rujukan dri seorg dokter ya,,

    trimakasih dok,,,,,,,sebelumx

  25. 551
    Dr. Sukma Says:

    Hai Indah,

    Sebaiknya di observasi saja dulu. Kalau perlu anda catat kapan mimisan terjadi dan diamati berapa banyak kira2 berapa cc darah yg keluar. Lalu ingat dan catat sebelum mimisan anak anda habis jatuh atau habis makan atau minum sesuatu’dst. Disini peran ibu dominant melebihi dokter anak yg memeriksa. Cermati dan ikuti terus/catat terus setiap kejadian mimisan pd anak itu. Setelah terjadi minimal 3 kali mimisan, maka kunjungi dokter hematologist anak untuk diperiksa dan konsultasi. Sebab hasil lab yg relaif normal hanya lekosit yg diatas normal BELUM bisa diambil kesimpulan. Tips n trick: jangan panik menhadapi anak mimisan. Periksa darah lengkap untuk mengetahui komponen/ item apa saja yg abnormal. Diagnosis leukemia ditegakkan dari hasil pemeriksaan BMP atau bone marrow puncture, bila ada indikasi kearah itu. Demikian.

Pages: « 26 25 24 [23] 22 21 20 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe