SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 [25] 24 23 22 21 20 … 1 » Show All

  1. 625
    Aisyah Says:

    malam dok . .
    saya aisyah kelas 3 sma.
    saya 3thn yg lalu pernah kecelakaan dan kepala bagian belakang saya terbentur ke aspal dan sekarang saya merasakan dampaknya yaitu sering pusing yg sangat hebat dgn diiringi gusi berdarah.
    ciri2 penyakit apa ini ya dok?

  2. 624
    meme Says:

    selamat malam dokter, saya mohon bantuannya..
    ada saudara yg sakit polip sudah menjalar ke mata yang harus dilakukan operasi. Tetapi jika operasi leukositnya harus normal tidak boleh lebih dari yang di bataskan…sedangkan leukosit saudara tinggi,karena setahu saya jika tubuh mengalami infeksi atau peradangan leukosit akan tinggi, bagaimana cara menurunkannya..karena tidak dapat operasi hanya menunggu di RS saja kan tak ada gunanya..sudah 5 hari lebih di RS..Terimakasih dokter..saya mohon di bantu.

  3. 623
    Jaenudin Says:

    Slmat malam dok… Dok saya mau menyakan perihal jarum suntik… Apa dampak dari jarum suntikan bekas pasien lalu kembali disuntikan lagi kepasien lain?
    Mungkinkah seorang dokter bertindak demikian?

  4. 622
    Citra Says:

    Selamat pagi dokter… Nenek saya menjalani pemeriksaan darah dengan hasil sbb

    Hasil
    Hemoglobin 12.1 g/dL
    Eritrosit 4.59 106/ µL
    Hematokrit 39.4 %
    MCV 85.8 fL
    MCH 26 pg
    CHC 30.7 g/dL
    RDW 16.9 %
    Leukosit 15.230 /µL

    Hitung Jenis
    Eosinofil 4 %
    Basofil 0 %
    Batang 21 %
    Segmen 47 %
    Limfosit 18 %
    Monosit 10 %
    LED 33 %

    Trombosit 1.165.000 /µL

    Nilai Rujukan
    Hemoglobin 11.7-16.1 g/dL
    Eritrosit 3.8-5.2 106/ µL
    Hematokrit 35-47 %
    MCV 81-102 fL
    MCH 27.0-35.0 pg
    CHC 31.0-3 g/dL
    RDW 11.5-14.5 %
    Leukosit 4.400-11.300 /µL

    Hitung Jenis
    Eosinofil 2-4 %
    Basofil 0-1 %
    Batang 3-5 %
    Segmen 50-70 %
    Limfosit 25-40 %
    Monosit 2-8 %
    LED 3-30 %

    Trombosit 150.000-450.000 /µL

    Apakah beliau menderita myeloproliferative disoreders??
    Periksaan apa yang sebaiknya dijalankan Nenek saya selanjutnya??

    Mohon pencerahannya.
    Terima kasih sebelumnya.

    Sincerely,

    Citra

  5. 621
    wiwi Says:

    Dear Dr. Sukma,

    Dok sy 28th, sekitar 4 bulanan ini sy merasakan getaran dikedua tangan (jari2) sy semakin hari semakin kuat. Dan hari ini jari jempol sy yang sebelah kanan jika dibengkokkan getaranny benar2 kuat sampai sy tidak bisa mengenggam hp saya. Dan misalkan sy mandi terlalu malam atau cuaca terlalu dingin, sy merasakan jari2 sy ngilu sekali. yang ingin sy tanyakan apakah itu adalah ciri2 dari penyakit parkinson? dan bagaimana carany agar getaran dijari sy bisa berkurang dok, karena sy merasa sangat terganggu dengan getaran tsb dok.

    Terima kasih,

    Wiwi

  6. 620
    ella Says:

    dok gejala saya hampir sama dengan gejala yang di alami oleh tia,,,
    cuman rambut saya juga sering rontok lebih dari 50 helai
    kira2 saya terkena penyakit apa yah dok ??
    terima kasih atas perhatiannya

  7. 619
    batara Says:

    Halo, bu dokter…
    bisa bantu saya sarankan jenis obat penambah kesuburan Istri saya….
    usia kami sama 40 thn, tetapi masih belum punya anak lelaki.
    menikah usia 25 thn dan anak pertama (cewek) lahir 5 tahun kemudian. Untuk anak kedua(cewek)jarak 3tahn berikutnya dari anak 1 dan 3bulan berikutnya, istri saya positif hamil tetapi kami gugurkan, dengan alasan terlampau rapat..Hingga sampai saat ini kami belum memiliki momongan lagi(hampir 12tahun)
    Ooo.iya dok…kontarsepsi kami menggunakan pil pada waktu itu. Namun 3 tahun sesudah anak kedua lahir kami hentikan sampai sakarang.

    Tolong di bantu ya bu dokter..maklumlah adat orang Batak ini agak susah… terima kasih. Batara

  8. 618
    UMI Says:

    dok, kakak saya suspek kanker darah. utk memastikannya kata dokter hrs di periksa sum-sum tulang belakangnya, itupun kalau kondisinya fit. tapi saat ini kondisinya sering demam n lemes. trasnfusi udah dilakukan tp msh lemes. kalau memeng dia mengidap kanker darah, apa bisa tidak usah kemoterapi? krn kata orang kemo bisa mengganggu sel2 yang baik. selain kemo apa ada pengobatan yang lain ? kalau periksa sum-sum tulang belakang sakit ya dok? mohon penjelasannya.. trims

  9. 617
    Dr. Sukma Says:

    Halo Awan,

    Beaya pemeriksaan darah lengkap, tergantung lab dan berkisar 100 rb- 150) rupiah. Pemeriksaan ini sangat penting, agar cepat diketahui bila ada kelainan darah. Apalagi nanti akan melajirkan, sehingga dapat dilakukan antisipasi untuk menceggah hal2 yg tidak diinginkan.

  10. 616
    Awan Says:

    Mlm dok..sya bru pnya istri.skrng hmil 3 blan..tapi mngalami gusi berdarah trus.saat cek drah ktanya harus opnam untk tranfusi drh krna drahnya tdak nrmal.dan saya mnta rujuan dRSUD stmpat..tapi saat diperisa lagi ktanya pak dokter ahli rsu gejala itu tidak bahaya..dan normal..trus skrang cman dirumah dgan gusi mengalir trus..dan sring sakit gigi dan migren..trus gmana itu dok sbaeknya..trimakasih atas bantuanya dok..dan kira2 berapa biaya untuk cek drh lgkap itu..

  11. 615
    tia Says:

    maaf dok, saya mahasiswi usia 19 tahun. ada banyak pertanyaan yg ingin saya tanyakan.
    begini dok,
    1.sejak SMA saya sering mengalami migrain di bagian kepala sebelah kiri dan gusi tiba2 berdarah meskipun ketika saya tdk melakukan aktifitas sperti menggosok gig, gusi saya tiba-tiba berdarah bahkan ketika saya sedang berada di kelas utk mperhatikan dosen. jika alasannya adalah kekurangan vit c, ibu saya hampir setiap hari menyediakan buah2an dn sayuran bagi saya, terutama sejak saya divonis dokter mengalami wasir. sekarang wasir saya sudah sembuh, tapi gusi berdarah dan migrain masih sering saya alami. Jika sedang banyak kegiatan, kadang sakit kepala yg saya rasakan bukan migrain, tp menyeluruh dan sangat sakit hingga saya merasa mualdan tidak bisa tidur.
    2. saya juga sering mengalami keputihan, dan kadang kecoklatan. Oia dok, belakangan ini siklus menstruasi saya jg tidak menentu, biasanya rutin stiap bulan dg wkt maksimal 8-9 hari, dan darah yg keluar lumayan banyak. tapi sudah 3 kali terakhir siklusnya berubah menjadi 2 bulan sekali dan itupun dg waktu yg lebih singkat yaitu 4-6 hari.bahkan pernah dalam 2 bulan saya pernah mengalami hanya keluar seperti kecoklatan selama 3 hari tanpa darah menstruasi.
    3. tangan saya selalu gemetar, bhkan ketika menulis, menunjuk dn melakukan hal lainnya.juga telapak tangan saya kadang berkeringat meskipun tidak pada tempat yg panas. tapi hal tersebut tidak terlalu mengganggu memang. kemudian, saya sering merasa linu atau sakit seperti ditusuk pada tulang kadang di tangan, dan yang sering di rongga dada. juga tiba2 pandangan saya kabur sesaat sperti saat dari posisi duduk ke berdiri
    Dari ke3 hal di atas, kira2 apakah yg mnyebabkan hal tersebut terjadi. perlukah saya periksakan ke dokter? Riwayat penyakit saya Maag dan typus

  12. 614
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ratna,

    Dari semuas keluhan tsb, 70 % mengarah ke leukemia NAMUN perlu dilakukan pemeriksaa darah tepi secara lengkap. Dari hasil pemeriksaan nanti akan ketahuan apakah menjurus ke satu penyakit tertentu atau hanya radang bakteri, virus dll. Sayang anda tidak menyebutkan umur. Bila dewasa periksa ke dokter penyakit dalam, bila anak / dibawah 14 tahun ke dokter anak.

  13. 613
    ratna Says:

    dokter,ada yang mau saya tanyakan. sudah 2 minggu ini saya merasa badan saya nyeri linu2, walau tidak setiap hari terasanya.kadang baru terasa siang hari dan smakin malam semakin nyeri,kepala juga pusing dan badan meriang. jika gejala itu datang psti nasfu makan saya hilang,krena mual. dan perut saya pernah beberapa kali terasa nyeri,sperti nyeri ketika saya diare akut. gusi saya juga kadangkala berdarah,padahal awalnya tidak ada keluhan. kadang jika byak gerak saya lgsung berkeringat dingin.sebelumnya saya prnah operasi usus buntu,saya juga sering kna tipes,tpi apa itu tipes dok,krena klo tipes psti saya sdah tidak kuat klo bdan saya linu nyeri dsertai meriang. dan saya memang mudah lebam2,mnrut ortu saya memang keturunan.jadi ketika saya jatuh,terbentur ssuatu atau bhkan kecapean pasti lebam tubuh saya. dan juga dlu wktu kecil saya prnah kcelakaan dg kpala saya terbentur aspal,smpe saya mutah2 dan pusing sekali. kira2 gejala pnyakit apa ya yg saya rasakan.krena saya sma skali tidak pernah merasa smpe sperti ini sbelumnya. terima kasih dokter untuk jawabannya :)

  14. 612
    Ridha Says:

    malem dok..
    saya mw nanya dok,..
    Hb=8,2*… Ht=28*… Leu=7.700… trombo=382.000… eri=4.33
    MCV=64*… MCH=19*… MCHC=30*…
    basofil= 0… eosinofil=1… Netrofil=69… limfosit=27… monosit=3
    trz menstruasi saya tdk teratur sejak sma klas 2,.
    dtengnya tuh 2 bln sekali,skali mnstruasi bisa 15 hari,kadang lebih..
    pdhal sblm klas 2 sma menstruasi saya normal..
    mohon pnjlasnnya dok,..

  15. 611
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hana,

    Analisa saya anak anda terserang infeksi virus, biasanya rotavirus dengan gejala antara lain diare dan panas tinggi. Sebaiknya obat yg diberikan dokter anak dihabiskan dulu. Dan perlu waktu seminggu atau lebih agar perlahan mulai normal.
    Sel darah putih yg rendah (lekopenia) antara lain disebabkan oleh infeksi virus.

  16. 610
    Dr. Sukma Says:

    Halo Indri,

    Kalau gagal ginjal hanya satu, kiri atau kanan maka sebaiknya diangkat/ operasi nefrektomi yaitu mmembuang ginjal yg bermasalah. Orang/ kita masih bisa hidup normal dengan satu ginjal yg sehat.

    Operasi ginjal sebaiknya dilakukan oleh dokter urologist di rumah sakit besar spt RSCM. Beaya operasi bisa ditekan dan dilakukan dokter urologist yg handal..

  17. 609
    hana Says:

    slm…dokter yg baik hati sy mau tanya..dr tggl 22 jan hngga hr ini jika malam anak sya demam tinggi hingga 40 drjt bahkan lebih dan jika siang sekitar 38-39 drjt dan dibarengi gejala lainnya seperti batuk, pilek, flu, diare.sya sdh bawa ke SPa tggl 25 dan diberi obat antibiotik, lacto B, oroxin syirup, ozen cetirizine 2 HCI, dan Candistin untuk kuman di lidah dan tenggorokannya, dokterpun menyarankan untuk ganti susu mnjdi susu kedelai..krn rasa penasaran sya cek darah dngn hasil hemoglobin; 12,6, lekosit;3.550, hematokrit;38 prsn,trombosit: 192.000..anak sy permpuan dngn usia 13 bln, BB 8,6kg,TB 75 cm,.sy khwtr dngn demam yg tdk kunjung reda ditmbh jumlah lekosit yg rendah..sbnrnya sakit apa ya dok cz sblm na anak sy sngt aktif krn sdh bisa berlari tpi skrng terlihat lemas dan sering tertidur jg susah makan dan suka muntah jika di ksh makan dy lebih banyak minum asi dan air putih…terima kasih atas jbwnnya dok..sy sngt berharap jawbnnya dok..terima kasih.

  18. 608
    Fachril Says:

    apakah mimisan merupakan gejala dari penyakit leukimia????

  19. 607
    indri Says:

    tolong saya dok, ibu saya divonis dokter terkena gagal ginjal kronik, dan jumlah keratininnya sudah mencapai 6,9 lalu jumlah ureumnya semakin meningkat dari normalnya 10-50 tapi kok itu sudah 238,,menuryt hasil lab. saya bingung dan shock,,karena dokter bilang harus cuci darah padahal itu luar biasa sakit dan mahal,,sedangkan kami kehabisan biaya,,adakah alternatif lain yang menolong kami sekeluarga dok,,ibu saya sama sekali tidak mengeluh..karena tidak ada tanda2.

  20. 606
    ayu diah Says:

    dokter saya memiliki gejala seperti ini, demam di sore sampai menjelang magrib. telapak kaki saya terasa dingin.. terkadang juga kepala pusing kadang juga tidak. waktu itu saya pernah mengikuti tes widal dengan dengan hasil leukosit saya lebih tinggi dari trombosit. pada waktu saya tes itu dokter yg menangani bilang kalo saya tidak apa”. bagaimana ya dokter.. mohon penjelasannya,,

  21. 605
    rizky febrian Says:

    dear dokter… anak sy laki2 usia 4th, belakangan bab berdarah, hasil lab: eritrosit 0-1 /LPB
    lekosit 1-2 /LPB
    tlg di jelaskan maksud dari hasil lab nya ya Dok, terima kasih.

  22. 604
    Ratih Says:

    Siang dokter sukma ,,
    saya mw tanya dok , makanan dan mnuman apa saja yg harus di hindari oleh penderita anemia ? Kta dokter swaktu sy periksa , penderita anemia dlrang minum teh , benarkah demikian dok ?
    Saya penderita anemia dok , lebih tepatnya kekurangan zat besi ,
    pernah transfusi drh krna hb saya hanya 6,00 ,, stelah dtranfusi naik menjadi 9,8 ,,
    skrg sy sedang sakit dok ,, gejalanya sama sperti waktu sya drawat drumah sakit ,, panas tdk turun2 , sempoyongan , tidak kuat untuk duduk lama2 ,, tp sya tdk cek darah dok , hny dsarankan dokter kluarga sya untuk mnm susu , hati ayam , sayuran hijau ,,
    lalu tiap keadaan sya lemah sperti ini saya selalu minum obat penambah darah MALTOFER . Obat itu sama sperti yg dberikan kpd sya sewaktu rawat inap drumah sakit .
    Mohon penjelasannya dok atas pernyataan sya di atas , sy cemas sekali typ keadaan sy sperti ni ,,

  23. 603
    Lia Says:

    Dokter, aq mw tanya. Kmrn aq prksa darah. Smua na normal kcuali:
    Lymp: 19% normal 20-40
    Mono: 10% normal 2-8

    apa tu normal2 saja, dok?

  24. 602
    emma Says:

    Dok..
    saya seorang gadis berusia 20thn.. saya sering merasakan sakit di kepala, yang rasanya itu sangat nyeri,seperti ditarik hingga ke leher, sakit itu sudah saya alami dari SD, tapi sakitnya itu kadang-kadang datangnya, tidak menentu, akhir-akhir ini jika saya kecapeaan, biasanya kepala saya sakit dan mengakibatkan saya merasa mual dan muntah. dan rambut saya rontoknya sangat banyak. apakah saya mengalami gejala kanker otak atau semacamnya ?
    sejauh ini hanya gejala itu yang saya rasakan,,
    mohon bantuannya ya bu dokter :)

  25. 601
    tono Says:

    Dear Ibu Dokter

    selamat sore dok?anak saya wanita usia 2thn,dalam satu hari sehabis makan anak saya BAB 3kali,apakah itu normal ataun tidak dok?apakah ada obatnya?terima kasih.

Pages: « 26 [25] 24 23 22 21 20 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe