SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 … 8 7 6 [5] 4 3 2 … 1 » Show All

  1. 125
    lily Says:

    dokter, saya ingin tanya, ciri-ciri anemia apa?saya sering pusing ketika berdiri setelah berjongkok, walaupun hanya beberapa detik…

  2. 124
    icha Says:

    slmt siang Dr Sukma..
    sy mau tanya..

    sy ini mendrita anemia,dlu dr bilang sy hrs mngknsmsi obt pnmbh drah tiap minggunya..krn rs mls jg sy jrang mgknsmsi obt pnmbh dr itu,,akhirnya sy mkin sering skt kpla,pusing,& mdh lelah. tknan drh sy jg rndah & ga naik”..

    swtuu hr, prt sy ini skt, ada bntik” mrah,& kdg ada spri memar” dbagian lgan & kaki ,, sy jg sring pndrhan di gusii tnp sbb yg jls.pdhl sy tdk krang mgkmsmsi vit C .sy priksaa ke dr umum dan dia mnyarankan agr sy priksaa drh ke lab .. hsl pmrksaan lekosit sy lbh dr normall,dan dr blg ada infksii.sy msh krang jelas skt apa sy ini??

    dan apakah tnd” td slh satu bhwa sy trkna leukemia??
    trims Dr..
    dntggu jwbannya!!

  3. 123
    fernando Says:

    Dokl saya fernando,

    Jika saya melihat gelap dan saya langsung melihat terang apakah itu penyakit anemia ???

  4. 122
    Ervina Says:

    Dear Dokter Sukma, terima kasih dokter atas jawaban dan penjelasannya. Dari penjelasan tersebut memang sudah 6 bulan ini saya merasakan sakit pada tulang belakang saya, kalau dilihat secara kasat mata, tidak ada memar dan bekas luka. tapi kalau saya gerakin badan ato tanpa sengaja nyentuh tulang belakang saya, terasa sekali seperti ada memar di dalam, sakit sekali. sekarang ini sakitnya sudah tidak terlalu berasa, mungkin karena saya sudah terbiasa juga dan saya selalu mengabaikan hal itu. Dokter sebagai informasi hematrokit saya ada di angka 36, kondisi normal harusnya di 37. Dokterm apakah ada dokter hematologi yang bisa dokter referensikan kepada saya? posisi saya berada di jakarta barat. kalo memang Pre-Leukemic, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi leukemia? terima kasih dokter.

  5. 121
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ervina,

    Kasus TROMBOSITOSIS sebenarnya agak complicated. Secara teoritis kondisi itu disebabkan oleh adanya radang akut, perdarahan atau gangguan sumsum tulang.

    Yang paling ditakutkan adalah bila yang terjadi adalah yang terakhir, yaitu gangguan sumsum tulang. Bila terjadi seperti ini tepatnya pafa kondisi yang disebut MYELOPROLIFERATIF, maka sumsum tulang akan sangat aktif, sehingga produksi sel-sel darah akan meningkat. Sel-sel eritrosit, lekosit dan trombosit meningkat, bisa satu macam sel saja, bisa dua macam dan bisa ketiganya.

    Bila salah satu meningkat, misalnya hanya sel trombosit saja, hal ini mengakibatkan trombositosis. Kondisi ini BISA digolongkan kedalam kondisi PRE-LEUKEMIC.

    Sebaiknya kondisi trombositosis anda ditangani secara serius oleh seorang Hematologist yang handal.

  6. 120
    Dr. Sukma Says:

    Halo Antony,

    Pertanyaan anda langsung dijawab, ya.
    1. Gejala leukemia MIRIP seperti itu.
    2.Perlu dilakukan pemeriksaan BMP (bone marrow punction), untuk menegakkan Leukemia.
    3. Kalau BENAR leukemia, sebenarnya kehamilan menjadi kontra indikasi. Artinya penderita SEBAIKNYA TIDAK HAMIL. Karena penyakit itu sangat berat, apalagi ditambah dengan kehamilan. Secara logika sel-sel leukemia bisa masuk ketubuh janin, via placenta.

  7. 119
    Dr. Sukma Says:

    Halo Coki,

    Apa yang anda tulis itu adalah gejala normal. Akibat suhu sekitar yang dingin, akan menyebabkan mengkerutnya pembuluh darah dan saraf yang berakibat rasa ngilu atau kramp/gringgingan seperti yang anda tulis.

    So, jangan pikirkan hal itu, nothing serious…

  8. 118
    Dr. Sukma Says:

    Hai Jamali,

    Kesan saya anda TIDAK menederita leukemia. Hasil lab anda dalam batas normal, KECUALI satu yaitu lekosit yang agak rendah (3850) yang disebut lekopenia.Hal ini dapat disebabkan adanya infeksi virus.

    So, jangan berasumsi anda menderita leukemia. Keep positive thinking, maka everything will gonna be fine…

  9. 117
    Ervina Says:

    Dear Dr. Sukma Merati, Dokter..tahun lalu saya mengalami anemia parah dengan Hb hanya 8 dan trombosit 460. lalu berangsur-angsur anemia saya sembuh dan trombosit normal (saran dokter minum banyak air putih). tahun ini saya merasakan sakit kepala yang luar biasa dengan demam dan kadang sakit kepala bisa datang tiba-tiba yang membuat saya mendadak mabok dan hampir jatuh. lalu ketika di check Hb saya 12,6 tapi trombosit saya 512. dokter mengatakan saya trombositosis. dari kejadian tahun lalu dengan sekarang, trombosit saya yang tadinya sudah normal mendadak naik tinggi banget. apakah sebenarnya trombositosis itu dan apakah ada kemungkinan leukemia? sebagai informasi tambahan dulu berat saya 55kg, tahun ini 59 kg. apakah obesitas menyebabkan terjadinya trombositosis? mohon bantuan dokter. terima kasih dokter.

  10. 116
    antony Says:

    Dear Doc

    Saya anto 32 th, Beberapa bulan lalu istri saya di vonis dokter kena leukimia, gejala yang timbul berat badan turun, nafsu makan kurang,badan sering lemas dan pingsan, keluhan nyeri di perut dan tulang belakang, sering mimisan dan kepala pusing…sementara itu dia sedang hamil 4 bulan, yang saya tanyakan adalah:
    1. apakah benar gejala leukimia seperti itu?
    2. kalau iya, sudah stadium berapa dok kalau gejalanya udah seperti itu?
    3. bagaimana pengobatan terbaiknya dan apakah bisa menular ke janin?

    terima kasih,

    Anto

  11. 115
    coki Says:

    selama siang dokter.
    saya seorang laki-laki dan umur 40 tahun, mau nanya.
    saya mengalami kaki nyeri dan ngilu, hal ini terjadi jika waktu tidur pada suhu dingin terutama bila mempergunakan AC atau kipas.
    Kaki sebelah kiri saya mulai dari lutut sampai pergelangan kaki terasa nyeri dan ngilu, terutama pada waktu bangun pagi.
    penyakit apakah itu dokter dan bagaimana cara untuk mengatsinya dan obat apa yang cocok.

    gejala ini sudah saya alami satu tahun yang lalu, tetapi jika saya berada pada suhu udara yang panas atau sedang, gejala tidak muncul.

    terima kasih atas saran dan bantuan dokter.

    salam
    coki

  12. 114
    jamali Says:

    selamat malam dokter,
    sewaktu masih duduk di Sekolah Dasar badan saya sering hangat tanpa suatu sebab menjelang remaja s/d sekarang sudah tidak sering panas lagi namun jika ada luka baru yg relatif besar mudah keluar kelenjar bening dan berikutnya bernanah serta kelanjutannya kering/sembuhnya relatif agal lama, umur saya 36th
    Tinggi badan 170cm berat badan 65kg
    Pemeriksaan Hematologi tgl 10 Mei 2009 sbb:
    Hemoglobin 14,02 normalnya 14.00-18.00
    Leukosit 3.850 normalnya 4.600-11.400
    Basofil 0 normal 0-1
    esinofil 0 normal 1-3
    netrofil batang 1 normal 2-6
    netrofil segmen 62 normal 54-64
    limfosit 32 normal 25-33
    monosit 5 normal 3-7
    erytrosit 4,51 normal 3,9-5,9.
    SGOT 29,63 normal 5-34
    SPGT 24,47 normal <45

    seberapa parah tingkat leukimia dan apa yg hrs saya lakukan? terimakasih

  13. 113
    Dr. Sukma Says:

    Halo Susi,

    Mengenai 5Q Syndrome, sayang sekali tidak dapat ditemukan pada buku kumpulan syndrome yang saya miliki. Namun dari keterangan anda bahwa pada sindroma tersebut terdapat peningkatan jumlah HB, leukosit , trombosit dan hematokrit

    Bila demikian, maka 5Q Syndrome itu BUKAN kanker darah dan TIDAK sama dengan policytemia Vera. Pada kanker darah, salah satu dari ketiga jenis sel darah yang DOMINAN sehingga mendesak populasi dan produksi dua sel darah yang lain.

    Contoh pada LEUKEMIA, sel darah putih/ lekosit disini dominan sehingga menekan produksi sel darah merah dan trombosit pada sumsum tulang.Akibatnya penderita akan mengalami Anemia karena kurangnya sel darah merah dan Trombositopenia yaitu rendahnya kadar trombosit.

    Pada POLICYTEMIA VERA, sel-sel DARAH MERAH sangat banyak, jauh diatas normal, sehingga HB sangat tinggi bisa sampai 18-20/dl. Akibatnya darah sangat kental sehinga sebagai terapi perlu dilakukan PHLEBOTOMY yaitu membuang sebagian darah, keluar tubuh.

  14. 112
    Susi Says:

    Selamat siang Dok, Saya mau tanya mengenai penyakit 5Q syndrom (dari hasil pemeriksaan sumsum tulang belakang)dengan ciri HB, Leukosit, trambosit, hematrokit tinggi. yang jadi pertanyaan saya apakah penyakit 5Q syndrom ini sama atau termasuk dengan policitemia vera dan apakah ini termasuk kanker darah? apakah penyakit ini menurun pada anak dan berapa persen kemungkinannya. Apakah ada makanan yang bisa menghambat penyakit ini? Terima kasih Dok atas informasinya

  15. 111
    Dr. Sukma Says:

    Halo Melati,

    Dari Ultrasoud report, banyak sekali kelainan didalam organ reproduksi anda. Ada penebalan endometrium atau polip endometrium, ada myoma subserosa, ada kista di adnexa kiri dan kanan. Bahkan salah satu diduga masa padat yang ditakutkan ganas. Sehingga ada saran untuk diperiksa tumor marker/petanda tumor ganas.

    Berapa usia anda ?Apakah sudah berkeluarga/punya anak?
    Bila sudah, sebaiknya diangkat/operasi saja semua organ bermasalah tersebut. Cause so many problems that might endanger your life… Tidak ada saran lain dari saya.

  16. 110
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yanti,

    Hasil lab dalam batas normal. Hanya saja tekanan darah anda agak tinggi. Yang ditakutkan pada wanita hamil seperti anda saat ini, yaitu terjadinya PRE_EKLAMPSIA. Namun protein dalam urine anda negatif. Saran saya sebaiknya check ulang protein urine di lab lain, sebagai bahan pembanding.

    Bila pada wanita hamil tensi tinggi disertai protein urine positif, ditakutkan akan terjadi EKLAMPSIA pada saat melahirkan nanti yaitu kejang-kejang sampai koma tidak sadarkan diri.

    Jadi sebaiknya anda HINDARI GARAM dan MAKANAN BERLEMAK yang berpotensi menaikkan tekanan darah.

  17. 109
    melati Says:

    hallo doc tolong please….????
    jelasin dan terjemahin ni ke bhs indo ok
    jwbna docter sngt sy nantikan..
    Report :
    LPM :
    Refence in made to the previous ultrasound study of 6/1/2009
    There is a 1.6 x 0.6 x 0.6cm echogenic nodule noted in the endomertial catity which may represent focal endometrial thickening or an endometrial polyp. There is some vascularity noted within.
    A 1.5 x 1.5cm subserosal fibroid is noted in the posterior wall without affecting the endometrium. In the right adnexa is 7.8 x 4.6 x 4.2cm complex solid cytsic structure with predominantly
    cystic componet with echogenic nodule whitin which may likely to represent rigth tuboovarian mass. ( Please correlate with tumour markers)
    In the left adnexa is a 5.4 x 5.4 x 5.0cm tubular cytstic structure with low-level internal echoes. This may represent a distended residual left fallopian tube or loculated fluid collection
    Dok, tolong jelaskan
    dan apa yg segera sy lakukan
    biar kista sy tdk makin menjalar …

  18. 108
    yanti Says:

    Malam dok. Saya 32 thn dan saat ini sy sdg hamil 32week. Anak ke 3. Mggu lalu tekanan darah saya 140/90. Oleh Dr disarankan tes darah. Adapun hasilnya sbb:
    Hb 12,6
    Leukosit 12000
    LED 27
    Trom 232000
    Hematokrit 36,6
    Erit 4,06
    MCV 90
    MCH 31,1
    MCHC 34,5
    RDW 11,8
    PDW 20
    MPV 7,4
    PCT 0,173
    Eosinofil 1
    Baso 0
    N batang 5
    N segmen 73
    Limfosit 12
    Monosit 9

    Sdg pemeriksaan protein urine negatif

    Dr hasil diatas kira2x apa yg menyebabkan tek darah saya tinggi. Dan apakah hasil tsb ada menunjukkan gejala penyakit tertentu. Mengingat sy sudah hampir melahirkan kira2x sy harus melahirkan operasi atau caesar. Terima kasih sebelumnya saya ucapkan.selamat malam.

  19. 107
    VIVI Says:

    Tks infonya ya Dok.

    Tapi kenapa semua hasil tes saya tidak mengarah ke churge strauss ya?

    Atau saya terkena penyakit autoimun jenis lain ya DOk?

    Sebaiknya saya berobat kemana ya?

    Saya kemarin ada test jantung echo (semua hasilnya baik), cuma hasil lab agregasi trombosit saya tinggi hiperagregasi trombosit. Apakah ada hubungannya dengan penyakit saya diatas?

    Tks ya Dok.

  20. 106
    anita h setiantoro Says:

    hallo Dr Sukma..
    saya pr usia 37 thn, nama saya nita,sdh 2 thn ini saya didiagnosis ada tumor di liver matastase di kiri kanan liver, dan jenis tumor saya namanya paraganglioma yg dsbt tumor yg sgt langka dan jarang ditemukan kasus spt saya..saya sdh mndpt bbrp opini dari dokter2 saya yg di indonesia dan yg di belanda,sampai saat ini blm bisa dilakukan tindakan apapun untk saya krn mrk tdk mengerti dan katanya kasus saya sgt jarang dan krn letak tumor saya yg sangat sulit jadi tdk bisa dilakukan surgery ataupun apapun.
    saya ingin benar diobati, sy ingin panjang umur, anak2 sy masih kecil2..adakah kemungkinan itu Bu dokter..

  21. 105
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hani,

    Gejala yang terlihat pada ibunda adalah gejala kanker payudara dengan stadium lanjut (iii-iv). Itulaaaaah yang terjadi, tumor pecah meimbulkan luka yang berbau busuk dan sulit disembuhkan.

    Seharusnya tumor ganas itu di OPERASI, begitu diketahui tumor ganas. Jangan menunda-nunda. Kesulitan BAB dapat disebabkan anak sebar tumor ganas itu ke usus besar. Sakit kepala dapat disebabkan keadaan anemia atau anak sebar ke jaringan otak.

    Jadi sebaiknya kunjungi akhli kanker/onkologist, dan ikuti petunjuk yang diberikan.

  22. 104
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vivi,

    Pendapat saya kemungkinan yang terjadi pada diri anda : vaskulitis dan atau sindroma yang menyertai vaskulitis tsb. (Churge-Strauss, etc).

    Jadi kondisi tsb dapat dikatakan ‘complicated’, sehingga anda harus sabar sampai segala sesuatunya menjadi jelas dan pasti. Ikuti petunjuk dokter yang merawat anda kalau perlu lakukan cross-check pemeriksaan lab di tempat lain.

  23. 103
    hani Says:

    dok,mama saya usia 67 tahun kena kanker payudara stadium 4,tidak pernah oprasi,benjolan pecah sendiri, tidak mau kering lukanya, sekarang sering keluar keringat dingin,mual dan tidak bisa BAB? kepala sakit sebelah? bgm saya mengatasinya?

  24. 102
    VIVI Says:

    Selamat Pagi Dokter,

    Saya bingung nich Dok, sakit apa?

    Mulanya sekitar 3 bulan yang lalu, kedua kaki saya sepertinya keseleo. Tapi tidak terasa sakit. 2 hari setelah itu, setiap pulang kerja kaki saya bengkak terutama di pergelangan kaki, setelah diistirahatkan bengkak mereda, tapi hal itu berlangsung terus sampai 2 minggu. Mulai terasa sakit sampai ke jari2 dan ada seperti ruam2 merah yang terasa sakit bila teraba. cuma ruam itu hilang timbul tapi tetap ada di lokasi yang sama, yang terbanyak di sekitar mata kaki dan punggung kaki ruam2 berkelompok. Sampai di sekitar paha tapi hanya ada ruam2 kecil tidak berkelompok, tetapi tersebar.

    Karena sudah 2 minggu saya coba urut, 3X urut dengan jeda 3hari ternyata bukan membaik tapi malah membengkak sampai kedua punggung kaki saya bila ditekan, baliknya memerlukan waktu beberapa menit.

    Akhirnya saya ke Dokter Spesialis Tulang & Sendi, menurut dokternya saya terkena post trauma tissue sindrom. Diberi obat. 1Minggu sampai obat habis gejala tidak membaik.

    Akhirnya saya coba ke dokter umum diberi obat furosemide & kalium diklofenak, setelah minum obat bengkak sedikit mereda, tapi ruam merah tetap hilang timbul. Mereda saat diistirahatkan tapi kembali banyak ketika lelah.

    Oleh Dokter Umum saya dirujuk ke dokter spesialis dalam, hasil sbb :
    Haemoglobin 13,6
    LED 5
    Lekosit 7600
    Basofil 0
    Eosonofil 5
    Segmen 65
    Limfosit 24
    Monosit 6
    Trombosit 391000
    Albumin 4.9
    Total Protein 7.8
    Ureum 16
    Creatinin 0.78
    Asam urat 2.64
    Glukosa Darah Puasa 87
    Rheumatoid Faktor <8
    CRP Kuantitatif <8
    ASTO <200
    Urin Analisa Kuning Jernih
    BJ 1.015
    pH 6.0
    Keton, Protein/Albumin, Glukosa, Bilirubin,Darah samar,Nitrit : NEGATIF
    Urobilinogen 0.2
    SEDIMEN URINE :
    Lekosit 3-5
    Eritosit 0-1
    Silinder Negative
    Epitel Positive
    Bakteri Negative
    Kristal Negative
    Lain-lain Negative

    Oleh Dokter internis saya dirujuk ke Dokter Spesialis Immunologi & Alergi, diagnosa dokter saya Vasculitis Churge Strauss Syndrome, untuk memperkuat diagnosis saya periksa lab kembali & Biopsi kulit. Diberikan terapi : Thimelon 8mg 2X1, Cavit 600mg, Folic Acid (semua obat ini diminum setelah biopsi kulit).

    Hasil lab sbb :
    MASA PROTROMBIN
    Hasil 13.8
    INR 1.1
    Control 11.9
    ANA Negative
    Anti ds-DNA 13
    Total IgE 118.4

    Hasil Biopsi :
    Epidermis : Dalam batas normal
    Dermis : Pembuluh Darah vasodilatasi ringan, di sekitar pembuluh darah bersebukan ringan sel radang limfohistiosit
    Gambaran PA : Tidak Tampak tanda-tanda vaskulitis.

    Jadi saya sakit apa ya Dok?

    Dari Hasil Lab diatas, dokter memberikan obat Thimelon Dosis Tapering 3hr 2X2, 7 hari 1×1, 7 hari selang seling diminum & tidak 1X1, Rantin 150mg, Falergi 10mg.

    Dokter menanyakan saya apa ada gigi busuk? Sudah saya cabut. Tapi keadaan belum membaik. Masih banyak ruam2 merah yang hilang timbul disertai sakit persendian di sekitar pergelangan kaki & punggung kaki, masih agak bengkak bila dipakai berjalan.

    Tolong infonya ya Dok! Terima kasih atas perhatiannya.

    Tks
    Vivi

  25. 101
    fatin Says:

    thanx atas infonya dok

    maaf tapi usia saya 27th & baru 4 bulan menikah, saya tidak mengalami gejala Infectious Mononucleosis seperti demam/sakit tenggorokan….dan benjolannya lunak hanya sebesar kelereng …….apa itu juga berbahaya? sebaiknya saya ke dokter sp bedah atau sp THT ya?

Pages: « 26 … 8 7 6 [5] 4 3 2 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe