SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

  1. 175
    Dr. Sukma Says:

    Halo Joni,

    Trombosit yang terus meningkat, bisa jadi berbahaya. Trombositosis yang disertai anemia, dapat berkembang ke arah leukemia tipe M7 (FAB classification). Diagnosis berdasarkan hasil bone marrow puncture (BMP), bila ada indikasi.

    So, keep following ur thrombocyte/platelets count, agar bisa diambil tindakan dan atau terapi. Biasanya bila trombosit sudah melampaui satu juta/dl, akan diberikan obat Hydrea oleh dokter hematologist.

    In the mean time, take lots of anti-oxidants, seperti broccoli, tomat, buah cantaloupe/melon sky-rocket warna orange menyala, dst. Sambil keep exercising, istirahat yang cukup (tidur malam 8 jam), meditasi dan selalu BERPIKIR POSITIF.

    Dengan demikian kelainan kecil yang telah ada yaitu trombosit lebih dari normal akan segera turun dan mendekati angka Normal kembali.

  2. 174
    joni Says:

    Dear Dok, first of all I would like to say thanks for your quick response. Ya Dok, riwayat test darah 3 bulan terakhir Trombosit saya April (386) dan Mei (486). Yang lainnya stabil (HB, LEKO dan ERI). So, Apa yang perlu saya perhatikan spy Trombosit saya gak over? (Makanan?, olah raga?, terapi?)
    Dan apa efek dari Trombositosis ?
    Regards,

  3. 173
    Dr. Sukma Says:

    Hai Joni,

    Everything is fine dengan hasil pemeriksaan darah anda, except for trombosit yang agak tinggi (trombositosis).

    Anda TIDAK menderita leukemia. Sebaiknya beri perhatian terhadap trombosit anda,dengan cara melakukan check berkala setiap 3 bulan,untuk melihat apakah trombosit angkanya tetap, menurun atau malah naik.Agar bisa diantisipasi, bila terjadi peningkatan thrombocyte count, OK..

  4. 172
    joni Says:

    Dok, saya mau tanya. Dengan keluhan nyeri sendi dan tulang untuk hasil test darah sbb :
    HB : 14,8
    LEUKOSIT : 7660
    TROMBOSIT : 407.000
    ERITROSIT : 5,22 juta
    LED JAM 1 : 3
    LED JAM 2 : 8
    CREATININ : 0,74
    BUN : 10,5

    Apa tsb di atas termasuk gejala Leukemia? Dan apa Leukemia bisa menyerang saraf tepi?

  5. 171
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fauziah,

    gatal-gatal TIDAK mematikan. Coba pakai caladine lotion atau powder. Usapkan diseluruh dinding perut yang terasa gatal. Bila tidak berhasil,kunjungi dokter spesialis kulit agar diberi obat minum.

  6. 170
    fauziah Says:

    dok, saya mampunyai penyakit gatal-gatal di sekitar perut,apakah itu akan berbahaya dan merupakan gejala penyakit yang mematikan?dan bagaimana mengobatinya?

  7. 169
    mau bertanya Says:

    saya mau tanya,
    Kan saya menderita anemia.saya agak sering merasa pandangan mata agak samar-samar sehabis jongk0k atw apalah,muka agak pucat,jarang banget merasa pusing,kadang ingatan kurang kuat.
    kadang tiap hari minum sangobion,tp kenapa ko obat tu g terlalu ngaruh?
    saya mau tanya,obat penambah darah pa yang c0c0k buat saya tapi dengan harga yg kurang dari 25rb?
    s0alna saya seorang mahasiswi.
    menurut anda,ciri-ciri yang tadi saya sudah jelaskan tu,apakah tu termasuk anemia atw lainnya?
    terima kasih..

  8. 168
    Agustine Says:

    Halo dok saya mau menanyakan gejala penyakit saya,, saya sudah mengalami rasa nyeri dikepala selama kurang dr 2 bulan,nyeri biasanya terara dibelakang kepala dan disamping..rasa nyeri tidak pernah hilang..lalu disertai dengan rasa mual ditenggorokan,dan kesemutan ditangan dan kaki..rasa mual dan kesemutan kadang hilang kadang timbul..saya sdh berobat ke 2 dokter syaraf,selama pengobatan rasa sakit saya berkurang atau hilang..tetapi apabila obat telah habis rasa nyeri dikepala,mual,kembali terasa..sakit apakah saya dok..dan bgmn saya hrs melakukan tindakan medis saya??terimakasih..saya menunggu jwbn dokter melalui email saya..

  9. 167
    vhia Says:

    suami saya ditugaskan di daerah indonesia timur. dan saya mengikutinya bertugas bu..
    dan sudah ditangani oleh dokter ahli paru..

    akan saya tingkatkan lagi untuk mengkonsumsi makanan demikian.

    terima kasih bu atas jawaban dan balasannya..

  10. 166
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vhia,

    Kalau anda di Jakarta, sebaiknya minta dirawat di RS. Persahabatan. Karena kondisi suami anda masih belum stabil,masih batuk berdarah. Sekalian anda konsultasi dengan dokter paru disana. Apakah ada obat pencegah penularan TB?

    Setahu saya, tidak ada obat jenis itu. Yang bisa dilakukan adalah menaikkan daya tahan tubuh anda dengan makanan bergizi tinggi seperti : susu, telur, daging buah dan sayuran. Serta harus cukup istirahat/tidur malam 8 jam.

  11. 165
    vhia Says:

    terima kasih dok, atas jawabannya..
    selama ini saya tidak memakai masker.. malahan msh tdr bersama.. karena takut menyinggung perasaannya..
    apa boleh saya mengkonsumsi obat, sebagai pencegahan??
    kira2 obat apa yg dapat saya minum??

    untuk masalalah biaya, tidak ada masalah, cuman dr dokter yg menanganinya menganjurkan untuk pulang (rawat jalan saja).

  12. 164
    Dr. Sukma Says:

    Hai Vhia,

    Saya prihatin dengan kondisi suami dan anda sendiri. Saran saya :
    1.Selalu memakai masker, bila berdekatan dan merawat suami.Karena pada saat ini kondisi suami sangatberpotensi menularkan kuman TBC kepada anda.

    2. Sebenarnya tidak ada pantangan makan dan minum penderita TB paru, ASALKAN tidak merangsang batuk yang berpeluang berdarah.

    3. Bila ada beaya, sebaiknya suami dirawat di RS, karena dengan kondisi batuk berdarah,sewaktu-waktu HBnya bisa sangat drop dan memerlukan transfusi darah.

  13. 163
    vhia Says:

    selamat pagi ibu,,
    mohon bantuannya..
    saya seorang isti dan br menikah di bln mei yg lalu.. sebelum menikah, calon suami saya sering batuk2. karna pikir batuk biasa, dia mengkonsumsi obat yg di jual bebas.
    tepat sabtu siang 11 juli kemarin, suami saya batuk disertai muntah dan ada darah yg sangat banyak. berhenti sampai hari minggu malam.
    saya memutuskan untuk membawa ke RS terdekat. di RS diberikan pertolongan pertama, di infus pake obat stop pendarahan, di rotgen dan hasilnya TB paru.. tertolong sampai menunggu dokter di hr senin. kemudian senin pagi ditangani dokter ahli paru dan diperbolehkan pulang
    dan diberikan perawatan jalan selama 6 bulan.. obatnya sangat banyak, tapi sampai skrg jika suami saya batuk atau buang ludah, terdapat darah..
    yang ingin saya tanyakan, tidak apa2 ya walaupun kondisi batuknya ada darah??
    makanan apa aja yg boleh diberikan?? selama ini saya memberikan bubur ayam. apakah buah diperbolehkan??
    bagaimana dengan saya? apakah ada obat yg harus saya konsumsi untuk pencegahan?? sampai sekarang saya tidak mengalami batuk..
    mohon balasannya dokter,, terima kasih..

  14. 162
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuli,

    Leukemia tidak dapat di’predict’ kapan akan datang mengenai seseorang. Pencetusnya adalah paparan bahan kimia yang bersifat menimbulkan pertumbuhan kanker(karsinogenik). Paparan kimia tsb telah terjadi LAMA sebelum leukemia menimbulkan keluhan dan gejala.

    Leukemia TIDAK ada hubungan dengan operasi pengangkatan rahim. Dua hal yang sangat berbeda. Kebetulan saja gejala dan keluhannya baru muncul setelah operasi tsb.

  15. 161
    yuli Says:

    pagi dok,

    ibu sy 50th 1bl kmrn di vonis trkna leukimia, hb nya hanya 4 saat itu. sblm nya ibu sy 1th yg lalu oprsi pngkatan rahim, dan slalu priksa darah tp slalu normal sblm oprsi. namun stlh oprsi kondisi nya slalu drop. tdk prnh trlihat sehat sprti sblm di oprsi. yg ingin sy tnyakan apakah leukimia tdk bs di deteksi jauh hari sblmnya ? adakh hub.nya dgn oprsi pnggkatan rahim ? apkh bisa di sembuhkan hanya dg minum obat tnpa kemoterpy ?

  16. 160
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lina_mei,

    Sebaiknya anda diperiksa secara lengkap termasuk pemeriksaan lab yang perlu oleh dokter penyakit dalam/internist.

    Tidak mahal. Tidak semahal baju pesta. Untuk kesehatan diri anda sendiri, LUANGKAN waktu dan RELAKAN sebagian uang anda. Daripada menyesal nanti..

  17. 159
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fauzi,

    Obat hydrea hendaknya diminum atas pengawasan dokter hematologist/internist. Hasilnya kelihatan perbaikan yang bermakna.Obat habis,kontrol ke dokter yang menuliskan resep Hydrea. JANGAN membeli sendiri, karena obat itu obat keras.

    Tidak ada diet khusus penderita CML. Yang penting istirahat cukup dan makan makanan bergizi.

  18. 158
    fauzi Says:

    hai Dr.Sukma.
    Saya Fauzi 267 tahun Yang dicurigai gejala CML
    Minggu yang lalu saya tes dara lekosit saya yang dari 31 ribu manjadi 16 ribu dan Hb dari 10 menjadi 8 dan Trombosit dari 1.500.000 menjadi 900.000, saya mau tanya apakah dengan penurunan hasil lab tersebut ada kemajuan bagi kesehatan saya? apa bole saya meneruskan makan obat Hydrea yang sejak 20 hari yang lalu menurunkan lekosit, HB dan Trmbosit saya. Oh y Gmana Cara Diet Yang tepat Untuk menjaga kesehatan hati dan penyembuhan leukimia jenis CML. trima kasi atas perhatiannya

  19. 157
    Lina_mei Says:

    siang dok …

    saya berumur 18th , saya selalu merasa pusing (sempoyongan) , dan persendian saya terasa pegal – pegal (dan bagi saya ke dua hal ini membuat saya susah berkonsentrasi ) , telapak tangan saya pucat , dan ketika saya gosok gigi gusi saya selalu berdarah ,terdapat benjolan kecil semacam jerawat dikepala saya.

    saya pernah periksakan hal ini ke dokter namun hanya diberi obat maag dan obat flu.

    apakah saya mungkin saya kena leukimia dok ?

    dan apakah check up itu mahal ??

    apa yg perlu saya lakukan ??

    thanks b4 dok …

  20. 156
    Ita Says:

    siang dokter..
    sebenernya pertanyaan sya ini bukan untuk leukimia..
    Ibu sya, sering sekali bahkan hampir setiap hari menderita sakit di kepala dan leher..
    Tapi rasa sakitnya tidak disertai dgn muntah2..
    Kira-kira, apa yah penyebabnya dok?
    apa mungkin karena stress?
    o iy, ibu sya jg suka mandi malam2, apakan itu bisa menjadi penyebabnya?
    apa ada kemungkinan kanker atau tumor otak?
    sya sudah berkali-kali menyuruhnya periksa ke dokter dan minum obat..
    Tapi dy selalu menolak..
    Apa ada makanan spti buah2an yang bisa mengurangi rasa sakitnya ini, berhubung ibu sy susah sekali minum obat..
    Mohon info se lengkap2nya yah , Dok..
    Makasih..

  21. 155
    Tya Says:

    Pg dokter,sy tya.
    Sy ingin b’konsultasi. Stiap kali sy terlalu lama terkena sinar matahari secara langsung,kepala sy terasa sakit. Dan setelah masuk ke dalam ruangan,tubuh sy gerah namun sy merasa sangat kedinginan bila terkena terpaan angin. Sangat dingin,bahkan bila terlalu lama kena sinar matahari pasti malam hari sy menggigil dan terasa seperti mau muntah. Dari keluhan sy,kira-kisa penyakit apa yg sy derita dok? Terimakasih..

  22. 154
    wakhid setiyawan Says:

    dok anak saya baru lahir dengan kelahiran normal namun daa bagian kiri smapai tangan itu terjadi pembengkakan, kata dokter bedah itu kemunginan pembengakkan kelenjar limpa. apa itu harus operasi dok? dan apa itu berbahaya bagi perkembangan bayi.

  23. 153
    Irene Says:

    Mlm dok,
    Sy Irene, mahasiswa psikologi yg sdg membuat skripsi ttg gambaran coping strees pd ibu yg memiliki anak menderita leukemia.
    Tlg tny d manakah sy bs menemui beberapa ibu yg dapat d wawancarai sbg subjek sy? Adakan tmpt yg memudahkan sy untuk mendapatkan subjek untuk keperluan skripsi sy? Jika ada, sy minta no tlp yg dpt d hubungi serta alamatnya.

    Sy jg prnh baca d buku, secara etiologi faktor2 penyebab leikimia: faktor genetik, sinar radioaktif dan virus. Sy minta tlg dokter jelaskan, krn sy krg mengerti.
    Adakah referensi buku atau lainnya yg bs membantu sy dlm menyelesaikan skripsi sy, tentunya ttg leukemia?

    Atas bantuan & jawaban dr dokter sy ucapkan bnyk terima kasih.

  24. 152
    rica Says:

    ya dokter, ibu saya cek darahnya tdk lengkap..
    gejala ibu saya itu yg dominan sering pusing n sampai mw pingsan..

    apa cek darah perlu diulang??kpn periksa darah??
    dan pemeriksaan apa yg perlu diperiksa??

    terima kasih dok untuk penjelasannya..

  25. 151
    Julianto Says:

    hi Dr. Sukma,

    TERIMA KASI telah menjawa pertanyaan saya yg no 145. Sebenarnya, sampai sekarang saya JARANG sekali batuk berdahak. 95% batuk kering.

    Saya sudah konsultasi ke 2 dokter berbeda dan Dr. Sukma adalah dokter ketiga. Hasil diagnosanya memang menunjukan kemiripan, cuma ada dokter yang mengganggap saya punya gejala TBC.

    Saya jadi bingung. Saya sekarang dikasi resep obat yg harus diminum selama setahun TANPA boleh kelewatan. Bagaimana ini, dok? Haruskah saya mengkonsumsi obat tahunan ini?

    Mohon petunjuknya dan jikalau saya masi harus test, test apakah yg saya harus lalui?

    Satu hal lagi. Test darah menunjukkan ”

    - Total Bilirubin = 1.80 mg/dL (normal 0.2 – 1.3)
    - Unconjugated Bil: 1.40 mg/dL (normal 0.0 – 1.1)
    - Conjugated Bil: 0.00 mg/dL (normal 0.0 – 0.3)

    Apakah saya terkena penyakit liver? Bagaimana menginterpretasi hasil test darah ini. Terima Kasi sekali lagi…

Pages: « 26 … 10 9 8 [7] 6 5 4 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe