SANDRAAnak-anak sangat rentan terhadap penyakit infeksi dan allergi: flu, diare, campak, cacar air, kejang demam, asthma, gatal-gatal, dst. Hampir setiap anak pernah mengalami penyakit tersebut, baik anak dinegara maju dengan hygiene dan sanitasi serba baik maupun negara belum maju seperti Indonesia.

Penyakit kanker pada anak umumnya jarang dibandingkan angka kejadian kanker pada orang dewasa. Pada anak angka kejadian kanker 2-4 %, sangat kecil dibandingkan angka kejadian penyakit lainnya seperti infeksi dan allergi yang ditulis pada awal artikel ini.

Namun, dari data statistik menunjukkan kejadian penyakit kanker pada anak saat ini memperlihatkan kecenderungan meningkat, dibandingkan dua dasa warsa yang lalu. Kenapa?

Adalah kemajuan perkembangan industri yang paling berperan disertai perubahan gaya hidup masyarakat kita. Hampir semua makanan saat ini menggunakan MSG, monosodium glutamat, perasa yang berbahan kimia.

Pewarna tekstil (rhodamin) digunakan mewarnai jelly dan minuman agar menarik minat anak-anak untuk dikonsumsi. Sayuran dan buah-buahan sudah tidak semurni dulu lagi  sudah tercemar bahan kimia, akibat pemupukan dan insektisida, sebelum sampai ketangan konsumen.  

Contoh jelas dan nyata bagaimana bahan kimia mengakibatkan kanker dapat dilihat dari tikus sekarang dibandingkan tikus saat saya masih anak. Puluhan tahun yang lalu, tikus di sawah dan selokan yang saya lihat ukurannya kecil, badan ditutupi bulu-bulu halus.

Pada saat ini tikus sawah maupun rumah dan selokan ukurannya jumbo, sangat besar dengan badan yang ditumbuhi bulu kasar dan tajam, seperti landak. Zaman dulu tikus takut sama kucing, tapi sekarang ini kucing yang takut kepada tikus, saking besar dan seramnya tikus masa kini..

Perubahan bentuk dan ukuran serta textur jaringan tikus zaman dulu ke tikus zaman sekarang disebabkan oleh mutasi genetik, yaitu adanya perubahan dalam susunan dan panjangnya khromosom yang disebabkan oleh paparan bahan kimia yang terdapat di dalam pupuk dan insektisida yang banyak digunakan pada saat ini. Tikus saat ini boleh disebut sebagai ‘tikus mutant’.

Paparan bahan kimia selain melalui makanan  dan minuman, juga melalui pernafasan : bensin, timah hitam (Pb), carbon tetrachloride(CCl4), asbes, dll.

Bayangkan tubuh anak sudah diserang dari berbagai penjuru oleh bahan kimia yang sangat berbahaya bagi  kesehatan dan menimbulkan berbagai kanker, diantaranya leukemia adalah penyakit kanker tersering pada anak usia 0-9 tahun.

Khusus paparan bensin pada anak atau saat janin dalam kandungan-bila si ibu bekerja berdekatan dan bersinggungan dengan bensin sebagai penjual bensin eceran-atau anak yang membantu orang tua berjualan bensin. Pada kasus semacam ini, kemungkinan anak menderita leukemia sangatlah besar, seperti disebutkan didalam buku.

Mengetahui bensin sebagai salah satu penyebab leukemia, adalah kurang bijak kalau anak masih juga disuruh membantu berjualan bensin. Sebaiknya anak membantu orang tua dengan pekerjaan lainnya yang tidak berdampak terhadap kesehatan anak…

Penderita leukemia umumnya pertama-tama akan merasakan badan yang panas/ hangat lebih dari 3 minggu berturut-turut tanpa sebab yang jelas. Artinya anak tidak flu, diare atau terkena penyakit infeksi lain. Muka pucat, badan lemah, anak tidak aktif.

Bila diperiksa lebih jauh, perut tampak membuncit, akibat pembesaran hati dan limpa. Anak jadi cengeng dan rewel, susah makan-minum dan susah tidur…

Setelah diperiksa darahnya, biasanya akan tampak penurunan pada kadar hemoglobin dan trombosit (bisitopenia) dengan sel darah putih yang sangat meningkat. Pembekuan darahpun terganggu, terlihat dari sering mimisan, bab berdarah, lebam-lebam dikulit, dst…

Begitulah secara umum tanda-tanda yang dapat dilihat pada penderita leukemia. Jadi peran ibu dan ayah serta keluarga lainnya  sangat besar dalam mencermati gejala sekecil apapun yang menimpa putra-putrinya dan mewaspadai gejala yang tersebut diatas…

Dengan mengenali gejala leukemia, biasanya penderita dapat tertolong, karena stadium penyakit yang masih awal… Jadi cepat periksakan anak bila terdapat gejala diatas, jangan berlama-lama. Karena pengobatan akan berpacu dengan perkembangan sel-sel kanker, semakin cepat diobati maka kemungkinan sembuh akan  semakin besar.

Pengobatan leukemia biasanya dengan khemoterapi, obat keras yang membunuh sel kanker. Dampak khemoterapi terhadap keadaan umum sangat tergantung dari kondisi awal penderita. Bila datang dengan gizi bagus dan stadium awal, penderita akan dapat mentolerir khemoterapi yaitu efek samping obat yang minimal atau sedikit.

Apabila dengan khemoterapi tidak berhasil, maka jalan terakhir adalah transplantasi atau cangkok sumsum tulang. Hanya sedikit pusat kesehatan yang dapat melakukan hal ini di Indonesia. Di Belanda yang saya tahu pusatnya hanya di kota Leiden. Pada saat itu belum ada di Amsterdam maupun Rotterdam tahun 1992, saat saya belajar di negeri kincir angin tersebut.

Popularity: 35%

Posted Saturday, May 31st, 2008 at 12:00 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

649 Responses to “Leukemia, kanker tersering pada anak. Bagaimana gejala & menghindari?”

Pages: « 26 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

  1. 200
    Dr. Sukma Says:

    Halo Iva,

    Jawabannya bisa iya bisa tidak. Sebaiknya dilakukan pemeriksaan darah tepi secara periodik, misalnya setiap 3 bulan sekali. Sehingga dapat diikuti perkembangan sel-sel darah yang abnormal/tidak normal.

    Sementara ini, stay calm but ALERT..

  2. 199
    iva Says:

    dok..saya sering demam berkepanjangan namun berangsur angsur sembuh sampai akhirny demam lg..ktika malam saya sering mimisan dan lebam ktika lelah
    Mual dn ingin muntah styap makan
    Saya punya riwayat penyakit mag asma dn infeksi kandung kemih
    Styap cek darah sel darah putih saya lebih banyak hampir 75%dr sel darah putih dan laju endap darah sangat tinggi apakah ini gejala awal leukemia saya harap bukan?

  3. 198
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yefta Kaligis,

    Anak anda masih munkin terkena demam berdarah dengue (DBD). Juga perlu check ulang Rapid Widal untuk menyingkirkan kemungkinan demam tifus. Keduanya pada awalperjalanan penyakit sangat serupa. Namun setelah demam satu minggu akan mulai kelihatan kearah mana.

    Yang jelas BUKAN leukemia. Trust,me..

  4. 197
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sasa,

    Hasillab pemeriksaan darah tepi anda dalam batas normal. Basofil dan batang negatif tidak masalah. Tidak ada pengaruh apa2. Abaikan saja, anda sehat 100 %.

  5. 196
    sasa Says:

    selamat malam dok,

    saya wanita 25 tahun, saya kemarin baru saja cek up. hasil nya darah rutin :
    hemaglobin 12.5
    jumlah eritrosit 4.3
    jumlah lekosit 6.7

    hitung jenis lekosit
    eosinofil 2
    basofil -
    batang -
    segmen 50
    limposit 40
    monosit 8
    laju endap darah 1jam 17
    hematokrit 38

    lekosit basofil sama batang nya itu ga ada gpp, atau bermasalah??

    thanks dok
    jumlah trombosit 270

    b

  6. 195
    yefta kaligis Says:

    dok, anak saya pad tgl 8 agustus sore demam sampai 39derajat kemudian tgl 9 agustus masih demam dan tgl 10 agustus siang demamnya turun, lalu tgl 11 agustus tidak demam tapi tgl 12 agustus sore demam sampai 38 derajat dan setelah di cek darah hasilnya hemoglobin 12.9 lekosit 3.6 hematokrit 39.8 trombosit 195, lalu limfosit 43% dan anti-salmonella typhi negatif
    mohon keterangan dari dokter, anak saya kenapa?
    terima kasih atas perhatian dokter

  7. 194
    Mariam Says:

    apakah ada makanan yang dilarang untuk di konsumsi bagi penderita leukumia?

  8. 193
    Dr. Sukma Says:

    Hai Joni,

    Istri anda ada 2 kemungkinan,yaitu rheumatik biasa atau gejala ikutan dari flu yang dideritanya. So, take it easy. Biasanya akan hilang sendiri setelah flu-nya benar-benar reda.

    Jangan berpikir macam-macam.Terbaik perbanyak istirahat dan jangan lupa asupan gizi yang baik serta vitamin C dosis tinggi. Pilih Ester-C atau vitalong-C, agar TIDAK mengiritasi lambung, OK.

  9. 192
    joni Says:

    Dear Dok, Hw R U ? Hope, everything fine on U !!!
    Mau tanya lagi nih, istri saya dalam 5 hari ini juga mengalami sakit yg sama dg yg sy rasakan sdh 3 minggu ini (nyeri dan linu di beberapa sendi dan tulang/ as i informed you on july 27,2009) tetapi bedanya istri saya di mulai dari sakit FLU/demam dan batuk dan saat ini FLU sdh OK tapi msh linu, sedangkan saya TIDAK !
    So, apakah ini gejala rematik yg NORMAL atau ada virus spt flu tulang?? mengingat kami dalam satu keluarga dan bisa kena dari nyamuk yg sama??
    FYI, sehari hari di rumah kami suka pakai Air Condioner. Apakah sakit kami itu efek samping dari hal tsb??
    Thanks and Regards,

  10. 191
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aziz,

    Your main problem is overweight. So, usaha secara maksimal bagaimana menurunkan BB. Dengan demikian akan juga memperbaiki diabetes anda.

    Soal obat diabetes yang anda minum, sebaiknya dibawah pengawasan dokter internist. Saya kurang berpengalaman dalam hal itu.

    Diabetes dan overweight keduanya berdampak MUDAH LELAH. So,bereskan kedua masalah yang ada. Semoga anda menemukan internist yang sabar dan perhatian pada pasiennya. GBU.

  11. 190
    aziz Says:

    siang dokter sukma, saya azis..yg beberapa hari lalau konsultasai sama dokter, dan dokter berdiagnose Hipokalemia,dan pegal betis dan yerinya alhamdulilah sudah mulai baikan, setelah mimum obat aspar k.yg dokter saranin,tapi lemesnya klu naik tangga masih ada.trus dokter kan saya mempunyai gula, saya minum obat metformin 500 mg 2×1.itu tidak apa-apa saya minum obat itu?dan sampi kapan? apa sampai gula saya normal?terima kasih dokter atas perhatianya.usia saya 34 tahun,berat dadan saya 104kg.

  12. 189
    joni Says:

    Dear Dokter Sukma,
    Terima kasih banyak atas saran2 dan infonya…..
    Anyway, GOD BLESS YOU !!
    Best Regards,

  13. 188
    Dr. Sukma Says:

    Hai Azis,

    Menurut analisa saya, kemungkinan terbesar anda kekurangan potassium (K) didalam tubuh anda. Akibatnya otot betis merasa sakit dan pegal saat berjalan dan tidak terasa saat anda duduk.

    Pada saat kontraksi,otot memerlukan elektrolit terutama K+ sehingga bila kadarnya kurang didalam darah,akan terjadi seperti keluhan anda. Hipokalemia jangka panjang bahkan bisa mengakibatkan kelumpuhan otot anggota gerak.

    Cobalah minum Aspar-K 2x sehari. Atau anda bisa minum air kelapa setiap hari,sampai otot betis terasa normal lagi. Bisa juga makan kurma sesuka anda setiap hari,karena baik kurma maupun air kelapa mengandung banyak potassium (kalium). Semoga berhasil..

  14. 187
    Dr. Sukma Says:

    Hai Joni,

    Saya terkesan dengan keseriusan anda dalam usaha menanggulangi dan menuntaskan masalah kesehatan yang ada pada diri anda. Keep like that…

    BTW, mengomentari hasil lab terakhir, kesimpulan saya sangat baik dan dapat dikatakan normal. Paling menggembirakan, trombocyte count within normal limits.

    Mengenai nyeri tulang, TIDAK semua pasien leukemia mengeluhkan soal itu, but most of them (70-80%).

    Sel darah (eritrosit, lekosit dan trombosit) diproduksi didalam sumsum tulang (bone marrow). Karena itu bila terjadi leukemia, maka sumsum tulang sangat kelelahan memproduksi satu jenis sel darah, tergantung leukemia jenis yang mana. Pasien mersakan ngilu-ngilu di tulang.

  15. 186
    aziz Says:

    Malam dokter sukma, apakabar sehat?dokter saya azis mau tanya udah 1 mingu ini saya merasa kedua betis saya, sakit- sakit dan pegal, dan kurang tenaga,kaki saya.saya puya riwayat orang tua, diabetes dan jantung,trus saya cek asam urat terakhir 3hari yg lalu tgl 25 juli 09. gulasaya turun 165mg, dari 230 mg,saya makan metfermin 500 mg. 2x 1.dan asam urat saya 7,6 mg.saya minum allopurinol 100 mg,2×1.dan penghilang sakit saya minum ketoprofen 100 mg 2×1, tapi sampe skr masih sakit dan pegal kalu jalan. tapi kalu duduk ngak kerasa skit dan pegalnya, kenapa yah dokter..saya belum berobat ke mana mana sih,saya makan obat ini dulu orang tua saya dokter ( alm ),saya suka baca baca buku obat oarang tua saya. terima kasih dokter sukma, atas perhatiannya. terima kasih

  16. 185
    joni Says:

    Halo Dok, Thanks for your advise…….
    Lebih lanjut mengenai keluhan nyeri sendi dan tulang, saya hari ini melakukan test darah lagi, hasil sbb:

    HB : 15,2 (minggu lalu 14,8)
    LEUKOSIT : 6.530 (minggu lalu 7.700)
    ERITROSIT : 5,20 juta (minggu lalu 5,22)
    TROMBOSIT : 385.000 (minggu lalu 407.000)
    URIC ACID : 4,0

    Saya ada baca literatur yg mengatakan salah satu gejalanya Leukemia(LLA) adalah nyeri sendi dan tulang karena sel kanker nya masuk ke tulang. So, apakah bisa di deteksi dg test tsb di atas (artinya sel tsb akan merusak dulu 3 parameter darah/HB,LEKO,TROMBOSIT baru masuk ke tulang atau gimana?)
    Sorry, I am so curios about this. GBU

  17. 184
    Dr. Sukma Says:

    Halo Joni,

    Nyeri ditulang-tulang itu menjadi catatan anda dan kita agar waspada terhadap kemungkinan leukemia. Tapi JANGAN menyita perhatian dan pikiran anda.

    Soal kontraksi ringan/tick pada otot betis, paha dan lengan itu bagian dari polineuropathy. Penyakit ini memang perlu waktu cukup lama untuk sembuh total.
    So, be patient and always positive thinking.. GBU.

  18. 183
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ical,

    Yang pasti anda TIDAK ANEMIA, wong Hbnya 17,5 gram %. Saya menduga kearah gangguan jantung melihat data lab yang anda tulis. Arteri koronaria agaknya mulai menyempit karena adanya plak kholesterol pada dinding pembuluh darah itu.

    Meskipun kholesterol total dalam batas normal,akan tetapi LDL dan HDL anda kurang bagus. Plus kegemaran makan anda terhadap telor dan udang.

    Didalam kuning-telor sangat TINGGI kandungan kholesterol demikian pula pada udang. Meski baru gejala awal, SEBAIKNYA hindari telor dan udang dari daftar menu anda sehari-hari. Kalau mau makan telor,kuningnya disisihkan saja atau diberikan kepada adik atau keponakan anda yang masih balita.

    Seberapa banyakpun anda mengkonsumsi HANYA putih telor,itu aman. Karena hanya mengandung protein yang baik bagi tubuh.

  19. 182
    Ical Says:

    Halo Dokter Sukma” salam kenal ni, saya Ical, ingin bertanya namun sebelumya saya informasikan ke Dokter tentang keluhan yg saya alami. Sekitar semingguan awal Juli lalu hampir tiap hari saya latihan band dr jam 8 smp jam 11 mlm, di band saya sbg pemain drummya & kalau latihan saya selalu minum 1 atau 2 gelas walau AC selalu dinyalakan. Tgl 11 Juli’09 Sabtu saya baru balik dr jatihan jam 2 pagi, ketika baru mau tidur jantung terasa brdebar makin lama makin kencang, dada serasa ditekan dan nafas terasa berat & sesak, TETAPI TDK ADA RASA NYERI BAIK di DADA SEBELAH KIRI ATAUPUN KANAN, badan terasa limbun & lemas, telapak tangan berkeringat dan pucat. Gejala tsb brlangsung antara 1 smp 5 menit kemudian berangsur reda stlh saya minum segelas air hangat campur 1 saset kemasan jamu tolak angin cair. Sekedar informasi tambahan gejala tsb sdh beberapakali saya alami dgn beda rentang wkt antr 8 bln atau 1 thn. Saya br sekedar meredakannya dgn minum kemasan jamu cair tsb. Tgl 19 juli’09 saya periksa ke Dokter dan disuruh tes darah, Foto Torax P…? , Echo, Treadmilk Test. Saat ini br Tes Darah dulu yg saya lakukan, Hasil tes darah saya; Hemoglobin: 17,5 gr.%, Lekosit: 6000 /mm3, Westergren: 5 mm/jam, Ureum: 31 mg/dl, Kreatinin: 0,51 mg/dl, Kolesterol Total: 117 mg/dl, HDL: 46 mg/dl, LDL: 50 mg/dl, Trigliserida: 105 mg/dl. Saya jg punya asma yg kadang kambuh 3 atau 5 kali dlm sebulan dgn tingkatan brbeda2, oleh Dokter saya disarankan mnghentikan smntr memakai tablet pereda asma. saya sejak kls 1 SD sangat jarang mkn daging dan ikan basah krn memang tdk doyan tetapi saya suka mkn sayuran, telur, cumi, ikan teri, tempe, tahu, udang. Saya jg tdk merokok sjk 12 thn lalu, minuman brsoda jg saya hindari. Nah, pertanyaan saya Dok ; Apakah saya mengalami Anemia atau Tekanan Darah Rendah? Saya bingung wkt tes tekanan darah 120/80 badan ko msh terasa agk limbung & lemas. Apakah saya mengalami indikasi Jantung Lemah atau indikasi jantung yg lain? Atau ada indikasi penyakit lain Dok? Trmksh Dok”

  20. 181
    joni Says:

    Hi…Dok, Sorry to disturb you again. Need your help !
    Keluhan saya tentang nyeri sendi dan tulang 2 minggu terakhir ini (di pergelangan kaki dan tangan, di lutut, di jari, siku tangan dan kadang di daerah tulang yg bukan sendi) dan nyeri tsb gak hebat dan selalu berpindah dan hanya sesaat dan juga kadang ada kontraksi ringan/getar pada otot sekitar betis, paha dan lengan.

    Apakah hal tsb ada hubungan nya dg saya stress mikirin sakit polineurophaty yg sdh 3 bulan belum beres ataukah ada indikasi lain ? jika ya ke dokter spesialis apa yg sesuai gejala tsb ?
    GBU and Fam……….

    Best Regards,

  21. 180
    joni Says:

    Dear Dok,
    OK! Saya akan perhatikan saran Dokter!!
    Anyway, Thanks a lot for your time…..of my condition. GBU too!!!
    Best Regards,

  22. 179
    Dr. Sukma Says:

    Halo Joni,

    You better just concentrate to ur main problem which is polineuropathy, jangan mikirin macam2 seperti BMP,dll.

    Anda fokus pada satu masalah itu sampai tuntas. Sambil,secara periodik dichek ulang trombosit anda, OK.

    BMP hanya dilakukan atas indikasi oleh dokter hematologist. So,be happy… ini akan meningkatkan stamina/daya tahan tubuh terhadap berbagai penyakit.
    GBU…

  23. 178
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dita Awaliany,

    Hematuria menyebabkan anemia dengan sekitar 7-an gram/dl. Disertai trombositosis. Gejala itu mengarah kemungkinan adanya tumor ginjal yang disebut Renal Cell Carcinoma (RCC). Bila hanya batu ginjal,maka gejala yang menyertai hanyalah hematuria, TANPA trombositosis.

    Mungkin worthed dilihat pada foto polos aabdomen (BNO), apakah ada tumor diginjal kanan anda.

  24. 177
    dita awaliany Says:

    hai dokter,……..
    saya dita.. dokter saya ingin menanyakan
    menurut pendapat dokter bagaimana dengan hasil tes hematologi saya
    saya memang penderita gagal ginjal kronik (GGK)
    tetapi setelah tes hematologi yang terakhir saya menunjukkan adanya gajala trombositosis selama 4 kali berturut turut. lalu dokter yang biasa menangani saya menyatakan bahwa kemungkinan ada gejala keganasan dalam tubuh saya karena hasil terakhir menunjukkan trombosit saya berada pada 945.000 yang normalnya 440.000. sedangkan HB saya hanya 7.2
    saya udah 3 bulan mengalami hematuria. dan selalu nyeri di pinggang / ginjal sebelah kanan.
    apakah saya memang berpeluang untuk mengalami sejenis kanker?

  25. 176
    joni Says:

    Halo Dok, May I explain my illness story. 3 bulan terakhir Saya sedang sakit Polineurophaty (Telapak kaki dan Tangan terasa nyeri dan bila pakai kaos kaki/sepatu terasa panas terbakar dan sedang dirawat Dokter syaraf) dan mulai minggu lalu terasa nyeri sendi dan tulang, juga kontraksi otot. Lalu saya coba terapi akupunktur dan Akupunkturis mengatakan saya Leukemia. So, I am so stress during these days and I toke an action to checked blood count and the result as I informed you before. What do you think with my condition, Should I check BMP ?
    Please advise. and thanks for your kind attention.
    Regards,

Pages: « 26 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe