En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

MIKROSMamma Ca 2Mamma CaSatu minggu yang lalu saya mendapat kiriman jaringan tumor yang berasal dari payudara seorang ibu, berusia 45 tahun. Sebelumnya pasien ini telah dibiopsi-operasi dan saya diagnosis Invasive Ductal Carcinoma, Mammae.

Kali ini yang saya terima jaringan payudara berukuran 17x 10x 8 cm yaitu hasil operasi mastektomi radikal. Tampak puting susu dengan posisi yang masih baik, tidak tertarik kearah dalam,  dan juga  jaringan kulit yang menutupi seluruh payudara masih tampak normal, tidak seperti kulit jeruk (peau d’orange).

Juga dikirim ke laboratorium PA, jaringan bertanda benang yaitu kelompok kelenjar getah bening pada level I, berjumlah 6 buah.

Kenapa semakin banyak saja wanita Indonesia yang terkena kanker payudara ?

Kanker payudara belakangan ini semakin banyak saja kita jumpai. Insidensinya berpacu dengan angka kejadian kanker serviks/mulut rahim yang menduduki posisi kanker nomor satu  pada wanita Indonesia. Penyebabnya lagi-lagi gaya hidup/life style.

Wanita saat ini berperan ganda, selain sebagai istri, ibu yang mengatur segala urusan rumah tangga dan merawat bayi dan anak. Juga menjadi wanita karir yang berperan dalam mencari nafkah, mengaktualisasikan  diri sesuai pendidikan yang didapat.

Sehingga banyak wanita karir yang lebih suka menunda punya anak, mendahulukan peningkatan karir semasih usia muda. Padahal dengan melahirkan dan menyusui bayi wanita akan lebih terjaga dan lebih aman dari risiko terkena kanker payudara.

Selain itu faktor merokok juga menjadi pemicu kanker pada organ apapun. Semakin banyak saja wanita yang merokok, dari pedesaan sampai ke kota besar. Merokok dianggap penting dalam bersosialisasi, juga sebagai indikator modern dan kebebasan.

Padahal anjuran dan reklame anti-rokok telah disebarkan dimana-mana, termasuk dalam bungkus rokok yang dibeli. Namun masih banyak orang yang tidak peduli, dan berdalih orang tuanya juga perokok berat, tapi masih sehat-wal’afiat.. Nasib baik saja pada kasus seperti itu, karena dibidang apapun selalu ada exception/perkecualian.

Gambar pada artikel ini berupa gambaran makroskopik dan mikroskopik kanker payudara dari jenis yang paling sering, yaitu Invasive ductal Carcinoma mammae.

Popularity: unranked

Posted Thursday, July 10th, 2008 at 2:34 pm
Filed Under Category: Bahasa, Cancer, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

112 Responses to “Kanker payudara pada wanita 45 tahun”

Pages: « 5 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mega Purwo,

    Vegeta isinya serat sangat tinggi, untuk memperlancar BAB. Tidak berbahaya bila diminum setiap hari.

    Mengenai obat puyer bintang 7 no. 16, saya tidak tahu kandungan bahan aktifnya. Jadi saya no comment..

  2. 24
    mega purwo Says:

    Sore dok, saya mau tanya lagi tentang pengaruh vegeta bila di minum setiap hari dan adik saya sering minum puyer bintang 7 no. 16 bila merasa pusing atau tidak enak badan, apa pengaruhnya terhadap organ hati dan ginjal. Terima kasih ya dok atas informasinya.

  3. 23
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pak Syafri,

    Seperti yang saya sampaikan via HP, sebaiknya dituruti permintaan untuk dilakukan operasi pada kelenjar gondok istri anda yang membesar.

    Dengan sikap kooperatif demikian, meskipun nantinya diagnosis akhir Kanker ganas tiroid, dari buku-buku teks biasanya prognosis bagus, ASAL ukurannya tidak terlalu besar.

    Pada biopsi yang telah dilakukan itu, diagnosis ragu, ada kecurigaaan ganas, akan tetapi kurang meyakinkan.

    Sebaiknya jangan terlalu lama berpikir untuk SETUJU dengan tindakan operasi. Karena bagaimanapun juga obat tumor/neoplasma tiroid baik jinak apalagi ganas adalah OPERASI.

    OK, semoga Bapak dan keluarga lainnya mantap untuk tindakan operasi yang akan dilakukan.Makin cepat makin baik. May GBU and ur wife..

  4. 22
    Syafri Jaya Says:

    S.Sore
    Dr. Sukma

    Salam hangat,

    Saya mau tanya mengenai penyakit istri yang hasil biopsi sbb :

    Sekedar informasi istri saya mengalami suara serak sudah hampir 1 (satu) tahun. dan hasil pemeriksaan di RSTHT Bedah Proklamasi ada pembengkakan pada pita suaranya. tapi mereka tidak memberikan jawaban karena apa itu terjadi.
    Setelah itu kami berobat pada shinse dan diberi obat berupa jamu sudah hampir 5 (lima) bulan dan saya memeriksakan kembali istri saya ke Prof. Dr. Slamet Suyono (ahli Internist) dan diperiksa laboratorium lalu berdasarkan hasil itu beliau tidak menemukan apa-apa dan kembali dilakukan tidakan biopsi.

    MIKROSKOPIK : SEDIAAN SITOLOGI ASPIRASI DARI NODUL TIROID MENGANDUNG SEL EPITEL FOLIKEL, MAKROFAG, KOLOID DAN LIMPOSI SERTA SEL-SEL EPITEL DENGAN INTI ATIPIK YAITU INTI YANG MENUNJUKAN VAKUOL INTRANUKLEAR DENGAN SIOPLASMA PADAT.

    KESIMPULAN : INKONKLUSIF, SEL ATIPIK SANGAT MENCURIGAKAN KEGANASAN.

    ANJURAN : PEMBEDAHAN DAN PEMERIKSAAN HISTOPATOLOGIK UNTUK KONFIRMASI DIAGNOSIS.

    Mohon informasi apa yang dimaksud dari kesimpulan tersebut diatas dan apa anjuran itu?

    Terima kasih,

    S,Jaya.

  5. 21
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous,

    FAM yang telah dioperasi biasanya TIDAK akan kambuh lagi. Meskipun begitu, sebaiknya kurangi makan daging berlemak seperti daging ayam. Karena hal itu akan meningkatkan kadar estrogen anda.

    Sedangkan estrogen yang tinggi( unopposed estrogen), akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara dan kanker korpus rahim.

  6. 20
    Anonymous Says:

    Dok. . .
    Sya tgl 16/09/09 oprasi FAM,saya makn daging ayam,mnuman brsoda. . .
    Apakah tumor tersebut bsa tmbuh lagi dok??
    Apa stelah dioperasi bsa tmbh lg dan jd lbh gnas dok??
    Terima kasih

  7. 19
    Dr. Sukma Says:

    Hai Firda,

    Makanan yang dihindari adalah daging berlemak.Karena biasanya didalam lemak banyak mengandung estrogen.

    Estrogen berlebihan dalam tubuh seorang wanita yang disebut ‘un-opposed estrogen’akan memicu terjadinya kanker : payudara, rahim, dst.

  8. 18
    firda Says:

    gini dok, bbrp thn lalu aku udah dioperasi krna tumor mammae. trus kata doktr harus ngindarin bbrapa makanan…sbenarnya makanan apa sj yg harus dihindari dok>??makasih

  9. 17
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sila,

    Sebaiknya lakukan SARARI yaitu periksa payudara sendiri. Sambil mandi dan menggosok shower gel, sebaiknya secara teliti dan merata diperiksa diseluruh payudara dengan cara menekan halus seluruh jaringan paayudara dan merasakan apakah ada benjolan.

    Biasanya yang punya payudara itu sendiri yang paling tahu bila ada kelainan pada payudaranya. Lakukan SARARI pada kedua payudara kanan dan kiri. Lihat juga puting susu. Apakah ada penarikan puting susu kearah dalam, sehingga puting tidak tampak lagi menonjol seperti normalnya. Apakah pernah keluar cairan dari puting susu padahal anda tidak menyusui atau belum menikah. Cairan bisa bening, seperti susu atau berdarah.

    Terakhir perhatikan kulit yang melapisi payudara anda. Apakah tampak ada kelainan seperti kulit jeruk / Berpori-pori kasar seperti kulit jeruk Pontianak ?

    Kalau masih ragu, kunjungi dokter onkolog untuk dilakukan pemeriksaan sekalian mammogtafi, bila ada indikasi.

  10. 16
    sila Says:

    dok,,kenapa ya saya suka merasa ngilu di payudara??padahal ngilu nya terjadi jauh sebelum mens???

  11. 15
    Dr. Sukma Says:

    Hai Putri,

    Kemungkinan tetangga anda dioperasi dulu dengan diagnosis Mammary Dysplasia.

    Jenis tumor jinak payudara yang gampang kambuh lagi, bisa bilateral (payudara kanan dan kiri terkena)serta berpeluang 15 kali lebih besar terkena kanker payudara dibanding populasi normal.

  12. 14
    putri Says:

    dok, saya mau tanya. tetangga saya sudah pernah operasi tumor jinak di payudara kanannya pada waktu SMA. tetapi pada usia sekitar 45 tahun, dia di diagnosis terkena kanker di payudara kirinya dan harus menjalani mastektomi. mengapa bisa terjadi seperti itu? apakah tumor yang sebelumnya, masih ada yang tertinggal dan menyebar ke payudara yang sebelah kiri atau bagaimana?

    terima kasih sebelumnya…

  13. 13
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eny efriana,

    Dari hasil pemeriksaan PA jelas ditulis ditemukan sel ganas/malignant dari jenis epitelial.

    Dengan demikian berarti diagnosisnya Tumor/Kanker ganas payudara.Seyogyanya ibunda mendapat terapi yang sepantasnya untuk jenis kanker yang ditemukan.

    Jadi SEGERA hubungi dokter yang melakukan operasi atau dokter spesialis kanker/onkolog untuk terapi yang tepat.
    Jangan buang waktu.

    Makin cepat diobati prognosis akan semakin baik. Mumpung ibunda belum tua, masih 50 th diharapkan kondisi dan daya tahan tubuh terhadap terapi khemo atau lainnya masih bagus.

  14. 12
    eny efriana Says:

    dok, ibu saya berumur 50 tahun. beliau memiliki benjolan di payudara sebelah kiri dan sampai sekarang beliau tidak mersakan nyeri. Tahun 2008 kami periksakan ke dokter.dari hasil patologi diperoleh hasil :
    makros : FNAB Mammae dan
    mikros : sel-sel malignant yang bersal dari epitelial.

    Yang saya tanyakan berdasarkan hasil patologi tersebut ibu saya mengidap kanker ganas atau tidak. Apabila mengidap kanker, termasuk stadium apa dan bisakah disembuhkan karena sudah lewat 1 tahun dan apakah perlu diperiksa patologi lagi untuk mengetahui statusnya sekarang.jawaban dokter sangat kami nantikan. terima kasih

  15. 11
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lili,

    Tumor jinak biasanya TIDAK menular. Jadi buang jauh pikiran itu. Kemungkinan benjolan di payudara anda fibroadenoma mamma(FAM)atau fibrocystic disease.

    Jenis tumor jinak dipaha bayi anda usia 8 bulan, biasanya lipoblastoma, tumor jinak sel lemak. Nanti kalau sudah agak besar,umur kira-kira satu setengah tahun, barulah tumor itu diangkat/operasi kecil.

  16. 10
    lili Says:

    ibu dokter,
    bayi saya 8 bulan terdapat tumor jinak di paha kirinya, apakah mungkin tumor tersebut ditularkan melalui saya ketika menyusui? karena beberapa tahun yang lalu saya merasa seperti ada benjolan pada payudara saya tetapi tidak saya obati sepertinya termasuk tumor jinak krn tidak membesar dan sakit

    mohon penjelasannya bu
    terima kasih

  17. 9
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yani,

    Coba lebih diperhatikan intensitas nyeri/nyut2an yang anda rasakan. Bila nyerinya lebih terasa pada menjelang dan sekitar menstruasi, maka anda boleh bernafas lega.

    Bila seperti itu, biasanya bukan kanker dan tidak berbahaya. Dalam bahasa medis disebut ‘mammary aberrant’, artinya pada ketiak anda terdapat jaringan payudara yang salah tempat.

    Terapinya tidak ada lain,HARUS dioperasi untuk mengangkat jaringan payudara yang kesasar itu.

  18. 8
    yani Says:

    dok saya brumur 25 th saya pny bnjolan d bawah ketiak kalau diraba. Tangan kanan saya juga sering sakit begitu juga d ketiak saya. Rasanya nyut2an. Benjolan suda lama kira2 stlh lulus sma.mens saya jg tdk teratur.apakah itu tum0r atau kanker? Tolong saya dok. Trima kasih

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Intan,

    Sebaiknya ibunda dibawa berobat, kalau tidak mau ke dokter bawa saja ke alternatif (Gus Muh). Kalau takut dioperasi,nanti Gus Muh akan mentransfer energi. Yang penting tumor JANGAN DIURUT/massage.

    Wanita yang didalam keluarga ada riwayat kanker payudara, BIASANYA kemungkinan mendapat penyakit yang sama. Oleh karena itu rajinlah memeriksa payudara sendiri (SARARI), disaat mandi atau kesempatan lain.

    Dengan demikian tumor akan terdeteksi SEDINI mungkin. Sehingga terapi dan prognosis akan jauh lebih baik dan beayanyapun lebih kecil.

  20. 6
    intan Says:

    dok ibu saya terkena kanker payudara.apa yang musti saya lakukan sementara ibu saya tidak mau dibawa untuk berobat.saya sangat sayang sama m2h.saya bingung apa yang musti saya lakukan.apa penyakit itu bisa menular pada anaknya?tolong ya dijawab?????

  21. 5
    YUDI Says:

    salam kenal ibu Rosa di Batam, saya YUDI, saya sangat prihatin dengan keadaan anda, saya seorang mahasiswa tingkat akhir. saya sekarang sedang menangani pasien yang terkena tumor payudara/kanker payudara. Kalau anda ingin konsultasi dengan saya silahkan hubungi saya lewat email saya Yudi_gphone@yahoo.com

  22. 4
    Anonymous Says:

    Sya brumur 23 thn,setahun yg lalu saya keguguran disaat kandungan saya brumur 4bln lebih,yg mau saya tanyakan.. Mengapa ASI saya masih ada? Tlg dijwb ya..?

  23. 3
    Rosa Says:

    Hallo Dok,
    saya ibu usia 25 tahun dengan seorang anak umur 2 tahun.
    ketika anak saya masih berumur 1,5 bulan (Mei 2007)
    saya di operasi Tumor Payudara pada kedua PD saya, sehingga saya tidak bisa melanjutkan memberi ASI pada bayi saya, dan waktu itu pasca operasi payu dara saya terkena infeksi sehingga penyembuhannya jadi agak lama.
    hasil tumor saya telah di kirim ke Jakarta untuk di teliti dan hasilnya bukan Tumor Ganas..(pada saat di operasi tumor di PD sebelah kiri sebesar bakso dengan diameter 3 cm dan ada beberapa tumor kecil yang lainnya, dan sebelah kanan hanya setengah dari besar nya dari yang kiri) sekarang mulai dari Januari 2009 saya merasakan sakit kembali di payu dara saya persis seperti sakit sebelum di operasi dulu, saya sudah memeriksakan kepada dokter namun katanya tidak ada masalah lagi hanya benjolan bekas operasi dulu. Namun setelah saya periksa di rumah, sampai sekarang ini saya melihat dan merasakan banyak benjolan2 kecil di PD saya .
    yang ingin saya tanyakan
    - apakah ada kemungkinan bahwa Tumor yang dulunya hanya tumor Jinak berubah menjadi Tumor ganas atau bahkan menjadi Kanker??
    -Apakah tanpa adanya benjolan bisa juga menjadi Kanker atau penyakit karna saya merasakan sakit pada kedua payudara saya? (dengan dan tidak dalam masa haid)
    -di belahan dada saya terasa sakit bila bergerak dan bernafas, apalagi kalau saya sedang menarik nafas dalam sakitnya semakin terasa, penyakit apa kemungkinan yang bisa terjadi karena sakit yang say rasakan ini?

    Terimakasih atas bantuan jawaban Dr. Sukma

    Salam
    Rosa (Batam)

  24. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fanny,

    Kemungkinan benjolan pada ketiak anda berupa : lipoma, mammary aberrant atau anak sebar tumor payudara.

    Sebaiknya kunjungi dokter spesialis PA untuk dilakukan FNAB. Nanti setelah diketahui diagnosisnya, anda akan dirujuk ke dokter spesialis yang tepat,sesuai diagnosis.

  25. 1
    fanny Says:

    dok,,saya wanita berumur 19thn…
    yang mw saya tanyakan,,,mengenai kanker payudara.
    sepertinya dibwah ketiak saya ada sedikit benjolan,,
    yang saya takuti itu adalah kanker payudara.
    klo saya mw periksa,,k bagian dokter apa ya dok..??
    dan saya kurang berani untuk memeriksakannya…

    tolong d jawab ya,dok…
    makasih banyak..

Pages: « 5 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe