En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

MIKROSMamma Ca 2Mamma CaSatu minggu yang lalu saya mendapat kiriman jaringan tumor yang berasal dari payudara seorang ibu, berusia 45 tahun. Sebelumnya pasien ini telah dibiopsi-operasi dan saya diagnosis Invasive Ductal Carcinoma, Mammae.

Kali ini yang saya terima jaringan payudara berukuran 17x 10x 8 cm yaitu hasil operasi mastektomi radikal. Tampak puting susu dengan posisi yang masih baik, tidak tertarik kearah dalam,  dan juga  jaringan kulit yang menutupi seluruh payudara masih tampak normal, tidak seperti kulit jeruk (peau d’orange).

Juga dikirim ke laboratorium PA, jaringan bertanda benang yaitu kelompok kelenjar getah bening pada level I, berjumlah 6 buah.

Kenapa semakin banyak saja wanita Indonesia yang terkena kanker payudara ?

Kanker payudara belakangan ini semakin banyak saja kita jumpai. Insidensinya berpacu dengan angka kejadian kanker serviks/mulut rahim yang menduduki posisi kanker nomor satu  pada wanita Indonesia. Penyebabnya lagi-lagi gaya hidup/life style.

Wanita saat ini berperan ganda, selain sebagai istri, ibu yang mengatur segala urusan rumah tangga dan merawat bayi dan anak. Juga menjadi wanita karir yang berperan dalam mencari nafkah, mengaktualisasikan  diri sesuai pendidikan yang didapat.

Sehingga banyak wanita karir yang lebih suka menunda punya anak, mendahulukan peningkatan karir semasih usia muda. Padahal dengan melahirkan dan menyusui bayi wanita akan lebih terjaga dan lebih aman dari risiko terkena kanker payudara.

Selain itu faktor merokok juga menjadi pemicu kanker pada organ apapun. Semakin banyak saja wanita yang merokok, dari pedesaan sampai ke kota besar. Merokok dianggap penting dalam bersosialisasi, juga sebagai indikator modern dan kebebasan.

Padahal anjuran dan reklame anti-rokok telah disebarkan dimana-mana, termasuk dalam bungkus rokok yang dibeli. Namun masih banyak orang yang tidak peduli, dan berdalih orang tuanya juga perokok berat, tapi masih sehat-wal’afiat.. Nasib baik saja pada kasus seperti itu, karena dibidang apapun selalu ada exception/perkecualian.

Gambar pada artikel ini berupa gambaran makroskopik dan mikroskopik kanker payudara dari jenis yang paling sering, yaitu Invasive ductal Carcinoma mammae.

Popularity: unranked

Posted Thursday, July 10th, 2008 at 2:34 pm
Filed Under Category: Bahasa, Cancer, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

112 Responses to “Kanker payudara pada wanita 45 tahun”

Pages: « 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sintya,

    Mammary dysplasia itu diagnosis PA (patologi anatomik), setelah melihat dan memeriksa jaringan dibawah mikroskop. Sedangkan pengerasan payudara bisa disebabkan bermacam-macam selain mammary dysplasia… Kalau anda mau lebih detil, kuliah di FK, ya…

  2. 49
    sintya Says:

    Thanks untuk penjelasannya.. Dokter onk saya tidak menganjurkan untuk operasi katanya uk nya masih kecil dan kita lihat perkembangannya selama 3 bulan.. Apa tidak berbahaya bu seperti itu? Etis tidak kalau sebagai pasien saya minta dioperasi ( kesan nya tidak percaya dengan penjelasan dia)

  3. 48
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sintya,

    Tidak berbahaya, tumor jinak. Namun tetap saja harus diangkat/operasi. Karena tidak bisa dihilangkan dengan obat2an. Bila dibiarkan dalam jangka panjang, bisa timbul fokus ganas di benjolan payudara itu.

  4. 47
    sintya Says:

    Hallo Bu Dokter
    Saya baru saja USG payudara dan hasilnya sebelah kiri terdapat benjolan uk sekitar 2cm,ditulisnya dysplastic nodule
    Benjolan sebelah kanan 1.4 cm berupa benign..
    Apakah berbahaya dok? Perlu operasi?

  5. 46
    Dr. Sukma Says:

    Hai Utari,

    Yang harus dihindari bila menyusui adalah : jamu, asam, santan dan pedas. Ke-empatnya dapat mengakinbatkan bayi menjadi diare, dst. Bila obat herbal yang anda minum tidak berupa jamu, silahkan saja. Bila bentuknya jamu, sebaiknya bayi anda diberikan PASI alias susu kaleng.

    Bila tumor payudara itu jinak (FAM atau Mammary dysplasia), tidak berdampak negatif terhadap bayi anda yang menyusui. Namun bila tumor ganas, sebaiknya menyusui dihentikan alias distop. Karena akan menularkan sel-sel kanker via ASI kedalam tubuh bayi anda.

  6. 45
    utari Says:

    selamat pagi dok,
    saya mau menanyajan perihal tumor payudara, saya ada benjolan di payudara sebelah kanan, tadinya kecil, sekarang agak membesar dan kadang sakit sekali, saya sedang menyusui anak saya yang berusia 8 bulan, apakah anak saya bisa tertular tumor dari ASI yang saya berikan? saya masih takut untuk operasi sekarang saya terapi di klinik gusmuh. apakah obat tradisional ada pengaruhjika saya maswih menyusui anak saya? terima kasih

  7. 44
    Dr. Sukma Says:

    Semua yang anda tulis adalah gejala menstruasi dan pra-haid. Yang disebut premenstrual syndrome. Seharusnya nyut-nyutan ada pada KEDUA payudara, bukan hanya sebelah kiri seperti yang anda tulis. Flek kecoklatan mendahului darah kotor saat haid, itu juga biasa, normal..

  8. 43
    maria Says:

    Dok, gejala haid seperti cairan yg kecoklatan sudah keluar seminggu atau lebih baru disusul mens keluarnya darah kotor apakah normal?
    Lalu saya juga merasa nyut nyut di payudara biasanya sebelah kiri sebelum haid. Frekuensinya sedikit. Apakah normal dok?
    Terima kasih.

  9. 42
    bee Says:

    Dok saya cew usia 20 saya uda nikah..saya selalu nyeri pada bagian vagina sehabis melayani suami dan dsertai keputihan slm 2hri n menimbulkan gatal,saya selalu menjaga kebersihan vagina saya tp kpn iAgh dok saya msih nyeri setiap melayani suami??

  10. 41
    putri Says:

    saya putri, usia 20 thn…
    dok saya mw tanya, sblmnya saat usia saya 19 thn di payudara kiri saya ada bnjolan kecil dan sudah beberapa bulan ini rasanya payudara kiri saya terutama bgn benjol trasa skit dan panas sekali, padahal dada kanan saya tidak berasa apa2.. kira2 itu kanker payudara bkn ya dok?? Sya takut sekali..

  11. 40
    heda Says:

    saya heda umur 25 tahun,saya punya benjolan dipayudara sebelah kiri setelah diperiksa di lab kata dokter tumor jinak kesanx fibrocityis disease ,yg saya mau tanya apakah tumor tu bisa jadi tumor ganas ato kanker payudara,tlng bngt ya dok coz saya khawatir bngt,krn skrng saya lg hamil n kt dr tuk operasi harus tunggu melahirkan

  12. 39
    Regina Novia A Says:

    pagi dok .
    saya regina umur 19th dan saya punya kaka umur 20th.
    mama saya umur 44th terkena kanker payudara.
    awalnya sekitar 1 tahun lalu cuma ada benjolan kecil di payudara kiri , tapi semakin lama semakin tumbuh besar.
    7 des kemarin mama saya d oprasi. setelah d biopsi, mama saya d vonis tumor ganas dan harus d angkat payudaranya.apa resikonya dok ?
    selama umur saya, mama saya mengkonsumsi pil kb dan meroko, apa itu faktor utamanya ?
    terima kasih .

  13. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ny. Ita Fauzan,

    Saya tinggal dan bekerja di Pekanbaru. Silahkan tulis apa yang menjadi keluhan anda ke blog ini. Usia anda berapa? Pernah pakai KB hormon : pil, suntik atau susuk.

    Berapa diameter daging tumbuh? Sudah sejak kapan benjolan daging itu diketahui? Apa yang anda rasakan : nyeri atau tidak, rasa nyeri hilang-timbul atau terus-menerus? Badan panas/demam?, Berat badan biasa atau turun?

    Dan lain-lain yang anda rasakan sangat mengganggu dan abnormal, OK. Saya tunggu tulisan anda di blog ini…

  14. 37
    Ny. ITA FAUZAN Says:

    Ibu Dr.Sukma Yth.
    Saya ingin melakukan konsultasi langsung mengenai gejala/penyakit yang alami saat ini, yakni adanya pembengkakan/daging tumbuh seperti tumor pada payudara sebelah kiri. Mohon kesediaan ibu untuk memberikan alamat agar kami dapat menemui ibu. Alamat ibu mohon dikirimkan ke alamat emailkami diatas.
    Terimakasih atas perkenannya.
    Wassalam,

  15. 36
    Dr. Sukma Says:

    Hai Angie,

    Usia anda berapa? Setahu saya, fibroadenoma mammae(FAM) tidak atau hampir tidak pernah kambuh.

    Yang sering rekurens alias kambuh lagi adalah mammary dysplasia atau fibrocystic disease of the breast.

    Penderita fibrocystic disease kemungkinan mendapatkan kanker payudara 15 kali lebih besar dibandingkan populasi umum.

    Banyak minum kopi pada penderita fibrocystic disease juga akan memicu terjadinga kanker payudara.

  16. 35
    Angie Says:

    Dok,,
    Satu blan yg lalu saya mengalami FAM pd pydara knan saya. Dan tlah d operasi.. Tp stlah itu saya mengalami skit lg pd pydara kiri.. Dan stlah minum obat herbal anti kanker, skit dan bengkak yg saya alami tlah hilang..
    Apa kah itu akan tumbuh FAM lg dok ??
    Pliz answer. ,

  17. 34
    Ria Says:

    dok,payudara aku masih sakit..gimana ya dok??aku harus periksa ke dokter spesialis apa??

  18. 33
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ria,

    Keluhan anda masih termasuk normal.Tunggu sampai 7 hari setelah haid.

    Bila nyeri masih ada setelah itu, sebaiknya periksa ke dokter SpOG.

  19. 32
    ria Says:

    dok,,saya punya keluhan sebelum dan selagi mens suka sakit payudara,tapi terasa nyut-nyutan sampai sekarang padahal mens saya sudah selesai 3 hari yang lalu??gejala yang saya alami apa ya dok??apa saya harus periksa ke dokter??

  20. 31
    Dr. Sukma Says:

    Hai Olivia,

    Deodorant anti perspirant bekerja pada kelenjar keringat atau kelenjar sudorifera. Sedangkan jaringan payudara TIDAK mempunyai kelenjar keringat.

    Kebetulan saja lokasi payudara dengan ketiak memang berdekatan. Namun dampak deodorant anti perspirant TIDAK ada terhadap jaringan payudara.

  21. 30
    Olivia Says:

    Sore dok…
    Saya mau tny, benarkah deodorant anti pespirant menyebabkan kanker payudara?
    saya pernah dpt email, disitu dikatakan deodorant anti pespirant akan menghambat keluarnya keringat, padahal seharusnya keringat hrs dikeluarkan. Nah, kalo keringat tdk bisa keluar akan menyababkan kanker payudara.
    Secara logika sih bener ya dok keringat harus keluar, tp apa benar efeknya jd kanker payudara??
    Saya tunggu penjelasannya ya dok. Terima kasih…

  22. 29
    Dr. Sukma Says:

    Hai Riri,

    Coba periksa payudara anda dengan teliti dan dibandingkan antara kiri dan kanan. Meskipun ukurannya berbeda, ASAL tidak teraba massa atau benjolan yang SEMESTINYA tidak ada, itu termasuk normal.

    Rasa nyeri terutama menjelang haid, itu normal juga. So,periksa lagi lebih teliti. Kalau perlu dibantu ibu atau saudari anda.

  23. 28
    riri Says:

    hai, dok??
    sya mau bertanya,,
    sya masih berumur 16 th,di bagian payudara sya sebelah kri ukuranya lebih besar dan terkadang terasa nyeri,apakah itu dapat dikatakan sya terkena kanker payudara walaupun sya masih di bawah umur?dan bagaimana cara sya mengatasinya karena sya sangat khawatir sekali Dok.
    mhon dijawab dok???
    sebelumnya,sya ucapkan terima kasih??!!

  24. 27
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nia,

    Dari keluhan yang anda tulis, kemungkinan terdapat kista endometriosis pada indung telur sebelah kiri. Untuk pastinya, kunjungi dokter SpOG agar diperiksa dengan teliti, kalau perlu di USG.

  25. 26
    Nia Says:

    sore dok,
    perkenalkan saya wanita usia 21 tahun udah menikah dan punya anak satu,sya mu nanya dok,akhir2 ini sya sering merasa sakit perut bwah kiri seperti mau haid trus dah lama sekitar 5bln ini.Haid tidak teratur ( pada masa tidak haid selalu keluar bercak coklat darah beberapa kali sebelum masa haid tiba ) sering keputihan disertai gatal2 dan pusing,saya kira akibat kb suntik yg 3bln tpi setelah melepas kb gejala masih ada

Pages: « 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe