En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

MIKROSMamma Ca 2Mamma CaSatu minggu yang lalu saya mendapat kiriman jaringan tumor yang berasal dari payudara seorang ibu, berusia 45 tahun. Sebelumnya pasien ini telah dibiopsi-operasi dan saya diagnosis Invasive Ductal Carcinoma, Mammae.

Kali ini yang saya terima jaringan payudara berukuran 17x 10x 8 cm yaitu hasil operasi mastektomi radikal. Tampak puting susu dengan posisi yang masih baik, tidak tertarik kearah dalam,  dan juga  jaringan kulit yang menutupi seluruh payudara masih tampak normal, tidak seperti kulit jeruk (peau d’orange).

Juga dikirim ke laboratorium PA, jaringan bertanda benang yaitu kelompok kelenjar getah bening pada level I, berjumlah 6 buah.

Kenapa semakin banyak saja wanita Indonesia yang terkena kanker payudara ?

Kanker payudara belakangan ini semakin banyak saja kita jumpai. Insidensinya berpacu dengan angka kejadian kanker serviks/mulut rahim yang menduduki posisi kanker nomor satu  pada wanita Indonesia. Penyebabnya lagi-lagi gaya hidup/life style.

Wanita saat ini berperan ganda, selain sebagai istri, ibu yang mengatur segala urusan rumah tangga dan merawat bayi dan anak. Juga menjadi wanita karir yang berperan dalam mencari nafkah, mengaktualisasikan  diri sesuai pendidikan yang didapat.

Sehingga banyak wanita karir yang lebih suka menunda punya anak, mendahulukan peningkatan karir semasih usia muda. Padahal dengan melahirkan dan menyusui bayi wanita akan lebih terjaga dan lebih aman dari risiko terkena kanker payudara.

Selain itu faktor merokok juga menjadi pemicu kanker pada organ apapun. Semakin banyak saja wanita yang merokok, dari pedesaan sampai ke kota besar. Merokok dianggap penting dalam bersosialisasi, juga sebagai indikator modern dan kebebasan.

Padahal anjuran dan reklame anti-rokok telah disebarkan dimana-mana, termasuk dalam bungkus rokok yang dibeli. Namun masih banyak orang yang tidak peduli, dan berdalih orang tuanya juga perokok berat, tapi masih sehat-wal’afiat.. Nasib baik saja pada kasus seperti itu, karena dibidang apapun selalu ada exception/perkecualian.

Gambar pada artikel ini berupa gambaran makroskopik dan mikroskopik kanker payudara dari jenis yang paling sering, yaitu Invasive ductal Carcinoma mammae.

Popularity: unranked

Posted Thursday, July 10th, 2008 at 2:34 pm
Filed Under Category: Bahasa, Cancer, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

112 Responses to “Kanker payudara pada wanita 45 tahun”

Pages: « 5 4 [3] 2 1 » Show All

  1. 75
    Donna Says:

    Dokter Sukma, sy seorang ibu berusia 35 thn. satu tahun stlh melahirkan anak kedua, tepatnya Nov 2009 sy menemukan suatu benjolan di payudara kanan. Sy konsultasi ke RS Dharmais dan diagnosa awal katanya itu kumpulan air susu yg tdk tuntas. Sy lalu diberi obat, dan dokter mengatakan 4-5 mgg benjolan itu akan hilang. Ketika kontrol 3 bln kemudian dan benjolan itu msh ada, dokter menyarankan untuk diangkat saja walopun ukurannya tdk membesar. saya bilang pikir2 dulu mengingat biayanya cukup besar bagi saya. Sekarang sdh hampir 1 thn berlalu, dan benjolan itu msh ada. Bagaimana menurut pndapat dokter, perlukah benjolan tsb diangkat mengingat ukurannya tdk membesar, tdk sakit, nyeri, maupun gatal2? Trm kasih atas jawabannya

  2. 74
    ade Says:

    pagi dokter,

    saya gadis berumur 20 tahun, dok.
    saya agak kurus, tidak merokok dan agak jarang mengkonsumsi makanan instan karena alergi. dulu waktu pertama kali haid di umur hampir 13 tahun.

    beberapa hari yang lalu, ada benjolan di payudara sebelah kiri saya.benjolan itu agak keras dan bisa bergerak posisinya. benjolan itu kira2 berdiameter 1cm dan permukaannya rata/licin. sejauh ini tidak ada tanda2 lain pada payudara saya selain hanya benjolan itu.
    dulu bude saya pernah mengalami hal yang sama tapi ternyata itu katanya cuma kelenjar.sementara itu saudara nenek saya memiliki riwayat kanker dan payudaranya diangkat.

    saya tidak takut ke dokter, hanya saja semua dokter yang saya tahu menangani kasus ini di daerah saya laki2..
    saya agak risih dok kalau yang periksa laki2.
    saya kan masih gadis dok…
    gimana yah..
    terima kasih banyak sebelumnya.

  3. 73
    satia permana Says:

    hai dok,,,

    dok saya mau tanya,,istri saya hamil 1 bulan dan dia d operasi FAM di sebelah kanan pada waktu hamil tapi waktu itu istri saya tidak tau kalau dia lagi hamil,,
    yg ingin saya tanyakan apakah janinnya akan sehat2 aja??

    makasih ya dok,,,

  4. 72
    Dr. Sukma Says:

    hai Nining Yuningsih,

    Anda hamil setelah operasi FAM di payudara anda itu tidak ada masalah… Anda dan janin yang dikandung akan baik2 saja… Jadi enjoy your pregnancy….

  5. 71
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ghieo,

    Semua benjolan disebut tumor. Tumor bisa oleh karena infeksi/radang bisa juga oleh sebab neoplasma. Sedangkan neoplasma atau kenker ada yang jinak dan ada yang ganas.

    So, begitu banyak kemungkinan benjolan di paayudara anda. Sebaiknya diperiksa dokter bedah umum atau minta surat rujukan ke dokter spesialis PA untuk dilakukan biopsi jarum halus (FNAB). Diagnosis FNAB dipakai pegangan dalam melakukan terapi yang tepat dan akurat, OK..

  6. 70
    nining yuningsih Says:

    hallo dr.sukma

    dok saya mau tanya,waktu tgl 16 july kemarin saya operasi PAM di payudara sebelah kanan saya,seharusnya hari itu juga saya datang bulan karena head saya tidak teratur saya tidak tahu kalo saya hamil,,,dan sekarang saya telah hamil 2 bulan,,,
    yang saya mau tanyakan apakah akan berpengaruh pada kehamilan saya atau pada janin saya dok?
    terimakasih dok,,,saya tunggu jawabannya.

  7. 69
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vony,

    Perbedaan hasil pemeriksaan itu bisa saja. Sebaiknya kalau ingin kepastian, lakukan pemeriksaan ketiga. .. Anjuran saya lebih baik kita bersiap diri untuk kemungkinan hasil pemeriksaan yang positif dicurigai ganas. Sehingga semua daya dan usaha ditujukan untuk mendapatkan KEPASTIAN diagnosis.

    Sebaiknya jalani saja saran pemeriksaan biopsi, dst. AGAR keraguan dan penasaran bisa dihilangkan. Semakin cepat semakin baik. Jangan tunda-tunda lagi karena tumor akan semakin membesar dari hari ke hari, OK.

  8. 68
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wati,

    Just wait and see diagnosis hasil pemeriksaan massa tumor payudara anda yang dioperasi. Kemungkinan tumor jinak Mammary dysplasia melihat umur anda. Shark cartilage banyak mengandung kolagen dan baik bagi penyembuhan jaringan..

  9. 67
    wati Says:

    Dok,saya wanita berusia 34th, sebelum menikah usia 27. Pada payudara kiri ada benjolan sebesar kelereng kemudian tahun 2008 saya melakukan mamogarapi dan dokter menyarankan untuk operasi tapi pada saat itu saya sedang menyusui dan dokter menyarankan melakukan operasi setelah tidak menyusui. Akhirnya pada 3 Juli 2010 saya melakukan operasi dan ukuranya sebesar empat kelereng tapi bentuknya agak gepeng.saat ini saya masih menunggu hasil jenis tumornya. pertanyaan saya jenis tumor apkah itu? dan apakah obat shark cartilag (tulang rawan ikan hiu)baik dikonsumsi setelah operasi? terimakasih

  10. 66
    Dr. Sukma Says:

    Hai Christopher,

    Oh ya? Dari mana anda dapat data itu? Setahu saya payudara kiri dan kanan frekwensi terjadinya kanker payudara, sama besar..

  11. 65
    christopher Says:

    Malam dokter..mohon tanya..kenapa pada Ca Mammae lebih sering terkena pada payudra kiri??terima kasih ata waktunya..

  12. 64
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nini,

    Kemungkinan kelenjar yang menghasilkan air susu. Berapa usia anda? Apakah sedang menyusui? Saran saya, sebaiknya kebiasaan pencet-pencet tersebut dihentikan. Karena dapat merangsang pertumbuhannya. So, sebaiknya lupakan saja. Cukup diobservasi artinya dilihat apakah cepat me3mbesar. Bila ukurannya tetap, take it easy n ignore it…http://www.sukmamerati.com/wp-admin/edit-comments.php#comments-form

  13. 63
    nini Says:

    Aloo dok mau tanya di sekitar puting ada benjolan kecil seukuran gula pasir, kalo dipencet keluar cairan kental,tidak bau,biasanya 2 hari sekli dipencet br ada isinya, hal itu terjadi sdh sejak 17 tahun yg lalu, puting saya sih tdk kedlm, tp dibandingkan yg sebelahnya memang kurang sensitif dan agak sdkit kedalam, selama ini tdk ada keluhan, kira2 apakah benjolan kecil itu dok? Jika hrs operasi apakah akan mempengaruhi payudara? Ukurannya kecil bgt dok…tp menganggu rasa percaya diri saya. Trim..

  14. 62
    Dr. Sukma Says:

    Halo Riski,

    Sedemikian panjang anda menulis, namun tidak banyak essensi yang saya dapat. Hanya rasa nyeri yang menyebar dari ketiak ke punggung, dst.. Jadi kali ini anda HARUS berani ke dokter penyakit dalam. Agar diperiksa apakah ada benjolan didalam ketiak anda atau adakah tanda-tanda peradangan disana. Alasan takut ke dokter saya kira sudah tidak ada lagi…

  15. 61
    riski Says:

    Dokter sukma ysh,

    saya sudah mengalami sakit dibawah ketiak kiri sampai punggung selama 2 minggu lebih…
    saya takut ke dokter dok…

    saya ingin menanyakan kondisi saya sekarang.

    minggu pertama saat sore hari tiba2 saya merasakan perih di sekitar ketiak kiri agak bawah saya. lalu saat dirumah, saya coba cek apakah ada lecet,ternyata tidak ada lecet tapi pada saat saya pegang sangat perih dan sakit seperti bengkak. saya tidak hiraukan.

    minggu kedua;
    suatu pagi hari saya bangun ternyata perih itu tidak kunjung hilang, dan malah merembet ke sebelah kanan serta punggung saya berasa sakit juga ngilu. lalu saat sore belum juga reda sakit perih dan ngilu nya tambah lagi tp puting saya tidak berasa sakit apa2.

    malam hari nya saya tidak bisa tidur karena sakit nya bukan main hampir sekitar punggung saya semuanya sakit perih dan ngilu.

    dan sampai hari ini pun masih saja sama kondisi nya.
    ada apa ini ya dokter
    apa yg terjadi??apakah ini ada gejala kanker???

    terimakasih sebelumnya…

  16. 60
    Dr. Sukma Says:

    Hai Qiqi,

    Kunjungi dokter bedah umum. Dari sana biasanya akan dirujuk ke dokter spesialis PA (patologi anatomik) untuk dilakukan FNAB atau biopsi jarum halus. Diagnosis FNAB kemudian dipakai pegangan dalam mengobati benjolan tsb. Apakah cukup diberikan obat saja atau harus dioperasi, dst.

  17. 59
    Dr. Sukma Says:

    Halo Afi,

    Karena sudah dicheck dan hasilnya normal, maka sebaiknya anda buang jauh rasa was-was itu. Berpikirlah positif bahwa anda itu sehat, maka rasa sakit itu akan hilang dengan sendirinya.

  18. 58
    afi Says:

    dok, aku 21 tahun. sebenarnya dulu aku biasa aja payudaranya saat menjelang menstruasi, sakit tapi masih sakit yang wajar. tapi sejak payudara kiriku ketekan nggak sengaja sama ponakanku, nyut2an terasa lebih sakit dari biasanya, jadi lebih berasa sakit sebelah kirinya. tepatnya disebelah pinggir payudaranya. dulu aku sempet periksa ke dharmais karena nyut2an ini berasa lagi pas aku nggak menstruasi dan dokter yang meriksa bilang memang ada benjolan kecil. kemudian saya dirontgen payudara dan dinyatakan sehat. tapi kok masih suka nyut2an ya dok? meski nggak separah waktu ketekan dulu, kenapa ya dok? apa karena hormonal?

  19. 57
    Dr. Sukma Says:

    Hai Suci,

    Dari bidang kedokteran, miom yang sebesar itu TIDAK mungkin bisa disembuhkan tanpa operasi. Bagaimana bila dicoba ke pengobatan alternatif seperti Gus Muh, misalnya.

  20. 56
    Dr. Sukma Says:

    Hai Iskandar,

    Sebenarnya seorang laki-laki lebih beruntung, karena sampai umur 70 tahun, masih punya potensi untuk mempunyai anak. Artinya tidak seperti para wanita yang setelah usia 40-an tahun akan sulit bisa hamil karena sel telur telah habis didalam kedua ovariumnya, sehingga tidak mungkin bisa hamil.

    Saran saya ke anda : pikiran harus tenang, sehingga organ reproduksi anda akan bekerja secara optimal. Cukup istirahat, makanan bergizi baik atau tinggi terutama kaya akan vitamin-E. Olah raga teratur, minimal 2 kali seminggu selama 45 menit atau satu jam setiap sesi latihan olah raga. Dengan demikian kwalitas sperma akan bagus dan optimal baik dalam jumlah maupun motilitas atau gerakannya. Lakukan hubungan suami-istri 2-3 kali seminggu. Dan sudah tentu istri anda harus sehat juga organ reproduksinya….. OK.

  21. 55
    iskandar Says:

    siang dok,
    saya seorang suami sudah menikah setahun yang lalu.usia saya sudah 39 tahun dan istri saya 31 tahun.saya ingin sekali cepat punya momongan,saya juga udah berobat ke dokter kandungan.kira2 apa saran dokter untuk saya supaya cepat dapat momongan.terima kasih.

  22. 54
    suci Says:

    siang dokter sukma,
    dok saya mau tanya, ibu saya kan menderita miom dan miom nya sudah sebesar buah sukun.yang mau saya tanyakan miom itu bisa disembuhkan tanpa operasi ngga dok?terima kasih.

  23. 53
    Dr. Sukma Says:

    Halo Otih,

    Keluhan anda itu sesuai dengan adanya peradangan menyeluruh pada payudara kanan yang pernah tergigit gigi bayi anda yang disebut mastitis, BUKAN kanker. Jadi sebaiknya ke dokter SpOG agar diberikan antibiotika dan anti inflamasi yang sesuai.

  24. 52
    otih Says:

    selamat siang dokter sukma yang baik,saya ibu menyusui(anak pertama),usia saya 28 tahun.beberapa minggu ini saya merasakan nyeri di puting payu dara saya sebelah kanan,hal ini terjadi semenjak bayi saya tumbuh gigi dan pernah menggigit hingga luka.tetapi nyeri yang saya rasakan itu bukan hanya dari puting saja tetapi seluruh payu dara sebelah kanan,rasanya senut2 seperti sakit gigi,mengganggu dan sakit sekali.kira2 itu sakit apa ya dok?infeksi biasa atau gejala kanker?trus tindakan apa yang harus saya lakukan?

  25. 51
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sintya,

    Bila ukuran sudah lebih dari 2 cm, sebaiknya diangkat. Bila masih kecil, diibawah 1 cm, akan sulit dan mubasir operasinya. Kalau perlu anda pindah ke dokter bedah umum saja, karena kasusnya ringan, simple dan diprediksi tumor jinak.

Pages: « 5 4 [3] 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe