En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

MIKROSMamma Ca 2Mamma CaSatu minggu yang lalu saya mendapat kiriman jaringan tumor yang berasal dari payudara seorang ibu, berusia 45 tahun. Sebelumnya pasien ini telah dibiopsi-operasi dan saya diagnosis Invasive Ductal Carcinoma, Mammae.

Kali ini yang saya terima jaringan payudara berukuran 17x 10x 8 cm yaitu hasil operasi mastektomi radikal. Tampak puting susu dengan posisi yang masih baik, tidak tertarik kearah dalam,  dan juga  jaringan kulit yang menutupi seluruh payudara masih tampak normal, tidak seperti kulit jeruk (peau d’orange).

Juga dikirim ke laboratorium PA, jaringan bertanda benang yaitu kelompok kelenjar getah bening pada level I, berjumlah 6 buah.

Kenapa semakin banyak saja wanita Indonesia yang terkena kanker payudara ?

Kanker payudara belakangan ini semakin banyak saja kita jumpai. Insidensinya berpacu dengan angka kejadian kanker serviks/mulut rahim yang menduduki posisi kanker nomor satu  pada wanita Indonesia. Penyebabnya lagi-lagi gaya hidup/life style.

Wanita saat ini berperan ganda, selain sebagai istri, ibu yang mengatur segala urusan rumah tangga dan merawat bayi dan anak. Juga menjadi wanita karir yang berperan dalam mencari nafkah, mengaktualisasikan  diri sesuai pendidikan yang didapat.

Sehingga banyak wanita karir yang lebih suka menunda punya anak, mendahulukan peningkatan karir semasih usia muda. Padahal dengan melahirkan dan menyusui bayi wanita akan lebih terjaga dan lebih aman dari risiko terkena kanker payudara.

Selain itu faktor merokok juga menjadi pemicu kanker pada organ apapun. Semakin banyak saja wanita yang merokok, dari pedesaan sampai ke kota besar. Merokok dianggap penting dalam bersosialisasi, juga sebagai indikator modern dan kebebasan.

Padahal anjuran dan reklame anti-rokok telah disebarkan dimana-mana, termasuk dalam bungkus rokok yang dibeli. Namun masih banyak orang yang tidak peduli, dan berdalih orang tuanya juga perokok berat, tapi masih sehat-wal’afiat.. Nasib baik saja pada kasus seperti itu, karena dibidang apapun selalu ada exception/perkecualian.

Gambar pada artikel ini berupa gambaran makroskopik dan mikroskopik kanker payudara dari jenis yang paling sering, yaitu Invasive ductal Carcinoma mammae.

Popularity: unranked

Posted Thursday, July 10th, 2008 at 2:34 pm
Filed Under Category: Bahasa, Cancer, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

112 Responses to “Kanker payudara pada wanita 45 tahun”

Pages: « 5 [4] 3 2 1 » Show All

  1. 100
    Yani Says:

    Salam dok,,sy mw menanyakan,,ada benjolan di payudara kiri saya,,ukuran sebesar kelereng bisa digerakkan,,,ukurannya membesar saat sdg haid dok,,benjolan ini sdh ada hampir satu thn,,,nah yg saya tkutkan dok,,,sdh 2 minggu ini,,kulit di puting PD kanan saya srg mengelupas dok,,tidak gatal…seperti berganti kulit,,,jika saya kelupas 3 hr kemudian timbul lagi…
    apakah ada gejala paget dok??kalau misalnya saya mau periksa PA, itu bisa di periksa jaringan kulit terkelupas itu dok??

    trima kasih jwbannya dokter..

  2. 99
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nanda,

    Benar. Sebaiknya anda periksa ke dokter kulit aja. Perkiraan saya, mungkin ada lesi pada sekitar areola mammae yaitu daerah sekitar puting susu. Belum perlu ke dokter onkologi karena tidak ada benjolan/ massa tumor..

  3. 98
    nanda Says:

    Dear dokter sdh hampir satu bulan ini payudara sebelah kanan bagian puting dan sekitarnya seringkali gatal. Pakaian dalam selalu ganti tiap hari, gatal terutama malam hari ,tidak ada tanda gatal iritasi atau sebagainYa yg menjadi penunjuk rasa gatal dan terjadi bila tidak menggunakan bra. Pemeriksaan sadari sdh saya lakukan tdk ada benjolan dan tdk ada cairan keluar, dokter klinik umum memberikan salep Bevalex yg cukup membantu namun gatal sering datang lagi.Pertanyaan saya lebih baik saya periksa k dktr kulit atau langsung k dokter onkologi saja. Terusterang hal ini ganggu dan mengkhwatirkan.trimakasih

  4. 97
    devy ayu Says:

    dokter selamat malam ini saya devy yang konsul kemarin,saya masih bingung disini benjolan sudah 3 bln pada payudara kiri,makin lama makin membesar tapitidak terasa nyeri dokter,itu termasuk ganas apa jinak dokter ?

  5. 96
    lili Says:

    dok saya leni. umur 49thn. saya menderita kanker 3th yg lalu dok. dan sudah di kemo. tetapi akir2 ini kluar darah sedikit2 tetapi setiap hari. dan saya melakukan cek kembali dan dinyatakan kanker lagi dok.yg saya pertanyakan dok, knp sekarang ini masih kluar cairan agak bewarna kekuningan. pdhl sblm nya saya suda menjalani operasi pengangkatan rahim. apa kah itu tanda nya sel kanker saya masi aktif dok? mohon saran nya dok. thx

  6. 95
    Dr. Sukma Says:

    Hai Devy,

    Kalo sudah ada anak sebar ke axilla, biasanya ganas. Dan tumor ganas payudara terbanyak adalah jenis Invasive Ductal Carcinoma Mammae.

  7. 94
    devy ayu Says:

    dok,ini saya devy dari fakultas kedokteran,ingin bertanya

    ada seorang wanita 45 thn,memeriksakan benjolan dipayudara kirinya yg dirasakan sudah sejak 3 bln yg lalu.Dari anamnesis didapatkan benjolan tidak terasa nyeri,dan makin membesar,riwayat penyakit sebelumnya prnh ada benjolan kecil di lengan dan sudah dioperasi,menurut dokter adl tumor jinak.tdk ada riwayat penyakit keluarga.Pada pemeriksaan fisik didapatkan benjolan diameter 5 cm,permukaan rata,konsistensi padat keras,melekat pada kulit sehingga terdapat gambaran seperti kulit jeruk.Pada daerah axilla kiri ditemukan pembesaran kelenjar getah bening,lalu dokter merujuk ke dokter bedah dan dokter bedah melakukan operasi.

    kira-kira jenis kanker apa ya dok,dan bagaimana mekanismenya dokter//
    terima kasih

  8. 93
    Wiwin Says:

    Salam dok.
    saya wiwin usia 21 th,sekitar setahun yang lalu payudara saya mengeluarkan cairan bening tanpa di pijat ( kluar dgn sendirinya) kurang lebih 3x keluar selama 1 bln,dan setelah itu payudara saya tdk mengeluarkan cairan lagi,dan kemarin tepatnya tgl 22-01-2012 saat selasai mandi tiba2 payudara saya mengeluarkan cairan darah ( warnanya seperti betadien) dan saya raba tdk ada benjolan di ketiak maupun payudara,tapi sekitar 5 hari sblmnya ketiak saya sempet bengkak ( ada benjolan sakit) namun sekarang menghilang,
    yang saya ingin tanyakkan
    1.apa itu kanker atau apa?
    2.bahaya atau tidak?
    3.yang saya harus lakukan apa?
    4.seandanya saya suruh priksa lebih akurat mana USG dengan MOMOGRAF?
    5.apakah kanker payudara bisa menyerang usia 21 th?
    6.berapa lama perkembangan dari infeksi menjadi kanker?

    Terimakasih,mohon di jawab

  9. 92
    Maria Says:

    Dok, saya mau tanya. Saya 27 tahun dan belum menikah, payudara kanan saya sudah sekitar 1 mgg ini terasa ngilu seperti mau dapat haid tapi tidak bengkak dan mengeras seperti saat mau dapat haid. Saya coba raba tidak menemukan benjolan di payudara maupun di ketiak.
    Apakah itu normal dok?
    Lalu makanan dan pantangan apakah yg bisa mencegah timbulnya kanker?
    Saya dengar kanker ada faktor genetis apakah benar?

    Thanks

  10. 91
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eni,

    Itu tumor jinak payudara.. Untuk penyembuhan dari sisii medis operasi pengangkatan tumor. Pesan saya jangan sekali-kali dilakukan pijat/ massage pada tumor tsb. Sebab akan merangsang lebih cepat pertumbuhannya. Kalo tumor ganas dipijat akan mempercepat penyebaran dan menimblkan anak sebar…

  11. 90
    eni Says:

    dok sy ibu 34th, di payudara sy sblh kanan ada benjolan kecil sakit kalo di pegang, sdh pernah sy periksa ke dokter hasilnya ‘Fibrocystic Disease’ bgmn cara penyembuhanya dn apa obatnya. Atas perhatian dn jawaban dokter sy ucapkan tks

  12. 89
    Dr. Sukma Says:

    Halo ambar,

    Kemungkinan terbesar benjolan di payudara anda adalah ‘galactocele’. Adalh tumpukan air susu dalam satu saluran ASI yang membentu massa lembut dan kental menyerupai kekentalan lumpur.. Tumor jinak, sebaiknya di observasi dulu aja.. Untuk penyembuhannya galactocele harus diangkat/ operasi.

  13. 88
    ambar Says:

    dok sy ibu rt umur31 th,saat ibi sy lg menyusui,slama menyusui tibul benjolan besar padat dan keras ps payudara kanan sy,dipegangtidak sakit,apa itu tumor atau kanker?

  14. 87
    Anonymous Says:

    Dok.. Sy yulia. Sedang menyusui,umur anak sudah 3 bulan. Pyudara kanan seperti ada benjolan sbesar kelereng dan d pegang sakit. Apa itu kanker dok?

  15. 86
    meta Says:

    dok saya mw tanya, ada benjolan sebesar 3/4 cm menurut diagnosa dktr, itu baru diketahuhi 3 hari lalu, kemudian disuruh utk pemeriksaan pantologi akn tetapi dokter yg brsangkutan tidak ada, sekitar 4 hari lg baru kembali, yg ingin saya tanyakan seberapa besar pembesaran dalam wkt 1 mnggu, dan apabila benjolan sebesar itu dikategorikan jinak atw ganas??

  16. 85
    Anonymous Says:

    Mlm dok,sy rossi umur 25 thn uda mnkh.sy mau tyk dipayudara kiri saya ada rs skt denyut2 klo ditkn sktnya trasa seperti kulit terbkr kna api seperti itu sktnya,dan sy rs kan jg dipayudara sy seperti ada benjolan kcl kyk tlr cicak gt,tp sy tkn benjolan itu lr2 dan licin gt.kr2 nrt dr.apakah itu kanker atau apa?sy skrg lg tkt sekali dok.tlg br tau sy ya dok.

  17. 84
    Dr. Sukma Says:

    Halo Isti,

    Kalo obat satu dokter tidak cocok, kan masih ada dokter SpOG lain yang bisa menuliskan resep untuk anda. Paling objektif, bila keputihan itu di KULTUR alias di BIAKKAN di lab. mikrobiologi agar diketahui PASTI penyebab keputihan tsb. Karena infeksi yang berkepanjangan itu, kemungkinan saluran telur anda terjadi perlengketan, sehingga TIDAK BISA dilalui oleh sel telur untuk dibuahi oleh sperma. Akibatnya anda tidak pernah bisa hamil….

    Megenai benjolan-benjolan kecil/ uci2, sebaiknya dilihat dokter penyakit dalam atau dokter bedah. Apakah itu sejenis tumor jinak saraf tepi yang disebut neurofibroma? Sebaiknya -meski tidak berbahya- segera periksakan, agar masah menjadi tuntas dan jelas…. Penyakit JANGAN dipelihara, sekecil apapun masalah itu….

  18. 83
    isti Says:

    Dear dok,
    saya seorang istri punya keluhan sakit keputihan yang lama sejak remaja,ktk periksa ke lab hasilnya krn bakteri (lupa namanya). sy dikash resep. tp gk da perubahan. sy sllu mjaga kebersihan wanita. sekarang adek sy putri yang masih dibangku SMA jg mengalami hal yg sa dok, keputihan.bgm sy dan suami dalam menjalin hub. suami istri, dan sampe skrg sdh 3 th kami blum diberi kturunan oleh Tuhan…pdhl kami dah merindukan momongan dok.
    selain itu, sewaktu remaja sy pernah operasi kelenjar di bag. ketiak…akhir2 ini ketahuan kalo tgn sebelah kiri maupun kanan banyak benjolan kecil sprti uci2;red. jawa. tdk skt. bgmn ini dok…bahaya pa tdk? trmksh…mohon penjelasan dan arahannya.isti

  19. 82
    Dr. Sukma Says:

    Hai Reni,

    Berbahaya atau tidak kanker payudara ibu anda tergantung dari hasil pemeriksaan PA atas jaringan tumor yang dioperasi. Juga tergantung ada tidaknya anak sebar ke dalam ketiak/axilla. Coba tanyakan hasil PA-nya dan tulis di blog ini, akan saya komentarin… OK.

  20. 81
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rina,

    Adanya rasa nyut2an yang hilang timbul agar diwaspadai, terutama bila nyut2an tsb diluar masa haid… Bila terjadi saat periode haid, itu normal…

    Bila diluar masa haid, sebaiknya diamati/ observasi aja dulu… Sambil lakukan SARARI yaitu periksa payudara sendiri dengan melakukan perabaan disertai tekanan halus pada kedua payudara anda.Bila ditemukan ada benjolan, barulah dibawa periksa ke dokter bedah atau penyakit dalam juga boleh, OK…

  21. 80
    rina Says:

    saya mau tnya doc,payu dara sya sebelah kiri terasa nyut2 kdang2 hilang kdang2 bangit.apakah itu berbahaya doc

  22. 79
    reni Says:

    dok,saya mau tanya. ibu saya baru kemarin diketahui terkena kanker payudara setelah satu tahun. apakah itu berbahaya? kira2 sudah sampai mana penyebarannya?

  23. 78
    Dr. Sukma Says:

    Halo Satia Permana,

    Maaf baru terbaca pertanyaan anda. .. Jangan khawatir nothing gonna be happened….. Janin dalam kandungan isteri anda akan fine2 aja… Karena operasi mengangkat FAM sangat cepat dan tidak menimbulkan dampak anestesi yang bermakna…

  24. 77
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ade,

    Dugaan saya benjolan itu tumor jinak payudara yang populer disebut FAM (fibro adenoma mammae). Bila anda risih dengan dokter laki-laki, ada koq dokter bedah wanita di Jakarta. Nanti kapan-kapan kalau anda ke Jakarta periksakan dan kalau bisa sekalian diangkat/ operasi saja benjolan tsb. Karena adanya riwayat kanker payudara dalam keluarga anda. Maka sebaiknya anda waspadai hal itu..

  25. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai Donna,

    Saran saya sebaiknya benjolan diangkat, agar masalah tuntas. Meskipun tidak membesar, dst seperti yang anda tulis… Pada prinsipnya sekecil apapun masalah kesehatan, sebaiknya dibereskan agar tidak menyesal nanti…

    Agar lebih ekonomis, sebaiknya operasi di RSCM saja, semua peralatan lengkap dan dokternya berpengalaman sebagai dokter RS rujukan nasional…. Kemungkinan benjolan itu adalah fibrocystic disease alias mammary dysplasia, tumor jinak namun bila dibiarkan berlama-lama berpotensi menjadi ganas….

Pages: « 5 [4] 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe