En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

MIKROSMamma Ca 2Mamma CaSatu minggu yang lalu saya mendapat kiriman jaringan tumor yang berasal dari payudara seorang ibu, berusia 45 tahun. Sebelumnya pasien ini telah dibiopsi-operasi dan saya diagnosis Invasive Ductal Carcinoma, Mammae.

Kali ini yang saya terima jaringan payudara berukuran 17x 10x 8 cm yaitu hasil operasi mastektomi radikal. Tampak puting susu dengan posisi yang masih baik, tidak tertarik kearah dalam,  dan juga  jaringan kulit yang menutupi seluruh payudara masih tampak normal, tidak seperti kulit jeruk (peau d’orange).

Juga dikirim ke laboratorium PA, jaringan bertanda benang yaitu kelompok kelenjar getah bening pada level I, berjumlah 6 buah.

Kenapa semakin banyak saja wanita Indonesia yang terkena kanker payudara ?

Kanker payudara belakangan ini semakin banyak saja kita jumpai. Insidensinya berpacu dengan angka kejadian kanker serviks/mulut rahim yang menduduki posisi kanker nomor satu  pada wanita Indonesia. Penyebabnya lagi-lagi gaya hidup/life style.

Wanita saat ini berperan ganda, selain sebagai istri, ibu yang mengatur segala urusan rumah tangga dan merawat bayi dan anak. Juga menjadi wanita karir yang berperan dalam mencari nafkah, mengaktualisasikan  diri sesuai pendidikan yang didapat.

Sehingga banyak wanita karir yang lebih suka menunda punya anak, mendahulukan peningkatan karir semasih usia muda. Padahal dengan melahirkan dan menyusui bayi wanita akan lebih terjaga dan lebih aman dari risiko terkena kanker payudara.

Selain itu faktor merokok juga menjadi pemicu kanker pada organ apapun. Semakin banyak saja wanita yang merokok, dari pedesaan sampai ke kota besar. Merokok dianggap penting dalam bersosialisasi, juga sebagai indikator modern dan kebebasan.

Padahal anjuran dan reklame anti-rokok telah disebarkan dimana-mana, termasuk dalam bungkus rokok yang dibeli. Namun masih banyak orang yang tidak peduli, dan berdalih orang tuanya juga perokok berat, tapi masih sehat-wal’afiat.. Nasib baik saja pada kasus seperti itu, karena dibidang apapun selalu ada exception/perkecualian.

Gambar pada artikel ini berupa gambaran makroskopik dan mikroskopik kanker payudara dari jenis yang paling sering, yaitu Invasive ductal Carcinoma mammae.

Popularity: unranked

Posted Thursday, July 10th, 2008 at 2:34 pm
Filed Under Category: Bahasa, Cancer, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

112 Responses to “Kanker payudara pada wanita 45 tahun”

  1. 1
    fanny Says:

    dok,,saya wanita berumur 19thn…
    yang mw saya tanyakan,,,mengenai kanker payudara.
    sepertinya dibwah ketiak saya ada sedikit benjolan,,
    yang saya takuti itu adalah kanker payudara.
    klo saya mw periksa,,k bagian dokter apa ya dok..??
    dan saya kurang berani untuk memeriksakannya…

    tolong d jawab ya,dok…
    makasih banyak..

  2. 2
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fanny,

    Kemungkinan benjolan pada ketiak anda berupa : lipoma, mammary aberrant atau anak sebar tumor payudara.

    Sebaiknya kunjungi dokter spesialis PA untuk dilakukan FNAB. Nanti setelah diketahui diagnosisnya, anda akan dirujuk ke dokter spesialis yang tepat,sesuai diagnosis.

  3. 3
    Rosa Says:

    Hallo Dok,
    saya ibu usia 25 tahun dengan seorang anak umur 2 tahun.
    ketika anak saya masih berumur 1,5 bulan (Mei 2007)
    saya di operasi Tumor Payudara pada kedua PD saya, sehingga saya tidak bisa melanjutkan memberi ASI pada bayi saya, dan waktu itu pasca operasi payu dara saya terkena infeksi sehingga penyembuhannya jadi agak lama.
    hasil tumor saya telah di kirim ke Jakarta untuk di teliti dan hasilnya bukan Tumor Ganas..(pada saat di operasi tumor di PD sebelah kiri sebesar bakso dengan diameter 3 cm dan ada beberapa tumor kecil yang lainnya, dan sebelah kanan hanya setengah dari besar nya dari yang kiri) sekarang mulai dari Januari 2009 saya merasakan sakit kembali di payu dara saya persis seperti sakit sebelum di operasi dulu, saya sudah memeriksakan kepada dokter namun katanya tidak ada masalah lagi hanya benjolan bekas operasi dulu. Namun setelah saya periksa di rumah, sampai sekarang ini saya melihat dan merasakan banyak benjolan2 kecil di PD saya .
    yang ingin saya tanyakan
    - apakah ada kemungkinan bahwa Tumor yang dulunya hanya tumor Jinak berubah menjadi Tumor ganas atau bahkan menjadi Kanker??
    -Apakah tanpa adanya benjolan bisa juga menjadi Kanker atau penyakit karna saya merasakan sakit pada kedua payudara saya? (dengan dan tidak dalam masa haid)
    -di belahan dada saya terasa sakit bila bergerak dan bernafas, apalagi kalau saya sedang menarik nafas dalam sakitnya semakin terasa, penyakit apa kemungkinan yang bisa terjadi karena sakit yang say rasakan ini?

    Terimakasih atas bantuan jawaban Dr. Sukma

    Salam
    Rosa (Batam)

  4. 4
    Anonymous Says:

    Sya brumur 23 thn,setahun yg lalu saya keguguran disaat kandungan saya brumur 4bln lebih,yg mau saya tanyakan.. Mengapa ASI saya masih ada? Tlg dijwb ya..?

  5. 5
    YUDI Says:

    salam kenal ibu Rosa di Batam, saya YUDI, saya sangat prihatin dengan keadaan anda, saya seorang mahasiswa tingkat akhir. saya sekarang sedang menangani pasien yang terkena tumor payudara/kanker payudara. Kalau anda ingin konsultasi dengan saya silahkan hubungi saya lewat email saya Yudi_gphone@yahoo.com

  6. 6
    intan Says:

    dok ibu saya terkena kanker payudara.apa yang musti saya lakukan sementara ibu saya tidak mau dibawa untuk berobat.saya sangat sayang sama m2h.saya bingung apa yang musti saya lakukan.apa penyakit itu bisa menular pada anaknya?tolong ya dijawab?????

  7. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Intan,

    Sebaiknya ibunda dibawa berobat, kalau tidak mau ke dokter bawa saja ke alternatif (Gus Muh). Kalau takut dioperasi,nanti Gus Muh akan mentransfer energi. Yang penting tumor JANGAN DIURUT/massage.

    Wanita yang didalam keluarga ada riwayat kanker payudara, BIASANYA kemungkinan mendapat penyakit yang sama. Oleh karena itu rajinlah memeriksa payudara sendiri (SARARI), disaat mandi atau kesempatan lain.

    Dengan demikian tumor akan terdeteksi SEDINI mungkin. Sehingga terapi dan prognosis akan jauh lebih baik dan beayanyapun lebih kecil.

  8. 8
    yani Says:

    dok saya brumur 25 th saya pny bnjolan d bawah ketiak kalau diraba. Tangan kanan saya juga sering sakit begitu juga d ketiak saya. Rasanya nyut2an. Benjolan suda lama kira2 stlh lulus sma.mens saya jg tdk teratur.apakah itu tum0r atau kanker? Tolong saya dok. Trima kasih

  9. 9
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yani,

    Coba lebih diperhatikan intensitas nyeri/nyut2an yang anda rasakan. Bila nyerinya lebih terasa pada menjelang dan sekitar menstruasi, maka anda boleh bernafas lega.

    Bila seperti itu, biasanya bukan kanker dan tidak berbahaya. Dalam bahasa medis disebut ‘mammary aberrant’, artinya pada ketiak anda terdapat jaringan payudara yang salah tempat.

    Terapinya tidak ada lain,HARUS dioperasi untuk mengangkat jaringan payudara yang kesasar itu.

  10. 10
    lili Says:

    ibu dokter,
    bayi saya 8 bulan terdapat tumor jinak di paha kirinya, apakah mungkin tumor tersebut ditularkan melalui saya ketika menyusui? karena beberapa tahun yang lalu saya merasa seperti ada benjolan pada payudara saya tetapi tidak saya obati sepertinya termasuk tumor jinak krn tidak membesar dan sakit

    mohon penjelasannya bu
    terima kasih

  11. 11
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lili,

    Tumor jinak biasanya TIDAK menular. Jadi buang jauh pikiran itu. Kemungkinan benjolan di payudara anda fibroadenoma mamma(FAM)atau fibrocystic disease.

    Jenis tumor jinak dipaha bayi anda usia 8 bulan, biasanya lipoblastoma, tumor jinak sel lemak. Nanti kalau sudah agak besar,umur kira-kira satu setengah tahun, barulah tumor itu diangkat/operasi kecil.

  12. 12
    eny efriana Says:

    dok, ibu saya berumur 50 tahun. beliau memiliki benjolan di payudara sebelah kiri dan sampai sekarang beliau tidak mersakan nyeri. Tahun 2008 kami periksakan ke dokter.dari hasil patologi diperoleh hasil :
    makros : FNAB Mammae dan
    mikros : sel-sel malignant yang bersal dari epitelial.

    Yang saya tanyakan berdasarkan hasil patologi tersebut ibu saya mengidap kanker ganas atau tidak. Apabila mengidap kanker, termasuk stadium apa dan bisakah disembuhkan karena sudah lewat 1 tahun dan apakah perlu diperiksa patologi lagi untuk mengetahui statusnya sekarang.jawaban dokter sangat kami nantikan. terima kasih

  13. 13
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eny efriana,

    Dari hasil pemeriksaan PA jelas ditulis ditemukan sel ganas/malignant dari jenis epitelial.

    Dengan demikian berarti diagnosisnya Tumor/Kanker ganas payudara.Seyogyanya ibunda mendapat terapi yang sepantasnya untuk jenis kanker yang ditemukan.

    Jadi SEGERA hubungi dokter yang melakukan operasi atau dokter spesialis kanker/onkolog untuk terapi yang tepat.
    Jangan buang waktu.

    Makin cepat diobati prognosis akan semakin baik. Mumpung ibunda belum tua, masih 50 th diharapkan kondisi dan daya tahan tubuh terhadap terapi khemo atau lainnya masih bagus.

  14. 14
    putri Says:

    dok, saya mau tanya. tetangga saya sudah pernah operasi tumor jinak di payudara kanannya pada waktu SMA. tetapi pada usia sekitar 45 tahun, dia di diagnosis terkena kanker di payudara kirinya dan harus menjalani mastektomi. mengapa bisa terjadi seperti itu? apakah tumor yang sebelumnya, masih ada yang tertinggal dan menyebar ke payudara yang sebelah kiri atau bagaimana?

    terima kasih sebelumnya…

  15. 15
    Dr. Sukma Says:

    Hai Putri,

    Kemungkinan tetangga anda dioperasi dulu dengan diagnosis Mammary Dysplasia.

    Jenis tumor jinak payudara yang gampang kambuh lagi, bisa bilateral (payudara kanan dan kiri terkena)serta berpeluang 15 kali lebih besar terkena kanker payudara dibanding populasi normal.

  16. 16
    sila Says:

    dok,,kenapa ya saya suka merasa ngilu di payudara??padahal ngilu nya terjadi jauh sebelum mens???

  17. 17
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sila,

    Sebaiknya lakukan SARARI yaitu periksa payudara sendiri. Sambil mandi dan menggosok shower gel, sebaiknya secara teliti dan merata diperiksa diseluruh payudara dengan cara menekan halus seluruh jaringan paayudara dan merasakan apakah ada benjolan.

    Biasanya yang punya payudara itu sendiri yang paling tahu bila ada kelainan pada payudaranya. Lakukan SARARI pada kedua payudara kanan dan kiri. Lihat juga puting susu. Apakah ada penarikan puting susu kearah dalam, sehingga puting tidak tampak lagi menonjol seperti normalnya. Apakah pernah keluar cairan dari puting susu padahal anda tidak menyusui atau belum menikah. Cairan bisa bening, seperti susu atau berdarah.

    Terakhir perhatikan kulit yang melapisi payudara anda. Apakah tampak ada kelainan seperti kulit jeruk / Berpori-pori kasar seperti kulit jeruk Pontianak ?

    Kalau masih ragu, kunjungi dokter onkolog untuk dilakukan pemeriksaan sekalian mammogtafi, bila ada indikasi.

  18. 18
    firda Says:

    gini dok, bbrp thn lalu aku udah dioperasi krna tumor mammae. trus kata doktr harus ngindarin bbrapa makanan…sbenarnya makanan apa sj yg harus dihindari dok>??makasih

  19. 19
    Dr. Sukma Says:

    Hai Firda,

    Makanan yang dihindari adalah daging berlemak.Karena biasanya didalam lemak banyak mengandung estrogen.

    Estrogen berlebihan dalam tubuh seorang wanita yang disebut ‘un-opposed estrogen’akan memicu terjadinya kanker : payudara, rahim, dst.

  20. 20
    Anonymous Says:

    Dok. . .
    Sya tgl 16/09/09 oprasi FAM,saya makn daging ayam,mnuman brsoda. . .
    Apakah tumor tersebut bsa tmbuh lagi dok??
    Apa stelah dioperasi bsa tmbh lg dan jd lbh gnas dok??
    Terima kasih

  21. 21
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous,

    FAM yang telah dioperasi biasanya TIDAK akan kambuh lagi. Meskipun begitu, sebaiknya kurangi makan daging berlemak seperti daging ayam. Karena hal itu akan meningkatkan kadar estrogen anda.

    Sedangkan estrogen yang tinggi( unopposed estrogen), akan meningkatkan risiko terkena kanker payudara dan kanker korpus rahim.

  22. 22
    Syafri Jaya Says:

    S.Sore
    Dr. Sukma

    Salam hangat,

    Saya mau tanya mengenai penyakit istri yang hasil biopsi sbb :

    Sekedar informasi istri saya mengalami suara serak sudah hampir 1 (satu) tahun. dan hasil pemeriksaan di RSTHT Bedah Proklamasi ada pembengkakan pada pita suaranya. tapi mereka tidak memberikan jawaban karena apa itu terjadi.
    Setelah itu kami berobat pada shinse dan diberi obat berupa jamu sudah hampir 5 (lima) bulan dan saya memeriksakan kembali istri saya ke Prof. Dr. Slamet Suyono (ahli Internist) dan diperiksa laboratorium lalu berdasarkan hasil itu beliau tidak menemukan apa-apa dan kembali dilakukan tidakan biopsi.

    MIKROSKOPIK : SEDIAAN SITOLOGI ASPIRASI DARI NODUL TIROID MENGANDUNG SEL EPITEL FOLIKEL, MAKROFAG, KOLOID DAN LIMPOSI SERTA SEL-SEL EPITEL DENGAN INTI ATIPIK YAITU INTI YANG MENUNJUKAN VAKUOL INTRANUKLEAR DENGAN SIOPLASMA PADAT.

    KESIMPULAN : INKONKLUSIF, SEL ATIPIK SANGAT MENCURIGAKAN KEGANASAN.

    ANJURAN : PEMBEDAHAN DAN PEMERIKSAAN HISTOPATOLOGIK UNTUK KONFIRMASI DIAGNOSIS.

    Mohon informasi apa yang dimaksud dari kesimpulan tersebut diatas dan apa anjuran itu?

    Terima kasih,

    S,Jaya.

  23. 23
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pak Syafri,

    Seperti yang saya sampaikan via HP, sebaiknya dituruti permintaan untuk dilakukan operasi pada kelenjar gondok istri anda yang membesar.

    Dengan sikap kooperatif demikian, meskipun nantinya diagnosis akhir Kanker ganas tiroid, dari buku-buku teks biasanya prognosis bagus, ASAL ukurannya tidak terlalu besar.

    Pada biopsi yang telah dilakukan itu, diagnosis ragu, ada kecurigaaan ganas, akan tetapi kurang meyakinkan.

    Sebaiknya jangan terlalu lama berpikir untuk SETUJU dengan tindakan operasi. Karena bagaimanapun juga obat tumor/neoplasma tiroid baik jinak apalagi ganas adalah OPERASI.

    OK, semoga Bapak dan keluarga lainnya mantap untuk tindakan operasi yang akan dilakukan.Makin cepat makin baik. May GBU and ur wife..

  24. 24
    mega purwo Says:

    Sore dok, saya mau tanya lagi tentang pengaruh vegeta bila di minum setiap hari dan adik saya sering minum puyer bintang 7 no. 16 bila merasa pusing atau tidak enak badan, apa pengaruhnya terhadap organ hati dan ginjal. Terima kasih ya dok atas informasinya.

  25. 25
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mega Purwo,

    Vegeta isinya serat sangat tinggi, untuk memperlancar BAB. Tidak berbahaya bila diminum setiap hari.

    Mengenai obat puyer bintang 7 no. 16, saya tidak tahu kandungan bahan aktifnya. Jadi saya no comment..

  26. 26
    Nia Says:

    sore dok,
    perkenalkan saya wanita usia 21 tahun udah menikah dan punya anak satu,sya mu nanya dok,akhir2 ini sya sering merasa sakit perut bwah kiri seperti mau haid trus dah lama sekitar 5bln ini.Haid tidak teratur ( pada masa tidak haid selalu keluar bercak coklat darah beberapa kali sebelum masa haid tiba ) sering keputihan disertai gatal2 dan pusing,saya kira akibat kb suntik yg 3bln tpi setelah melepas kb gejala masih ada

  27. 27
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nia,

    Dari keluhan yang anda tulis, kemungkinan terdapat kista endometriosis pada indung telur sebelah kiri. Untuk pastinya, kunjungi dokter SpOG agar diperiksa dengan teliti, kalau perlu di USG.

  28. 28
    riri Says:

    hai, dok??
    sya mau bertanya,,
    sya masih berumur 16 th,di bagian payudara sya sebelah kri ukuranya lebih besar dan terkadang terasa nyeri,apakah itu dapat dikatakan sya terkena kanker payudara walaupun sya masih di bawah umur?dan bagaimana cara sya mengatasinya karena sya sangat khawatir sekali Dok.
    mhon dijawab dok???
    sebelumnya,sya ucapkan terima kasih??!!

  29. 29
    Dr. Sukma Says:

    Hai Riri,

    Coba periksa payudara anda dengan teliti dan dibandingkan antara kiri dan kanan. Meskipun ukurannya berbeda, ASAL tidak teraba massa atau benjolan yang SEMESTINYA tidak ada, itu termasuk normal.

    Rasa nyeri terutama menjelang haid, itu normal juga. So,periksa lagi lebih teliti. Kalau perlu dibantu ibu atau saudari anda.

  30. 30
    Olivia Says:

    Sore dok…
    Saya mau tny, benarkah deodorant anti pespirant menyebabkan kanker payudara?
    saya pernah dpt email, disitu dikatakan deodorant anti pespirant akan menghambat keluarnya keringat, padahal seharusnya keringat hrs dikeluarkan. Nah, kalo keringat tdk bisa keluar akan menyababkan kanker payudara.
    Secara logika sih bener ya dok keringat harus keluar, tp apa benar efeknya jd kanker payudara??
    Saya tunggu penjelasannya ya dok. Terima kasih…

  31. 31
    Dr. Sukma Says:

    Hai Olivia,

    Deodorant anti perspirant bekerja pada kelenjar keringat atau kelenjar sudorifera. Sedangkan jaringan payudara TIDAK mempunyai kelenjar keringat.

    Kebetulan saja lokasi payudara dengan ketiak memang berdekatan. Namun dampak deodorant anti perspirant TIDAK ada terhadap jaringan payudara.

  32. 32
    ria Says:

    dok,,saya punya keluhan sebelum dan selagi mens suka sakit payudara,tapi terasa nyut-nyutan sampai sekarang padahal mens saya sudah selesai 3 hari yang lalu??gejala yang saya alami apa ya dok??apa saya harus periksa ke dokter??

  33. 33
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ria,

    Keluhan anda masih termasuk normal.Tunggu sampai 7 hari setelah haid.

    Bila nyeri masih ada setelah itu, sebaiknya periksa ke dokter SpOG.

  34. 34
    Ria Says:

    dok,payudara aku masih sakit..gimana ya dok??aku harus periksa ke dokter spesialis apa??

  35. 35
    Angie Says:

    Dok,,
    Satu blan yg lalu saya mengalami FAM pd pydara knan saya. Dan tlah d operasi.. Tp stlah itu saya mengalami skit lg pd pydara kiri.. Dan stlah minum obat herbal anti kanker, skit dan bengkak yg saya alami tlah hilang..
    Apa kah itu akan tumbuh FAM lg dok ??
    Pliz answer. ,

  36. 36
    Dr. Sukma Says:

    Hai Angie,

    Usia anda berapa? Setahu saya, fibroadenoma mammae(FAM) tidak atau hampir tidak pernah kambuh.

    Yang sering rekurens alias kambuh lagi adalah mammary dysplasia atau fibrocystic disease of the breast.

    Penderita fibrocystic disease kemungkinan mendapatkan kanker payudara 15 kali lebih besar dibandingkan populasi umum.

    Banyak minum kopi pada penderita fibrocystic disease juga akan memicu terjadinga kanker payudara.

  37. 37
    Ny. ITA FAUZAN Says:

    Ibu Dr.Sukma Yth.
    Saya ingin melakukan konsultasi langsung mengenai gejala/penyakit yang alami saat ini, yakni adanya pembengkakan/daging tumbuh seperti tumor pada payudara sebelah kiri. Mohon kesediaan ibu untuk memberikan alamat agar kami dapat menemui ibu. Alamat ibu mohon dikirimkan ke alamat emailkami diatas.
    Terimakasih atas perkenannya.
    Wassalam,

  38. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ny. Ita Fauzan,

    Saya tinggal dan bekerja di Pekanbaru. Silahkan tulis apa yang menjadi keluhan anda ke blog ini. Usia anda berapa? Pernah pakai KB hormon : pil, suntik atau susuk.

    Berapa diameter daging tumbuh? Sudah sejak kapan benjolan daging itu diketahui? Apa yang anda rasakan : nyeri atau tidak, rasa nyeri hilang-timbul atau terus-menerus? Badan panas/demam?, Berat badan biasa atau turun?

    Dan lain-lain yang anda rasakan sangat mengganggu dan abnormal, OK. Saya tunggu tulisan anda di blog ini…

  39. 39
    Regina Novia A Says:

    pagi dok .
    saya regina umur 19th dan saya punya kaka umur 20th.
    mama saya umur 44th terkena kanker payudara.
    awalnya sekitar 1 tahun lalu cuma ada benjolan kecil di payudara kiri , tapi semakin lama semakin tumbuh besar.
    7 des kemarin mama saya d oprasi. setelah d biopsi, mama saya d vonis tumor ganas dan harus d angkat payudaranya.apa resikonya dok ?
    selama umur saya, mama saya mengkonsumsi pil kb dan meroko, apa itu faktor utamanya ?
    terima kasih .

  40. 40
    heda Says:

    saya heda umur 25 tahun,saya punya benjolan dipayudara sebelah kiri setelah diperiksa di lab kata dokter tumor jinak kesanx fibrocityis disease ,yg saya mau tanya apakah tumor tu bisa jadi tumor ganas ato kanker payudara,tlng bngt ya dok coz saya khawatir bngt,krn skrng saya lg hamil n kt dr tuk operasi harus tunggu melahirkan

  41. 41
    putri Says:

    saya putri, usia 20 thn…
    dok saya mw tanya, sblmnya saat usia saya 19 thn di payudara kiri saya ada bnjolan kecil dan sudah beberapa bulan ini rasanya payudara kiri saya terutama bgn benjol trasa skit dan panas sekali, padahal dada kanan saya tidak berasa apa2.. kira2 itu kanker payudara bkn ya dok?? Sya takut sekali..

  42. 42
    bee Says:

    Dok saya cew usia 20 saya uda nikah..saya selalu nyeri pada bagian vagina sehabis melayani suami dan dsertai keputihan slm 2hri n menimbulkan gatal,saya selalu menjaga kebersihan vagina saya tp kpn iAgh dok saya msih nyeri setiap melayani suami??

  43. 43
    maria Says:

    Dok, gejala haid seperti cairan yg kecoklatan sudah keluar seminggu atau lebih baru disusul mens keluarnya darah kotor apakah normal?
    Lalu saya juga merasa nyut nyut di payudara biasanya sebelah kiri sebelum haid. Frekuensinya sedikit. Apakah normal dok?
    Terima kasih.

  44. 44
    Dr. Sukma Says:

    Semua yang anda tulis adalah gejala menstruasi dan pra-haid. Yang disebut premenstrual syndrome. Seharusnya nyut-nyutan ada pada KEDUA payudara, bukan hanya sebelah kiri seperti yang anda tulis. Flek kecoklatan mendahului darah kotor saat haid, itu juga biasa, normal..

  45. 45
    utari Says:

    selamat pagi dok,
    saya mau menanyajan perihal tumor payudara, saya ada benjolan di payudara sebelah kanan, tadinya kecil, sekarang agak membesar dan kadang sakit sekali, saya sedang menyusui anak saya yang berusia 8 bulan, apakah anak saya bisa tertular tumor dari ASI yang saya berikan? saya masih takut untuk operasi sekarang saya terapi di klinik gusmuh. apakah obat tradisional ada pengaruhjika saya maswih menyusui anak saya? terima kasih

  46. 46
    Dr. Sukma Says:

    Hai Utari,

    Yang harus dihindari bila menyusui adalah : jamu, asam, santan dan pedas. Ke-empatnya dapat mengakinbatkan bayi menjadi diare, dst. Bila obat herbal yang anda minum tidak berupa jamu, silahkan saja. Bila bentuknya jamu, sebaiknya bayi anda diberikan PASI alias susu kaleng.

    Bila tumor payudara itu jinak (FAM atau Mammary dysplasia), tidak berdampak negatif terhadap bayi anda yang menyusui. Namun bila tumor ganas, sebaiknya menyusui dihentikan alias distop. Karena akan menularkan sel-sel kanker via ASI kedalam tubuh bayi anda.

  47. 47
    sintya Says:

    Hallo Bu Dokter
    Saya baru saja USG payudara dan hasilnya sebelah kiri terdapat benjolan uk sekitar 2cm,ditulisnya dysplastic nodule
    Benjolan sebelah kanan 1.4 cm berupa benign..
    Apakah berbahaya dok? Perlu operasi?

  48. 48
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sintya,

    Tidak berbahaya, tumor jinak. Namun tetap saja harus diangkat/operasi. Karena tidak bisa dihilangkan dengan obat2an. Bila dibiarkan dalam jangka panjang, bisa timbul fokus ganas di benjolan payudara itu.

  49. 49
    sintya Says:

    Thanks untuk penjelasannya.. Dokter onk saya tidak menganjurkan untuk operasi katanya uk nya masih kecil dan kita lihat perkembangannya selama 3 bulan.. Apa tidak berbahaya bu seperti itu? Etis tidak kalau sebagai pasien saya minta dioperasi ( kesan nya tidak percaya dengan penjelasan dia)

  50. 50
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sintya,

    Mammary dysplasia itu diagnosis PA (patologi anatomik), setelah melihat dan memeriksa jaringan dibawah mikroskop. Sedangkan pengerasan payudara bisa disebabkan bermacam-macam selain mammary dysplasia… Kalau anda mau lebih detil, kuliah di FK, ya…

  51. 51
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sintya,

    Bila ukuran sudah lebih dari 2 cm, sebaiknya diangkat. Bila masih kecil, diibawah 1 cm, akan sulit dan mubasir operasinya. Kalau perlu anda pindah ke dokter bedah umum saja, karena kasusnya ringan, simple dan diprediksi tumor jinak.

  52. 52
    otih Says:

    selamat siang dokter sukma yang baik,saya ibu menyusui(anak pertama),usia saya 28 tahun.beberapa minggu ini saya merasakan nyeri di puting payu dara saya sebelah kanan,hal ini terjadi semenjak bayi saya tumbuh gigi dan pernah menggigit hingga luka.tetapi nyeri yang saya rasakan itu bukan hanya dari puting saja tetapi seluruh payu dara sebelah kanan,rasanya senut2 seperti sakit gigi,mengganggu dan sakit sekali.kira2 itu sakit apa ya dok?infeksi biasa atau gejala kanker?trus tindakan apa yang harus saya lakukan?

  53. 53
    Dr. Sukma Says:

    Halo Otih,

    Keluhan anda itu sesuai dengan adanya peradangan menyeluruh pada payudara kanan yang pernah tergigit gigi bayi anda yang disebut mastitis, BUKAN kanker. Jadi sebaiknya ke dokter SpOG agar diberikan antibiotika dan anti inflamasi yang sesuai.

  54. 54
    suci Says:

    siang dokter sukma,
    dok saya mau tanya, ibu saya kan menderita miom dan miom nya sudah sebesar buah sukun.yang mau saya tanyakan miom itu bisa disembuhkan tanpa operasi ngga dok?terima kasih.

  55. 55
    iskandar Says:

    siang dok,
    saya seorang suami sudah menikah setahun yang lalu.usia saya sudah 39 tahun dan istri saya 31 tahun.saya ingin sekali cepat punya momongan,saya juga udah berobat ke dokter kandungan.kira2 apa saran dokter untuk saya supaya cepat dapat momongan.terima kasih.

  56. 56
    Dr. Sukma Says:

    Hai Iskandar,

    Sebenarnya seorang laki-laki lebih beruntung, karena sampai umur 70 tahun, masih punya potensi untuk mempunyai anak. Artinya tidak seperti para wanita yang setelah usia 40-an tahun akan sulit bisa hamil karena sel telur telah habis didalam kedua ovariumnya, sehingga tidak mungkin bisa hamil.

    Saran saya ke anda : pikiran harus tenang, sehingga organ reproduksi anda akan bekerja secara optimal. Cukup istirahat, makanan bergizi baik atau tinggi terutama kaya akan vitamin-E. Olah raga teratur, minimal 2 kali seminggu selama 45 menit atau satu jam setiap sesi latihan olah raga. Dengan demikian kwalitas sperma akan bagus dan optimal baik dalam jumlah maupun motilitas atau gerakannya. Lakukan hubungan suami-istri 2-3 kali seminggu. Dan sudah tentu istri anda harus sehat juga organ reproduksinya….. OK.

  57. 57
    Dr. Sukma Says:

    Hai Suci,

    Dari bidang kedokteran, miom yang sebesar itu TIDAK mungkin bisa disembuhkan tanpa operasi. Bagaimana bila dicoba ke pengobatan alternatif seperti Gus Muh, misalnya.

  58. 58
    afi Says:

    dok, aku 21 tahun. sebenarnya dulu aku biasa aja payudaranya saat menjelang menstruasi, sakit tapi masih sakit yang wajar. tapi sejak payudara kiriku ketekan nggak sengaja sama ponakanku, nyut2an terasa lebih sakit dari biasanya, jadi lebih berasa sakit sebelah kirinya. tepatnya disebelah pinggir payudaranya. dulu aku sempet periksa ke dharmais karena nyut2an ini berasa lagi pas aku nggak menstruasi dan dokter yang meriksa bilang memang ada benjolan kecil. kemudian saya dirontgen payudara dan dinyatakan sehat. tapi kok masih suka nyut2an ya dok? meski nggak separah waktu ketekan dulu, kenapa ya dok? apa karena hormonal?

  59. 59
    Dr. Sukma Says:

    Halo Afi,

    Karena sudah dicheck dan hasilnya normal, maka sebaiknya anda buang jauh rasa was-was itu. Berpikirlah positif bahwa anda itu sehat, maka rasa sakit itu akan hilang dengan sendirinya.

  60. 60
    Dr. Sukma Says:

    Hai Qiqi,

    Kunjungi dokter bedah umum. Dari sana biasanya akan dirujuk ke dokter spesialis PA (patologi anatomik) untuk dilakukan FNAB atau biopsi jarum halus. Diagnosis FNAB kemudian dipakai pegangan dalam mengobati benjolan tsb. Apakah cukup diberikan obat saja atau harus dioperasi, dst.

  61. 61
    riski Says:

    Dokter sukma ysh,

    saya sudah mengalami sakit dibawah ketiak kiri sampai punggung selama 2 minggu lebih…
    saya takut ke dokter dok…

    saya ingin menanyakan kondisi saya sekarang.

    minggu pertama saat sore hari tiba2 saya merasakan perih di sekitar ketiak kiri agak bawah saya. lalu saat dirumah, saya coba cek apakah ada lecet,ternyata tidak ada lecet tapi pada saat saya pegang sangat perih dan sakit seperti bengkak. saya tidak hiraukan.

    minggu kedua;
    suatu pagi hari saya bangun ternyata perih itu tidak kunjung hilang, dan malah merembet ke sebelah kanan serta punggung saya berasa sakit juga ngilu. lalu saat sore belum juga reda sakit perih dan ngilu nya tambah lagi tp puting saya tidak berasa sakit apa2.

    malam hari nya saya tidak bisa tidur karena sakit nya bukan main hampir sekitar punggung saya semuanya sakit perih dan ngilu.

    dan sampai hari ini pun masih saja sama kondisi nya.
    ada apa ini ya dokter
    apa yg terjadi??apakah ini ada gejala kanker???

    terimakasih sebelumnya…

  62. 62
    Dr. Sukma Says:

    Halo Riski,

    Sedemikian panjang anda menulis, namun tidak banyak essensi yang saya dapat. Hanya rasa nyeri yang menyebar dari ketiak ke punggung, dst.. Jadi kali ini anda HARUS berani ke dokter penyakit dalam. Agar diperiksa apakah ada benjolan didalam ketiak anda atau adakah tanda-tanda peradangan disana. Alasan takut ke dokter saya kira sudah tidak ada lagi…

  63. 63
    nini Says:

    Aloo dok mau tanya di sekitar puting ada benjolan kecil seukuran gula pasir, kalo dipencet keluar cairan kental,tidak bau,biasanya 2 hari sekli dipencet br ada isinya, hal itu terjadi sdh sejak 17 tahun yg lalu, puting saya sih tdk kedlm, tp dibandingkan yg sebelahnya memang kurang sensitif dan agak sdkit kedalam, selama ini tdk ada keluhan, kira2 apakah benjolan kecil itu dok? Jika hrs operasi apakah akan mempengaruhi payudara? Ukurannya kecil bgt dok…tp menganggu rasa percaya diri saya. Trim..

  64. 64
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nini,

    Kemungkinan kelenjar yang menghasilkan air susu. Berapa usia anda? Apakah sedang menyusui? Saran saya, sebaiknya kebiasaan pencet-pencet tersebut dihentikan. Karena dapat merangsang pertumbuhannya. So, sebaiknya lupakan saja. Cukup diobservasi artinya dilihat apakah cepat me3mbesar. Bila ukurannya tetap, take it easy n ignore it…http://www.sukmamerati.com/wp-admin/edit-comments.php#comments-form

  65. 65
    christopher Says:

    Malam dokter..mohon tanya..kenapa pada Ca Mammae lebih sering terkena pada payudra kiri??terima kasih ata waktunya..

  66. 66
    Dr. Sukma Says:

    Hai Christopher,

    Oh ya? Dari mana anda dapat data itu? Setahu saya payudara kiri dan kanan frekwensi terjadinya kanker payudara, sama besar..

  67. 67
    wati Says:

    Dok,saya wanita berusia 34th, sebelum menikah usia 27. Pada payudara kiri ada benjolan sebesar kelereng kemudian tahun 2008 saya melakukan mamogarapi dan dokter menyarankan untuk operasi tapi pada saat itu saya sedang menyusui dan dokter menyarankan melakukan operasi setelah tidak menyusui. Akhirnya pada 3 Juli 2010 saya melakukan operasi dan ukuranya sebesar empat kelereng tapi bentuknya agak gepeng.saat ini saya masih menunggu hasil jenis tumornya. pertanyaan saya jenis tumor apkah itu? dan apakah obat shark cartilag (tulang rawan ikan hiu)baik dikonsumsi setelah operasi? terimakasih

  68. 68
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wati,

    Just wait and see diagnosis hasil pemeriksaan massa tumor payudara anda yang dioperasi. Kemungkinan tumor jinak Mammary dysplasia melihat umur anda. Shark cartilage banyak mengandung kolagen dan baik bagi penyembuhan jaringan..

  69. 69
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vony,

    Perbedaan hasil pemeriksaan itu bisa saja. Sebaiknya kalau ingin kepastian, lakukan pemeriksaan ketiga. .. Anjuran saya lebih baik kita bersiap diri untuk kemungkinan hasil pemeriksaan yang positif dicurigai ganas. Sehingga semua daya dan usaha ditujukan untuk mendapatkan KEPASTIAN diagnosis.

    Sebaiknya jalani saja saran pemeriksaan biopsi, dst. AGAR keraguan dan penasaran bisa dihilangkan. Semakin cepat semakin baik. Jangan tunda-tunda lagi karena tumor akan semakin membesar dari hari ke hari, OK.

  70. 70
    nining yuningsih Says:

    hallo dr.sukma

    dok saya mau tanya,waktu tgl 16 july kemarin saya operasi PAM di payudara sebelah kanan saya,seharusnya hari itu juga saya datang bulan karena head saya tidak teratur saya tidak tahu kalo saya hamil,,,dan sekarang saya telah hamil 2 bulan,,,
    yang saya mau tanyakan apakah akan berpengaruh pada kehamilan saya atau pada janin saya dok?
    terimakasih dok,,,saya tunggu jawabannya.

  71. 71
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ghieo,

    Semua benjolan disebut tumor. Tumor bisa oleh karena infeksi/radang bisa juga oleh sebab neoplasma. Sedangkan neoplasma atau kenker ada yang jinak dan ada yang ganas.

    So, begitu banyak kemungkinan benjolan di paayudara anda. Sebaiknya diperiksa dokter bedah umum atau minta surat rujukan ke dokter spesialis PA untuk dilakukan biopsi jarum halus (FNAB). Diagnosis FNAB dipakai pegangan dalam melakukan terapi yang tepat dan akurat, OK..

  72. 72
    Dr. Sukma Says:

    hai Nining Yuningsih,

    Anda hamil setelah operasi FAM di payudara anda itu tidak ada masalah… Anda dan janin yang dikandung akan baik2 saja… Jadi enjoy your pregnancy….

  73. 73
    satia permana Says:

    hai dok,,,

    dok saya mau tanya,,istri saya hamil 1 bulan dan dia d operasi FAM di sebelah kanan pada waktu hamil tapi waktu itu istri saya tidak tau kalau dia lagi hamil,,
    yg ingin saya tanyakan apakah janinnya akan sehat2 aja??

    makasih ya dok,,,

  74. 74
    ade Says:

    pagi dokter,

    saya gadis berumur 20 tahun, dok.
    saya agak kurus, tidak merokok dan agak jarang mengkonsumsi makanan instan karena alergi. dulu waktu pertama kali haid di umur hampir 13 tahun.

    beberapa hari yang lalu, ada benjolan di payudara sebelah kiri saya.benjolan itu agak keras dan bisa bergerak posisinya. benjolan itu kira2 berdiameter 1cm dan permukaannya rata/licin. sejauh ini tidak ada tanda2 lain pada payudara saya selain hanya benjolan itu.
    dulu bude saya pernah mengalami hal yang sama tapi ternyata itu katanya cuma kelenjar.sementara itu saudara nenek saya memiliki riwayat kanker dan payudaranya diangkat.

    saya tidak takut ke dokter, hanya saja semua dokter yang saya tahu menangani kasus ini di daerah saya laki2..
    saya agak risih dok kalau yang periksa laki2.
    saya kan masih gadis dok…
    gimana yah..
    terima kasih banyak sebelumnya.

  75. 75
    Donna Says:

    Dokter Sukma, sy seorang ibu berusia 35 thn. satu tahun stlh melahirkan anak kedua, tepatnya Nov 2009 sy menemukan suatu benjolan di payudara kanan. Sy konsultasi ke RS Dharmais dan diagnosa awal katanya itu kumpulan air susu yg tdk tuntas. Sy lalu diberi obat, dan dokter mengatakan 4-5 mgg benjolan itu akan hilang. Ketika kontrol 3 bln kemudian dan benjolan itu msh ada, dokter menyarankan untuk diangkat saja walopun ukurannya tdk membesar. saya bilang pikir2 dulu mengingat biayanya cukup besar bagi saya. Sekarang sdh hampir 1 thn berlalu, dan benjolan itu msh ada. Bagaimana menurut pndapat dokter, perlukah benjolan tsb diangkat mengingat ukurannya tdk membesar, tdk sakit, nyeri, maupun gatal2? Trm kasih atas jawabannya

  76. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai Donna,

    Saran saya sebaiknya benjolan diangkat, agar masalah tuntas. Meskipun tidak membesar, dst seperti yang anda tulis… Pada prinsipnya sekecil apapun masalah kesehatan, sebaiknya dibereskan agar tidak menyesal nanti…

    Agar lebih ekonomis, sebaiknya operasi di RSCM saja, semua peralatan lengkap dan dokternya berpengalaman sebagai dokter RS rujukan nasional…. Kemungkinan benjolan itu adalah fibrocystic disease alias mammary dysplasia, tumor jinak namun bila dibiarkan berlama-lama berpotensi menjadi ganas….

  77. 77
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ade,

    Dugaan saya benjolan itu tumor jinak payudara yang populer disebut FAM (fibro adenoma mammae). Bila anda risih dengan dokter laki-laki, ada koq dokter bedah wanita di Jakarta. Nanti kapan-kapan kalau anda ke Jakarta periksakan dan kalau bisa sekalian diangkat/ operasi saja benjolan tsb. Karena adanya riwayat kanker payudara dalam keluarga anda. Maka sebaiknya anda waspadai hal itu..

  78. 78
    Dr. Sukma Says:

    Halo Satia Permana,

    Maaf baru terbaca pertanyaan anda. .. Jangan khawatir nothing gonna be happened….. Janin dalam kandungan isteri anda akan fine2 aja… Karena operasi mengangkat FAM sangat cepat dan tidak menimbulkan dampak anestesi yang bermakna…

  79. 79
    reni Says:

    dok,saya mau tanya. ibu saya baru kemarin diketahui terkena kanker payudara setelah satu tahun. apakah itu berbahaya? kira2 sudah sampai mana penyebarannya?

  80. 80
    rina Says:

    saya mau tnya doc,payu dara sya sebelah kiri terasa nyut2 kdang2 hilang kdang2 bangit.apakah itu berbahaya doc

  81. 81
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rina,

    Adanya rasa nyut2an yang hilang timbul agar diwaspadai, terutama bila nyut2an tsb diluar masa haid… Bila terjadi saat periode haid, itu normal…

    Bila diluar masa haid, sebaiknya diamati/ observasi aja dulu… Sambil lakukan SARARI yaitu periksa payudara sendiri dengan melakukan perabaan disertai tekanan halus pada kedua payudara anda.Bila ditemukan ada benjolan, barulah dibawa periksa ke dokter bedah atau penyakit dalam juga boleh, OK…

  82. 82
    Dr. Sukma Says:

    Hai Reni,

    Berbahaya atau tidak kanker payudara ibu anda tergantung dari hasil pemeriksaan PA atas jaringan tumor yang dioperasi. Juga tergantung ada tidaknya anak sebar ke dalam ketiak/axilla. Coba tanyakan hasil PA-nya dan tulis di blog ini, akan saya komentarin… OK.

  83. 83
    isti Says:

    Dear dok,
    saya seorang istri punya keluhan sakit keputihan yang lama sejak remaja,ktk periksa ke lab hasilnya krn bakteri (lupa namanya). sy dikash resep. tp gk da perubahan. sy sllu mjaga kebersihan wanita. sekarang adek sy putri yang masih dibangku SMA jg mengalami hal yg sa dok, keputihan.bgm sy dan suami dalam menjalin hub. suami istri, dan sampe skrg sdh 3 th kami blum diberi kturunan oleh Tuhan…pdhl kami dah merindukan momongan dok.
    selain itu, sewaktu remaja sy pernah operasi kelenjar di bag. ketiak…akhir2 ini ketahuan kalo tgn sebelah kiri maupun kanan banyak benjolan kecil sprti uci2;red. jawa. tdk skt. bgmn ini dok…bahaya pa tdk? trmksh…mohon penjelasan dan arahannya.isti

  84. 84
    Dr. Sukma Says:

    Halo Isti,

    Kalo obat satu dokter tidak cocok, kan masih ada dokter SpOG lain yang bisa menuliskan resep untuk anda. Paling objektif, bila keputihan itu di KULTUR alias di BIAKKAN di lab. mikrobiologi agar diketahui PASTI penyebab keputihan tsb. Karena infeksi yang berkepanjangan itu, kemungkinan saluran telur anda terjadi perlengketan, sehingga TIDAK BISA dilalui oleh sel telur untuk dibuahi oleh sperma. Akibatnya anda tidak pernah bisa hamil….

    Megenai benjolan-benjolan kecil/ uci2, sebaiknya dilihat dokter penyakit dalam atau dokter bedah. Apakah itu sejenis tumor jinak saraf tepi yang disebut neurofibroma? Sebaiknya -meski tidak berbahya- segera periksakan, agar masah menjadi tuntas dan jelas…. Penyakit JANGAN dipelihara, sekecil apapun masalah itu….

  85. 85
    Anonymous Says:

    Mlm dok,sy rossi umur 25 thn uda mnkh.sy mau tyk dipayudara kiri saya ada rs skt denyut2 klo ditkn sktnya trasa seperti kulit terbkr kna api seperti itu sktnya,dan sy rs kan jg dipayudara sy seperti ada benjolan kcl kyk tlr cicak gt,tp sy tkn benjolan itu lr2 dan licin gt.kr2 nrt dr.apakah itu kanker atau apa?sy skrg lg tkt sekali dok.tlg br tau sy ya dok.

  86. 86
    meta Says:

    dok saya mw tanya, ada benjolan sebesar 3/4 cm menurut diagnosa dktr, itu baru diketahuhi 3 hari lalu, kemudian disuruh utk pemeriksaan pantologi akn tetapi dokter yg brsangkutan tidak ada, sekitar 4 hari lg baru kembali, yg ingin saya tanyakan seberapa besar pembesaran dalam wkt 1 mnggu, dan apabila benjolan sebesar itu dikategorikan jinak atw ganas??

  87. 87
    Anonymous Says:

    Dok.. Sy yulia. Sedang menyusui,umur anak sudah 3 bulan. Pyudara kanan seperti ada benjolan sbesar kelereng dan d pegang sakit. Apa itu kanker dok?

  88. 88
    ambar Says:

    dok sy ibu rt umur31 th,saat ibi sy lg menyusui,slama menyusui tibul benjolan besar padat dan keras ps payudara kanan sy,dipegangtidak sakit,apa itu tumor atau kanker?

  89. 89
    Dr. Sukma Says:

    Halo ambar,

    Kemungkinan terbesar benjolan di payudara anda adalah ‘galactocele’. Adalh tumpukan air susu dalam satu saluran ASI yang membentu massa lembut dan kental menyerupai kekentalan lumpur.. Tumor jinak, sebaiknya di observasi dulu aja.. Untuk penyembuhannya galactocele harus diangkat/ operasi.

  90. 90
    eni Says:

    dok sy ibu 34th, di payudara sy sblh kanan ada benjolan kecil sakit kalo di pegang, sdh pernah sy periksa ke dokter hasilnya ‘Fibrocystic Disease’ bgmn cara penyembuhanya dn apa obatnya. Atas perhatian dn jawaban dokter sy ucapkan tks

  91. 91
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eni,

    Itu tumor jinak payudara.. Untuk penyembuhan dari sisii medis operasi pengangkatan tumor. Pesan saya jangan sekali-kali dilakukan pijat/ massage pada tumor tsb. Sebab akan merangsang lebih cepat pertumbuhannya. Kalo tumor ganas dipijat akan mempercepat penyebaran dan menimblkan anak sebar…

  92. 92
    Maria Says:

    Dok, saya mau tanya. Saya 27 tahun dan belum menikah, payudara kanan saya sudah sekitar 1 mgg ini terasa ngilu seperti mau dapat haid tapi tidak bengkak dan mengeras seperti saat mau dapat haid. Saya coba raba tidak menemukan benjolan di payudara maupun di ketiak.
    Apakah itu normal dok?
    Lalu makanan dan pantangan apakah yg bisa mencegah timbulnya kanker?
    Saya dengar kanker ada faktor genetis apakah benar?

    Thanks

  93. 93
    Wiwin Says:

    Salam dok.
    saya wiwin usia 21 th,sekitar setahun yang lalu payudara saya mengeluarkan cairan bening tanpa di pijat ( kluar dgn sendirinya) kurang lebih 3x keluar selama 1 bln,dan setelah itu payudara saya tdk mengeluarkan cairan lagi,dan kemarin tepatnya tgl 22-01-2012 saat selasai mandi tiba2 payudara saya mengeluarkan cairan darah ( warnanya seperti betadien) dan saya raba tdk ada benjolan di ketiak maupun payudara,tapi sekitar 5 hari sblmnya ketiak saya sempet bengkak ( ada benjolan sakit) namun sekarang menghilang,
    yang saya ingin tanyakkan
    1.apa itu kanker atau apa?
    2.bahaya atau tidak?
    3.yang saya harus lakukan apa?
    4.seandanya saya suruh priksa lebih akurat mana USG dengan MOMOGRAF?
    5.apakah kanker payudara bisa menyerang usia 21 th?
    6.berapa lama perkembangan dari infeksi menjadi kanker?

    Terimakasih,mohon di jawab

  94. 94
    devy ayu Says:

    dok,ini saya devy dari fakultas kedokteran,ingin bertanya

    ada seorang wanita 45 thn,memeriksakan benjolan dipayudara kirinya yg dirasakan sudah sejak 3 bln yg lalu.Dari anamnesis didapatkan benjolan tidak terasa nyeri,dan makin membesar,riwayat penyakit sebelumnya prnh ada benjolan kecil di lengan dan sudah dioperasi,menurut dokter adl tumor jinak.tdk ada riwayat penyakit keluarga.Pada pemeriksaan fisik didapatkan benjolan diameter 5 cm,permukaan rata,konsistensi padat keras,melekat pada kulit sehingga terdapat gambaran seperti kulit jeruk.Pada daerah axilla kiri ditemukan pembesaran kelenjar getah bening,lalu dokter merujuk ke dokter bedah dan dokter bedah melakukan operasi.

    kira-kira jenis kanker apa ya dok,dan bagaimana mekanismenya dokter//
    terima kasih

  95. 95
    Dr. Sukma Says:

    Hai Devy,

    Kalo sudah ada anak sebar ke axilla, biasanya ganas. Dan tumor ganas payudara terbanyak adalah jenis Invasive Ductal Carcinoma Mammae.

  96. 96
    lili Says:

    dok saya leni. umur 49thn. saya menderita kanker 3th yg lalu dok. dan sudah di kemo. tetapi akir2 ini kluar darah sedikit2 tetapi setiap hari. dan saya melakukan cek kembali dan dinyatakan kanker lagi dok.yg saya pertanyakan dok, knp sekarang ini masih kluar cairan agak bewarna kekuningan. pdhl sblm nya saya suda menjalani operasi pengangkatan rahim. apa kah itu tanda nya sel kanker saya masi aktif dok? mohon saran nya dok. thx

  97. 97
    devy ayu Says:

    dokter selamat malam ini saya devy yang konsul kemarin,saya masih bingung disini benjolan sudah 3 bln pada payudara kiri,makin lama makin membesar tapitidak terasa nyeri dokter,itu termasuk ganas apa jinak dokter ?

  98. 98
    nanda Says:

    Dear dokter sdh hampir satu bulan ini payudara sebelah kanan bagian puting dan sekitarnya seringkali gatal. Pakaian dalam selalu ganti tiap hari, gatal terutama malam hari ,tidak ada tanda gatal iritasi atau sebagainYa yg menjadi penunjuk rasa gatal dan terjadi bila tidak menggunakan bra. Pemeriksaan sadari sdh saya lakukan tdk ada benjolan dan tdk ada cairan keluar, dokter klinik umum memberikan salep Bevalex yg cukup membantu namun gatal sering datang lagi.Pertanyaan saya lebih baik saya periksa k dktr kulit atau langsung k dokter onkologi saja. Terusterang hal ini ganggu dan mengkhwatirkan.trimakasih

  99. 99
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nanda,

    Benar. Sebaiknya anda periksa ke dokter kulit aja. Perkiraan saya, mungkin ada lesi pada sekitar areola mammae yaitu daerah sekitar puting susu. Belum perlu ke dokter onkologi karena tidak ada benjolan/ massa tumor..

  100. 100
    Yani Says:

    Salam dok,,sy mw menanyakan,,ada benjolan di payudara kiri saya,,ukuran sebesar kelereng bisa digerakkan,,,ukurannya membesar saat sdg haid dok,,benjolan ini sdh ada hampir satu thn,,,nah yg saya tkutkan dok,,,sdh 2 minggu ini,,kulit di puting PD kanan saya srg mengelupas dok,,tidak gatal…seperti berganti kulit,,,jika saya kelupas 3 hr kemudian timbul lagi…
    apakah ada gejala paget dok??kalau misalnya saya mau periksa PA, itu bisa di periksa jaringan kulit terkelupas itu dok??

    trima kasih jwbannya dokter..

  101. 101
    Yani Says:

    Maaf dok,,maksud saya kulit di PD kiri saya…

  102. 102
    maulina Says:

    salam dok, saya wanita umur 21 thn single, saya mau tanya 5 bulan lalu pertama kalinya saya merasakan sakit/nyeri di PD kiri saya, rasanya nyeri sekali dok, lalu seminggu kemudian saya ke IGD di RS.Cipto dan katanya kemungkinan saya ada FAM, tapi untuk memastikan saya disuruh cek langsung ke dokter bedah tumor dan saat itu juga saya langsung cek dan katanya ini bukanlah FAM karena tidak terdapatnya benjolan di kedua PD saya. namun untuk memastikan lagi saya disuruh USG, saya pun langsung melakukan USG, dan hasilnya tidak ada masalah dan tidak ada benjolan di kedua PD saya, hanya banyak lemak.

    Tapi yang membuat saya ragu hingga sekarang dok, kalau memang tidak ada yang salah dengan kedua PD saya kenapa rasa sakit dan nyeri ini masih ada? dan saya mempunyai garis keturunan kanker dari kakak ayah saya dok, yang ciri2nya sama dengan saya, yaitu nyeri di PD hingga terasa sakit pada ketiak.
    Jadi apakah mungkin menderita Kanker tanda adanya Tumor lebih dulu dok…?
    Terima Kasih dok.

  103. 103
    Dewi Aryawati Says:

    Siang Dok,

    Saya mau tanya, sudah 2 bulan ini saya mengalami sakit payudara sebelah kiri dan besar sebelah. terasa nyeri dan seperti bengkak,Lengan saya juga terasa sakit dan pegal, Dok apakah itu gejala dari kanker payudara? mohon info nya karena saya takut sekali dan belum berani kedokter karena takut di Vonis macem2. Trima kasih ya dok sebelum nya

  104. 104
    Wanita Says:

    Askum dok….saya wanita usia 46 tahun…saya memiliki benjolan di ketiak sebelah kiri dan kanan sebesar kelereng…ini suda lama hampir 26 tahun….saya takut untuk ke dokter spesialis untuk cek up….mnurut dokter ini kangker atau apa dok….????

  105. 105
    dewi Says:

    siang dok..
    saya dewi usia 24 thn
    mau tanya, kl sekitar payudara suka nyut2an, itu knp ya dok?tp saya raba2, tidak ada benjolan. bentuk payudara jg normal. tp suka nyut2an, di sekitar payudara kanan. frekuensi cukup sering. apalagi kl sy kelelahan, pasti cukup sering. knp ya dok?
    terimakasih bny ya dok…

  106. 106
    haura Says:

    mlm dok,seminggu ini pyudara sy sbelah kiri luka.ktika sy priksakn d diagnosis kangker pyudara paget.bisakah ini dsembuhkn total dok?trmksh informasinya

  107. 107
    Anonymous Says:

    D0k saya mau tya?umur saya msih 17 thn tpy payudarah saya sering nyuT2,DAn dada saya sering sesak,tpi sebelum nya memang saya pernh merokok kira2 saya px penyakit gak d0k,trimakasih

  108. 108
    dee Says:

    maaf dok, saya mau tanya, jika PD kadang terasa sakit dan gatal, pada area puting kering, puting tidak tumbuh secara normal (terdapat sejenis borok yang bisa mengelupas dengan sndirinya), tapi tidak ditemukan benjolan, apa itu termasuk kangker dok??

  109. 109
    bima Says:

    mala dok, saya bima saya mau bertanya,sudah 2 bulan ini istri saya mengeluh karna puting payudara sebelah kanan amat terasa sangat gatal,dan akhir” ini mengeluarkan caiiran,dan bercak kerak di bra dan payudranya sedikit membesar dari yang biasanya,apakah itu termasuk gejala kanker peget dok??
    mohon infonya dok
    trimakasih

  110. 110
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bima, kemungkinan karena infeksi dan alergi. Bisa juga awal Paget’s disease. Untuk itu sebaiknya dilakukan fnab, agar diketahui pasti apa sebenarnya lesi tsb. Jangan menunggu-nunggu segera ke dokter PA untuk dibiopsi.. Hasilnya diberikan ke dokter bedah / penyakit dalam.

  111. 111
    ayu Says:

    Ass dok, maaf dok saya ayu mau menanyakan dok hasil PA dari FN Ab tumor payudara saya yg ada di mamae kanan di daerah bawah puting. Hasil usg nya suspek FAM. Ini hasil PA nya: gambaran penuh dg eritrosit disertai sedikit sel limfosit dan sel polimorfonukleus. Tampak diantaranya sel-sel epitel duktus yg tersebar maupun berkelompok dg inti sedang besar bentuk bulat/lonjong sebagian berkromatin agak kasar dan sitoplasma banyak serta metaplasia apokrin. Kesimpulan : lesi kistik disertai hiperplasia dan atipia epitel. Apakah ini suatu keganasan dok? Trimakasih dok atas jawabannya.

  112. 112
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ayu, siingkat saja ya.. Kesimpulan hasil pemeriksaan PA adalah tumor jinak yg disebut Mammary Dyspasia yang berpotensi ganas bila dibiarkan berlama-lama. Saran saya segera diangkat/toperasi. Jangan ditunda-tunda.

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe