SIROSIS ALKHepatitis sudah menjadi momok bagi sebagian besar penduduk di Indonesia, terutama di pedesaan dan juga dikota. Banyak sekali ditemukan penderita radang hati ini yang dirawat di rumah sakit, baik RS pemerintah maupun RS swasta.

Ada berbagai jenis hepatitis, tergantung jenis virus yang meyebabkan peradangan hati. Antara lain : hepatitis A, hepatitis B, hepatitis C, hepatitis delta (non-A non-B/ NANB), hepatitis E, dst. Dari semua jenis ini, yang paling ditakuti hepatitis B dan hepatitis C.

Sebelum merebaknya pengguna narkoba jarum suntik, yang amat ditakuti adalah hepatitis B, karena bila tidak ditangani dengan baik, radang hati akan berlanjut menjadi kanker hati yang disebut hepatoma/hepato cellular carcinoma (HCC). Sebelum menjadi HCC, hati akan bertekstur keras dengan permukaan tidak rata, yang disebut sirosis hati. Namun akhir-akhir ini yang paling menakutkan adalah hepatitis C. Kenapa ?

Seiring makin maraknya penggguna narkoba jarum suntik, semakin tinggi pula angka kejadian hepatitis C yang sangat erat kaitannya dengan penderita HIV-AIDS. Penderita hepatitis C sejauh ini lebih banyak ditemukan di negara Barat dibandingkan negara-negara Asia dan Afrika.

SIROSIS VIRUSHal ini terkait life style, yang lagi dan lagi menjadi biang kerok. Virus hepatitis C sifatnya lebih ganas dari virus hepatitis B, karena virus hepatitis C  sangat sulit dibasmi/eradikasi. Sampai saat ini belum ada obat yang memuaskan dalam memberi kesembuhan kepada penderita hepatitis C. Meskipun penderita satu waktu dinyatakan sembuh, hal ini tidak menjamin penyakitnya tidak akan kambuh di satu saat nanti.

Kenapa jarum suntik dianggap sebagai penyebar hepatitis C ? Dari data statistik, kebanyakan penderita terkena setelah bergantian menggunakan jarum yang tidak steril, akibat tercemar oleh pengguna sebelumnya yang telah terinfeksi virus hepatitis C. Sampai saat ini jarum suntik yang tercemar menjadi penyebab utama penularan hepatitis dikalangan para junkies berbeda dengan hepatitis B.

Pada hepatitis B, penyebaran biasanya melalui cairan tubuh seperti : air liur, keringat, sperma, transfusi darah yang tercemar virus B, dll.  Jadi penggunaan sikat gigi dan handuk bersama-sama, dapat menularkan hepatitis B, apabila salah seorang pengguna sikat gigi atau handuk itu telah terdapat virus hepatitis B didalam tubuhnya.  Karena itu meskipun sahabat karib atau teman dekat/pacar sebaiknya masing-masing menggunakan sikat gigi dan handuknya sendiri-sendiri.

Selain hepatitis B dan hepatitis C, ada lagi penyebab HCC/kanker hati, yaitu jamur Aflatoxin. Jamur ini biasanya tumbuh pada makanan mengandung kelapa dan kacang tanah yang kedaluwarsa, lama tersimpan dan melewati expired date. Contoh makanan yang mudah berjamur semacam ini : kue-kue, roti, sambal pecel atau gado-gado instant yang dibungkus dalam plastik, kacang tanah, dll. Berita hangat belum lama ini, terbongkarnya pabrik pembuat roti di Jakarta Barat yang menggunakan roti yang sudah kedaluwarsa/ expired menjadi bahan pembuat roti yang dijual sangat murah dipasar tradisional dan dibeli masyarakat kalangan bawah. Bayangkan akibatnya..

Bagi sebagian besar masyarakat di Bali, waspadai makanan sisa sesajen yang saat dijemur, tak terduga tiba-tiba  kena air hujan. Ada kue uli, rengginang, ‘saur’ dan kacang, dan segala macam makanan dalam ‘banten’ tersebut dapat ditumbuhi jamur/kapang aflatoxin. Kalau dibagian luar sudah terlihat jamuran, sebaiknya semua dibuang saja, jangan dikerok bagian luarnya, tetapi selebihnya dikonsumsi.  Makanan berjamur meski sudah dihilangkan jamurnya, toch masih ada sisa-sisa jamur dibagian dalam makanan. Jadi jangan sayang membuang makanan yang tercemar. Dibandingkan penyakit yang ditimbulkan nantinya oleh jamur tersebut, akan jauh lebih merugikan secara finansial dan mental.  Hal ini mungkin bisa menjelaskan, kenapa insidensi HCC di Bali cukup tinggi. Disamping kebiasaan sebagian masyarakat terutama para pria, minum tuak/alkohol yang mengakibatkan terjadinya sirosis hati alkohol, untuk kemudian berlanjut menjadi HCC/kanker hati.

HCCSeperti pada kanker yang lain, faktor psikologis juga sangat berpengaruh terhadap terjadinya HCC, seperti : rasa sedih yang teramat sangat atau rasa tertekan secara psikologis yang tidak ada way-outnya. Jadi bila ingin bebas dari ancaman HCC, hiduplah berimbang antara kerja dan rekreasi. Work-acholic harus diimbangi dengan play-hard,  refreshing dan selalu positive thinking

Hepatitis C bila tidak tertangani dengan baik, dapat berkembang menjadi kanker hati atau HCC, sama seperti hepatitis B. Jadi perkembangan terakhir kedua hepatitis, B dan hepatitis C akan berujung menjadi kanker hati/HCC.

Pengobatan anti-virus untuk kedua hepatitis : B maupun C, selain beayanya sangat mahal, terkadang bisa juga tidak responsif alias resisten atau kebal terhadap obat yang diberikan. Disinilah letak kesulitan dan permasalahan kompleks dalam mengobati penderita yang tidak gampang. Selain faktor beaya, juga respons tubuh terhadap obat yang diberikan kepada penderita,  masing-masing bisa berbeda. Terakhir, hepatitis sering sekali kambuh, bila kondisi tubuh menurun..

Tiga gambar dalam tulisan ini : paling atas sirosis hati akibat konsumsi alkohol, tengah sirosis hati akibat radang virus dan paling bawah  kanker hati/HCC. Dua gambar tengah dan bawah menunjukkan gambaran makroskopis hati dan mikroskopisnya. Sedang gambar paling atas,  hati sebelum dan sesudah dibelah pada kasus sirosis hati akibat alkohol. Permukaan hati yang normalnya rata, halus dan kenyal menjadi sangat kasar, berbonjol-bonjol dan keras pada sirosis hati.

Popularity: 22%

Posted Saturday, July 19th, 2008 at 11:45 am
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

403 Responses to “Hepatitis, sakit kuning bila terapi kurang memadai berkembang menjadi Kanker Hati”

Pages: « 17 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    Djumadi Says:

    siang bu dokter mau tanay nih.
    Ponakan saya umur 6 th, hr kamis tgl 19-03-09 periksa ke rs, cek darah.diagnosa hepatitis, tapi disuruh pulang dan dikasih obat saja (kondisi mata kuning, perut, pipi, kaki bengkak )pada senin siang 23-03-09 jam 12.00 dia koma trus di bawa ke rs yang kemarin diperiksasampe hr ini (selasa 24-03-09 jam 11.00 wib)masih koma dan sudah dipindah ke rs roemani semarang.mohon penjelasan tentang rsiko dia koma dan kemungkinan sembuhnya diemail ke alamat saya.

    terima aksih banyak

  2. 49
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bambang (post 45 dan 46),

    Kolesterol dan lemak dimetabolisme dalam hati. Triglyceride adalah jenis lemak yang dalam keadaan normal seharusnya disimpan di hati. Bila hati bermasalah, akibatnya triglyceride tidak semuanya dapat disimpan dalam jaringan hati, dia akan beredar didalam darah. Akibatnya kadar triglyceride akan tinggi.

    Bila cocok dengan gemfibrozil, sebaiknya obat diteruskan untuk menjaga kadar triglyceride anda.

  3. 48
    Dr. Sukma Says:

    Halo Bambang (post47),

    Bila anti-HCV positif, berarti anda terkena radang hepatitis virus-C. Teorinya virus ini didapat dari pemakaian jarum suntik yang tidak steril, yang biasa dilakukan para ‘junkies’.

    Semua keluhan yang anda tulis itu adalah gejala umum penderita hepatitis. Hubungan langsung antara hepatitis dengan triglyceride yang tinggi, tidak ada.

    Triglyceride yang tinggi bisa akibat total cholesterol yang tinggi atau normalpun bisa. Bila ragu, sebaiknya check ulang di lab lain..

  4. 47
    Bambang Says:

    Pagi dok.
    Dok, saya minta saran,apa yang harus dilakukan bila anti hcv positif.
    Skrg keluhan sya mual,skit perut atas dan kaya org flu.juga kadar trigliserida sya tinggi dok 333 apa ada hubunganya dok,trmksh atas perhatianya

  5. 46
    Bambang Says:

    Dok,saya mau tanya adakah hubungan antra hiperlipid dengan peningkatan sgot sgpt.Sejak 4 bln yg lalu saya rutin cek kolestrol.
    Kolestrol:150, trigliserida:347, hdl:20, ldl:77.
    Sgot:58 sgpt:70,hbsAg:ngtf,anti hbsAg:ngtf.
    Sekrang keluhan mual,tdk nafsu mkn,kadang ada demam,dan tdk nyaman di perut kanan atas,sering pusing, Dok apa bener dislipidimia bisa menyebabkan hepatitis kronis atau ada penyakit lain

  6. 45
    Bambang Says:

    Dok,4 bln yg lalu saya suka berat di tengkuk,sakit kepala dan kesemutan.terus sy disarankan cek lipid darah.,hasilny kolestrol:180 trigliserida:347 hdl:30 ldl:95. Kemudian sya dikasih gemfibrozil 300mg 1×1,untuk pemakaian 3 mnggu,yang saya mau tanyakan mengapa klo trigliserida kalau udah normal dan obat enggk diminum lagi cepat sekali naiknya,trigliserida saya kembali normal 110,jangka 1 mnggu jd 335.dan kadar sgot sgpt saya tinggi 58 dan 45 dan adakah hubunganya.hbsAg sy ngtf.terimaksih

  7. 44
    Dr. Sukma Says:

    Hai Clara,

    Pertanyaan anda jawabannya ada dalam tulisan saya ini. Saya singkat aja, ya : kulit dan bola mata kelihatan kuning, urine warna seperti teh/warna coklat teh. Mual, muntah dan perut membesar, dibagian kanan atas. Ini tanda umum hepatitis.

    Bila telah terjadi sirosis, perut makin buncit berisi cairan (ascites), bau nafas yang khas, dinding perut dengan gambaran pembuluh darah vena, teraba keras dengan permukaan tidak rata/berbenjol pada lokasi hati yaitu kanan atas sampai koma/tidak sadarkan diri. Sudah tentu hasil lab fungsi hati sangat buruk..

  8. 43
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wati,

    Ada program pemerintah cq. Dept Kesehatan untuk deteksi dini kanker payudara dengan melakukan SARARI, yaitu periksa payudara sendiri. Setiap mandi, pagi dan sore, biasakan meraba menyeluruh payudara kanan dan kiri anda.

    Sehingga bila ada benjolan kecil saja, sudah dapat diketahui. Juga periksa daerah axilla (ketiak) kanan dan kiri. Normalnya dikedua ketiak TIDAK teraba benjolan

    Bahayanya karena kanker payudara muncul diam2 tanpa memberikan gejala yang jelas. Hanya terkadang terasa NGILU pada payudara yang terdapat benjolan.

    Tumor payudara TIDAK SEMUANYA GANAS. Jadi bila diraba ada benjolan, sebaiknya segera kenjungi dokter bedah Umum, yang nanti akan merujuk ke spesilis PA untuk dilakukan FNAB, guna mengetahui Diagnosis pasti.

  9. 42
    Wati Says:

    Siang dok, saya mau tanya tentang tumor dan kanker payudara.Gejala awalnya bagaimana dan ciri2 nya seperti apa sih dok.Masalahnya ada beberapa kasus yg pernah saya dengar tahu2 kok ada benjolannya di payudara padahal sebelumnya gak tahu. Kakak saya juga mengalaminya baru beberapa waktu lalu ketahuan di payudaranya ada benjolan sebesar telur ayam. Bagaimana kita bisa mendeteksi secara dini penyakit ini supaya bisa buat berjaga2. Thx

  10. 41
    clara Says:

    Dear ibu dokter

    Ibu, saya ingin tanya mengenai ciri2 kalo kita terkena hepatitis itu dan kalo uda sirosis hati itu bagaimana? Kalo saya mau cek darah untuk mengetahui apa saya terinfeksi hepatitis itu bagaimana ya bu? apa saja pemeriksaaan yang harus dilakukan. Karena saya merasa tertular penyakit hepatitis dari family saya. Saya sering nyeri di sebelah kanan, dan kencing saya juga kadang kuning, dan badan saya selalu deman. dan ini mungkin uda 20 tahun berlangsung. tapi sampai sekarang saya belum memeriksa kan diri. Dan kalo emang penderita yang baru terinfeksi sekitar 1 tahun apa masih bisa sembuh? dan terus kalo saya nantinya menderita hepatitis B, bagaimana dengan anak saya ya bu kalo nanti saya ingin melahirkan? apa uda pasti anaknya terinfeksi hepatitis juga?

  11. 40
    Hadi Says:

    Salam, Dr.Sukma Merati
    Salam kenal Dr, saya mahasiswa dan sekarang usia saya genap bermur 24 tahu. Pada saat saya umur 20 tahun saya terjangkit penyakit hepatitis A, pada saat itu semua gejala yg Dr sebutkan memang pernah terjadi. Namun setelah saya sembuh dari penyakit tersebut, warna mata saya masih sedikit berwarna kuning. namun, Warna urine dan feses saya normal. Saya merasa tidak nyaman dengan warna mata saya tersebut. Apakah itu hal yang normal dialami oleh orang yang pernah terjangkit hepatitis A?
    Trimakasih Dr…Salam..

  12. 39
    Irwan Says:

    Kepada Yth
    Dr. Sukma Merati

    Usia saya 40 tahun, Saya mempunyai keluhan batuk hampir 6 bulan dan sudah berobat sampai 4 kali tetapi setelah sembuh batuk itu datang lagi, terakhir saya ke dokter ahli paru, dari hasil rontgen sebelah kanan dada atas tertutup seperti kabut, dan dokter menyarankan saya harus di biopsi dan CT Scan tetapi dokter belum bisa memberikan diagnosanya dan satu lagi tangan kanan bagian atas saya terasa pegal sakali apakah itu pengaruh dari sakit yang saya alami, yang ingin saya tanyakan tindakan apakah biopsi dan ct scan itu ? dan adakah efek samping negatifnya setelah tindakan tersebut, demikian pertanyaan saya atas bantuannya saya ucapkan terima kasih

  13. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai V3,

    Sepertinya ibunda kena radang TBC. Disebabkan kuman tuberkulosis, dan bukan lingkungan tergenang air.Untuk memastikan ini, biasanya di rontgen dulu. Periksa darah dan test Mantoux.

    Sebaiknya berobat sampai tuntas dan sangat bagus bila bisa istirahat total. Semua makanan boleh, asal TIDAK merangsang batuk seperti : gorengan, kerupuk, dst.

  14. 37
    v3 Says:

    hallo ibu,………
    lam kenal ya!
    ibu saya sakit batuk berdarah dan setelah di tes hasilnya ternyata batuk itu menular, beliau sudah mulai batuk hmpir 3 bln tp kluar darahnya ini baru satu minggu ini. yang saya mw tanyakan dampak lingkungan yang banyak tergenang air, dan makanan apa saja yg tidak boleh dikonsumsi! lalu ibu saya klo lelah beliau psti batuk dan mengeluarkan darah jadi lebih baik perlu g ibu saya istirahat total

  15. 36
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ardi,

    Tindakan endoskopi dilakukan, atas indikasi. Jadi kalau indikasinya tepat dan dilakukan oleh dokter yang biasa melakukan tindakan itu, maka biasanya aman dan tidak perlu ada yang dicemaskan.

    Kenapa anda pikir anda perlu dilakukan endoskopi ?

  16. 35
    Ardi Says:

    Kepada Yth
    Dr. Sukma

    Saya ingin bertanya kalau Endoskopi itu berbahaya atau tidak ya Bu, dan bagaimana resikonya terhadap saya
    terimakasih Ibu Sukma Yang terhormat

    Regards

    Ardi

  17. 34
    Dr. Sukma Says:

    Halo Isra,

    Setelah sembuh dari hepatitis A, biasanya tidak ada masalah. Teman anda boleh mendonorkan darahnya. Sebelum mendonor, biasanya dilakukan skrining awal, apakah layak seseorang mendonorkan darahnya. PMI akan melakukan hal itu.

    Virus hepatitis A setahu saya tidak bisa bermutasi menjadi hepatitis B.

  18. 33
    Dr. Sukma Says:

    Halo Syamsul Maarif,

    Hepatitis B, seringkali tidak dirasakan oleh penderita pada awal penyakit. Penularan bisa lewat semua cairan tubuh : keringat, air liur, air mani/sperma, darah, dst.

    Bisa tertular misalnya pakai handuk yang sama dengan pengidap hepatitis B. Bisa dari pemakaian pisau cukur yang sama, dari sikat gigi yang sama, dst. Jadi sangatlah luas cara penularan virus hepatitis B.

    Bagi seorang dokter/tenaga medis lain, bisa tertular saat memeriksa pasien hepatitis B tanpa sarung tangan. Keringat penderita hepatitis B penuh dengan virus hepatitis B yang dengan mudah masuk ketubuh orang lain, terutama bila ada luka kecil, misalnya luka digusi saat menggosok gigi.

    Untuk kepastian apakah anda betul tertular virus Hep B, biasanya akan diperiksa HBsAg, Anti HBsAg, HBC, Anti HBC serta HBE dan Anti HBE. Kunjungi dokter Internist di Jakarta (Prof Lesmana Cs di RSCM)

    Untuk sementara sebelum ke Jakarta, sebaiknya diminum atau dikonsumsi BUAH MERAH yang banyak terdapat di Papua. Kandungan Anti-oxidant pada buah itu sangat tinggi, mudah2an dapat menolong anda.

  19. 32
    Syamsul.Ma'arif Says:

    Assalamu Alaikum Bu Dr, Sukma,
    Pada tahun 2007 ketika saya akan donor darah (Gol Darah AB, saya kaget karena diberitahu darah saya rusak karena ada Virus Hapatitis-B, lalu saya ke Semua RS yang ada di Jayapura untuk pastikan ternyata betul saya Positif, badan saya terasa lemas (mungkin karena Shock)jdi lah saya kena malaria dan sempat dirawat Inap beberapa hari, yang saya kagetkan kenapa saya bisa tiba-tiba kena Hepatitis-B, padahal di tahun yang sama saya pernah mengikuti Tes Perwira TNI, dan saya lolos sampai terakhir sekali (tes kesehatatan sebanyak 2x saya dinyatakan lolos,
    tapi sekarang saya lebih banyak berpasrah pada Allah jadi saya bisa lebih tabah mungkin ini cobaan buat saya,
    dulu hampir 6 bulan saya berobat ke Dr. penyakit dalam tpi tiap dari Dr saya hanya dikasih multivitamin-multivitamin dan hanya disarankan jaga kesehatan & olahraga yang teratur, yang saya heran kenapa Dr. tidak memberikan saya Lamivudin atau Interveron ? akhirnya sejak itu saya belum ke Dr lagi,
    akhirnya saya cari buku-buku tentang pengobatan Hepatitis, terutama pengobatan dengan ramuan herbal (temulawak, Mahkota Dewa, dll,
    saya memang tidak merasakan gejala-gejala Hepatitis-B sampai saat ini, hanya saya takut tiba-tiba ketika kesehatan saya Drop, hepatitis saya jdi akut,
    Dr. kira-kira apa yang harus saya lakukan dengan kondisi seperti ini ?
    oh ya usia saya saat ini 27 thn
    (mohon jawabannya dok)

  20. 31
    Isra Says:

    Malam dokter,

    Dokter teman saya pernah menderita Hepatitis A, namun sekarang kondisinya sudah sembuh, apakah ia bisa untuk mendonorkan darahnya dan mungkinkah virus Hepatits A ini bermigrasi menjadi Hepatitis B. Demikian dokter pertanyaan saya dan terimakasih banyak dokter.

  21. 30
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rhyszqy,

    Tetap saja saya belum bisa mendiagnosis kelainan istri anda. Differential Diagnoses (DD)saya : 1. Gastritis
    2. Hepatitis

  22. 29
    Rhyszqy Says:

    Makasih bu, mgkn perlu saya sampaikan bahwa istri saya tidak sampai muntah bu, hanya agak mual. Dan sekarang kondisinya sudah tidak lemas & pusing lagi, hanya kalau perut kosong langsung terasa mual. Istri saya juga kalau minum obat atau vitamin tertentu langsung terasa mual bu.

  23. 28
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rhyszqy,

    Sebenarnya agak disayangkan kalau anda berdua menolak untuk pemeriksaan darah pada istri anda. Maunya diberi obat saja, ini keliru. Karena, dari hasil pemeriksaan darah, akan dapat diketahui penyebab sakitnya istri anda. Apakah DBD atau Demam typhoid akan terlihat dari pemeriksaan tsb.

    Sehingga diharapkan obat yang akan diresepkan benar2 ampuh dan sesuai dengan penyebabnya. Bukan coba2 dan membuang beaya yang tidak perlu. Saya sendiri lebih condong kearah tifus bisa juga hepatitis, karena gejala mual dan muntah yang dominan.
    So, pls do check-up your wife’s blood immediately.

  24. 27
    Rhyszqy Says:

    Salam kenal ibu, istri saya sekitar 10 hari yang lalu terserang demam, tubuhnya terasa sakit dan perut mual. Dah seminggu ini alhamdulillah suhu tubuh sudah normal, tetapi masih merasa lemas, mual dan masih agak pusing bu. Sudah berobat ke dokter, katanya takut gejala tifus atau DBD. Diminta cek ke lab. Tp kami menolak bu, dan minta dikasih obat saja. Setiap kali minum obat, mualnya terasa bertambah bu. Kira-kira istri saya sakit apa ya bu, dan gimana pengobatannya. Terima kasih banyak sebelumnya.

  25. 26
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hari Mulyanto,

    Bila telah terjadi sirosis hati, biasanya kondisi tersebut irreversible. Artinya hati tidak dapat dikembalikan ke kondisi semula/ normal, karena telah terjadi fibrosis atau pengerasan hati yang permanen. Meskipun telah ditemukan obat-anti fibrogenesis di LN, dan telah dicoba pula di Indonesia namun tingkat keberhasilannya masih sangat kecil kalau tidak mau disebut belum berhasil.

    Penderita sirosis hati memang cenderung sensitif, akibat pengaruh hormon. Pendapat saya, biarkan ibu anda tetap rajin kontrol. Dengan sikapnya yang positif dan penuh harap akan kesembuhan, kemungkinan akan terjadi ‘miracle’ atau keajaiban. Dengan positive thinking, tidak mustahil akan terjadi perbaikan yang bermakna atas kondisi ibu anda.

    Sebaiknya ibu banyak istirahat, asupan gizi yang bagus dan kooperatif terhadap obat yang diresepkan. Minum secara teratur sesuai petunjuk dokter internist/ hepatologist. Semoga ibunda kondisinya berangsur membaik. Amien..

Pages: « 17 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe