En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

KAMPAIBEBEKCarpal Tunnel Syndrome (CTS), paling sering dikeluhkan oleh mereka yang banyak menggunakan otot-otot  pergelangan tangan dan jari-jari tangan, merupakan keluhan yang awalnya sangat sering disuarakan di negara Barat.

CTS merupakan salah satu dari kelompok gangguan saraf tepi yang disebut dalam bahasa medisnya  : compression neuropathy atau entrapment neuropathy.

Dengan semakin ngetrendnya pemakaian komputer di segala aspek kehidupan kita, maka CTS semakin banyak dikeluhkan para pengguna komputer terutama yang computer maniac. Apa dan bagaimana CTS sebenarnya ?

Lengan bawah dan jari-jemari tangan kita dipersarafi oleh nervus medianus dibagian tengah, nervus radialis pada sisis ibu jari dan nervus ulnaris dibagian sisi jari kelingking. Semua saraf tersebut mempunyai tempat tersendiri, diantara otot-otot dan tulang.

Pada CTS terjadi penyempitan ruang dimana nervus medianus biasanya berada. Sehingga saraf akan terjepit, mengakibatkan rasa kebas, kesemutan dan nyeri. Penyempitan ruang saraf ini, dapat disebabkan berbagai hal,  dan yang paling sering terutama akibat  edema atau pembengkakan jaringan.

Hal-hal  lain yang menjadi predisposing factors : kehamilan, radang sendi, hypothyroidism, amyloidosis, acromegaly, Diabetes Mellitus (DM) dan last but not least, gerakan pergelangan tangan yang berulang-ulang dan berlebihan seperti apa yang sering terjadi pada sekretaris pada umumnya dan pengguna komputer yang tergolong maniac.

Keluhan pada CTS berupa manifestasi dari gangguan fungsi saraf/nervus medianus, yaitu seperti : rasa kebas dan kesemutan pada ujung-ujung  ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Keluhan tambahan bisa akibat penekanan pada saraf ulnaris sampai sebatas siku tangan yang terasa kesemutan, nyeri dan kaku.

Keluhan dapat juga terjadi akibat kompresi pada saraf radialis di lengan atas berupa lengan atas yang sakit seperti lumpuh dan sulit digerakkan, hal ini sering terjadi  bila salah posisi lengan pada saat kita tidur di malam hari sebelumnya. Keadaan ini disebut ‘saturday night palsy’.  Eeiit, jangan salah, bukan ‘saturday night fever’ filmnya John Travolta dan si cantik mungil Olivia Newton John, asal Australia.

Dari data statistik, penderita CTS lebih sering perempuan dibandingkan laki-laki. Dan sampai saat ini belum diketahui kenapa begitu, karena belum ditemukan jawaban yang memuaskan untuk pertanyaan itu.

Pada pemeriksaan penderita CTS, akan ditemukan kelainan histopatologik jaringan yang berupa ‘Morton neuroma’,  sejenis tumor jinak dari unsur saraf.

Terapi CTS biasanya berupa anti sakit/ analgesic, obat saraf/neurotropik berupa vitamin B1, B6 dan B12, serta untuk mengurangi pembengkakan jaringan diberikan anti-inflamasi dan yang paling penting sudah tentu kudu mengistirahatkan untuk sementara lengan dan jari-jemari sampai sakitnya hilang…

Popularity: 12%

Posted Friday, August 22nd, 2008 at 12:51 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

126 Responses to “Carpal Tunnel Syndrome, sering terjadi pada sekretaris”

Pages: « 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    Dr. Sukma Says:

    Hai Harry,

    Untuk amannya sebaiknya dilakukan rontgen pada lengan kiri anda yang terasa ngilu tsb karena mempunyai riwayat tulang bergeser diwaktu yang lalu.

    Bila hasilnya normal, artinya tidak ada pergeseran tulang, retak, dst. anda boleh coba dengan menghangatkan lengan kiri anda. Bisa dengan handuk hangat, atau menempelkan ‘heating pad’ atau disinar infra red dibagian fisio terapi. Sambil disertai dengan minum neurotropik semacam neurobion, vitamin saraf..

  2. 49
    Dr. Sukma Says:

    Hai IKa,

    Iya benar. Akibat beban berat setiap hari selama belasan jam per hari, maka terjadi penekanan atau kompressi pada saraf disekitar gelang bahu dengan akibat sindroma kompressi clavicula.
    TERAPINYA ADALAH : STOP KEGIATAN YANG MENEKAN SARAF , minum obat neurotropik dan istirahat yang cukup. Seluruh lengan kanan (atas dan bawah) dikompres air hangat atau ditempelkan ‘heating pad’ agar aliran darah dibagian itu lebih lancar, membuat jaringan otot dll ditempat itu memuai atau mengembang, sehingga memberi kesempatan pada saraf yang tadinya terjepit menjadi lega, tanpa tekanan dari jaringan sekitar.

  3. 48
    harry Says:

    maf saya mau tanya
    tangan kiri saya bagian lengan atas pernah jatuh dan bergeser tulangnya tapi sudah kembali seperti semula sudah setahun kejadiannya dan 2 minggu ini akibat tidur yg salah tangan saya jadi terasa sakit ‘seperti ngilu2 yang kadang ada kadang hilang tapi sakitnya bener2 ganggu aktifitas saya yang saya mau tanyakan apakh ada obatnya dan knapa dengan tangan saya ini mohon bantuannya????

  4. 47
    ika Says:

    malam dok,
    ayah saya berumur 50 tahun, keluhan nyei pada bahu kanan,leher kanan dan rasa lemah pada otot lengan kanan disertai hipestesia pada jari ke-4 dan ke-5.
    dia sering membawa beban berat d tempat yang sama dalam jangka waktu belasan jam.
    pada pemeriksaan dijumpai lengan bawah kanan dingin, denyut arteri radialis hampir tidak teraba.
    kira2 apa nama penyakit ini?
    apakah ini t’masuk penyakit kompresi klavikula?
    tolong diberi alasan yang kuat ya dk..
    dan bagaimana terapinya?
    terima kasih

  5. 46
    melania Says:

    Bu,terima kasih banyak,saya sekarang minum neurobion 5000,cal 95,dan glucosamine.saya sudah cape ke dr.sekali lagi terima kasih,dan TUHAN berkati ibu.

  6. 45
    Dr. Sukma Says:

    Hai Melania,

    Adanya perkapuran dileher bisa mempengaruhi dan menimbulkan rasa baal dijari kelingking kiri anda. Coba lakukan latihan jari-jemari anda dengan mengenggam bola pingpong yang diremas-remas dengan kelima jari tangan kiri anda. Lakukan setiap ada kesempatan, sambil nonton TV, dll. Minum vitamin neurotropik yang mengandung 3 macam vitamin Vit.B1, B6, dan B.12. Lama-kelamaan niscaya rasa kebas atau baal akan menghilang, perlahan namun pasti. .. Sehingga pada akhirnya rasa baal itu akan hilang sama sekali. Amien..

  7. 44
    melania Says:

    Siang ,dok sudah hampir 3 bulan jari kelingking saya pada lengan kiri baal,rasanya kencang,angkat barang bisa,tapi untuk gunting kuku jari kanan tdk bisa, saya sudah ke 3 dr syaraf terkenal di jakarta,dan sdh fisioterapi,terakhir saya dikasih obat diolon,dan obat racikan obat tenang,disuntik leher saya,krn katanya tegang,dan ke dr rehab,disarankan suntik meticobal dan laser,baru 1 kali,dan menurut hasil rontgen pada leher saya ada pekapuran ringan,tolong ya dok,thx

  8. 43
    Dr. Sukma Says:

    Hai Stephanie,

    Sebaiknya anda kunjungi lagi dokter yang dulu (7 tahun lalu) memeriksa anda. Sebaiknya juga diperiksa ULANG EEG atau pemeriksaan fungsi otak yang hasilnya berupa grafik tsb. Segeralah temui dokter tsb. Agar cepat dapat diketahui dan kalau perlu ditanggulangi..

  9. 42
    sony Says:

    selamat malam dok. kalau untuk mencari aalat wrsit support buat mencegah CTS itu namanya apa si dan mencari dimana ya biasanya thanks, apakah ada referensi?

  10. 41
    Ibu erista, depok Says:

    Terima kasih dok, atas jawabannya.
    ada satu lg dok, mohon referensi dokter saraf yg bagus di jakarta.

    Sekali kali saya ucapkan terima kasih semoga dokter dan keluarga selalu dalam lindungannya.

  11. 40
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ibu Erista Depok,

    Pendapat saya ibu terkena CTS. Sebaiknya diperiksa ulang ke dokter saraf yang handal di RS besar dengan peralatan lengkap, agar bisa diperiksa secara teliti dengan test-test yang diperlukan.

    Kemungkinan rasa baal dan kesemutan di kaki kanan anda hanya subjektif sifatnya.Umumnya CTS tanpa gejala di kaki.

  12. 39
    Ibu erista, depok Says:

    Selamat malam dok,
    Saya skrg berusia 30 thn, saya sudah lama merasakan sakit di ujung ibu jari dan jari telunjuk. Dan rasanya ke2 jari itu jg agak baal shg agak sulit utk menekan pulpen utk menulis. Telapak tangan kurang peka terhdp rasa. Setiap mata ada rasa ngantuk tangan kanan mulai kesemutan sprt tdk ada peredaran darah yg jalan. Pundak nyeri sekali sampai ke bawah ketiak. Skrg jari2 kaki kanan jg mulai kurang peka terhdp rasa. Penyakit ini sdh menahun dok. Saya sdh ke penyakit dalam dan dokter syaraf tp belom ketemu solusinya. Yg mau saya tanyakan,
    @ apakan saya jg terkena CTS?
    @ saya sebaiknya ke dokter apa?
    @ apa penyakit saya ini bisa disembuhkan dok?

  13. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fatchur Rachman,

    Berapa usia ayahanda? Bila diatas 50 tahun, kemungkinan nyeri sendi itu adalah OSTEO ARTHRITIS (OA).

    OA adalah penyakit degeneratif akibat usia yang bertambah tua. Terjadi penurunan kondisi sendi tulang terutama lapisan tulang rawan. Akibat kurangnya pengganti sel-sel tulang rawan baru yang tidak seimbang dengan jumlah sel tulang rawan rusak/tua yang harus diganti.

    Pada OA terjadi kekurangan bahan dasar jaringan seperti kolagen tipe II dan proteoglycans. Kedua bahan ini biasanya dihasilkan oleh sel tulang rawan (chondrocyte).

    Obat terbaik adalah kapsul yang mengandung kedua bahan dasar/matrix jaringan tadi plus Chondroitin-sulphate.. Bisa dibeli di apotik besar : Guardian, Boston, Century atau Apotik Plus. Harganya mahal 600 ribuan per botol 60 kapsul.

    Alternatif lain adalah mengkonsumsi susu tinggi Calcium dan rendah lemak (HiLo), pilih untuk usia 51 tahun keatas(Gold).

    Susu khusus usia 51 tahun keatas ini selain rendah lemak dan tinggi Calcium, juga mengandung : glucosamine dan chondroitin yang diperlukan penderita OA.

    So, your dad should try this milk… Good luck.

  14. 37
    Dr. Sukma Says:

    Halo April,

    Sorry saya kurang familiar dengan de Quervain’s Syndrome. I could not give you more information about that…

  15. 36
    Fatchur rahman Says:

    Malam dok.” saya mau tanya ni dok, bapak saya sering kali mengeluh kesakitan pada siku-siku lengan bagian kanan,, sewaktu ngilu/ nyerinya kambuh, bapak saya susah untuk mengerakan tangan nya dok,, kalau pun bisa ” itu terasa sakit yg luar biasa… Yg mau saya tanyakan,,!? Bagai mana cara penyembuhannya dok….?? Terima kasih..wasalam.

  16. 35
    april Says:

    siang dok..
    saya mau bertanya. saat ini saya sedang menderita de quervain’s syndrom pada kedua lengan saya. hal itu berawal sekitar 4-5 bulan yang lalu. saat itu saya sedang hamil usia 8 bulan. awalnya saya tidak mengganggap serius ketika pergelangan tangan saya sakit. kata orang itu mungkin cma bawaan bayi. tetapi setelah melahirkan sakit saya bukannya hilang malah bertambah. terutama pada malam hari ketika saya terbangun untuk meyusui. saya lalu memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf dan dokter menganjurkan untuk melakukan pisioterafis tiga kali seminggu. selama lebih dari satu bulan saya melakukan terapi dengan menggunakan microwhelder/microradar dan ultra sound. tetapi tidak ada perkembangan yang berarti. memang ibu jari tangan kiri sudah mulai tidak terasa sakit pada siang hari, namun sering tiba-tiba macet dan sakit lagi ketika saya bangun tidur. sudah dua minggu ini saya berhenti melakukan terapi dan dua hari terakhir saya sudah kembali bekerja. o ya dok pekerjaan sehari-hari saya mengetik dengan komputer, dan itu dilakukan hampir 7 jam sehari. yang ingin saya tanyakan.
    1. apakah terapi yang saya lakukan memang bisa memulihkan keadaan saya seperti semula atau saya harus melakukan operasi?
    2. terafis menyarankan saya untuk mengistirahatkan tangan saya sesering mungkin dan kalaupun terpaksa harus digunakan harus menggunakan wrist brace. apakah hal itu memang membantu?
    3. apakah sakit yang saya alami berhubungan dengan pekerjaan?
    terima kasih atas bantuan dokter.

  17. 34
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fransiska,

    Pendapat saya memang benar anda terkena CTS, dari keluhan yang anda tulis.

    Biasanya terapi berupa obat neurotropik/penguat saraf, steroid dan anti-inflamasi atau painkiller.

    Tergantung berat ringannya bisa disertai pemanasan setempat dengan sinar infra-red dilakukan di bagian fisioterapi.

    CTS bisa sembuh, JIKA cukup waktu istirahat bagi lengan kanan anda yang bermasalah. Jadi untuk sementara waktu-bisa sampai satu bulan- tangan kanan anda diBREAK dari aktivitas terutama tulis menulis/komputer, sambil setiap hari diberikan pemanasan infra red dibagian fisioterapi, OK. Semoga berhasil..

  18. 33
    Fransiska Says:

    Maaf Dok, Saya juga mau bertanya, saat ini saya tinggal di Kupang NTT.Oktober yg lalu saya ke Surabaya. Menurut dr Syaraf di Surabaya, Saya juga mengalami CTS. Saya minum obat dan di sarankan memakai Splint Wrist Brace. Tetapi tidak banyak perubahan. Telapak tangan saya masih sakit, lengan saya terasa ngilu, dan Sudah 2 malam ini saya tidur kebetulan posisi tangan saya ke atas, waktu bangun tangan saya seperti tidak berasa. Saya angkat dengan tangan kiri lalu saya luruskan, baru terasa seperti darah mengalir di dalam nya, beberapa menit kemudian baru normal. Sebetul nya apa yang terjadi dengan tangan kanan saya ? Obat apa yang harus saya minum ? Atau terapi apa yang harus saya lakukan? Apakah bisa sembuh ? Terima kasih atas bantuan Dokter.

  19. 32
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eny Purwanti,

    Sebaiknya anda kunjungi dokter saraf, kemungkinan terjadi saraf yang terjerpit pada sekitar bokong kanan atau pangkal paha kanan anda.

    Bila benar demikian, nanti anda akan dirujuk ke bagian fisioterapi untuk dilakukan penyinaran infra-red, sebanyak yang dibutuhkan.

  20. 31
    Eny Purwanti Says:

    Dokter, saya akhir-akhir ini mengalami keluhan di pinggul/ maaf bokong sebelah kanan. ketika saya duduk terus mau berdiri, di daerah tersebut rasanya sakit sekali, seperti ada yg terjepit, apa yang harus saya lakukan ya Dok ?
    Terima kasih

  21. 30
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eko Subekti,

    CTS stadium-1 itu keadaan paling ringan dari Carpal Tunnel Syndrome.

    Sangat mudah disembuhkan, yaitu dengan melakukan fisioterapi sekian kali. Tidak perlu operasi.

    Jadi kunjungi dokter fisioterapist agar dilakukan penyinaran infra-merah pada lokasi tepat dari tangan dan lengan anda yang bermasalah.

  22. 29
    Eko Subekti Says:

    Selamat siang Dok,

    Menindaklanjuti saran dokter, saya sudah periksa jari-jari tangan kanan saya ke dokter syaraf di rumah sakit terdekat.
    Setelah 3 kali saya periksa ke dokter syaraf kemudian saya mendapat rujukan untuk tes EMG pada tangan kanan saya ke RSCM Jakarta.
    Setelah tes EMG hasil dari tes tersebut saya laporkan ke dokter syaraf yang memberi saya rujukan dan menurut dokter syaraf saya menderita CTS stadium 1.

    Kemudian dokter syaraf memberi saya rujukan untuk berobat ke dokter fisiotherapy, tapi sebelumnya saya mau konsultasi dengan dokter sukma terlebih dahulu.

    Saya ingin menanyakan pada dokter sukma, apakah penderita CTS bisa disembuhkan tanpa tindakan operatif? karena saya takut sekali dengan operasi.
    Apakah CTS bisa disembuhkan dok? Pengobatan seperti apa yang efektif untuk penderita CTS? Apakah saya harus berobat ke dokter fisioteraphy atau ada alternatif lain dok?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban dan saran dokter.

  23. 28
    Dr. Sukma Says:

    Hai Haziq,

    Untuk mengetahui pasti apa yang terjadi pada pergelangan tangan dan kaki adik anda, biasanya harus di rontgen.

    Secara logika, rasa nyeri itu disebabkan adanya saraf yang terjepit bisa oleh otot atau terjepit diantara tulang yang bergeser dari lokasi normalnya.

    Karena itulah biasanya kalau akan berolah raga, biasanya dilakukan ‘warming up’ dulu,agar otot-otot tidak ‘kaget’.

  24. 27
    Haziq Says:

    dok, kenalkan saya haziq,adik saya semenjak tangannya terkilir ketika bermain bulu tangkis sering kaku pada pagi-malam hari. kaki juga begitu. Sakit di pergelangan tangan. Itu kenapa ya bu dokter?

    terimakasih banyak ya dok, saya berharap sekali dapat jawaban.

  25. 26
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sulistiani,

    Semua keluhan suami anda disebabkan semakin membesarnya benjolan kelenjar gondok. Untuk mengetahui apa benjolan itu sebenarnya, HARUS dilakukan biopsi jarum halus/FNAB.

    Kemungkinan Thyroiditis Granulomatosa masih bisa, yang mana penyakit ini TIDAK PERLU dioperasi. Cukup minum obat selama 2 sampai 3 minggu.

    Nanti anda bisa konsultasi lagi, setelah ada hasil FNAB, OK.

Pages: « 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe