En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

KAMPAIBEBEKCarpal Tunnel Syndrome (CTS), paling sering dikeluhkan oleh mereka yang banyak menggunakan otot-otot  pergelangan tangan dan jari-jari tangan, merupakan keluhan yang awalnya sangat sering disuarakan di negara Barat.

CTS merupakan salah satu dari kelompok gangguan saraf tepi yang disebut dalam bahasa medisnya  : compression neuropathy atau entrapment neuropathy.

Dengan semakin ngetrendnya pemakaian komputer di segala aspek kehidupan kita, maka CTS semakin banyak dikeluhkan para pengguna komputer terutama yang computer maniac. Apa dan bagaimana CTS sebenarnya ?

Lengan bawah dan jari-jemari tangan kita dipersarafi oleh nervus medianus dibagian tengah, nervus radialis pada sisis ibu jari dan nervus ulnaris dibagian sisi jari kelingking. Semua saraf tersebut mempunyai tempat tersendiri, diantara otot-otot dan tulang.

Pada CTS terjadi penyempitan ruang dimana nervus medianus biasanya berada. Sehingga saraf akan terjepit, mengakibatkan rasa kebas, kesemutan dan nyeri. Penyempitan ruang saraf ini, dapat disebabkan berbagai hal,  dan yang paling sering terutama akibat  edema atau pembengkakan jaringan.

Hal-hal  lain yang menjadi predisposing factors : kehamilan, radang sendi, hypothyroidism, amyloidosis, acromegaly, Diabetes Mellitus (DM) dan last but not least, gerakan pergelangan tangan yang berulang-ulang dan berlebihan seperti apa yang sering terjadi pada sekretaris pada umumnya dan pengguna komputer yang tergolong maniac.

Keluhan pada CTS berupa manifestasi dari gangguan fungsi saraf/nervus medianus, yaitu seperti : rasa kebas dan kesemutan pada ujung-ujung  ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Keluhan tambahan bisa akibat penekanan pada saraf ulnaris sampai sebatas siku tangan yang terasa kesemutan, nyeri dan kaku.

Keluhan dapat juga terjadi akibat kompresi pada saraf radialis di lengan atas berupa lengan atas yang sakit seperti lumpuh dan sulit digerakkan, hal ini sering terjadi  bila salah posisi lengan pada saat kita tidur di malam hari sebelumnya. Keadaan ini disebut ‘saturday night palsy’.  Eeiit, jangan salah, bukan ‘saturday night fever’ filmnya John Travolta dan si cantik mungil Olivia Newton John, asal Australia.

Dari data statistik, penderita CTS lebih sering perempuan dibandingkan laki-laki. Dan sampai saat ini belum diketahui kenapa begitu, karena belum ditemukan jawaban yang memuaskan untuk pertanyaan itu.

Pada pemeriksaan penderita CTS, akan ditemukan kelainan histopatologik jaringan yang berupa ‘Morton neuroma’,  sejenis tumor jinak dari unsur saraf.

Terapi CTS biasanya berupa anti sakit/ analgesic, obat saraf/neurotropik berupa vitamin B1, B6 dan B12, serta untuk mengurangi pembengkakan jaringan diberikan anti-inflamasi dan yang paling penting sudah tentu kudu mengistirahatkan untuk sementara lengan dan jari-jemari sampai sakitnya hilang…

Popularity: 12%

Posted Friday, August 22nd, 2008 at 12:51 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

126 Responses to “Carpal Tunnel Syndrome, sering terjadi pada sekretaris”

Pages: « 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

  1. 75
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nuno,

    Perkiraan saya anda memang terkena CTS. Apa yang anda lakukan itu sudah benar, dengan menghangatkan tangan dengan air hangat dalam plastik… Teruskan itu, karena fisioterapi juga prinsipnya menghangatkan lokasi saraf yang terjepit yang akan memuai sehingga lokasi itu terasa lebih longgar dan sarafpun seolah bebas dari himpitan….

    Saya tidak tahu obat lainnya, kecuali coba minum rutin vitamin neurotropik seperti : B1, B2 dan B6 yang biasanya dalam kemasan kaplet Neurobion, Alinamine dan sejenisnya… Minum 2x sehari sehabis makan pagi dan malam malam…. Bila bekerja didepan komputer sebisanya diseling jeda setiap 2 jam sekali selama 15 menit, sambil mengerak-gerakkan seluruh jari jemari seolah melakukan senam semua kesepuluh jari tangan anda kanan dan kiri……

  2. 74
    nuno Says:

    halo dok, saya ada keluhan pada tangan kanan saya, ibu jari, telunjuk dan jari tengah selalu kesemutan udah 4 hari, di perparah jika bangun pagi telapak tangan kanan kaku, gak bisa menggenggam, klo di paksa menggenggam terasa sangat sakit sekali, malah jika menggunakan sikat gigi sudah sangat susah dan terasa lemah tanpa tenaga. saya berinisiatif menghangatkan tangan dgn air hangat dalam plastik, dan lumayan terasa agak nyaman. apakah saya terkena CST dok? oh iya saya sehari-hari bekerja dengan komputer. untuk ke dokter sy masih belum berani takut jika harus operasi, apakah ada solusi yg lebih baik dari anda dok? mungkin dengan terapi atau apalah, saya sangat butuh bantuan nya
    terima kasih

  3. 73
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rini,

    Keluhan anda tidak ada kaitannya dengan hasil lab darah yang telah anda lakukan. Sebaiknya periksa ke dokter saraf, agar dilakukan test fungsi saraf yang terganggu tersebut.. Kemungkinan ada saraf yang terjepit, dll.

  4. 72
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ira,

    Pendapat saya keluhan anda BUKAN CTS. Jadi sebaiknya periksa ke dokter penyakit dalam dulu, bila diangga perlu nanti anda akan dirujuk ke dokter saraf…. OK.

  5. 71
    Dr. Sukma Says:

    hai Ferdy,

    Dugaan saya kemungkinan terdapat gangguan pada ginjal kanan anda… Bisa berupa batu ginjal atau infeksi saluran kemih bagian kanan… Coba periksa ke dokter penyaklit dalam agar diteliti dan mungkin perlu periksa lab. Darah lengkap serta Urine lengkap…

  6. 70
    ferdy Says:

    Dear Dokter Sukma,

    Dok, ciri-ciri sakit apakah bila pinggang terasa capek dan betis kaki sampai paha (sebelah kanan) terasa panas (seperti kecabean)?

    Salam,
    Ferdy

  7. 69
    ira Says:

    salam kenal dok…saya ira (20tahun) saya seorang mahasiswi…dok saya mau tanya tiap 10 menit sekali jari tangan dan kaki saya kesemutan sebelum saya merasakan kesemutan malamnya dada saya sesak dan terasa ada beban di bahu saya oh y sebelumnya saya jg merasakan tenggorokan saya sakit..apa saya menderita CST dok???gmna cara ngilanginnya..saya tdk punya riwayat penyakit kronis dok tinggi saya 156 dgn BB 52..trima kasih dok

  8. 68
    Rini Says:

    Dear Dr,

    Dari tahun 2004, kedua telapak dan jari-jari tangan kesemutan sampai menebal baik sedang beraktivitas ataupun tidak.
    Saya coba untuk mengecek darah lengkap di lab, hasilnya normal semua.
    Sebenarnya hal itu terjadi karena apa dan apa solusinya???
    Seandainya mau check up, ke dokter spesialis apa?

    Terima Kasih.

  9. 67
    Dr. Sukma Says:

    Halo Davin,

    Rasa kebas atau kebal ditempat yang anda tuliskan memang baru akan membaik sekitar enam bulanan. Sel-sel saraf perlu pemulihan dan regenerasi serta penyambungan pada lokasi terjadinya fraktur/ patah tulang. Apa yang anda lakukan pada saat ini sudah benar dan agar diteruskan sampai tuntas sesuai anjuran bagian fisiotherapy atau rehabilitasi medis. Demikian juga pembengkakan, masih perlu waktu 2-3 bulan lagi agar bisa kembali ke bentuk semula. So, be patient…. Karena sabar itu dikasihani Allah…

  10. 66
    davin Says:

    Dear Dr.

    2,5 bulan yg lalu habis operasi patah tulang; fraktur distal radius, dan fraktur kominutif collum humeri kanan.

    Yang agak mengganggu smp sekarang rasa kebal/mati rasa di ketiga jari (ibu jari, telunjuk, jari tengah dan sebagian jari manis) belum juga hilang.

    Apakah ada cara bisa menghilangkan rasa kebal tesebut?
    Pergelangan tangan bawah masih terlihat bengkak, bagaimana cara bengkak ini bisa hilang? Sementara, saat ini saya harus menjalani theraphy untuk lengan dan pergelangan.

    Mohon advise
    Salam

  11. 65
    Dr. Sukma Says:

    Hai Raden,

    Anda kan calon dokter gigi. Sebaiknya kurangi waktu anda untuk main game on-line. Sebab dengan durasi 7 jam per malam, itu sungguh too much buat calon intelektual seperti anda. Telunjuk kanan anda yang bergetar terus, itu sinyal bahwa saraf ke jari telunjuk anda sudah sangat exhausted, kecapaian untuk nge-click mouse… Jadi untuk kembalinya kondisi telunjuk kanan anda kembali normal, berhentilah sementara main game sekitar satu minggu. Setelah itu boleh main lagi, cuma batasi waktu main game on-line maximal 2 jam. Semoga berhasil..

  12. 64
    raden Says:

    selamat malam dok saya mahasiswa FKG dijogja
    dok saya mau nanya jari telunjuk kanan saya kok beberapa hari ini getar sendiri truss yaa
    saya juga maniac games jadi tiap hari bisa ngegame sampe 7jam dan dimalam hari
    mksh dok

  13. 63
    Dr. Sukma Says:

    Hai Autumn,

    Saya sependapat dengan kedua dokter tersebut dalam 6-8 minggu semua keluhan anda akan hilang karena terapinya sudah optimal dan mantap… Hilangkan rasa cemas dan pikiran negatif lain… So, just wait and see…

  14. 62
    autumn Says:

    dokter,

    tgl 8 mei 2010 lalu saya jatuh terduduk setelah di xray hasilnya adalah vert. lumbosacral agak melurus namun dari foto xray jelas terlihat adanya pergesernya tulang ekor dan adanya sedikit patahan (seperti terkikis) dipinggiran bagian bawah tulang duduk kiri.
    Saya sudah menjalani terapi TENS, SWD, traksi manual dan suntikan di daerah yg sakit dan juga memakai korset dengan 4 lempengan besi dibagian belakang tapi sampai hari ini saya masih merasakan sakit tertusuk dari pantat bawah kiri dan kadang2 menjalar rasa rasa seperti tertarik di hamstring dan sakit tertusuk di tumit kiri terutama jika duduk atau berdiri terlalu lama.
    Apa yang sebenarnya terjadi pada kaki kiri saya dok? dan apakah sakitnya bisa hilang? karena dokter orthopaedi dan dokter rehab medik menyatakan sakit akan menghilang dalam waktu 6 minggu.
    Terima kasih

  15. 61
    Dr. Sukma Says:

    Hai Peni,

    Sepertinya saraf ke tungkai bawah/kaki anda yang kanan terjepit atau tertindih pantat anda pada saat duduk agak lama. Sebaiknya anda kunjungi dokter saraf. Anda dapat menyiasati dengan cara merubah posisi duduk setiap jangka waktu 5 menit misalnya. Agar bagian yang tertindih bergantian kanan-kiri dan tidak terus-terusan sebelah kanan. Minum neurobion dosis tinggi atau bubur kacang hijau setiap hari sebagai vitamin memperkuat saraf. ..

  16. 60
    peni Says:

    Selamat siang Dokter,
    Saya menderita nyeri pada pangkal paha sebelah kanan setiap saya bangun dari duduk di kursi maupun dari lantai apabila posisi duduk saya di lantai menyilang ke kanan. Sehingga saya harus diam berdiri sebentar sambil menekukkan badan saya untuk mengurangi rasa nyerinya baru kemudian bisa berjalan seperti biasa. Hal tersebut sudah saya derita hampir 2 tahun terakhir. Sebenarnya saya sakit apa, terapi apa yang harus saya lakukan dan kalaupun harus minum obat, menurut Dokter obat apa sebaiknya yang harus saya minum?
    Terima kasih sebelumnya atas penjelasan dan bantuan Dokter.

  17. 59
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ndari,

    Saran saya sebaiknya minum obat yang diresepkan sampai habis (maximal 7 hari), kecuali neurobion yang boleh diminum dalam jangka waktu panjang.

    Biasanya CTS pada sektretaris, dll yang banyak menggunakan jari-jemari dalam aktivitas sehari-hari. Kemungkinan saraf anda ke jari-jari yang anda sebutkan itu tertindih atau kejepit pada pada saat anda sering menyusui sambil tiduran. Jadi bisa saja terjadi CTS.

    Sebaiknya kebiasaan menyusui itu anda tinggalkan dan mulailah menyusui dengan cara yang benar, jangan sampai lengan anda tertindih badan untuk jangka waktu lama. Agar CTS anda nantinya tidak berkepanjangan.

  18. 58
    Ndari Says:

    Salam kenal,dokter sukma..
    Saya 27 th, baru melahirkan dg sc sebulan yg lalu. Kira-kira 2 minggu yg lalu sy merasakan kesemutan pd jari tangan kanan, yg lama kelamaan berasa tebal dan kebas, jg sebagian telapak tangan tangan. Keluhan ini muncul sejak sy sering menyusui sambil tiduran. Baru kemarin sy menyadari bahwa rasa tebal tsb terutama pd ujung2 ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan sebagian jari manis. Tp pergelangan tangan tidak terasa nyeri juga ujung2 jari tangan kanan tidak berkerut. sejak kemarin sy mengkonsumsi Neurobion 5000, Aspilet, Meloksikam dan Metyl Prednisolon. Pertanyaan sy:
    ¤ Betulkah sy kena CTS?
    ¤ Tidak berlebihankah obat yg sy minum (sy dpt resep dr klinik dekat rumah), sbg catatan sy masih menyusui, amankah bagi bayi saya, kmrn sy lupa bilang pd dokter klinik.
    ¤ Mengingat amat tidak mungkin sy mengistirahatkan tangan kanan sy (sy mengurus bayi sendirian), apakah butuh waktu lama untuk sembuh?? Sebab amat mengganggu sekali.
    Mohon saran dari dokter. Terimakasih atas bantuannya,dok.

  19. 57
    Dr. Sukma Says:

    Halo Widia,

    Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa kemungkinan anda menderita CTS (carpal tunnel syndrome).

    Obat2 yang telah diberikan ke anda adalah anti inflamasi atau anti radang dan pembengkakan dan vitamin saraf alias neurotropik. Habis obat, akan terasa lagi sakit dan nyerinya.
    Obat anti inflamasi sebaiknya JANGAN diminum jangka panjang dan terus-terusan, akan merusak hati dan ginjal. Sedangkan neurotopik seperti neurobion dapat anda konsumsi setiap hari dalam jangka waktu panjang, aman bagi organ tubuh…

  20. 56
    widia Says:

    dr. Sukma, saya seorang mahasiswa yang sudah 1,5 tahun ini tidak bisa menulis normal dengan tangan kanan saya (baru tahu, sepertinya saya terkena carpal tunnel syndrom). gejala di setengah tahun pertama, telapak tangan seperti kesemutan, lalu menjalar ke daging di atas tulang hasta dan sekarang sakitnya sampai pundak (saya selalu membawa tas yg berat di pundak kanan). Tidak bisa menulis dengan cepat karena jari manis dan jari kelingking saya sakit kalau untuk menulis. Saya sudah melakukan fisioterapi .. namun, tidak begitu memuaskan. dan sekrang pundak saya bungkuk sebelah kanan sedangkan yg kiri normal. bangun tidur pun, dari pundak hingga tangan kanan terasa pegal.

    lalu saya pergi ke dokter syaraf. dokter tersebut tidak memberitahu sebenarnya saya sakit apa. Beliau hanya bilang ada pembengkakan sedikit di punggung kanan saya. lalu memberi obat
    Kadiflam 50mg
    Inhipraz 30mg dan
    nevradine E
    bengkaknya memang berkurang, namun sekarang sakit lagi .
    sebenarnya obat tersebut di atas buat apa ya dok ?
    2kali saya kesana, tapi obat yg diberikan sama..
    mohon penjelasan dan bantuannya dok
    terimakasih

  21. 55
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rochmatul Hasanah,

    Sebaiknya berhati-hati mengurutkan anak. Kenapa mesti diurut, indikasinya apa? Tubuh anak-anak masih jauh lebih sensitif dan kurang kuat dibandingkan jaringan tubuh orang dewasa. Jadi sebaiknya kunjungi dokter anak yang lain, karena belum ada perbaikan sejak ke dokter anak pertama. Pilih dokter anak yang handal dan teliti dalam memeriksa pasien, OK.

  22. 54
    rohmatul chasanah Says:

    siang dok.
    saya mempunyai anak umur 4 bulan. anak saya ini 2 minggu yang lalu tepatnya hari jumat habis diurut, tatapi setelah diurut tengah malamnya badannya demam tinggi dan besoknya leher sebelah kanannya tepatnya dibawah telinga membengkak. dan semenjak membengkak itu badannya selalu demam tinggi terus padahal sudah saya bawa kedokter spesialis anak cuma dikasih puyer dan tidak ada perubahan sampai dua minggu ini. saya binggung nih dok saya mohon bantuannya agar anak saya bisa sembuh sebaiknya saya bawa kedokter spesialis apa ya dok. terimakasih

  23. 53
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dodi,

    Bisa akibat diurut pada waktu yang lalu. Jadi sebaiknya pada paha yang bermasalah dikompres air hangat, agar aliran darah disana menjadi lancar. Dan bila terjadi radang, radangnya agar cepat ketahuan menjadi bisul atau abses.

  24. 52
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wiwit,

    Sebaiknya anda konsultasi ke dokter saraf. Berenang agak berisiko menurut pendapat saya. Keluhan anda tsb disebut HNP, gejala yang ditimbulkan oleh kompressi saraf lumbal. Semua obat dan usaha yang anda lakukan saya setuju, kecuali berenang.. Pls ask neurologist for that…

  25. 51
    wiwit Says:

    siang dok..maaf tanya dok.sy jatuh 10th yglalu ada compresi thorac 12 lumbal 1.sempet d reduksi dan pake gips 3bl.skrg sering kambuh.ngilu nyut2 bagian thorac bahkan skrg k lumbl 4 dan 5 deh.blm MRI sih.enaknya gmn ya dok??? dah fisioterapi tp ga bantu byk.sudah pake corset jg.minum arcoksia jg sudah.enakan sih abis minum obat tp tar 2hr sakit lg.obat yg aman dan murah apa dok..sy jg lagi coba berenang.oya sepertinya sdh ada iritasi daerah selangkangan agak baal dikit.tks dok

Pages: « 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe