En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

KAMPAIBEBEKCarpal Tunnel Syndrome (CTS), paling sering dikeluhkan oleh mereka yang banyak menggunakan otot-otot  pergelangan tangan dan jari-jari tangan, merupakan keluhan yang awalnya sangat sering disuarakan di negara Barat.

CTS merupakan salah satu dari kelompok gangguan saraf tepi yang disebut dalam bahasa medisnya  : compression neuropathy atau entrapment neuropathy.

Dengan semakin ngetrendnya pemakaian komputer di segala aspek kehidupan kita, maka CTS semakin banyak dikeluhkan para pengguna komputer terutama yang computer maniac. Apa dan bagaimana CTS sebenarnya ?

Lengan bawah dan jari-jemari tangan kita dipersarafi oleh nervus medianus dibagian tengah, nervus radialis pada sisis ibu jari dan nervus ulnaris dibagian sisi jari kelingking. Semua saraf tersebut mempunyai tempat tersendiri, diantara otot-otot dan tulang.

Pada CTS terjadi penyempitan ruang dimana nervus medianus biasanya berada. Sehingga saraf akan terjepit, mengakibatkan rasa kebas, kesemutan dan nyeri. Penyempitan ruang saraf ini, dapat disebabkan berbagai hal,  dan yang paling sering terutama akibat  edema atau pembengkakan jaringan.

Hal-hal  lain yang menjadi predisposing factors : kehamilan, radang sendi, hypothyroidism, amyloidosis, acromegaly, Diabetes Mellitus (DM) dan last but not least, gerakan pergelangan tangan yang berulang-ulang dan berlebihan seperti apa yang sering terjadi pada sekretaris pada umumnya dan pengguna komputer yang tergolong maniac.

Keluhan pada CTS berupa manifestasi dari gangguan fungsi saraf/nervus medianus, yaitu seperti : rasa kebas dan kesemutan pada ujung-ujung  ibu jari, jari telunjuk dan jari tengah. Keluhan tambahan bisa akibat penekanan pada saraf ulnaris sampai sebatas siku tangan yang terasa kesemutan, nyeri dan kaku.

Keluhan dapat juga terjadi akibat kompresi pada saraf radialis di lengan atas berupa lengan atas yang sakit seperti lumpuh dan sulit digerakkan, hal ini sering terjadi  bila salah posisi lengan pada saat kita tidur di malam hari sebelumnya. Keadaan ini disebut ‘saturday night palsy’.  Eeiit, jangan salah, bukan ‘saturday night fever’ filmnya John Travolta dan si cantik mungil Olivia Newton John, asal Australia.

Dari data statistik, penderita CTS lebih sering perempuan dibandingkan laki-laki. Dan sampai saat ini belum diketahui kenapa begitu, karena belum ditemukan jawaban yang memuaskan untuk pertanyaan itu.

Pada pemeriksaan penderita CTS, akan ditemukan kelainan histopatologik jaringan yang berupa ‘Morton neuroma’,  sejenis tumor jinak dari unsur saraf.

Terapi CTS biasanya berupa anti sakit/ analgesic, obat saraf/neurotropik berupa vitamin B1, B6 dan B12, serta untuk mengurangi pembengkakan jaringan diberikan anti-inflamasi dan yang paling penting sudah tentu kudu mengistirahatkan untuk sementara lengan dan jari-jemari sampai sakitnya hilang…

Popularity: 12%

Posted Friday, August 22nd, 2008 at 12:51 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

126 Responses to “Carpal Tunnel Syndrome, sering terjadi pada sekretaris”

  1. 1
    Berlian Says:

    ini salah satu penyakit langganan ku
    kerjaku 12 jam an di depan computer
    Sangat tidak nyaman, skarang ini kalau terlalu lama di depan computer malah kepala ku yang sakit (dibelakang kepala, mata lelah, pundak kanan kesemutan, lengan kebas).

    Tetapi setelah membaca tulisan bu Dokter “yang paling penting sudah tentu kudu mengistirahatkan untuk sementara lengan dan jari-jemari sampai sakitnya hilang…” :) aku jadi ingin ber backpacker ke bali. :P

  2. 2
    Dr. Sukma Says:

    OK, Berlian. Hurry up, pack your belongings and get start your vacation in Bali. Have a nice vacation..

  3. 3
    desi Says:

    halo dok……..
    suami saya berumur 26 tahun
    sudah 6 bulan ini suami saya menderita kekakuan di leher sehingga susah untuk menoleh ke kiri dan kanan.saya sudah bawa dia berobat ke dr.neurologist tapi mereka cuma mengatakan kalau penyakit suami saya hanya kejang otot. fisioterapi pun telah kami lakukan tapi berkali-kali konsul tak ada kemajuan dari penyakit suami saya.sekarang tangan suami saya sudah agak sulit untuk digerakkan dan berasa kesemutan.hasil ct scan kepala tidak menunjukkan adanya kelainan.dr.bilang penyakit suami saya stenosis spinal.mohon penjelasannya tentang penyakit tersebut,apa tindakan yang diperlukan selain operasi karena setau saya tingkat keberhasilan operasi saraf itu hanya fifty-fifty…
    terimaKASIH…

  4. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Desi,

    Stenosis spinal adalah penyempitan ruang pada tulang belakang. Ruang itu biasa dilalui saraf-saraf perifir yang mensyarafi leher, tangan dan kaki baik motorik maupun sensorik. Akibat ruang menyempit pada stenosis, maka saraf yang berada di ruang tersebut akan terjepit oleh tulang belakang disekitarnya.Akibatnya seperti yang anda tulis, leher kaku, tangan mulai sulit digerakkan tergantung lokasi ruang yang stenosis itu.

    Kalau boleh jujur, stenosis spinal ini termasuk penyakit yang sulit diobati. Andaipun dilakukan operasi, hasilnya kurang memuaskan-seperti yang anda tulis fifty-fifty kemungkinan berhasil-

    Mungkin bisa dicoba dengan menghangatkan lokasi stenosis, setiap kali ada kesempatan. Caranya dengan menempelkan ‘heating pad’ persis pada tulang belakang yang bermasalah. Mudah2an bisa menolong. Amien..

  5. 5
    inge Says:

    Salam Kenal Dok…
    Saya Inge, 24 tahun. Saat ini kehamilan saya menginjak 7 bulan 1 minggu. Selama 1 minggu ini saya merasakan ujung jari saya kesemutan dan pergelangan tangan terasa nyeri, awalnya hanya tangan kanan saja namun sekarang tangan kiri saya juga. Saya sudah konsultasi pada dokter kandungan saya, katanya saya harus banyak gerak. Padahal tiap pagi saya selalu jalan-jalan dan kegiatan saya juga padat, selain kerja saya juga masih kuliah. Apakah penyebabnya Dok? Mohon petunjuknya karena makin lama makin nyeri dan terus kesemutan, sehingga tangan saya susah untuk bergerak (menulis) .Terima Kasih.

  6. 6
    Dr. Sukma Says:

    Hai Inge,

    Salam kenal juga.
    Karena tekanan kehamilan yang semakin membesar, maka biasanya ada rasa kesemutan di daerah tungkai bawah/kaki akibat saraf perifir yang terjepit. Akan tetapi JARANG yang mengeluh pada tangan dan atau pergelangan tangan.

    Apakah anda seorang sekretaris atau banyak menggunakan jari-jemari tangan serta pergelangan tangan dalam bekerja sehari-hari? Bila iya, kemungkinan anda terkena Carpal tunnel Syndrome seperti judul tulisan ini.

    Anyway, sebaiknya dicoba mengkonsumsi anti-oxidant tinggi, seperti : makanlah buah CANTALOUPE yaitu sejenis melon yang kulitnya kasar agak tebal, berwarna kecoklatan. Daging buahnya warna oranye menyala/bright orange. Setiap hari minimal makan setengah buah itu.

    Tidak mengganggu kehamilan, bahkan berdampak positif bagi janin. Plus minum banyak green tea, semisal Nu green tea yang biasa saya minum.Rasakan dampaknya dalam beberapa hari sampai satu minggu. Insya Allah keluhan anda akan hilang sama sekali.

  7. 7
    inge Says:

    Hallo Dok,
    Menanggapi respon dokter, memang kerja saya banyak menggunakan jari-jari saya untuk mengetik. Namun saya agak kesusahan untuk mencari buah yang dokter maksud. Apakah buah tersebut umum dijual atau ada nama lainnya? Terima kasih.

  8. 8
    Dr. Sukma Says:

    Halo Inge,

    Anda berdomisili dimana ? Hampir disetiap supermarket dijual buah cantaloupe yang saya maksud.Mungkin namanya agak beda menjadi melon skyrockett atau lainnya. Yang jelas warna daging buah HARUS oranye dan kulit buah kasar kecoklatan, BUKAN halus kehijauan.

  9. 9
    imam Says:

    selamat pagi Dok,

    saya udah hampir setahun, jari saya susah digerakkan. awalnya kelingking, kalo bangun tidur, persendian di kelingking tidak normal..
    setelah itu diikuti jari manis (masih pada tangan yg sama). keluhannya sama, pas bangun tidur, jari-jari itu susah digerakkan, jika pun digerakkan harus agak dipaksa, dan terasa sakit.
    anehnya, yang kelingking sekarang sudah normal lagi. sekarang keluhan lebih berat ada di jari manis..

    1. apa keluhan saya ini termasuk carpal tunnel syndrome?

    2. selain mengkonsumsi anti-oksidant, apakah penggunaan balsem dan sejenisnya bisa membantu?

    terimakasih atas saran dan informasinya.

  10. 10
    Nika Says:

    Salam kenal Dok, nama saya Nika umur 32 thn, BB 48kg,tinggi badan 158cm. Di th 2005 saya mengalami kesakitan di telapak kaki sebelah kiri, rasanya spt tertusuk paku atau jarum, bengkak dan merah, sehingga dokter menyuruh saya periksa lab krn diduga asam urat. Tp tnyt semuanya normal dan bagus. Lalu saya ke 2 dokter syaraf dan saya disuntik semacam obat penghilang rasa sakit katanya, dan hasilnya malah lebih sakit dan bengkak. Saat itu saya memakai kruk tuk berjalan. Akhirnya saya mendapat info dari internet mengenai footcare yg bisa menolong mengurangi rasa sakit tsb, dan tnyt memang terbukti sampai sekarang. Tahun yg lalu, saya kenal dgn seorang dokter ahli bedah di kota saya, yg menyarankan saya tuk operasi, kata beliau, penyakit saya ini adalah Morton neuroma. Perlu diketahui waktu saya SMA, saya sangat aktif dgn kegiatan menari, di thn 92-95. Mungkin terjadi salah otot yg tidak terdeteksi di tahun tsb ya..Jd sesuai dgn artikel yg saya baca jg, bahwa efek dari itu akan timbul 10 thn kemudian. Apakah betul itu Dokter? Dan setelah saya baca banyak artikel dan coment dari org2 yg telah menjalani operasi (orang Barat pd umumnya) mrk mengatakan kalau setelah operasi tidak menyelesaikan masalah, malah lebih sakit drpd sebelumnya. Setelah saya baca artikel tsb saya jd takut, tp saya jg tidak tahan dgn kondisi kaki spt ini terus menerus. Krn saya ingin sembuh dan bebas dari rasa sakit yg saya alami ini. Mohon info nya ya Dok.. terima kasih sebelumnya.. Rasa sakit yg skrng ini tidak separah seperti yg dulu, tp rasanya tetap sakit apabila saya habis berjalan jauh ato kecapekan, dan berdiri terlalu lama. Dan sbg info jg, kaki saya yg sebelah kanan sepertinya sering sakit jg seperti pegal, apakah krn menanggung beban yg terlalu banyak ya?

  11. 11
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nika,

    Benar sekali. Saya setuju dengan diagnosis kaki kiri anda sebagai Morton’s Neuroma. Bersama dengan Carpal Tunnel Syndrome dan traumatic neuroma, Morton’s Neuroma termasuk dalam golongan TRAUMATIC NEUROPATHIES.

    Seperti namanya pada golongan penyakit ini terdapat GANGGUAN FUNGSI SARAF yang disebabkan trauma beruntun dalam jangka panjang pada satu lokasi yang sama. Saraf yang terputus bagian proximal/hulu akan mengalami regenerasi dan berusaha tersambung dengan bagian hilir. Bila saraf hulu gagal bertemu dengan saraf hilir, terjadilah massa saraf yang kusut tidak beraturan dan membengkak, menimbulkan kelainan yang disebut neuroma.

    Dibawah mikroskop terlihat bendel-bendel saraf yang membesar dan menebal berbaur dengan jaringan ikat padat.

    Bila kaki digerakkan untuk berjalan,maka bendel saraf tsb. terhimpit diantara jaringan padat tadi dan menimbulkan rasa nyeri yang amat dahsyat.

    Memang betul terapi Morton’s Neuroma kurang berhasil, meskipun sudah dioperasi. Karena serabut saraf sudah membaur rapat didalam jaringan ikat padat. So, satu2nya obat yaitu pain killer saat terasa nyeri.

    Keadaan ini mirip dengan prajurit yang bertempur dimedan perang, sering mengalami kecelakan pada kakinya dan disebut traumatic neuroma. Dari buku, terapi satu2nya pada traumatic neuroma bahkan amputasi tungkai yang terkena.

  12. 12
    Nika Says:

    Dokter, menyambung soal Morton neuroma lg.. apakah bisa penyakit ini di sembuhkan dgn akupuntur? Krn metode ini belum pernah saya coba. Saya mendapat info dr seorang teman yg cukup mengetahui akupuntur, bahwa tidak semua ahli akupuntur bisa mengetahui secara jelas syaraf2 di kaki. Apakah betul spt itu Dok?

    Seandainya saya tetap melakukan operasi, efek terburuk apakah yg bisa terjadi Dok? Dokter ahli bedah ini menganjurkan saya u/ MRI terlebih dahulu, u/ meyakinkan Morton neuroma ini letaknya dimana. Apakah akan kelihatan di MRI tsb Dok? Sy pernah rontgen tp tidak terlihat apa2 meskpun saat itu kaki saya sedang bengkak. Dan mengenai pain killer yg Dokter maksud ini seperti apa ya, obat atau obat gosok? Saya sempat diberi obat pain killer oleh dokter syaraf, tp sama sekali tidak terasa efeknya, entah kenapa. Malah semakin bengkak setelah disuntik. Saya sudah 2 kali ke dokter syaraf yg berbeda, tetapi hasilnya sama. Jd sampai skrng saya tidak pernah mau disuntik lg.

    Dan satu hal lagi DOkter.. saat ini saya hampir selalu memakai sleeve, yaitu pelindung kaki yg di bagian bawahnya ada silikon. Memang produk ini sangat membantu saya sehingga bisa beraktifitas kembali secara perlahan2 di thn 2006. Tetapi sleeve ini tnyt jg ada efek nya bagi otot2 atau urat yg lainnya, seakan2 urat2 yg lain menjadi tegang dan keras sehingga hrs di urut oleh tukang pijat, jd semacam dilonggarkan kembali. Kebetulan saya mempunyai tukang urut yg cukup mengetahui penyakit saya ini. Secara reguler, hal ini terjadi berulang-ulang, membuat saya jenuh sekali dgn kondisi spt ini.
    Di bagian pantat saya sebelah kiri, pernah jg sakit tak terhingga, spt tertusuk2. Sekitar thn 2006 hal itu timbul, jd setelah saya sakit kaki kemudian di bag pantat jg sakit. Sampai skrng kalo pantat saya disentuh di titik tertentu, sakit itu timbul lg. Sangat berbeda dgn yg di sebelah kanan. Apakah ini ada hub nya dgn Morton ya Dok?

    Maaf kalo pertanyaan saya ini banyak sekali ya Dok.. Karena sy sangat ingin tahu mengenai Morton ini. Dan tidak banyak Dokter yg bisa menjawab hal ini. Terima kasih banyak atas perhatiannya..

  13. 13
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nika,

    Akuupunktur boleh dicoba. Itu sangat masuk akal, karena akan mengaktifkan serabut saraf, lewat tusukan kedalam sel ganglion.

    MRI boleh dilakukan. Untuk melihat,apakah neuroma berbatas tegas, sehingga nantinya mudah dioperasi. Bila batas neuroma tidak tegas, operasi mubasir.

  14. 14
    Monika Says:

    Thanks Dokter atas jawabannya. Saya ingin menanyakan soal kaki yg kesemutan. Kemarin om saya cerita mengenai kakinya terutama di bagian telapak yg kesemutan sejak 6 bln yg lalu. Sempat cek ke Singapore jg tetapi tidak sembuh. Mungkin krn perbedaan bahasa sehingga tidak jelas segala sesuatunya ya.. akhirnya penyakit ini tetap berlanjut sampai sekarang. Ceritanya sih, kalau berdiri agak lama maka seluruh bagian telapak kaki itu kesemutan, sehingga lama kelamaan kaki menjadi lemas dan tidak bertenaga. Apakah penyakit ini Dok? Dan harus kemanakah om saya ini berobat? Terima kasih banyak atas perhatiannya.

  15. 15
    Dr. Sukma Says:

    Hai Monika,

    Sebaiknya paman anda dibawa berobat ke dokter saraf/neuroloog. Yang jelas keluhan itu termasuk neuropati perifir, yaitu gangguan fungsi saraf tepi yang mensarafi telapak kaki. Mungkin saraf terjepit di tulang belakang.

    Nanti harus diperiksa dan di test oleh dokter saraf. Sehabis hari raya Idul Fitri, cari dokter saraf yang bekerja di RSCM Jakarta, agar peralatan lengkap dengan dokter berpengalaman luas, serta RSCM sebagai RS pendidikan(teaching hospital).

  16. 16
    Eko Subekti Says:

    Selamat Malam Dok,

    Salam kenal Dok, saya eko, pria, usia 31th/BB 58kg/Tinggi 160cm. Sudah sebulan ini saya merasakan keanehan pada jari manis dan jari tengah tangan kanan saya, rasanya seperti kesemutan atau kebal dan di telapak tangan kanan saya kalau diraba permukaannya ada yang membesar seperti bengkak tapi kalau dipegang tidak merasa sakit. Ini saya rasakan sejak sebulan yg lalu setelah saya memperbaiki motor sendiri kemudian keesokan harinya baru saya merasakan kesemutan ini hingga saat ini sdh sebulan dan belum jg hilang. Saya sudah berobat ke dokter umum dan di beri obat Neurobion 5000 dan Lapibal 500 mg utk diminum 10 hr namun hingga obatnya habis rasa kesemutan ini belum jg hilang.
    Bagaimana dokter.. menurut dokter gejala apa yang terjadi pada saya? apa yang harus saya lakukan? apakah yang terjadi pada saya bisa disembuhkan dok? Kemana lagi saya harus berobat dok?
    Terima kasih dokter atas saran dan informasinya.

  17. 17
    Dr. Sukma Says:

    halo Eko Subekti,

    Kunjungi dokter saraf, agar dilakukan test pada saraf telapak tangan anda yang membengkak. Saya khawatir ada saraf yang terputus atau terjepit pada saat anda memperbaiki motor sendiri.

    Mumpung kejadiannya belum terlalu lama, sehingga kita harapkan masih bisa diatasi/dikoreksi kelaianan yang ada.

    Kalau ditempat anda tidak ada neuroloog, sebaiknya ke Jakarta sehabis hari raya sebentar lagi. Langsung ke RSCM ke bagian Neurologi Dewasa.

  18. 18
    Eko Subekti Says:

    Terima kasih dokter atas saran dan informasinya, nanti sehabis lebaran saya akan coba berobat ke dokter specialis syaraf di jakarta

  19. 19
    Dewi Says:

    Dear Dr. Sukma,
    Saya adalah seorang penerjemah yang bekerja di depan komputer sekitar 10-12 jam tiap hari. Dua hari lalu bahu kiri sampai lengan saya mendadak nyeri, lalu saya pasang koyo hangat, Alhamdulillah keesokan harinya pulih. Tapi sekarang saya merasa ada sedikit rasa kesemutan (tapi ringan sekali rasa kesemutannya, kadang hilang, kalau sudah di depan PC muncul lagi) dan ujung-ujung jari saya sebelah kiri bila dibandingkan sebelah kanan lebih berkerut (seperti kalau kelamaan di dalam air), tapi tidak terlalu parah. Apa kira-kira ini juga gejala CTS ya Dok? Solusinya bagaimana Dok? Terima kasih sebelumnya.

    Salam,
    Dewi

  20. 20
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dewi,

    Sepertinya anda terkena CTS. Kesemutan dan tangan kiri kelihatan seperti lama berendam diair.

    So,tidak ada jalan lain, kecuali anda harus ISTIRAHAT sambil melakukan fisioterapi lengan kiri anda dengan sinar infra-red.

    Bila anda abaikan keluhan anda saat ini, takutnya saraf yang terjepit akan atrofi dan akhirnya tidak berfungsi sama sekali. Keluhan anda itu cukup serious and pls pay attention for that. I am seroius…

  21. 21
    reza Says:

    dok kenpa sudah tiga minggu ini jari kelingking saya terasa kebas dok ? yolong di jawab!

  22. 22
    sapta Says:

    Dok ibu saya berusia 41 tahun.Ia seorang ibu rumah tangga yang cukup aktif sudah sebulan ini beliau sering merasa kesemutan dan kebas pada telapak tangan terutama bagian kanan dan pada jemari biasanya terasa setelah dipakai beraktivitas, ibu saya tidak biasa menggunakan komputer ada yang bilang itu gejala gula darah dan kolesterol tinggi, apa betul?terimakasih

  23. 23
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sapta,

    Sebaiknya ibunda dibawa ke dokter penyakit dalam. Agar diperiksa dengan teliti serta dilakukan pemeriksaan lab yang diperlukan.

    Kemungkinan diabetes bisa, hiperkholesterolemia juga mungkin. Check juga asam urat.

  24. 24
    Dr. Sukma Says:

    Halo Reza,

    Sorry ya, pertanyaan anda terlewatkan. Kelingking terasa kebas apakah anda memakai cincin yang KETAT di jari kelingking anda?

    Atau pernah tertindih dalam waktu lama disaat tidur pulas dimalam hari? Atau pernah digigit serangga seperti lipan, kalajengking, dll yang tidak anda sadari ?

  25. 25
    sulistiani Says:

    Assalamualaikum dok,
    Suami saya, 57 tahun, menderita pembengkakan gondok – sebelah kanan- (kelenjar tiroid) sejak kira2 3 bulan yang lalu. Kalau sedang stres bengkaknya bisa kanan dan kiri dan demam. Tapi setelah minum herbal bengkak yang disebelah kirinya mengecil tetapi bengkak di sebelah kanannya tidak. Semenjak itu pendengarannya yang sebelah kanan agak terganggu (agak sulit mendengar). Selain itu jari-jari tangannya bengkak dan sakit. Jadi setiap bangun tidur pagi dia harus menggerak-gerakkan tangannya keatas sambil mengepal (buka tutup) sampai bengkaknya berkurang. di tiap persendiannya (lutut, siku dan bag. persendian lainnya)merah agak kehitaman begitu juga bag. punggung tepatnya persis dibawah leher belakang.
    Sebetulnya apa yang diderita oleh suami saya dok, karena dari 2 orang dokter yang dikunjungi jawabannya tidak memuaskan. Salah satunya mengatakan bahwa penyakitnya termasuk jenis yang sangat jarang terjadi, hanya ada 1 dari 1 juta orang dan meskipun diobati kemungkinan tidak bisa sembuh.
    Saya mohon jawaban dokter, terima kasih atas perhatiannya. Semoga akan banyak dokter-dokter lain yang bersedia mendengarkan keluh kesah penyakit kami dan dr. Sukma beserta keluarga diberi kesehatan lahir dan batin oleh Allah Swt. Amiin.

  26. 26
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sulistiani,

    Semua keluhan suami anda disebabkan semakin membesarnya benjolan kelenjar gondok. Untuk mengetahui apa benjolan itu sebenarnya, HARUS dilakukan biopsi jarum halus/FNAB.

    Kemungkinan Thyroiditis Granulomatosa masih bisa, yang mana penyakit ini TIDAK PERLU dioperasi. Cukup minum obat selama 2 sampai 3 minggu.

    Nanti anda bisa konsultasi lagi, setelah ada hasil FNAB, OK.

  27. 27
    Haziq Says:

    dok, kenalkan saya haziq,adik saya semenjak tangannya terkilir ketika bermain bulu tangkis sering kaku pada pagi-malam hari. kaki juga begitu. Sakit di pergelangan tangan. Itu kenapa ya bu dokter?

    terimakasih banyak ya dok, saya berharap sekali dapat jawaban.

  28. 28
    Dr. Sukma Says:

    Hai Haziq,

    Untuk mengetahui pasti apa yang terjadi pada pergelangan tangan dan kaki adik anda, biasanya harus di rontgen.

    Secara logika, rasa nyeri itu disebabkan adanya saraf yang terjepit bisa oleh otot atau terjepit diantara tulang yang bergeser dari lokasi normalnya.

    Karena itulah biasanya kalau akan berolah raga, biasanya dilakukan ‘warming up’ dulu,agar otot-otot tidak ‘kaget’.

  29. 29
    Eko Subekti Says:

    Selamat siang Dok,

    Menindaklanjuti saran dokter, saya sudah periksa jari-jari tangan kanan saya ke dokter syaraf di rumah sakit terdekat.
    Setelah 3 kali saya periksa ke dokter syaraf kemudian saya mendapat rujukan untuk tes EMG pada tangan kanan saya ke RSCM Jakarta.
    Setelah tes EMG hasil dari tes tersebut saya laporkan ke dokter syaraf yang memberi saya rujukan dan menurut dokter syaraf saya menderita CTS stadium 1.

    Kemudian dokter syaraf memberi saya rujukan untuk berobat ke dokter fisiotherapy, tapi sebelumnya saya mau konsultasi dengan dokter sukma terlebih dahulu.

    Saya ingin menanyakan pada dokter sukma, apakah penderita CTS bisa disembuhkan tanpa tindakan operatif? karena saya takut sekali dengan operasi.
    Apakah CTS bisa disembuhkan dok? Pengobatan seperti apa yang efektif untuk penderita CTS? Apakah saya harus berobat ke dokter fisioteraphy atau ada alternatif lain dok?

    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas jawaban dan saran dokter.

  30. 30
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eko Subekti,

    CTS stadium-1 itu keadaan paling ringan dari Carpal Tunnel Syndrome.

    Sangat mudah disembuhkan, yaitu dengan melakukan fisioterapi sekian kali. Tidak perlu operasi.

    Jadi kunjungi dokter fisioterapist agar dilakukan penyinaran infra-merah pada lokasi tepat dari tangan dan lengan anda yang bermasalah.

  31. 31
    Eny Purwanti Says:

    Dokter, saya akhir-akhir ini mengalami keluhan di pinggul/ maaf bokong sebelah kanan. ketika saya duduk terus mau berdiri, di daerah tersebut rasanya sakit sekali, seperti ada yg terjepit, apa yang harus saya lakukan ya Dok ?
    Terima kasih

  32. 32
    Dr. Sukma Says:

    Hai Eny Purwanti,

    Sebaiknya anda kunjungi dokter saraf, kemungkinan terjadi saraf yang terjerpit pada sekitar bokong kanan atau pangkal paha kanan anda.

    Bila benar demikian, nanti anda akan dirujuk ke bagian fisioterapi untuk dilakukan penyinaran infra-red, sebanyak yang dibutuhkan.

  33. 33
    Fransiska Says:

    Maaf Dok, Saya juga mau bertanya, saat ini saya tinggal di Kupang NTT.Oktober yg lalu saya ke Surabaya. Menurut dr Syaraf di Surabaya, Saya juga mengalami CTS. Saya minum obat dan di sarankan memakai Splint Wrist Brace. Tetapi tidak banyak perubahan. Telapak tangan saya masih sakit, lengan saya terasa ngilu, dan Sudah 2 malam ini saya tidur kebetulan posisi tangan saya ke atas, waktu bangun tangan saya seperti tidak berasa. Saya angkat dengan tangan kiri lalu saya luruskan, baru terasa seperti darah mengalir di dalam nya, beberapa menit kemudian baru normal. Sebetul nya apa yang terjadi dengan tangan kanan saya ? Obat apa yang harus saya minum ? Atau terapi apa yang harus saya lakukan? Apakah bisa sembuh ? Terima kasih atas bantuan Dokter.

  34. 34
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fransiska,

    Pendapat saya memang benar anda terkena CTS, dari keluhan yang anda tulis.

    Biasanya terapi berupa obat neurotropik/penguat saraf, steroid dan anti-inflamasi atau painkiller.

    Tergantung berat ringannya bisa disertai pemanasan setempat dengan sinar infra-red dilakukan di bagian fisioterapi.

    CTS bisa sembuh, JIKA cukup waktu istirahat bagi lengan kanan anda yang bermasalah. Jadi untuk sementara waktu-bisa sampai satu bulan- tangan kanan anda diBREAK dari aktivitas terutama tulis menulis/komputer, sambil setiap hari diberikan pemanasan infra red dibagian fisioterapi, OK. Semoga berhasil..

  35. 35
    april Says:

    siang dok..
    saya mau bertanya. saat ini saya sedang menderita de quervain’s syndrom pada kedua lengan saya. hal itu berawal sekitar 4-5 bulan yang lalu. saat itu saya sedang hamil usia 8 bulan. awalnya saya tidak mengganggap serius ketika pergelangan tangan saya sakit. kata orang itu mungkin cma bawaan bayi. tetapi setelah melahirkan sakit saya bukannya hilang malah bertambah. terutama pada malam hari ketika saya terbangun untuk meyusui. saya lalu memeriksakan diri ke dokter spesialis syaraf dan dokter menganjurkan untuk melakukan pisioterafis tiga kali seminggu. selama lebih dari satu bulan saya melakukan terapi dengan menggunakan microwhelder/microradar dan ultra sound. tetapi tidak ada perkembangan yang berarti. memang ibu jari tangan kiri sudah mulai tidak terasa sakit pada siang hari, namun sering tiba-tiba macet dan sakit lagi ketika saya bangun tidur. sudah dua minggu ini saya berhenti melakukan terapi dan dua hari terakhir saya sudah kembali bekerja. o ya dok pekerjaan sehari-hari saya mengetik dengan komputer, dan itu dilakukan hampir 7 jam sehari. yang ingin saya tanyakan.
    1. apakah terapi yang saya lakukan memang bisa memulihkan keadaan saya seperti semula atau saya harus melakukan operasi?
    2. terafis menyarankan saya untuk mengistirahatkan tangan saya sesering mungkin dan kalaupun terpaksa harus digunakan harus menggunakan wrist brace. apakah hal itu memang membantu?
    3. apakah sakit yang saya alami berhubungan dengan pekerjaan?
    terima kasih atas bantuan dokter.

  36. 36
    Fatchur rahman Says:

    Malam dok.” saya mau tanya ni dok, bapak saya sering kali mengeluh kesakitan pada siku-siku lengan bagian kanan,, sewaktu ngilu/ nyerinya kambuh, bapak saya susah untuk mengerakan tangan nya dok,, kalau pun bisa ” itu terasa sakit yg luar biasa… Yg mau saya tanyakan,,!? Bagai mana cara penyembuhannya dok….?? Terima kasih..wasalam.

  37. 37
    Dr. Sukma Says:

    Halo April,

    Sorry saya kurang familiar dengan de Quervain’s Syndrome. I could not give you more information about that…

  38. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fatchur Rachman,

    Berapa usia ayahanda? Bila diatas 50 tahun, kemungkinan nyeri sendi itu adalah OSTEO ARTHRITIS (OA).

    OA adalah penyakit degeneratif akibat usia yang bertambah tua. Terjadi penurunan kondisi sendi tulang terutama lapisan tulang rawan. Akibat kurangnya pengganti sel-sel tulang rawan baru yang tidak seimbang dengan jumlah sel tulang rawan rusak/tua yang harus diganti.

    Pada OA terjadi kekurangan bahan dasar jaringan seperti kolagen tipe II dan proteoglycans. Kedua bahan ini biasanya dihasilkan oleh sel tulang rawan (chondrocyte).

    Obat terbaik adalah kapsul yang mengandung kedua bahan dasar/matrix jaringan tadi plus Chondroitin-sulphate.. Bisa dibeli di apotik besar : Guardian, Boston, Century atau Apotik Plus. Harganya mahal 600 ribuan per botol 60 kapsul.

    Alternatif lain adalah mengkonsumsi susu tinggi Calcium dan rendah lemak (HiLo), pilih untuk usia 51 tahun keatas(Gold).

    Susu khusus usia 51 tahun keatas ini selain rendah lemak dan tinggi Calcium, juga mengandung : glucosamine dan chondroitin yang diperlukan penderita OA.

    So, your dad should try this milk… Good luck.

  39. 39
    Ibu erista, depok Says:

    Selamat malam dok,
    Saya skrg berusia 30 thn, saya sudah lama merasakan sakit di ujung ibu jari dan jari telunjuk. Dan rasanya ke2 jari itu jg agak baal shg agak sulit utk menekan pulpen utk menulis. Telapak tangan kurang peka terhdp rasa. Setiap mata ada rasa ngantuk tangan kanan mulai kesemutan sprt tdk ada peredaran darah yg jalan. Pundak nyeri sekali sampai ke bawah ketiak. Skrg jari2 kaki kanan jg mulai kurang peka terhdp rasa. Penyakit ini sdh menahun dok. Saya sdh ke penyakit dalam dan dokter syaraf tp belom ketemu solusinya. Yg mau saya tanyakan,
    @ apakan saya jg terkena CTS?
    @ saya sebaiknya ke dokter apa?
    @ apa penyakit saya ini bisa disembuhkan dok?

  40. 40
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ibu Erista Depok,

    Pendapat saya ibu terkena CTS. Sebaiknya diperiksa ulang ke dokter saraf yang handal di RS besar dengan peralatan lengkap, agar bisa diperiksa secara teliti dengan test-test yang diperlukan.

    Kemungkinan rasa baal dan kesemutan di kaki kanan anda hanya subjektif sifatnya.Umumnya CTS tanpa gejala di kaki.

  41. 41
    Ibu erista, depok Says:

    Terima kasih dok, atas jawabannya.
    ada satu lg dok, mohon referensi dokter saraf yg bagus di jakarta.

    Sekali kali saya ucapkan terima kasih semoga dokter dan keluarga selalu dalam lindungannya.

  42. 42
    sony Says:

    selamat malam dok. kalau untuk mencari aalat wrsit support buat mencegah CTS itu namanya apa si dan mencari dimana ya biasanya thanks, apakah ada referensi?

  43. 43
    Dr. Sukma Says:

    Hai Stephanie,

    Sebaiknya anda kunjungi lagi dokter yang dulu (7 tahun lalu) memeriksa anda. Sebaiknya juga diperiksa ULANG EEG atau pemeriksaan fungsi otak yang hasilnya berupa grafik tsb. Segeralah temui dokter tsb. Agar cepat dapat diketahui dan kalau perlu ditanggulangi..

  44. 44
    melania Says:

    Siang ,dok sudah hampir 3 bulan jari kelingking saya pada lengan kiri baal,rasanya kencang,angkat barang bisa,tapi untuk gunting kuku jari kanan tdk bisa, saya sudah ke 3 dr syaraf terkenal di jakarta,dan sdh fisioterapi,terakhir saya dikasih obat diolon,dan obat racikan obat tenang,disuntik leher saya,krn katanya tegang,dan ke dr rehab,disarankan suntik meticobal dan laser,baru 1 kali,dan menurut hasil rontgen pada leher saya ada pekapuran ringan,tolong ya dok,thx

  45. 45
    Dr. Sukma Says:

    Hai Melania,

    Adanya perkapuran dileher bisa mempengaruhi dan menimbulkan rasa baal dijari kelingking kiri anda. Coba lakukan latihan jari-jemari anda dengan mengenggam bola pingpong yang diremas-remas dengan kelima jari tangan kiri anda. Lakukan setiap ada kesempatan, sambil nonton TV, dll. Minum vitamin neurotropik yang mengandung 3 macam vitamin Vit.B1, B6, dan B.12. Lama-kelamaan niscaya rasa kebas atau baal akan menghilang, perlahan namun pasti. .. Sehingga pada akhirnya rasa baal itu akan hilang sama sekali. Amien..

  46. 46
    melania Says:

    Bu,terima kasih banyak,saya sekarang minum neurobion 5000,cal 95,dan glucosamine.saya sudah cape ke dr.sekali lagi terima kasih,dan TUHAN berkati ibu.

  47. 47
    ika Says:

    malam dok,
    ayah saya berumur 50 tahun, keluhan nyei pada bahu kanan,leher kanan dan rasa lemah pada otot lengan kanan disertai hipestesia pada jari ke-4 dan ke-5.
    dia sering membawa beban berat d tempat yang sama dalam jangka waktu belasan jam.
    pada pemeriksaan dijumpai lengan bawah kanan dingin, denyut arteri radialis hampir tidak teraba.
    kira2 apa nama penyakit ini?
    apakah ini t’masuk penyakit kompresi klavikula?
    tolong diberi alasan yang kuat ya dk..
    dan bagaimana terapinya?
    terima kasih

  48. 48
    harry Says:

    maf saya mau tanya
    tangan kiri saya bagian lengan atas pernah jatuh dan bergeser tulangnya tapi sudah kembali seperti semula sudah setahun kejadiannya dan 2 minggu ini akibat tidur yg salah tangan saya jadi terasa sakit ‘seperti ngilu2 yang kadang ada kadang hilang tapi sakitnya bener2 ganggu aktifitas saya yang saya mau tanyakan apakh ada obatnya dan knapa dengan tangan saya ini mohon bantuannya????

  49. 49
    Dr. Sukma Says:

    Hai IKa,

    Iya benar. Akibat beban berat setiap hari selama belasan jam per hari, maka terjadi penekanan atau kompressi pada saraf disekitar gelang bahu dengan akibat sindroma kompressi clavicula.
    TERAPINYA ADALAH : STOP KEGIATAN YANG MENEKAN SARAF , minum obat neurotropik dan istirahat yang cukup. Seluruh lengan kanan (atas dan bawah) dikompres air hangat atau ditempelkan ‘heating pad’ agar aliran darah dibagian itu lebih lancar, membuat jaringan otot dll ditempat itu memuai atau mengembang, sehingga memberi kesempatan pada saraf yang tadinya terjepit menjadi lega, tanpa tekanan dari jaringan sekitar.

  50. 50
    Dr. Sukma Says:

    Hai Harry,

    Untuk amannya sebaiknya dilakukan rontgen pada lengan kiri anda yang terasa ngilu tsb karena mempunyai riwayat tulang bergeser diwaktu yang lalu.

    Bila hasilnya normal, artinya tidak ada pergeseran tulang, retak, dst. anda boleh coba dengan menghangatkan lengan kiri anda. Bisa dengan handuk hangat, atau menempelkan ‘heating pad’ atau disinar infra red dibagian fisio terapi. Sambil disertai dengan minum neurotropik semacam neurobion, vitamin saraf..

  51. 51
    wiwit Says:

    siang dok..maaf tanya dok.sy jatuh 10th yglalu ada compresi thorac 12 lumbal 1.sempet d reduksi dan pake gips 3bl.skrg sering kambuh.ngilu nyut2 bagian thorac bahkan skrg k lumbl 4 dan 5 deh.blm MRI sih.enaknya gmn ya dok??? dah fisioterapi tp ga bantu byk.sudah pake corset jg.minum arcoksia jg sudah.enakan sih abis minum obat tp tar 2hr sakit lg.obat yg aman dan murah apa dok..sy jg lagi coba berenang.oya sepertinya sdh ada iritasi daerah selangkangan agak baal dikit.tks dok

  52. 52
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wiwit,

    Sebaiknya anda konsultasi ke dokter saraf. Berenang agak berisiko menurut pendapat saya. Keluhan anda tsb disebut HNP, gejala yang ditimbulkan oleh kompressi saraf lumbal. Semua obat dan usaha yang anda lakukan saya setuju, kecuali berenang.. Pls ask neurologist for that…

  53. 53
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dodi,

    Bisa akibat diurut pada waktu yang lalu. Jadi sebaiknya pada paha yang bermasalah dikompres air hangat, agar aliran darah disana menjadi lancar. Dan bila terjadi radang, radangnya agar cepat ketahuan menjadi bisul atau abses.

  54. 54
    rohmatul chasanah Says:

    siang dok.
    saya mempunyai anak umur 4 bulan. anak saya ini 2 minggu yang lalu tepatnya hari jumat habis diurut, tatapi setelah diurut tengah malamnya badannya demam tinggi dan besoknya leher sebelah kanannya tepatnya dibawah telinga membengkak. dan semenjak membengkak itu badannya selalu demam tinggi terus padahal sudah saya bawa kedokter spesialis anak cuma dikasih puyer dan tidak ada perubahan sampai dua minggu ini. saya binggung nih dok saya mohon bantuannya agar anak saya bisa sembuh sebaiknya saya bawa kedokter spesialis apa ya dok. terimakasih

  55. 55
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rochmatul Hasanah,

    Sebaiknya berhati-hati mengurutkan anak. Kenapa mesti diurut, indikasinya apa? Tubuh anak-anak masih jauh lebih sensitif dan kurang kuat dibandingkan jaringan tubuh orang dewasa. Jadi sebaiknya kunjungi dokter anak yang lain, karena belum ada perbaikan sejak ke dokter anak pertama. Pilih dokter anak yang handal dan teliti dalam memeriksa pasien, OK.

  56. 56
    widia Says:

    dr. Sukma, saya seorang mahasiswa yang sudah 1,5 tahun ini tidak bisa menulis normal dengan tangan kanan saya (baru tahu, sepertinya saya terkena carpal tunnel syndrom). gejala di setengah tahun pertama, telapak tangan seperti kesemutan, lalu menjalar ke daging di atas tulang hasta dan sekarang sakitnya sampai pundak (saya selalu membawa tas yg berat di pundak kanan). Tidak bisa menulis dengan cepat karena jari manis dan jari kelingking saya sakit kalau untuk menulis. Saya sudah melakukan fisioterapi .. namun, tidak begitu memuaskan. dan sekrang pundak saya bungkuk sebelah kanan sedangkan yg kiri normal. bangun tidur pun, dari pundak hingga tangan kanan terasa pegal.

    lalu saya pergi ke dokter syaraf. dokter tersebut tidak memberitahu sebenarnya saya sakit apa. Beliau hanya bilang ada pembengkakan sedikit di punggung kanan saya. lalu memberi obat
    Kadiflam 50mg
    Inhipraz 30mg dan
    nevradine E
    bengkaknya memang berkurang, namun sekarang sakit lagi .
    sebenarnya obat tersebut di atas buat apa ya dok ?
    2kali saya kesana, tapi obat yg diberikan sama..
    mohon penjelasan dan bantuannya dok
    terimakasih

  57. 57
    Dr. Sukma Says:

    Halo Widia,

    Saya setuju dengan pendapat anda, bahwa kemungkinan anda menderita CTS (carpal tunnel syndrome).

    Obat2 yang telah diberikan ke anda adalah anti inflamasi atau anti radang dan pembengkakan dan vitamin saraf alias neurotropik. Habis obat, akan terasa lagi sakit dan nyerinya.
    Obat anti inflamasi sebaiknya JANGAN diminum jangka panjang dan terus-terusan, akan merusak hati dan ginjal. Sedangkan neurotopik seperti neurobion dapat anda konsumsi setiap hari dalam jangka waktu panjang, aman bagi organ tubuh…

  58. 58
    Ndari Says:

    Salam kenal,dokter sukma..
    Saya 27 th, baru melahirkan dg sc sebulan yg lalu. Kira-kira 2 minggu yg lalu sy merasakan kesemutan pd jari tangan kanan, yg lama kelamaan berasa tebal dan kebas, jg sebagian telapak tangan tangan. Keluhan ini muncul sejak sy sering menyusui sambil tiduran. Baru kemarin sy menyadari bahwa rasa tebal tsb terutama pd ujung2 ibu jari, jari telunjuk, jari tengah dan sebagian jari manis. Tp pergelangan tangan tidak terasa nyeri juga ujung2 jari tangan kanan tidak berkerut. sejak kemarin sy mengkonsumsi Neurobion 5000, Aspilet, Meloksikam dan Metyl Prednisolon. Pertanyaan sy:
    ¤ Betulkah sy kena CTS?
    ¤ Tidak berlebihankah obat yg sy minum (sy dpt resep dr klinik dekat rumah), sbg catatan sy masih menyusui, amankah bagi bayi saya, kmrn sy lupa bilang pd dokter klinik.
    ¤ Mengingat amat tidak mungkin sy mengistirahatkan tangan kanan sy (sy mengurus bayi sendirian), apakah butuh waktu lama untuk sembuh?? Sebab amat mengganggu sekali.
    Mohon saran dari dokter. Terimakasih atas bantuannya,dok.

  59. 59
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ndari,

    Saran saya sebaiknya minum obat yang diresepkan sampai habis (maximal 7 hari), kecuali neurobion yang boleh diminum dalam jangka waktu panjang.

    Biasanya CTS pada sektretaris, dll yang banyak menggunakan jari-jemari dalam aktivitas sehari-hari. Kemungkinan saraf anda ke jari-jari yang anda sebutkan itu tertindih atau kejepit pada pada saat anda sering menyusui sambil tiduran. Jadi bisa saja terjadi CTS.

    Sebaiknya kebiasaan menyusui itu anda tinggalkan dan mulailah menyusui dengan cara yang benar, jangan sampai lengan anda tertindih badan untuk jangka waktu lama. Agar CTS anda nantinya tidak berkepanjangan.

  60. 60
    peni Says:

    Selamat siang Dokter,
    Saya menderita nyeri pada pangkal paha sebelah kanan setiap saya bangun dari duduk di kursi maupun dari lantai apabila posisi duduk saya di lantai menyilang ke kanan. Sehingga saya harus diam berdiri sebentar sambil menekukkan badan saya untuk mengurangi rasa nyerinya baru kemudian bisa berjalan seperti biasa. Hal tersebut sudah saya derita hampir 2 tahun terakhir. Sebenarnya saya sakit apa, terapi apa yang harus saya lakukan dan kalaupun harus minum obat, menurut Dokter obat apa sebaiknya yang harus saya minum?
    Terima kasih sebelumnya atas penjelasan dan bantuan Dokter.

  61. 61
    Dr. Sukma Says:

    Hai Peni,

    Sepertinya saraf ke tungkai bawah/kaki anda yang kanan terjepit atau tertindih pantat anda pada saat duduk agak lama. Sebaiknya anda kunjungi dokter saraf. Anda dapat menyiasati dengan cara merubah posisi duduk setiap jangka waktu 5 menit misalnya. Agar bagian yang tertindih bergantian kanan-kiri dan tidak terus-terusan sebelah kanan. Minum neurobion dosis tinggi atau bubur kacang hijau setiap hari sebagai vitamin memperkuat saraf. ..

  62. 62
    autumn Says:

    dokter,

    tgl 8 mei 2010 lalu saya jatuh terduduk setelah di xray hasilnya adalah vert. lumbosacral agak melurus namun dari foto xray jelas terlihat adanya pergesernya tulang ekor dan adanya sedikit patahan (seperti terkikis) dipinggiran bagian bawah tulang duduk kiri.
    Saya sudah menjalani terapi TENS, SWD, traksi manual dan suntikan di daerah yg sakit dan juga memakai korset dengan 4 lempengan besi dibagian belakang tapi sampai hari ini saya masih merasakan sakit tertusuk dari pantat bawah kiri dan kadang2 menjalar rasa rasa seperti tertarik di hamstring dan sakit tertusuk di tumit kiri terutama jika duduk atau berdiri terlalu lama.
    Apa yang sebenarnya terjadi pada kaki kiri saya dok? dan apakah sakitnya bisa hilang? karena dokter orthopaedi dan dokter rehab medik menyatakan sakit akan menghilang dalam waktu 6 minggu.
    Terima kasih

  63. 63
    Dr. Sukma Says:

    Hai Autumn,

    Saya sependapat dengan kedua dokter tersebut dalam 6-8 minggu semua keluhan anda akan hilang karena terapinya sudah optimal dan mantap… Hilangkan rasa cemas dan pikiran negatif lain… So, just wait and see…

  64. 64
    raden Says:

    selamat malam dok saya mahasiswa FKG dijogja
    dok saya mau nanya jari telunjuk kanan saya kok beberapa hari ini getar sendiri truss yaa
    saya juga maniac games jadi tiap hari bisa ngegame sampe 7jam dan dimalam hari
    mksh dok

  65. 65
    Dr. Sukma Says:

    Hai Raden,

    Anda kan calon dokter gigi. Sebaiknya kurangi waktu anda untuk main game on-line. Sebab dengan durasi 7 jam per malam, itu sungguh too much buat calon intelektual seperti anda. Telunjuk kanan anda yang bergetar terus, itu sinyal bahwa saraf ke jari telunjuk anda sudah sangat exhausted, kecapaian untuk nge-click mouse… Jadi untuk kembalinya kondisi telunjuk kanan anda kembali normal, berhentilah sementara main game sekitar satu minggu. Setelah itu boleh main lagi, cuma batasi waktu main game on-line maximal 2 jam. Semoga berhasil..

  66. 66
    davin Says:

    Dear Dr.

    2,5 bulan yg lalu habis operasi patah tulang; fraktur distal radius, dan fraktur kominutif collum humeri kanan.

    Yang agak mengganggu smp sekarang rasa kebal/mati rasa di ketiga jari (ibu jari, telunjuk, jari tengah dan sebagian jari manis) belum juga hilang.

    Apakah ada cara bisa menghilangkan rasa kebal tesebut?
    Pergelangan tangan bawah masih terlihat bengkak, bagaimana cara bengkak ini bisa hilang? Sementara, saat ini saya harus menjalani theraphy untuk lengan dan pergelangan.

    Mohon advise
    Salam

  67. 67
    Dr. Sukma Says:

    Halo Davin,

    Rasa kebas atau kebal ditempat yang anda tuliskan memang baru akan membaik sekitar enam bulanan. Sel-sel saraf perlu pemulihan dan regenerasi serta penyambungan pada lokasi terjadinya fraktur/ patah tulang. Apa yang anda lakukan pada saat ini sudah benar dan agar diteruskan sampai tuntas sesuai anjuran bagian fisiotherapy atau rehabilitasi medis. Demikian juga pembengkakan, masih perlu waktu 2-3 bulan lagi agar bisa kembali ke bentuk semula. So, be patient…. Karena sabar itu dikasihani Allah…

  68. 68
    Rini Says:

    Dear Dr,

    Dari tahun 2004, kedua telapak dan jari-jari tangan kesemutan sampai menebal baik sedang beraktivitas ataupun tidak.
    Saya coba untuk mengecek darah lengkap di lab, hasilnya normal semua.
    Sebenarnya hal itu terjadi karena apa dan apa solusinya???
    Seandainya mau check up, ke dokter spesialis apa?

    Terima Kasih.

  69. 69
    ira Says:

    salam kenal dok…saya ira (20tahun) saya seorang mahasiswi…dok saya mau tanya tiap 10 menit sekali jari tangan dan kaki saya kesemutan sebelum saya merasakan kesemutan malamnya dada saya sesak dan terasa ada beban di bahu saya oh y sebelumnya saya jg merasakan tenggorokan saya sakit..apa saya menderita CST dok???gmna cara ngilanginnya..saya tdk punya riwayat penyakit kronis dok tinggi saya 156 dgn BB 52..trima kasih dok

  70. 70
    ferdy Says:

    Dear Dokter Sukma,

    Dok, ciri-ciri sakit apakah bila pinggang terasa capek dan betis kaki sampai paha (sebelah kanan) terasa panas (seperti kecabean)?

    Salam,
    Ferdy

  71. 71
    Dr. Sukma Says:

    hai Ferdy,

    Dugaan saya kemungkinan terdapat gangguan pada ginjal kanan anda… Bisa berupa batu ginjal atau infeksi saluran kemih bagian kanan… Coba periksa ke dokter penyaklit dalam agar diteliti dan mungkin perlu periksa lab. Darah lengkap serta Urine lengkap…

  72. 72
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ira,

    Pendapat saya keluhan anda BUKAN CTS. Jadi sebaiknya periksa ke dokter penyakit dalam dulu, bila diangga perlu nanti anda akan dirujuk ke dokter saraf…. OK.

  73. 73
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rini,

    Keluhan anda tidak ada kaitannya dengan hasil lab darah yang telah anda lakukan. Sebaiknya periksa ke dokter saraf, agar dilakukan test fungsi saraf yang terganggu tersebut.. Kemungkinan ada saraf yang terjepit, dll.

  74. 74
    nuno Says:

    halo dok, saya ada keluhan pada tangan kanan saya, ibu jari, telunjuk dan jari tengah selalu kesemutan udah 4 hari, di perparah jika bangun pagi telapak tangan kanan kaku, gak bisa menggenggam, klo di paksa menggenggam terasa sangat sakit sekali, malah jika menggunakan sikat gigi sudah sangat susah dan terasa lemah tanpa tenaga. saya berinisiatif menghangatkan tangan dgn air hangat dalam plastik, dan lumayan terasa agak nyaman. apakah saya terkena CST dok? oh iya saya sehari-hari bekerja dengan komputer. untuk ke dokter sy masih belum berani takut jika harus operasi, apakah ada solusi yg lebih baik dari anda dok? mungkin dengan terapi atau apalah, saya sangat butuh bantuan nya
    terima kasih

  75. 75
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nuno,

    Perkiraan saya anda memang terkena CTS. Apa yang anda lakukan itu sudah benar, dengan menghangatkan tangan dengan air hangat dalam plastik… Teruskan itu, karena fisioterapi juga prinsipnya menghangatkan lokasi saraf yang terjepit yang akan memuai sehingga lokasi itu terasa lebih longgar dan sarafpun seolah bebas dari himpitan….

    Saya tidak tahu obat lainnya, kecuali coba minum rutin vitamin neurotropik seperti : B1, B2 dan B6 yang biasanya dalam kemasan kaplet Neurobion, Alinamine dan sejenisnya… Minum 2x sehari sehabis makan pagi dan malam malam…. Bila bekerja didepan komputer sebisanya diseling jeda setiap 2 jam sekali selama 15 menit, sambil mengerak-gerakkan seluruh jari jemari seolah melakukan senam semua kesepuluh jari tangan anda kanan dan kiri……

  76. 76
    Reza Pribadi Says:

    Siang Dok,
    Anak saya laki-laki, umur 7 tahun. 26 Agustus dia mengeluh pusing dan disertai muntah. Saya kedokter dan diberi obat sekalian di suruh tes darah. Setelah makan obat, tidak pusing lagi. Tapi pas obatnya habis, kembali pusing dan disertai muntah. Kembali saya di suruh periksa darah, dan hasilnya :

    27-Aug-10 2-Sep-10 19-Sep-10
    Hemaglobin 14.30 14.2 13.7
    Eritosit 5.16 5.13 4.76
    Hematokrit 40 39 38
    Laju endap Darah – – 1
    Trombosit 586,000 683,000.00 493,000.00
    Leukosit 6,980.00 6,290.00 5,950.00
    Basofil 0 0 0
    Eosinofil 0 0 3
    Neutrofil batang 0 0 0
    Neutrofil segmen 63 57 45
    Limfosit 30 30 40
    Monosit 7 13 12

    Fibronagen
    Hasil – 287 –
    Kontrol – 232 –
    APTT
    Hasil – 34.9 –
    Kontrol – 35.9 –
    Masa Trombin
    Hasil – 17.9 –
    Kontrol – 19.4 –
    D-Dimer – 0.20 –
    PT & INR
    PT – 10.9 –
    Kontrol – 12.2 –
    INR – 0.98 –

    Gambaran Darah Tepi
    Eritrosit Tampak normokrom
    normositer, anisositosis
    Leukosit Jumlah cukup, tampak banyak monosit
    tidak ditemukan sel-sel muda. Tak ada
    kelainan morfologi
    Trombosit Jumlah meningkat, tak ada kelainan
    morfologi
    Kesan Sediaan apus darah tepi menunjukkan
    monositosis dengan trombositosis

    Saya juga diminta untuk MRI untuk mengetahui asal pusing tersebut dan hasilnya Sinusitis Maxillaris kanan dan sphenoidalis bilateral disertai hipertrofi adenoid.
    Setelah saya ke dokter THT dan diberi obat, anak saya sudah tidak pusing lagi.
    Pertanyaan saya:
    1. Apa arti dari anisositosis?
    2. Kenapa trombosit bisa tinggi sekali, kira2x apa penyebabnya ya Dok?
    3. Apa maksud dari Sediaan apus darah tepi menunjukkan
    monositosis dengan trombositosis?
    4. Apakah anak saya ada kelainan darah? Apakah bisa terkena Leukimia?

    Mohon penjelasan Dr. Sukma mengenai permasalah anak saya. Tolong ya Dok.
    Terima Kasih.

  77. 77
    Herman Funno Says:

    Pagi dok,

    perkenalkan saya herman, 37 tahun, tinggi 165 berat 70kg. Saya mempunyai keluhan begini dok, beberapa hari ini kalau bangun tidur pagi, otot2 tangan dan kaki terasa lemah, kaki susah di angkat. Paha kanan n kiri serta lengan atas terasa nyeri saat menekan untuk berdiri.
    Gejala apakah ini dok? Berbahayakah apa ini tanda2 stroke? Obat apa yg harus saya konsumsi?
    Terimakasih atas penjelasannya.

  78. 78
    yance Says:

    dok,

    Kedua ibu jari tangan saya sekarang sudah lama kalau ditekuk sakit. gara2 nya itu keypad HP saya keras jadi saya tekannya kan pakai jempol jadi sampai sekarang masih sakit.. tapi gak pernah saya obati. paling di urut saja

    kadang saya pengen bunyikan seperti kebiasaan saya bunyiin jari tangan dengan cara di tekuk. tapi sekarang mau di tekuk sakit..

    kira2 apa perlu diobati ya dok??

    Trims

  79. 79
    IIN Says:

    ISTRI SY MEMPUNYAI BENJOLAN SEBESAR KELERENG DAN BEBERAPA BENJOLAN KECIL LAINNYA DI LEHER SEBELAH KIRI YANG TIDAK NAMPAK TAPI TERASA KALAU DIRABA DAN BERGERAK , APKAH ITU PENYEKIT TBC KELENJAR KARENA BERAT BADANNYA TURUN SEMEJAK MELAHIRKAN SETAHUN LALU TETAPI ISTRI SY TETAP MENYUSUI HINGGA SEKARANG. APAKAH TIDAK BERBAHAYA BAGI ANAK SAYA, HARUS KEDOTER SPESIALIS APA ISTRI SY BEROBAT DAN APA TETAP BOLEH MENYUSUI, MAKANAN APA YANG TIDAK BOLEH DIKOMSUMSI DAN POLA HIDUP BAGAIMANA YANG HRS DIJALANKAN?

  80. 80
    Dr. Sukma Says:

    hai Yance,

    Sudah tahu awalnya karena keypad yang keras, kenapa nggak diganti aja keypad tsb? Padahal harganya kan tidak mahal…. Mudah2an kedua jempol anda masih bisa dikembalikan kondisinya menjadi normal seperti semula…

    Saran saya : istirahatkan kedua jempol tangan bermasalah tersebut selama satu minggu… Sambil minum obat neurotropik untuk memulihkan saraf yang bermasalah.. Bisa diminum Alinamin-F dan sejenisnya dengan dosis 2x sehari. Pagi dan malam sesudah makan. Dilengkapi dengan kompres hangat kedua jempol dengan handuk hangat atau jempol dicelupkan kedalam air hangat, 50-60 derajat celcius… Jangan lupa keypod bermasalah dibuang aja, ganti yang baru…. Semoga berhasil….

  81. 81
    Dr. Sukma Says:

    Hai Iin,

    Bisa TBC kelenjar atau lainnya. Tergantung hasil biopsi jarum halus (FNAB). Akan tetapi dari tulisan anda, kemungkinan besar penyebabnya radang TBC. TBC kelenjar biasanya tidak menular dan tidak ditularkan via air susu ibu (ASI). Jadi teruskan saja pemberian ASI kepada bayi anda.

    Sebaiknya ke dokter umum dulu minta dirujuk ke dokter spesialis PA(patologi anatomik), agar dilakukan FNAB terhadap kelenjar getah bening yang membesar tsb. Jawabanatau diagnosis FNAB kemudian dibawa ke dokter penyakit dalam untuk diberikan terapi/ ditindak lanjuti…

    Tidak ada pantangan makanan, justru pengidap TBC kelenjar harus makan dan minum yang bergizi tinggi seperti : susu, telur, daging, buah, sayur dan madu…. Pokoknya semua jenis asupan nutrisi berkwalitas tinggi, agar cepat dapat melawan dan menangkis infeksi kuman TBC…..

  82. 82
    Dr. Sukma Says:

    Halo Reza Pribadi,

    1. Anisositosis artinya ukuran atau besarnya sel darah merah tidak sama.
    2. Sekarang lagi ‘ngetrend’ trombosit jumlahnya lebih dari normal alias trombositosis. Biasanya disebakan adanya radang atau infeksi..
    3. Monositosis artinya sel-sel monosit jumlahnya lebih dari normal range. Biasanya monositosis juga disebabkan adanya infeksi (sinusitis) seperti yang anda tulis.
    4. Jangan khawatir… Anak anda TIDAK terkena leukemia… So, buang jauh kecemasan anda, and from now on start thinking positive always……..

  83. 83
    Dr. Sukma Says:

    Halo Herman Funno,

    Keluhan anda a bit weird for me… Namun bisa disimpulkan adanya gangguan saraf dan atau otot2 daerah tungkai anda… Pendapat saya, itu BUKAN stroke…. Namun sebaiknya anda periksa ke dokter saraf, agar diperiksa dan dilakukan test yang perlu dan mungkin juga dilengkapi dengan pemeriksaan lab elektrolit, dsb yang dianggap perlu…

    Jangan buang-buang waktu, sebaiknya SEGERA kunjungi dokter saraf dan berkonsultasi sampai tuntas, OK….. Jangan sampai menyesal nanti….

  84. 84
    yance Says:

    @ DOkter: saya kan masih punya masalah lambung dok, jadi gak bisa konsumsi obat2 neutropik gitu ntar malah kena juga. JAdi sementara di rendam2 air aja ya dok??

    Trims

    Yance

  85. 85
    erna Says:

    malem dok,
    saya mau tanya, setelah saya membaca artikel dokter tentang Carpal Tunnel Syndrome (CTS) saya jadi yakin kalo tangan kanan saya mnegalami CTS, nah untuk solusi n pengobatannya gmana ya dok soalnya dah sakit banget sampe2 kalo kerja saya harus menggunakan tangan kiri, apakah penderita Carpal Tunnel Syndrome (CTS)bisa sembuh…
    Mohon penjelasan dari Dr. Sukma mengenai permasalahan saya, Terima kasih…

  86. 86
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yance,

    Obat neurotropik tidak akan mengganggu lambung, apalagi diminum setelah makan…. Atau cukup direndam-rendam dalam air hangat, akan tetapi pulihnya lebih lama dan tidak pulih total….

  87. 87
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erna,

    Penderita CTS bisa sembuh, ASAL tangan yg bermasalah di-istirahatkan dari kerja rutin mengetik sebagaimana yang anda lakukan selama ini. Sambil dilakukan fisioterapi dengan sinar infra-red untuk menghangatkan sekalian mengurangi tekanan pada saraf yang terjepit. Plus minum obat vitamin saraf/ neurotropik….

  88. 88
    nuno Says:

    Halo dok, saya yg dulu pernah komen pada komentar ke 74 sebulan yg lalu, saya sudah ikuti saran dokter dgn minum neurobion rutin. saya juga sudah mengunjungi dokter neurologist dan dinyatakan terkena CTS, lalu saya diberika obat :
    -Lameson
    -Acran
    -Diflam
    - salep , voltaren gel
    setelah seminggu ada kemajuan, rasa sakit berkurang dan sudah bisa menggenggam tanpa kesusahan seperti sebelum nya,

    lalu saya mengunjungi lagi dokter tersebut lagi, dan diberikan obat:

    -Lameson
    -Acran
    -Megabal

    voltaren nya tetap pakai krn blum habis

    tapi sampai sekarang seperti tidak ada perubahan lagi, walau pun sudah tidak begitu sakit, masih ada rasa kebas pada ketiga jari (ibu jari, telunjuk, jari tengah))

    dokter tersebut pernah mengatakan jika tidak mempan dengan obat, maka bisa di suntik, jika gak mempan jg harus operasi.

    saya mohon saran nya dok apa yg harus saya lakukan? jika memang harus di suntik, kira2 seperti apa gambaran nya

    TErima KAsih

    Nuno

  89. 89
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nuno,

    Jujur CTS tidak mungkin akan pulih total, seperti sediakala. Jadi dengan terapi yang telah diberikan itu pendapat saya sudah cukup bagus dan bisa diterima… Bila terpaksa harus disuntik, maka akan terjadi ketergantungan artinya harus selalu dan reguler disuntik dengan obat anti-inflamasi semacam cortison/corticosteroid. Saya berpendapat disuntik akan jauh lebih menyakitkan dan secara periodik harus disuntik. Sedangkan hasilnya mirip atau tidak lebih bagus dari yang anda rasakan sekarang ini dengan minum obat2 disertai ointment (voltaren) yang bekerja sebagai pain killer topikal/setempat.

    Apalagi dengan operasi, saya paling anti. Karena sampai saat ini termasuk pun di LN, operasi CTS dengan membebaskan saraf dari jepitan jaringan sekitarnya adalah prosedur yang sulit complicated dengan tingkat keberhasilan yang rendah. Ditambah lagi beya operasi yang luar biasa mahal, karena operasi tsb termasuk ‘micro surgery’ yang harus menggunakan mikroskop pada saat/selama operasi berlangsung, untuk melihat serabut saraf yang sangat halus yang akan dibebaskan…. Analog dengan operasi penyambungan pembuluh darah, contohnya…

  90. 90
    kompyang Says:

    Salam dokter,
    saya sering mengalami kesemutan pada jari2 tangan kiri kadang telapak tangan ( isi terjadi saat tidur aja ) tapi tidak terasa berat, dulunya memang sempat dari lengan, tapi sekarang cuman sekitar jari2/telapak tangan saja ( itupan pas tidur malam ) saya sudah rontgen hasilnya spasme spastic pada leher kiri, kata dokter saraf, memang pengaruhnya dari lengan sampe jari2, tapi sekarang yg masih terasa cuman di jari2 saja,yg di lengan sudah mendingan,dokter tidak memberikan obat ( dulu pernah di kasih diasepam, lamezon, dan sumagesik ) tapi setelah saya di suruh therapi saya tidak di beri obat, terapi saya lakukan adalah fisiotherapy dan akupunktur, ya setelah therapi memang agak mendingan tapi kenapa butuh waktu lama?? apakah ada obat/vitamin yang dokter sarankan? oya sebelumnay dokter sempat meresepkan neurobion, apakah sudah tepat?? sekarang saya masih tetap akupunktur, berapa lama biasanya butuh waktu kesembuhan untuk kasus seperti saya?

    terima kasih

  91. 91
    Dr. Sukma Says:

    Halo Kompyang,

    Kelainan spasme spastic seperti yang anda alami memang butuh kesabaran dan pengobatn lama agar bisa sembuh mirip seperti sediakala. Saran saya teruskan fisioterapi, akupunktur dan minum obat neurobion terus2an secara rutin setiap hari. Karena neurobion tidak berbahaya dan sangat diperlukan oleh saraf apalagi yang sedang bermasalah seperti kasus anda.

    Terapi seperti itu bisa tahunan, satu sampai dua tahun tergantung reaksi tubuh seseorang dan luasnya lesi atau daerah yang mengalami spasme spastic tsb…. So, be patient…..

  92. 92
    Anonymous Says:

    Dok,, saya mau tanya dong,,
    kalo misalnya tangan terjepit itu bisa bengkak penyebabnya karena apa ya??
    makasii,, ;) hehehee

  93. 93
    Bpk Basuni Says:

    Saya pernah diendoskopi(lambung aja tp tdk smp turun ke usus)bln juni 2010,dng keluhan maag,sendawa n cegukan g berhenti2 dan sering,hasil endoskopi kata dokter ada semacam luka spt parutan2 dlm lambung sy,dan sy diinjeksi obat OMZ ama antibiotik ITZOL(itraconazole)dan lama tdk ada keluhan lg,selang 2 bln penyakit tsb muncul lg dan sy minum obat Omeprazole untuk meredakan tanpa antibiotiknya,tp keluhan sy skrng pernah sekali saja muncul BAB berwarna merah(sptnya bercampur darah),kerongkongan terasa kering dan susah menelan makanan kasar,n diatas anus dan sekitar pinggang terasa keras dan nyeri(rasa itu muncul krn skrng BAB sy susah dan sy sering mengejan kuat2 saat BAB),apa sy perlu minta endoskopi lg krn sy takut kemungkinan polip usus atau kanker,tumor dsb mengganggu kesehatan sy,thx atas advis dokter,

  94. 94
    Tya Says:

    Selamat malam dokter sukma,saya ingin bertanya,mama saya sudah 3 bulan mengalami kesemutan dibagian tangan hingga mati rasa,kami sudah berusaha pergi kedokter hingga berkali-kali untuk konsultasi,namun tiap dokter yg kami datangi selalu memberikan keterangan yg berbeda-beda tentang penyakit yg skrg diderita oleh mama saya,ada yg bilang rematik,ada yg bilang Carpal Tunnel Syndrome,obat dan terapy sdh kami usahakan untuk mengurangi rasa sakit yg diderita mama saya,namun hasil’ny sampai saat ini belum nampak,bahkan skrg kedua tangan mama saya digunakan gerak sdkt sdh terasa sakit,mohon info’ny untuk pengobatan yang tepat untuk kesembuhan mama saya(untuk skdr info,stlh dicek asam urat,darah tinggi smua normal)

  95. 95
    Donni Saputra Says:

    Halo Dr. Sukma

    Dok, jari kelingking dan jari manis saya sulit digerakkan dan telapak tangan seperti tebal dan kesemutan. Saya sdh periksakan Gula darah dan asam urat ttp hasilnya normal. kemungkinan saya terkena CTS melihat ciri2nya. Saya sudah baca artikel dan bbrpa saran mengenai obat yg ingin saya tanyakan bagaimana dengan terapinya??

  96. 96
    mega Says:

    Malam Dokter,
    sudah sebulan ini ujung-ujung jari tangan kiri saya sering terasa nyeri,perih2,kadang nyut-nyut.Kadang cuma jempol,kadang jempol dan telunjuk,kadang kelingking saja. Rasa nyeri itu bisa hilang timbul.kalau lagi sakit,jari saya gak bisa dipakai,bahkan untuk sekedar cuci tangan pun,rasanya makin perih.Saya sudah fisioterapy bbr kali, sudah urut juga,tapi gak sembuh.Saya bingung mau gimana.Sebenarnya dokter,saya punya diagnosa sendiri,kalo saya ini kena CTS.Karena rasa perih,nyeri yang skg saya alami ini,persis sama dengan yg prh saya rasakan di jari2 kanan saya,persis diujung-ujung jari juga. Waktu itu ada 1 tahun saya sakit.sudah berobat ke banyak dokter saraf,dikasih obat antibiotik malah(pernah diduga kena baktery streptococus wkt itu gara2 dokter saraf suruh cek lab,asto nya positif).Bukan cuma mkn obat aneh2,juga udah pernah suntik bbr kali.Semua cuma nyembuhin sementara.Obat habis,sakit lagi.Saya sampai putus asa wkt itu.Sampai akhirnya saya mencoba cari dokter lain lagi.Dan akhirnya terpaksa menerima saran beliau,saya harus operasi di tangan untuk membebaskan saraf terjepitnya.Karena saya sudah capek berobat,juga udah takut makan obat(efek samping dari obat2 itu saya takut dokter),juga udah habis banyak biaya gak ada yg nyembuhin,maka saya pun menjalani operasi tsb,akhir january 2011 kemarin.
    Baru saja saya bisa bernapas lega sembuh,tiba2 mimpi buruk itu datang lagi.Tiba2 saja jari2 tangan kiri jadi nyeri2,perih,nyut-nyut.Saya stress dokter.Kok alami lagi kasus seperti ini?Saya konsul by phone dengan dokter bedah tulang yg kmrn mengoperasi saya.Maksud saya,kan yang kiri baru 1 bulan nyeri,apakah bisa sembuh tanpa bedah?Karena jujur,saya sangat takut,sakit prosesnya,juga biayanya mahal.Tapi beliau berkata,nanti jika terbukti cts,maka harus operasi lagi.Karena gak ada obat/suntikan apapun yg bisa menyembuhkan cts,semua cuma sementara,hanya operasi satu2nya jalan.
    Bagaimana ya Dok,kira2 apa yg harus saya lakukan?
    Ke dokter saraf mana yg bagus tapi tak mahal,yg bisa menyembuhkan saya tanpa operasi?Saya agak takut berobat ke sembarang dokter saraf,karena udah pernah pengalaman jadi kelinci percobaan makan obat mulai dari antibiotik sampai anti virus.Apakah dokter bisa membantu saya?Oya,saat ini saya komsumsi enervon C(punya kandungan vit B juga yg bagus buat saraf) dan OMEPROS(Suplemen kesehatan omega dan DHA).Atas jawaban dokter,saya ucapkan terima kasih.

  97. 97
    iga Says:

    Selamat siang dokter sukma
    Saya punya keluhan bahwa kaki dan tangan kiri saya gampang sekali kesemutan, dan 3 hari ini saya merasakan dibagian kiri kepala saya ,tepatnya diatas telinga suka seperti ada kutu jalan atau merambat … Namun beda rasanya seperti kesemutan di kaki , ini hanya seperti kutu sedang jalan ….. Dan punggung ,leher saya agak kaku … Nyeri sih tidak tapi agak pegal saja ,, kira kira saya terkena gangguan apa ya ??? Terima kasih sebelumnya

  98. 98
    fenty Says:

    malam dok, jari telunjuj ayah saya tiba2 nyeri dan pada akhirnya bengkak.. padahal jari-jarinya tidak terkena benda taja. apa itu termasuk gejala CTL jg dok??

  99. 99
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fenty,

    Sayang anda tidak menyebutkan berapa umur ayah anda. Kalau usia diatas 45 tahun, maka kemungkinan rheumatoid arthritis, asam urat tinggi, dll. Sebaiknya diperiksa ke dokter penyakit dalam.

  100. 100
    juliana ibrahim Says:

    malam dok…
    saya juli,22 tahun. akhir2 ini tangan saya sering sekali bergetar seperti orang yang terkena parkinson,tidak hanya tangan bahkan kaki jg sering bergetar jika saya menaiki motor,kakinya suka bergetar sendiri.
    beberapa hari ini lengan bagian atas saya sakit sekali, belum sembuh walaupun sudah saya urut2,tangan saya juga sering kesemutan pada saat tidur,jika bangun terasa sakit, dan tangan saya harus digerak2 kan terlebih dahulu biar rasa kebasnya hilang.
    apakah itu termasuk CTS?
    apa perbedaan kandungan antara neurobion dengan voltaren?

  101. 101
    TANTI Says:

    Siang dok saya umur saya 31 tahun, saya mempunyai keluhan jari tangan kanan saya nyeri sekali kalo untuk pegang pulpen pisau or benda – benda ringan. Jari manis kanan saya sudah beberapa bulan ini kaku kalo bangun tidur. kalo saya baca CTS rasanya gejalanya sama seperti yang saya rasakan. sudah beberapa kali ke dokter dan di kasih obat tapi tidak ada perubahan. Adakah saran obat apa yang harus saya minum.

    tks

  102. 102
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tanti,

    Rata2 CTS memang lama sembuhya. Dan sering kambuh lagi bila kembali bekerja berlama-lama didepan komputer. Karena saraf yg terjepit akan kembali terjepit bila jaringan disekitarnya membengkak akibat digunakan dl mengetik, dsb.

    Penyembuhan bisa diperpendek dg mengistirahatkan tangan tersebut untuk jangka waktu minimal satu minggu . Sambil minum pain killer, anti-inflamasi disertai fisioterapi rutin. Jadi memang harus bersabar.

  103. 103
    Margaretha Says:

    Malam Dok,
    Saya Margaretha, usia 36 tahun.
    Tadi malam saya tidur dengan posisi miring ke kanan dan tangan kanan menopang pipi. Pada saat bangun pagi tiba-tiba ibu jari dan telunjuk tangan kanan saja terasa kesemutan dan kebal (“baal”) hingga saat ini. Apakah itu juga merupakan gejala CTS? Jika ya, bagaimana terapinya?
    Saya juga minum vitamin glucosamine sulfate complex 1000 (untuk persendian) secara rutin. Apakah ini dapat membantu penyembuhan CTS juga? Terima kasih atas perhatiannya ya dok… salam.

  104. 104
    conni Says:

    Hi Dok,

    Saat ini saya berumur 44 tahun. Kira-kira 4 tahun lalu saya pernah jatuh terpeleset dalam posisi terduduk. saat itu saya langsung rongent dan hasilnya tulang lumbal 4 saya sedikit miring tapi saat itu saya biarkan.
    1 tahun berlalu, saya mulai merasakan sedikit tonjokkan di bawah payudara sebelah kanan saya, saya tidak tahu penyebabnya apa, saya berfikir akibat dari jatuh saya tersebut. saya sudah coba dengan pijat urut, dan makan obat seperti daun teratai namun tidak ada hasil. dua tahun lalu saya pernah CT scan Abdomen, namun semuanya baik-baik saja. saat ini punggung sebelah kanan saya mulai membengkak, tidak ada rasa nyeri tapi saya jadi mudah lelah. saya pernah mengikuti terapi chiropratik selama 3 bulan, ada sedikit hasil namun bengkak masih tetap ada. Saya disarankan dokter saat itu untuk melihat penyebab pembengkakkan dengan MRI, namun hasilnya juga Normal.
    Saya bingung dok, apa yang harus saya perbuat. Saya takut ada tumor, apakah tumor akan terbaca lewat MRI? apa yang harus saya lakukan saat ini. Mohon suggest. Thank you in advance.

  105. 105
    Dr. Sukma Says:

    Halo Conni,

    Pendapat saya anda tidak mempunyai masalah kesehatan. Apa yg anda rasakan saat ini hanyalah subjektif karena pola pikir yg salah dan terlalu cemas. Hal ini disebut psikosomatis. Karena itu mulai saat ini berpikirlah posiitif dan anda dalam keadaan sehat. Buang jauh2 semua kecemasan anda dan saya yakinkan tidak ada tumor dlm tubuh anda.

  106. 106
    erminayu Says:

    saya ibu ayu 39 thn, sejak thn 1998 saya mengalami kesemutan pd tangan kanan sampai skrg. hingga pada tahun 2008 dibawah ibu jari tgan kanan saya mengalami pengecilan otot sampai bolong. hingga akhirnya dithn 2009 tangan kanan saya selalu disuntik setiap 3 bln sekali. pada thn 2010 bulan mei lalu dianjurkan dokter untuk operasi, saya lakukan itu atas saran dokter bedah saraf. operasi ligamentum namanya. tapi setelah operasi, 6 bulan kemudian tangan kanan saya kembali kambuh semutan 24 jam bahkan sampai terasa seperti nyetrum dan menular ke tangan kanan. saya bingung dan sedih apa lagi yang hrs saya lakukan kalau nantinya tangan kanan ini tidak berguna lagi.saya butuh sekali masukan dari dokter baik itu pengobatan dari dokter ataupun herbal, terapi. terimakasih.

  107. 107
    Dr. Sukma Says:

    Halo bu Ayu,

    Sebaiknya rutin minum neurobion 2x 100 mg setiap hari. Mungkin disaat nyeri yang hebat, perlu dilakukan fisioterapi/ diathermi dg menggunakan sinar infra red. Untuk itu kunjungi bagian fisioterapi atau URM/ unit rehabilitasi medik.

  108. 108
    eko susatiyo Says:

    Siang Dok, saya berumur 39 th, saya bekerja kurang lbh 5 thn dibagian administasi (tukang ngetik singkatnya) mengalami kesemutan dan rasa kaku serta tidak adanya tenaga pada jari2 kedua tangan saya. Hal ini sudah berlangsung 1 bulan, Sekarang rasa kesemutan ini menjalar ke kaki saya. Apakah ini termasuk penyakit CST? Terimakasih sebelumnya.

  109. 109
    Rusdi Says:

    Sy seorang pembuat roti dan kue,,knp jari kelingking saya mati rasa dan jari manis saya sulit diluruskan..
    Antara ruas telunjuk dan jempol smakin kecil…
    Kmn sy harus berobat??
    Kebiasaan apa yg hrs sy lakukan agar telapak tgn kanan sy kmbali normal??
    Thanks.

  110. 110
    citra Says:

    dok, sy berumur 27 thn, sudah 3 hari ini tangan kanan saya, dari bahu hingga tangan kanan terasa nyeri dan pegal-pegal. itu kenapa ya bu dokter?

  111. 111
    Jusuf Says:

    Halo Dokter SUkma yang baik…
    saya pria, 27 tahun, mengalami kesemutan sudah 4 hari ini, di bagian betis sampai ujung kaki dan lengan tangan. sudah minum neurobion 2 hari ini, tapi masih saja. sudah pijat juga tapi tetap.
    saya memang bekerja dengan komputer, setiap malam saya mengetik. hidup saya untuk mengetik dan dari mengetik.
    oya, sebelumnya saya juga sering kesemutan menjelang tidur.
    mohon nasehat dan pencerahannya ya? apakah ada obat tradionalnya?
    terimakasih banyak aas kebaikannya.
    salam

  112. 112
    Syaiful Says:

    Dokter sukma yg terhormat, saya baru menjalani operasi CTS, namun sudah 3 bulan lamanya belum sembuh dan jari2 saya kecuali kelingking dan telapak tangan saya serasa tebal namun masih bisa mengepal. Yang ingin saya tanyakan, apakah saya bisa sembuh? Kalau saya bisa sembuh, bagaimana pengobatan dan terapinya? Trima kasih.

  113. 113
    Lia Says:

    Bu dokter, jari jari saya sring kali sperti mengeluarkan aliran listrik.. Sepeti menyentuh pintu mobil.. Bahkan pernah saat sy menyentuh pipi anak saya tiba tiba berbunyi sperti kesetrum sampai anak sy juga kaget.. Apa penyebabnya ya dokter.? Dan bagaimana menghindari nya.. Terima kasih banyak ya bu dokter..

  114. 114
    hartawan witjaksono Says:

    Dokter yang terhormat, saya pria berusia 63 tahun , 10 tahun lalu dibawah jari telunjuk saya sulit bergerak kalau
    digenggam dan dibuka kembali rasanya sakit sekali , juga dipergelangan tangan kiri saya lalu saya ke seorang dokter
    katanya mungkin reumatik , lalu disuntik ditulang bawah
    jari tengah saya , rasanya sakit sekali , sampai mau pingsan , kata dokter itu 12 hari lagi saya sembuh dan
    setelah 12 hari ya memang sembuh bertahap dan tidak pernah sakit , tapi dokter beberapa hari lalu penyakit itu kambuh lagi sampai sekarang , pertanyaan saya adalah
    sementara ini saya minum obat new skelan , apakah obat
    ini tepat untuk penyakit saya ? , atau apa boleh saya
    fisioterapy atau tusuk jarum ? atau memang saya harus
    disuntik seperti masa lalu ? maaf dokter sebab untuk berobat disuntik itu saya harus pergi kesebuah kota yang
    cukup jauh kira kira 900 km dari rumah saya , atau
    ada jalan lain dokter , kecuali operasi sebab saya
    tak mampu biaya operasi , terima kasih dokter

  115. 115
    Marfu'atun Says:

    Nama Saya Marfu’atun,Usia Saya 40 Tahun,saya sering merasakan kesemutan, pegal-pegal ditangan ketika tidur miring dan tangan terdindih,Tapi Setelah bagian bahu dan lengan dipijat biasanya berkurang/sembuh,apakah itu juga termasuk penyakit CTS atau mungkin termasuk gejala-gejala awal penyakit CTS?lalu bagaimana cara penyembuhannya,bila termasuk penyakit tersebut.

  116. 116
    elvin Says:

    Dok tangan kanan saya jari2 sering kesemutan terutama jari kelingking manis dan tengah…kadang tgn kiri jg begitu dok..dan ini terjadi ketika bangun dr tidur…dan masih terasa hingga seharian tapi tidak terlalu terasa..yg terasa kesemutan nya pagi hari dok…kira2 gejala penyakit apa ya dok..saya berumur 34 tahun baru melahirkan 1.5 bulan yg lalu..sebelumnya saya ucapkan terima kasih dok…

  117. 117
    asyifa Says:

    bu dokter,kenapa ya jari telunjuk saya yang sebelah kanan berubah menjadi berwarna kuning ? dan warna nya tidak hilang-hilang ! tetapi jari-jari saya yang lain tidak berwarna kuning ! warna kuning nya itu hingga ke kulit dekat kuku yg paling bawah !

  118. 118
    chong seng Says:

    dokter tolong saya, sekarang ini saya di vonis mau dipotong jejari saya tapi saya tak ada diabetis cuma nanah merebak di ujung jari dan sudah bersih tapi dokter kata tulang sudah merebak jadi harus dipotong , apakah bisa makan obat saja biar tumbuh tulang kembali dan tak usah dipotong? TQ

  119. 119
    rhini marini rhiiny Says:

    dok,tangan sya sering kram ,kaku dan dingin di saat bersamaan .
    kira2 itu penyakit apa yah dok?

  120. 120
    nelly Says:

    Siang dok saya nelly mau tanya tiap kali tangan kiri dan kaki saya tertekan saya merasakan kaki dan tangan kesemutan ngilu tp kl sdh tdk tertekan lg kaki dan tangan saya ga kesemutan saya sdh k dokter syaraf dikasih obat neuraxon tp kesemutan ttp ga hilang2 kira2 saya pya penyakit apa ya?dulu riwayatnya saya sering melakukan diet apa dan minum nutrisi tubuh herbalife utk diet apakah efek dari itu?mohon penjelasannya dok saya khawatir makasih

  121. 121
    ika wahyuni Says:

    ass… dr sukma.nama sy ika usia 30th.sdh 5 bln ini sy menderita sakit maag n bln agustus 2012 di endoskopi.tnyt ada erosi di lambung saya.skr masih dlm pengobatan.tp 3hari ini daerah tulang rusuk dekat ulu hati terasa sakit sewaktu digerakkn.kira kira knp ya dok? mhn jwbny n terima kasih

  122. 122
    novi Says:

    dokter sukma yang terhormat. dok tante saya mengeluh apabila pergelangan tangan dan kaki sering nyeri terutama saat bangun tidur. kira kira ada apa dengan tante saya? apakh faktor usianya yang hampir 50 thn/atau penyakit yang belum terdeteksi. sebab tante sudah chek up semuanya normal. tapi kok nyerinya masih tetap. mohon jawabannya dokter. terimakasih sebelumnya

  123. 123
    QMost Says:

    Salam sehat Dok…
    Perkenalkan,
    Saya seorang dosen bidang komputer. Usia saya saat ini 34 tahun. Perawakan saya bisa dibilang obesitas.
    Begini Dok, hampir setiap hari saya menggunakan komputer ±5-6 jam per sesi di rumah dengan posisi duduk bersila di lantai.
    Keluhan yang saya rasakan adalah perasaan tebal/kebal/tidak peka pada paha kanan di sisi sebelah luar (seperti kena bius lokal).
    Begitu pula dengan tangan dan jemari saya setiap bangun tidur pagi, terasa sakit, kesemutan, dan kaku.
    Apakah penyebabnya dan bagaimana solusinya Dok?

    (tolong selain dikomentari, kirimkan juga ke e-mail saya)

    Sebelum dan sesudahnya saya ucapkan banyak2 terima kasih.

  124. 124
    tati Says:

    ass dok..begini ada tante sy berumur 50th,sdh setahun ini dia sakit mulai dari kakinya yang sebelah kanan keram sampai naik ke tangan ketiak dan payudaranya,kalau dia angkat tangan sbelh kanan sakit sekali sampai di payudara dan kaki kanan keram.. yg ingin sy tanyakan apakah sakit yg dia derita termaksud kanker payudara? tpi dok tidak ada benjolan di payudaranya. trus kira2 penyakit apa yg di derita tante sy.. mksih sblumnya… wssllmm..

  125. 125
    sanjaya putra Says:

    Pagi Dok,

    Sudah hampir 2 minggu ini jari telunjuk kiri dan jari tengah kiri mengalami kesemutan, dan baru beberapa hari ini jari kelingking kiri saya kalo kena air rasanya sakit seperti kena cubit, tanda-tanda penyakit apa itu ya dok? dan makanan apa yang harus saya konsumsi?
    terimaksih sebelum dan sesudahnya

    salam hormat

    sanjaya putra

  126. 126
    RENI Says:

    SAYa lg hmil dah 5 bln ne tiba2
    jari2 & telpak tangn saya kesemutn truz menerus ga hilang hilng gmna solusi’y……

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe