En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

OrangeKanker hidung atau Karsinoma Nasofaring (KNF), adalah penyakit kanker ganas yang mengenai rongga hidung (nasofaring). Kanker ini sering diderita oleh mereka yang berumur 15-25 tahun dan bisa pada kelompok umur 60-65 tahun. Jadi ada dua peak incidences yaitu usia remaja dan dewasa tua. Penderita lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan.

Dari data statistik, diketahui kanker ganas ini sering diderita penduduk dinegara-negara Asia Tenggara dan juga banyak ditemukan pada penduduk propinsi Sechuan yang terkenal dengan kelezatan masakannya didaratan China. Apa gejala dan penyebab KNF ?

Penderita akan merasa badan demam, tidak enak. Kepala sangat pusing dan hidung sering terganggu seperti rasa tersumbat, agak pilek dan beberapa kali mimisan/ keluar darah dari hidung. Kadangkala suara berubah menjadi sengau. Pada sebagian penderita tidak merasakan apa-apa, kecuali tampak benjolan dileher yang makin lama makin membesar. Benjolan ini adalah anak sebar dari kanker hidung yang telah mencapai kelenjar getah bening di leher.  Kondisi pasien umumnya bergizi sedang atau baik.

Dari buku teks, dikatakan KNF disebabkan oleh virus EBV (Epstein-Barr virus) dan juga kondisi ventilasi dan udara pernafasan yang tidak baik seperti : banyak asap, mengandung pollutan bahan kimia dan asap rokok. Juga berperan dalam terjadinya KNF adalah terbentuknya zat nitrosamine yang bersifat fatal, memicu sel-sel hidung normal mengalami perubahan ganas menjadi se-sel kanker.

Nitrosamine terbentuk, apabila daging asap atau ikan asin dipanaskan saat dimasak, maka protein daging dan ikan yang diawetkan tersebut akan membentuk bahan aktif nitrosamine yang sangat berbahaya. Uap dari masakan panas tersebut terhirup oleh mereka yang mengkonsumsi masakan dalam kondisi masih panas. Memang ciri khas Chinese food, adalah dinikmati dalam keadaan panas-panas. Kalau dingin tidak enak.

Hal ini mungkin dapat menjelaskan, kenapa mereka yang di propinsi Sechuan yang sangat populer dengan  seni dibidang kuliner, masyarakatnya lebih banyak terkena KNF dibandingkan propinsi lain di daratan China.

Dari sudut kesehatan, mengkonsumsi makanan yang diawetkan sangat tidak baik dan berisiko menimbulkan kanker, seperti : daging asap, lidah asap, ikan asin dan juga makanan dalam kaleng yang diberi bahan pengawet, perasa dan pewarna bahan kimia agar tahan lama.

Jadi kembalilah ke alam, konsumsi makanan segar yang dipetik dari halaman sendiri, atau belilah sayur, buah dan daging yang  dalam keadaan segar, misalnya ditempat petani langsung atau di pasar tradisional.

Dapat disimpulkan  makanan wong ndeso itu jauh lebih sehat dan aman dibandingkan makanan wong kota yang mengandung bahan karsinogenik yaitu bahan pemicu terjadinya kanker.

Ventilasi udara didalam rumah juga berperan, dimana dari statistik penduduk Eskimo yang rumahnya bulat tanpa jendela, lebih banyak terkena KNF dibandingkan ras Kaukasus yang tinggal dirumah berventilasi lapang dan sehat. Sama halnya dengan penduduk Indonesia dari suku Dayak di Kalimantan, lebih banyak mengidap KNF dibandingkan penduduk yang tinggal di kota-kota di pulau Kalimantan.

Dalam sirkulasi udara yang tidak baik, kemungkinan virus EBV akan berkembang biak dengan subur. Asap dari dapur akan terhirup oleh seluruh penghuni rumah, bila tidak ada cerobong asap atau ‘cooker hood’ yang membuang asap dapur keluar rumah.

Asap lain didalam rumah, seperti asap obat anti nyamuk yang dipasang sepanjang malam didalam kamar sehingga menyesakkan hidung, kemungkinan bisa memicu KNF. Namun hal ini harus dibuat penelitiannya terlebih dahulu, sebelum kita membuat suatu kesimpulan.

Popularity: 12%

Posted Sunday, August 31st, 2008 at 1:30 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

119 Responses to “Kanker Hidung, banyak ditemukan di Asia Tenggara dan China bagian selatan”

Pages: « 5 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    Satrio Says:

    Pagi dok,
    Mau tanya ni, kalo istri saya 24 des 08 yll operasi usus buntu, kmdn sekarang sakit seperti diiris di perut kanan tengah (bukan bawah), sampai di UGD hasil labnya bilang leukosit tinggi, berarti ada peradangan. Karena apa, tdk disebut sama dokternya. Kemudian diberi obat pereda sakit, antibiotik dan obat saluran kencing (urotractin 400mg, sporetik 100mg, analsik 500mg) . Kemarin udah sembuh, tapi malam tadi kambuh lagi, katanya sakit banget. Kadang dibarengi dgn demam yg ga gt panas. Kira2 kenapa ya? Kalau ginjal yg sakit cirinya bagaimana? Mohon informasi dok.
    Terimakasih.
    Berikut hasil labnya yg abnormal :
    keton.Urin 1+
    leukosit 7-10 /lpb
    eritrosit 0-2 /lpb
    yg lain dlm taraf normal.

  2. 24
    Dr. Sukma Says:

    Halo Edwin,

    Bila telah pernah disinar/ radiotherapy dan pernah berobat ke China sebenarnya itu sudah memadai. Artinya sudah cukup usaha dan ikhtiar keluarga untuk kesembuhan tante anda. Badan kurusan dan mata kiri sudah terkena kemungkinan telah masuk stadium yang lebih tinggi.

    Saran saya, sebaiknya tante anda berpikir positif, menyerahkan segalanya kepada Sang Maha Pencipta yang Diatas. Plus konsumsi anti-oxidant setiap hari, seperti : broccoli, susu kedele, tomat, teh hijau, madu. Insya Allah akan dapat memeperbaiki kondisi tante anda. (Kalau diberikan khemoterapi terlalu keras dengan efek samping yang sangat berat).

  3. 23
    edwin Says:

    salam hormat Bu dokter,tante saya kena kanker nasofaring,udah hampir 3 thn,pernah ke cina utk pengobatan dgn SINAR,tp sampai skrng badan jd drop,dulu gemuk skrng kurusan,mata kirinya agak tertanggu oleh sakit ini,tolong Bu Dokter..apa yg harus kami lakukan agar tante bisa disembuhkan,sebelumnya saya haturkan banyak terima kasih,GBU….

  4. 22
    Dr. Sukma Says:

    Halo Elista,

    Memang terapi kanker hidung bukan operasi, tetapi radiasi/radiotherapy. Bila ini tidak berhasil, akan diberikan khemotherapi atau sitostatika yaitu obat keras melawan kanker ganas. Untuk maksud ini, kenapa tidak dicoba ke RS Pusat Pertamina di Jakarta ?

  5. 21
    elista Says:

    hi dok, sepupu saya berumur 22 tahun di vonis terkena kanker hidung kata dokter yang memeriksanya tidak bisa di lakukan operasi lagi. jadi yang perlu dilakukan apa sekarang ???
    Terima kasih m God Bless

  6. 20
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lastrawan,

    Ayah anda mengidap kanker hidung atau bahasa medisnya Karsinoma Nasofaring (KNF). Menurut buku, terapi pertama dengan radiasi/ sinar-X, data statistik biasanya lebih dari 50% kasus akan sembuh sempurna. Mudah-mudahan ayahanda termasuk dalam golongan ini.

    Namun bila belum berhasil dengan radiasi, biasanya dilanjutkan dengan khemoterapi yaitu obat keras yang berakibat rambut rontok habis/ botak, diare dan mukosa mulut, hidung dan mata jadi kemerahan, lecet berair dan terasa perih.Karena sifat obat yang sangat keras, bukan hanya sel kanker akan tetapi sel yang normalpun terkena dampaknya.

  7. 19
    lastrawan Says:

    Yth Dr. Sukma,

    Ayah saya baru2 ini dioperasi di lehernya karena terdapat benjolan. Namun gejala sakit kepalanya tidak hilang. Akhirnya dibawa ke dokter THT dan terdapat bejolan di hidung bagian dalam. Setelah dioperasi, penjelasan dokter menyebutkan bahwa ayah saya menderita kanker hidung.

    Penyembuhan apa yg tepat untuk penderita kanker hidung?

    Terima kasih

  8. 18
    fenny Says:

    dear dokter,
    anak pertama saya laki-laki berumur 4,5 tahun. dia kadang-kadang mengalami mimisan, yang terjadi apabila kita menyenggol atau menyeka hidung agak keras, seperti sewaktu lagi mencuci muka.
    kadang kala juga sewaktu tidur bisa mimisan, tapi saya tidak memperhatikan, apakah hidungnya waktu terjadi mimisan dalam posisi tertekan/tertindih atau tidak.
    biasanya saya meminta dia untuk duduk dan hidungnya dipencet dengan tissue.
    apakah hal itu masih termasuk tidak berbahaya dok?
    sebelumnya, terimakasih atas jawabannya dok.

    regards
    fenny

  9. 17
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rio,

    Mengenai sakit kepala berkepanjangan bisa ya dan bisa tidak pada penderita kanker otak, karena ada variasi antara penderita satu dengan yang lain. Keluhan KHAS KANKER OTAK : muntah-muntah projektil, disertai sakit kepala. Biasanya sakit kepala hilang-timbul, tidak terus menerus berkepanjangan.

  10. 16
    Dr. Sukma Says:

    Hai muhammad fadhli,

    Cara berhenti merokok yang paling jitu, please visit : http://www.stopmerokok.com

  11. 15
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rio Fernando,

    Sering melakukan oral sex adalah tidak sehat. Karena didalam rongga mulut banyak sekali kuman dan bakteri yang bercokol disana, disela-sela gigi, lidah dan bawah lidah, dll.

    Kanker mulut biasanya disebabkan oleh tembakau/nikotin, buah pinang, dst.Namun akibat oral sex bisa juga terjadi kanker mulut, bila luka2 lecet dimulut tidak tuntas mengalami kesembuhan. Iritasi kronis dapat memicu terjadinya kanker dimana saja.

  12. 14
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aisyah Hudia,

    Appendectomy atau operasi usus buntu sudah anda jalani semasa usia 8 tahun. Jadi saat ini, anda tidak perlu cemas kemungkinan terjadi sesuatu dengan usus buntu anda, karena sudah dibuang keluar tubuh. Penyebab seseorang diangkat usus buntunya bermacam-macam, seperti : dindingnya pecah, radang akut yang berat atau sudah sangat sering kambuh sakit ditempat yang sama, yaitu perut kanan bawah.Kondisi itu bisa dikarenakan antara lain makanan berbiji-biji kecil yang masuk kedalam rongga apendiks/ usus buntu.

    Kedepannya justru aman, tidak ada yang perlu di cemaskan, OK. Segala sesuatu hendaknya dikonsumsi sesuai takaran dan aturan, jangan ekstrim. So, jangan terulang minum vitamin satu botol sehari.

  13. 13
    AISYAH HUDIA Says:

    Hay Dok..
    Saya mahasiswi Prodi Pikes 1B.
    Sejak usia 8 tahun, saya mengalami Appendikstomy..
    Apakah ada dampak buruk buat kehidupan saya mendatang Dok.??
    Dan adakah pantangan yang tidak boleh saya konsumsi buat kesehatan saya.??
    terima Kasih Yah Dok..
    SaLam manis Ibu Cantik,, By:_AISYAH_
    Good Evening…

  14. 12
    RIO FERNANDO Says:

    hi dok,bleh tanya lagi gak?saya mau tanya jika seseorang yg sudah menikah sering melakukan oral seks.apakah bisa menyebabkan kangker mulut?thanks ya dok sbelumnya…….

  15. 11
    muhammad fadhli Says:

    ya.dok saya yang di lokal pikes.. 1 B.
    untuk menambah berat badan tersebut apa harus ngurangi merokok? dan apakah merokok bisa menrunkan berat badan bagi seseorang? dan gimana cara menghilangkan candu terhadap rokok?

  16. 10
    RIO FERNANDO Says:

    halo dok saya rio yang di pikes tadi,saya ingin bertanya,jika seseorang sering mengalami sakit kepala yang berkepanjangan,apakah bisa dikatakan mengalami gejala kangker otak dan gmana cara menanganinya?

  17. 9
    Dr. Sukma Says:

    Halo muhammad fadhli,

    Anda yang tadi dikelas stikes, ya ?
    Tidak semua bahan kimia berbahaya, seperti : vit.B kompleks, vit.C dan suplemen lain yang biasa dijual di Farmacy atau supermarket. Semua suplemen yang sudah mendapat izin dan di ‘approved’ FDA biasanya relatif aman.

    Kalau mau gemuk secara natural, gampang : cukup istirahat, makanan bergizi dengan banyak susu dan daging, olah raga teratur-tanya Ade Rai jenis latihan yg menambah BB- Terakhir pikiran harus TENANG sehingga semua saraf dan sistem pencernaan berjalan dengan normal dan tenang…

  18. 8
    muhammad fadhli Says:

    Hai dok saya mau bertanya, apakah dengan mengkonsumsi obat – obat untuk mengemukan badan bisa menimbulkan kangker? obat2 nya yang mengandung zat2 kimia. dan gimana cara yang sehat untuk menambah berat badan yang sehat.

  19. 7
    Benny Says:

    Hi Dok…

    Oh gitu ya dok, makasih banyak dok atas pengalaman2 yang udah diberikan utk benny.
    ibu benny kemarin sudah ke singapore moun Elisabeth, dengar2 dari kk benny sih hari ini sudah keluar hasilnya apakah positif terkena kanker hidung itu. mgkn stlh itu baru dipikirkan langkah selanjutnya..

    Makasih banyak dok..
    Tuhan Berkati.

  20. 6
    Dr. Sukma Says:

    Hai Benny,

    Radiotherapy atau radiasi, adalah pengobatan kanker dengan menggunakan sinar-X. Jadi dilakukan dibagian radiologi (rontgen). Efek samping biasanya ringan, tergantung sensitivitas individu.

    Chemotherapy atau pengobatan dengan obat SITOSTATIKA, adalah pengobatan dengan cara pemberian obat2 kanker yang bersifat kimiawi dan sering disebut obat keras.Dari kata sitostatika berarti obat yang dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker yang merugikan tubuh penderita.

    KHEMOTERAPI dikatakan OBAT KERAS, karena efek sampingnya sangat berat, seperti : diare khronik, mulut, rongga hidung dan rongga mata menjadi lecet dan melepuh, berair dan kemerahan serta dirasakan perih. Badan terasa sangat lemas. Dan rambut penderita akan menjadi rontok semua, alias plontos/gundul..

    Reaksi tubuh masing-masing penderita kanker yang menjalani khemoterapi berbeda dalam gradasinya. Tetapi pada prinsipnya semua gejala yang saya sebutkan diatas ada, cuma tingkatannya yang berbeda : ringan, sedang atau berat..

    Anjuran saya ibu anda sebaiknya segera dibawa ke Rumah Sakit Pusat Pertamina (RSPP) atau RS. Kanker Dharmais (RSKD), Jakarta yang mempunyai fasilitas radiasi atau radiotherapy. Sebab kita berpacu dengan waktu. Makin cepat diobati, akan semakin baik hasilnya..

  21. 5
    Benny Says:

    Halo Dok..
    diatas dokter bilang, dengan menggunakan Radiotherapy itu 50% org berhasil sembuh, trus 50% lagi yang gagal biasanya karena faktor apa dok? ketahanan tubuh org yang berbeda2 atau gmn?
    bedanya kemo ama radiotherapy apa ya dok?
    Makasih dok.

  22. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Benny,

    Setahu saya, terapi kanker hidung adalah radiasi atau radiotherapy…
    Ini saya ambilkan dari buku teks mengenai kanker hidung Sbb. : ‘treatment of choice for nasopharyngeal carcinoma is RADIATION THERAPY, which cures over half of the patients’.
    Survival is significantly affected by patient’s age (better in young individuals)and the location of the regional metastases(better for homolateral than contralateral and metastases that are limited to upper neck than to lower neck).

    Jadi : terapi terbaik kanker hidung adalah RADIASI(radiotherapy). Fasilitas radiasi ada di Jakarta : RSPP, RSK Dharmais, dll. Dengan radiasi lebih dari 50% pasien berhasil disembuhkan.

    PROGNOSIS juga dipengaruhi oleh : usia penderita (muda lebih baik dari tua), lokasi anak sebar (lebih baik bila anak sebar pada sisi yang sama dari kanker hidung: sama2 disisi kiri atau sama2 disisi kanan). Prognosis juga lebih baik, bila anak sebar terbatas pada leher bagian atas dibandingkan leher bagian bawah. Terakhir dari sudut jenis tumor bila dilihat dibawah mikroskop. Jenis keratinizing SCC prognosisnya lebih buruk dari jenis lainnya. Jenis Papillary Adenocarcinoma prognosisnya Excellent..

    Dalam buku teks itu tidak ada disinggung tentang khemoterapi untuk kanker hidung. Keberhasilan Khemoterapi seperti yang anda tulis tergantung dari : sensitivitas kanker, daya tahan tubuh penderita, kondisi fisik, dst.

    Jadi sebaiknya anda datang ke Jakarta (RSK Dharmais atau RSPP)untuk terapi kanker hidung ibunda.
    Saya do’akan semoga bisa ditolong dan akhirnya sembuh seperti sediakala..

  23. 3
    Benny Says:

    Hi Dr. Sukma, apa kabar?
    Pagi Dok, sebelumnya benny mau bilang bahwa mama benny baru divonis menderita Kanker Hidung, trakhir mimisan hingga 4 jam dan katanya kepalanya pusing2…
    Dok, benny mau tanya, kira2 juice2 buah apa aja yang perlu diminum oleh Penderita Kanker Hidung?
    Trus benny dengar2 kalau secara medis penyakit kanker hidung harus di Kemo, apakah ga ada 2nd Opinion dok?
    Sebelumnya mama benny udah cek ke Rumah Sakit Mahkota di Malaka (Malaysia), dari dokter THT blg bahwa penyakit hidung mama pasti akan sembuh 100% apabila di kemo. setelah itu, di rumah sakit yang sama, tetapi Dokter bagian kemo mengatakan itu tidak pasti berhasil dan tidak ada 2nd Opinion. Saya jadi bingung, Dokter mana yang harus dipercaya dok?
    Trus kalau emang tidak ada cara lain selain Kemo, apa ada saran dari Dr.Sukma agar Kemo tersebut bisa berhasil? Thx dok.
    Dan apakah Faktor yang membuat Kemo bisa gagal atau berhasil dok? apakah dari ketahanan Tubuh?
    Kalau emang dari ketahanan tubuh, kira2 meningkatkan ketahanan tubuh harus minum apa dok? obat apa? juice apa?
    sementara ini mama benny diberi minum juice mengkudu n obat dari taiwan. tapi kelihatannya berat dok, udah beberapa hari ini banyak kehabisan biaya, hanya buat obat dari taiwan dan juice sehari bisa habis 1.3jt. yang benny jg belum tau apakah efeknya akan bagus.
    Kalau bisa dokter tolong kirim replynya ke email benny aja ya dok, takutnya ntar commentnya ketimpa2 malah benny gak kebaca. b3n_im0etz@yahoo.com.
    Makasih banyak dok sebelumnya, maaf kalau banyak pertanyaan, benny lagi bingung..
    Tuhan Berkati.

  24. 2
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fasha,

    Makasih sudah berkunjung dan pertanyaannya. Langsung aja dijawab, ya.

    Secara langsung, onani tidak mengakibatkan terjadinya kanker prostat. Tetapi dengan onani yang terlalu sering (lebih dari 2 kali per minggu), akan memperberat kerja kelenjar prostat.
    Akibat kerja yang over itu, mula2 prostat membesar berakibat gangguan kencing, radang prostat (prostatitis),dst.

    Seperti teori terjadinya kanker pada umumnya, radang yang berlarurt-larut, tidak dibereskan dengan tuntas, akan berakibat kanker dalam hal ini kanker prostat.

    Jadi secara tidak langsung, onani berlebih yang dilakukan dalam jangka waktu panjang dapat berakibat kanker prostat. Kebanyakan kasus terjadi pada usia 60-70 tahun.

  25. 1
    Fasha Says:

    Hallo dok, Pkb?…
    Aku mo tnya, apakah onani itu dapt mnyebabkan kanker prostat?.. Apakah ada bahayanya sering melakukan itu… Trima kasih yah dok seblmnya…

Pages: « 5 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe