En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

OrangeKanker hidung atau Karsinoma Nasofaring (KNF), adalah penyakit kanker ganas yang mengenai rongga hidung (nasofaring). Kanker ini sering diderita oleh mereka yang berumur 15-25 tahun dan bisa pada kelompok umur 60-65 tahun. Jadi ada dua peak incidences yaitu usia remaja dan dewasa tua. Penderita lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan.

Dari data statistik, diketahui kanker ganas ini sering diderita penduduk dinegara-negara Asia Tenggara dan juga banyak ditemukan pada penduduk propinsi Sechuan yang terkenal dengan kelezatan masakannya didaratan China. Apa gejala dan penyebab KNF ?

Penderita akan merasa badan demam, tidak enak. Kepala sangat pusing dan hidung sering terganggu seperti rasa tersumbat, agak pilek dan beberapa kali mimisan/ keluar darah dari hidung. Kadangkala suara berubah menjadi sengau. Pada sebagian penderita tidak merasakan apa-apa, kecuali tampak benjolan dileher yang makin lama makin membesar. Benjolan ini adalah anak sebar dari kanker hidung yang telah mencapai kelenjar getah bening di leher.  Kondisi pasien umumnya bergizi sedang atau baik.

Dari buku teks, dikatakan KNF disebabkan oleh virus EBV (Epstein-Barr virus) dan juga kondisi ventilasi dan udara pernafasan yang tidak baik seperti : banyak asap, mengandung pollutan bahan kimia dan asap rokok. Juga berperan dalam terjadinya KNF adalah terbentuknya zat nitrosamine yang bersifat fatal, memicu sel-sel hidung normal mengalami perubahan ganas menjadi se-sel kanker.

Nitrosamine terbentuk, apabila daging asap atau ikan asin dipanaskan saat dimasak, maka protein daging dan ikan yang diawetkan tersebut akan membentuk bahan aktif nitrosamine yang sangat berbahaya. Uap dari masakan panas tersebut terhirup oleh mereka yang mengkonsumsi masakan dalam kondisi masih panas. Memang ciri khas Chinese food, adalah dinikmati dalam keadaan panas-panas. Kalau dingin tidak enak.

Hal ini mungkin dapat menjelaskan, kenapa mereka yang di propinsi Sechuan yang sangat populer dengan  seni dibidang kuliner, masyarakatnya lebih banyak terkena KNF dibandingkan propinsi lain di daratan China.

Dari sudut kesehatan, mengkonsumsi makanan yang diawetkan sangat tidak baik dan berisiko menimbulkan kanker, seperti : daging asap, lidah asap, ikan asin dan juga makanan dalam kaleng yang diberi bahan pengawet, perasa dan pewarna bahan kimia agar tahan lama.

Jadi kembalilah ke alam, konsumsi makanan segar yang dipetik dari halaman sendiri, atau belilah sayur, buah dan daging yang  dalam keadaan segar, misalnya ditempat petani langsung atau di pasar tradisional.

Dapat disimpulkan  makanan wong ndeso itu jauh lebih sehat dan aman dibandingkan makanan wong kota yang mengandung bahan karsinogenik yaitu bahan pemicu terjadinya kanker.

Ventilasi udara didalam rumah juga berperan, dimana dari statistik penduduk Eskimo yang rumahnya bulat tanpa jendela, lebih banyak terkena KNF dibandingkan ras Kaukasus yang tinggal dirumah berventilasi lapang dan sehat. Sama halnya dengan penduduk Indonesia dari suku Dayak di Kalimantan, lebih banyak mengidap KNF dibandingkan penduduk yang tinggal di kota-kota di pulau Kalimantan.

Dalam sirkulasi udara yang tidak baik, kemungkinan virus EBV akan berkembang biak dengan subur. Asap dari dapur akan terhirup oleh seluruh penghuni rumah, bila tidak ada cerobong asap atau ‘cooker hood’ yang membuang asap dapur keluar rumah.

Asap lain didalam rumah, seperti asap obat anti nyamuk yang dipasang sepanjang malam didalam kamar sehingga menyesakkan hidung, kemungkinan bisa memicu KNF. Namun hal ini harus dibuat penelitiannya terlebih dahulu, sebelum kita membuat suatu kesimpulan.

Popularity: 12%

Posted Sunday, August 31st, 2008 at 1:30 pm
Filed Under Category: Bahasa, Life, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

119 Responses to “Kanker Hidung, banyak ditemukan di Asia Tenggara dan China bagian selatan”

Pages: « 5 [4] 3 2 1 » Show All

  1. 100
    rian Says:

    hello dok..

    saya mau tanya anak saya waktu ber umur 2 tahun pernah terjadi benturan di samping batang hidungnya lalu terjadi benjolan..saya sudah ke dokter THT tapi dokter bilang benjolan yang terjadi itu adalah tulang hidung rawan jadi mustu di operasi…yang saya mau tanyakan selain operasi apakah ada cara lain dok…?
    makasi

  2. 99
    risma Says:

    saya mau tanya, apakah akibat benturan pada saat kecil bisa menyebabkan kanker? belakangan ini hidung saya sering bangat tersumbat tapi cuma bagian kiri trus selalu mengeluarkan darah yang menggumpal dan berwarnah merah kehitaman dan juga kepa saya selalu sakit,

  3. 98
    shasha Says:

    hi doc,
    apakah peluang untuk pesakit cancer naso pharyngeal stage 2 untuk sembuh? radiotherpy dan chemotheraphy sedang dijalankan. bolehkah perubatan alternative seperti keladi tikus diamalkan? tq doc

  4. 97
    Dr. Sukma Says:

    Hai Indah,

    Daripada mengira2 tanpa kepastian, sebaiknya anda kunjungi dokter SpTHT agar diperiksa teliti. Kalau hanya karena pembuluh darah yg pecah, maka kita boleh lega. Jangan sampai ada tumor jinak apalagi ganas yg terabaikan. Jangan sampai menyesal nanti.

  5. 96
    Indah Says:

    Selamat malam Dok…

    saya mau tanya, saya sering sekali mengeluarkan darah dari hidung secara tiba2 namun sering tapi saya tidak merasakan pusing atau tidak merasakan sakit dibagian kepala. kira2 penyakit yg saya derita ini apa ya dok? apakah membahayakan? mohon diberikan petunjuk.

  6. 95
    Dr. Sukma Says:

    Halo Diah,

    Coba diperiksa titer EBV (epstein-barr virus) untuk deteksi ada tidaknya infeksi virus tsb (EBV) didalam tubuh anda. Kunjungi Prodia atau lab patologi klinik yg besar. Karena tidak semua lab PK menyediakan pemeriksaan tsb.

    Sebagaimana kita ketahui, EBV adalah penyebab karsinoma nasofaring (KNF).

  7. 94
    diah Says:

    selamat siang dok, saya berumur 31th, th 2007 saya didiagnosa sinusitis, kmdn diberi obt dan sembuh, th 2010 sinusitis kambuh lg, kmdn berobt dan sembuh, dan tgl 28 okt saya mulai merasakan gejala sinusitis lg, kemudian tgl 31 okt saya ke dr THT, beliau mengatakan alerginya sudah cukup “parah”, beliau mengatakan bila dengan obat tidak sembuh maka saya harus menjalani rontgen bag hidung, gejala yg saya alami, hidung sering mampet, keluar lendir dari hidung ke hulu kerongkongan, kadang jernih, kadang putih keabuan atau kekuningan,kadang kadang bersin kepala bagian kiri diatas mata sakit, tetapi rasa sakit akan berkurang menjelang sore hari, saya takut terkena Kanker Nasofharing dok.. sebaiknya apa yang saya lakukan, dokter memberi saya obat, claneksin 500mg 3×1, vectrine 300 2×1, rhinos SR 2×1,.. semoga dokter selalu diber kemudahan oleh Tuhan Yme, Amien..

  8. 93
    Dwi Says:

    Salam sejahtera Dokter, semoga selalu dalam lindunganNya.
    Saya Dwi yang dulu pernah tanya mengenai kanker nasofaring yang diderita saudara saya, 1,5 bulan yg lalu kanker menyerang kelopak mata sebelah kanan sehingga tidak bisa dibuka (seperti mengatup terus) dan alhamdulillah setelah rutin mengkonsumsi ekstrak daun sirsak dan keladi tikus juga propolis sekarang kelopak mata sudah kembali normal dan bisa berkedip.

    Tapi sejak 3 hari yang lalu pandangan mata sebelah kanan (yang kemarin kelopak matanya mengatup) sekarang menjadi redup jika digunakan untuk melihat, namun mata kiri tetap normal. Dan keluhan yang lain adalah telinga berdenging dan muncul benjolan di leher sebelah kiri.

    Sejak awal diagnosa saudara saya belum pernak radiasi atau kemoterapi krn takut, dan kami hanya memberikan ramuan herbal. Yang ingin saya tanyakan kepada dokter apa yang sebaiknya kami lakukan dok? karena sdh hampir putus asa dalam menemukan obatnya.

    Kami sekeluarga sangat berterima kasih atas penjelasan dari Dokter.

  9. 92
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lulu Mondro Lisa,

    Obatnya ada, akan tetapi berhasil atau tidak ytergantung individu. Artinya ada yang diberikan radiasi/ radioterapi saja sudah sembuh. Yg lain sembuh dg kombinasi radioterapi dan khemoterapi.

    Mengapa hasilnya berbeda, karena reaksi tubuh seseorang dg orang lain bersifat individuil. Tergantung daya tahan tubuh, kondisi fisik, kwalitas nutrisi seseorang.

  10. 91
    Lulu mondro lisa Says:

    dokter , apa pnykt tersebut ada obatnya??? trims :)

  11. 90
    Melda Simanjuntak Says:

    Hi dokter!
    langsung saja ya.
    dokter, hidung saya sering pilek, bila pilek itu berlangsung sangat lama. bisa sampai 5 jam lebih. lendirnya seperti putih telur. tak jarang juga di sertai dengan bersin2. tapi, yang keluar dari mulut seperti agar2 nutrijel warna putih, kental, sekitar 3 tetesan gitulah banyaknya. tak jarang juga hidung tersumbat. bila sebelah kanan yang tersumbat, langit2 di dalam mulut sebelah kanan terasa seperti ada lobang kecil. tapi bila tidak lg tersumbat, balik ke ukuran semula. kata dokter sie alergi. tapi ga tau alergi apa?

    yang saya tanyakan.
    1. Penyakit saya apa ya dok bila kondisinya seperti itu?
    pd rongga hidung saya, terdapat satu jerawat kecil juga.
    2. Bila Mengecek alergi itu di Medan, klinik atau Rumah sakit apa ya dok? Beberapa dokter tempat saya berobat ga tau harus di rujuk ke mana saya, padahal mereka spesialis THT.

    Terimakasih ya dok!

    Syalooom!
    Melda. Simanjuntak

  12. 89
    Dr. Sukma Says:

    Hai Joe,

    KB implant atau KB suntik atau KB pil, semuanya itu menggunakan hormon sebagai alat mengatur kehamilan. Umumnya reaksi hormon terhadap pemakainya berbeda-beda : ada yg malah sangat jarang bahkan tidak menstruasi sama sekali dan ada juga ngacau datang haid seperti istri anda. Kalau dirasakan tidak nyaman, maka sebaiknya GANTI cara KB dg menggunakan kondom atau Kcoitus interruptus’ alias ejakulasi diluar vagina. Bisa juga dg memilih masa tidak subur untuk melakukan hubungan sex.

  13. 88
    joe Says:

    hai dok, saya mau tanya dulu istri saya ikut kB suntik sekitar 19 bulan tapi menstruasinya tìdak teratur dan sekarang kB implan tapi malah mens terus-menerus kadang keluar banyak kadang 1 hr keluar 1 kali. Sudah minta obat ke puskesmas tapi cuma berhenti 10 hr lalu keluar lagi, gimana ya dok solusinya apa harus di ambil kB implanya atau ada cara lain? trimakasih dok atas jawabanya.

  14. 87
    Dr. Sukma Says:

    Hai Gina,

    Pendapat sy kemungkinan besar kasus itu adalah Angifibroma. Tumor jinak didl rongga hidung. Untuk. Memastikan hal itu perlu dilakukan pemeriksaan biopsi dari rongga hidung atau nasofaring yg dilakukan oleh dokter spesialis. THT. Sample biopsi lalu dikirim ke lab PA agar dilihat dan diperiksa dokter spesialis PA.

  15. 86
    Gina Endah Lestari Says:

    Slmt sore dok,,!!
    saya berusia 21 th,,!! saya mw tanya dok,,saya dari kecil sampe sekarang sering bgt keluar darah dari hidung,kadang sedikit dan kadang banyak sekali,darah yg keluarnya pun selalu di akhiri gumpalan darah yg keluar dari mulut dan hidung,,,!!!! lemas,dan pusing dok,,!!!
    saya sudah periksa katanya saya kena sinusitis,,,!!!
    menurut dokter penyakit yg saya alami ini bagaimana,..?? dan solusinya harus seperti apa,??
    trimakasih dokter……!!

  16. 85
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erwin,

    Sebaiknya dilakukan FNAB terhadap benjolan di leher anda. Sebab sringkali karsinoma nasofaring disingkat KNFbesrsifat ‘occult’ artinya tumor induk belum jelas kelihatan tapi sudah beranak sebar ke leher. FNAB atau biopsi jarum hlus beaya diyempat sy 300 rb dan hasil sdh keluar dalam waktu 2 jam. Minta ke dokter umum agar. dirrujuk ke dokter spesialis PA untuk dilakukan FNAB.
    MRI dan CT-scan beaya sgt mahal, belum diperlukan.

  17. 84
    erwin Says:

    Halo dok,

    saya mau tanya..
    tiga bulan terakhir badan saya terasa lemesss teruss…
    badan seperti terasa demam… tetapi ketika saya cek pake termometer.. tidak pernah diatas 36.5

    beberapa temen melihat leher sebelah kanan agak bengkak…
    saya sempet pindah pindah dokter dengan hasil yang tidak jelas.. rata rata bilang bengkak tersebut hanya lemak…

    dua minggu terakhir telinga saya berdenging dan hidung seringkali buntu… setelah membaca sana sini saya takut akan adanya nasofaring…

    setelah itu saya ke dokter THT-KL di jombang jawa timur… setelah dikasih obat, denging tetap ada…
    kamudian saya di suruh ke RS.DR.Soetomo surabaya..
    disana saya diendoskopi… pada waktu endoskopi tidak ditemukan benjolan atau sebagainya.. namun dokter melihat ada massa kecil yang dicurigai… dan kemudian diambil samplenya untuk biopsi… hasil analisa negatif… jadi bukan tumor atau sejenisnya…

    oleh dokter hanya dikasih obat…

    masalahnya sampai sekarang telinga saya masih berdengin… dengingnya seperti ada nyamuk…

    apa yang harus saya lakukan dok…

    apakah saya butuh ct-scan atau MRI… untuk melihat kemungkinannya… saya takut kalo saya biarkan malah kejadian betulan… dan sudah stadium lanjut…
    untuk ct-scan atau mri di sekitar leher-kepala kira-kira biayanya berapa dok…

    terima kasih atas pencerahannya

  18. 83
    Erika Says:

    Dokter yg baik..
    VCO tu Virgin Coconut Oil itu loh. Minyak kelapa yg smpt trend sbg antioksidan. Sy minum 2x 2sdt. Pagi diminum 1jam sblm sarapn, sore jg gt. Klo dibilg faktor genetis, kyknya diurutn keluarga ga da yg kyk gni deh. Thn 2006 puncak2nya. Pas diklat dijakrta 3bln gt Sy pilek n bersin mlulu, ntah krn polusi jkt atau Ac kmr asrama yg ga brsih. Pd saat pilek itu susah bngt konsen blajr. Tp klo tanda tuli ga da, kuping mendenging jarang, sbln 1x jg blm tntu ada dok. Sy pke kc mata minus 0,25. Cm klo lg kumat, jidat ni sakit, jd klo jidat dipijat uenake :-P . Ad yg nyarankan disedot aj, tp suara lain bilg jg nti + parah. Aduh dok takut lah. O ya, sy bc2 komen yg prnah minum ekstrak keladi tikus tu sp ya. Mau coba.. (Bs tolg email sy mbk/mas?) Help me dokter, dsni ada RS yg bs radiasi ga y? Sakit ga tu dok? :’(

  19. 82
    Dr. Sukma Says:

    Hai Erika di Medan,

    Apa itu VCO? Sy baru ini tahu dr anda. Coba ditulis lengkap kepanjangan VCO tsb. Menghirup NaCl steril itu boleh asal dijamin steril. Sebab secara teori kNF antara lain disebabkan udara/ventilasi yg kurang baik, seperti asap pembakaran sampah, dll yang dicurigai mengandung virus (EBV).

  20. 81
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dewi,

    Saya kurang setuju dg terapi asap. Karena tidak bisa dijamin asap tsb bebas dari virus EBV penyebab KNF. Sebaiknya memperbanyak asupan anti-oxidant (buah srikaya, broccoli, melon oranye menyala, apel, tomat, dst) untuk melawan sel-sel kanker (bila masih ada) dan menepis segala macam penyusup kdlm tubuh plus dapat menaikkan daya tahan tubuh thd berbagai penyakit dan kondisi lingkungan yg tidak bersahabat.. Mungkin dapat dicheck titer EBV dlm serum.

    Bila masih ditemukan virus didlm tubuh, maka SEBAIKNYA keluarga/ orang terdekat yg tinggal satu rumah agar menggunakan masker, meskipun masker tidak 100 persen bisa melindungi, terutama yg tipis dan berkwalitas rendah.

  21. 80
    dewi Says:

    Dr sukma ,salam kenal dari saya:)
    saya mau bertanya suami saya 2 th yg lalu kena kanker nasofaring dan alhamdulilah dr ct scan yg terakhir tidak ada lagi cm bulan ini dia merasa pusing yg berlebihan akhirnya dinyatakan sakit polip oleh dokter yg menanganinya slama ini ,dokter hanya memberi obat diminum tp kata orang polip bisa di terapi dan uap,saat ditanya ke dokter menjawab gak perlu cukup obat aja, tp obat kurang membantu utk pusing suami saya ,akhirnya kita putuskan tetap minum obat dokter dan fisioterapijuga uap,sekarang mendingan tp blm 100 % ilang pusingnya ,apa lagi yg harus diupayakan biar pusing hilang total ya dok?trs saya mau tanya tentang kasus saudara bapak dwi tadi kenapa keluarga harus pake masker dok apakah kanker nasofaring ini bisa menulahkan firus,krn selama ini saya dan 2 anak saya tidak pake masker ,saya jadi was was saat baca rubrik diatas klu kel harus pake masker,tolong penjelasannya ya dok,sya ucapkan terima kasih, semoga dokter sll diberi kemudahan dan kesehatan krn telah banyak memberi info yg berharga utk kel yg terkena kanker nasofaring…:)mks…:)

  22. 79
    Hatmaji Says:

    Salam sehat dok.
    Saat saya pria berusia 23 tahun, dan memiliki benjolan di leher saya. Benjolan ini sudah ada sekitar 8tahun. dan tidak tumbuh makin besar. Oleh dokter penyakit dalam, saya disarankan untuk mengambil benjolan tersebut, untuk dideteksi.
    Sampai saat ini, benjolan tersebut belum saya ambil, karena, saya takut. Melihat dari kebanyakan cerita orang, operasi yang gagal dan tidak bersih, malah berakibat menimbulkan kanker yang ganas. Bagaimana nasihat dokter mengenai masalah ini? mohon pencerahannya
    Terimakasih

  23. 78
    Dr. Sukma Says:

    Halo joe,

    Saya sarankan pasien kembali ke dokter yg melakukan operasi yg lalu. Kalau perlu agar dilakukan biopsi pada bekas atau luka operasi yg masih terasa sakit itu. Kemungkinan besar itu bukan polip akan tetapi karsinoma nasofaring (KNF). Jadi kanker hidung yg ganas. Obatnya dicoba dulu radiasi/ radiotherapy kalo kurang berhasil ditambah khemoterapi.

  24. 77
    joe Says:

    halo dok!
    Saya mau tanya, sekitar 1 th yang lalu kakak saya operasi polip. Tapi kenapa ya sampai sekarang masih merasakan sakìt kepala bahkan bekas operasinya masih sakit, bengkak dan masih sering mengeluarkan darah. Suaranya juga menjadi sulit, penglihatanya kabur. Kenapa ya dok, adakah obatnya? Terima kasih atas jawabanya.

  25. 76
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dwi,

    Iya betul gumpalan darah matang adalah sel kanker dan sel tuan rumah/ jaringan nasofaring pasien yg mati. Rasa kesemutan di kepala yg menghilang itu pertanda bagus/ positif karena persarafan yg tadinya tertekan oleh massa tumor telah bebas dari tekanan akibat keluarnya ‘gumpalan darah matang’ yang anda sebutkan. So, kita berharap akan terjadi kemajuan/ penyembuhan dihari2 yang akan datang. Tetaplah berusaha sekeras mungkin plus memohon ke hadapanNYA agar diberikan kesembuhan kepada pasien. Apapun menjadi mungkin, bila Yang Diatas menghendaki. Amen

Pages: « 5 [4] 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe