En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

PAROTISKata ‘gondongan’ mengacu kepada kondisi pipi yang biasanya kanan dan kiri membengkak. Tepatnya yang dimaksud pipi disini adalah bagian pipi didepan kedua telinga yang dalam bahasa medis kita sebut regio parotis. Pembengkakan ini memberi warna kemerahan dan dapat mengakibatkan tertariknya daun telinga bagian atas kedepan dan kondisi ini sudah pasti dirasakan nyeri oleh penderita.

Parotis adalah salah satu kelompok kelenjar liur besar, yang gampang terjangkit peradangan oleh virus yang disebut ‘mumps virus’. Peradangan ini disebut parotitis atau ‘mumps’ oleh orang-orang dinegara Barat sana atau kita di Indonesia sering menyebutnya dengan ‘gondongan’ (bukan ‘gondok’, lho – jangan salah).

Parotitis mudah diobati, namun bila bukan radang akan tetapi tumor parotis maka ceritanya lain lagi, lebih sulit disembuhkan. Apa itu tumor parotis ?

Tumor parotis ada yang jinak dan ada yang ganas. Namun-jangan takut dulu- kebanyakan tumor parotis (90%) bersifat jinak. Dan ini sudah tentu melegakan kita semua. Berbeda dengan gondongan, maka tumor parotis tidak akan bisa disembuhkan hanya dengan mengoleskan serbuk ‘blau’ yang berwarna biru yang menjadi obat tradisional masyarakat kita. Blau hanya mempan untuk gondongan tapi tidak mempan untuk tumor parotis.

Satu-satu nya jalan untuk terbebas dari tumor parotis adalah dengan cara operasi. Operasi tumor kelenjar parotis  sedikit agak ribet, dikarenakan banyak percabangan saraf-saraf muka yang melewati daerah itu. Salah potong, bila tidak berhati-hati melakukan operasi, dapat mengakibatkan muka ‘mencong’ akibat sebagian otot wajah menjadi lumpuh karena putusnya cabang persarafan.

Mimik muka bila terjadi putus saraf akan menyerupai kondisi ‘Bells’ Palsy’ yaitu keadaan muka seseorang yang tampak mencong, tidak simetris yang kata orang tua disebut sebagai kena teluh atau kena jampi-jampi orang yang tidak menyukai kita.

Padahal itu bukan magic, tetapi logik yaitu akibat tidak normalnya  saraf muka. Pada ‘Bells’ Palsy’ disini akibat terpapar suhu dingin dalam waktu cukup lama, bisa berupa angin malam yang menerpa sebagian muka, maka saraf ditempat itu akan tidak bekerja secara normal alias lumpuh. Maka terjadilah muka mencong itu.

Tumor parotis jinak paling sering di kelenjar parotis adalah pleomorphic adenoma. Dinamakan begitu karena terdiri dari berbagai macam jaringan ((pleomorphic), ada jaringan lemak, miksoid, mucin, kadangkala tulang rawan. Struktur terbanyak yang terlihat dibawah mikroskop adalah bentuk kelenjar yang hiperplastis (adenoma). Jadi tumor jinak ini dinamakan pleomorphic adenoma.

Tumor jinak ini biasanya tumbuh perlahan-lahan, dalam 2 tahun akan berukuran 2-4 centimeter, tidak nyeri dan tidak ada keluhan lain, kecuali benjolan yang berada didepan telinga.

Pasien akan datang ke RS atau dokter terdekat, ketika mengetahui benjolan itu tidak menghilang dengan diolesi serbuk blau. Dan kian lama semakin tumbuh membesar, meski pertumbuhannya pelan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kebanyakan tumor ini bersifat unilateral artinya, mengenai satu sisi saja, bisa parotis kiri ataupun parotis kanan. Pada keadaan yang jarang dapat dijumpai penderita dengan tumor bilateral, parotis kanan dan kiri.

Penderita laki-laki sedikit lebih banyak dibandingkan perempuan. Dapat mengenai semua umur, paling sering usia dewasa muda dan tua.

Meskipun tidak ganas, sebaiknya tumor jinak ini segera dioperasi, begitu diketahui. Karena semakin lambat dilakukan terapi, akan semakin besar beayanya dan juga semakin memperburuk penampilan yang secara aestetika tampak jelek.

Satu hal lagi yang menjadi kekhawatiran, ada yang disebut “Carcinoma arising in Pleomorphic Adenoma” artinya, keganasan yang timbul pada tumor yang tadinya jinak menjadi berubah ganas.

Mengenai waktunya, kapan mulai ganas tidak pasti, karena bersifat individual, artinya pada setiap pasien akan berbeda sesuai kondisi tubuh penderita. Karena itu segeralah bereskan sekecil apapun penyakit atau tumor yang anda derita.

Hal ini dapat diterapkan pada semua keadaan yang mengganggu kesehatan anda. Semakin cepat diatasi, semakin baik.  Ada yang bilang : ’sakit kok dipelihara’…

Popularity: 16%

Posted Friday, September 5th, 2008 at 11:44 am
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

213 Responses to “Pleomorphic Adenoma, tumor kelenjar liur Parotis, sering diduga ‘gondongan’”

Pages: « 9 … 7 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

  1. 75
    Dr. Sukma Says:

    Halo Maya,

    Untuk gondongannya atau ‘mumps’tentu putra ibu yang berusia kurang dari 3 tahun telah diberikan obat anti-virus oleh dokter anak.

    Yang bisa ibu lakukan adalah memberikan makanan dan minuman bergizi ‘extra’, agar terjadi penyembuhan lebih cepat dan mengurangi risiko testisnya terkena radang.

    Usahakan anak banyak istirahat/tiduran dan berikan obat penambah daya tahan tubuh semacam stimuno berupa obat sirup. Sebaiknya anda konsultasi ke dokter anak.

  2. 74
    maya Says:

    dok, anak saya 33 bulan laki2 terkena gondongan, dokter sudah memberi obat antibiotik+vit. apakah dampaknya pada ank laki2? apa bisa menyebabkan kemandulan?apa lagi yg bisa saya berikan spy ank cepat sembuh? terima kasih ya dok :)

  3. 73
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wahyu,

    Bila benjolan tidak dirasakan sakit dan tumbuh secara perlahan serta tidak mengganggu aktivitas sehari-hari,
    kemungkinan benjolan itu adalah lipoma, tumor jinak.

  4. 72
    Wahyu Says:

    Dok,sy mau tanya,Mertua sy ditelapak tangan bawah jari ada benjolan yg lumayan besar!apakah itu Tumor jinak Dok,Makasi dok….

  5. 71
    Dr. Sukma Says:

    Hai gie,

    Lokasi yang anda tulis itu BUKAN lokasi kelenjar tiroid. JANGAN dipegang/diraba-raba atau ditekan-tekan. Tindakan itu akan merangsang pertumbuhannya. Sebaiknya dibiarkan saja, just wait and see…

    Bila nanti membesar, dan berdiameter lebih dari 1 cm, barulah ke dokter umum untuk diberi surat pengantar rujukan ke dokter spesialias PA agar dilakukan biopsi jarum halus (BAJAH atau FNAB).

  6. 70
    gie Says:

    dok, 2 hari ini timbul benjolan seperti jerawat di pipi bagian bawah sebelah kanan tepatnya sedikit diatas tulang rahang +/-1cm … Bila ditekan, terasa nyeri seperti rasa nyeri ketika menekan jerawat.. Apakah benjolan ini termasuk tumor parotis? Bila didiamkan, apa efek sampingny? Sebaikny diperiksa ke rumah sakit mana (sy tinggal di bdg) ? Dan menghubungi dokter spesialis apa? Terima kasih atas waktuny…

  7. 69
    Dr. Sukma Says:

    hai Maya,

    Saya di Pekanbaru. Kita cukup berkomunikasi via blog ini saja.

  8. 68
    maya Says:

    salam kenal dok. boleh saya tau alamat dan nomor tlp dokter? saya ingin konsultasi dengan bu dokter. saya baru sadar ada benjolan dileher kiri saya, and I’m afraid it’s tumor parotid, especially after reading your site…
    thks
    Maya

  9. 67
    Dr. Sukma Says:

    Hai Chintia,

    Setahu saya tidak ada cara untuk mengecilkan tumor parotis KECUALI operasi. Final answer…

  10. 66
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rahardjo Herutomo,

    Benjolan kecil dan tidak dirasakan sakit serta tidak mengganggu aktivitas pada anak 2 tahun, sebaiknya di observasi saja. Tidak perlu over-reactive.

    Amati saja, jangan dipegang-pegang atau dipencet karena tindakan itu akan merangsang pertumbuhannya.

    Paling maximal benjolan itu adalah kelenjar getah bening (KGB) yang tampak membesar bila sedang demam,batuk-pilek atau radang tenggoroikan.

    Bila daya tahan tubuh anak bagus,nanti benjolan itu akan hilang sendiri.

    Bila benjolan semakin besar dan telah berdiameter minimal 1 cm, boleh dibawa ke dokter spesialis anak untuk dirujuk ke dokter spesialis PA untuk tindakan biopsi jarum halus(FNAB).

  11. 65
    chintia Says:

    dok seandainya papa saya tidak mau operasi untuk kedepan nya apa akibat nya dok dan ada gak dok obat untuk bengkak nya tidak membesar thanks :)

  12. 64
    Rahardjo Herutomo Says:

    Salam hormat,
    Bu Dokter yang baik… langsung saja ya Dok, saya punya anak laki-laki pada 19 oktober nanti berusia 2 tahun… dari bayi (6 bulanan) kami baru ‘ngeh’ kalo dileher tepatnya dibawah telinga kiri ada benjolan kecil di uratnya warna kebiruan, itu terlihat kalau anak sedang negok ke arah kanan kalau lurus atau menoleh kekiri tidak terlihat.. dan sepertinya dia tidak merasa terganggu, pernah saya coba untuk memegangnya (sedikit memencet) tapi dia tidak merasa sakit… yang ingin saya tanyakan apakah itu normal/wajar atau biasa? atau bagaimana Dok… kalaupun ke dokter lebih baik ke dokter mana ? umum, spesialis anak, internis atau apa Dok?… begitu saja Dok,,, mohon penjelasannya… sebelum dan sesudahnya saya ucapkat terima kasih….
    Hormat saya, Rahardjo Herutomo

  13. 63
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yudika,

    Pleuritis sangat GAMPANG disembuhkan. Jangan khawatir, tidak seperti sakit kanker yang susah diobati. Memang nyeri yang dirasakan penderita setiap kali menarik nafas,kelihatan mengkhawatirkan.

    But,don’t worry ada obat penghilang rasa sakit sangat hebat seperti itu. Obatnya cukup diminum saja.

    Bila infeksi atau radang pada pleura bisa diatasi dengan antibiotika yang cocok, maka penderita SEMBUH dan rasa NYERI akan HILANG begitu saja..

  14. 62
    yudika Says:

    apakah penyakit radang selaput paru bisa di sembuh kan dok???????????

  15. 61
    Dr. Sukma Says:

    hai Yudika,

    Keluhan mama anda itu mengacu kepada penyakit radang selaput paru yang disebut pleuritis.

    So, kunjungi dokter spesialis Paru,agar diberikan antibiotik yang cocok dan sekalian pain killer untuk penghilang nyerinya.

  16. 60
    yudika Says:

    dok mama saya beberapa bulan ini nafas nya suka sesak dan setiap bernafas mama saya selalu merasa nyeri penyakit apakah mama saya dok ???? dan cara mengobati na bagaimana???

  17. 59
    Dr. Sukma Says:

    Hai chintyadeviyanti,

    Radang amandel pada orang dewasa TIDAK perlu diangkat/operasi. Cukup dengan anti radang dan Antibiotik.

  18. 58
    chintiadeviyanti Says:

    dok sejak tahun 2005 saya terkena penyakit amandel,amandel saya sangat besar kata dokter saya harus operasi ada jalan lain gak dok selain operasi??????/

  19. 57
    Dr. Sukma Says:

    Hai Chintyadeviyanti,

    Tidak ada jalan lain pengobatan tumor parotis, baik jinak maupun ganas.

    Yang bisa TANPA operasi, yaitu bila kelenjar parotis terinfeksi alias radang (parotitis).

  20. 56
    chintiadeviyanti Says:

    dok papa saya dari tahun 2003 ada benjolan di depan kuping udah konsultasi ke dokter kata nya papa saya terkena tumor parotis tetapi papa saya takut operasi karena takut mungkanya mencong dan ada solusi lain gak dok selain operasi????

  21. 55
    Robor Says:

    Hi there,
    Everything dynamic and very positively! :)
    Robor

  22. 54
    Dr. Sukma Says:

    Halo Alfi Abdina,

    Sialdenitis istilah UMUM untuk radang di kelenjar liur. Selain parotis ada kelenjar liur di maxilla, mandibula dan sublingual/bawah lidah. Sedangkan Parotitis radang khusus pada kelenjar parotis.

    Selebihnya BACA buku mengenai salivary gland, mahasiswi FK. You should read the book, NOT me.

  23. 53
    Alfi Abdina Says:

    Apa perbedaan antara sialadenitis dengan parotitis? baik dari segi gejala, bagaimana kondisi ini muncul atau cara penanganan yang baik?
    Thanks to Dr.Sukma Merati

  24. 52
    Dodi Suwardi Says:

    Terimakasih dokteratas sarannya, gigi saya 100% sehat dok disiplin gosok gigi dari kecil, memang saya butuh waktu cukup lama yaitu 2 minggu setengah sampe kempis dan tidak sakit lagi dibagian kelenjar parotis….waktu yang sangat lama untuk sebuah siksaan hehehe…but now everything is fine…thanks God for healing me.

  25. 51
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dodi Suwardi dan Ricki Sahputra,

    Buat Dodi Suwardi,
    Apakah anda ada gigi berlubang atau gusi yang membengkak dan terinfeksi ? Terus terang agak sulit menduga kearah mana,tanpa melihat dan memeriksa langsung.

    Rasa sakit sebenarnya TIDAK ADA hubungannya dengan jenis makanan seperti yang anda sebut berkarbohidrat tinggi.Cuma ada kaitan bila carbohidrat tinggi, biasanya disukai bakteri disela-sela gigi penyebab caries dentis atau gigi berlubang.

    Sebaiknya habiskan dulu semua obat yang diresepkan untuk anda, kemudian baru kita nilai ulang.

    Buat Ricki Sahputra,
    Berapa beaya operasi,itu tergantung pada RS dan kelas perawatan yang anda inginkan. Makin tinggi kelas perawatan,makin mahal honor dokter dan makin mahal sewa kamar operasi, makin mahal harga obat2an anaestesi, dst

    Sehingga semuanya (komponen beaya operasi) itu pada akhirnya menjadikan semakin mahalnya beaya operasi.

Pages: « 9 … 7 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe