En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

PAROTISKata ‘gondongan’ mengacu kepada kondisi pipi yang biasanya kanan dan kiri membengkak. Tepatnya yang dimaksud pipi disini adalah bagian pipi didepan kedua telinga yang dalam bahasa medis kita sebut regio parotis. Pembengkakan ini memberi warna kemerahan dan dapat mengakibatkan tertariknya daun telinga bagian atas kedepan dan kondisi ini sudah pasti dirasakan nyeri oleh penderita.

Parotis adalah salah satu kelompok kelenjar liur besar, yang gampang terjangkit peradangan oleh virus yang disebut ‘mumps virus’. Peradangan ini disebut parotitis atau ‘mumps’ oleh orang-orang dinegara Barat sana atau kita di Indonesia sering menyebutnya dengan ‘gondongan’ (bukan ‘gondok’, lho – jangan salah).

Parotitis mudah diobati, namun bila bukan radang akan tetapi tumor parotis maka ceritanya lain lagi, lebih sulit disembuhkan. Apa itu tumor parotis ?

Tumor parotis ada yang jinak dan ada yang ganas. Namun-jangan takut dulu- kebanyakan tumor parotis (90%) bersifat jinak. Dan ini sudah tentu melegakan kita semua. Berbeda dengan gondongan, maka tumor parotis tidak akan bisa disembuhkan hanya dengan mengoleskan serbuk ‘blau’ yang berwarna biru yang menjadi obat tradisional masyarakat kita. Blau hanya mempan untuk gondongan tapi tidak mempan untuk tumor parotis.

Satu-satu nya jalan untuk terbebas dari tumor parotis adalah dengan cara operasi. Operasi tumor kelenjar parotis  sedikit agak ribet, dikarenakan banyak percabangan saraf-saraf muka yang melewati daerah itu. Salah potong, bila tidak berhati-hati melakukan operasi, dapat mengakibatkan muka ‘mencong’ akibat sebagian otot wajah menjadi lumpuh karena putusnya cabang persarafan.

Mimik muka bila terjadi putus saraf akan menyerupai kondisi ‘Bells’ Palsy’ yaitu keadaan muka seseorang yang tampak mencong, tidak simetris yang kata orang tua disebut sebagai kena teluh atau kena jampi-jampi orang yang tidak menyukai kita.

Padahal itu bukan magic, tetapi logik yaitu akibat tidak normalnya  saraf muka. Pada ‘Bells’ Palsy’ disini akibat terpapar suhu dingin dalam waktu cukup lama, bisa berupa angin malam yang menerpa sebagian muka, maka saraf ditempat itu akan tidak bekerja secara normal alias lumpuh. Maka terjadilah muka mencong itu.

Tumor parotis jinak paling sering di kelenjar parotis adalah pleomorphic adenoma. Dinamakan begitu karena terdiri dari berbagai macam jaringan ((pleomorphic), ada jaringan lemak, miksoid, mucin, kadangkala tulang rawan. Struktur terbanyak yang terlihat dibawah mikroskop adalah bentuk kelenjar yang hiperplastis (adenoma). Jadi tumor jinak ini dinamakan pleomorphic adenoma.

Tumor jinak ini biasanya tumbuh perlahan-lahan, dalam 2 tahun akan berukuran 2-4 centimeter, tidak nyeri dan tidak ada keluhan lain, kecuali benjolan yang berada didepan telinga.

Pasien akan datang ke RS atau dokter terdekat, ketika mengetahui benjolan itu tidak menghilang dengan diolesi serbuk blau. Dan kian lama semakin tumbuh membesar, meski pertumbuhannya pelan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kebanyakan tumor ini bersifat unilateral artinya, mengenai satu sisi saja, bisa parotis kiri ataupun parotis kanan. Pada keadaan yang jarang dapat dijumpai penderita dengan tumor bilateral, parotis kanan dan kiri.

Penderita laki-laki sedikit lebih banyak dibandingkan perempuan. Dapat mengenai semua umur, paling sering usia dewasa muda dan tua.

Meskipun tidak ganas, sebaiknya tumor jinak ini segera dioperasi, begitu diketahui. Karena semakin lambat dilakukan terapi, akan semakin besar beayanya dan juga semakin memperburuk penampilan yang secara aestetika tampak jelek.

Satu hal lagi yang menjadi kekhawatiran, ada yang disebut “Carcinoma arising in Pleomorphic Adenoma” artinya, keganasan yang timbul pada tumor yang tadinya jinak menjadi berubah ganas.

Mengenai waktunya, kapan mulai ganas tidak pasti, karena bersifat individual, artinya pada setiap pasien akan berbeda sesuai kondisi tubuh penderita. Karena itu segeralah bereskan sekecil apapun penyakit atau tumor yang anda derita.

Hal ini dapat diterapkan pada semua keadaan yang mengganggu kesehatan anda. Semakin cepat diatasi, semakin baik.  Ada yang bilang : ’sakit kok dipelihara’…

Popularity: 16%

Posted Friday, September 5th, 2008 at 11:44 am
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

213 Responses to “Pleomorphic Adenoma, tumor kelenjar liur Parotis, sering diduga ‘gondongan’”

Pages: « 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

  1. 150
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anjank,

    Berarti luka operasi dibagian dalam masih belum menutup rapat dan sempurna. Hal ini rawan terkena infeksi sekunder…. Sebaiknya kontrol lagi ke dokter operator, kalau perlu dilakukan re-evaluasi atau penjahitan kembali bila ternyata dengan obat2an dan zalf tidak mempan…

  2. 149
    Dr. Sukma Says:

    Halo Aman,

    Sepertinya anda terkena infeksi/ penyakit kelamin. Sebaiknya kunjungi dokter spesialis Kulit & Kelamin, agar tuntas pengobatannya. Jangan tunda2 lagi…

  3. 148
    Dr. Sukma Says:

    Hai Imun,

    Bila nada merasa terganggu, baiknya kunjungi dokter penyakit dalam. Kalau tidak menggangu estetika/ kosmetik sebaiknya biarin aja. Tokh sudah aja sejak lebih sepuluh tahun ini. Dan tidak menggaggu aktivitas sehari-hari anda.

  4. 147
    Dr. Sukma Says:

    Hai Irwan,

    Thyroiditis granulomatosa BISA sembuh tanpa operasi BILA diobati dengan antibiotika dan steroid selama minimal 2-3 minggu. Kunjungi dokter penyakit dalam atau endokrinologist.

  5. 146
    Dee Says:

    Salam knl dokter Sukma, nama sya Dee (Malang.
    Dokter, sya mo nanya saya penderita tumor parotis jinak. Menurut cerita ortu saya, saya mengalaminya umur 3bln. Setelah operasi, ternyata salah potong dok,dan mengakibatkan muka saya mencong karna sebagian otot wajah saya menjadi lumpuh karena putusnya cabang persarafan. Sekarang umur sya 20thn, bisakah sya operasi lgi utk mengembalikan muka sya smula dok?

  6. 145
    kezialita Says:

    dok, saya mau tanya, apakah semua penderita parotis harus menjalani operasi sekalipun itu hanya parotis yang ringan??
    penyakit parotis itu sendiri bisa menyerang organ dalam tubuh yang lain lagi atau tidak? dalam artian , apakah penderita parotis dapat sakit penyakit yg lain oleh sebab efek dari sakit parotis yang di derita?
    kalau iya biasanya dapat menderita pnyakit apa saja ?
    trim’s dok , besar harapan saya untuk dokter membalas comment ini .

  7. 144
    Shary Says:

    Dear Dr.Sukma,,

    Terimakasih banyak atas infonya dok,,,ternyata mama saya juga sudah di berikan obat yg harus di konsumsi seumur hidup oleh dr. nya,,

    nnt setelah 3 bulan di anjurkan kmbali lagi ke rumah sakit untuk check up secara keseluruhan,,,,apakah ada kemungkinan timbul lagi dok??

    dan dalam jangka waktu brapa lama,,apakah bisa di sembuhkan total???

    terimakasih Dr.Sukma,,,,

    Shary

  8. 143
    yuni Says:

    Dok, sejak kmrn pagi sy merasakan ada benjolan di bawah telinga kanan sy (di bagian yg cekung). Kalau dipegang rasanya sakit. Apa itu gejala tumor parotid? Sebaiknya sy periksakan ke dokter spesialis apa? Terima kasih

  9. 142
    anjank Says:

    selamat pagi dokter Sukma..
    saya mo bertanya..2 bulan yg lalu istri saya barusan operasi kelenjar parotis sebelah kanan.operasi berjalan dgn lancar dan sukses.pada saat sekarang muncul rasa was-was..karena dibekas jahitan rembes cairan kuning.awalnya sedikit..tapi beberapa hari yg lalu rembes agak banyak.dari dokter yg menangani dikasih obat sejenis salep.yang ingin saya tanyakan…kira2 apa yang harus kami lakukan..mengingat bekas jahitannya belum sembuh bener..padahal sudah 2 bulan operasinya.
    demikian dok..mohon pencerahannya.terima kasih.
    info : dokter yg menangangi dr.kunta (sardjito jogja)

  10. 141
    Dr. Sukma Says:

    Hai Shary,

    Ada dua kelainan pada tumor tiroid yang telah diangkat. Pertama tumor jinak namun ada kata ATIPIK yang kurang baik, artinya berpotensi ganas. Kedua sama dengan yang pertama PLUS sudah terlihat kanker ganas tiroid dari jenis Papillary Carcinoma.

    Jadi secara umum boleh dikatakan bahwa kelenjar gondok yang diangkat adalah ganas, sehingga perlu obat lanjutan setelah dilakukan operasi. Jenis obat, dll sebaiknya mama anda ditangani oleh seorang dokter onkologist, sehingga terapinya akan pas dan akurat..

  11. 140
    Shary Says:

    Dear Dr. SUkma yang terhormat,,,,

    Maaf saya mengganggu waktunya,,,kalau mungkin DR. Sukma masih ingat dengan saya yang sewaktu itu saya menanyakan penyakit tiroid mama saya yang beberapa waktu lalu,,,

    Dua minggu yang mama saya sudah melakukan operasi pengangkatan tiroid nya,,,dan sekarang saya bermaksud ingin menanyakan hasil dari penelitian patologi anatominya, sebagai berikut:

    Dx: Struma Nodosa Non Toksik ( SNNT ) bilateral.

    Makroskopik : I.Sebuah Jarngan Padat kecoklatan dengan ukuran 3x2x1 cm, pada irisan tampak satu massa padat berkapsul ukuran 0,8 x 0,6 x o,5 ( Kanan ).

    II.Sebuah Jaringan Padat Berkapsul dengan ukuran 6x5x5 cm, pada irisan tampak dua massa padat berkapsul ukuran 5,5 x 4 x 4 cm dan 1,5 x 1 x 0,6 cm.

    Mikroskopik : I . Sediaan terdiri dari folikel tiroid, massa tumor terdiri dari folikel kecil, tumbuh memadat. Inti Sel sebagian vesikuler.
    II. Sediaan terdiri dari folikel kecil tumbuh memadat dilapisi sel kuboid, inti sel vesikuler. Kapsul fibrosis, setempat mengalami klasifikasi.

    Histopatologik: I. Adenoma folikulare atypic.
    II. Adenoma Folikulare Atypic dan Karsinoma Papilary tiroid folikular variant.
    Sebaiknya OS diobervasi dengan baik.

    Demikian jabaran dari hasil patologinya Dr. Sukma,,ternyata tirod mama saya ada dua bagian di bangian kiri dan bagian kanan,,,
    apakah hasil tersebut menyatakan bahwa Tiroid tersebut Ganas atau tidak????

    Jika Tumornya Ganas bagaimana< apa yang harus mama saya lakukan,,?? Jika Tidak Ganas apa yg harus mama saya lakukan??

    Terimakasih banyak Dr. SUkma atas waktunya,,,saya sangat mengharapkan hasil dari dokter Sukma….

    Regards,

    Shary

  12. 139
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurmalia Kurniawati,

    Bila itu hanya infeksi maka seyogyanya anda diobati dengan antibiotika atau anti-virus, dll. pokoknya anti-jasad mikro penyebab infeksi tersebut. Berobatlah sampai tuntas ke dokter penyakit dalam atau dokter bedah umum.. Jangan dibiarkan berlama-lama…

  13. 138
    nurmalia kurniawati Says:

    dokter, pada bln oktober saya mengalami kecelakaan yg menyebabkan gagar otak ringan tapi dok setelah 1 bln dari itu saya merasakan di bwah rahang saya kya seperti bengkak,tp tidak terasa sakit,, dwaktu bln yang ke 4 saya memeriksakan diri dengan USG untuk melihat penyakit itu,,, tp setelah ada hasil ktanya itu hanya cairan disebabkan infeksi,,, yang saya tanya kan apakah itu berbahaya dan bisa menjadi tumor kalau tidak dioprasi?dan bagaimana pengobatanya?

  14. 137
    Dr. Sukma Says:

    Halo Pras,

    Terbaik dioperasi untuk mengangkat tumornya. Nanti jaringan operasi diperiksa gambaran histo-PAnya. Apakah ganas atau tidak dan jenisnya apa. Dengan demikian kita baru tahu persis dan pasti sehingga dengan demikian baru bisa diterapkan terapi yang tepat. Saya tidak tahu TCM Harapan Baru. Apa itu, dan dikelola siapa? Apakah dokternya qualified, dst…

  15. 136
    pras Says:

    dr sukma, kebetulan mama saya saat ini ada di lampung, dr di lampung merujuk mama saya untuk berobat di RSCM karena alasan biaya (saya menggunakan jamkesmas dalam hal ini, saya tidak tahu apakah operasi nya bisa gratis atau tudak?), namun dari pengecekan terakhir, paru2 mama saya bersih, dan mama saya sama sekali tidak pernah merokok…apakah jalan operasi bisa menuntaskan penyakit mama saya ini dok?… beberapa teman menyarankan saya untuk berobat di TCM Harapan Baru, klinik pengobatan khusus tumor dan kanker… tapi saya sendiri tidak tahu jalur medis yang mana dulu yang saya tempuh? ada saran lain dok..?

  16. 135
    Dr. Sukma Says:

    Hai Pras,

    Hasil biopsi / FNAB benjolan leher kiri ibu anda SERIUS dan berbahaya. Kalimat yang anda tulis ‘pernah suatu kali bla.. bla.. bla itu ada kaitannya dengan Small Cell Carcinoma yang sangat ganas tsb. Diagnosis Small Cell Carcinoma, itu biasanya tumor paru paling ganas. Apakah ibu anda heavy smoker ? Biasanya perokok berat yang biasa terkena jenis tumor ganas ini. Dokter pathologist juga belum bisa memastikan apakah benjolan itu tumor primer atau tumor sekunder alias anak sebar dari tumor yang biasanya berlokasi di jaringan paru.

    So, sebaiknya obati tuntas ke RSK. Dharmais Jakarta sebagai pusat rujukan penyakit kanker di Indonesia. Untuk mendapat penanganan yang tepat dan akurat untuk kondisi mama anda pada saat ini. So hurry up. Mudah2an ada mukjizat Yang Diatas sehingga mama anda bisa disembuhkan. Amien..

  17. 134
    pras Says:

    dr sukma yang terhormat
    mama saya divonis dokter terkena tumor hanya saja saya tidak tahu apakah tumor itu jinak atau ganas, dokter menyarankan untuk segera dioperasi, yang saya ingin tanyakan adalah apakah tumor tersebut sangat serius sehingga harus dioperasi, atau bisakan dengan solusi lain untuk menyembuhkan tumor tersebut, berikut merupakan hasil lab patgologi anatomik :

    diagnosa klinik: tumor leher sinistra,
    lokasi : leher sinistra,
    mikroskopik : hapusan hiperseluler terdiri dari sebaran dan kelompok sel-sel atipic, inti bulat, oval, monoton, nucleoli prominent sebagian tersusun mouding pathern, latar belakang sel2 limfosit,

    makroskopik : dilakukan 2x pucture. nodul colli sinistra diameter 4 cm, solid, fixed.

    kesimpulan : kelenjar getah bening colli sinistra inferior, FNAB : matastase malignant small cell tumor.
    DD : small cell carnicoma.

    NB : bagaimana paru atau organ lain
    sempat suatu kali tubuh mama saya nyeri pada bagian punggung dan urat2 bagian punggung nya terlihat jelas dan membiru… mohon penjelasan dari dokter sukma, saya sangat berharap mendapat respon secepatnya… terima kasih sebelumnya dok…

  18. 133
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ervy,

    Anda umur berapa dan apakah anda laki-laki atau perempuan? Struma adenomatosa bisa saja tumbuh pada kelenjar tiroid yang lain/ sebelah kanan, setelah dulu pernah dioperasi kelenjar tiroid yang kiri. Terjadi pembesaran ini BUKAN kambuh penyakit lama, tetapi secara genetik tubuh anda cenderung terjadi produksi cairan koloid berlebihan didalam kelenjar gondok anda.

    Mau tidak mau pembesaran yang sekarang ini harus dioperasi juga, karena meskipun jinak pembesaran kelenjar gondok lobus kanan anda pada saat ini akan terus membesar dari hari ke hari. Akan berakibat terjadi penekanan pada jalan nafas, jalan makanan dan pembuluh darah vital di daerah leher anda. So, jangan berpikir terlalu lama, bila anda dianjurkan untuk operasi.

  19. 132
    Ervy Says:

    Met malam Dok…
    Usia saya 32thn….dua minggu belakangan ini baru saya sadari, ada bejolan dileher kanan yang tidak sakit apabila ditekan. Hasil FT4 1.21 dan TSHs 2.856
    Sewaktu umur 25 thn pernah ada benjolan di leher sebelah kiri dan hasil operasinya adalah Struma adenomatosa thyroid — tidak tampak tanda ganas.
    Pertanyaan saya adalah….bagaimana bisa muncul lagi di leher sebelah kanan ? apakah itu berbahaya apabila muncul lagi ?

  20. 131
    Dr. Sukma Says:

    Hai Julia,

    Saya sependapat dengan mereka dalam hal benjolan itu TIDAK berbahaya dan tidak perlu diangkat/operasi. Sebaiknya dicuekin saja, jangna sering dipegang-pegang sebab akan merangsang pertumbuhannya.. Just ignore it…

  21. 130
    julia Says:

    dok mau nanya dok saya dibibir atas tengah ada benjolan kecil sejenis kutil gitu tapi tidak sakit ,ke brapa dokter mereka smua tidak brani untuk membuang benjolan itu takut sumbing katanya dok tapi saya sendiri merasa terganggu dengan pikiran minta pendapatnya yah dokk thx

  22. 129
    Dr. Sukma Says:

    Halo Efi,

    Memang benar. Tumor jinak di payudara itu harus diangkat/operasi. Tidak ada jalan lain. Mumpung masih kecil, segeralah diangkat. Semuanya akan menjadi lebih murah, lebih cepat operasinya, palingan setengah jam. Dan prognosis jauh lebih baik karena lesi itu masih awal. Jangan tunggu keluar cairan dari puting susu yang kemerahan atau berdarah, OK..

  23. 128
    efi Says:

    assalamualaikum,,,,,,,

    Dr.Sukma aku mau tanya nich,,,,belum lama aku ada keluhan pd payudara kanan sy,,ada keluar cairan bening kecoklatan gitu deh,,,,terus sy langsung diteksi dini kangker payudara,,,ternyata ada tumor jinak yg ukurannya 11,7 x 12,6 mm,,,,sy dianjuran untuk operasi u mengambil tumor tsb,,,,trus pertanyaan saya…apa bisa kl ga operasi tumor itu hilang sendirinya?,,,,trus hasil dari diteksi dini kangker payudara begini ” tampak lesi hipoekhoik,batas tegas,reguler ukuran 11,7×12,6 mm di kwadran inferior lateral kanan.tidak tampak lesi fokal solid/kistik pada kwadran lain payudara kanan kiri.kutis dan subkutis normal.
    kesan : lesi solid sugestif benigna di kwadran inferior lateral kanan “….apa yach dok artinya?,,,,,makasih dokter sukma yg baik,,,,,,

  24. 127
    Dr. Sukma Says:

    Hai Shanty,

    Benjolan hitam pada lokasi benturan itu biasanya disebut hematom. Yaitu kumpulan darah mati yang berkumpul ditempat pecahnya pembuluh darah saat kecelakaan terjadi. Kalau tidak terlalu besar bisa dioleskan krim thrombophobe. Bila besar sebaiknya ke dokter bedah umum…

  25. 126
    shanty Says:

    dok, saya mau tanya, abang saya dulu pernah kcelakaan motor dah paha kanan na terantuk stank motor, timbul benjolan yg makin lama makin besar, daerah benjolan brwarna hitam, apa itu disbt tumor?? Kira2 kalau operasi apa efek sampingnya??
    Mohon d jelaskan ya dokter.

Pages: « 9 8 7 [6] 5 4 3 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe