En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

PAROTISKata ‘gondongan’ mengacu kepada kondisi pipi yang biasanya kanan dan kiri membengkak. Tepatnya yang dimaksud pipi disini adalah bagian pipi didepan kedua telinga yang dalam bahasa medis kita sebut regio parotis. Pembengkakan ini memberi warna kemerahan dan dapat mengakibatkan tertariknya daun telinga bagian atas kedepan dan kondisi ini sudah pasti dirasakan nyeri oleh penderita.

Parotis adalah salah satu kelompok kelenjar liur besar, yang gampang terjangkit peradangan oleh virus yang disebut ‘mumps virus’. Peradangan ini disebut parotitis atau ‘mumps’ oleh orang-orang dinegara Barat sana atau kita di Indonesia sering menyebutnya dengan ‘gondongan’ (bukan ‘gondok’, lho – jangan salah).

Parotitis mudah diobati, namun bila bukan radang akan tetapi tumor parotis maka ceritanya lain lagi, lebih sulit disembuhkan. Apa itu tumor parotis ?

Tumor parotis ada yang jinak dan ada yang ganas. Namun-jangan takut dulu- kebanyakan tumor parotis (90%) bersifat jinak. Dan ini sudah tentu melegakan kita semua. Berbeda dengan gondongan, maka tumor parotis tidak akan bisa disembuhkan hanya dengan mengoleskan serbuk ‘blau’ yang berwarna biru yang menjadi obat tradisional masyarakat kita. Blau hanya mempan untuk gondongan tapi tidak mempan untuk tumor parotis.

Satu-satu nya jalan untuk terbebas dari tumor parotis adalah dengan cara operasi. Operasi tumor kelenjar parotis  sedikit agak ribet, dikarenakan banyak percabangan saraf-saraf muka yang melewati daerah itu. Salah potong, bila tidak berhati-hati melakukan operasi, dapat mengakibatkan muka ‘mencong’ akibat sebagian otot wajah menjadi lumpuh karena putusnya cabang persarafan.

Mimik muka bila terjadi putus saraf akan menyerupai kondisi ‘Bells’ Palsy’ yaitu keadaan muka seseorang yang tampak mencong, tidak simetris yang kata orang tua disebut sebagai kena teluh atau kena jampi-jampi orang yang tidak menyukai kita.

Padahal itu bukan magic, tetapi logik yaitu akibat tidak normalnya  saraf muka. Pada ‘Bells’ Palsy’ disini akibat terpapar suhu dingin dalam waktu cukup lama, bisa berupa angin malam yang menerpa sebagian muka, maka saraf ditempat itu akan tidak bekerja secara normal alias lumpuh. Maka terjadilah muka mencong itu.

Tumor parotis jinak paling sering di kelenjar parotis adalah pleomorphic adenoma. Dinamakan begitu karena terdiri dari berbagai macam jaringan ((pleomorphic), ada jaringan lemak, miksoid, mucin, kadangkala tulang rawan. Struktur terbanyak yang terlihat dibawah mikroskop adalah bentuk kelenjar yang hiperplastis (adenoma). Jadi tumor jinak ini dinamakan pleomorphic adenoma.

Tumor jinak ini biasanya tumbuh perlahan-lahan, dalam 2 tahun akan berukuran 2-4 centimeter, tidak nyeri dan tidak ada keluhan lain, kecuali benjolan yang berada didepan telinga.

Pasien akan datang ke RS atau dokter terdekat, ketika mengetahui benjolan itu tidak menghilang dengan diolesi serbuk blau. Dan kian lama semakin tumbuh membesar, meski pertumbuhannya pelan dan tidak mengganggu aktivitas sehari-hari.

Kebanyakan tumor ini bersifat unilateral artinya, mengenai satu sisi saja, bisa parotis kiri ataupun parotis kanan. Pada keadaan yang jarang dapat dijumpai penderita dengan tumor bilateral, parotis kanan dan kiri.

Penderita laki-laki sedikit lebih banyak dibandingkan perempuan. Dapat mengenai semua umur, paling sering usia dewasa muda dan tua.

Meskipun tidak ganas, sebaiknya tumor jinak ini segera dioperasi, begitu diketahui. Karena semakin lambat dilakukan terapi, akan semakin besar beayanya dan juga semakin memperburuk penampilan yang secara aestetika tampak jelek.

Satu hal lagi yang menjadi kekhawatiran, ada yang disebut “Carcinoma arising in Pleomorphic Adenoma” artinya, keganasan yang timbul pada tumor yang tadinya jinak menjadi berubah ganas.

Mengenai waktunya, kapan mulai ganas tidak pasti, karena bersifat individual, artinya pada setiap pasien akan berbeda sesuai kondisi tubuh penderita. Karena itu segeralah bereskan sekecil apapun penyakit atau tumor yang anda derita.

Hal ini dapat diterapkan pada semua keadaan yang mengganggu kesehatan anda. Semakin cepat diatasi, semakin baik.  Ada yang bilang : ’sakit kok dipelihara’…

Popularity: 16%

Posted Friday, September 5th, 2008 at 11:44 am
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

213 Responses to “Pleomorphic Adenoma, tumor kelenjar liur Parotis, sering diduga ‘gondongan’”

Pages: « 9 8 [7] 6 5 4 3 … 1 » Show All

  1. 175
    putra Says:

    selamat pagi,dok.
    saya putra dari medan.saya ada penyakit di leher di sebelah kiri saya.hasil pemeriksaan patalogi anatomi aspirasi biopsi.lokasi : submandibular kiri.

    makroskopis :
    mikroskopis : smear aspirat tampak sebaran dan kelompokkan sel-sel epitel,inti bulat monoton,kromatin halus merata.tampak pulak kelompokkan sel mioepitel,latar belakang smear massa mixoid.
    kesimpulan :c2,condong suatu pleomorfik adenoma kelenjar liur.

    itu hasil pemeriksa’an 2009,dok.dan sekarang sudah 2011,penyakit ini saya rasa semakin membesar tanpa meyebabkan keluhan,dok.

    saya,takut jika saya operasi,dok,pembengkakan ini terjadi kembali lagi,dok.karena ada tetangga saya yang mengalami hal seperti ini,dok.dia melakukan operasi,dok,dan 1 tahun kemudian semakin bertambah,dok.

    saya sudah berobat ke tradisional,dok,tapi tidak ada 1′pun yang memberikan hasil,dok.
    jadi,jalan apa yang harus saya tempuh,dok?????
    jika saya operasi,saya takut semakin bertambah besar 1 thaun kemudian seperti tetangga saya,dok.
    mohon saran dan petenjuk’ny,dok.
    apakah ada obat herbal yang sesuai,dok???
    terima kasih sebelum’nya,dok.

  2. 174
    tyo Says:

    hai dok, saya ingin konsultasi .
    saya baru menjalani biopsi AJH. dari hasilnya disebutkan seperti ini :

    Diagnose klinis : Lymphadenopati

    Mikroskopik : sediaan sitologi AJH menunjukkan sel-sel epithel tersusun berkelompok..Sel ukuran kecil, sitoplasma cukup, inti bulat monomorf, kromatin halus. Latar belakang limfosit,leukosit pmn.,monosit, sedikit erittrosit. tidak didapatkan sel ganas.

    Kesimpulan : AJH submandibula kanan: Tidak terdapat sel ganas. Pendapat : Lesi jinak kelenjar liur. Kesan adenoma monomorfik

    maksudnya apa ya dok ?

  3. 173
    Medi Says:

    Yth, Dokter :
    Dok, saya sudah melakukan operasi Tumor di bawah kuping sebelah kanan. operasi ini dilakukan sewaktu saya masih kecil (kelas 2 SD) sekitar tahun 1983. Permasalahan yang saya alami sekarang adalah, selalu terjadi pembengkakan berulang kadang dalam satu tahun itu mencapai 3kali. Pembengkakan yang terjadi ini sangat menyakitkan. Karena terjadi menghasilkan nanah, lalu pecah dengan sendirinya.
    Saya sudah berobat ke beberapa dokter, dan juga sudah berulang kali melakukan opersi.Tapi tetap saja bengkak ini kambuh kembali. Hasil Patologi dari jaringan yang di ambil ini hanya menyebutkan TERJADI RADANG MENAHUN.. Dan diagnosa dokter juga mengatakan ABSES PAROTIS DEXTRA. Saya sungguh terganggu dengan sakit ini dok. Saya mohon petunjuknya untuk penyembuhan agar tidak lagi kambuh sakit saya ini.
    Untuk itu saya ucapkan terimakasih yang sebanyak2nya kepada dokter.
    Salam.

  4. 172
    resvi mulyasari Says:

    dokter , di pipi kanan saya ada benjolan, ketika saya melakukan tindakan FNAB ternyata itu tumor parotis .. tapi itu bersifat jinak . saya telah mengalami benjolan ini +2 thn . saya ingin bertanya pada dr. sukma salain dengan operasi apa ada cara penyembuhan dengan yang lain seperti terapi atw minum obat herbal ??

    terimakasih

  5. 171
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ryan,

    RSCM adalah pusat rujukan medis nasional. Berbagai spesialisasi ada disana. Sebaiknya ayah anda
    Ditangani oleh seorang spesialis bedah tumor/ onkologis atau seoranhg dokter spesialis bedah mulut.
    Masalah umur 65 tahun tyidak ada halangan untuk operasi. Karena sebelum operasi pasti akan dilakukan foto thorax untuk melihat kondisi jantung dan paru. Plus pemeriksaan lab darah lengkap untuk memastikan tyidak ada kelainan darah. Demikian

  6. 170
    Ryan Says:

    Hai dok,
    saya bersyukur bisa ketemu web ini. terima kasih dok yg tanpa lelah menjawab pertanyaaan teman2x yg lain satu per satu.
    Dok papa saya didiagnosis terkena tumor di bagian pipi sebelah kanan.pada awalnya gejala nya 2 bulan yg lalu pipi tsb bengkak. setelah dibiopsy ternyata di rahang bekas gigi yg bolong terdapat tumor.dan proses tsb sudah berlangsung lama hanya saja baru benjol setelah 2 bulan belakangan ini.
    yang ingin saya tanyakan adalah :
    1. Ada kah resiko bagi papa saya utk dioperasi mengingat beliau berusia 65thn dan mengalami hipertensi dan tiroid
    2. Rumah sakit yg direkomendasikan oleh dokter kebanyakan RSCM tapi ayah saya mau juga di rawat di rumah sakit di malaysia.yg ingin sy tanyakan di RSCM sy harus merujuk ke departemen apa ya?
    3. Adakah efek samping jika papa di operasi dan seberapa besar kemunginan sembuhnya?

    terimakasih sebelumnya dok. semoga dokter diberi keberkahan oleh allah swt dalam menjalani pekerjaan nya

  7. 169
    Dr. Sukma Says:

    Hai Risky Febrian,

    Pendapat sy benjolan itu bisa tumor yg terinfeksi. Untuk pastinya perlu dilakukan FNAB atau biopsi aspirasi jarum halus yg dilakukan oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Kemungkinan saraf wajah/ nervus facialis terkena shg menimbulkan gejala spt yg anda tulis. Jadi segeralah dilakukan biopsi, agar bisa diobati secara akurat.

  8. 168
    risky febrian Says:

    hai dokter saya mau konsul ni.
    saya kan sudah hampir 3 tahun terkena bellpalsy nah setelah jalan setahun kena bellpalsy timbul benjolan didepan telinga, belakang dan bawah telinga tepatnya deket leher kiri. saya sudah coba untuk fisioterapi tapi tidak ada perubahan, yang ada makin parah pandangan saya terganggu, pendengar saya juga terganggu. yang saya rasa kan kali ini adalah rasa nyeri dibelakang telinga dan muka saya yang makin terasa ball. yang saya ingin tanyakan apakah benjolan ini tumor parotis atau hanya peradangan saja?
    terima kasih dokter.

  9. 167
    Dr. Sukma Says:

    Hai Okie,

    Anda bisa periksa ke dokter penyakit dalam atau ke dokter THT. Bila ada indikasi barulah kemungkinan anda akan dirujuk ke dokter bedah…

  10. 166
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ario,

    Sepertinya sulit bisa dikembalikan menjadi normal lagi. Karena kejadiannya sudah hampir tiga dekade, waktu yang sangat lama…
    Yang penting ketawa anda masih banyak yang suka, khan? So, jangan merasa kurang…. Be happy to be urself…. Karena pada hakekatnya semua kita mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. Right, guy?

  11. 165
    Dr. Sukma Says:

    Hai Susan,

    Obat ceptik dan nonflamin TIDAK diminum rutin atau terus2an dalam jangka panjang. Diminum palingan 5 hari untuk antibiotika dan nonflamin sampai benjolan kempis.
    Setelah 5 hari, sebaiknya di observasi saja. Artinya diperhatikan dan Tidak memegang-megang atau menekan-nekan kedua benjolan tsb. Biasanya akan hilang sendiri…

    Bila selama observasi ternyata tumbuhnya cepat kemerahan badan anak panas dll barulah dibawa ke dokter anak, kemungkinan abses atau lainnya…

  12. 164
    Dr. Sukma Says:

    Halo pak Bambang,

    Saya kurang paham dengan obat herbal.. Namun ada informasi yang bisa saya berikan yaitu : kepada penderita tidak mampu biasanya YKI atau Yayasan Kanker Indonesia bisa memberikan obat khemo gratis. Sudah tentu dengan membawa surat keterangan tidak mampu dari Rt/Rw setempat.

    YKI yang saya tahu ada di Jakarta, diketuai oleh Ibu Umar Wirahadikusumah, isteri mantan Wapres.. Alamat di Menteng, namun jalannya saya tidak ingat…

  13. 163
    okie Says:

    dok, selama seminggu ini saya merasa pening, trs 2 hari yang lalu saya temukan benjolan di depan telinga kiri saya,masih kecil dan tidak terasa sakit tapi saya khawatir setelah membaca tulisan dokter, sepertinya saya terkena tumor parotis, untuk memastikannya saya harus periksa ke dokter spesialis apa dok?

    terima kasih sebelumnya dokter…..

  14. 162
    Ario Says:

    Salam Dok.

    Begini, 29 tahun lalu saya jatuh dari lantai 2 rumah saya, kemungkinan kepala/ pipi menimpa meja, sy pingsan 1 jam, msuk RS, stelah keluar RS pipi sy d sinar/ setrom bbrpa kali, sampe skr pipi/ ketawa saya miring, syaraf yg sebelah kiri kurang bekerja, mata kiri susah d pejam. Bisakah ketawa saya d kembalikan ke keadaan normal?

    Thanks

  15. 161
    Dr. Sukma Says:

    Hai Chika,

    Semua penyakit bila dibiarkan berlama-lama pasti akan semakin parah dan bisa menjadi ganas dan mematikan.. Karena itu sebaiknya menjadi pasien yang kooperatif, artinya mengikuti saran dan nasehat dokter yang memeriksa anda.

    Hari gini masih takut operasi, nggak lah ya…. Semua peralatan serta kemampuan/skill dokter operator sudah begitu baik, sehingga kemungkinan buruk yang tidak diinginkan sangat jarang terjadi. Jangan terlalu lama berpikir, the sooner the better….

  16. 160
    Chika Says:

    Dok, aku mau nanya tumor parotis ini dapat mnybebkan kmatian ga? Soalnya aku divonis kena pnyakit ini, tapi msh takut kalau mw dioperasi
    solusinya bagaimana dok?

  17. 159
    susan Says:

    Selamat Siang, Dokter,

    Saya mau bertanya, sekitar 2 minggu yang lalu, baru diketahui ada 2 benjolan di ketiak kanan, yg 1 agak besar & yg 1 kecil, sudah di USG, hasilnya adalah morfologi inflamasi. Anak saya tidak demam & tetap ceria.
    Oleh DSA nya diberi ceptik & nonflamin, yang ingin saya tanyakan, apakah tidak apa apa mengkonsumsi obat tsb secara rutin, & menurut Dokter, anak saya itu apakah benar hanya infeksi & obatnya sudah tepat. FYI, suntikan BCG nya di paha, jadi menurut dokternya tdk mungkin B kelenjar.

    Thx A lot, Dokter.

  18. 158
    Bambang Ismulyanto Says:

    Salah satu warga kami an. Painten Ismiyati selesai operasi Tumor Air (bantuan Jamkesmas), arahan pihak medis adalah kemo terapi, sedang ybs keluarga sangat2 tidak mampu, mohon tanya obat Herbal apa sebagai ganti kemo terapi tersebut ??

  19. 157
    kezialita Says:

    trimakasih dok atas jawaban yg diberikan ,,
    saya mau tanya dok, apakah ada hubungannya jika sakit parotis menyebabkan bronkitis?
    saya juga mau tanya dok, apakah parotis itu bisa menyerang sistem saraf otak?

    terimakasih dok

  20. 156
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andri,

    Kemungkinan bisa radang atau bisa juga tumor jinak. Jadi sebaiknya kunjungi dokter penyakit dalam kalau perlu disertai pemeriksaan lab agar tahu pasti apa benjolan itu. Bila dianggap perlu mungkin anda akan dirujuk untukbiopsi jarum halus/ FNAB ke dokter spesialis PA (patologi anatomik).

  21. 155
    andri Says:

    dok sy mempunyai benjolan di leher sblh kanan. tdnya kecil,tiba2 dlm beberapa hr ini smakin membesar. dan tdnya di sebelah kiri leher sy tdk ada, tp skrg tiba mulai terlihat seperti benjolan tp tdk bulat, tp keras. yg sy tanyakan apakah itu tumor parotis dok?
    dan apakah tumor itu ganas dok, krn skarang tumbuh di leher kiri sy?
    saran dokter gimana? umur sy br 27thn dok
    terima kasih Dok.

  22. 154
    Dr. Sukma Says:

    Hai Efa Suherman,

    Penderita batu ginjal memang betul kemungkinan kambuh lagi sangat besar. Sebaiknya penderita pindah domisili, agar kandungan mineral didalam air minum serta makanan/ sayuran berbeda daridomisili sebelumnya. Tergantung hasil analisa batu ginjal yang diangkat saat operasi apakah : kalsium phosphat, kalsium oxalat, dst..

    Tanyakan ke dokter urologist yang melakukan operasi batu tsb…. Tergantung juga dari hasil analisa air tanah di tempat anda. Apakah banyak mengandung kalsium , natrium, asam oxalat dsb. Jadi permasalahan batu ginjal cukup kompleks, dari berbagai aspek…

    Mengenai osteoporosis, karena umur suami anda baru 31 tahun sebaiknya rileks aja dulu… Pikirkan nanti setelah usianya 45 tahun keatas.. Karena disini harus bisa membuat skala prioritas. Pada saat ini prioritas harus menghindari calcium untuk memperlambat terjadinya (lagi), batu ginjal… Rasanya sulit untuk mendapatkan kedua-duanya yaitu bebas batu ginjal dan bebas osteoporosis nanti ….

  23. 153
    Efa Suherman Says:

    selamat malam dok,

    Dokter sukma yang baik, suami saya terkena batu ginjal, saat ini sudah sembuh tapi saya membaca di website bahwa batu ginjal akan tumbuh dan tumbuh lagi seumur hidup. benarkah begitu dokter?
    saya juga membaca bahwa penderita batu ginjal harus menghindari makanan yang mengandung kalsium, yang ingin saya tanyakan dokter, apabila suami saya tidak memakan makanan yang mengandung kalsium apa yang harus dilakukan untuk mencegah osteoporosis di masa yang akan datang?…suami saya berusia 31 tahun.
    terima kasih banyak atas perhatian dokter.
    salam,

  24. 152
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kezialita,

    Parotitis alias radang kelenjar parotis atau gondongan, biasanya disebabkan oleh virus. Efek samping bisa mengenai testis pada pasien laki-laki. Dengan akibat terburuk adalah sterilitas alias mandul…

  25. 151
    Dr. Sukma Says:

    hai Yuni,

    Kemungkinan benjolan itu semacam jerawat atau bisa juga radang TBC. Tumor parotis JARANG di lokasi yang anda tulis… Kunjungi dokter penyakit dalam…

Pages: « 9 8 [7] 6 5 4 3 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe