En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HKKelenjar gondok atau disebut kelenjar tiroid, adalah kelenjar yang normalnya berlokasi dibagian tengah-depan dari leher kita. Ada tiga bagian yaitu : lobus kanan, lobus kiri dan lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya dileher depan bagian tengah dan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang. Maka dikenal beberapa istilah seperti : eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.

Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal. Apa gejala dan dampak dari kelainan kelenjar gondok ini ?

Gejala hipertiroid biasanya : si penderita hiperaktif, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol. Banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus dan seterusnya.

Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Orangnya rada obese, malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Semuanya kebalikan dari gejala hipertiroid.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan. Ciri khasnya : benjolan itu akan turut bergerak saat penderita melakukan gerakan menelan. Artinya bila penderita disuruh melakukan gerakan menelan, maka si benjolan tadi bergerak keatas dan kebawah, sesuai dan mengikuti irama gerakan menelan si penderita.

Sakitkah benjolan tadi ? Jawabnya : ada yang sakit dan ada yang tidak. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan, biasanya bila akibat peradangan akan dirasakan sakit atau nyeri. Nyeri disini bisa nyeri spontan, artinya nyeri tanpa dilakukan penekanan terhadap benjolan. Dan atau nyeri tekan, yaitu nyeri bila benjolan ditekan pada saat dilakukan pemeriksaan.

Apakah penderita merasakan demam ? Jawabnya : bisa ya dan bisa tidak. Biasanya demam dirasakan pada awal kemunculan massa di kelenjar gondok itu dan demam biasa dijumpai pada kasus peradangan. Sedangkan pada neoplasma atau tumor kelenjar tiroid, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri maupun demam.

Mengenai tumor tiroid, kita mengenal ada yang jinak dan ada yang ganas. Neoplasma jinak biasanya jenis struma adenomatosa dan adenoma folikuler tiroid. Sedangkan neoplasma ganas umumnya yang tersering adalah karsinoma tiroid papilliferum.

Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum hawa. Sedangkan laki-laki sangat jarang. Namun demikian, prosentase keganasan pada penderita kaum adam cukup tinggi sekitar 60-70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki.

Karena itu, khusus kepada kaum adam, sering-seringlah memeriksa leher bagian depan anda. Bila dicurigai ada yang tidak beres, segera kunjungi dokter terdekat agar segera dapat dilakukan pemeriksaan lab dan lain-lain. Apabila fasilitas ada, dokter yang paling tepat menangani kelainan pada kelenjar gondok ini adalah dokter spesialis penyakit dalam (internist),  sub-divisi Endokrinologi.

Popularity: 33%

Posted Saturday, November 22nd, 2008 at 12:58 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

588 Responses to “Pembesaran kelenjar gondok pada laki-laki sebagian besar adalah kanker ganas tiroid”

Pages: « 24 … 21 20 19 [18] 17 16 15 … 1 » Show All

  1. 450
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sumiyati H,
    Sepintas kasus anda jenis tumor jinak tiroid yg harus dilalukan operasi pengangkatan tidak ada jalan lain. Jangan terlalu lama berpikir, the sooner the better.

  2. 449
    ai Says:

    salam kenal dok
    saya mau tny sy kena struma nodusa nontoxic hasil usgnya lobus kiri saya ada membesar tampak nodul kistik solid 25,3mmx21,5mm tidak tampak kalsifikasi dgn hsl kesan stuma nodusa kiri apa artinya yah dok?sy jg sudah test darah semuanya normal dgn kesan pembesaran kelenjar thyroid apa itu hrs operasi?jenis ini jinak atau ganas dok?terima kasih dok.

  3. 448
    elyani Says:

    sore dok,,
    saya ibu mempunyai anak laki- laki berumur 1 bln,,dulu di leher bagian kanannya ada benjolan lunak kecil,,tapi skrg membesar apakah ini termasuk kelenjar getah benih?,apa penyebab memebesarnya benjolan tersebut?,apakah berbahaya dok?,saya sangat khawatir sekali dok,tp saya banyak baca katanya kelenjar getah bening ini sebagai pelindung atau tameng apa betul? soalnya saya,suami& kakaknya sedang flu& batuk,tapi tidak menular ke bayi saya.apakah nntinya bisa hilang benjolannya dok?,apa pertolongan pertama yg mesti saya lakukan selain di bawa ke dokter dan makanan apa yg harus saya konsumsi agar nnti bisa d konsumsi lewat asi saya.dan klo ke dokter biasanya suka d kasih obat apa dok?, mengingat usianya masih bayi.terima kasih banyak sebelumnya.

  4. 447
    retia Says:

    Dokter sukma saya mau tanya, apakah ada tes untuk mengetahui apakah masih ada sisa-sisa sel kanker. Karena enam bulan lalu saya operasi carsinoma papilary, dan sekarang saya ingin tahu apakah saya sudah bebas dari sel sel kanker setelah minum obat 6 bulan ini.

  5. 446
    Dr. Sukma Says:

    Halo angga,

    Benjolan kalau dibagian sampaing kiri atau kanan leher itu biasanya pembesaran kelenjar getah bening. Namun bila posisinya di bagian tengah leher, itu biasanya tumor kelenjar gondok atau tiroid. Untuk mengetahui pasti apa benjolan tsb, harus dilakukan FNAB alias biopsi jarum halus.

    Setelah FNAB hasilnya diketahui, barulah didapat diagnosis benjolan, apakah hanya radang yg bisa TBC atau Non-TBC bisa tumor jinak ataupun tumor ganas. Begitu ya…

  6. 445
    angga1206 Says:

    hy dok..
    .sya anak 19 thn.
    ..gni dok sya sih ga tau sejak kapan ada bnjolan kcil di leheh kanan sya..
    Dlu sdara sya sempet bilan th ada benjolan di lher kamu..awas kelenjar..tp say krang menanggapi..
    Stelah bbrapa bln kmudian sya di tmpat krja..ada tman yg blang hal yg sama..sya pun mlai berpikir..dan smpe2 truz kpikiran..apakah bnar bnjolan ini klnjar..
    Bnjolan kcil ini pling sbesar biji jagung..dan skarang ada lagi di bwah rahang kanan persis.. Dan rasany smakin terasa membsar. Wlu pun sdikit..
    ..prtnyaan nya apakah bnar yg saya alami ini klenjar..?
    Truz gmana cra mengatasinya..?
    Trima kasih sblumnya.

  7. 444
    Dr. Sukma Says:

    Hai Liyana,

    Jangan takut operasi. Pada saat ini operasi pengangkatan tiroid sangat mudah dilakukan di RS besar. Tingkat keberhasilan tinggi 90 %.
    1. Kalo masih takut operasi dan mau coba radio-ablasi datang ke RSPAD Gatot Subroto, Jakarta. Bagian radiologi, temui dr. Eko Purnomo
    2. Pantangan semua bahan kimia yang bersifat karsinogenik : pewarna, perasa, pengawet, dst yang terdapat didalam makanan dan minuman yang kita konsumsi

  8. 443
    Dr. Sukma Says:

    Hai Edo,
    1. Hipertiroid penyembuhan bersifat individuil. Artinya ada yang bisa sembuh total, namun ada pula harus minum obat seumur hidupnya.
    2. Risiko lain seperti : jantung berdebar-debar, sulit tidur, hiperaktif, badan terasa hangat, berkeringat selalu. Juga bisa bola mata menonjol keluar, tangan gemetaran/ tremor, tetap kurus meski sudah makan banyak, tekanan darah meningkat… dst.
    3. Benar. Memang sebaiknya penderita hipertiroid JANGAN hamil. Karena bayi yang dikandung akan mengalami berbagai kelainan dan gangguan pertumbuhan srelama didalam kandungan. Dan untuk si ibu yang mengandung bayi tsb akan mendapat masalah pada persalinan berkaitan dengan gangguan jantung.
    4.Soal waktu penyembuhan realatif. Tergantung reaksi tubuh seseorang terhadap terapi yang diberikan..
    5. Bekatul boleh saja sebagai tambahan dari semua obat yang diresepkan dokter endokrin calon istri anda.

  9. 442
    Liyana Says:

    Salam kenal dok..
    Saya mau tanya,
    Pacar saya merasakan ada benjolan kecil dileher ny.
    Setelah dlakukan CT.Scan,ternyata dy terkena Adenoma Tiroid.
    Dokter ny blg,harus d operasi,klo gag bsa berubah jadi kanker.
    Yg ingin saya tanyakan :
    1.apakah jalan satu2 ny cuma operasi?
    2.apa pantangan2 ny supaya tidak memperparah pnyakit ini dok..
    Thx dok.Sukma..

  10. 441
    Edo Says:

    Dear Dr. Sukma, saya ingin bertanya soal hipertiroid, calon istri saya baru aja terserang penyakit tersebut dan sudah ditangani oleh dokter internis dengan obat spt PTU dsb.
    Pertanyaan saya :
    1. Apakah dengan penanganan & pengobatan yang teratur penyakit ini bisa sembuh , berapa lama waktunya?
    2. Adakah resiko-resiko lain yang lebih buruk akibat penyakit ini? Apa aja
    3. Apakah benar bila wanita sudah terserang penyakit ini biasanya sulit hamil?
    4. Calon istri saya dianjurkan untuk tidak hamil sampai tiroidnya dinyatakan normal. Berdasarkan kasus & pengalaman sebelumnya biasanya butuh waktu berapa lama mengkonsumsi obat seperi PTU & Vit B 15 sampai Tiroid bisa normal?
    5. Apakah kita bisa mengganti semua obat tersebut dengan Vit B 15 atau bekatul, mana yang lebih manjur?

    Mohon jawabannya bu, bisa di cc juga ke email saya di alfred.sinaga@gmail.com

  11. 440
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ramza,

    Kadar Free-T4 anda sedikit diatas normal. Untuk mencegah angka tersebut naiik, sebaiknya hindari makan dan minuman yang mengakibatkan aktivitas metabolisme kita meningkat, seperti : kopi, seafood, duren, dst..

    Berolah raga sebaiknya sesuai takaran, yaitu 2x seminggu. Jenis OR ringan seperti jogging dengan lama 30-45 menit setiap kali OR. Jangan melakukan OR yang menguras tenaga…

    Sebaiknya tidur TIDAK KURANG dari 7-8 jam sehari… Kurang istirahat akan memicu kenaikan hormon tiroid anda… Karena pada hipertiroid (meskipun ringan, seperti kondisi anda)-istirahat yang cukup mutlak perlu. Untuk mengembalikan fungsi kelenjar gondok ke fungsi normal fisiologis… OK.

  12. 439
    Dr. Sukma Says:

    halo Sesca,

    Endometriosis bisa ditenangkan bila anda berhasil hamil… Ini yang terbaik… Cara lain yaitu suntikan Tapros setiap bulan, memang mahal…. Sebaiknya anda minum high desert seperti yang anda lakukan. Tentu harus sabar, tidak bisa hilang cepat seperti yang kita inginkan…… Teruskan minum sampai sekitar 6 bulan- satu tahun..

    Bila sudah punya anak nanti, jalan terakhir yaitu rahim yang bermasalah itu diangkat/ operasi…..

  13. 438
    sesca Says:

    Met malam dr.sukma.dokter saya mau konsultasi nie…3bln lalu sy konsultasi ke dr.kandungan krn saya mrasa dbwh perut bagian kanan-kiri saya sakit skli serasa dtekan2,srmg pipis.sy sdh menikah 9bln.saya sharing sm tmn tanda2 hamil spt itu ya seneng dunk pd jlskan spt itu…sy priksa pake testpack tp hsilnya negatip.akhirnya sy dtng ke dr.kandungan ktanya sy kena kista sbesar 5cm aku dsuruh minum obat progeston or apalha namanya sbln kdpn sy balik lg+usg lg katanya malah nambah jd 0.85cm kgetlha sy dr menyarankan sy operasi.sy konsult lg ya second opinilha kta dr.lain itu bukan ada smacam jerawat ddinding rahim sy..n sy dnyatakan kena endometriosis dr.menyarankan sy suntik apalha sy lupa namanya slama 3bln.suntiknya mhal skli skli suntik 1.5jt…spu2 sya pernah punya pnyakit sm tp dia konsumsi high desert n penyakit itu hilang…stelah minum obat itu mens sya 2bln ps tglnya tp pd bln ok ini mensnya dtn 2x dtngl 6okt slama 5hri & tgl.29 s.d 31 okt smpe skr brsih.saya mengalami meriang hebat,mual tp gak muntah,pusing yg tdk sptnya biasanya,makan lbh dr biasanya & payudara membesar+kencang skli..seorang temanpun mnyarankan test lg tp hsil tetap sma negatip.dokter apa yg terjd pd saya…sya takut..!gmn menghilangkan endometriosis ini…thx doktr..

  14. 437
    ramza Says:

    dok..
    saya ingin tanya..
    minggu lalu saya di tes darah dan hasil nya
    Free t4 1,65 nilai rujukan nya 0,70-1,48
    dan kata seorang internist ada kenaikan sedikit..
    saya di beri obat 1 bulan..
    dan di suruh periksa darah lagi..
    saya cuma tidak boleh minum kopi…

    yang saya ingin tanyakan..
    apakah saya boleh olahraga dan tidur malam melebihi jam 12 dok??
    soal nya saya lagi banyak-banyak nya tugas di kampus saya..
    tolong di beri pencerahan ya dok…

  15. 436
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mike,

    Adenomatous Goiter obatnya yaitu operasi pengangkatan tumor. TIDAK ada obat yang bisa menyembuhkan pembesaran kelenjar gondok jenis Adenomatous Goiter (AG) ini..
    Sedangkan AG tidak menular. Jadi anak anda berusia 2,5 tahun itu dapat dipastikan BUKAN terkena AG. Sy lebih condong ke arah radang TBC (limfadenitis TBC).

    Menyusui boleh aja, tidak ada pantangan penderita AG memberikan air susu ibu. Karena AG TIDAK menular dab bukan radang atau infeksi… Saran saya sebaiknya anda melakukan operasi pengangkatan AG. Mungkin setelah ASI anda habis atau setelah bayi menginjak satu tahun… Agar gizi anak tidak terputus saat anda menjalani operasi, OK…

  16. 435
    Dr. Sukma Says:

    Hai Agus,

    Saya kurang setuju kalau langsung di operasi. Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus (FNAB), dulu untuk mengetahui jenis benjolan tsb : apakah radang, apkah tumor. Apabila tumor apkah tumor jinak atau ganas, jenis atau nama tumor dst.

    Lakukan test sebagai berikut : tekan benjolan tsb sambil anda melakukan gerkan menelan… Apabila benjolan tsb turut bergerak naik dan turun sesuai dengan gerakan menelan, maka bisa dipastikan itu kelenjar gondok/ thyroid. Bila TIDAK turut gerakan menelan, kemungkinan terbesar adalah kelenjar getah bening (KGB) yang membengkak yang disebut limfadeopati.

    Setelah diketahui kira2 tiroid atau KGB, sebaiknya dilakukan FNAB agar dapat diketahui apakah kasus itu harus dioperasi ataukah cukup dengan minum obat. FNAB biasanya dilakukan dokter spesialis PA (Patologi Anatomik). Pertama pergi ke dokter umum agar dibuatkan surat RUJUKAN ke dokter Sp.PA. Diagnosis FNAB kemudian dibawa ke dokter penyakit dalam. Bila ternyata kasusnya harus dioperasi, nanti akan dirujuk ke dokkter bedah. Bila hanya radang bisa dituliskan resep oleh dokter penyakit dalam tsb. Demikian semoga dapat disembuhkan ….

  17. 434
    Dr. Sukma Says:

    Hasi Lanny,

    Pada penderita gondok Hyperthyroidi sebaiknya menghindari makanan dan minuman yang mengandung kalori tinggi seperti : coklat, durian, sea food, dll..
    Dianjurkan makan dan minum rendah kalori seperti antara lain : mentimun, jambu air, belimbing, semangka, dst

  18. 433
    Dr. Sukma Says:

    Halo -v,

    Memang benar dari buku-buku literatur yang ada sarcoma adalah jenis kanker ganas yang paling ganas atau top or high-grade malignancy..

    Policy terapi sarcoma tergantung jenisnya : rhabdomyosarcoma, liposarcoma atau fibrosarcoma, dst. Dan yang paling tahu terapi sarcoma tentunya adalah dokter onkologist atau Spesialis kanker. SOP atau penata laksanaan pasti sudah ada untuk masing-masing setiap jenis kanker ganas tersebut. Ada yang dikhemoterapi dulu agar tumor mengecil lalu baru diangkat/ operasi. Dan ada juga diangkat/operasi dulu, baru kemudian menyusul khemoterapi. Itu yang tahu pasti dokter onkologist.

    Pada kasus ibu anda saya kira itu benar, mengingat lokasi sarcoma yang berdekatan dengan ginjal yang sudah pasti bila dibiarkan akan terlanjur membesar dan menekan ginjal dan semua saluran urine yang ada didalam ginjal. Bisa berakibat gagal ginjal sehingga harus dilakukan hemodialisa atau cuci darah sampai harus diangkat/operasi ginjal. Sebaiknya pasien berlaku KOOPERATIF terhadap terapi yang diberikan. Dokter yang merawat sudah pasti memikirkan masak-masak segalanya, sebelum memutuskan terapi apa yang terbaik bagi pasiennya.

  19. 432
    mike Says:

    dok sdh 3th ada benjolan di leher kiri sktar 2cm sdh d FNAB hslny adenomatous goiter dchek darah T3 T4 dan TSHs normal saya dberi obat tyrax kemudian eutyrox saya tanya ke dokterny ga usah d operasi makanya obat aja, tp ga ngecilin saya skg pnya anak 2 dan masih menyusui apa yg sebaikny saya lakukan klo ada makanan yg bisa membantu apa itu? skg anak saya umur 2,5th dicurigai pmbesaran kgb dx susp kp, apa ada indikasi dgn benjolan saya? bagaimana dgn anak saya yg 5bln apa blh saya susui? terimakasih.

  20. 431
    Agus Says:

    Salam kenal Dokter, saya Agus umur 31 th. Saya mempunyai masalah, dileher kanan bawah, pas atas tulang rusuk paru2 saya ada benjolan sebesar telur ayam yg dibelah jadi setengah, hal ini baru saya ketahui dan rasakan 3 hari yang lalu. pas hari pertama(08 Nop 2010) muncul tidak terasa sakit tp kalau diraba rasanya seperti ada yang mengganjal, lalu pada hari kedua(09 Nop 2010) untuk menelan/makan/minum mulai terasa agak sakit, dan pada hari ketiga(10 Nop 2010) untuk makan/minum/menelan/menengok kiri itu jadi agak sakit tp untuk menoleh kekanan tidak sakit. Pada hari kedua(09 Nop 2010) saya periksakan ke poli bedah umum dan didiagnosa mengidap struma dan disarankan untuk operasi, dan saat ini saya telah di rontgen dan saya masih menunggu hasil tes darah, sebelumnya 1 thn yg lalu saya terkena infeksi paru2, Termasuk penyakit apa ini Dok?
    Apa ada hubungan penyakit lama saya dengan penyakit saat ini?
    tapi saya tidak mengalami panas dan penurunan berat badan.
    Apa yang harus saya lakukan?
    Terimakasih Dok.

  21. 430
    Lanny Says:

    pagi dok,temen saya baru2 ini menemukan kalo dilehernya ada tiroid jenis hyper…yg ingin ditanyakan..

    - makanan apa saja yg tidak boleh dikonsumsi..sy dengar apa benar coklat salah satunya…
    terima kasih sebelumnya

  22. 429
    -v Says:

    dear dokter sukma,

    dok saya mau nanya tentang tumor ganas sarcoma
    menurut tulisan dokter tumor ini paling ganas, maksudnya gmn dok? apakah penyebarannya paling cepat dibanding jenis lain? ibu saya baru saja operasi tumor di sebelah luar saluran ginjal (mengapit saluran ginjal dan pembuluh darah), dan hasil PA menunjukkan tumor ganas sarcoma high grade.
    Mohon berkenan menjelaskan mengenai tumor jenis ini dengan bahasa awam dok, karena saya sudah berusaha mencari informasi, umumnya penjelasannya kurang saya mengerti dengan baik.
    Saya juga mendengar bahwa sebenarnya tumor ganas itu tidak boleh dioperasi langsung, tetapi harus di kemo dulu, apa benar itu dok? karena menurut dokter yang mengangkat tumor ibu saya, tumor harus segera dioperasi karena ginjal sudah bengkak akibat aliran air kecil tidak lancar. Mohon bantuan penjelasannya dok…

    terima kasih banyak,

  23. 428
    Dr. Sukma Says:

    Hai Danny,

    Benjolan dileher anda sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus/FNAB yang biasa dilakukan dokter spesialis PA (patologi anatomik). Caranya: pergi ke dokter umum minta surat rujukan ke dokter spesialis PA agar dilakukan biopsi/ FNAB. Hasil atau jawaban FNAB lalu dibawa ke dokter internist untuk diberikan terapi. Bila perlu anda akan dirujuk ke dokter bedah apabila kasusnya memang harus dioperasi. Tapi perkiraan saya kemungkinan hanya radang, bisa TBC atau lainnya…

  24. 427
    Danny Says:

    Hi Dokter Sukma,

    salam kenal.sekitar 2 bulan yll (bulan agustus/september) ada pembengkakan sedikit di leher sebelah kiri saya, di bawah geraham kiri. tidak ada rasa sakit saat ditekan dengan pangkal lidah maupun jemari, hanya tidak sedap dipandang.

    kemudian saya sudah cek ke dokter internist, dan menurut internist bukan pembengkakan kelenjar gondok sehingga tidak diberi obat dan diminta cek ke dokter gigi untuk tahu apakah ada infeksi gigi.

    menurut dokter gigi, gigi saya baik, tidak ada infeksi dan diminta cek ke dokter ahli kelenjar.

    setelah cek ke rumah sakit, tidak ada dokter ahli kelenjar, tetapi bisa cek ke dokter bedah.

    menurut dokter, dari penjelasan singkat saya, apakah kemungkinan jenis gangguan yang saya alami?
    ke dokter apa saya harus cek untuk gangguan ini?
    boleh minta referensi dokter?

    terima kasih banyak dok!

    rgds,
    Danny
    Jakarta

  25. 426
    Dr. Sukma Says:

    Hai Fendhy,
    1. Hormonal pendapat saya dalam batas normal
    2. Cukup berbahaya, bila dibiarkan terus
    3. Coba baca somewhere dalam tanya jawab posting ini. Saya telah menuliskan nama seorang dokter di RSPAD Gatot Subroto yang bisa melakukan radioablasi dengan radiasi jadi tanpa operasi. Kalo ga salah namanya Dr. Eko Purnomo, di bagian Radiologi.
    4. Tidak bisa dikatakan berapa lama bisa menunda pengobatan. Prinsip: ‘the sooner the better’.
    5. Hindari bahan kimia yang terdapat dalam MSG, makanan kaleng, makanan yang diasap, dst….

Pages: « 24 … 21 20 19 [18] 17 16 15 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe