HKKelenjar gondok atau disebut kelenjar tiroid, adalah kelenjar yang normalnya berlokasi dibagian tengah-depan dari leher kita. Ada tiga bagian yaitu : lobus kanan, lobus kiri dan lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya dileher depan bagian tengah dan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang. Maka dikenal beberapa istilah seperti : eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.

Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal. Apa gejala dan dampak dari kelainan kelenjar gondok ini ?

Gejala hipertiroid biasanya : si penderita hiperaktif, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol. Banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus dan seterusnya.

Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Orangnya rada obese, malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Semuanya kebalikan dari gejala hipertiroid.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan. Ciri khasnya : benjolan itu akan turut bergerak saat penderita melakukan gerakan menelan. Artinya bila penderita disuruh melakukan gerakan menelan, maka si benjolan tadi bergerak keatas dan kebawah, sesuai dan mengikuti irama gerakan menelan si penderita.

Sakitkah benjolan tadi ? Jawabnya : ada yang sakit dan ada yang tidak. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan, biasanya bila akibat peradangan akan dirasakan sakit atau nyeri. Nyeri disini bisa nyeri spontan, artinya nyeri tanpa dilakukan penekanan terhadap benjolan. Dan atau nyeri tekan, yaitu nyeri bila benjolan ditekan pada saat dilakukan pemeriksaan.

Apakah penderita merasakan demam ? Jawabnya : bisa ya dan bisa tidak. Biasanya demam dirasakan pada awal kemunculan massa di kelenjar gondok itu dan demam biasa dijumpai pada kasus peradangan. Sedangkan pada neoplasma atau tumor kelenjar tiroid, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri maupun demam.

Mengenai tumor tiroid, kita mengenal ada yang jinak dan ada yang ganas. Neoplasma jinak biasanya jenis struma adenomatosa dan adenoma folikuler tiroid. Sedangkan neoplasma ganas umumnya yang tersering adalah karsinoma tiroid papilliferum.

Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum hawa. Sedangkan laki-laki sangat jarang. Namun demikian, prosentase keganasan pada penderita kaum adam cukup tinggi sekitar 60-70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki.

Karena itu, khusus kepada kaum adam, sering-seringlah memeriksa leher bagian depan anda. Bila dicurigai ada yang tidak beres, segera kunjungi dokter terdekat agar segera dapat dilakukan pemeriksaan lab dan lain-lain. Apabila fasilitas ada, dokter yang paling tepat menangani kelainan pada kelenjar gondok ini adalah dokter spesialis penyakit dalam (internist),  sub-divisi Endokrinologi.

Popularity: 33%

Posted Saturday, November 22nd, 2008 at 12:58 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

588 Responses to “Pembesaran kelenjar gondok pada laki-laki sebagian besar adalah kanker ganas tiroid”

Pages: « 24 … 22 21 20 [19] 18 17 16 … 1 » Show All

  1. 475
    ocha Says:

    dokter, pada leher saya terdapat benjolan yang apabila di tekan sakit dan badan mengalami demam. seteleh tadi saya ke rumah sakit buat periksa saya di suruh tes lab dan usg. hasil tes lab normal semua namun setelah di USG ada banyak benjolan di leher namun belum menonjol. dokter pun belum bisa menganalisa saya kenapa……. apakah kelenjar thyroid atau bukan..tapi malah suruh oprasi Lobektomi… apakah ada cara lain selain oprasi????/ bagaimana cara penyembuhanya dok?????

  2. 474
    rose Says:

    assalamu’alaikum dokter
    saya mau tanya, kakak saya sekitar 1 minggu yang lalu dirawat di RS dengan diagnosa hipotiroid dan hipokalsemia, hasil pemeriksaan lab T3 T4 normal, TSH 4,34 (0,27-4,2) Ca 6,79 (8,2-10,2). Oleh dokter internist yang merawat cuma diberi neurobion dan CaCO3 karna kakak saya mengeluh sering kesemutan dan badannya berasa panas dan lemas. setelah pulang dari RS, dia merasa tidak ada perubahan masih sering merasa panas dan lemas. ketika kembali kontrol ke internist yang tadinya merawat, dia dirujuk ke RSCM ke dr internist sub endokrin untuk dilakukan USG tiroid, oleh dr RSCM diberi terapi Thyrax 1×1 tab setiap 2 hari, Cavit D3 3×1 dan Neurodex 3×1 dan katanya tidak perlu di USG karna tidak ada benjolan pada leher. Yang ingin saya tanyakan:
    1. apakah dengan kadar TSH yang menurut saya sedikit di atas normal dan T3 T4 normal, sudah dikatakan hipotiroid dan sudah harus diberikan terapi Thyrax??
    2. Apakah hipotiroid juga menyebabkan hipokalsemia?karna dari beberapa literatur yang saya baca, hipokalsemia justru disebabkan oleh hipoparatiroid. Jadi apa bedanya hipotiroid dan hipoparatiroid?mohon penjelasannya dok, karna saya jadi bingung dengan kondisi kakak saya.
    3. Apakah hiper/hipotiroid bisa terjadi,walaupun tidak ada keluarga yang menderita sebelumnya dan apa penyebabnya?

  3. 473
    Julia Says:

    Dok,
    Saya barusan periksa di Lab tentang kemungkinan Tiroid. Dari hasil lab diketahui bahwa FT4= 0.86 dan TSHs = 6.451. Dari hasil lab tersebut apakah saya terkena problem tyroid?

    Salam dan terima kasih

  4. 472
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ine,

    Sebaiknya kunjungi dokter internist. Kalau ukuran diameter sudah mencapai 2 cm sebaiknya dilakukan FNAB. Agar diketahui pasti apa sebenarnya pembesaran kelenjar gondok itu. Sebab ada yg disebut Thyroiditis Granulomatosa yang TIDAK memerlukan operasi, cukup diobati dengan antibiotika dan steroid selama 2-3 minggu akan kempis dan kembali normal.

  5. 471
    INE Says:

    Mlm dok, sy wnt 28th,mulanya ibu sy melht leher tngah dpn sy agak besar tp tdk ada keluhan apa2 trus sy prksa k dktr umum dan ktny memang agak bsr tp blm prlu utk pngobtn gondok ataupun cek drh,sy jg ga tau atas dsr apa dktr itu mngatakan demikian, menurut dr.sukma bgmn?apakah lgsg aja sy k dr.sppd? trims dok

  6. 470
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nisa,

    Sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus disertai pemeriksaan lab spt : T3, T4 dan TSH. Karena anda berada di Pekanbaru, maka anda bisa datang ke lab saya Riau Pathology Center di Jalan Sudirman diapit Toko HP Modelux dan Calif Fried Chicken. Akan saya lakukan biopsi jarum halus (FNAB). No. HP sy 081277049485

    Hasil biopsi / FNAB lalu dibawa ke Eka HosP untuk diberikan terapi.

  7. 469
    nisa Says:

    hai dok, saya Nisa 16th. 2 tahun lalu saya divonis adanya tumor jinak di bagian leher sebelah kanan. apakah ini hipertiroid dok ? dokter di rs. Arifin ahmad pku menyarankan saya untuk operasi. apa tidak ada jalan lain dok ? selama ini saya menjalani pengobatan alternatif namun tidak berhasil. Rencananya saya akan berobat ke eka hospital. bagaimana menurut dokter ?

  8. 468
    suci Says:

    dok mengapa pada penyakit HIV, terjadi pembesaran KGB di leher, sedangkan setau saya, pembesaran KGB dapat menunjukkan tempat infeksi pada bagian tubuh kita, karena pada tempat yang terinfeksi akan bermuara pada lymph nodus yang terdekat terlebih dahulu. sedankan pada kasus HIV salah satu cara penularan lewat sex bebas, lalu kenapa pembesaran KGB.y di leher??

  9. 467
    Minnies Says:

    Selamat Sore Dok.
    Sy 37 tahun. Penyakit tyroid sy sejak tahun 2007 jenis Adenoma Tyroid Folikuler. Bbrp tahun cuma kontrtol hormon FT4 dan FT3 dan selalu dalam batas normal. Terakhir Mei 2011 cek hormon, darah rutin, USG, CT Scan, biopsi (FNBA). Hormon, darah, thorax normal semua, kecuali FNBA mengatakan simpulan Neoplasma Folikuler Tyroid. Rekomendasi Dokter untuk Operasi. Singkatnya kemudian disepakati operasi. Dilaksanakan tanggal 13 Juni 2011 kemarin selama sekitar 2 jam oleh Dokter SP. THT. Kondisi saya sekarang dalam masa pemulihan 5 hari pasca operasi. Perban sudah dibuka, nampak bekas jahitan. Namun saya mensyukuri Perlindungan Tuhan masih sama saya sehingga operasi berjalan tanpa ada masalah : Suara normal, Struma sudah dikeluarkan (sedang menunggu hasil lab.sekitar 3 hari lagi dan saya sangat Memohon Perlindungan Tuhan Semoga Hasil Lab nya tidak berbahaya/Jinak saja, Amin). Saya membaca posting ini, sepertinya kisah rekan Chila mirip sekali dengan yang saya alami. Semoga kami berdua juga bisa sama-sama pulih. Tks, Wassalam.

  10. 466
    ale Says:

    asalm.wr.wb..salam sejahtera.
    dok…langsungaja saya ada keluhan benjolan yang keluar dari anus saya…tidak mengganggu memang..bahkan saya tidak mengalami sakit hanya saja sebelum keluar benjolan itu ada rasa sakit,waktu buang air besar sampai ada darah..apa yang harus saya lakukan apakah harus oprasi…?
    apakah itu wasir berapa biayanya…???

  11. 465
    Dr. Sukma Says:

    Halo fitri,

    Pada penderita hipertiroid terjadi hipermetabolik, yaitu metabolisme yg sangat aktif, diatas normal. Dlam hal ini proses katabolik yaitu pemecahan enegi lebih besar dibanding proses anabolik atau penimbunan energi. Akibatnya badan terasa hangat, berkeringat, jantung berdebar, tangan gemetar dan makan banyak tapi kurus serta bola mata menonjol keluar. Secara keseluruhan penderita hiperaktif dan susah tidur.

  12. 464
    sarni Says:

    Yang terhormat Dr.Sukma Salam kenal saya seorang istri dari suami yg mmpunyai penyakit gejala kelenjar gondok yang mau says tanyakan adl;apakah masih bisa disembuhkan dan bagaimana cara penyembuhannya serta makanan apa saja yg harus dihindari Mohon dg sangat penjelasannya dan terima kasih sebelum dan sesudahnya Penjelasan dari Dr sangatlah kami harapkan…..

  13. 463
    fitri Says:

    malam dok?
    saya mau tanya…
    mengapa pada penderita hipertiroid,,seorang pasien banyak makan tetapi tidak gemuk

  14. 462
    Fredy Says:

    Dok, berat badan ayah saya saat ini berkurang kurang lebih 5g dari 74kg ke 69 kg selama 6 bulan ke belakang, saat ini berumur 69 tahun, tinggi 180cm. Selebihnya tidak ada tanda2 sakit. Disarankan oleh dokter untuk cek lab t3, t4, tsh dan hasilnya normal.
    t3 hasil : 1.09 nilai rujukan : 0.58 – 1.59
    t4 hasil : 7.64 nilai rujukan : 4.87 – 11.72
    tshs hasil : 1.6060 nilai rujukan : 0.35 – 4.94
    Pertanyaan saya : apakah diperlukan cek lab lanjutan seperti ft3, ft4, dllnya untuk menentukan apakah ayah saya terkena tiroid. Apakah dengan hasil 3 cek lab di atas bisa dikatakan ayah saya tidak terkena sakit tiroid atau fungsi tiroidnya bagus.
    Gitu aja, makasih, dokter Sukma

  15. 461
    heni Says:

    dok,sy seorang ibu rumah tangga,pertama tama saya nggak nafsu mkn,dan berat badan saya turun dratis dalam 6 bln terakhir dan sy periksa kedokter,dan dokter meyarankan tes di lab.tes T3,t4,dan hasil positif,apa kelenjar godok mempengaruhi berat bdn dan bisa sembuh nggak.terima kasih atas saran dok.

  16. 460
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nana,

    Krna begitu bnyak benjolan di tubuh anda, sebaiknya kiya urus dulu yg plg urgent so sebaiknya periksa lab T3, T4 dan TSH. Hasil lab dibawa ke dokter penyakit dalam. Dari keluhan anda, dugaan sy kearah Tiroiditis Granulomatosa. Biasanya diberi terapi antibiotika dan steroid dlm jangka 2-3 minggu. So kunjungi internist ASAP.

  17. 459
    Nana Says:

    Dok, saya seorg perempuan berumur 23thn & blm menikah. Sekitar 1bln yg lalu ketika bgn tidur leher saya terasa sakit spt salah urat. Rasa sktnya tjd cuma 1 hari. Kira-kira 2minggu kemudian dileher sblh kanan saya ada pembengkakan (utk menelan sstu ikut naik turun). Tadinya pembengkakan tsb tdk sakit, tp skrg kadang2 terasa nyeri (nyerinya smpe kebawah & samping leher). Sejak pembengkakan itu terasa nyeri, saya jd suka demam tp tdk trlalu tinggi, badannya lemas, tekanan darah diatas 140, nafsu mkn ttp, berat badan agak menurun, sering migran (kalau sdg migran bagian alis & bwhnya sakit sekali). Pernah jg pas mlm hari diare, muntah2 & keluar keringat bnyk. Sekarang malahan gigi saya jg ikutan sakit (krn ada gigi yg brlubang). Dibawah rahang kiri & kanan saya jg ada benjolan (munculnya ga tau, entah kpn), klo ditekan benjolan sebesar biji jagung, rasanya kadang nyeri, spt trtekan & trtarik. Dibahu kanan dekat leher saya jg ada benjolanya sebesar biji melinjo agak, tdk trlihat cuma kalau ditekan ada & tdk membesar, munculnya wktu saya msh SMA (suka bikin pegel & kaku leher). Saya jg pernah batuk smbuhnya sampe lama, gara2 batuk tsb skrg jd suka ga plong kalau nafas (kadang smpe hrs menarik nafas dlm2 kmdian dikluarkan). Kira2 saya terkena kanker KGB, TB ato kelenjar tiroid ya Dok? Saya bingung, krn bnyk skali benjolan & keluhan. Kalau saya mau cek ke lab. apa saja yg hrs saya cek? Mohon Dr. Sukma ksh saran. Pls replay, tks.

  18. 458
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sri Bakti,

    Sebelum diobati, sebaiknya tahu dulu diagnosis benjolan gondok anda. Untuk itu perlu dilakukan biopsi jarum halus (FNAB) yg biasa dilakukan dokter spesialis PA (patologi anatomik). Sambil diperiksa lab : T3, T4, dan TSH. Sebaiknya berobat ke RS besar agar bisa ditangani dg baik dan akurat.

  19. 457
    sri bakti Says:

    hai dok,
    saya punya masalah d depan leher saya seperti ada benjolan tapi kecil sih, kata dokter saya mengidap gondok tp tdk berberbahaya. Dok bisa g saya minta obatnya berhubung masih kecil atau saya harus roncen atau city scan?

  20. 456
    Dr. Sukma Says:

    Hai Okta,

    Bila semua parameter lab telah normal, maka biasanya bola mata akan kembali normal secara bertyahap. Jadi perlu kesabaran pasien demikian pula gejala lainnya. Yang harus menjadi perhatian pasien adalah SELALU taat menghindari makanan pantangan yg dinasehati dokter yg merawat anda.

  21. 455
    okta Says:

    dok, apakah pada penderita hipertiroid dengan ciri mata yang agak menonjol keluar nantinya bisa sembuh normal lg (mata tdk menonjol keluar lg)? Please reply. Tks

  22. 454
    citra Says:

    Salam kenal,dok.
    Saya seorang mahasiswi berumur 21 tahun.
    Saya mau konsul ttg kondisi saya saat ini,mohon diberi bimbingan ya,dok :)

    1tahun yg lalu ada benjolan (KGB)di bagian kanan atas (dibawah rahang) saya.karna takut akhirnya saya beranikan diri ke dokter, selanjutnya daya diminta untuk tes darah lengkap (LED,leukosit,dll), foto thorax dan test mantoux.Dari hasil lab tsb saya dinyatakan SEHAT tdk ada indikasi TB kelenjar.

    Semenjak sekitar 2bulan yg lalu saya sering merasa mual dan perut kembung.dan 2minggu yang lalu saya pergi ke dokter karna perut masih kembung, timbul sesak napas selama beberapa hari, hidung saya terasa seperti flu tp tdak keluar ingus(sprti hidung yg kemasukan air), terkadang mata terasa ditekan. dari dokter umum saya dirujuk ke dokter internist, mnurut diagnosa dokter internist saya maag dan sinusitis.
    setelah satu minggu minum obat maag dr dokter internist, perut sy masih kembung dan sesak napas tdak reda.kemudian dari dokter internist saya dirujuk ke THT(untuk sinuisits) dan bedah(krn ada indikasi apendikitis). Saya melakukan foto kepala (tp belum kontrol lg krn dokter THTnya bru ada bbrapa hari ke depan)dan diberi obat(levofloxacin,grafed,nonflamin tinoridine HCL,Transbroncho)dan dari dr. bedah diberi antibiotik metronidazole.
    Setelah minum obat dr dr. THT sesak napas saya reda tp sensasi mengganjal pd tenggorokan saya ttp ada. Setelah minum beberapa obat itu justru saya mengalami keluhan susah tidur. Awalnya tidur 2jam bangun kemudian tidur lagi sampai pagi.namun,sdh dua hari ini saya mengalami insomnia (tidur jam9-11 malam, dan tdk bisa tidur lagi sampai pagi).
    Kemarin saya melihat postingan ini dan saya merasa mengalami beberapa gejala hipertiroid yg dokter sebutkan.
    Gejala yg saya alami :
    -kesulitan untuk mempertahankan tidur (tdur hnya 2jam)
    -ada perasaan mengganjal pada tenggorokan (sensasinya sprti prasaan mengganjal ketika ingin menangis)
    -napas agak berat
    -ketika td pagi saya raba leher saya terasa sdikit membengkak pada bagian bawah tengah leher (tetapi tidak ada benjolan)
    -ketika saya coba menelan sambil menekan bagian yg membengkak terasa naik turun.

    yg ingin saya tanyakan:
    1. Apakah saya mengalami hipertiroid?
    2. Apakah gangguan sulit tidur itu ada hubungannya dgn obat yg saya minum?
    3. Minggu ini,saya kontrol lg dgn dokter THT.apakah saya bisa minta rujukan tuk periksa lab (T3,T4,dan USG)?
    4.Apa yg hrus saya lakukan tuk mengurangi gejala2 tsb?krn dlm 2 minggu ke depan saya masih ada ujian akhir dan perasaan ini sangat mengganggu.

  23. 453
    victor Says:

    Dok mohon bantuannya..ayah saya menderita tiroid sudah 13 tahun,awal2 nya tidak apa2 dokter bilang tidak berbahaya sehingga hanya didiamkan dan minum jamu..tap baru2 ini makin parah jantung berdebar,nafas sakit sampai masuk rumah sakit..dan setelah di scan tiroid nya ganas…entah ituh tumor tiroid ato apa gak ngerti..dokter bilang harus dibedah tp resiko besar..dan kalo gak di bedah jg bahaya..menurut dokter Sukma harus gmana?thx before

  24. 452
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dee,

    Saya sependapat dg dokter onkologist yg menganjurkan operasi untuk menyelesaikan permasahan anda. Meski kistik, terkadang ditemukan bgn yg padat yg biasanya dikhawatirkan ditemukan keganasan. Dan sy menganut prinsip semakin cepat dibereskan akan semakin bagus prognosisnya. Dari sudut psikologis akan juga bagus, sebab anda akan segera terbebas dari beban pikiran/ stress akibat adanya benjolan kelenjar gondok. Demikian pula dari sudut estetika, gondok yg semakin membesar akan mengganggu penampilan dan rasa percaya diri anda. So hurry up, the sooner the better..

  25. 451
    dee Says:

    hai dok….sy ada benjolan di leher sebelah kanan. sudah di USG, hasilnya isthmus : tak menebal, ukuran cm. tidak tampak pembesaran KGB colli regional, kesan: Strauma nodosa berdegenerasi kistik thyroid kanan. hasil tes darah T3, T4, TsHs juga normal. tp benjolan saya cair, tapi ada padatnya sedikit, perlukah dioperasi dok?? karenan menurut dokter bedah digestive dicoba minum obat tyrax dulu 3 bulan kl mengecil tdk perlu operasi, sedangkan dokter ahli tumor, harus segera dioperasi. mohon jawabannya dok, tx

Pages: « 24 … 22 21 20 [19] 18 17 16 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe