En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra With Dapoxetine Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HKKelenjar gondok atau disebut kelenjar tiroid, adalah kelenjar yang normalnya berlokasi dibagian tengah-depan dari leher kita. Ada tiga bagian yaitu : lobus kanan, lobus kiri dan lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya dileher depan bagian tengah dan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang. Maka dikenal beberapa istilah seperti : eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.

Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal. Apa gejala dan dampak dari kelainan kelenjar gondok ini ?

Gejala hipertiroid biasanya : si penderita hiperaktif, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol. Banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus dan seterusnya.

Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Orangnya rada obese, malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Semuanya kebalikan dari gejala hipertiroid.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan. Ciri khasnya : benjolan itu akan turut bergerak saat penderita melakukan gerakan menelan. Artinya bila penderita disuruh melakukan gerakan menelan, maka si benjolan tadi bergerak keatas dan kebawah, sesuai dan mengikuti irama gerakan menelan si penderita.

Sakitkah benjolan tadi ? Jawabnya : ada yang sakit dan ada yang tidak. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan, biasanya bila akibat peradangan akan dirasakan sakit atau nyeri. Nyeri disini bisa nyeri spontan, artinya nyeri tanpa dilakukan penekanan terhadap benjolan. Dan atau nyeri tekan, yaitu nyeri bila benjolan ditekan pada saat dilakukan pemeriksaan.

Apakah penderita merasakan demam ? Jawabnya : bisa ya dan bisa tidak. Biasanya demam dirasakan pada awal kemunculan massa di kelenjar gondok itu dan demam biasa dijumpai pada kasus peradangan. Sedangkan pada neoplasma atau tumor kelenjar tiroid, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri maupun demam.

Mengenai tumor tiroid, kita mengenal ada yang jinak dan ada yang ganas. Neoplasma jinak biasanya jenis struma adenomatosa dan adenoma folikuler tiroid. Sedangkan neoplasma ganas umumnya yang tersering adalah karsinoma tiroid papilliferum.

Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum hawa. Sedangkan laki-laki sangat jarang. Namun demikian, prosentase keganasan pada penderita kaum adam cukup tinggi sekitar 60-70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki.

Karena itu, khusus kepada kaum adam, sering-seringlah memeriksa leher bagian depan anda. Bila dicurigai ada yang tidak beres, segera kunjungi dokter terdekat agar segera dapat dilakukan pemeriksaan lab dan lain-lain. Apabila fasilitas ada, dokter yang paling tepat menangani kelainan pada kelenjar gondok ini adalah dokter spesialis penyakit dalam (internist),  sub-divisi Endokrinologi.

Popularity: 33%

Posted Saturday, November 22nd, 2008 at 12:58 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

588 Responses to “Pembesaran kelenjar gondok pada laki-laki sebagian besar adalah kanker ganas tiroid”

Pages: « 24 … 23 22 21 [20] 19 18 17 … 1 » Show All

  1. 500
    ricky Says:

    dok numpang nanya, biasa nya panjang luka pembedahan gondong itu berapa centi gitu? terima kasih

  2. 499
    siti alqomah Says:

    dokter,ibu saya kena penyakit gondok yg telah berumur 62th,gondoknya sudah sangat besar.kalau di operasi beresiko tidak?
    thx

  3. 498
    ami Says:

    dokter, bisa minta alamat prakteknya dipekanbaru dok?? saya mau konsultasi langsung dok.
    Thx

    God Bless

  4. 497
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuni A,

    Pendapat sy keluhan anda TIDAK ada kaitannya dg diangkatnya kelenjar tiroid anda bbrp tahun lalu maupun dengan obat yg anda minum selama ini. Sebaiknya anda konsultasi ke bagian psikologi agar dicari penyebab semua keluhan anda tsb.

  5. 496
    yuni anggelia Says:

    Hi dokter sukma

    saya yuni umur 36thn, sudah pernah melakukan operasi tiroid 4thn yg lalu hingga saat ini masih mengkonsumsi oroxin 150mg 1 tablet tiap hari, tapi belakangan saya merasa pergerakan tubuh melambat, gampang lupa tdk dapat berkonsentrasi dgn baik bahkan kadang2 spt org linglung. apakah efek dari pengangkatan tiroid bs spt itu dok? atau karena konsumsi obat oroxin tsb? saya jg sering merasa gampang emosi dan suka bengong dan fikirannya penuh sama hal2 yg ga penting. sekian, thx dok

  6. 495
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dany,

    Sebaiknya anda baca juga pertanyaan serupa yg sudah ditanyakan orang lain. Prinsipnya harus dilakukan biopsi jarum haluus atau fnab yg dikerjakan oleh dokter spesialis PA (patologi anatomik). Caranya kunjungi dokter umum minta dirujuk ke dokter spesialis PA untuk dilakukan biopsi/fnab. Diagnosis PA diberikan ke internis atau bedah umum. Kalau diagnosis radang, bisa dierikan resep obat minum. Bila neplasma harus dioperasi. Neoplasma disini bisa jinak bisa ganas.

  7. 494
    dany Says:

    saya menderita benjolan pada leher sebeh kiri, mulai kelihatan sejak tahun 2009, dan sekarang ukurannya sebesar telor, sy priksa ke Dr. Bedah Umum dan tes USG kata dokter Gondok dan tdk bahaya bs dilakukan operasi thn ini atau thn depan dan tdk d’ksh obat apapun. yg sy tnykn apakah sy hrs periksa kembali ke Dr. Bedah Umum atau Dokter Spesialis apa yg cocok utk pnykit sy??? Terima Kasih

  8. 493
    Ari Pristiari Says:

    Maaf dok saya mau tanya..
    hari senin kemarin saya cek k internist ada pembengkakan di leher sebelah kiri, menurut dokter itu gondok. dirujuk rontgen dan cek hormon, hasilnya hari sabtu..
    saya tidak ada keluhan, klo pun itu hipertiroid, ciri2 penyakit itu tidak ada pd saya..
    bb normal dan tidak ada keluhan..
    benjolan itu dirasakan seminggu yg lalu..
    perlu dokter ketahui, saya baru melahirkan 3 bulan yang lalu, dan di kb suntik..
    sampai sekarang masih asi exklusif..
    menurut bidan saya, sepertinya itu akibat kb suntik, jd nanti sebaiknya pake iud saja..
    bagaimana menurut dokter?.

  9. 492
    Dr. Sukma Says:

    Hai Febi,

    Sepintas kasus adik anda suda kompleks/h complicated. Sehingga sulit bagi saya untuk memberi saran. Terbaik adalah menanyakan langsung sebanyak dan sedalam yg anda mau ketahui kepada dokter yang merawat sejak awal. Dan satu lagi hal penting agar adik anda dibawa berkonsultasi ke psikolog untuk gangguan psikis/ halusinasi yang ada.

  10. 491
    febi Says:

    salam kenal Dr. Sukma .
    Dok, adik saya 4 tahun lalu di operasi thyroid karna tumor kelenjar tyroid yang sudah hampir melekat dengan pita suara, oleh karna itu di operasi pengangkatan.
    sampai skrng selalu kontrol, difonis harus makan thyrax seumur hidup . tahun lalu adik saya tidak makan thyrax secara teratur, alhasil, timbul gejala seperti hypotiroid. badan tambun, lidah tebal, sedikit bicara, sedikit makan, dan bahkan ada gejala psikis, susah tidur, gelisah, sering berhalusinasi hal aneh.
    cek T3, T4, TSH ternyata memang di bawah normal, akhirnya dokter memberi obat thyrax dg konsumsi 3×1 hari. sekitar 6 bulan kemudian kontrol lg, krna ada gejala2 hyper-thiroid, berkeringat, kurus, hiperaktif, banyak bicara dll, kemudian dokter ganti obat menjadi PTU. skrng, berjalan 3 bulan, ternyata adik saya mengalami gejala hypo-tiroid lagi dok. konsul ke dokter yg sama, di infokan tetap dg mengkonsumsi PTU, krn check up T3, T4 dan TSH nya baru 2 bulan lalu , tapi gejala hypo-thyroid nya semakin terlihat dok .
    pertanyaan saya :
    1. Apakah boleh mengganti obat tanpa konsultasi dg dokter dengan melihat gejala saja??
    dan
    2. yang paling mengkhawatirkan, setiap kali terlihat gejala hypo-tiroid, adik saya seringkali mengalami ketakutan yang tidak beralasan, berhalusinasi, dan gelisah sekali .
    mohon informasi nya dok, kami harus bagaimana ??

    terimakasih ya dok, Tuhan memberkati Dr. Sukma

  11. 490
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sri Murniati,

    Benar sekali anda sebaiknya SEGERA melakukan operasi pengangkatan kelenjar gondok yg bermasalah. Dari hasil USG dan lab lain sy setuju itu tumor jinak yang tiada jalan lain harus operasi cara penyembuhannya.

    Karena sudah lama sekali anda biarkan(6 tahun), maka sekarang sudah mendesak jalan nafas/ trachea kearah kiri. Jangan tunggu lama2, segeralah dg niat bulat anda jalani operasi tsb demi kebaikan anda sendiri. Mengingat TSH sudah sangat tinggi jangan sampai ada komplikasi lain. Selamat hari raya dan semoga operasi anda berjalan lancar setelah hari raya. Amien.

  12. 489
    sri murniati Says:

    hallo dokter, terimakasih sebelumnya dokter mau meluangkan waktu untuk membaca pertanyaan saya,
    udah hampir 6 tahun ada benjolan di leher saya dulu sudah pernah konsul ke dr spesialis bedah & internist serta tes t3, t4 & TSH hasilnya normal, karena saya waktu itu hamil jadi tidak ada tindakan apa2, hanya dulu suruh balik lagi setelah melahirkan, tapi tidak saya lakukan. tapi udah satu minggu ini saya menjalankan pemeriksaan lagi & hasilnya
    T3 :1.67 normal 0.92 -2.33 nmol/l
    T4 :81.71 normal 60 -120 nmol/l
    TSH:4055 normal 0.27 – 4.2 IU/ml
    selama satu minggu ini udah dilakukan pemeriksaan lab darah 2 kali di tempat yg berbeda hasil sama sajl dan hasil USGnya
    thyroid kanan:
    bentuk dan ukuran baik echoparenkim homogen . tampak lesi iso-hipoechoic oval dg tepi hipoechoic pada lobus superior ukuran kurleb 1,94×1,64×2,1 cm.tampak echo vasculer perifer membentuk basket sign dan intra lesi.tidak tampak makro maupun mikro kalsifiksi. tidak tampak pembesaran kelenjar getah bening coli kanan
    thyroid kiri :
    bentuk dan ukuran baik echo prenkim homogen. tampak lesi hipoechoic oval dg tepihipoechoic pada lobus inferior ukuran kurleb 1,02×0,89×0,9 cm. tidak tampak makro maupun mikro kalsifikasi.tidak tampak pembesaran kelenjar getah bening coli kiri.
    tampak pula lesi hipoechoicoval pd isthmus ukurankurleb 1,04×0,55×0,9 cm.trachea tampak trdorong ke kiri.
    kesan :
    lesi solid hipervasculer thyroid kanan isthmus dan thydorid kiri dg pendorongan trachea ke kiri, sugestif struma adenomatos.
    disarankan operasi abis hari raya ini
    yang saya tanyakan dokter:
    1. apa yg dimaksu dari hasil usg tersebut ??
    2. adakah tanda tanda keganasan dari hasi tersebut???

    terimaksih atas perhatiannya.

  13. 488
    Rendy Says:

    Halo Dokter, selamat sore
    Saya mau tanya hasil lab istri saya
    LH : 27,87
    FSH : 6,95
    PROLAKTIN : 19,96

    apakah hasil ini normal? kalo tidak apakah bahaya, trus bisa sembuh dan bisa hamil?

    terima kasih atas jawabannya dokter

  14. 487
    Dr. Sukma Says:

    Halo Annamargaretha,

    Kesimpulan saya kelenjar gondok sbl kanan sangat mungkin ganas dg adanya kalsifikasi dan ditemukan pembesaran kelenjar getah bening(KGB) didekat vena jugularis kanan. Karena anda juga sudah merasakan ‘tercekik’ akibat pembesaran disebelah kanan ini, maka sebaiknya SEGERA dioperasi untuk mengangkat tumor kelenjar gondok kanan dan kiri sehingga anda terbebas dari rasa tercekik tsb.

    Operasi sebaiknya dilakukan oleh dokter bedah onkologi yg biasa menangani tumor dan khususnya tumor ganas. Jangan takut dioperasi, karena teknik operasi sudah semakin canggih, kemampuan operator sudah semakin handal disertai peralatan medis serta kamar operasi yg semakin steril/ jaranhg menimbulkan komplikasi infeksi pasca operasi. So, tunggu apa lagi segeralah hubungi dokter anda untuk dilakukan operasi tsb. Everything will be allright. Trust me.

  15. 486
    Annamargaretha Says:

    slamat malam Dokter
    gembira rasanya ada dokter yang mau beri penjelasan, mudah2an tidak menakutkan..
    Saya Anna usia 49th
    Hasil pemeriksaan USG
    Thyroid kanan membesar 4,7×5,32×6,76cm modul mendesak trahea ke sisi kiri –Struma multinodusa besar di lobus kanan disertai komponen degenerasi kistik dan kalsifilai di dalam–> kemungkinan malignant masih belum dapat disingkirkan
    Thyroid kiri ukuran 1,42×1,4×3,73cm
    tampak beberapa nodul di lobus kiri thyroid uk 0,99×1,12cm & 0,58×0,43cm & 0.64cm
    tdk tampak adanya kalsifikasi thyriod kiri
    tampak nodul solid kecil di parajugular kanan 0,5×0,28cm
    Tampat strumamultinodusa kecil di lobus kiri thyrod
    NB : suspek Lymfadenopathy sengle kecil di parajugular kanan 0,5×0,28cm
    hasil total T3 RIA =1.40 ng/dl
    total T-4 RIA= 53.8 nmol/l
    TSH IRMA = 0,62 ulU/ml
    Free T4 = 1.41 ng/dl
    kesan
    Struma multi Nodosa (nodul dingin dalam keadaan low T4
    Up take normat
    apa ya dokter maksud semuanya, krn banyak yang mengatakan hal-hal negatif

    sekarang ini kalau sedikit lelah terasa tercekik
    Saran dokter saya tunggu segera………..
    Terima kasih, Tuhan memberkati

  16. 485
    putry dwi tarawijayaa Says:

    dok, ini aku putri usia aku 17 tahun aku lagi mengalami sakit thyroid yang lumayan hampir 2 tahun yang belum sembuh sembuh padahal aku udah berobat sana sini tapi gak ada perubahan sama sekali , mau tanya dong ibu dokter apa aja yang harus jadi pantangan makanan sehari hari ? berhubungan aku suka menyanyi teriak teriakan itu sebenernya mempengaruhi ke thyroid gak ya dok ? control emosi juga sebenrnya ngaruh ke thyroid ga sih dok ? hehe itu aja dok , terimakasih :)

  17. 484
    cicilia Says:

    dok, mau tanya ni. Jika penyakit tiroidnya dinyatakan tidak berbahaya dari hasil lap dinyatakan hanya di temukan kelenjar tiroid yg jinak & tidak beracun hanya cairan bening yg lengket, jd tdk bisa di sedot.
    Kata dokter saya ini tdk apa-apa dan tdk ada obat yg bisa mengecilkan pembengkakan tersebut.
    Menurut dokter apa yg harus saya lakukuan dengan pembengkakan pada leher saya???
    terimakasih

  18. 483
    Dr. Sukma Says:

    Hai Novie,

    Jangan cemas, sy pastikan itu BUKAN gondok kalau apa yg anda tulis benar adanya. Karena kelenjar gondok lokasinya pada leher depan, bisa agak ke kiri atau kekanan. Tetapi tidak pernah berlokasi dibelakangh telinga, OK.

  19. 482
    novie Says:

    dok,saya Novi,skrg saya sedang hamil 36 minggu,kemarin dibelakang telinga saya ada benjolan keras,tapi saya tidak merasa demam,ataupun nyeri.saya pikir itu merupakan salah urat untuk posisi tidur.Ternyata setelah sore baru ssaya ketahui kok tambah membesar?akhirnya saya periksa ke klinik,klo kasus itu adalah gondok.saya belum ke dokter kandungan saya lagi.apakah benar klo si ibu sakit gondok,nanti perkembangan anak jg berpengaruh?mohon penjelasaannya

  20. 481
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ira,

    Sebainya periksa ke RS besar, minimal RSUD bila leher depan anda teraba atau kelihatan membesar dibandingkan kondisi 5 tahun yl. Hasil pemeriksaan FNAB/ PA yg lalu tumor jinak tiroid. Tumor ini dlm perjalanannya bisa menjadi ganas bila kapsul atau simpai kelenjar tiroid telah di invasi oleh massa folikuler adenoma tiroid.

    Mungkin perlu diulang pem FNAB bila dianggap perlu, tgt hasil pem fisik dan lab oleh dokter klinisi/ internist, endokrinologist atau bedah onkologi. Jangan takut, anda skr sudah 21 tahun jauh lebih dewasa dlm berpikir dan bertindak. So, hurry up jangan sampai menyesal nanti.

  21. 480
    Ira Says:

    Asw.
    Dok. Tahun 2005 (usia saya 16 THN) saya memeriksakan diri ke RS karena Merasakan Leher saya semakin besar bagian depannya tp tdk terasa ada benjolan.
    Hasil
    FT4 1,04 (Normal 0,97-1,7)
    TSH 1,74 (Normal 0,27-4,2)

    Hasil PA
    Evaluasi Sitologi : FNA
    Klinik : Nodul thyroid
    Mikroskopik : Sediaan Hapusan terdiri dari sel-sel epithel folikel,inti bulat,gelap, monoton, agak tersebar,yang berkelompok kecil membentuk microfolikel dan terdapat sel-sel spindle asal jaringan ikat. Latar belakang eritrosit dan koloid.
    dgn Kesimpulan : LESI JINAK TIROID, SUSPEK STRUMA ADENOMATOSA, DD/. ADENOMA FOLLIKULARE.

    Sedangkan hasil USG Leher
    Lobus kiri dan kanan dinyatakan normal

    Dokter menyarankan Operasi,,Namun Sehari sebelum Operasi Dokter ahlinya datang dan memeriksa leher saya dan mengatakan bahwa TAK PERLU DILAKUKAN APA-APA karena semuanya normal.

    Namun sekarang zaya merasa Khawatir kareNa tulang tenggorokan zaya terasa membesar (leher bagian tengah),,keluhan yang sering terjadi yaitu tegang di daerah sekitar leher.
    Ukuran mata normal,,sedikit gemetar,,berat badan stabil,,cepat lelah kalo berbicara terlalu lama,,

    za takud memeriksakan diri lagi ke dokter karena takud kejadian tahun 2005 tersebut terulang lagi.

    Mohon tanggapan dan sarannya dok.

    terima kasih sebelumnya.

  22. 479
    clara Says:

    Hai Dr.Sukma, senang baca web dokter jadi aware sama kesehatan diri, dokter saya mau bertanya, saya sudah usg thyroid : hasilnya ukuran thyroid :
    Lobus kanan +/-2,3cmx1,6cmx3,9cm
    Lobus kiri+/-1,9cmx1,4cmx3,9cm
    Isthimus+/-0,5×2,6cm
    Ekostruktur perenkim sdkit heterogen, permukaan reguler.
    Tampak lesi hipoekik dan beberapa berupa kistik, lesi berbatas tegas di kedua labus :
    Kanan : ukuran +/- 12mmx8mm,3mmx2mm,4mmx3mm dan 3mmx4mm
    Kiri : 7mmx4mm dan 5mmx4mm
    Tak tampak klasifikasi
    Colorflow vaskularisasi normal, tidak tampak tanda2 “thyroid inverno”
    Tidak tampak pembesaran kelenjar getah bening di area sekitarnya

    Kesan : struma multinodosa (solid dan beberapa kistik) morfologi benigna,
    ukuran kanan : ukuran +/- 12mmx8mm,3mmx2mm,4mmx3mm dan 3mmx4mm
    Kiri : 7mmx4mm dan 5mmx4mm.

    saya diberikan obat thyrax : 1 tablet dibagi dua (2×1 hari)
    Dan antioksidan, diminum selama 3 bulan, kemudian disuruh kembali Usg dan kontrol lagi

    Yg saya ingin tanyakan dokter, apakah saya hipo or hiperthyroid, dan apa efek obat thyrax, saya konsumsi 1 minggu s.d hari ini, rasanya sperti mau radang tenggorokan, Mohon dibantu dokter.

  23. 478
    Linda Says:

    Dokter,sy sudah merasa tanda2 hipertiroid sejak smp.pd umur 20th tdk sy sdari leher kanan membesar,lalu pd umur 25th sy operasi struma.umur 28th mnikah dan 1th kmudian hamil,tp bayi sy mninggal dlm kandungan 37mggu.stlh itu leher sy membesar lg kanan+kiri.hsl usg:struma nodusa bilateral dg lesi kistik bilateral.pertanyaan sy dokter: apa yg sbaiknya hrs sy lakukan dokter,apa efeknya jika operasi lagi?trmksh,

  24. 477
    Juli Says:

    dokter. saya pernah menjalani operasi amandel tahun lalu, apakah operasi amandel dapat mempengaruhi penyebabnya gondok? walaupun di tekan tidak sakit, bola mata menonjol, demam, tapi kalau saya menelan ludah, ada gerakan yang naik turun dari bengkakan tersebut. tangan saya gemetaran, gampang keringatan dan jantung berdetak dgn cepat. tapi tangan gemetaran , keringatan berlebihan dan jantung berdetak cepat sudah saya alami semenjak kecil dan tidak ada benjolan seperti ini. benjolannya muncul pas akhir2 ini, mungkin sebulan yang lalu atau dua bulan yang lalu. terima kasih ya dok :) )

  25. 476
    ayuningriandini Says:

    ass…Dok
    saya ayuning!
    saya mau bertanya? ibu saya menderita stroma nodosa pada leherny,minggu lalu telah dilakukan operasi tyroidektomi, setelah dilakukan operasi hasil Lab Patologi Anatomi menunjukan DX : follicular carsinoma tyroid. yang ingin saya tanyakan apa penanganan selanjutny untuk diagnosa diatas lalu ibu saya mengeluh sakit kepala dan susah tidur dan temggorokan dirasakan nyeri saat menelan. sabaiknya apa yang harus saya lakukan dan apa pendapat dr dokter.
    terima kasih seblumnya…..

Pages: « 24 … 23 22 21 [20] 19 18 17 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe