En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

HKKelenjar gondok atau disebut kelenjar tiroid, adalah kelenjar yang normalnya berlokasi dibagian tengah-depan dari leher kita. Ada tiga bagian yaitu : lobus kanan, lobus kiri dan lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya dileher depan bagian tengah dan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang. Maka dikenal beberapa istilah seperti : eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.

Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal. Apa gejala dan dampak dari kelainan kelenjar gondok ini ?

Gejala hipertiroid biasanya : si penderita hiperaktif, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol. Banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus dan seterusnya.

Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Orangnya rada obese, malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Semuanya kebalikan dari gejala hipertiroid.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan. Ciri khasnya : benjolan itu akan turut bergerak saat penderita melakukan gerakan menelan. Artinya bila penderita disuruh melakukan gerakan menelan, maka si benjolan tadi bergerak keatas dan kebawah, sesuai dan mengikuti irama gerakan menelan si penderita.

Sakitkah benjolan tadi ? Jawabnya : ada yang sakit dan ada yang tidak. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan, biasanya bila akibat peradangan akan dirasakan sakit atau nyeri. Nyeri disini bisa nyeri spontan, artinya nyeri tanpa dilakukan penekanan terhadap benjolan. Dan atau nyeri tekan, yaitu nyeri bila benjolan ditekan pada saat dilakukan pemeriksaan.

Apakah penderita merasakan demam ? Jawabnya : bisa ya dan bisa tidak. Biasanya demam dirasakan pada awal kemunculan massa di kelenjar gondok itu dan demam biasa dijumpai pada kasus peradangan. Sedangkan pada neoplasma atau tumor kelenjar tiroid, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri maupun demam.

Mengenai tumor tiroid, kita mengenal ada yang jinak dan ada yang ganas. Neoplasma jinak biasanya jenis struma adenomatosa dan adenoma folikuler tiroid. Sedangkan neoplasma ganas umumnya yang tersering adalah karsinoma tiroid papilliferum.

Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum hawa. Sedangkan laki-laki sangat jarang. Namun demikian, prosentase keganasan pada penderita kaum adam cukup tinggi sekitar 60-70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki.

Karena itu, khusus kepada kaum adam, sering-seringlah memeriksa leher bagian depan anda. Bila dicurigai ada yang tidak beres, segera kunjungi dokter terdekat agar segera dapat dilakukan pemeriksaan lab dan lain-lain. Apabila fasilitas ada, dokter yang paling tepat menangani kelainan pada kelenjar gondok ini adalah dokter spesialis penyakit dalam (internist),  sub-divisi Endokrinologi.

Popularity: 33%

Posted Saturday, November 22nd, 2008 at 12:58 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

588 Responses to “Pembesaran kelenjar gondok pada laki-laki sebagian besar adalah kanker ganas tiroid”

Pages: « 24 [23] 22 21 20 19 18 … 1 » Show All

  1. 575
    Farid Says:

    dok, sy mau tanya bedanya gondok dengan tiroid apa? dan jg ada yang menginfokan ada di tengah leher, tapi ada benjolan di sebelah kiri atau kanan leher, penyakit itu disebut penyakit apa? trims

  2. 574
    annisa Says:

    Assalamualaikum ibu dokter,
    Mohon info dokter di jakarta yg ibu rekomendasikan utk kasus theroid. Juga info dimana pngobatan cara alternatif nya.
    Trmks yaaa

  3. 573
    titi Says:

    selamat siang dok,
    1 tahun yang lalu saya di diagnosa menderita hipertiroid, tapi 5 bln terakhir ada perubahan dalam diri saya jari tangan tidak gemetar, denyut jantung normal, nafsu makan bertambah, badan menjadi gemuk, mata tidak menonjol, tidak mudah capek dan letih, tidak berkeringat ( normal )kondisi seperti itu apakah saya sudah di nyatakan sembuh dari hipertiroid ( bahkan skrg saya puasa tidak mengalami kendala apapun di bandingkan satu tahun yang lalu .

    apakah saya juga bisa melakukan donor darah?

    terima kasih

  4. 572
    yanto Says:

    Selamat Malem Dokter Sukma yang baik,
    Saya pria usia 35 Tahun, merasa ada ganjalan di leher bawah lebi kurang 2 bulanan gak sembuh sembuh…dulu kalo ke dokter internit dan umum katanya asam lambung karena perut saya kembung dan badan saya jadi kurus 9 kg dalam waktu 2 bulan…jadi makan obat maag melulu…Kemarin ada dokter yang kebetulan ke daerah saya bawa alat tes organ (EMC)dari hasil test tersebut menyimpulkan 90% saya mengalami gangguan tiroid glan.,…kemudian saya disuruh melakukan tes t3 dan t4 serta TSH hasilnya T3 1.32 ambang 0.92-2.33 dan T4 83.95 ambang 60 -120 dan tsh sensitif 3.762 ambang 0.27 – 4.70
    waktu saya ke dokter umum katanya tidak ada gondok krn dites pegang kertas tidak gemetar, detak jantung baik dan tekanan darah 120 / 85 saya tidak ada merasa debar-debar jantung. Rasa menggajal di bawah leher ini tidak nyeri hanya menggangu saja rasanya kalau tidur rasa ganjal hilang dan muncul setelah berdiri. Saya jadi bingung dok sebenarnya saya sakit apa ya….tolong dibantu penjelasannya agar tahu penyakit apa??? Terima kasih bu Dokter

  5. 571
    bagus Says:

    Dok maaf sy jg mw tanya sy menurut tes termasuk hipo tau hiper
    Hasil lab
    Tsh-s (elfa) 0,24
    Ft4. (Elf) 1,08 mohon info nya ya dok sy terrmasuk hipo atau hiper dok triims atas info nya y dok

  6. 570
    bagus Says:

    Dok trus sy agak telme bgt buat mikir dan gampang lelah tdk seperti dl kuat dan smart jernih klau mikir jd sy harus bagaimana dok sy tinggal ditangerang adakah daerah tng ada rmh sakit khusus tyroid thnks.

  7. 569
    bagus Says:

    Dok selamat sore sy mau tanyakan tentang hasil lab sy

    Tsh-s(elfa) 0,24
    FT4 (elfa) 1,08. Sy mw tanyakan sy termasuk hipo apa hyper dok trus knapa kok jantung sy tdk seperti dulu seperti lambat bs sy rasakan dlenyut2 dan itu semua badan sy jg seperti darah kurang suply mohon masukannya sy harus bagaimana ya dok

  8. 568
    piter Says:

    hi Dr.Sukma
    aku mau tanya, singkatnya ibu ku umur 58thn dah cek lab dan hasilnya harus operasi pengangkatan. apakah dokter ada rekomendasi dokter bedah tiroid seputar jakarta yg bagus tapi jg tdk terlalu mahal?
    mohon infonya dokter, terima kasih banyak sebelumnya

  9. 567
    lena Says:

    Bu Dokter,

    Saya berumur 45 tahun tinggal di tg.pinang, kepulauan riau,penderita gondok sudah bertahun2 sdh perbah dioperasi tahun 2009 dileher sebelah kiri, dan sdh diangkat , hsl pemeriksaan lab tidak ganas, sejak du tahun sy kontrol krn tempat tinggal jauh tidak pernah kontrol lagi, tapi belakangan ini terasa tumbuh lagi dan semakin membesar dileher sebelah kanan, leher terasa kaku dan tegang, saya takut sekali menjalani operasi lagi takut terjadi hal yg tak diinginkan nantinya karena dekat dengan pita suara dan nadi,mhn dibantu bu saran dan nasehatnya apa yg hrs sy lakukan, terima kasih sebelumnya

  10. 566
    robert Says:

    salam sehat,
    Bu dokter sy cowok 34th tgl di blora jawa tengah. Sy pernah di perkirakan seorang dokter di cirebon 3th lalu menderita hypertiroid dan di kasih surat rujukan ke rs.hasan sadikin bandung untuk pengobatan dgn cara minum pil atom per setengah bulan sekali dan di haruskan minimal 3x dokter tsb bilang sy jamin kamu sembuh total dan sehat 100%. Tp krn terbentur di ekonomi pas2an sy ga bs ikutin saran dia dan sy lupakan sampe skarang.
    Nah belakangan hari kondisi kesehatan sy makin lemah dan dokter lokal bilang sy harus cepat ke smrg unt penangan gondok harus cek lab dan usg..dan dia bilang sy mungkin harus operasi..padahal dokter cirebon dulu bilang wanti2 jangan mau di anjurkan operasi..jd sy bingung apa yg harus sy lakukan..kalo cek lab apa yg hrs di cek? Trus usg buat apa? Di blora ada prodia tp ga da usg..kira2 sy hrs sedia uang brapa untuk lab dan usg? Tlg sy di cerahkan mengingat sgl keterbatasan sy..sbelum & sesudahnya trima kasih.
    Salam sehat

  11. 565
    lika Says:

    Dear Dr.Sukma

    Siang dok, saya wanita 28 th, sedang hamil 8 bln, ada benjolan di leher,

    tes lab 7 bln yg lalu tes dengan hasil,
    FT4 0.85* (0.89 – 1.76)
    TSHs 1.900 (0.400 – 4.000)

    kata dokter normal, tidak diberi obat, dan kalau mau diangkat benjolannya,ditunggu setelah lahiran.

    hanya diingatkan mendekati kelahiran cek lab lagi, selama cek kehamilan tekanan darah selalu normal dan kondisi bayi normal (posisi, berat, detak jantung)

    Kemudian mendekati lahiran tes lab lagi dengan hasil,
    FT4 0.61* (0.89 – 1.76)
    TSHs 1.420 (0.400 – 4.000)

    Sambil nunggu jadwal konsultasi, saya mau nanya dok,
    Hasil lab terakhir ini apakah menunjukkan hipotiroid atau bagaimana dok?
    Bagaimana dengan proses lahiran, kira2 bisa normal dok?
    thx

  12. 564
    yayu Says:

    malam dok, dok sy mau menanyakan hasil laab hormon tyroid sy:
    T3 0,59 (0,59-1,52ng/ml)
    T4 6,62 (4,68-9,36ug/dl)
    TSHs 0,319 (0,470- 4,640uIU/ml) yg saya tanyakan dr hasil lab tersebut TSHs sy sdkt dibawah normal. Apakah sy termasuk hypotyroid atau hipertyroid ya dok. Kr sy mudah lelah,kalo pagi sy betah tidur sedangkan malam sy susah tidur dok. Terkadang sy sedikit sesak napas dan sdkt berdebar2, rambut rontok, kulit kering. Mohon tanggapan dr dokter, atas bantuannya sy ucapkan terimakasih

  13. 563
    maulana Says:

    dear Dr.Sukma,
    saya mau tanya dok,
    ibu saya punya benjolan di leher sebelah kiri umurnya 62 tahun, saya sudah periksakan ke dokter THT dan diminta untuk periksa laboratorium dan pemeriksaan PA, menurut dokter THT dari hasil lab & PA dapat disimpulkan bahwa benjolan yang ada pada leher ibu saya adalah Tumor Folikuler Tiroid dan harus di operasi,
    saya ingin tahu pendapat Ibu Sukama untuk pembanding kami sekeluarga, apakah ibu saya benar2 harus dioperasi?
    dan apa sebenarnya penyakit ibu saya?
    sebagai bahan analisa kami sampaikan hasil Lab:
    HEMATOLOGI:
    - Hemoglobin 13,2 gr% (12-18)
    - Lekosit 5.200 /mm3 (4.000 – 10.000)
    - Trombosit 330.000/mm3 (150.000 – 300.000)
    - Waktu Pembekuan 2 menit (5 – 11)
    - Waktu Pendarahan 3,5 menit (1 – 3)
    KIMIA DARAH :
    - Gula darah Sewaktu 72 mg% (<140)
    - Creatinin 1,6 mg% (P 0,6-1,1 W 0,5-0,9)
    - Ureum/Urea N 35 mg% (10-50)
    - SGOT 36 U/L (P <=25, W <=21)
    - SGPT 28 U/L (P <=29, W <=22)
    - T3 1,02 mg/ml (0,79-1,49)
    - T4 10,30 ug/dl (4,5-12,0)
    - TSH 0,94 IU/ml (0,47-4,64)
    KESIMPULAN TEST PA :
    - tidak ditemukan sel maligna, kearah suatu tumor folikuler tiroid yang mengalami degenerasi pendarahan.

    demikian dok hasil lab & PA, semoga bisa menjadi bahan rujukan ibu dokter,
    atas perhatian dan jawabannya kami ucapkan banyak terima kasih

  14. 562
    erwin hermawan Says:

    halo dok..mau nanya saya kan punya penyakit.hipertiroid sudah.6 bulan berobat jalan.tapi di leher saya tidak ada benjolan.dan yang paling rasakan pada tubuh saya lemas,napas sesak,dan konsentrasi pikiran terganggu dan untuk cek lab T3,T4&TSH sudah mohon saran dok.sebelumnya terima kasih.

  15. 561
    marjo Says:

    sore dok,
    langsung aza,sya pny anak 3,5 tahun dr specialis anak speak delay dianjurkan terapi (hiperaktif ,blm jelas ngomong bs perintah,dari kecl muntah trus setiap makan ),sekarang sdh 1 tahun terapi sdh bs bicara walau belum terlalu jelas,suka ngoce /bahasa planet belum bsa tenang ,(slama terapi konsumsi Prolacta,ostecare/enervon c,pyrasetam,enam bln terakhir konsumsi jg takelin + penenang)tadi habs tes T3=10 (00,1-2,5) T4=91,5 (60-120)TSH =2,75(0-5) menurut dok apa yang dialami anak saya, trus makan apa yang dilarang/dianjurkan,trus penanganan berikutx kemANA,mohon masukannya,saran,solusi,makasih

  16. 560
    ina Says:

    saya berumur 25 th. hamil 9 bln. yg mau saya tanyakan adalah. apakah pada umur 5-6 th sudah bisa terkena gangguan tiroid?karena saya dioperasi pada umur 5-6 th dan baru sekarang akan melakukan tes T3,T4,&TSH karena kehamilan saya itu.Saya bertanya kepada orangtua(kpd ibu, krn ayah sudah meninggal) saya, yg beliau ingat adalah operasi yg dilakukan waktu itu adalah operasi di luar.entah apa artinya operasi diluar itu, beliau juga tidak tahu. Apakah dari operasi di luar tsb, saya merupakan penderita kelebihan tiroid? sbg pegangan bekas operasi di leher saya sebelah atas tepat di tengah leher.trimakasih

  17. 559
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sinarwati,

    Sebaiknya dilakukan check ulang lab mengingat tidak sesuainya gejala klinis dan hasil lab yg didapat. Coba periksa di lab LAIN, satu atau dua lab yg berbeda. Sehingga akhirnya kita yakin hasil yang mana yg akurat.

  18. 558
    sinarwati Says:

    Dengan Hormat
    Bu Dr. Sukma Melati

    Bu dokter, saya py gejala sering kedinginan setiap hari, telapak kaki sangat dingin, tangan sering berkeringat, tapi saya susah kurus, saya konsul ke dokter, diminta tes TSH, hasil nya 0.331, dokter mengatakan gejala hiperteroid, jadi dikasih obat PTU, sbnrnya dokter juga ragu, dilihat dari ciri2, dan jantung suka berdebar, mudah lelah, makan sedikit tp gampang gemuk,kaki dan badan dingin terutama telapak kaki gejala hipoteroid, tp melihat hasil lab TSH dokter blg ini hiperteroid, sy minta di cek EKG, dokter blg jantungnya bagus.

    dok, benarkah saya hiperteroid ?
    terima kasih dok.

  19. 557
    andi Says:

    halo dok,
    yang mau saya tanyakan dok, tes apa yang kita lakukan untuk mengetahui jenis penyakit kelenjar tiroid yang kita derita?
    apakah cukup pemeriksaan TSH dan FT4 saja atau harus ditambah dengan pemeriksaan T3 dan T4?
    makasih dok

  20. 556
    yenni Says:

    Selamat malam dok, saya yenni berusia 29 tahun saat ini saya sedang hamil 6bln(anak ke2). Saya mau bertanya kenapa pada saat lahir anak pertama saya baru keluar gondok? Dan saya sudah pernah cek ke dokter internist dan saya di bilang kekurangan (Hipotiroid), saya di kasih obat eutirox. Tetapi saat ini saya tidak pernah mengontrol kedokter lagi dan gondok saya membesar, kira2 kalau saya tidak mengkonsumsi obat tersebut apakah bisamembesar lagi. kalau saya tetap mengkonsumi obat tersebut apakah bisamempengaruhi kandungan saya.

    terima kasih

    yenni
    palembang

  21. 555
    nIA Says:

    Yth Dokter Sukma,

    Saya Nia usia 31tahun, saya mengidap hypertheroid sudah 1tahunan, benar sekali saya merasa berkeringat berlebihan, selalu gemetar-gemetar, cepet lelah, makan banyak, badan saya turun s.d 10kg, saya berobat ke doker internis tp 2 minggu gejala yg terlihat adalah mata kiri saya seperti melotot.

    Mohon arahannya ya Bu Dokter.

    Terima kasih

  22. 554
    Rian Says:

    Dok,mama didiagnosa mencurigakan KARSINOMA TIROID di RSUD ARIFIN AHMAD. Selain Operasi dok, apa yang bisa dilakukan untuk melawan penyakit ini?

  23. 553
    Juned Says:

    Dengan Hormat
    Bu Dr. Sukma Melati

    Bu Dokter, Saya Mengalami Hipertiroid dengan kondisi
    FT4 : 3,67 Normal ( 0,7-1,55 ng/dl)
    TSHs : <0,005 Norma ( 0.27 – 4,7 uiu/ml)
    T4 : 16,78 Normal ( 4,67 – 9,3 ug/dl)
    T3 :4,05 Normal ( 0,60 – 1,52 )
    ( Hasil Test Laboratorium)
    Apakah Nilai Tersebut sangat parah penderitaannya pak
    Selanjutnya bagai mana cara mangobati hal tersebut, dan bagaimana dengan makanan dan alternatif pengobatannya bu
    Dokternya sudah memberikan Obat PTU bu.Kira – kira bagaimana ya bu?

    Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih

  24. 552
    Adysasmito Says:

    Dok, anak sayaskrg berumur 12 tahun, 1 tahun yang lalu di bawah telinganya terdapat benjolan, setelah di periksa hasil pemeriksaan FNAnya Mikroskopis : Pembesaran kelenjar getah bening multiple di leher kanan dan kiri kenyal, diameter 1/2 x 1/2 cm sampai 1 x 1 cm, mobil dan tampak campuran sel2 limfoid berupa banyak sel limfosit disertai sel2 sentrosit, sentroblas, makrofag dan imminoblas, tidak terdapat sel ganas maupun tanda radang spesifik
    Diagnosa Patologi : Reactive lymphoid hyperplasia ICD : R59.9, terus dikasih sirup antibiotik, sakit apa anak saya dok

  25. 551
    Tri Says:

    Yth.Dr.Sukma melati
    saya seorang ibu rmh tangga umur 50 Thn, pembesaran leher semakin nampak, 4 thn lalu pernah periksa lab, unt T3 dan T4 neg,pernah konsul ke specialis dalam harus operasi padahal saya hepertensi jd ada ketakutan kalau operasi, ada saran unt konsumsi Euthyrax, apakah bs mengecilkan pembesaran leher saya,trm ksh

Pages: « 24 [23] 22 21 20 19 18 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe