HKKelenjar gondok atau disebut kelenjar tiroid, adalah kelenjar yang normalnya berlokasi dibagian tengah-depan dari leher kita. Ada tiga bagian yaitu : lobus kanan, lobus kiri dan lobus intermedius yang menghubungkan lobus kanan dan lobus kiri.

Dalam keadaan normal, kelenjar tiroid berukuran kecil, dengan berat hanya 2-4 gram posisinya dileher depan bagian tengah dan tidak teraba. Sehingga pada leher orang normal tidak tampak tonjolan atau massa yang mengganggu pemandangan seperti apa yang kita lihat pada penderita gondok.

Fungsi kelenjar tiroid yaitu mengatur metabolisme tubuh, sehingga segala sesuatunya berjalan lancar dan normal didalam tubuh seseorang. Maka dikenal beberapa istilah seperti : eutiroid, hipertiroid dan hipotiroid.

Eutiroid adalah keadaan dimana besar dan fungsi kelenjar gondok dalam keadaan normal. Hipertiroid, berarti kelenjar gondok bekerja melebihi kerja normal sehingga biasanya kelenjar gondok membesar dan juga akan didapatkan hasil laboratorium untuk hormon TSH, T3 dan T4 yang berada diatas ambang normal. Hipotiroid kebalikan dari hipertiroid, disini kelenjar gondok bekerja dibawah normal, sehingga ketiga hormon tadi kadarnya didalam serum dibawah angka normal. Apa gejala dan dampak dari kelainan kelenjar gondok ini ?

Gejala hipertiroid biasanya : si penderita hiperaktif, tidak bisa diam. Badan berkeringat berlebihan, suhu tubuh hangat, jantung berdebar-debar, tangan sering gemetar, bola mata agak menonjol. Banyak bicara susah diam, makan banyak akan tetapi badan tetap kurus dan seterusnya.

Penderita hipotiroid umumnya badan suhunya dingin, lembab. Orangnya rada obese, malas bergerak dan malas bicara. Biasanya lidahnya tampak besar dan tebal. Makan tidak banyak, akan tetapi tubuhnya tambun. Semuanya kebalikan dari gejala hipertiroid.

Pada hipertiroid , peradangan kelenjar tiroid maupun adanya neoplasma atau tumor kelenjar gondok, maka kelenjar itu akan membesar, berupa benjolan atau massa yang bisa diraba pada leher tengah bagian depan. Ciri khasnya : benjolan itu akan turut bergerak saat penderita melakukan gerakan menelan. Artinya bila penderita disuruh melakukan gerakan menelan, maka si benjolan tadi bergerak keatas dan kebawah, sesuai dan mengikuti irama gerakan menelan si penderita.

Sakitkah benjolan tadi ? Jawabnya : ada yang sakit dan ada yang tidak. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan, biasanya bila akibat peradangan akan dirasakan sakit atau nyeri. Nyeri disini bisa nyeri spontan, artinya nyeri tanpa dilakukan penekanan terhadap benjolan. Dan atau nyeri tekan, yaitu nyeri bila benjolan ditekan pada saat dilakukan pemeriksaan.

Apakah penderita merasakan demam ? Jawabnya : bisa ya dan bisa tidak. Biasanya demam dirasakan pada awal kemunculan massa di kelenjar gondok itu dan demam biasa dijumpai pada kasus peradangan. Sedangkan pada neoplasma atau tumor kelenjar tiroid, biasanya penderita tidak akan merasakan nyeri maupun demam.

Mengenai tumor tiroid, kita mengenal ada yang jinak dan ada yang ganas. Neoplasma jinak biasanya jenis struma adenomatosa dan adenoma folikuler tiroid. Sedangkan neoplasma ganas umumnya yang tersering adalah karsinoma tiroid papilliferum.

Penderita kelainan kelenjar gondok biasanya 80-90 persen adalah kaum hawa. Sedangkan laki-laki sangat jarang. Namun demikian, prosentase keganasan pada penderita kaum adam cukup tinggi sekitar 60-70 persen dari seluruh kasus penderita kelainan tiroid pada laki-laki.

Karena itu, khusus kepada kaum adam, sering-seringlah memeriksa leher bagian depan anda. Bila dicurigai ada yang tidak beres, segera kunjungi dokter terdekat agar segera dapat dilakukan pemeriksaan lab dan lain-lain. Apabila fasilitas ada, dokter yang paling tepat menangani kelainan pada kelenjar gondok ini adalah dokter spesialis penyakit dalam (internist),  sub-divisi Endokrinologi.

Popularity: 33%

Posted Saturday, November 22nd, 2008 at 12:58 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

588 Responses to “Pembesaran kelenjar gondok pada laki-laki sebagian besar adalah kanker ganas tiroid”

Pages: « 24 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

  1. 225
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nismu,

    Benar sekali. Kemungkinan besar ada hubungan keluhan anda saat ini dengan masih adanya bercak TBC di paru anda.

    Sebaiknya obati TUNTAS masalah TB paru ini . Kalau tidak mau TBC anda menyebar ke organ-organ lain diluar paru.

    Bila terjadi radang TB sistemik, sangat sulit diobati dan SANGAT BERBAHAYA bisa ke selaput dan jaringan otak.

  2. 224
    nismu Says:

    dok, sy 22 tahun.. dah dua minggu ini menderita.. karena dibagian leher bawah sebelah kiri kayak ada yang mengganjal.. itu terasa setelah keselek waktu makan baso. dah ke THT 2 kali, dan dikasi antibiotik, tapi masih juga terasa ada yang ngeganjal.. dah di rontgen dibagian leher, ternyata penebalan di jaringan lunak prevertebral c5, c6, dan c7..

    sebagian tambahan: 3 tahun lalu sy divonis kena TB, tapi sudah minum obat, dan 2 bulan lalu, kembali rontgen paru-paru, ternyata masih ada bercak di paru-paru..

    yang mau ditanyakan sebenarnya yang mengganjal di leher itu apa ya dok?? apa ada hubungannya dengan penyakit TB tadi…

  3. 223
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eva,

    Thyrozol dari yang saya tahu hanya digunakan dalam jangka waktu pendek. Dan harus sangat berhati-hati pada wanita hamil dan menyusui.

    Untuk sementara sebaiknya obat distop dulu. Menunggu hasil konsultasi anda dengan dokter penyakit dalam khusus endokrinologi.

  4. 222
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rahma,

    Setiap benjolan disebut tumor. Kelainan pada kelenjar gondok dapat berupa : radang, autoimmun dan neoplasia.

    Dalam neoplasia temasuk kanker jinak dan kanker ganas. Disebut kanker asal katanya cancer, yaitu kepiting.

    Kepiting bersifat menjepit dengan dua alat jepit yang kuat mencengkeram. Seperti sifat kanker ganas yang mencengkeram nyawa penderita

  5. 221
    eva Says:

    saya terkena tiroid, dan saat ini saya ibu menyusui, dan dokter meberikan resep tyrozol untuk mengobati tyroid saya bolehkah saya meminum tyrozol padahal kalau saya lihat di medicastore dan googling di internet, obat tersebut tidak baik untuk ibu menyusui? oia sehari saya minum 1 kali 3 tablet mohon sarannya Dok saya lanjutkan obat itu atau tidak.. thx

  6. 220
    rahma Says:

    apakah penyakit gondok itu bisa disebut tumor atau kanker?

  7. 219
    Dr. Sukma Says:

    Halo Irwan,

    Sementara isteri anda rutin minum thyrax, jangan pernah lupa. Karena operasi baru satu bulan yang lalu, jadi memang seperti itu.

    Penyembuhan luka operasi tumor ganas seperti karsinoma papillifer tiroid memerlukan waktu minimal 6 bulan sampai satu tahun agar luka jahitan kering sempurna dan tidak ada keluhan nyeri.

    So, harap bersabar dan setahu saya belum ada pemeriksaan untuk deteksi kambuhnya tumor ganas tiroid tersebut.

    Kunci keberhasilan terapi adalah compliance pasien terhadap obat yang diberikan (thyrax), disertai kontrol reguler periodik ke dokter operator.

  8. 218
    Dr. Sukma Says:

    Hai Basuki,

    Tergantung BB anda. Dosis dianjurkan 0,1-0,2 mg per kg BeratBadan.

    Sebaiknya anda konsultasi dengan dokter yang menulis resep, agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan seperti jantung berdenyut cepat (tachycardia)yang kita takutkan. Karena bila salah, bisa sangat berbahaya/lethal.

    Jenis olahraga yang cocok bagi penderita hipotiroid adalah jalan santai. Bila kondisi sudah membaik kecepatan disesuaikan/dinaikkan.

  9. 217
    Dr. Sukma Says:

    Hai Diar ,

    Meskipun kecil, bila benjolan kelenjar gondok anda termasuk adenomatous goiter, maka itu harus dioperasi. Tidak ada cara lain..

  10. 216
    Dr. Sukma Says:

    Hai Mufidatul,

    Coba anda cari somewhere di blog saya ini. Ada dokter yang menulis comment dan menyatakan dia sanggup mengobati gondok TANPA operasi. Penjelasannya masuk akal dan saya percaya.

    Saya lupa mencatat nama dan alamatnya. Pokoknya dicari pada posting yang banyak penanya, disalah satu artikel/posting itu, ada komentar dari seorang dokter. Mudah2an ketemu, ya.

  11. 215
    irwan Says:

    Yth dokter. Pemeriksaan apa yang dilakukan untuk mengetahui perkembangan karsinoma papilliferum thyroide. Istri saya sudah di operasi sebulan yang lalu dan diberi obat tyrax. kondisi istri saya tidak lemas dan beraktifitas seperti biasa. Cuma bekas operasinya sampai sekarang masih terasa nyeri terutama kalau hawanya dingin.Terima kasih atas sarannya dok.

  12. 214
    Basuki Says:

    Yth dokter. Saya penderita hipotiroid, dan sampai sekarang masih rutin kontrol serta mengkonsumsi thyrax. Pertanyaan saya: 1. Berapa dosis thyrax perhari yg dianjurkan. Saya pernah baca 100-200 mugr/hari, kalo saya masih mengeluh lemes, apakah dosisnya bisa ditambah 2 tab/hari, (sekarang 1 tab/hari) 2. bila 2 tab, sebaiknya diminum 2 x 1 atau 1 x 2? 3. Jenis Olahraga apa yg cocok utk penderita hipotiroid? Terimakasih dok.

  13. 213
    diar Says:

    selamat malam dokter…saya didiagnosa gondok dan harus operasi.dokter saya mengatakan tdk bs hanya diberi obat,hrs opesasi.tp dia tdk memberi alasan knp.gondok saya d leher ukuran kecil.apa memang hrs operasi dok?lalu apa ada dmpkny stlh operasi?thx.

  14. 212
    mufidatul Says:

    salam kenal Dr sukma.saya mau tanya bagaimana cara penyembuhan kelenjar gondok tanpa operasi? terimakasi.

  15. 211
    Dr. Sukma Says:

    Halo Irwan,

    Sudah benar penyakit gondok istri anda dioperasi. Dengan hasil pemeriksaan PA pasca operasi adalah kanker ganas tiroid (adenokarsinoma papilliferum).

    Pastikan yang menangani istri anda setelah operasi adalah dokter akhli kanker atau onkologist. Biasanya bila ganas, setelah operasi akan diberikan obat thyrax sampai benar-benar aman agar tidak kambuh lagi, OK.

  16. 210
    irwan Says:

    Selamat Pagi Bu Dokter

    Istri saya didiagnosa Adenokarsinoma papilliferum throidea. Istri saya sudah di operasi, mikroskopik : sediaan jaringan menunjukkan proliferasi folikel kelenjer thyroid yg dilapii kuboid…. apa yang baik saya lakukan yg untuk kesembuhan istri saya. Terima kasih sebelumnya

    salam

    Irwan

  17. 209
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andrew Manik,

    Saya belum pernah dengar obat herbal untuk hipotiroid.

    Yang saya tahu banyak makan seafood akan memperbaiki keadaan hipotiroid.

    Coba juga antioxidan yang saya yakini bekerja bagai ‘obat dewa’ -meski antioxidan terutama berfungsi sebagai anti kanker- akan dapat memperbaiki kelainan apapun didalam tubuh kita termasuk hipotiroid.

    Termasuk anti-oxidan : apel, tomat, broccoli, Brussel’s sprout, kacang kedele, buah cantaloupe/melon sky rockett warna jingga menyala. dll.

  18. 208
    andrew manik Says:

    salam kenal dok, nama saya andrew.
    bgni dok, ibu saya mengalami hipotiroid,apakah obat herbal untuk ibu saya ada dok? dan pantangan apa yang harus di jaga ya?
    thank’s dokter…

  19. 207
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rico,

    Namanya juga radang, jadi diobati dengan antibiotika yang sesuai. Diresepkan oleh dokter, JANGAN beli sendiri karena harus juga disertai steroid dengan dosis tapering off.

    BERBAHAYA, bila dibiarkan tanpa terapi yang tepat. Akan terus membesar dan menggaggu pernafasan (sesak) dan jalan makanan yang terhambat. Plus sangat menggaggu estetika. Sementara tumor tiroid terus membesar setiap hari.

  20. 206
    rico Says:

    radang subakut apaan dok?bahaya gak….cara obatinya gmana…

  21. 205
    Dr. Sukma Says:

    Hai sejawat dr. Eko,

    Makasih kunjungannya dan info yang anda bagikan kepada siapapun pengunjung blog saya ini yang memerlukan terapi non-bedah untuk tumor tiroid.

    Sekali lagi terimakasih.

  22. 204
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nurilhuda,

    Silahkan hubungi dr.Eko via e-mail. Anda dapat lihat alamatnya pada komentar # 203

  23. 203
    eko dr Says:

    sekiranya ada yang membutuhkan info lebih lanjut ttg pengobatan gondok tanpa operasi bedah bis hub.email saya ekopurnomodr@gmail.com

  24. 202
    eko dr Says:

    Halo sejawat dr.Sukma, salam kenal
    Kebetulan saya spesialis yang menangani pengobatan gondok hipertiroidi dengan metode modern radioablasi, bila dokter ada pasien yang tidak mau menjalani operasi bedah atau tidak mempan lagi dengan obat anti tiroid bisa kita lakukan radioablasi dengan hasil baik,efektif nyaman utk pasien krn hanya disemprotkan dan biaya hanya sepersepuluh biaya operasi bedah.
    semoga bermanfaat dan sukses untuk dokter sukma.

  25. 201
    nurilhuda Says:

    Dr. Sukma yg cantik,saya sudah 5 tahun dinyatakan sakit hipertiroid dan disarankan untuk Operasi, tapi saya masih belum berani operasi dan disamping itu saya juga belum punya biaya apa yg harus saya lakukan? jawaban dr.sukma saya tunggu, terima kasih sebelumnya

    “Huda”

Pages: « 24 … 12 11 10 [9] 8 7 6 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe