FLUORIstilah keputihan atau dalam bahasa medis disebut ‘fluor albus’ atau ‘leukorrhea’ adalah sekresi yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang ada pada alat genitalia baik laki-laki maupun wanita.

Namun dalam kehidupan sehari-hari, orang menyebut keputihan hanya untuk keluhan pada wanita saja. Saya belum pernah mendengar kalimat ‘ seorang laki-laki mengalami keputihan’, padahal faktanya sangat positif dan banyak atau seringkali dikeluhkan oleh kaum adam.

Dikenal satu ‘fenomena pingpong’ dimana apabila pasangan suami-isteri salah satu diantaranya mengalami keputihan, sebaiknya yang berobat adalah kedua orang pasangan itu, bukan satu yang mengeluh keputihan saja. Alasannya, bila hanya satu berobat, maka si partner sex akan masih menularkan kuman kepada pasangannya ( seperti permainan pingpong, dimana bola pingpong akan ditepis kearah pasangan main).

Sehingga paling efisien, adalah bila keduanya diobati agar permasalahan keputihan menjadi tuntas-tas pada pasangan suami-isteri tersebut.

Laki-laki sering mengistilahkan keputihan itu dengan istilah ‘pilek dibawah’ .  Apa penyebab dan bagaimana dampak keputihan itu terhadap kesehatan terutama kesuburan seseorang ?

Bila ada keputihan, biasanya itu tanda telah terjadi peradangan atau infeksi pada alat genitalia dan atau reproduksi anda. Siapapun anda baik laki-laki maupun perempuan.

Kecuali bila keputihan itu bening dan tipis atau sedikit, ini bukan tanda peradangan, akan tetapi fisiologis bisa akibat kelelahan secara fisik ataupun pada mereka yang berumur belasan sampai duapuluh tahun, dimana kelenjar sedang aktif pertumbuhannya, sesuai pertumbuhan organ-organ lain.

Penyebab keputihan bermacam-macam : jamur, bakteri bisa coccen berbentuk bulat, bisa bacillus bentuk memanjang. Dapat juga disebabkan oleh virus dan  yang paling ditakuti yaitu virus HPV dan HSV. Keduanya mempunyai jenis atau strain yang banyak seperti : HPV-16, HPV-31, dst. Untuk HSV yang paling ditakuti adalah HSV-2. Strain yang disebutkan diatas adalah tipe virus yang terbukti seringkali mengakibatkan kanker ganas pada alat genitalia, terutama pada perempuan dan juga laki-laki.

Selain yang telah disebutkan diatas, ada lagi penyebab lain seperti : Chlamydia trachomatis, parasit seperti Trichomonas, cacing, amoeba dll. Singkatnya semua penyebab ini dapat mengakibatkan peradangan, semua itu tergantung  kepada ‘genital hygiene dan personal hygiene’ dari masing-masing individu’. Higiene perorangan ada yang bagus, ada yang medium dan ada yang jorok.

Sumber dari segala macam jasad renik tersebut ada dua yaitu : akibat hubungan sexual dengan partner yang sedang mengidap penyakit atau terinfeksi oleh salah satu ‘invaders’ itu.  Atau yang kedua akibat kecerobohan, kejorokan atau sangat rendahnya ‘genital & personal hygiene’ seseorang.

Karena itu pilih-pilih saat melakukan hubungan sex, jangan asal terjun bebas. Terbaik adalah dengan suami atau isteri sendiri, yang jelas-jelas telah kita ketahui tingkat kebersihan dan perawatan kesehatannya.

Semakin jorok seseorang, maka kemungkinan terjadinya keputihan atau peradangan pada organ genital dan reproduksinya, akan semakin besar.

Terutama pada kaum perempuan, dimana lubang anus letaknya sangat berdekatan dengan vagina dan urethra atau muara air kemih. Bila seorang wanita pada saat cebok sesudah BAB tidak hati-hati, maka feces beserta kuman dan segala macam parasit (cacing kremi, telor cacing, amoeba), bisa masuk kedalam dan mengenai vagina dan urethra secara tidak sengaja. Terkontaminasi, istilah tepatnya…

Kejorokan selalu menjadi pemicu terjadinya peradangan atau infeksi yang mengakibatkan keluarnya keputihan. Namun bila anda berhati-hati dalam melakukan ritual ‘cebok’ dengan melakukan seperti urutan berikut : mengelap dengan kertas tissue/toilet paper, baru sesudah itu  anda cebok pakai air dan sabun, maka kemungkinan terkontaminasi akan sangat kecil.

Bila perlakuan yang baik seperti itu rutin anda lakukan setiap kali habis BAB, maka anda  akan terbebas dari keluhan keputihan yang menjengkelkan dan merepotkan itu. Jadi kembali ke proverb lama  ‘kebersihan pangkal kesehatan’ memang benar adanya.

Akibat adanya peradangan, maka akan terjadi pembengkakan, kemerahan  organ terkena yang disertai suhu badan yang tinggi, lebih dari normal. Semuanya termasuk didalam reaksi inflamasi.

Apabila radang ini tidak diselesaikan dengan tuntas atau dibiarkan saja tanpa terapi maka reaksi radang akan meluas  dari vagina ke leher rahim, rahim, saluran telur atau tuba dan ovarium atau indung telur. Pada semua tempat itu terjadi reaksi inflamasi seperti disebutkan diatas.

Akibatnya : terjadi perlengketan pada rahim, saluran telur atau tuba sampai pembusukan indung telur oleh infeksi yang berat. Bisa terjadi tubo-ovarial abscess alias kantong nanah yang mengenai saluran telur dan indung telur. Dan bila kedua sisi kanan dan kiri dari tuba dan ovarium yang terkena abses maka dapat dipastikan si wanita tadi sudah pasti tidak akan bisa mendapat keturunan alias mandul atau steril.

Demikian pula yang terjadi pada laki-laki. Akibat sering ‘pilek dibawah’ yang tidak diobati dengan tuntas, maka infeksi meluas ke ureter sampai ke ginjal. Atau dari urethra ke epididymis, testis dan prostat. Pada semua lokasi itu dapat terjadi peradangan berat yang bisa mengakibatkan kemandulan.

Sebab setiap penyembuhan infeksi biasanya akan terjadi jaringan parut/ fibrotik, akibatnya sel-sel spermatogonia, spermatozoit-yang menjadi cikal-bakal sperma- akan sangat menurun jumlahnya. Terjadilah yang disebut dengan istilah medis ‘Oligospermia’ (jumlah sel sperma sedikit) atau malahan ‘Azoospermia’ (tidak ditemukan sel sperma sama sekali).

Jadi jelas sudah dampak keputihan pada wanita dan pria yaitu infertilitas alias kemandulan. Maka jangan sepelekan keluhan keputihan itu. Segeralah berobat sampai tuntas dan hilangkan  total infeksi organ penting reproduksi kita, demi kelanjutan generasi kita semua.

Popularity: unranked

Posted Saturday, March 21st, 2009 at 8:04 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

80 Responses to “Keputihan bukan monopoli wanita, laki-lakipun bisa. Apa itu fenomena pingpong ?”

Pages: « 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    19 thn Says:

    Saya brumr 19 thn,saya perna melakukan sex dgn pcr saya. Tapi saya sudah tidak mengulangi lgi hbgn sex.. Stlah brhbungan sex saya keputihan terus menerus.dan prut saya skit..rasay kyk d’itUsuk2.knpa itU dok!dan bagaimana cra mnymbhkn ya..

  2. 24
    deti Says:

    Bu Dokter..
    Melanjutkan pertanyaan saya mengenai anyang-anyangan yg sempat saya selipkan di artikel mengenai HP (di artikel itu saya bertanya mengenai Thypus..)..
    Menurut Bu Dokter, anyang-anyangan yg saya alami disebabkan krn terdapat radang di kandung kemih saya, yg ketika saya minum antibiotika, radang itu menjadi sembuh.
    Dan setelah saya membaca artikel ini.. saya akan bercerita sedikit..
    Saya memang terkadang mengalami keputihan, tetapi biasanya ketika bbrp hari menjelang haid.. dan keputihan saya berupa cairan berwarna putih yg tidak terlalu encer dan tidak terlalu kental..
    Dan untuk masalah kebersihan, suami saya dan saya selalu menjaganya..
    Tiap kali kami berhubungan intim, suami saya tidak jarang mengatakan klo saya sedang keputihan..
    Sebenarnya setiap habis berhubungan intim, saya kurang mengerti apakah cairan yg keluar dari saya itu merupakan keputihan atau bukan..??
    Dan menurut artikel ini, tentang keputihan pada laki-laki.. saya pun tidak pernah menjumpai ada cairan yg keluar tidak pada saat setelah berhubungan intim pada suami saya..
    Mengenai anyang-anyangan yg saya alami.. awal mula terjadinya ketika seminggu kemudian akan Thypus.. dan mungkin memang benar, setelah minum antibiotika menjadi hilang..
    Tetapi setelah saya lebih baik dari Thypus tersebut.. bbrp kali habis berhubungan intim, rasa anyang-anyangan muncul lg..
    Kemudian besok harinya saya coba untuk minum air banyak-banyak.. supaya BAK terus.. dan perlahan-lahan, anyang-anyangan tersebut hilang..
    Yang ingin saya tanyakan..
    Apakah penyebab anyang-anyangan sebenarnya..?
    Apakah penyebab terjadinya radang pada kandung kemih selain dari keputihan..?
    Apakah mungkin saya hanya kurang minum, karena setelah saya minum air banyak-banyak, anyang-anyangan tersebut hilang..??
    Satu lagi.. sejak setelah menikah bbrp bulan yg lalu, saya dan suami saya sepakat untuk menunda kehamilan saya, jadi setiap berhubungan pun suami saya selalu mengeluarkannya diluar.. dan tidak jarang saya kadang merasa belum saatnya untuk selesai.. Apakah karena waktu yg seharusnya itu belum saya dapatkan juga bisa mengakibatkan anyang-anyangan..??
    Oia.. ada yg bilang.. setiap pengantin baru pasti mengalami anyang-anyangan.. apa betul seperti itu Bu Dokter..?? krn teman saya yg baru menikah jg mengalaminya.. tetapi kenapa teman saya itu mengeluh sampai sakit di perutnya..??
    (yang membedakan saya dengan teman saya adalah.. saya merasa ingin selalu BAK, tapi setiap BAK keluarnya sedikit, dan di akhir keluarnya merasa nyeri.. sedangkan teman saya mengatakan klo perutnya sampai sakit.. Jadi apakah yg menjadi penyebab yg terjadi pada saya dan teman itu sama atau berbeda..?? Oia, teman saya tersebut juga wanita..)
    Terima Kasih atas jawabannya
    [mohon dijawab juga melalui email saya.. deti_ns@yahoo.com]

  3. 23
    Dr. Sukma Says:

    Halo Asti, Raeni dan Anti,

    Untuk kebaikan anda sendiri, JANGAN TAKUT periksa ke dokter SpOG. Perlu dilihat kondisi organ reproduksi anda : vagina, serviks dst. Agar pengobatan yang akan diresepkan tidak ngawur.

    Perlu dilihat apakah ada erosi/lecet/luka. Bila ya, seberapa : ringan, sedang, berat, dsb. TIDAK CUKUP hanya dikatakan keputihan warna ini-itu TANPA diperiksa dalam. Jadi luangkan waktu demi kesehatan anda sendiri..

  4. 22
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lia,

    Bila obat telah habis diminum namun masih ada PERDARAHAN bercampur keputihan, sebaiknya anda periksa ke dokter SpOG yang lain. Saya khawatir kanker serviks.

    Btw, apakah anda sudah pernah melakukan sexual intercourse? Bila sudah pernah,ini memperburuk keadaan.

  5. 21
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sassy,

    Please come and visit OBGY. Jangan ngobatin sendiri. Kasus anda perlu dilihat dokter SpOG,agar diperiksa dalam dengan teliti. Kalau anda tidak mau menyesal nanti(mandul, dst).

    Saya serius. Diskusi kita cukup sampai disini, OK.

  6. 20
    Sassy Says:

    Dok peng0batan’y gmna ya sPya memperlmbat virus’y?
    Ada gk lrngan mknan untk pndrta radang saluran kemih.
    Apa bsa di sembuh kan dlm jangka yg singkat dok?

  7. 19
    my blog Says:

    check this out…

    this is mine…

  8. 18
    Lia Says:

    Dokter sukma, mohon bantuannya

    saya mengalami keputihan sudah 5 hari ini , banyak dan keputihan saya keluar bersama darah.. saya sudah cek ke dokter, karna kekuatiran saya akan serviks, tp dari dokter tsb saya hanya dikasih obat utk keputihan ( selama 1 minggu ), dokter hanya periksa USG, dan hasilnya bagus, tp dokter tdk periksa ke bagian vagina sy krn sy msh gadis ( blm menikah ) jd dokter hanya menyarankan saya minum obat, tp sdh 2 hari ini keputihan sy ttp sm tdk ada perubahan, msh ada darahnya, kira2 saran dokter apa utk keluhan saya ini, jawaban dan saran dokter sangat saya perlukan, terima kasih.

  9. 17
    Anti Says:

    Dok, apakah keptihan seperti yg dsebabkan oleh jamur atw bakteri bs d obati dg betadine douche yg disemprotkan k dlm vagina? And kl blh tau nama obat antibiotik utk mgobati kpthan tsb apa dok? Thanks

  10. 16
    raeni Says:

    hai dok,
    saya berumur 23 tahun, saya sering mengalami keputihan, tapi ini yang paling parah, karena berwarna hijau cerah dan sangat gatal. apa ya dok yang harus saya lakukan? ingin periksa tapi saya takut? tolong beri tahu saya obat apa yang harus saya konsumsi, saya tidak ingin diperiksa oleh dokter.

  11. 15
    asti Says:

    dokter sukma,
    saya mw tanya akir2 ini di bagian kewanitaan saya itu keluar seperti lendir kuning, kadang pekat, dan berbau, sehingga saya kadang merasa ga pede, klo pergi2 pun saya membawa panty bnyk utk ganti, bahkan saya juga pake sabun kewanitaan… tapi pada bagian itu ga gatal, cuma bau? apa itu ya dok?? klo periksa ke dokter apa akan diperiksa bagian kewanitaannya?? saya malu klo diperiksa…
    mohon petunjuknya lewat email saja ya dok,, thx

  12. 14
    Dr. Sukma Says:

    Hai Marlina,

    Keluhan anda khas untuk penderita keputihan. Jadi terjadi peradangan/infeksi oleh berbagai sebab pada organ reproduksi anda.

    Karena satu saluran telur anda TELAH tersumbat dari hasil histero-salpingografi (HSG), maka saran saya SEGERA TUNTASKAN masalah keputihan anda sekarang ini.

    Kunjungi dokter SpOG untuk diperiksa dalam dan kalau perlu dikultur keputihan anda, sekalian sensitivity test. Agar didapat diagnosis PASTI penyebab keputihan itu serta obat yang tepat sesuai hasi sensitivity test.
    Jangan buang waktu, akibat terburuk anda akan kesulitan mendapat keturunan alias STERIL nantinya.

  13. 13
    marlina Says:

    Dr. Sukma saya minta bantuan nya…
    saya 29thn sudah menikah 3tn dan blm punya keturunan, saya pernah di HSG dan hasil nya saluran indung telur sebelah kanan tersumbat dikarenakan infeksi dr keputihan… skr saya setiap bagun tidur pasti ada bercak coklat kadang ada gumpalan putih kaya tepung basah.. tp kadang jg spt bercak hijau… saya ingin periksa lg ke dokter tp saya takut.. tolong ya dok…

  14. 12
    Dr. Sukma Says:

    Hai Donna,

    Keputihan anda cukup serius.Sebaiknya dikultur cairan keputihan itu, agar diketahui penyebab pasti. Apalagi ada rasa gatal dan perih. Jangan diabaikan masalah ini, luangkan waktu kunjungi dokter SpOG.

  15. 11
    donna Says:

    Dr. Sukma mohon bantuannya,
    akhir2 ini keputihan sy berwarna coklat, dan keluar ckup bnyak sminggu stlh sy selesai mens. Terkadang jg terasa gatal, dan perih. Usia sy 20 th, dan tdk prnh mlkkn hub sexual. Sy ingin skali berkonsultasi dg dokter scr lgsg, tp sy terlalu takut. Apakah keputihan sy ini berbahaya dok? Apa ada solusi agar keputihan ini bs d minimalisir, slain saran untk mjaga kbrshn vagina, krn sy jg sdg berusaha mjaga kbrshnnya skrg.. Mohon petunjuknya dok, terima ksh.

  16. 10
    Hanni Says:

    salam kenal dok..
    saya baru melahirkan 3 bulan yg lalu melalui operasi caesar, krn darah yg tdk berhenti saya cek ke dr dan hasilnya “polip endoserviks beradang kronik”. seminggu yg lalu saya terapi bunga es
    tp sampai skr masih keluar flek2 coklat dok..
    pertanyaan saya polip endoserviks akibat infeksi apa ya dok, apa krn kondisi saya yg baru melahirkan?
    apa sudah benar terapi yg saya jalani?
    apa saya beresiko terkena kanker serviks dok?
    terimakasih jawabannya dok…

  17. 9
    Dr. Sukma Says:

    halo Anonymous,

    Apa yang anda tulis itu normal alias fisiologis. Keputihan bening dan sedikit dipagi hari, adalah sekresi kelenjar organ reproduksi anda.

  18. 8
    Anonymous Says:

    HI d0k..
    Saya bRumUR 17 Thn..
    Be6ini kLw pd pa6i hARI va6ina saya mENgeLuaRKan cAIRan puTiH Tp cm sdkT..
    Apa iTu TRmsk kpThan??
    ThanKs beF0Re..

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hamidah,

    Seharusnya dokter SpOG yang membaca hasil paps smear anda, lalu menuliskan resep sesuai hasil itu. Sepertinya ada peradangan pada vagina dan serviks, yang harus diobati. Bila ditemukan coccen, seharusnya anda diberi resep antibiotika yang sesuai untuk coccen itu.

  20. 6
    hamidah Says:

    Dok, saya wanita umur 28 thn menikah 2 anak. Saya mengalami keputihan sejak 2 bln lalu. Warna putih spt susu pecah, sering gatal. Hasil pap smear 2 hari lalu “nampak ephitel squamous dengan peubahan radang, sebaran sel radang PMN dan mononuclear serta coccen. Tdk terdapat sel ganas. Dgn saran : mohon terapi”
    itu maksudnya apa ya dok

    Mohon advise tuk case saya.

  21. 5
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mardiana,

    1. Polip pada rahim ada 2, polip endoserviks dan polip endometrium. Polip endoserviks berkaitan dengan adanya infeksi/[peradangan. Sedangkan polip endometrium berkaitan dengan perdarahan abnormal via vagina. Sebenasrnya sih TIDAK berbahaya, namun bila dibiarkan berarut-larut bisa anemia/kekurangan darah dan infeksi yang semakin parah. Sebaiknya segera dituntaskan keluhan ibu anda.
    2. Mengenai keputihan anda yang putih-susu, itu biasanya disebabkan oleh jamur. Jadi sebaiknya anda minum obat anti jamur yang potent. Maka semua keluhan anda akan hilang.

  22. 4
    Dr. Sukma Says:

    Hai Marissa,

    Semua yang anda tulis itu gejala keputihan. Jadi pertanyaan anda saya pindah ke artikel yang sesuai.

    Baca lengkap artikel ini, maka anda akan temukan jawabannya secara gamblang. Have a nice reading..

  23. 3
    mardiyana Says:

    oh ya dok..saya mengalami keputihan udah agak lama..saya juga sering buang air kecil,kadang2 saat buang air kecil perut saya terasa sakit.kira2 kenapa yah dok…????
    dan skalian saya mau tanya tentang polip pada leher rahim…soalnya ibu saya divonis kena polip..apakah itu berbahaya dok?krn saat ini perutnya sering sakit.

  24. 2
    mardiyana Says:

    hallo dok…
    saya wanita umur 23 thn.saya mau tanya dok,saya sering mengalami keputihan yg berwarna putih susu,dan vagina saya sering gatal dan kalau terkena sabun mandi,rasanya pedih.vagina bagian dlm juga sering nyeri,sampai ke dubur seperti ingin buang air besar apalagi kl sudah mendekati haid.dan perut bagian bawah sebelah kiri dan kanan sering sakit seperti di tusuk2 dgn jarum.kenapa yah dok?saya sudah beberapa kali periksa ke dokter spesialis kulit & kelamin tetapi gak sembuh…..

  25. 1
    marissa Says:

    dokter saya mau nanya kok alat kelamin saya mengeluarkan cairan kuning hijau seperti ingus?dan sering keputihan

Pages: « 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe