En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

AppleDalam tubuh kita ada pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh arteri mengandung banyak oksigen(O2), berupa saluran darah yang berasal dari jantung keluar dan masuk kedalam organ tubuh.

Pembuluh vena adalah saluran darah yang membawa darah kotor, yang penuh dengan CO2 kembali ke jantung dari organ tubuh perifir.

Dinding vena jauh lebih tipis dibandingkan arteri, sehingga gampang mengalami pelebaran yang disebut varicocele atau varices.

Varices pada daerah rektum dan anus inilah yang kita kenal dengan wasir atau ambeien. Bahasa medisnya hemorrhoid.

Selain dilokasi rektum dan anus, varices dapat juga ditemukan pada saluran makanan yang disebut varices esofagus. Lokasi lain,  pada betis bagian atas yang sering kita dengar dan paling populer disebut varices saja.

Untuk mengenali varices  gampangnya kita bayangkan berupa gelembung-gelembung yang penuh darah. Makin banyak isinya, makin tipis dindingnya ibarat balon udara dan makin mudah pecah gelembung darah tersebut.

Dimanapun letaknya varices itu, bahaya selalu mengintai yaitu pecahnya gelembung darah yang mengakibatkan perdarahan hebat, yang seringkali menjadi kondisi gawat dan kritis.

Penyebab varices ? Secara umum adalah akibat tekanan darah yang tinggi. Tergantung lokasi, bila pada esofagus disebabkan penyakit hati yang mengakibatkan tekanan vena porta meningkat, timbul varices esofagus.

Hemorrhoid disebabkan sering buang air besar(BAB) yang keras atau keadaan sembelit (konstipasi), sehingga harus mengejan keras saat BAB. Akibatnya tekanan intra abdomen akan tinggi, maka vena-vena di rektum dan anus melebar.

Varices dibetis paling utama disebabkan berdiri lama dengan berat tubuh berlebih dan faktor keturunan yaitu punya bakat varices dari orang tua.

Untuk pencegahan sebaiknya setiap pulang kerja, luangkan waktu untuk mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Hal ini untuk mengembalikan darah yang terkumpul didalam vena kaki yang melebar kembali ke jantung lebih cepat. Lakukan 15 menit sampai setengah jam setiap hari.

Untuk wasir, usahakan jangan terlalu banyak duduk, makan berserat tinggi, dan minum air yang cukup sehingga feces tidak keras dan bisa rutin BAB setiap hari.

Terakhir, varices esofagus paling susah menangani dan paling berbahaya dengan resiko maut mengancam, apabila sampai pecah. Pencegahan tentu dengan menghindari terkena radang hepatitis dengan vaksinasi dan hidup bersih

Popularity: unranked

Posted Friday, April 18th, 2008 at 5:40 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

142 Responses to “Wasir (ambeien): gelembung darah yang siap pecah sewaktu-waktu”

Pages: [6] 5 4 3 2 1 » Show All

  1. 142
    vhita Says:

    Ass.dokter saya mau tanya.saya memang pny wasir luar ada 2 benjolan.kmrn2 saya sudah ksih salep ultraproct memang benjolan kempes/mengecil.tp kdng bab saya ga perih,tp kdng periih sperti terbakar kaya robek abis di jahit rasanya.apa krn saya mkn pedes jd sperti itu dok?kdng bab saya keras jd saya mengejan bgt apa krn itu perihnya?saya cm mau tanya dok perihnya sperti robek itu knp?danhrs mnm obat apa?wslm tx

  2. 141
    Dr. Sukma Says:

    Halo Erni, kemungkinan aanda terkewna stroke ringan. Kunjungi dokter spesialis neurologi..

  3. 140
    erni lenny butarbutar Says:

    Dok sy mau tanya,knapa ya lidah sy sblh kiri sdh 2 bln rasanya getir,mulut sy terasa kering,bgn tbh kiri sy jg rasanya agak nyeri dr atas sampai bw,kira2 itu menunjukkan penyakit apa ya dok,tlg dijw dok

  4. 139
    Alfi Says:

    dok,saya alfi 23 taun mau tanya. Anus saya gampang sobek, tapi tdk sampe keluar darah cuma nyeri saja. Saya sndri tdk tau pnyebabnya. Stelah sy pikir mgkin penyebabnya mkan sambal. Kmudian sy disarankan tman memakai salep hydrocortison, smbuh dok emg.tp stlah 1bln kambuh. Apa bnar sambl brpengaruh trhadap sobekan tsb?? Ada tdk cr lain supaya smbuh total g kmbuh lg dok selain operasi? Makasi solusinya dok

  5. 138
    Anonymous Says:

    doc, saya ada benjolan daging di anus tp kecil.. Kalo Bab suka perih..and bab saya sdkt berdarah. Itu wasir ya doc?

  6. 137
    Budi Says:

    Bu dokter,
    Saya sudah beberapahari ini muncul tonjolan disekitar anus, tp habis bab masuk kedalem, kalo disentuh perih, saya sudah minum lanaven kapsul dan mengoleskan Ultraproc-N salep, apakah dengan cara ini bisa menghilangkan benjolan tsb, soalnya beberapa minggu ini saya selalu duduk sampai belasan jam, mohon jawabannya ya bu
    terima kasih

  7. 136
    dhira Says:

    Benjolan yg masih kecil dan tidak berdarah apakah bisa sembuh tanpa diobati dok ? terimakasih sebelumnya

  8. 135
    iki Says:

    mau tanya dok, saya setiap sesudah BAB, suka ada rasa sakit di dubur seperti ada yang membengkak,rasa sakitnya pun berjam jam sehinga jalan pun agak sakit pokonya klo ada kontraksi psti sakit ,tapi rasa sakit itu lama kelamaan mereda ..? itu kira2 penyakit apa dok, trus obatnya apa ya??kalo haemosol beli dimana? apa harus dengan resep dokter kalo beli?

  9. 134
    Dr. Sukma Says:

    halo Nadiia, minum haemosol 3×1 caps sesudah makan. Atau anusol. Masukkan kedalam dubur/ anus.

  10. 133
    nadia Says:

    dok..mhon bantuannya…sy hemoroid…berdarah saat bab, ad benjolan, n nyeri…saya bingung mau pakai obat ap, sy malu klo periksa k dokter dok…ap kira2 obat yg tepat y dok?

  11. 132
    dhamy Says:

    dok. . . Saya mau nayak, di pinggir dubur saya ada benjolan wktu saya bab atau waktu jongkok. tpi gk brdarah. Apa itu ambien dok

  12. 131
    nesy Says:

    selamat malam dokter, ibu saya sudah 1 minggu an tidak bisa BAB, kotorannya sangat keras sampai perutnya seperti orang hamil, awalnya kena disentri lalu diberi obat oleh dokter, tapi kok malah jadi gag bisa BAB ya dok, gimana solusinya ini dok?
    sudah minum vegeta herbal, dulcolax, bahkan juga sudah beli microlax tapi yang microlax belum diminum karena untuk penderita wasir tidak boleh.

  13. 130
    Bagus Says:

    Bu Dokter Yth.
    Sebeumnya saya ingin mengucapkan terima kasih, blog ini sepertinya akan sangat membantu para penderita wasir. 2 minggu yang lalu saya melakukan operasi wasir dengan metode sayat. Tapi 2 hari ini saya sering buang gas yang disertai dengan rasa sakit dan keluarnya cairan tinja. Dan sampai hari inipun saya masih belum bisa beraktivitas secara normal dikarenakan hal tersebut dan sedikit nyeri. Yang ingin saya tanyakan kenapa saya mudah sekali buang gas disertai dengan keluarnya cairan tinja tersebut? Sampai berapa harikah saya benar benar bisa beraktivitas secara normal? Mohon jawabannya Ibu. Dan terima kasih…

  14. 129
    Chacha Says:

    Dok . . Sya mau tnya
    saya tahu,kalau saya terkena ambeien.
    Sampai2 di pnggir dubur saya ada daging yg kluar.
    Awal ny hny 1 kini tmbh daging yg bru.
    Yg saya dgr seh,jln satu2 ny hrs operasi.
    Apkah tidak bsa dgn cra lain,,dgn cra pmbrian oral atau non oral gtu dok.
    Mhon jwbn ny dok
    trma ksh

  15. 128
    risya Says:

    Mba adel. Saya pernah operasi ambein, dan akhirnya kambuh kembali, jgn di operasi mba, sembuhnya lama,
    Mba coba ke dokter umum yg sudah senior, nanti coba tanya obat ambein yg baru n canggih, namanya ardium, saya sembuh karna minum itu, harganya sih sedikit mahal, tapi obatnya bagus

  16. 127
    adel Says:

    apa ambeien bisa sembuh total? dengan apa? operasi? atau obat saja bisa? terimakasih.
    saat ini saya ambeien kadang muncul. tapi belum ada rasa sakitnya.

  17. 126
    agung Says:

    hallo dokter, mau konsultasi ne dok
    dok knp di bibir anuh bagian kiri saya ada benjolan merah kecil ? apa itu wasir dok ?
    dan apa obatnya ?

    terimah kasih dokter

Pages: [6] 5 4 3 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe