En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

AppleDalam tubuh kita ada pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh arteri mengandung banyak oksigen(O2), berupa saluran darah yang berasal dari jantung keluar dan masuk kedalam organ tubuh.

Pembuluh vena adalah saluran darah yang membawa darah kotor, yang penuh dengan CO2 kembali ke jantung dari organ tubuh perifir.

Dinding vena jauh lebih tipis dibandingkan arteri, sehingga gampang mengalami pelebaran yang disebut varicocele atau varices.

Varices pada daerah rektum dan anus inilah yang kita kenal dengan wasir atau ambeien. Bahasa medisnya hemorrhoid.

Selain dilokasi rektum dan anus, varices dapat juga ditemukan pada saluran makanan yang disebut varices esofagus. Lokasi lain,  pada betis bagian atas yang sering kita dengar dan paling populer disebut varices saja.

Untuk mengenali varices  gampangnya kita bayangkan berupa gelembung-gelembung yang penuh darah. Makin banyak isinya, makin tipis dindingnya ibarat balon udara dan makin mudah pecah gelembung darah tersebut.

Dimanapun letaknya varices itu, bahaya selalu mengintai yaitu pecahnya gelembung darah yang mengakibatkan perdarahan hebat, yang seringkali menjadi kondisi gawat dan kritis.

Penyebab varices ? Secara umum adalah akibat tekanan darah yang tinggi. Tergantung lokasi, bila pada esofagus disebabkan penyakit hati yang mengakibatkan tekanan vena porta meningkat, timbul varices esofagus.

Hemorrhoid disebabkan sering buang air besar(BAB) yang keras atau keadaan sembelit (konstipasi), sehingga harus mengejan keras saat BAB. Akibatnya tekanan intra abdomen akan tinggi, maka vena-vena di rektum dan anus melebar.

Varices dibetis paling utama disebabkan berdiri lama dengan berat tubuh berlebih dan faktor keturunan yaitu punya bakat varices dari orang tua.

Untuk pencegahan sebaiknya setiap pulang kerja, luangkan waktu untuk mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Hal ini untuk mengembalikan darah yang terkumpul didalam vena kaki yang melebar kembali ke jantung lebih cepat. Lakukan 15 menit sampai setengah jam setiap hari.

Untuk wasir, usahakan jangan terlalu banyak duduk, makan berserat tinggi, dan minum air yang cukup sehingga feces tidak keras dan bisa rutin BAB setiap hari.

Terakhir, varices esofagus paling susah menangani dan paling berbahaya dengan resiko maut mengancam, apabila sampai pecah. Pencegahan tentu dengan menghindari terkena radang hepatitis dengan vaksinasi dan hidup bersih

Popularity: unranked

Posted Friday, April 18th, 2008 at 5:40 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

142 Responses to “Wasir (ambeien): gelembung darah yang siap pecah sewaktu-waktu”

Pages: « 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

  1. 75
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous,

    Benar dan boleh. Anda menderita wasir oleh karena itu sebaiknya pakai Anusol suppositoria dimasukkan ke liang dubur dan ambiven diminum, OK. Banyak makan sayuran dan buah atau makanan kaya serat untuk memperbaiki gerakan/peristaltik usus sehingga dapat menghindari sembelit/BAB keras.

  2. 74
    Anonymous Says:

    Dokter, umur saya 57 tahun.. Pertama, saya sakit tahun 1982, mengeluarkan darah dari anus, lalu ke dokter dan diberi obat (lupa obatnya) dan bbrp hari kemudian sembuh. Yang kedua tahun 2006 saya sakit lagi BAB-nya mengeluarkan darah, kemudian ke dokter dan ditusuk anusnya dengan jari, kata dokter ada benjolan kecil dia anusnya. Diberi obat Anusol Supp dan Ambiven kapsul. Tiga hari kemudian alhamdulillah sembuh..
    Saat ini, jika saya BAB agak perih sedikit dan kadang-kadang gatal. Saya sudah banyak mengkonsumsi pepaya, bengkoang, dan wortel, tetapi BAB saya masih sakit, terutama awal ketika BAB susah dan sakit, tetapi kemudian lancar.Dok apa saya menderita haemoroid ,bolehkah memeakai anusol supp dan ambiven.Terima kasih dok atas jawabannya

  3. 73
    Dr. Sukma Says:

    Hai Elle,

    Jangan sembarangan operasi di klinik asal saja. Takutnya dokter operator kurang berpengalaman dan sterilitas tidak terjamin, akan membahayakan keselamatan anda. Operasi wasir termasuk operasi yang sulit dan complicated, karena menyangkut pembuluh darah yang dapat menyebabkan perdarahan lumayan banyak dan agak riskan…

  4. 72
    Dr. Sukma Says:

    Hai Reyhan,

    Obat wasir suppositoria atau yang dimasukkan kedalam dubur sebaiknya setiap hari. Dimasukkan sampai seluruh obat tidak terlihat atau tidak teraba lagi.

  5. 71
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aida,

    Coba diperiksa ke dokter SpKK, spesialis Kulit dan Kelamin. Kemungkinan bisa disebabkan infeksi virus Herpes atau lainnya. Sebaiknya segera dlihat dokter SpKK, sebab bila disebabkan virus herpes akan cukup serius…

  6. 70
    aida Says:

    dok..mengapa setiap setelah saya berhubungan dengan suami saya di kelamin suami saya selalu muncul benjolan kecil yang kalau dipencet berisi air. apa penyebabnya?

  7. 69
    Reyhan Says:

    Dok,
    saya pria berusia 18th, saya sehari yg lalu buang air besar disertai darah segar, kmudian saya pergi ke dokter umum. Dan saya di vonis wasir dalam stadium awal, kmudian saya dberi obat tuk memperlancar bab, dan obat yang dmasukan lewat dubur.. Yg mau saya tayakan obat yg dmasukan lewat dubur apa harus setiap hari? Dan apa obat itu harus masuk sampai dalam tak terlihat lagy ke dalam dubur?
    Mohon bantuanya..

  8. 68
    elle Says:

    Dok, bisa ngga c saya bedah di klinik saya takut biaya di RS yang mahal, kira2 berapa yah bu klo di rumah sakit? jutaan kah??

  9. 67
    Dr. Sukma Says:

    Hai Randy,

    Sebaiknya dilihat dan diperiksa oleh dokter bedah umum. Jangan disepelekan. Agar tidak berlanjut dan menjadi parah…

  10. 66
    randy Says:

    dok,sy randy…
    mw nanya ni..sy punya benjolan kecil tajam disampin anus sy dan itu terasa sakit dan gatal…itu sebenarnya apa ?
    dan cara pengobatannya secara manual apa ya ?

  11. 65
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nancy,

    Kunjungi dokter bedah umum. Agar diperiksa teliti dan dicarikan solusi yang tepat, OK.

  12. 64
    Nancy Says:

    Dok, saya br 18th , di anus saya ada benjolan menggembung kecil yg br saya rasa skitar 6bln yg lalu, saya pertama ga tau itu apa,trus saya cb cri tau di internet dan byk yg blg itu wasir/ambeien .tp stiap kali saya BAB ,tdk keluar darah ato rasa sakit sama skali . Saya bgung dok ,ini wasir ato bkan ya ?dan sbaiknya apa yg hrus saya lakukan ? Mohon dibalas dok, trimakasih sblumnya .

  13. 63
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rani,

    Saya belum pernah dengar anak 23 bulan yang didiagnosis wasir atau hemorrhoid. Menurut pendapat saya. lebih cocok disebut polip. Namun untuk pastinya benjolan itu harus dibuang dan diperiksakan ke dokter SpPA (spesialis patologi anatomik). Dengan tahu diagnosis pasti, maka dapat dituntaskan masalah itu. Sembelit anak anda bisa disebabkan oleh adanya polip tersebut.

    Sebaiknya kunjungi dokter spesialis bedah anak (SpBA), OK…

  14. 62
    Rani Says:

    dok, anak saya 23 bln, seringkali sembelit, pernah waktu BAB ada darahnya, kemarin, waktu BAB keluar daging kecil… sudah dibawa ke dokter SPA, katanya wasir atau ambeien…. diberi obat spy tidak susah saat BAB, dan obat untuk memperkuat pencernaan…..apakah wasir anak saya masih bisa disembuhkan…?…

  15. 61
    Dr. Sukma Says:

    Halo Reza,

    Penyakit anda saya lebih condong ke arah fistula ani. Yaitu sejenis lobang saluran yang melalui anus akibat adanya infeksi cukup berat di bagian dalam. Fistula ini biasanya mengeluarkan nanah. Jarang sekali mengeluarkan darah, namun ada kemungkinan itu.

    Sebaiknya kunjungi dokter bedah umum agar dilakukan incisie dan drainage terhadap kantong nanah dan kalau perlu dilakukan fistulektomi, yaitu operasi membuang lobang saluran nanah tersebut agar sembuh total. Sambil minum antibiotika melawan penyebab infeksi bernanah tsb.

  16. 60
    reza Says:

    dokter yang baik, di bagian luar anus saya ada semacam daging tumbuh yang terus membesar. bentuknya tipis dan melebar, sekarang sudah selebar kuku orang dewasa. daging tumbuh ini terus mengeluarkan nanah, kadang-kadang darah. Yang membuat saya tidak tahan, rasa sakit dan perihnya itu. tidak hanya ketika mau BAB, bahkan duduk atau jalan saja saya kesusahan. saya sudah dua kali ke dokter umum, diberi antibiotik, obat wasir, dan obat berbentuk peluru yang dimasukkan dari anus, tapi belum sembuh juga, bahkan rasa perihnya semakin menjadi-jadi. yang ingin saya tanyakan, apakah ini wasir? sebab setahu saya wasir itu semacam bagian dalam anus yang keluar, dan bisa dimasukkan lagi. sementara penyakit saya ini tumbih di tepi luar anus, sehingga tidak mungkin dimasukkan. kemudian pengobatan apa yang harus saya jalankan? atas jawaban Dokter saya ucapkan terima kasih banyak

  17. 59
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ita,

    Bila benjolan di anus anak anda bertambah besar, sebaiknya dibawa ke dokter bedah anak. Bagaimanapun juga, bila membesar benjolan itu akan menghambart evakuasi feces sehingga terjadi gangguan BAB. Kemungkinan polip, tumor jinak. Jadi sebaiknya diangkat saja/operasi sebagai solusinya.

  18. 58
    ita Says:

    dok…saya punya anak umur 3thn d anusx terdapat benjolan seperti daging tumbuh,pernah saya ke dokter spesialis anak tp katanya ngak apa2 nanti akan hilang sendiri kalau sudah besar soalnya waktu kecil anak saya pernah sakit BAB berdarah sampai sekarang susah kalau BAB.benarkah itu akan hilang dengan sendiri?kl tdk bisa perlukah operasi untuk menghilangkannya?

  19. 57
    rizki Says:

    trimakasih dok :)

  20. 56
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rizki,

    Untuk soal beaya -beaya saya tidak menguasai. Sebaiknya tanya langsung ke RS atau dokter bedah yang akan melakukan operasi, OK..

  21. 55
    rizki Says:

    Dear Dokter Sukma,

    Untuk operasi wasir kira-kira biayanya berapa ya ?, saya masih kuliah soalnya
    trima kasih sebelumnya

  22. 54
    Dr. Sukma Says:

    Hai Maria,

    Gejala anda itu bisa wasir dan bisa juga proctitis alias radang anus dan sekitarnya. Bila kurang percaya pada dokter pertama, sebaiknya pergi ke dokter kedua untuk second opinion.

    Bila radang akan diberikan antibiotika yang diminum dan oleskan pada anus sedangkan bila wasir tergantung derajatnya bisa minum obat atau masukkan obat ke anus(suppositoria) pada wasir derajat 1 dan 2. Bila derajat lanjut, biasanya harus operasi.

  23. 53
    maria Says:

    Hai dokter Sukma,
    Saya mohon bantuannya yah.
    Waktu saya SMP saya pernah beberapa kali BAB berdarah saat BABnya keras.
    Waktu SMU hal tsb terjadi lagi. apalagi saya suka makan makanan pedas.
    Hingga saya kuliah pun hal tsb terjadi lg.

    Sekarang saya sudah bekerja, dan baru saya sadari ada semacam daging tumbuh di lubang anus saya. Biasanya jika BAB susah, akan terasa perih dan sakit.Jika sedang tidak kumat, dia akan kempes dan agak lembek, beda dg kalau kambuh maka akan lebih keras (besarnya kira2 1 ruas kelingking balita)

    Beberapa hari lalu terjadi lagi, dan sakit hingga hari ini (sudah 5hr), krn saat itu BAB saya keras, Setelahynya BAB saya lancar dan biasa, tp tetap sakit. Apalagi saya kerja duduk seharian, dg toilet kantor yg duduk.

    Saya coba periksakan ke dokter bedah umum, katanya lubang anus saya dulu pernah robek karena BAB yg keras terus infeksi dan ada nanah. Tapi saat saya cek sendiri, saya tidak menemukan nanah, dan memang selama ini juga tidak ada nanah apapun. Dokter tersebut menganjurkan bedah, tp katanya tidak akan sembuh dan tetap akan kambuh lg.

    Apa yg harus saya lakukan dokter?
    Terus terang saya tidak percaya dg kata dokter tsb, krn dr gejala yg saya alami tampaknya itu ambeien/wasir.

    Apakah ini betul wasir dokter?

  24. 52
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andre,

    Kemungkinan benjolan putih itu polip, semacam daging tumbuh. Sifatnya jinak tapi lama-kelamaan bisa juga berdarah, bila bergesekan dengan feces yang keras. Observasi saja dulu. Kalau rasanya cepat membesar atau warnanya mulai kemerahan, sebaiknya dibawa ke dokter bedah umum agar diangkat/ polipektomi.

  25. 51
    andre Says:

    dok…d anus saya terdapat benjolan putih…klo BAB kluar tp masuk lg stelah itu,,,
    dok ,,saya ingin tanya apakah ini ambeien(mudah2n ga)…
    saya tidak pernah mersakan sakit,nyeri ataupun pendaraha ktika BAB dok..
    mohon balas dok…saya sangat bgungg…

Pages: « 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe