En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

AppleDalam tubuh kita ada pembuluh darah arteri dan vena. Pembuluh arteri mengandung banyak oksigen(O2), berupa saluran darah yang berasal dari jantung keluar dan masuk kedalam organ tubuh.

Pembuluh vena adalah saluran darah yang membawa darah kotor, yang penuh dengan CO2 kembali ke jantung dari organ tubuh perifir.

Dinding vena jauh lebih tipis dibandingkan arteri, sehingga gampang mengalami pelebaran yang disebut varicocele atau varices.

Varices pada daerah rektum dan anus inilah yang kita kenal dengan wasir atau ambeien. Bahasa medisnya hemorrhoid.

Selain dilokasi rektum dan anus, varices dapat juga ditemukan pada saluran makanan yang disebut varices esofagus. Lokasi lain,  pada betis bagian atas yang sering kita dengar dan paling populer disebut varices saja.

Untuk mengenali varices  gampangnya kita bayangkan berupa gelembung-gelembung yang penuh darah. Makin banyak isinya, makin tipis dindingnya ibarat balon udara dan makin mudah pecah gelembung darah tersebut.

Dimanapun letaknya varices itu, bahaya selalu mengintai yaitu pecahnya gelembung darah yang mengakibatkan perdarahan hebat, yang seringkali menjadi kondisi gawat dan kritis.

Penyebab varices ? Secara umum adalah akibat tekanan darah yang tinggi. Tergantung lokasi, bila pada esofagus disebabkan penyakit hati yang mengakibatkan tekanan vena porta meningkat, timbul varices esofagus.

Hemorrhoid disebabkan sering buang air besar(BAB) yang keras atau keadaan sembelit (konstipasi), sehingga harus mengejan keras saat BAB. Akibatnya tekanan intra abdomen akan tinggi, maka vena-vena di rektum dan anus melebar.

Varices dibetis paling utama disebabkan berdiri lama dengan berat tubuh berlebih dan faktor keturunan yaitu punya bakat varices dari orang tua.

Untuk pencegahan sebaiknya setiap pulang kerja, luangkan waktu untuk mengangkat dan menempelkan kaki ke dinding dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung. Hal ini untuk mengembalikan darah yang terkumpul didalam vena kaki yang melebar kembali ke jantung lebih cepat. Lakukan 15 menit sampai setengah jam setiap hari.

Untuk wasir, usahakan jangan terlalu banyak duduk, makan berserat tinggi, dan minum air yang cukup sehingga feces tidak keras dan bisa rutin BAB setiap hari.

Terakhir, varices esofagus paling susah menangani dan paling berbahaya dengan resiko maut mengancam, apabila sampai pecah. Pencegahan tentu dengan menghindari terkena radang hepatitis dengan vaksinasi dan hidup bersih

Popularity: unranked

Posted Friday, April 18th, 2008 at 5:40 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

142 Responses to “Wasir (ambeien): gelembung darah yang siap pecah sewaktu-waktu”

  1. 1
    Kus Says:

    denny, sepertinya semua penyebab wasir yang cocok buat saya adalah karena kebanyakan duduk. Makasi ya atas informasinya.

  2. 2
    Dr. Sukma Says:

    Kus, ini warisan akibat banyak duduk saat jadi boss, ya? Kenapa bukan warisan duit, hee hee

  3. 3
    Sarah Says:

    Ada informasi mengenai pengobatan hemorroid juga? yang tanpa operasi. Jika teman-teman ada informasi mengenai therapi / obat untuk wasir, mohon informasinya. (kebanyakan duduk juga nih!) terima kasih.

  4. 4
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sarah,

    Obat wasir yang masih ringan bisa minum kapsul ambiven atau haemosol. Sebaiknya kunjungi dokter keluarga, agar dituliskan obatnya dalam resep dokter disertai keterangan pemakaiannya.

  5. 5
    Rina Says:

    Halo dok,

    Sebaiknya kalau menderita wasir, periksa ke dokter bagian apa ya?
    terimakasih.

  6. 6
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rina,

    Ke dokter bedah umum.

  7. 7
    yanti Says:

    Dok…ada dokter bedah perempuan yg khusus menangani wasir ?sebab malu kalo ke dokter laki2.. :)
    dan praktek di rumah sakit mana ya ?

    thx a lot

  8. 8
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yanti,

    Bila anda berdomisili di Jakarta, banyak dokter bedah wanita mulai bedah umum sampai bedah plastik. Terutama di RSCM, Gatot Subroto, Pertamina, dll.

    Khusus hemorrhoid, saya belum pernah dengar. Akan tetapi dokter bedah umum juga biasa menangani dan melakukan hemorrhoidektomi.

  9. 9
    Nn Says:

    Hai dok…

    Saya mau bertanya saya punya keluhan di sekitar anus saya.
    Seperti ada benjolan keluar.

    Tapi menurut informasi yang saya baca, orang yang menderita wasir selalu kesakitan dan keluar darah jika BAB.
    Tapi saya tidak merasakan itu.
    Jadi saya mau bertanya apakah itu wasir atau bukan ya?
    Ditunggu jawabannya ya, dok.
    Saya sangat ketakutan sekarang.

  10. 10
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nn,

    Ada 2 kemungkinan benjolan di anus anda : polip atau wasir yang masih baru.Karena itu anda belum merasakan keluar darah via anus.

    Sebaiknya kunjungi dokter bedah umum, agar diperiksa teliti dan diberikan solusi yang tepat, OK.

  11. 11
    Juned Says:

    Bu saya sudah cari tahu kemana2 untuk dokter bedah yang perempuan di jakarta, tapi sampai skarang belum menemukan, klo mungkin rekan2 ibu dokter bedah yang perempuan dan praktek di jakarta, di rumah sakit mana saja?..
    Saya mau memperiksakan istri saya, yang saat ini muncul benjolan di leher bagian depan agak kanan. Kalo saya baca2 artikel kedokteran, ada yang namanya post partum tiroiditis, saya khawatir kalo istri saya terkena ini, soalnya memang benjolan ini baru beberapa hari ini muncul, setelah kurang lebih 3 minggu yang lalu melahirkan anak kami yang pertama. Sebelumnya tidak ada benjolan apa pun, benjolan itu sebesar jempol tangan orang dewasa dan agak keras klo di raba. Kalo sedang menelan makanan, benjolan itu bergerak naik-turun seperti jakunnya laki2 dewasa. Kira2 benjolan tersebut apa bu ya?…makasih…

  12. 12
    roriq Says:

    oh ya dok q tanya , saya habis operasi polip anus ternyata kadang2 kalu saya berak keluar benjolan dan setelah berak anus terasa agak panas tp stelah bbrapa lama sembuh lagi, yang saya tanyakan pa ndk pa pa dok, trus makanan yang dilarang pa ja dok? bls

  13. 13
    Dr. Sukma Says:

    Halo Roriq,

    Keluhan anda itu termasuk ambeien alias wasir atau hemorrhoid bahasa medisnya. Jadi baca tuntas artikel ini.

    Sebenarnya TIDAK ADA pantang makanan. Yang dipantang justru DUDUK TERLALU LAMA, dan hal-hal lain yang menyebabkan pelebaran dinding pembuluh darah vena disekitar anus.

  14. 14
    Dr. Sukma Says:

    Halo Juned,

    Anda benar. Kemungkinan besar dugaan anda itu benar. Untuk kasus ini, kunjungi DOKTER PENYAKIT DALAM dan bukan dokter bedah. Karena benjolan dalam kelenjar tiroid ini akan mengecil setelah diberikan antibiotika yang tepat.

  15. 15
    Sevi Says:

    Dok..satu bulan lalu saya melakukan tindakan ligasi untuk wasir dalam..tapi kenapa yah setelah itu saya malah sulit BAB..sehingga sering menggunakan obat pencahar….saat saya balik ke dr bedah..Beliau bilang kurang makan sayur2an tapi pola makan saya sejak dulu tidak ada perubahan…info lain adalah saya karyawan maka selalu posisi duduk sepanjang hari.
    Kenapa setelah ligasi malah saya susah BAB? padahal justru kan maunya sembuh dari wasir…

  16. 16
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sevi,

    Tindakan ligasi berarti ada yang diikat yaitu pembuluh darah sekitar anus kemungkinan disertai jaringan ikat disekitar pembuluh darah yang diligasi. Akibatnya akan terjadi penyempitan lumen anus yang berakibat anda agak kesulitan BAB. Let it be…. biasanya setelah 6 bulan anda akan kembali BAB biasa, tanpa kesulitan.

    In the mean time, makanlah makanan berserat tinggi dan kalau bisa, selingi duduk anda yang lama itu dengan berdiri dan bergerak 2-3 menit setiap 2 jam.

  17. 17
    mira Says:

    Saya usia 32 th, sdh 5 thn menderita kelenjar tiroid, yg ingin saya tanya kan dok. Dengan cara bagaimana yg tepat agar saya bisa sembuh dari sakit saya ini, karna saya sdh berobat selama 5 thn ini baik secara medis dan alternatif, tapi yang saya belum coba pengobatan secara nuklir, tolong di jelaskan dok, pengobatan secara nuklir brefek samping apa, dan membahayakan atau tidak, karna kalo saya minum obat resep dokter yang berdosis tinggi jantung saya jadi berdebar sangat kuat,makasi sebelumnya atas perhatian dokter.

  18. 18
    Hart koes Says:

    dok, dulu saya kalu BAB tidak tiap hari, dan tidak lancar, pada suatu hari saya BAB rasanya sakit sekali, berdarah, dan seperti ada yang robek, perih, sampai saya agak takut kalo BAB tapi karena perut sudah sakit dan BAB keras, rasa sakit pun selalu muncul, berdarah lagi dan seperti ada yang sobek dianus saya, lama kelamaan BAB saya tidak sakit tapi kok ada benjolan (orang jawa bilang maaf “bol” nya keluar) yang keluar dan harus dimasukan dengan jari. apakah ini wasir ya, dok, mohon jawabannya

  19. 19
    Dr. Sukma Says:

    Halo Hart koes,
    Mungkin yang dimaksud dengan ‘bol’ bahasa Jawa adalah bulbus rektum,yaitu kantong diatas anus yang menampung feces. Akibat sering BAB keras dan sering mengejan terlalu kuat agar feces bisa keluar. Bol yang keluar itu BUKAN hemorrhoid atau wasir.

    Perdarahan dan rasa perih di anus disebabkan oleh luka lecet atau luka gores atau robekan kecil dinding anus, pada saat dilalui oleh feces yang mgeras.

    So, perbanyaklah makan buah-buahan terutama pepaya dan sayuran serta minum banyak air putih agar bisa BAB setiap hari dan feces tidak keras.

  20. 20
    Denny Says:

    Dear Dokter,
    Saya memang menderita keluar darah di anus ketika BAB sejak beberapa tahun yang lalu, tapi itu terjadi jika dan hanya jika ‘saya tidak mengkonsumsi serat yang cukup’. Jadi proses BAB tidak selalu menyakitkan/berdarah, dan kadang-kadang hanya terjadi dua-empat kali sebulan.

    Sejak seminggu terakhir saya memang bekerja dengan posisi duduk terus menerus di lantai lebih dari 6 jam sehari. Nah, tiga hari terakhir ini, tiba-tiba saya merasakan ada benjolan di anus saya, tapi tidak ada darah apapun yang keluar dari anus. BAB pun sebenarnya lancar. setelah dilihat oleh istri saya, kok benjolan (sebesar biji kacang merah) munculnya justru tidak tepat di dalam lubang anus, melainkan menonjol di kulit di sebelah lubang anus.

    Yang saya rasakan saat ini betul-betul tidak nyaman luar biasa, karena selama ini belum pernah saya rasakan yang demikian. Berdiri, duduk, tidur, atau posisi apapun tidak ada yang nyaman.

    Mohon infonya dok, apakah ini termasuk kategori varises di anus? Bisakah diobati tanpa operasi mengingat kejadian ini baru muncul 3 hari yang lalu? Adakah terapi yang bisa saya lakukan sendiri di rumah untuk meringankan sakit ini? Untuk berobat tanpa operasi sebaiknya saya mengunjungi dokter apa?

    Terima kasih atas konsultasinya dok.
    Salam

  21. 21
    Dr. Sukma Says:

    Hai Denny,

    Benjolan sebesara kacang merah di anus anda itu adalah ambeien/wasir atau varices yang mengenai pembuluh darah sekitar anus. Bahasa medisnya disebut Hemorrhoid Externa. Kurangi duduk berlama-lama.

    Bila tidak mau dioperasi,coba minum anusol capsul. Obat ini harus dengan resep dokter.

  22. 22
    dika Says:

    dear dok,,
    saya 21 tahun.. sudah 3 bulan ini setiap 3 jam setelah BAB mulut anus sebelah kanan saya perih sekali,, kata dokter itu bukan wasir, mungkin lecet atau bagaimana,,,
    biasanya perih hilang setelah 5-6jam kemudian,, dan terus berulang setiap saya BAB,, memang feses saya selalu keras.. bagaimana ya dok saya sudah hopeless dan pasrah,, selalu sakit sekali,,

  23. 23
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dika,

    Memang benar. Keluhan anda BUKAN disebabkan dari wasir, akan tetapi LUKA LECET pada dinding anus, akibat kerasnya feces anda.

    Atasi dengan usaha agar feces/kotoran anda tidak keras, antara lain : banyak minum air putih, makanan berserat tinggi (sayuran dan buah). Coba vegeta atau minum dulcolax.

    Jadi HINDARI sembelit, usahakan bisa BAB SETIAP HARI.

  24. 24
    Adi Says:

    DOK ,, SY MAU TANYA SINGKAT..

    APA OBAT TRADISIONAL UNTUK PENDERITA KELUAR DARAH DIANUS DAN SEDIKIT BENGKAK DIANUS SAAT BAB,,?

  25. 25
    Dr. Sukma Says:

    Halo Adi,

    Sebaiknya minum obat kapsul Haemasol ATAU masukkan kedalam anus obat Anusol.

    Saya tidak tahu obat tradisional untuk keluhan itu/wasir.

  26. 26
    chintya Says:

    dokter tolong donk..
    dalam bbrp hari ini saya mengkonsumsi dulcolax utk memperlancar bab saya. selama mengkonsumsi dulcolax trsbt, ada muncul benjolan kecil dianus bagian luar. dan agak membesar br2 ini. terasa sakit memang. tp pd wkt saya bab tdk ada mengeluarkan darah. obat apa yg bs saya minum? apakah ada obat tambhan lain selain obat trsbt? apakah obat trsbt bs dibeli diapotik tanpa resep dokter? brp lama kira2 benjolan tersbt hilang slm minum obat trsbt (minimal mengurangi rasa sakit?
    terima kasih atas bantuannya dok…

  27. 27
    Dr. Sukma Says:

    Halo Chintya,

    Tidak berbahaya. Tidak perlu minum obat tambahan.

  28. 28
    Naya Says:

    Dok saya mau tanya beberapa hari ini saya BAB mengeluarkan darah..dan fases nya tidak keras dan Anus saya tidak terasa perih ataupun sakit..apakah itu wasir?

  29. 29
    Dr. Sukma Says:

    Hai Naya,

    Jawabnya bisa tidak dan bisa iya.

    Tergantung apakah warna darah segar atau kehitaman. Dan apakah ada benjolan yang teraba disekitar anus ?

  30. 30
    eva Says:

    Dok,
    Mohon bantuan infonya ya.
    Pekerjaan saya memang duduk dibelakang meja dan saya lebih sering menggunakan toilet duduk untuk BAB dan sering mengejan. Selama ini frekwensi BAB saya bukan 1x sehari tapi bisa 1x dalam 3 hari dan memang feses saya lebih sering keras daripada lunak. 2 hari belakangan saya merasa ada benjolan kecil yang ada di anus dan pada waktu saya lihat memang ada benjolan sebesar kacang merah tapi kulitnya terlihat tipis. Pada waktu saya tekan, tidak dapat masuk kembali kedalam anus. Memang sakit, tapi tidak terlalu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Saya menyimpulkan bahwa ini adalah wasir/ambeien. Kemudian saya coba cari Anusol tapi tidak ada dan yang ada adalah saleb Ultraproct N. Pertanyaan saya:
    1. Wasir yang saya alami ini tingkatan ke berapa ya?
    2. Apakah Ultraproct N adalah option yang baik selain Anusol?
    3. Apakah selain menggunakan Ultraproct N, saya juga boleh mengkonsumsi obat minum untuk wasir? apa rekomendasi obat minum yang baik?
    4. Saya seorang Vegetarian sekitar 1thn, dan sekitar 1 bulan ini saya sering mengkonsumsi pepaya paling tidak 2 jam setelah makan siang setiap harinya. Kenapa masih terkena wasir ya?

    Terimakasih atas waktu yang diberikan bu dokter menjawab pertanyaan saya ini.

    Tuhan memberkati.

  31. 31
    Edwin Says:

    Dear dok..
    saya 30 tahun..dulu sktr 4 thn lalu anus saya pernah lecet dan bagia tepi anus saya keluar.rasa nya perih dan setiap BAB mengeluarkan darah..hingga saat ini sering nyeri /kambuh dan berdarah jika bab agak keras.kadang di ujung depan ,kadang belakang.malah kadang di dinding samping anus ..sehingga bibir anus saya sekarng seperti ada daging berlebih tpi ga sakit.. dulu satu titik sekarng hmpir ada di sekelilingnya..gmn donk dok..cara penanganan nya..
    trm kasih…

  32. 32
    Dr. Sukma Says:

    Hai Edwin,

    Bila sekeliling anus telah terdapat daging berlebih, sebaiknya anda kunjungi dokter bedah umum. Bila dibiarkan akan semakin parah dan akhirnya merepotkan. Operasi akan semakin lama dan complicated.

    Cara konservatif atau non-bedah sepertinya tidak akan banyak menolong. Perbaikan hanya bersifat sementara dan tidak menyelesaikan ke akar permasalahan.

    Mumpung masih muda dan penyakit belum parah, sebaiknya segera tuntaskan masalah wasir anda ini. Jangan takut operasi, karena obat2an antibiotika potent sudah banyak dan teknik operasi semakin baik. Plus anda tidak akan merasakan sakit sedikitpun, akibat bius umum.

  33. 33
    eva Says:

    Dok,
    Mohon bantuan infonya ya.
    Pekerjaan saya memang duduk dibelakang meja dan saya lebih sering menggunakan toilet duduk untuk BAB dan sering mengejan. Selama ini frekwensi BAB saya bukan 1x sehari tapi bisa 1x dalam 3 hari dan memang feses saya lebih sering keras daripada lunak. 2 hari belakangan saya merasa ada benjolan kecil yang ada di anus dan pada waktu saya lihat memang ada benjolan sebesar kacang merah tapi kulitnya terlihat tipis. Pada waktu saya tekan, tidak dapat masuk kembali kedalam anus. Memang sakit, tapi tidak terlalu dan menyebabkan rasa tidak nyaman. Saya menyimpulkan bahwa ini adalah wasir/ambeien. Kemudian saya coba cari Anusol tapi tidak ada dan yang ada adalah saleb Ultraproct N. Pertanyaan saya:
    1. Wasir yang saya alami ini tingkatan ke berapa ya?
    2. Apakah Ultraproct N adalah option yang baik selain Anusol?
    3. Apakah selain menggunakan Ultraproct N, saya juga boleh mengkonsumsi obat minum untuk wasir? apa rekomendasi obat minum yang baik?
    4. Saya seorang Vegetarian sekitar 1thn, dan sekitar 1 bulan ini saya sering mengkonsumsi pepaya paling tidak 2 jam setelah makan siang setiap harinya. Kenapa masih terkena wasir ya?

    Terimakasih atas waktu yang diberikan bu dokter menjawab pertanyaan saya ini.

    Tuhan memberkati.

  34. 34
    ali Says:

    dok sudah 2 hri saya bab mngeluarkan darah,,wrna darahnya merah segar apakah berbahaya dook??

  35. 35
    Dr. Sukma Says:

    Halo Eva,

    Langsung saya jawab pertanyaan anda :
    1. Tingkat 2
    2. Ya
    3. Boleh. Coba minum ‘haemosol’ capsul
    4. Ada faktor lain, yaitu dinding pembuluh darah vena pada tubuh anda kemungkinan agak tipis. Sehingga bila mengejan, gampang terjadi pelebaran dinding kapiler darah disekitar anus..

  36. 36
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ali,

    Sebaiknya segera periksa ke dokter penyakit dalam. Bila dibiarkan, semakin banyak darah yang keluar akibatnya ANEMIA.

    BAB berdarah itu agar dicari penyebab pastinya. Kemungkinan besar wasir. Tapi bisa juga sebab lain.

  37. 37
    tya Says:

    dok,,wkt kecil sya susah sx BAB,,dan tidak sk makan sayur,mlh bs jd BAB sminggu sx,
    kmudian stelah bbrp lm kmudian di anus saya tiap BAB ada benjolan di lubang anus kanan sya.qr2 sbesar ujung jempol.
    tp anehnya tidak pernah berdarah,hnya skt jika kbykn duduk.
    benjolan itu sll kluar saat BAB dan dimasukan pk tgn.
    apkh itu ambien/maaf “bol” yg kluar?
    anehnya tidak prnh berdarah,
    apa pngobatan yg hrs sya lakukan?
    krn sya msh kuliah,dan tkt benjolan tsb smkn besar dok.

  38. 38
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tya,

    Pendapat saya itu betul wasir atau ambeien, grade1-2. Karena masih belum terjadi perdarahan yang mengganggu.

    Coba minum haemosol, baca aturan pakai. Atau obat anusol yang dimasukkan kedalam anus(suppositoria).

  39. 39
    tya Says:

    apakah masih bsa dikempiskan dok benjolan tsb?
    qra2 sebaiknya sya berobat ke dokter bag apa di RS mana?
    sya berdomisili di depok.
    terima kasih byk ya dok sblmnya…

  40. 40
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tya,

    Kunjungi dokter bedah umum di RSCM. Agar diperiksa teliti dan kalau perlu dilakukan operasi pada wasir anda.
    Jangan tunda2, makin cepat makin baik.

  41. 41
    sihmare Says:

    dok saya mau tanya kalau mengkonsumsi diapet tiap hari dan kl seminggu sekali menkonsumsi dulcolax dan vegeta herbal bahaya gx dok

  42. 42
    m.hartono Says:

    oh saya malu dok misalnya saya berobat ke dokter dan di periksa doker ha..ha..saya harus bilang bagaimana?Begini penyakit saya di bibir anus ada benjolan dan tidak sakit,tetapi saya takut kalau nanti bagaimana bagaimana
    bagaimana cara mengobatinya?

  43. 43
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sihmare,

    Diapet tidak baik dikonsumsi setiap hari. Buat apa? Apakah anda diare terus-terusan setiap hari ?

    Sengkan dulcolax yang periodik dan vegeta herbal, boleh2 saja. Asalkan jangan setiap hari, OK.

  44. 44
    Dr. Sukma Says:

    Halo M. Hartono,

    Coba minum kapsul haemosol. Atau bisa juga anusol yang dimasukkan kedalam anus (suppositoria).

  45. 45
    sihmare Says:

    dok,saya mau tanya bagaimana biar bab saya lancar.

  46. 46
    Dr. Sukma Says:

    Halo Sihmare lagi,

    Biar BAB lancar, makan yang banyak serat seperti : beras merah, sayuran kangkung, dll yang agak kasar texturnya dan dimakan bersama batangnya.

    Hindari makanan halus seperti : bubur, makanan kaleng, buah dan sayuran yang di-juice. Gerakan usus akan sangat lemah dengan makanan halus spt itu. Akibatnya terjadi sembelit.

    Tujuan makanan berserat tinggi agar pencernaan anda bekerja keras untuk mencerna makanan sehingga PERISTALTIK atau gerakan usus dibiasakan menjadi aktif dan kuat sehingga mampu mendorong BAB untuk dapat dikeluarkan secara teratur dan lancar setiap pagi..

  47. 47
    Evi Says:

    Dok,saya post partus ..
    bab tdk lancar,agak keras n stlah bab kluar drah sgar.
    Dksh anusol oleh dokter tp jk duduk dkloset agak lama,drah menetes lg.yg saya tnyakan:
    1.Minum anusol tiap boleh kah dok?
    2.ap mempengaruhi bayg,mengingat sy msh menyusui-?

  48. 48
    Dr. Sukma Says:

    Halo Evi,

    Anusol yang dimasukkan kedalam lubang anus dalam bentuk suppositoria itu sudah tepat pada anda yang sedang menyusui.

    Haemosol itu biasanya diminum. Jadi lebih baik obat per rektal (anusol) dibandingkan haemosol yang diminum pada kondisi anda saat ini. Agar dampaknya ke bayi minimal..

  49. 49
    Evi Says:

    Dok,maaf mau tanya lg..
    Apa boleh penggunaan tiap hari?
    Dan batas waktu maksimalnya berapa hari.?
    Terimakasih atas waktu yg dberikan untuk menjawab pertanyaan saya sebelumnya dokter..

  50. 50
    Dr. Sukma Says:

    Hai Evi,

    Sampai saat hemorrhoid anda dioperasi, itulah cara terbaik bagi kondisi anda yang sedang menyusui… Go ahead, insert suppositoria each day …

  51. 51
    andre Says:

    dok…d anus saya terdapat benjolan putih…klo BAB kluar tp masuk lg stelah itu,,,
    dok ,,saya ingin tanya apakah ini ambeien(mudah2n ga)…
    saya tidak pernah mersakan sakit,nyeri ataupun pendaraha ktika BAB dok..
    mohon balas dok…saya sangat bgungg…

  52. 52
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andre,

    Kemungkinan benjolan putih itu polip, semacam daging tumbuh. Sifatnya jinak tapi lama-kelamaan bisa juga berdarah, bila bergesekan dengan feces yang keras. Observasi saja dulu. Kalau rasanya cepat membesar atau warnanya mulai kemerahan, sebaiknya dibawa ke dokter bedah umum agar diangkat/ polipektomi.

  53. 53
    maria Says:

    Hai dokter Sukma,
    Saya mohon bantuannya yah.
    Waktu saya SMP saya pernah beberapa kali BAB berdarah saat BABnya keras.
    Waktu SMU hal tsb terjadi lagi. apalagi saya suka makan makanan pedas.
    Hingga saya kuliah pun hal tsb terjadi lg.

    Sekarang saya sudah bekerja, dan baru saya sadari ada semacam daging tumbuh di lubang anus saya. Biasanya jika BAB susah, akan terasa perih dan sakit.Jika sedang tidak kumat, dia akan kempes dan agak lembek, beda dg kalau kambuh maka akan lebih keras (besarnya kira2 1 ruas kelingking balita)

    Beberapa hari lalu terjadi lagi, dan sakit hingga hari ini (sudah 5hr), krn saat itu BAB saya keras, Setelahynya BAB saya lancar dan biasa, tp tetap sakit. Apalagi saya kerja duduk seharian, dg toilet kantor yg duduk.

    Saya coba periksakan ke dokter bedah umum, katanya lubang anus saya dulu pernah robek karena BAB yg keras terus infeksi dan ada nanah. Tapi saat saya cek sendiri, saya tidak menemukan nanah, dan memang selama ini juga tidak ada nanah apapun. Dokter tersebut menganjurkan bedah, tp katanya tidak akan sembuh dan tetap akan kambuh lg.

    Apa yg harus saya lakukan dokter?
    Terus terang saya tidak percaya dg kata dokter tsb, krn dr gejala yg saya alami tampaknya itu ambeien/wasir.

    Apakah ini betul wasir dokter?

  54. 54
    Dr. Sukma Says:

    Hai Maria,

    Gejala anda itu bisa wasir dan bisa juga proctitis alias radang anus dan sekitarnya. Bila kurang percaya pada dokter pertama, sebaiknya pergi ke dokter kedua untuk second opinion.

    Bila radang akan diberikan antibiotika yang diminum dan oleskan pada anus sedangkan bila wasir tergantung derajatnya bisa minum obat atau masukkan obat ke anus(suppositoria) pada wasir derajat 1 dan 2. Bila derajat lanjut, biasanya harus operasi.

  55. 55
    rizki Says:

    Dear Dokter Sukma,

    Untuk operasi wasir kira-kira biayanya berapa ya ?, saya masih kuliah soalnya
    trima kasih sebelumnya

  56. 56
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rizki,

    Untuk soal beaya -beaya saya tidak menguasai. Sebaiknya tanya langsung ke RS atau dokter bedah yang akan melakukan operasi, OK..

  57. 57
    rizki Says:

    trimakasih dok :)

  58. 58
    ita Says:

    dok…saya punya anak umur 3thn d anusx terdapat benjolan seperti daging tumbuh,pernah saya ke dokter spesialis anak tp katanya ngak apa2 nanti akan hilang sendiri kalau sudah besar soalnya waktu kecil anak saya pernah sakit BAB berdarah sampai sekarang susah kalau BAB.benarkah itu akan hilang dengan sendiri?kl tdk bisa perlukah operasi untuk menghilangkannya?

  59. 59
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ita,

    Bila benjolan di anus anak anda bertambah besar, sebaiknya dibawa ke dokter bedah anak. Bagaimanapun juga, bila membesar benjolan itu akan menghambart evakuasi feces sehingga terjadi gangguan BAB. Kemungkinan polip, tumor jinak. Jadi sebaiknya diangkat saja/operasi sebagai solusinya.

  60. 60
    reza Says:

    dokter yang baik, di bagian luar anus saya ada semacam daging tumbuh yang terus membesar. bentuknya tipis dan melebar, sekarang sudah selebar kuku orang dewasa. daging tumbuh ini terus mengeluarkan nanah, kadang-kadang darah. Yang membuat saya tidak tahan, rasa sakit dan perihnya itu. tidak hanya ketika mau BAB, bahkan duduk atau jalan saja saya kesusahan. saya sudah dua kali ke dokter umum, diberi antibiotik, obat wasir, dan obat berbentuk peluru yang dimasukkan dari anus, tapi belum sembuh juga, bahkan rasa perihnya semakin menjadi-jadi. yang ingin saya tanyakan, apakah ini wasir? sebab setahu saya wasir itu semacam bagian dalam anus yang keluar, dan bisa dimasukkan lagi. sementara penyakit saya ini tumbih di tepi luar anus, sehingga tidak mungkin dimasukkan. kemudian pengobatan apa yang harus saya jalankan? atas jawaban Dokter saya ucapkan terima kasih banyak

  61. 61
    Dr. Sukma Says:

    Halo Reza,

    Penyakit anda saya lebih condong ke arah fistula ani. Yaitu sejenis lobang saluran yang melalui anus akibat adanya infeksi cukup berat di bagian dalam. Fistula ini biasanya mengeluarkan nanah. Jarang sekali mengeluarkan darah, namun ada kemungkinan itu.

    Sebaiknya kunjungi dokter bedah umum agar dilakukan incisie dan drainage terhadap kantong nanah dan kalau perlu dilakukan fistulektomi, yaitu operasi membuang lobang saluran nanah tersebut agar sembuh total. Sambil minum antibiotika melawan penyebab infeksi bernanah tsb.

  62. 62
    Rani Says:

    dok, anak saya 23 bln, seringkali sembelit, pernah waktu BAB ada darahnya, kemarin, waktu BAB keluar daging kecil… sudah dibawa ke dokter SPA, katanya wasir atau ambeien…. diberi obat spy tidak susah saat BAB, dan obat untuk memperkuat pencernaan…..apakah wasir anak saya masih bisa disembuhkan…?…

  63. 63
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rani,

    Saya belum pernah dengar anak 23 bulan yang didiagnosis wasir atau hemorrhoid. Menurut pendapat saya. lebih cocok disebut polip. Namun untuk pastinya benjolan itu harus dibuang dan diperiksakan ke dokter SpPA (spesialis patologi anatomik). Dengan tahu diagnosis pasti, maka dapat dituntaskan masalah itu. Sembelit anak anda bisa disebabkan oleh adanya polip tersebut.

    Sebaiknya kunjungi dokter spesialis bedah anak (SpBA), OK…

  64. 64
    Nancy Says:

    Dok, saya br 18th , di anus saya ada benjolan menggembung kecil yg br saya rasa skitar 6bln yg lalu, saya pertama ga tau itu apa,trus saya cb cri tau di internet dan byk yg blg itu wasir/ambeien .tp stiap kali saya BAB ,tdk keluar darah ato rasa sakit sama skali . Saya bgung dok ,ini wasir ato bkan ya ?dan sbaiknya apa yg hrus saya lakukan ? Mohon dibalas dok, trimakasih sblumnya .

  65. 65
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nancy,

    Kunjungi dokter bedah umum. Agar diperiksa teliti dan dicarikan solusi yang tepat, OK.

  66. 66
    randy Says:

    dok,sy randy…
    mw nanya ni..sy punya benjolan kecil tajam disampin anus sy dan itu terasa sakit dan gatal…itu sebenarnya apa ?
    dan cara pengobatannya secara manual apa ya ?

  67. 67
    Dr. Sukma Says:

    Hai Randy,

    Sebaiknya dilihat dan diperiksa oleh dokter bedah umum. Jangan disepelekan. Agar tidak berlanjut dan menjadi parah…

  68. 68
    elle Says:

    Dok, bisa ngga c saya bedah di klinik saya takut biaya di RS yang mahal, kira2 berapa yah bu klo di rumah sakit? jutaan kah??

  69. 69
    Reyhan Says:

    Dok,
    saya pria berusia 18th, saya sehari yg lalu buang air besar disertai darah segar, kmudian saya pergi ke dokter umum. Dan saya di vonis wasir dalam stadium awal, kmudian saya dberi obat tuk memperlancar bab, dan obat yang dmasukan lewat dubur.. Yg mau saya tayakan obat yg dmasukan lewat dubur apa harus setiap hari? Dan apa obat itu harus masuk sampai dalam tak terlihat lagy ke dalam dubur?
    Mohon bantuanya..

  70. 70
    aida Says:

    dok..mengapa setiap setelah saya berhubungan dengan suami saya di kelamin suami saya selalu muncul benjolan kecil yang kalau dipencet berisi air. apa penyebabnya?

  71. 71
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aida,

    Coba diperiksa ke dokter SpKK, spesialis Kulit dan Kelamin. Kemungkinan bisa disebabkan infeksi virus Herpes atau lainnya. Sebaiknya segera dlihat dokter SpKK, sebab bila disebabkan virus herpes akan cukup serius…

  72. 72
    Dr. Sukma Says:

    Hai Reyhan,

    Obat wasir suppositoria atau yang dimasukkan kedalam dubur sebaiknya setiap hari. Dimasukkan sampai seluruh obat tidak terlihat atau tidak teraba lagi.

  73. 73
    Dr. Sukma Says:

    Hai Elle,

    Jangan sembarangan operasi di klinik asal saja. Takutnya dokter operator kurang berpengalaman dan sterilitas tidak terjamin, akan membahayakan keselamatan anda. Operasi wasir termasuk operasi yang sulit dan complicated, karena menyangkut pembuluh darah yang dapat menyebabkan perdarahan lumayan banyak dan agak riskan…

  74. 74
    Anonymous Says:

    Dokter, umur saya 57 tahun.. Pertama, saya sakit tahun 1982, mengeluarkan darah dari anus, lalu ke dokter dan diberi obat (lupa obatnya) dan bbrp hari kemudian sembuh. Yang kedua tahun 2006 saya sakit lagi BAB-nya mengeluarkan darah, kemudian ke dokter dan ditusuk anusnya dengan jari, kata dokter ada benjolan kecil dia anusnya. Diberi obat Anusol Supp dan Ambiven kapsul. Tiga hari kemudian alhamdulillah sembuh..
    Saat ini, jika saya BAB agak perih sedikit dan kadang-kadang gatal. Saya sudah banyak mengkonsumsi pepaya, bengkoang, dan wortel, tetapi BAB saya masih sakit, terutama awal ketika BAB susah dan sakit, tetapi kemudian lancar.Dok apa saya menderita haemoroid ,bolehkah memeakai anusol supp dan ambiven.Terima kasih dok atas jawabannya

  75. 75
    Dr. Sukma Says:

    Hai Anonymous,

    Benar dan boleh. Anda menderita wasir oleh karena itu sebaiknya pakai Anusol suppositoria dimasukkan ke liang dubur dan ambiven diminum, OK. Banyak makan sayuran dan buah atau makanan kaya serat untuk memperbaiki gerakan/peristaltik usus sehingga dapat menghindari sembelit/BAB keras.

  76. 76
    kiki Says:

    dokter,sy kiki 19 thun
    slama ini sya mengkonsumsi vegeta herbal ditambah dgn 1 kapsul laxing setiap 2 x shari?
    apkah aman dkter untk mengknsumsi itu?

    akan tetapi obat trsebut sudah ketergantngan pada diri saya,apabila saya tdak mengkonsumsi,maka saya sulit untk bab,bgaimana menurt dokter?

    mkasi dokter

  77. 77
    Dr. Sukma Says:

    Hai Kiki,

    Anda sendiri sudah merasakan ketergantungan terhadap produk tertentu untuk bisa BAB. Jadi sebaiknya anda kembali ke cara alamiah yaitu dengan rutin makan buah pepaya setiap hari plus makan sayuran bertekstur kasar seperti bayam, kangkung, daun ubi, dll yang berserat tinggi.

    Nah, siapa bilang yang kuno itu pasti jelek. Orangtua kita telah melakukan hal yang sama sejak puluhan tahun lalu dan ternyata sampai sekarangpun kebiasaan jadul itu masih dapat diterima akal sehat dan valid…

  78. 78
    vino Says:

    Dok.,saya mau tanya.
    saya menderita wasir.,saya g tau stadium berapa. saat BAB,biasanya ada benjolan dari dubur saya dan membuat sulit mengeluarkan kotoran..

    setelah diperiksakan ke dokter katanya daya dorongnya lemah(saya g begitu ngerti daya dorong apa).,trus dikasih 3 jenis obat yang harus saya konsumsi selama 15 hari untuk memperbaiki daya dorong..,tapi setelah memasuki hari kesepuluh tak ad perubahan berarti sehingga saya menghentikan konsumsi obat2 tersebut. Saat mengkonsumsi obat2 tersebut.,perut saya jadi buncit shingga membuat saya takut untuk makan..

    Mohon advicenya dok..,supaya wasir saya ini bisa hilang..saya takut mengkonsumsi obat2 yang beredar bebas dipasaran..
    terima kasih…

  79. 79
    Dr. Sukma Says:

    Halo Vino,

    Untuk wasir yang masih ringan bisa dicoba anusol suppositoria/ dimasukkan kedalam anus pada malam hari. Sehingga esok paginya anda dapat BAB dengan lancar tanpa keluarnya benjolan itu lagi. Sudah tentu TIDAK atau belum akan berhasil hanya dalam pemakaian satu kali saja. Obat yang dimasukkan kedalam anus ini (suppositoria), harus rutin digunakan setiap malam, sampai benjolan tidak ada lagi.

    Bisa juga dengan minum kapsul Haemosol yang diminum sesuai aturan. Baca petunjuknya atau tanyakan ke apoteker / dokter yang menulis resep. Jadi anda harus pilih salah satu : minum obat atau suppositoria. JANGAN kedua-duanya.

    Pilih makanan yang kaya SERAT seperti : sayur dan buah2an. Hindari makanan halus/ makanan dalam kaleng selain karena TIDAK berserat, juga mengandung bahan pengawet, pewarna dan perasa yang berpotensi memicu kanker usus…

  80. 80
    via Says:

    dok, kalau mau memeriksakan wasir, sebaiknya kemana ya, dokter Bedah Umum ataukah Dokter Sepesialis Penyakit Dalam? Terima kasih..

  81. 81
    Dr. Sukma Says:

    hai Via,

    Ke dokter bedah umum…

  82. 82
    Denny Says:

    saya mau nanya dok sebelumnya saya pernah bisul di dubur, mungkin karena saya mencoba menggunakan bawang putih yg kata orang bisa mengempeskan bisul, saya kelupaan mengangkat bawang putih sehingga mengelembung tapi kempes juga… cuman terjadi pendarahan yang banyak akibat bisul yg menjadi infeksi di sekitar dubur, tapi setelah berlalu tidak terjadi lagi , tapi lama lama aneh ketika buang air besar saya selalu gak bagus (maksudnya buang air besarnya encer kadang padat) mungkin pencernaan saya emang gak bagus juga, lama lama kok pas membersihkan kotoran sedikit meraba sya baru sadar kalo ada beberapa benjolan mungkin ada sekitar 2 -4 benjolan kecil kecil tapi setelah 5 menit sesudahnya masuk lagi seperti biasa… apakah itu termasuk wasir dalam yang sudah menimbulkan benjolan ?? tapi bisa masuk lagi setelahnya…. pernah juga pas membersihkan pake tissue ada darah segar…..

    obat makan dan obat oles apa yang harus aku minum dok… bantu aku yah….. cara minum dan banyaknya berapa kali sehari.. (sampe berapa lama ??) bisa kan tanpa operasi ?

  83. 83
    Takwin Says:

    Hai dokter Sukma,
    Saya mohon bantuannya yah.
    Saya mau tanya….

    Paman saya punya penyakit….. Begini, dok…. gejala pertamanya itu bisul berisi nanah,,, trs nanahnya sudah keluar tapi knpa masih ada nanahnya keluar sedikit demi sedikit smpai sekarang??? Kalau BAB dan buang angin biasa keluar di bekas bisul yg melepuh di dekat anus itu… sudah berlangsung hampir 2 bulan dan sampai sekarang belum sembuh….

    Sudah chek up ke dokter bedah, katanay ada vistel di anus,, trus diminta untuk di bedah….

    Pertanyaan saya,
    Dok…
    - apakah penyakit itu namax fistua ani ????
    - apakah harus di operasi ataukah ada jalan lain tanpa dioperasi ???
    - Obat apa yang cocok untuk penyakit ini, terutama untuk mengeluarkan nanah/penyembuhannya???

    Terima kasih sebelumnya,,,

  84. 84
    aldy Says:

    Bu dokter saya mau nanya….
    Keadaan dinding anus saya bengkak..kaya ada pembengkakan
    Di dalam…apa itu jenis ambien apa pnyakit yang lain..
    Soalnya tidak ada gejala2 yang mengarah ke penyakit itu…
    Bengkaknya panjang kayak ada urat di dalamnya…
    Sekarang mulai terasa sakit bgt…
    Apa yang harus saya lakukan dok…untuk menanggulanginy…
    Makasih dok…saya tunggu balasanya….

  85. 85
    wulan Says:

    Dok,saya habis melahirkan.pada saat ngeden yg keras keluarlh ambien saya.sudah seminggu saya kasi anusol sup.kok keluar kya nanah n cairan dr pantat.kira2 kenapa yach?n bantu cara penyembuhannya yach…terimaksih

  86. 86
    sihmare Says:

    dok obat pencahar apa yg paling majur cz dulcolax skrng kurang manjur

  87. 87
    net Says:

    dok mau ty ni,..knp y saat q bekerja keras,anus q jd basah n perih n bahu y g nak,..klo krj ringan anus g masalah..kyak ni terjadi gara2 pas BAB keras,..anus jd sakit,sakit hilang,..datang lg saat bekerja keras.solusi y gmn dok.thaks…

  88. 88
    Ren Says:

    Hallo Dokter,
    Adik saya selama 4 hari kalau bab di sertai nanah, ga bisa bergerak,kalau kakinya bergerak sedikt duburnya terasa sakit sekali.sebelumnya di bab, babnya keras.kemarin sdh ke dokter tapi hanya di kasih obat.sekarang di nangis2,katanya sakit sekali.mohon bantuan dokter.apakah solusinya?makasih

  89. 89
    Dewi Says:

    Selamat pagi Dr. Sukma,

    Maaf,,saya mau bertanya mengenai keluhan yg sebetulnya tidak mengganggu sy namun sy memikirkannya karena sy akan menjalani medical check up untuk masuk ke suatu perusahaan.

    Setahun yg lalu saya sering mengalami susah BAB hingga berdarah saat mengeluarkan fesesnya. namun masalah tersebut sudah tidak ada lagi saat ini. namun, hingga saat ini, terdapat BENJOLAN SEBESAR KUKU JEMPOL YANG MELEBAR NAMUN TIDAK SAKIT SAMA SEKALI sehingga sama sekali tidak menggangu aktivitas saya.

    yg menjadi pertanyaan saya, sebtulnya apakah benjolan tersebut Dok? dan apakah dapat menyebabkan saya tidak lulus dalam med check itu?

    Terima kasih atas jawaban yg diberikan..

  90. 90
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dewi,

    Kemungkinan besar yang anda keluhkan itu adalah POLIP, yaitu tumbuhan daguing yang bersifat jinak. Meski jinak, bila waktu dan keuangan memungkinkan, sebaiknya dibuang/operaswi saja. Karena kan terus bergesekan dengan feces/ kotoran, lama-lama bisa juga memicu terjadinya kanker anus.

    Untuk medical check-up, benjolan itu TIDAK menjadi penghalang…. So take it easy….., OK.

  91. 91
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ren,

    Kemungkinan terdapat ABSES peri-anal. Jadi sebaiknya kunjungi dokter bedah umum untuk diperiksa dan dicarikan solusinya….

  92. 92
    Dr. Sukma Says:

    Hai Net,

    Penjelasannya : bila sedang kerja keras, maka tekanan darah akan naik sehingga pembuluh darah di sekitar anus akan melebar, disamping karena tekanan terus-menerus didaerah pantat pada saat anda duduk bekerja. Termasuk juga kelenjar keringat didaerah itu yang bekerja extra, menghasilkan sensasi basah dan juga bau tidak sedap seperti bau keringat orang yang lagi stress…. Solusi jangan sampai BAB keras dan bila kerja keras diseling dengan berdiri secara periodiik, sehingga tekanan pada daerah anus dan pantat agak sedikit berkurang….

  93. 93
    Dr. Sukma Says:

    Hai Sihmare,

    Selain dulcolax, ada broclax… Coba anda tanyakan ke apotik terdekat…

  94. 94
    Dr. Sukma Says:

    hai Wulan,

    Sebaiknya kosultasi ke dokter SpOG. Karena habis melahirkan kemungkinan ada jahitan disekitar situ pada saat dilakukan episiotomy alias menggunting sedikit area vagina demi kelnacaran proses melahirkan yang Normal…

  95. 95
    Dr. Sukma Says:

    Hai Aldy,

    Untuk jelasnya sebaiknya anda ke dokter bedah umum agar diperiksa teliti.. Perkiraan saya ada pembengkakan kelenjar getah bening atau limfadenopathy. .. Nanti akan dicarikan solusi terbaik untuk kasus itu…

  96. 96
    Dr. Sukma Says:

    Halo Takwin,

    - Benar. Kelainan itu disebut FISTULA ANI.
    - Tidak ada cara lain, terapi tuntas satu2nya dengan operasi fistulektomi. Bila minum obat saja akan kambuh dan kambuh lagi berulang-ulang. Menderita dan mengganggu.. Secara teoritis antara lain dapat disebabkan oleh aktivitas sexual menyimpang seperti SODOMI.
    - Nanah mengandung kelompok padat kuman dan sel-sel darah putih. Obat baik oral maupun topikal akan TIDAK MEMPAN sama sekali….

  97. 97
    Dr. Sukma Says:

    Halo Denny,

    Penyakit anda ternasuk dalam ambeien atau wasir atau hemorrhoid bahasa Kedokterannya… Mumpung masih bisa keluar masuk, berarti tingkat keparahannya belum tinggi, sebaiknya dilakukan operasi untuk menuntaskan masalah tersebut.. Kunjungi dokter bedah umum, agar dibuang pembuluh darah yang melebar / varices disekitar dubur anda tersebut… OK.

    TIDAK ada hubungannya dengan kurang minum…

  98. 98
    Nak oguy Says:

    Dok, saya ada benjolan didubur. Biasanya keluar saat buang air besar dibarengi dgn darah bercucuran yg trus2′an keluar..Tapi sma sekali tdk perna mrasa sakit dok.
    Saya risihnya keluar darah byak dan benjolan itu saat bab..benjolanx itu bisa dimasukan lg dok klu berdiri.
    Seingat sya,sebelumx sya perna bab dgn paksa/mengejan terlalu keras dan jga sering duduk trlalu lama didepan komputer.

    Sy blum perna knsultasi ke dokter.
    Bgaimana dok?

  99. 99
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nak Oguy,

    Mumpung kondisi anda masih baik, sebaiknya segera konsultasi ke dokter bedah agar diperiksa dan diberikan terapi sesuai kondisi objektif yang ada. Wasir bila masih tahap awal dan tidak berbahaya masih bisa diberikan obat minum hemasol atau obat yg dimasukkan kdlm dubur yaitu anusol.

    Adanya perdarahan yg mengucur saat anda BAB agak mengkhawatirkan meski anda tidak merasa sakit. Darah yg keluar setiap kali BAB akan berakibat anemia yg mempengaruhi kondisi umum kesehatan anda. Usahakan bisa BAB setiap hari dengan makanan banyak serat sehingga setiap BAB akan lancar TANPA perlu mengejan keras yg menjadi penyebab pembuluh vena sekitar anus akan melebar plus kebiasaan duduk berlama-lama didepan komputer.

  100. 100
    Sukma Says:

    Halo dr.Sukma (namanya sama.. heheh :D )

    Saya mau tanya,

    Saya menderita wasir sudah lebih dari 5 tahun, tipe wasir dalam yang masih bisa dimasukkan ke anus. Selama ini wasir tersebut kadang saja kambuh dan terasa sakit serta mengeluarkan darah, apalagi jika habis makan makanan pedas.

    Nah, sekarang saya sedang mengandung usia 4 bulan. setelah BAB saya meraba tonjolan seperti jari di daerah tempat wasir tersebut, itu polip ya dok? perut saya pun terasa keram, awalnya saya sempat bingung apakah keram tersebut akibat kontrasi rahim atau jangan2 gara2 polip itu. pertanyaannya, sebaiknya pengangkatan polip tersebut dilakukan menunggu sesudah melahirkan atau harus secepatnya? sebagai tambahan, kondisi kehamilan saya masih rentan, karena letak plasentanya rendah. saya jadi bingung deh, dok..

    Mohon sarannya ya dok..

    Terimakasih :)

  101. 101
    hafis Says:

    dok mau tanya obat yang saya alami, saya mengalami keluar anus saat saya BAB, saat saya jongkok. setelah keluar anusnya susah masuk, dan terasa perih tapi tidak pernah keluar darah hanya merasa perih dan sangat mengganggu saya, mua tahu dokter apa obatnya

    terima kasih

  102. 102
    abdu Says:

    hii dokk…

    Tolongin saya…

    sudah 3 minggu Anus/dubur saya pada bagian atas mengalami luka dan di sebelah nya terdapat benjolan/tonjolan yang jika disentuh terasa sakit/berdenyut..

    itu penyakit apa dok.
    Dan apa solusinya…..
    Dan apakah ada obatnya….

  103. 103
    yusran Says:

    Penyakit fistula memang penyakit yang sulit sembuh. Karena infeksi peradangan akan selalu terjadi dan sangat mengganggu aktivitas seseorang. belum lagi dampak psikologis dari penderita karena merasa putus asa dengan rasa sakit yang dirasakan setiap hari. namun fistula bukan berarti tidak ada kemungkinan untuk sembuh. Orang dengan fistula tidak boleh putus asa dalm mencari kesembuhan baik melaui medis atau dengan herbal pengobatan tradisional.sehingga kita dapat meraih kualitas hidup yang lebih baik dan menyadari bahwa kesehatan adalah yang utama. Untuk itu, mudah mudahan ini menjadi solusi untuk masalah tersebut. Silahkan hubungi ke E-mail : yusran_akbar81@yahoo.com. Thank’s

  104. 104
    anyssa Says:

    Dokter saya, mau tanya di anus saya ketika selesai BAB ada benjolan2 dan perih . Tapi bberapa jam setelah BAB benjolan itu dan perihnya hilang. Tapi ktika saya BAB tidak pernah keluar darah. Apakah itu wasir atau ambeien atau bukan dok? Trim

  105. 105
    Ria Says:

    halo dokter, saya mau bertanya, saya rasa pertanyaan ini belum ada pada komentar-komentar di atas.

    begini dok, saya pernah mendengar dari tetangga saya, dia memiliki riwayat ambeien dan sempat dioperasi di luar negri, kata dia saat kita ambeien sebaiknya kita menghindari pepaya dok karena dapat mengakibatkan pelebaran lubang anus. kemudian dari pengalaman saya dan beberapa teman saya, saat saya BAB berdarah, saya banyak makan pepaya dok, namun esok harinya kok BAB saya mengeluarkan darah yang lumayan banyak ya dok? demikian juga pengalaman dari beberapa teman saya, apakah itu hanya kebetulan atau bagaimana ya dok? mohon penjelasannya, terimakasi doker^^

  106. 106
    akaka Says:

    dok, efek samping pake obat dulcolax yg bentuknya peluru trus di masukin ke anus itu apa aja ya? Saya mau pakai itu, tp takut. Soalnya gak tau efek sampingnya. Tolong di jawab secepatnya ya

  107. 107
    Dr. Sukma Says:

    Hai Akaka,

    Efek samping bila sering/ terus2an pakai dulcolax yaitu akan suli/ tidak bisa BAB tanpa dulcolax. Reflex dan gerakan usus menjadi kurang sensitif thd bnyaknya serat didalam mknan yg kita konsumsi.. Gitu aja sih. Solusi terbaik yaitu banyak konsumsi sayuran dan buah serta mkn berserat tinggi/ kasar. Hindari makanan halus/ refined spt mkn dlm kaleng karena serat sgt rendah plus ada bahan pengawet yg bersifat karsinogenik yaitu memicu terjadinya kanker, dlm hal ini kanker usus besar atau kolon.

  108. 108
    suhada Says:

    dok, ibu saya divonis mengidap ambeyen oleh dokter dan sudah diobati. tp belakangan ini kata ibu saya ada 2 buah benjolan disekitar dubur dan rasanya sakit. tp bejolan tsb hilang- timbul gitu dok. kira2 itu benjolan apa ya dok? dan cara mengobatinya gimana? terimakasih

  109. 109
    suhada Says:

    dok, biar lebih gampang. account twitter dokter apa ya? biar saya follow… makasih :)

  110. 110
    agung Says:

    saya mau tanya prosedur cuci darah akibat dari gagal ginjal dan apakah cuci darah merupakan keharusan / ada cara pengobatan lain.

  111. 111
    Aji... Says:

    Aji 25 thn…..dok aq mw tnya d anus sblh kri sya ad bnjolan…..kra2 udh 3 blnn kdng besar kdng kcil kdng jg hilang…….klo BAb..kdng trasa gtel skali,tpi lo kluar drah sh lom pernah….untuk mngtasinya g mn y dok….apkh in gjala wasir..

  112. 112
    vivi Says:

    halo dok, selamat sore.
    saya vivi 20th, sudah 4 hari ini saya merasakan sakit yg luar biasa ketika BAB, BAB saya berdarah dan sepertinya darah tsb berasal dari dinding anus yg robek krn feses yg keras. Sy kmudian menggunakan microlax, dan akhirnya saya bisa BAB. 4 hari inipun saya ketergantungan dgn microlax, meskipun pada awalnya saja BAB saya keras dan berdarah. Obat apakah yg harus saya minum dok? terimakasih… Mohon solusinya.

  113. 113
    sani Says:

    slmat mlm dok, saya sani 22th,tgl d jawa timur dkt sby, sejak thun 2005 atau smp, sy prnah BAB kluar darah dan sakit skali, namun tdk timbul benjolan, awalnya sy tdk menghiraukan krn rsa skitnya stelah BAB hilang,namun stelah agak lama d anus tmbul benjolan kecil dan bisa msuk kmbali, tp sy msh tdk mnghiraukannya, lama kelamaan benjolan trsbut tdk bsa msuk kmbali dan brtmbah bsar hngga 2benjoln, sy mnyesal krn terlambat dan tdk mnghiraukan,dan tdk prnh sy priksakan, stelah sy baca artikel2 sy mrasa kalau wasir, prtanyaan sy:
    1. kira-kira ini wasir tngkat brp ya dok?
    2. jk hrs operasi, apakah nanti stlah operasi bisa bnar2 sembuh?? tkutnya timbul lg, dan brp lama sy hrs beristirahat stelah operasi??? (status sy d tuntut aktif krn mhsiswa n kryawan)
    3. kira-kira RS d jawatimur yg trbaik untuk kasus sprti ini dmn ya dok?
    4. jk nanti sy brumah tngga dan hamil bahkan melahirkan apakah wasir akn tumbuh kmbali??? untuk mncegahnya apa yg hrs sy lakukan dok??? (rncana sy mnikah 2bln lg)
    terimakasih…mohon bantuannya dok, sangat penting skali

  114. 114
    noven Says:

    sy pnykt ambeyn dagingnya dah keluar dan tdk bs msk lg dan skt lg skr gmn cara pnyembuhannya tolong bgt dok krna tersiksa bgt synya

  115. 115
    novie Says:

    dok sya maw tnya baby sya imur 7 bln tp BAB nya ko suka lma ya kdang 3 smpai 4hri skali. trus klo bab itu ska ngeden pup.ny mmang agak kras trus skitar anusnya tmbuh dging sbesar butiran bras. bayi sya bru mkn asi dan bbur sereal blm mkn buah dan syur. mnta sran nya dok !?

    trimakasii..

  116. 116
    yuli Says:

    Dokter, sdh 17 hari ini saya melakukan program diet h*******e, beberapa hari yang lalu ada benjolan di anus.
    Apakah itu wasir ? dan apakah ada hubungannya dengan program diet yang saya jalani (dalam 17 hari berat saya berkurang 4kg)??
    Bagaimana penyembuhannya ? Mohon penjelasannya ya Dok.
    Terimakasih.

  117. 117
    winy Says:

    hallo dok , saya mau tanya saya sudah ngejalanin operasi wasir, tapi setelah itu kenapa ya ko perut saya jadi buncit dan keras. apa itu msh wajar dok?

  118. 118
    pipin Says:

    dok, saya pipin 20 tahun dari Semarang.
    Teman saya mengalami pemecahan pembuluh vena karena kesalahan petugas rumah sakit saat mengambil darah. Lengan kakannya menjadi hitam/merah kotor. Akibat dari pecahnya vena apa ya dok? Dan bagaimana mengatasinya? Dan apakah kesalahan semacam itu bisa kami tuntut?
    Terimakasih dok :)

  119. 119
    dewi Says:

    doc saya mau tanya saya sakit typhus tapi sdh seminggu ini ke luar darah dari dubur saya padahal saya sudah minum obat ardium untuk wasir tp sepertinya darah saya tidak berhenti dan perut sebelah kiri saya terasa sakit serta panas, begitu pula dengan panggul dan pinggang kira2 saya sakit apa ya dok, krn dok internis bilangnya saya sakit typhusdan wasir, tp sygnya tnpa pemeriksaan teropong dll. haruskah saya pergi ke dokter bedah? saya tinggal di bogor adakah dokter bedah wanita??

  120. 120
    Bambang Cipto Says:

    Dokter Sukma, kalau boleh bertanya. Saya setahun lalu operasi vistel yang terletak diatas anus dibawah alat vital tapi ada diluar. sekarang dari bekas yang kering tumbuh lagi benjolan warna merah, dan tambah lagi benjolan dibawahnya. Apa saran dokter? Terima kasih dok.

  121. 121
    Andri Says:

    dok,saya mau tanya
    bila jongkok,Di belakang anus saya dan tepatnya di dalam kulit seperti ada bulatan,bila ditekan itu keras dan gerak kedalam dan bila di rasa dan diraba itu panjang kedalam,itu tidak sakit dan bab saya lancar,apa itu wasir apa hanya ujung tulang ekor dok? Trima kasih

  122. 122
    betinur Says:

    bu ada tidak dokter bedah perempuan untuk sedit kista di payudara(aspirasi)

  123. 123
    taufan Says:

    hai bu, saya pria berusia 26 tahun akhir -akhir ini saya sering perih saat BAB, setelah saya liat seperti ada luka semcam sariawan di sekitar anus saya, kadang berdarah. yang ingin saya tanyakan
    1.apakah itu wasir karena seperti ada benjolan sedikit dan kulit yang menjulur
    2. apakah karena saya idak suka pedas, dan kemren2 saya makan peds teruss

  124. 124
    Ria Says:

    Dok, saya umur 21 th. Kerja sbg kasir. Saya kerjanya kebanyakan duduk. mungkin sehari bisa 6-10 jam duduk terus.
    Yang saya herankan sejak 1.5th kerja jd kasir saya melihat ada semacam daging tumbuh di lubang anus saya dok. tiap saya BAB saya raba dagingnya menonjol keluar. Tapi kalau itu bener wasir/ambeien, kok saya gak merasakan sakit,nyeri,ataupun mengeluarkan darah waktu BAB ya dok??
    Kira-kira daging tumbuh itu berbahaya gak dok, terus cara menghilangkannya bgmn??
    Terimakasih.

  125. 125
    Ani Says:

    Asslmualkum dok,slam kenal dok, umur saya 23 th saya punya keluhan di anus sAya tiba aj ko’ ad benjolan ??????ªªªª,pi lw bab aj kluarny gmna tu ??????ªªªª dok,,, saya ingin datang ketempat praktek dokter, di mna ??????ªªªª dok almtny, buka praktekny setiap hari ap? Dan mulai jam brpa mulai buka praktekny…

  126. 126
    agung Says:

    hallo dokter, mau konsultasi ne dok
    dok knp di bibir anuh bagian kiri saya ada benjolan merah kecil ? apa itu wasir dok ?
    dan apa obatnya ?

    terimah kasih dokter

  127. 127
    adel Says:

    apa ambeien bisa sembuh total? dengan apa? operasi? atau obat saja bisa? terimakasih.
    saat ini saya ambeien kadang muncul. tapi belum ada rasa sakitnya.

  128. 128
    risya Says:

    Mba adel. Saya pernah operasi ambein, dan akhirnya kambuh kembali, jgn di operasi mba, sembuhnya lama,
    Mba coba ke dokter umum yg sudah senior, nanti coba tanya obat ambein yg baru n canggih, namanya ardium, saya sembuh karna minum itu, harganya sih sedikit mahal, tapi obatnya bagus

  129. 129
    Chacha Says:

    Dok . . Sya mau tnya
    saya tahu,kalau saya terkena ambeien.
    Sampai2 di pnggir dubur saya ada daging yg kluar.
    Awal ny hny 1 kini tmbh daging yg bru.
    Yg saya dgr seh,jln satu2 ny hrs operasi.
    Apkah tidak bsa dgn cra lain,,dgn cra pmbrian oral atau non oral gtu dok.
    Mhon jwbn ny dok
    trma ksh

  130. 130
    Bagus Says:

    Bu Dokter Yth.
    Sebeumnya saya ingin mengucapkan terima kasih, blog ini sepertinya akan sangat membantu para penderita wasir. 2 minggu yang lalu saya melakukan operasi wasir dengan metode sayat. Tapi 2 hari ini saya sering buang gas yang disertai dengan rasa sakit dan keluarnya cairan tinja. Dan sampai hari inipun saya masih belum bisa beraktivitas secara normal dikarenakan hal tersebut dan sedikit nyeri. Yang ingin saya tanyakan kenapa saya mudah sekali buang gas disertai dengan keluarnya cairan tinja tersebut? Sampai berapa harikah saya benar benar bisa beraktivitas secara normal? Mohon jawabannya Ibu. Dan terima kasih…

  131. 131
    nesy Says:

    selamat malam dokter, ibu saya sudah 1 minggu an tidak bisa BAB, kotorannya sangat keras sampai perutnya seperti orang hamil, awalnya kena disentri lalu diberi obat oleh dokter, tapi kok malah jadi gag bisa BAB ya dok, gimana solusinya ini dok?
    sudah minum vegeta herbal, dulcolax, bahkan juga sudah beli microlax tapi yang microlax belum diminum karena untuk penderita wasir tidak boleh.

  132. 132
    dhamy Says:

    dok. . . Saya mau nayak, di pinggir dubur saya ada benjolan wktu saya bab atau waktu jongkok. tpi gk brdarah. Apa itu ambien dok

  133. 133
    nadia Says:

    dok..mhon bantuannya…sy hemoroid…berdarah saat bab, ad benjolan, n nyeri…saya bingung mau pakai obat ap, sy malu klo periksa k dokter dok…ap kira2 obat yg tepat y dok?

  134. 134
    Dr. Sukma Says:

    halo Nadiia, minum haemosol 3×1 caps sesudah makan. Atau anusol. Masukkan kedalam dubur/ anus.

  135. 135
    iki Says:

    mau tanya dok, saya setiap sesudah BAB, suka ada rasa sakit di dubur seperti ada yang membengkak,rasa sakitnya pun berjam jam sehinga jalan pun agak sakit pokonya klo ada kontraksi psti sakit ,tapi rasa sakit itu lama kelamaan mereda ..? itu kira2 penyakit apa dok, trus obatnya apa ya??kalo haemosol beli dimana? apa harus dengan resep dokter kalo beli?

  136. 136
    dhira Says:

    Benjolan yg masih kecil dan tidak berdarah apakah bisa sembuh tanpa diobati dok ? terimakasih sebelumnya

  137. 137
    Budi Says:

    Bu dokter,
    Saya sudah beberapahari ini muncul tonjolan disekitar anus, tp habis bab masuk kedalem, kalo disentuh perih, saya sudah minum lanaven kapsul dan mengoleskan Ultraproc-N salep, apakah dengan cara ini bisa menghilangkan benjolan tsb, soalnya beberapa minggu ini saya selalu duduk sampai belasan jam, mohon jawabannya ya bu
    terima kasih

  138. 138
    Anonymous Says:

    doc, saya ada benjolan daging di anus tp kecil.. Kalo Bab suka perih..and bab saya sdkt berdarah. Itu wasir ya doc?

  139. 139
    Alfi Says:

    dok,saya alfi 23 taun mau tanya. Anus saya gampang sobek, tapi tdk sampe keluar darah cuma nyeri saja. Saya sndri tdk tau pnyebabnya. Stelah sy pikir mgkin penyebabnya mkan sambal. Kmudian sy disarankan tman memakai salep hydrocortison, smbuh dok emg.tp stlah 1bln kambuh. Apa bnar sambl brpengaruh trhadap sobekan tsb?? Ada tdk cr lain supaya smbuh total g kmbuh lg dok selain operasi? Makasi solusinya dok

  140. 140
    erni lenny butarbutar Says:

    Dok sy mau tanya,knapa ya lidah sy sblh kiri sdh 2 bln rasanya getir,mulut sy terasa kering,bgn tbh kiri sy jg rasanya agak nyeri dr atas sampai bw,kira2 itu menunjukkan penyakit apa ya dok,tlg dijw dok

  141. 141
    Dr. Sukma Says:

    Halo Erni, kemungkinan aanda terkewna stroke ringan. Kunjungi dokter spesialis neurologi..

  142. 142
    vhita Says:

    Ass.dokter saya mau tanya.saya memang pny wasir luar ada 2 benjolan.kmrn2 saya sudah ksih salep ultraproct memang benjolan kempes/mengecil.tp kdng bab saya ga perih,tp kdng periih sperti terbakar kaya robek abis di jahit rasanya.apa krn saya mkn pedes jd sperti itu dok?kdng bab saya keras jd saya mengejan bgt apa krn itu perihnya?saya cm mau tanya dok perihnya sperti robek itu knp?danhrs mnm obat apa?wslm tx

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe