resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: [59] 58 57 56 55 54 53 … 1 » Show All

  1. 1471
    alisa cihui.aiz Says:

    saya alisa umur 18thn saya sdh mnikah dan puny ank.sy tdk dtng bulan slm satu thn dan pda bln november sy datang bulan sampai bulan sekarang bahaya kah apa tidak

  2. 1470
    ajeng Says:

    dok saya ajeng umur saya 15 tahun haid saya tidak lancar sering telat berbulan bulan jika haid pun lama bisa lebih dari 15 hari. Kenapa ya donk? Trimakasih

  3. 1469
    Caca Says:

    Dok, sudah 3 bulan sy belum hard. Sdh says test basil ya negative . Kenapa ya dok ? Apakah berbahaya ?

  4. 1468
    Anonymous Says:

    Dok saya mau taya umur24 sudah menikah sdh punya ank satu,keluhan sy kenapa saya haid skarang melibihi hr sampe 1bln lebih tidak pa2 kh dok tlong jwbnx??

  5. 1467
    tiara Says:

    dok, umur 18 tahun. Saya kok udah 1 bulan saya belum haid yah. Pernah awal januari lalu saya haid 2x dalam 1 bulan. Dan saya juga pernah 1 hari haid dalam 1 bulan. Apa kah itu wajar? Padahal tanda2 kalau mau haid udah sering dateng, tapi kok masih belum haid juga.

    Saya jadi paranoid sendiri dok.

  6. 1466
    Azizah Says:

    Dok, saya(21 thun)mengalami keputihan hampir setiap waktu, kadang-kadang keputihannya berwana putih susu, dan kadang-kadang berbau, trus haidh saya juga tidak teratur
    tanggal haidh saya selalu maju, bahkan bisa 2 minggu lebih cepat,kenapa ya dok? apa ada masalah dengan saya dok?

  7. 1465
    fanny Says:

    Dok mau tanya, umur sy 28 thn, menikah sdh 2 thn ini. Sy punya keluhan haid sy tdk teratur. Siklus haid saya diatas 32 hari, selama 7 hari. Tp bln ini sy blm haid, tetapi stlh sy cek memakai alat kehamilan hasilny negatif dok. Dan saya ??? riwayat endometriosis. Apa ini pengaruh dari penyakit saya yaa dok. Terima kasih

  8. 1464
    silvia Daffa Says:

    Dokter saya umur 36 th haid saya selalu maju 2 hr .siklus haid saya biasanya 5-7 hari sdh bersih.tapi di bln juni ini sayaens tgl 13bln juni mens saya sdh 8 hr vmsh mengeluarkan flek coklat.apa dikarenakan pada bln mei tgl 28 tadi saya vaksinasi gardasil yg ke 2 .kejadian ini baru di bln ini saja dok. Warna mens saya merah segar.

  9. 1463
    jumiati Says:

    dok,ank saya berumur 13 th. pada bulan januari dia mengalami haid sema 7 hari, tetapi sampai sekarang dia belum juga haid lagi.itu karea apa y dok &apa obatnnya..?

  10. 1462
    puspitasari Says:

    dokter, anak saya usia 13 bulan, ada benjolan di punggung tangan kanan, ukurannya lebih kecil sedikit dari kelereng kecil dan terasa agak keras seperti tulang muda. Sudah di rontgen, tapi tidak terlihat. Dokter tempat saya berobat tidak memberitahukan jenis penyakit dan hanya menyarankan untuk melihat perkembangan sebulan ke depan. Kami ke dokter tanggal 7 juni 2013, sampe saat ini msh belum ada perubahan membesar atau mengecil. Mohon sarannya dok. Saya takut anak saya mengidap kanker. Saat ini aktivitasnya tidak ada perubahan, tetap ceria dan sedang belajar jalan jatuh bangun. Mohon sarannya, terima kasih sebelumnya.

  11. 1461
    Okta Says:

    Dok saya baru saja kena haid baru dua kali ini kenapa dok ya mens ketiga saya kok jarak nya jauh sekali sampai sekarang saja belum kena haid saya kena bulan februari dok,saya takut dok hamil

  12. 1460
    evi Says:

    Maaf dok sy mau tny…tgl 12 april sy haid dok trs sy lnjut dgn pil KB.tp stlh pil KB hbis tgl 9mei sy blm jg mndpt haid smpai skrng..sdh sy testpack tp negative,dUSG pun rahimny g ad mslh..yg sy rasakn skrng ni srng bersendawa spertu kembung dan pinggang terasa pegal…sy prnh 2X hamil dok,prtma dkuret dn yg kedua kgugurn spontan….22nya BO..Sy tggu jwabnny dok,terima kasih

  13. 1459
    Anonymous Says:

    dok,saya vivi umur saya 16 tahun saya sudah telat haid 2bulan itu wajar apa tidak padahal saya sudah haid sejak kelas 5sd

  14. 1458
    Novi Says:

    dok, aku novi, umurku baru 15 tahun, aku haid gak teratur, seringa telat sebulan, nah sekarang aku telat 2 bulan lebih hampir 3 bulan.. apa ada masalah dengan aku dok?

  15. 1457
    lia Says:

    Dok , aku lia . Ini dok kok udah 1 bulan aku tdk haid ya ?? Biasa nya tgl 26 . skrg sudah 1 bulan lewat bnyak belom mens . Pdhl badan saya dan perut sudah ska keram sprtii ingin dpt haid . Mohon penjelasan nya

  16. 1456
    riena Says:

    Dokter aku rina usia 23 thun, sejak awl mens haidku sdh tdk teratur, bisa 1 bulan skli bisa 2 bulan skli, tp smkin ksni siklusnya smkin lama, aku sdh konsul k’dokter spesialis skrng dberi. Obt “norethistrone” tp sampai skrng tidak ada efeknya, jd apa yg harus saya lakukan dokter?

  17. 1455
    Dr. Sukma Says:

    Halo Risma,
    Sebaiknya check up ke dokter kebidanan n kandungan.Kemungkinan ada endometriosis, yang bila ada akan diberikan solusinya oleh dokter tsb.

  18. 1454
    Risma Grace s Says:

    Dok,ahir2 ini kalo saya haid,terasa sangat sakit,bahkan saya tidak bisa beraktivitas,itu kenapa ya Dok??trmksh

  19. 1453
    Anonymous Says:

    Aku 1bulan ini blom halangan kenapa yah dok ?
    Jadi bulan kemaren aku ngelakuin gesek”.n sama cowo aku tapi sesudah itu aku langsung test hasil nya negatif trus aku haid .
    Tapi ko bulan ini aku blom haid?

  20. 1452
    elsi Says:

    dok , mau nanya laggi kenapa darah haid saya yang berwarna coklat itu datangya kadang kadang sesudah saya haid ?
    muncul tiba tiba dan hilang laggi begitu terus

  21. 1451
    elsi Says:

    assalamualaikum dok ,, kenapa saya sering buang air kecil dalam waktu yang berdekatan ?

Pages: [59] 58 57 56 55 54 53 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe