En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier kjøpe Generisk Viagra Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

  1. 25
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nidya,

    Pada kasus anda, kadar estrogen dalam tubuh anda dibawah normal, sehingga perlu diberikan suplemen estrogen. Penambahan hormon estrogen disini tentu tidak akan melebihi nilai ambang yang dianggap normal atas dan masih aman. Jadi jangan kuatir akan terjadi kanker leher rahim seperti riwayat almarhumah ibu anda.

    Karena kanker leher rahim bukan akibat kelebihan hormon estrogen, tetapi disebabkan beberapa strain dari virus HPV (human papilloma virus). Kebetulan penemu virus HPV Desember yang akan datang ini akan diberikan Hadiah Nobel dibidang medis. Beliau adalah dokter dari Jerman.

  2. 24
    nidya Says:

    dok, saya perempuan umur 19 tahun. haid pertama saya umur 13 tahun. bulan2 pertama haid saya lancar2 saja, tetapi selanjutnya saya tidak pernah haid, 2 bulan sekali saya haid. yang terakhir ini bisa mencapai 6 bulan sekali. saya periksa ke dokter dan diberi obat penambah hormon esterogen, haid saya menjadi tertaur. tpi bila obat nya habis, haid saya menjadi tidak teratur. begitu selanjutnya.riwayat keluarga saya, mama saya meninggal karena kanker leher rahim. apakah saya harus mengonsumsi obat itu terus hingga haid saya lancar dan apakah ini bisa menjadi penyebab kanker leher rahim atu penyakit lainnya.
    terima kasih

  3. 23
    Dr. Sukma Says:

    Dear Lily,

    Dari artikel yang anda forward, keduanya logik dan berdasar ilmiah. Yang di Tokyo mengimplant sel induk (stem cells) kedalam jaringan lemak payudara. Seperti kita tahu, stem cells akan membelah dan menjadi jenis sel/jaringan apa saja yang kita kehendaki, karena sifatnya yang multipotential. Sifat ini juga digunakan untuk memecahkan masalah kelangkaan organ donor, seperti : jantung, hati, ginjal, dst. Yang saya tahu, ide ini belum final, masih tahap in-vitro yaitu percobaan di laboratorium dan belum in-vivo, yaitu belum diaplikasikan ke tubuh manusia..

    Tentang permen penumbuh payudara yang mengandung phytoestrogen, ini juga ilmiah dan dapat dipercaya. Kita di Indonesia banyak sekali makanan mengandung kedele. Kedele adalah salah satu sumber estrogen nabati (phytoestrogen), seperti : tahu, tempe, susu kedele, dst. Kenapa nggak dicoba ? Sambil nunggu permennnya ada di Indonesia..

    Keyakinan saya, hormon estrogen anda dalam batas normal, meski normal bawah. Buktinya anda menstruasi teratur. Bahaya bila estrogen berlebih yang tidak diimbangi dengan hormon progesteron (disebut un-opposed estrogen) maka akan terjadi kanker yang paling sering : rahim/ korpus uteri.

  4. 22
    Lily Says:

    Halo dok,
    Makasih dokter sudah membalas email saya sebelumnya.
    Saya mau tanya lebih lanjut mengenai payudara saya yg flat ini dok.
    Apakah ini karena hormon saya yang tidak seimbang? Kebanyakan hormon laki-laki kata teman.
    Tapi menstruasi saya normal sampai saat ini.
    Apakah saya bisa test hormon supaya tahu hormon apa yang kurang?
    Saya pernah baca ada waria yg memperbesar payudaranya dengan obat anti hamil.
    Saya juga pernah searching di internet :

    Teknik Baru Perbesar Payudara
    Selasa, 13 Pebruari 2007 | 13:36 WIB
    TEMPO Interaktif, TOKYO:Peneliti di Jepang mengaku berhasil memperbesar ukuran payudara wanita menggunakan kombinasi lemak dan sel tunas (stem cell). Lemak diambil dari perut atau paha, lalu diperkaya dengan sel-sel tunas sebelum kemudian diinjeksikan ke balik dada. Hasilnya, buah dada bisa dua kali lebih besar dan terlihat lebih alami ketimbang menanam silikon atau air garam.
    Kotaro Yoshimura, ahli bedah di Sekolah Kedokteran Universitas Tokyo, menyatakan teknik itu telah dicoba pada lebih dari 40 pasien. “Sukses. Tidak ada komplikasi yang serius,” katanya.
    Yoshimura yakin kombinasi jaringan lemak alami dan sel tunas itu akan memberikan hasil yang lebih baik. “Tidak ada efek kasar atau gumpalan,” katanya. Sebaliknya, “Payudara tetap lembut dan alami.”

    Permen Ajaib Perbesar Payudara
    Permen karet terbaru yang disebut-sebut dapat menambah ukuran payudara pada wanita, menjadi hit yang paling ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jepang. Pencipta permen karet itu menjanjikan “permen payudara” itu juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah, mengurangi stress dan memerangi penuaan dini jika dikonsumsi tiga atau empat kali dalam sehari.
    Ketika dikunyah, permen karet itu akan melepaskan suatu senyawa yang mengandung ekstrak tanaman Pueraria mirifica yang konon dapat membantu menjaga agar jaringan otot tetap berfungsi dengan sempurna.
    Pueraria mirifica, yang juga dikenal dengan nama Kwao Krua, adalah suatu spesies tanaman yang banyak ditemukan di negara Thailand dan Myanmar. Tanaman ini sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional bagi masyarakat setempat.
    Tumbuhan berbentuk umbi-umbian ini juga mengandung sejumlah senyawa kimia, phytoestrogens — senyawa ini diketahui memiliki unsur yang sama dengan hormon seksual wanita yakni hormon estrogen.
    Pencipta permen karet ini menyebutkan bahwa “permen payudara” ini telah diuji oleh Universitas Chulalongkorn di Tahiland dan mereka menemukan bahwa terapi Pueraria mirifica ternyata dapat memperbesar ukuran payudara hingga 80 persen. Tes lebih jauh yang diadakan di Inggris menemukan bahwa tanaman itu memiliki efek yang menguntungkan bagi kulit dan rambut.
    Rencananya perusahaan itu juga akan menjual produk Pueraria yang telah dibuat dalam berbagai bentuk termasuk pil dan teh.
    Permen payudara” dengan rasa mawar terbukti banyak digandrungi oleh wanita usia muda dan rencananya permen ini akan dipasok bukan hanya di supermarket besar saja namun hingga ke toko-toko retail.
    http://www.puerariamirifica.com/
    http://www.puerariathai.com/presentation/shapeless/susan2.htm

    Menurut dokter bagaimana?
    Terima kasih dokter sudah menolong saya dengan saran-saran dokter.

  5. 21
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lily,

    Kesan saya kondisi anda normal. Anda berusia 17 tahun, TB 165 cm dengan berat badan 50 kg. Kelihatannya postur anda seperti model, agak twiggy. Dan anda mempunyai riwayat menstruasi yang normal.

    Umumnya, pada kaum wanita dengan postur tubuh seperti anda memang seperti itulah profil tubuhnya. Yaitu dengan dada flat/rata, namun bila nanti hamil, melahirkan dan menyusui, payudara anda masih tetap berfungsi seperti wanita lain.

    Jangan melakukan operasi pembesaran payudara dengan silicon. Lebih banyak repot dan bahayanya dibandingkan nilai positifnya.. Dibalik dada yang flat, anda masih terlihat sexy seperti gambar model dalam artikel ini. Tuhan menciptakan pasti ada plus dan minus pada setiap orang. Banggalah dengan apa yang anda miliki saat ini… So, do nothing…

  6. 20
    Lily Says:

    Halo dok,
    saya lily usia 17 th. Tinggi saya 165 berat 50kg. haid saya teratur sejak usia 13th. Tapi payudara saya kenapa ya dok tidak seperti gadis lain. Lebih mirip anak laki, rata. Apa yang harus saya lakukan. Terima kasih dokter.

  7. 19
    Dr. Sukma Says:

    Ibu Dewi Sari,

    IUD anda baru dilepas 3 bulan lalu. Masih dalam batas wajar, bila anda belum mendapat haid, karena tadinya terbiasa rahim dengan IUD yang membantu memperkuat kontraksi rahim. Sekarang rahim tanpa IUD, kemungkinan kontraksinya belum cukup kuat untuk mengeluarkan darah menstruasi.
    Kemungkinan lain, telah terjadi konsepsi artinya pembuahan telor oleh sperma, namun belum terlihat jelas pada USG dan test kehamilan masih negatif.

    Sebaiknya anda tunggu satu bulan lagi. Bila belum haid juga, periksa test hamil ulang. Insya Allah akan positif hasilnya.

  8. 18
    dewi sari Says:

    saya seorang ibu Rumah Tangga.. saya tanya dok, saya udah 2 bulan ini tidak mens, apakah hal ini berhubungan dengan waktu saya lepas KB spiral 3 bulan yang lalu. dan setelah saya USG ternyata tidak apa (tidak ada gejala yang menonjol) saya jadi bingung apa ada siklus hormon yang tidak normal dan test hamil negatif. tolong apa yang mesti saya lakukan.

    dewi
    surabaya

  9. 17
    Dr. Sukma Says:

    Dear Apel,

    Anda sudah 16 tahun saat ini. Sudah pernah haid teratur, namun sejak haid terakhir anda bulan Januari tahun ini, anda belum menstruasi lagi.

    Dari keterangan yang anda berikan terdapat bulu2 halus diseluruh tubuh anda, termasuk : kumis, jenggot, alis dan cambang.

    Pada kasus seperti ini, saya lebih berpikir kearah kelainan hormonal atau sindroma akibat kelainan hormon didalam tubuh anda.

    Sebaiknya anda mengunjungi dokter kebidanan, agar dicheck menyeluruh : kadar hormon, USG alat genitalia-dalam, apakah kemungkinan ada kista atau tumor disana. Nanti akan ketahuan..

  10. 16
    Apel Says:

    Malam Dok, mau nanya yaa,

    Usia saya 16 tahun 11 bulan, skrg saya duduk di kelas 3 SMA.

    Saya pertama kali haid kelas 1 SMP, siklusnya gak teratur sampe kelas 3 SMP. Pas kelas 1-2 SMA udah lumayan teratur.. Tapi pas kelas 3 SMA (sekarang) kok nggak teratur lg ya, Dok?

    Terakhir saya menstruasi awal januari tahun ini, dan sampe sekarang (bulan september) belum menstruasi lg. Kira2 itu disebabkan oleh apa? N bagaimana solusinya?

    Oh iya, di atas bibir saya tumbuh bulu2 tipis (kumis), di dagu saya juga (jenggot), alis-cambang-dan bulu mata saya tebal, di kaki n tangan saya juga terdapat bulu2 gitu, di badan juga ada (tapi tipis2).. Sepertinya saya kelebihan bulu. Apakah ada hubungannya dgn masalah menstruasi saya?

    Terima kasih =)

  11. 15
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yanti,

    Umur berapa Yanti haid pertama kali? Pada usia yang masih remaja ini, biasanya haid datangnya belum teratur, karena masih penyesuaian tubuh.

    Leukemia juga dapat mengganggu fungsi normal organ tubuh kita. Sehingga Yanti nggak usah worrry terhadap terlambatnya haid saat ini.

    Don’t worry, be happy. Yanti perlu kondisi emosional yang stabil dan positive thinking, sehingga Insya Allah dapat keluar sebagai pemenang melawan leukemia… Amien.

  12. 14
    Yanti Says:

    Hai…dok. nama saya yanti umur saya 13thn saya udah trlmbt haid 3 bln saya merasa takut karna tmn2 saya cuma terlambat haid 2 bln tapi saya mempunyai penyakit leukomia apa haid saya normal?

  13. 13
    Dr. Sukma Says:

    Hai Alfi,

    Efek samping pemakaian IUD hanya itu, seperti kasus anda.Lama haid memanjang dan bila sampai 12 hari, masih termasuk normal.

    Karena rahim secara otomatis akan berkontraksi lebih kuat dan lebih lama, akibat adanya IUD dalam rahim, yang dianggap benda asing oleh tubuh.Kontraksi rahim inilah kunci dari keberhasilan metoda KB-IUD. Karenanya teruskan pemakaian IUD anda sampai 3 tahun, lalu sebaiknya IUD lama diganti dengan IUD baru.

    Dicurigai adanya infeksi atau IUD bermasalah, bila suhu badan lebih dari 37 derajat C dan agak meriang dengan darah haid yang berbau menyengat, lebih dari biasanya.

  14. 12
    alfi Says:

    halo dok…

    sejak pake IUD (1 tahun) haid saya jadi lebih panjang, kadang bisa sampai 12 hari (benar-benar bersih)dan banyak terutama hari ke 3 dan 4 saya bisa ganti pembalut bisa sampai 7 kali sehari. apakah ini normal?
    apa tandanya kalo terjadi infeksi atau masalah dengan IUD yang terpasang?
    terima kasih

  15. 11
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yuni,

    Kalau dihitung anda dapat haid lagi setelah 21 hari dari haid sebelumnya. Dibidang kedokteran, ini masih terbilang normal bawah.

    Sebaiknya anda dan suami banyak mengkonsumsi taoge atau kecambah kacang ijo. Karena sayur taoge kaya akan vitamin E yang diperlukan untuk fertilitas atau kesuburan seseorang.

    Sebaiknya konsumsi taoge satu piring dalam sehari dapat diolah sesuai selera : pecel, gado2 atau ditumis,tahu-telor yang ditaburi taoge, campuran mie instant, dll.

  16. 10
    Yuni Says:

    Hallo dok,

    Saya sudah menikah hampir 2 tahun, & belum mempunyai anak, belakangan ini haid saya sering maju 5 – 8 hari, terakhir saya haid tanggal 21 agustus, dan hari ini 11 september saya haid, apakah ini normal ? apakah ini yang menyebabkan saya belum hamil juga ?, terima kasih

  17. 9
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wulan,

    Menjelang haid, adalah normal, bila payudara terasa nyeri bila dipegang. Hal itu fisiologis karena pengaruh hormon.
    Haid tidak teratur dapat disebabkan berbagai hal. Dari apa yang anda tulis, kelihatannya anda bertubuh kurus, fisik lemah dan gampang stress.

    Bila benar seperti itu, gangguan haid anda termasuk katagori normal. Sebab pada tubuh yang lemah dengan fisik kurus, biasanya reaksi tubuh kurang terhadap hormon estrogen dan progesteron Hal ini disebut anergi. Stress juga akan mengganggu produksi dan sekresi hormon.

  18. 8
    wulan Says:

    halo dok,,

    saya umur 20 tahun, darisaya SMA smpai skrg haid tidak teratur,, pernah tidak haid selama beberapa bulan wktu SMA, semenjak kuliah haid mulai teratur. kadng telat 1 atau 2 minggu.
    setelah haid mulai teratur terkadang mulai tidak teratur lagi smapai skarg bisa telat 2 mingguan lebih sampai satu bulan.
    apakah itu normal dok????

    sebelu haid saya suka merasa payudara nyeri klo di pegang.. knp ya dok di umur saya yg 20 tahin masih mengalami hal seperti ini???

  19. 7
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rie,

    Maju mundur siklus haid sampai batas satu minggu, masih dianggap normal. Jadi bila haid diawal bulan, maka bulan itu bisa haid dua kali.

    Jadi, anda tidak perlu cemas karena hal itu masih dalam batas normal.

    So, don’t worry, be happy.Bila selalu kita jaga kondisi mental tetap happy, secara otomatis segala sesuatu yang kurang normal akan menjadi normal ber-angsur2 akibat lancarnya semua impuls dan reaksi syaraf baik yang di pusat/otak maupun di perifir. Chao..

  20. 6
    rie Says:

    hello dokter, saya mau tanya.
    saya 20 th, sudah haid sejak umur 12 th. sekarang siklus haid saya selalu maju 1 minggu setiap bulan. jadi bila saya haid di awal bulan, bulan itu bisa haid 2x. apakah kondisi seperti itu normal dokter? bila tidak normal, apa yang perlu saya lakukan? terima kasih penjelasannya.

  21. 5
    Dr. Sukma Says:

    Hello Worried Meisi,

    Kehamilan baru terjadi, bila terjadi pertemuan sel telor dengan sel spermatozoa yang disebut konsepsi
    Apa yang anda dan pasangan lakukan dengan melakukan gesekan diluar celana dalam, secara teoritis sudah pasti tidak akan dapat menimbulkan kehamilan.

    Mengenai haid anda yang belum kunjung datang selama 2 bulan ini, bisa disebabkan faktor psikologis/stress/cemas berlebihan. Bila kurang yakin, sebaiknya anda beli test pack di apotik, lihat apakah positif atau negatif.

  22. 4
    meisi Says:

    Bisakah saya hamil jika hubungan seks yang saya dan pasangan lakukan hanya sebatas sama-sama menggunakan celana dalam. Gesekan dilakukan di luar celana. Muncul rasa ketakutan di dalam diri saya karena sudah hampir 2 bulan saya tidak menstruasi. Please. I really need ur help!

  23. 3
    tresia Says:

    Dear dr. Sukma…
    lega saya, ternyata kondisi seperti ini normal….tipe A? dokter ada artikel ttg tipe kepribadian? boleh dimuat dong….
    tulisan dokter bisa ditelaah dg mudah, bahasanya ringan..jd kita cpt mengerti…makasih ya dok
    ok…sya akan ikuti saran dokter…
    thank you,

  24. 2
    Dr. Sukma Says:

    Dear Tresia,

    Kondisi haid anda sejak SMA sampai sekarang adalah normal, mengingat kepribadian anda yang saya duga Tipe A. Stress menghadapai pelajaran dulu dan menghadapi pekerjaan sekarang, bisa mempengaruhi menstruasi.

    Sebaiknya minum suplemen yang mengandung vitamin E,minimal 400 IU per hari, agar menjamin fertilitas/ kesuburan anda, sehingga nanti cepat dapat momongan bila telah menikah. Ok. Selamat untuk anda.

  25. 1
    tresia Says:

    Siang dokter…
    saya lagi…
    saya tertarik dg artikel dokter ini…siklus haid saya tdk teratur..dl waktu SMA pernah saya tdk haid 4 bulan, sdh cek ke dokter dan tdk ada masalah..kuliah saya pernah terlambat hampir 2 bulan, saya cek ke dokter Obsgyn tdk ada masalah dan diberi Folamil…akhir2 ini sudah mulai lancar (dlm standard siklus saya), terlambat mungkin sekitar 1 minggu an. siklus saya selalu mundur tanggal nya dan kemudian berulang di tanggal yg sama. ketika mendapat haid selama ini saya tdk pernah merasakan sakit yg berlebih, hanya sensasi mulas,aktivitas tetap berjalan lancar, haid selama 5-7 hari. dan karena saya merasa saya blm menikah dan tdk pernah melakukan perbuatan yg dilarang agama jd saya selama ini tenang2 saja.
    yg ingin saya tanyakan, apakah kondisi saya ini normal? apakah kondisi saya ini bisa berpengaruh terhadap kesuburan? karena saya sdh berencana utk menikah dan lgs ingin punya baby (hehe). perlukah saya mengkonsumsi suplemen atau hormon tambahan?
    trimakasih banyak dok

Pages: « 59 … 7 6 5 4 3 2 [1] Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe