resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 7 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

  1. 75
    baim Says:

    o ya dok sbg tmbhan,smpe saat ini pacarku blm merasakan tanda2 kehamilan lain,dia cmn kdg pusing klo kcpe’an,dia blg dia jg pernah haid sprti itu dl,apa yg hrs sy lakuin dok??kasih saran dunk!!trims sblmnya..

  2. 74
    baim Says:

    mlm dok
    aq mau tny,haid pacarku yg terakhir tgl 4 kmrn,trlmbt 2hr dr jdwl mestinya,itupun cmn bercak merah agak kecoklatan slm 2hr,sblmnya kami hny biasa petting,apa itu termasuk tanda dia hamil??

  3. 73
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ika (post 70),

    Sebelum nikah, ada baiknya anda check-up ke dokter SpOG, terutama untuk haid anda yang tidak teratur, kadang lancar dan terkadang cum aflek-flek saja.

    Setelah pemeriksaan dalam, mungkin akan dianjurkan untuk periksa status hormon dalam tubuh anda.Dengan mengetahui status hormonal anda, perasaan yang ngganjel sampai saat ini akan hilang.Karena bila ada yang nggak beres, akan dibereskan dulu sehingga anda akan dalam keadaan tenang secara fisik dan psikis, pada saat menikah nanti.

  4. 72
    Dr. Sukma Says:

    Hai Neetha,

    Penyakit usus buntu dan kandung empedu tidak ada hubungannya dengan fertilitas. Akan tetapi dengan adanya dua penyakit itu, sudah pasti kondisi anda tidak fit, dan suasana yang kurang tepat bagi kehamilan.

    Rasa sakit dibagian tubuh akan mempengaruhi saraf dan sekresi hormon anda. Alangkah baiknya jika kedua penyakit dibereskan dulu, artinya berobatlah sampai tuntas ke seorang internist. Baru setelah semuanya OK, anda mulai mempersiapkan diri untuk hamil.

    Siklus haid yang tidak teratur dan cenderung maju, bisa juga disebakan faktor dua penyakit tadi, yang menimbulkan rasa cemas dan tidak tenang dalam diri anda. Pembuahan atau inseminasi baru akan terjadi bila kondisi anda tenang fisik dan psikis.

  5. 71
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ika,

    Sebaiknya dipancing agar dapat menstruasi, bila anda masih virgin. Mungkin beli obat tanpa resep dulu, seperti M kapsul dengan bintang iklannya Lydia Kandou dan anak gadisnya.

    Bila haid tidak datang juga, sebaiknya anda kunjungi dokter SpOG untuk kemungkinan pemeriksaan status hormonal anda.

  6. 70
    ika Says:

    Hallo Dok….
    saya gadis berumur 24 tahun, tahun ini saya ada rencana menikah. tp ada yg mengganggu saya Dok…
    beberapa bulan ini, siklus haid saya kacau. sebagai contoh : 9 juli’08 (flek2 slama 1 minggu), 28 juli’08 (haid lancar sminggu), 7 sept(haid lancar), 28 sept (flek2 1 minggu), 2 Nov (haid lancar). sterusnya sprti itu bu, smpai dgn haid terakhir. apa ada mslah dengan kandungan saya?
    Makasih banyak ya Dok….

  7. 69
    Neetha Says:

    Saya wanita berusia 27 thn sdh menikah 3 thn lamanya dan belum punya anak, sempat hamil 3 bulan tp keguguran pd september 2008 dgn diagnosa kelainan genektikal..yang saya mau tanyakan sejak menikah siklus haid saya tidak teratur dan cenderung maju 8 – 10 hari sebagai contoh :
    Bulan September : 13 Sept 08 – 19 Sept 08
    Bulan Oktober : 09 Oktober 08 – 15 Oktober 08
    Bulan November : 30 Oktober 08 – 05 November 08
    Bulan November : 22 November 08 – 28 November 08
    Bulan Desember : 14 Desember 08 – 19 Desember 08
    Bulan Januari : 05 Januari 09 – 10 Januari 09
    Berdasar siklus saya selama 6 bulan terakhir saya termasuk normal or tidak dokter…saya takut tdk teraturnya haid saya yg menyebabkan saya blm di karuniakan anak…apakah saya termasuk dalam katagori berpenyakit SOPK..tapi untuk info saja saya sdh hampir satu tahun punya penyakit usus buntu dan kantung empedu ada hubunganya tdk dok dgn kehamilan dan berbahaya nda bila saya program kehamilan terimkasis bayak ya dokter…Cayoooooooooo

  8. 68
    dina Says:

    Dok.. saya berusia 21 thn.. sdh 3 bulan telat haid.. perut saya kembung/membesar. Tidak mungkin saya hamil, karena saya masih virgin. Saya ingin tahu gejala apa ini, apakah haid bisa di datangkan lagi?
    terima kasih Dok

  9. 67
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dwi,

    Flek hitam itu adalah darah yang mati. Kemungkinan besar kadar hormon estrogen anda dibawah normal. Sebaiknya kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pemeriksaan dalam sekalian kadar hormon dalam serum.

    Kondisi anda ini tidak berbahaya, namun sebaiknya segera diperiksakan, agar segala sesuatunya normal, sehingga bila menikah nanti, tidak ada masalah..

  10. 66
    Dr. Sukma Says:

    Halo Liza L,

    Kemungkinan saat ini anda bisa hamil dan bisa tidak hamil. Sebaiknya lakukan pack test secara periodik, setiap 2 minggu sekali, selama anda belum haid lagi.

    Pada obesitas, memang agak sulit melihat kantong janin dan tanda kehamilan lain via USG, karena terhalang jaringan lemak.

    Dari keluhan anda, sepertinya anda sedang hamil. Semoga benar adanya, nanti dibuktikan dengan pack test positif.

  11. 65
    dwi Says:

    saya gadis berumur 22 tahun dok. cuma ketika saya haid jarang keluar darah tapi sebelim datang mens sering kali
    saya mengeluarkan flek hitam sebelum mens apakah flek hitam itu bukan penyakit dok.

  12. 64
    Lisa L Says:

    saya ibu RT 35 thn dgn PCO sudah 4 thn menikah & blm ada momongan. 3 bulan terakhir mens saya teratur dgn siklus 21 hari yakni 10 okt, 1 nov, 20 nov. Desember ini saya sudah 2 minggu telat haid. Tgl 27 & 28 des keluar lendir coklat sedikit, hasil test pack negatif. Saya mengalami yg dirasakan wanita hamil: pusing mual perut bawah kencang kecenderungannya lebih ke perut kiri bawah payudara ngilu sering kencing bab agak susah bawaannya ngantuk pegal pinggang belakang ada keputihan sedikit dan sering kentut, semua masih saya rasakan sampai sekarang. Sudah di usg tp blm terlihat kantung janin, di ovarium ada sel telur besar tp di monitor tampak tidak bergradasi. Dsog memberi asam folat. Saya obesitas tinggi 155 cm berat 82 kg. Hubungan terakhir dgn suami sebelum jadwal mens tgl 2 des. Apakah saya hamil atau tidak ? Kalau hamil apakah mungkin ektopik ? Menurut dsog saya tidak ada kista & myom. Terima kasih

  13. 63
    Dr. Sukma Says:

    Ibu Theresia,

    Sebaiknya diperiksakan kadar hormon dalam tubuh anda, tentunya dengan pengantar dari dokter SpOG. Apalagi bila anda menginginkan hamil yang kedua. Berdasarkan hasil itu, anda akan diberikan terapi hormonal bila perlu. Dan juga menaikkan tingkat kesuburan rahim anda.

  14. 62
    Dr. Sukma Says:

    Halo Imel,

    Kista endometriosis pada indung telur anda tidak akan kambuh lagi, ASALKAN tidak pecah saat diangkat/operasi. Bila pecah, akan menimbulkan kekambuhan ditempat dimana jaringan pecah tercecer pada rongga panggul/pelvis.

    Bila anda hamil, kondisi progesteron yang tinggi akan meniadakan secara perlahan endometriosis yang bukan hanya pada indung telur tetapi dimanapun jaringan endometrium yang viable kebetulan menempel atau tersangkut tidak sengaja, akan menimbulkan emdometriosis. Bisa pada luka sayatan sectio caesaria, dll.

  15. 61
    theresia Says:

    saya ibu rumah tangga,sebelum mempunyai anak pertama,haid saya teratur,saya pernh memakai spiral tapi hanya berlangsung 6bln saja lalu saya lepas karena mengalami pendarahan. sekarang anak pertama saya berumur 12thn, sejak anak saya berumur 5thn,haid saya sering 2bln sekali hingga kini.Apa ada masalah dengan kandungan saya? thx

  16. 60
    Imel Says:

    siang Dokter…..
    saya, umur 23 th, 2 bulan yang lalu saya operasi kista endometriosis. dan sekarang saya konsumsi danocrine. yang ingin saya tanyakan, dari jenis kista ini apakah ada kemungkinan akan kambuh lagi? terus hal-hal apa saja yang bisa membuat hal itu ada lagi?apakah ada makanan yang bisa menyebabkan kista tersebut kambuh lagi?klo ada jenis makanan seperti apa?trus stlh 1 bln saya minum danocrine, siklus menstruasi saya tidak 28 hari lg, apa itu normal?trus banyak yang bilang kista akan hilang jika sudah melahirkan?sedangkan saya belum siap untuk menikah dalam waktu dekat ini, apa hal ini bisa beresiko besar terhadap kemungkinan tumbuh nya kista?
    atas perhatiaannya saya ucapkan terima kasih dokter….

  17. 59
    Dr. Sukma Says:

    Halo Na,

    Anda baru 17 tahun. Dan sudah haid selama 3 tahun. Kondisi anda seperti yang ditulis, pada hemat saya masih tergolong normal. Sebaiknya ditunggu sampai usia 20 tahun, bila masih ngaco haid anda, sebaiknya kunjungi dokter SpOG. Ada variant normal dari kekacauan haid yang tidak perlu dicemaskan.

    Semakin anda cemas, semakin stress serta semakin jauh impuls saraf endokrin normal yang mengatur keseimbangan hormonal tubuh anda. Saran saya, pasrah dan serahkan kepada Yang Diatas sehinggga pikiran anda betul2 tenang. Maka haid anda akan datang secara teratur. Jadi buang jauh2 rasa takut dan cemas anda saat ini. Semoga berhasil..

  18. 58
    Na Says:

    Assalamualaikum dok,
    Umur sy 17thn,
    Tnggi 147 brt bdn 43kg,
    Dok,
    prtm sy haid wkt usia 14haid,
    Stp sdg haid prut sy trasa skt, n haid sy kdg2 tratur tp kdg2 jg tdk teratur,
    N skrg sdh 3bln sy tdk haid,
    Sy tkt bgd dok,
    Tkt ad kelainan pd tbh sy,
    Sbnrny ap yg trjd dg sy dok?
    N ap yg hrz sy lakukn agr haid sy lncar.
    Tlng d jwb y dok,
    Mkch
    n,n

  19. 57
    Dr. Sukma Says:

    Halo Maya,

    Kondisi anda saat ini, bisa hamil dan bisa tidak. Saran saya testpack sebaiknya diulang, selang dua minggu. Dan turunkan terus BB anda sampai mendekati normal. Sebab, pada wanita obese, biasanya agak susah hamil, akibat lemak di ronggga pelvis.

  20. 56
    maya Says:

    Dear Dr. Sukma…
    sy menikah 2 thn lalu tp blm dikaruniai momongan, sy+suami sdh berobat ke beberapa dokter dan dinyatakan baik2 aja tp blm ada hasilnya. Atas referensi teman (punya kasus yg sama dan berhasil hamil stlh ke dokter ini) bln agust sy ke dokter SpOG tsb, stlh di periksa menurut dokter kondisi rahim sy sehat, gak ada masalah dan gak perlu dikasih penyubur kandungan, sy hanya dikasih diane 35 (cmiiw)+pil KB utk 2 bln dan dianjurkan utk mengurangi karbohidrat krn BB sy memang meningkat sjk menikah.bln sept sy haid tgl.26, bln okt tgl.17 dgn volume darah haid spt biasa. stlh itu sy blm mendapat haid lg namun tgl.5,6,8 des ada bercak darah berwarna merah segar (muda)disertai rasa tubuh agak lemas+lelah, agak pening di pagi hari (bangun tdr) terkadang jg di jam2 tertentu, agak malas makan nasi, ada keinginan ngemil, kalo dimasukkan makanan ada rasa penuh di perut. sy pernah coba di testpack awal des tp hslnya negatif. payudara terasa penuh+mengeras, dan kadang2 terasa kram di perut terutama kalo agak bnyk bergerak. sy bngung sebenarnya ada apa dngn sy, apakh sy hamil ato ada permasalahan lainnya? terus terang nyampe saat ini sy blm smpat memeriksakan diri lg ke dokter. mohon bantuannya ya dok…

    terima kasih sebelumnya atas bantuannya Dr. Sukma…

  21. 55
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wiwi,
    Sepertinya haid anda yang tidak teratur itu disebabkan gangguan hormon. Karena sudah berjalan 2 tahun, sebaiknya kunjungi dokter SpOG karena perlu pemeriksaan kadar hormon estrogen dan progesteron didalam serum. Disamping tentunya harus dilakukan pemeriksaan dalam terlebih dahulu.

    Dengan demikian, saat anda menikah nanti, organ reproduksi anda sudah sehat dan adekwat untuk fertilisasi.

  22. 54
    Wiwi Says:

    Dear Dr. Sukma Merati

    saya 24th, siklus haid saya biasanya misalkan bulan januari banyak darahnya trus bulan februari cuma bercak saja Dok. Biasanya saya cuma pakai pantyliners saja (itu pun tidak penuh darahnya). Siklus haid saya yang seperti ini sudah berlangsung sejak kira2 dua tahun yang lalu. Saya pernah periksa ke Dokter umum tapi katanya tidak apa2 dan diberi vitamin saja.
    Untuk bulan oktober saya haidnya tanggal 22 trus untuk bulan november ini sampai hari ini blum datang Dok haid saya. Pernah selama 1 tahun haid saya benar2 sedikit Dok (cuma bercak2 darah saja).
    Apakah saya memderita suatu penyakit Dok? Trus apakah dengan kondisi siklus haid saya yang seperti ini, kelak saya menikah akan susah hamil Dok?

    Terima kasih,

    Wiwi

  23. 53
    ade Says:

    dok..maaf nih saya nanya lagi, waktu ini saya dikasi obat oleh bidan, kata bidannya, istilahnya itu pil untuk mengecek ada tao tidaknya kelainan.klo selesai minum obat ini belum mens juga, mau dikasi resep, tetapi saya mens setelah meminum obat itu, mau mens..
    dok saya takut sebenarnya, apa saya ada gimana2,
    mohon maaf dok, daya banyak nanya, he…

  24. 52
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lily,

    Saran saya sebaiknya ditunggu adaptasi yang sempurna dari kondisi fisik dan emotional anda terlebih dahulu. Mungkin diperlukan waktu satu tahun penuh, dimana tubuh anda akan mulai beradaptasi dengan setiap musim dari ke-empat musim tsb. Biarkan tubuh dan organ dalam anda menyesuaikan diri secara natural dan alami. Enjoy segala sesuatu yang baru disekeliling anda. Salju, pohon-pohon pinus, bunga-bunga di musim spring, dst. Bila anda merasa bahagia lahir dan bathin, saya yakin pada saat itu anda akan segera bisa hamil.
    Amien..

  25. 51
    lily Says:

    halo dokter sukma..

    saya baru aja pindah ke luar negeri 3 bulan ini (di negara 4 musim dgn iklim dingin)..
    haid saya sejak dulu memang tidak teratur dan siklusnya cenderung panjang (antara 35-45 hari), dan sejak kepindahan saya kesini siklusnya malah jadi semakin pendek (jarak antara haid terakhir ke hari pertama haid berikutnya kira-kira 2 minggu)..

    kenapa ya dok? apa ada hubungannya dgn kepindahan saya kesini?

    oya dok, saya juga sudah menikah 2 tahun lalu, tp hingga saat ini belum dikaruniai momongan.
    sudah diperiksa ke SpOG dan dua-duanya tidak ada masalah(masalahnya memang haid saya ini saja yg kurang teratur, sayangnya saya blm sempat terapi hormon)..

    mohon penjelasannya dok..

    terimakasih banyak :)

Pages: « 59 … 7 6 5 4 [3] 2 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe