resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 47 46 45 [44] 43 42 41 … 1 » Show All

  1. 1100
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nuning,

    Anda kan baru telat 2 minggu, jadi meskipun hamil test pack belum akan memberi reaksi positif. So, sebaiknya test diulang 2 minggu lagi bila belum haid juga. Selebihnya santai aja, apapun nantinya hasil test pack sama baikinya bagi anda dan suami. Sebab anda masih sangat muda, masih banyak waktu untuk mempunyai momongan. Kalau boleh saya sarankan, agar bila mau hamil nanti saja setelah usia 20 tahun.

  2. 1099
    nuning Says:

    Hai dok,saya nuning usia sy 18th sy sudah menikah.saya pd 2bln kebelakang slalu over quantity pd masa haid sy..dan saat ini sy brhub intm dg suami pd saat masa subur dan pd saat ni sy telat haid slma 2minggu namun saat sy tes d mlm hr hslnya ngtf..kira2 apa pnybb saya telat haid ya dok?mksh

  3. 1098
    vera Says:

    dok sya gadis berusia 22 thn,prtama dpt mens kls 5sd pd awal’a lancar namun dr sy smp mens jrg teratur,hingga skg pun jrg teratur,tiap bln bkn darah yg keluar melainkan bercak cokelat,kira2 bahaya ga dok apa yh sya alami dan sya btuh info kira2 biaya pemeriksaan k dok SpOG brp dok???trims to info’a

  4. 1097
    oneng Says:

    saya seorang ibu rumah tangga yang bekerja saya menikah sudah 1th. saya mengalami haid yang tidak teratur dan jaraknya sangat lama kira2 2smpi 3 blan sekali dn itu saya alami dari semenjak saya remaja.dan setelah menikah saya jarang keputihan. mohon penjelasannya ya dok….. terimakasih banyak.

  5. 1096
    lia Says:

    Terimakasih banyak atas penjelasan dokter sukma yang baik..Saya agak sedikit was-was takut kenapa2 dgn rahim saya.Sekali lagi terimaksih ya dok,penjelasannya sangat membantu.. ^__^

  6. 1095
    desy Says:

    Ass dok…
    umur saya 20thn,saya prtama kali haid umur 11thn.
    wktu SMP saya pernah haid slama 3bulan,,setlah itu saya tdk haid selama beberapa bulan…
    sekitar beberapa taun haid saya mulai lancar lagi,,,
    tp akhir2 ni haid saya tidak lancar lagi…
    apa itu berbahaya Dok?
    Sebaiknya apa yg saya lakukan supaya haid saya teratur lagi?
    terima kasih…Wss

  7. 1094
    Dr. Sukma Says:

    Halo Lia,

    Pendapat saya anda tidak hamil, hanya datangnya haid setelah IUD dilepas perlu adaptasim karena sudah terbiasa rahim berkontraksi karena adanya IUD, maka saat tanpa adanya IUD didlm rahim, maka perlu waktu untuk mengakifkan kembali konraksi otot rahim tanpa IUD. So, sebaiknya wait n see, haid anda pasti akan datang ASALKAN tidak ada lagi hubungan sex setelah yang anda tulis tsb. Saran saya, sebaiknya IUD dipasang lagi yg baru, setelah nyeri panggul anda hilang. Karena sudah terbukti bagus dan dapat diandalkan sbg alat kontrasepsi dan juga regulator siklus haid, OK.

  8. 1093
    lia Says:

    Mohon penjelasannya dok…2 minggu yg lalu saya lepas IUD.Haid terakhir tgl 3/5 selesai 10/5.Sebelum lepas kata dokternya posisi IUD agak turun.Saya lepas IUD karena keluhan nyeri di bagian perut sebelah kiri.Dan di sarankan papsmear,tp hasilnya belum keluar.Yang jd pertanyaan saya adalah sampai saat ini saya belum dapet haid.Haid saya teratur ketika memakai IUD tp setelah lepas belum dapat haid.Payudara saya mengeras tp g mual2 dan g cepet lelah.Apa setelah lepas IUD mempengaruhi siklus haid?Sebelum lepas IUD tgl 23/5 berhubungan dg suami.Lepas IUD tgl 26/5.Dan belum priksa lagi.Terimakasih dokter,mudah2an saya mendapat pencerahan dari dokter.

  9. 1092
    Putri Says:

    Dok , saya wanita berumur 18 tahun pernah berhbungan intim dgn pacar saya , tapi tidak mengeluarkan sperma didalam . saya haid terakhir tanggal 21 april tapi sampai tanggal 8 juni (sekarang) saya belum juga haid . 3 hari yg lalu saya tespek dan hasilnya negatif . Seharusnya saya haid tgl 21 mei kemarin kan dok? Tapi sbelum haid datang ini saya selalu mengeluarkan keputihan yg pekat dan berbau , apa penyebabnya dok? Apa keputihan bisa menghambat haid ?
    Apa dengan meminum em.kapsul saya bisa haid karena bila dihitung saya sudah telat 19 hari baru meminum em kapsul? Tolong ya dok sarannya. .

  10. 1091
    chusnul Says:

    Selamat siang dok.

    haid terakhir saya tanggal 18 mei s/d 23 mei 2011, dan tanggal 31 mei 2011 keluar lendir bening bercampur darah sedikit, dan menurut dr. kandungan saya itu karena pengaruh hormon saya yang tidak stabil karena kista. tanggal 1 juni s/d 3 juni tidak keluar tapi perut saya tiba2 rasanya di tusuk2 jarum dan rasanya sakit dan hilang2 sendiri tapi tanggal 4 setelah berhubungan keluar darah lagi flek merah mudah dan sedikit darah. samapi sekarang tanggal 5 juni masih begitu. apakah laktacid gel tepat untuk pengobatan tsb

    terimakasih

  11. 1090
    Vina Says:

    dok, aq sudah menkonsumsi dulcolax selama sekitar 7 bulan.. minumny tidak setiap hari.. antara 2-3hari.. apakah berbahaya? perlukah aq memeriksa k dokter? bagaimana carany supaya usus tidak malas lg?..

  12. 1089
    susan Says:

    dok saya mau tanya apakah paskah operasi kista ovarium bilateral,,dan semua jaringan telah diangkat…masih bisa haid…

  13. 1088
    ning suci Says:

    Pagi dok, saya mau bertanya sedikit tentang nyeri pinggang dan demam yang saya alami beberapa hari terakhir ini…
    Umur saya 27thn dan saya ibu dr 1 anak (16bln).. Sejak agustus tahun lalu saya memutuskan untuk memakai alat kontrasepsi “nova T” awalnya tidak ada masalah sampai kmarin, setelah saya selesai haid (haid terakhir tgl 20 mei 2011)…sampai sekarang masih keluar seperti bercak darah atau lendir seperti keputihan (yg saya ketahui pada saat BAK), hampir setiap BAK lendir itu selalu keluar… Tetapi tidak berbau..

    Sudah beberapa hari ini pula (berbarengan dgn demam yg saya alami) setiap tidur malam, pinggang terasa sangat sakit, bahkan untuk menarik nafas panjang saja sy tidak bisa.

    Saya sudah periksakan dan cek lab pun hasilnya ternyata negatif semua… Yang ingin saya tanyakan, apakah ini ada hubungannya dengan alat kontrasepsi yg saya gunakan dok…?

    Mohon penjelasannya, terima kasih banyak sebelumnya dok….

  14. 1087
    siska Says:

    ass..dok maf saya mau konsul ni,,, dulu sewaktu ertama haid semua normal2 aj serta haid saya teratur namun 3 bulan terahir, haid saya mulai tidak teratur bahkan dalam sebulan saya haid samai 3 kali,, mohon bantuannya kira2 adakah masalah yyang setrius di diri saya dok,,, mohon bantuannya,, trimakasih bantuannya

  15. 1086
    desy Says:

    ass..dok..
    umur saya 21thn,prtama kali haid saya kls 5SD
    Wktu SMP saya pernah haid selama 3bulan..hbs itu haid saya g teratur..kdg haid..kdg g haid smpe berbulan2…
    sbnrx itu baek g buat ksehatan?dan sebaekx ap yang saya lakukan supaya haid saya lancar?

  16. 1085
    Louisa Says:

    Malam dok, maaf mengganggu.
    Umur sy 23th, dari pertama haid (usia 11th), tiap kali haid hanya keluar flek2 hitam, dan itu terjadi sampai saat ini.
    Sy sudah beberapa kali periksa k dokter kandungan & USG, hslnya tidak ada kelainan d rahim sy. Dokter hny mengatakan faktor hormonal & memberikan sy obat cyclo progynova & diane(dokter berbeda). Stlh minum obat tsb selama sebulan, haid sy lancar. Setelah itu haid sy kembali seperti semula, hanya keluar flek hitam sj.

    Siklus haid saya lancar, tiap bulan selalu haid, tapi hanya mengeluarkan flek2 hitam sj & itu sudah terjadi bertahun2.
    Berbagai cara sdh sy lakukan, mulai dr pergi k dokter kandungan sampai dg cara tradisional pijat refleksi.
    Mengapa bs begitu ya dok? Sy takut nanti tdk bs memiliki keturunan. Mohon saran dari dokter, apa yang harus saya lakukan. Terima Kasih.

  17. 1084
    sumi Says:

    siang dok…,
    sy sdh mnikah 2th dan blm dbri momongan,sy sdh tlat haid 2bln 13hr.tgl 18may yg llu sy USG transvgnl dan ternyat ada kista di ovarium kanan dgn ukrn 3,2cm x 3,2cm dan endometrium 1,2 cm.krn sblm USG sdah mngkonsumsi Fundamine-E dan Folavit mk olh dokter kndngan sy hny diberi resep Norelut sja.setlah 10hr mnum Norelut,Fundamine-E dan Folavit,akhirnya sy haid jga. yang ingin sy tnyakan :
    1.apa kista sya msh dalam ukuran normal?
    2.apa boleh resep obat tersbut sy terus konsumsi?(pdhl sy sdng haid)
    3.maknan dan mnuman apa yg hrus dihindari agr kista tdk brkmbang?
    4.brp ukran endometrium yg normal?
    5.apa hnya dengn 1 siklus haid lpisan endometrium akn kmbali normal?
    terima kasih ats srn dan nasehat,dokter.

  18. 1083
    ima Says:

    Yth,,Dokter Sukma, aq gadis berumur 19. aq punya masalah dgn haid yg sangt tdk teratur. awal haid dlu teratur. setelah msk smp udh mulai tdk teratur. kdang 3 – 4 bln baru haid. semakin lama haidx 7 bln sekali slama 4 – 5 hari. dan skrg aq haidnya 1thun sekali. aq udh periksa k dokter kndungan. tp kta beliu rahim aq baik. trz d ksi obat pelancar haid REGUMEN. Trz aq haid tp bln beriktx tdk haid lg. apa yg bermasalah ya dok.aq tkt klak aq berkeluarga tdk dpt mempunyai keturunan mhn penjelasannya.

  19. 1082
    Andin Says:

    Dok.. Assalamualaikum.
    Saya mau tanya apakah postinor 2 dapat menyebabkan gemuk? Atau gangguan bahaya pada tubuh? Dan apakah benar dosis nya max 72 jam lalu stlah minum pil prtama minum pil ke 2, 12 stlah pil prtama?

  20. 1081
    rani Says:

    Slm knl Dok,pernalkan nama saya rani. Umur 33 thn,sdh mnkh 2thn 7bln,tp sampai skrg blm di karuniai baby,yg ign sy tnykn dok,di mulai dr thn 2007 haid saya tdk teratur,saya sdh prg ke beberapa dr spesialis kandungan,tindakan yg di lakukan hny sebatas usg dan hasilnya bgs,setiap saya tdk haid saya ke dr dan sll di berikan obat penambah hormon,bln kmrn saya ke dr,di berikan obat penambah hormo,dan bulan ini haidku banyak sekali..bahkan saat ini sdh 10 hr,apa kah itu ada pengaruh dari obat dok,apa kah saya msh bs hamuil?? Apa yg hrs aku lakukan,mengingat umur saya semakin tua.mohon sarannya dok. Teri makasih

  21. 1080
    ellis Says:

    Ass. Doc.
    Doc…sy seorang istri umur 29th, sy suka telat haid sampai 4-5 bln baru haid…..sedangkan sy tdk pernah ikut KB…apakah bisa membahayakan dok………makasih.

  22. 1079
    Nida Says:

    to the point ya Dok.
    saya nida, umur 17 tahun. pertama kali saya haid pada usia 12 tahun. namun pada tahun kedua, haid saya mulai tidak lancar. taun kemarin saya pernah tidak haid selama 4 bulan, dan sekarang sudah 3 bulan belum haid juga. lancar 2 bulan, tapi k sananya g teratur lagi. pnybabnya apa ya Dok? apa itu berbahaya untuk remaja seusia saya?
    mksh Dok.. :)

  23. 1078
    rere Says:

    Dokter kenapa setelah mengikuti program kb suntik istri saya menstruasinya tidak teratur kadang kadang sampai 20 hari

  24. 1077
    Dr. Sukma Says:

    Halo Beni,

    Terus terang sebenarnya saya MALAS untuk menjawab pertanyaan anda dan pertanyaan lain yang sejenis. Sepertinya anda dan pacar anda sudah yterlalu jauh melangkah sampai ke arah ‘pergaulan bebas’. Semestinya hal spt yang anda lakukan bersama pacar baru diizinkan oleh agama apapun SETELAH anda berdua rersmi menjadi suami-isteri. Now, karena sudah terjadi maka sy harap kejadian berhubungan sex pra-nikah dihentikan. Agar anda yg masih sangat muda tidak stress memikirkan hal2 yg seharusnya BELUM pantas anda rasakan..

    Pertanyaan anda sy jawab : bila terjadi perdarahan kemungkinan terbesar masa HAID. Sehingga tidak akan mungkin terjadi kehamilan

  25. 1076
    beni Says:

    sebelum saya minta maap yg sebesar2nya,ada yg terlupa,umur pacar saya 16,sedangkan saya 21,terima kasih dok

Pages: « 59 … 47 46 45 [44] 43 42 41 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe