resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 50 49 48 [47] 46 45 44 … 1 » Show All

  1. 1175
    dian Says:

    siang dok,
    saya dian, usia saya 22 tahun.
    saya mau tanya, sudah 2 bulan saya tidak menstruasi, dan pada vagina saya muncul jerawat, terkadang terdapat keputihan (bening), beberapa bulan yg lalu saya sudah d’USG n menurut dokter itu normal n tidak ada kelainan pada kandungan saya, apa yang mesti saya lakukan agar menstruasi saya kembali normal?
    mohon dibalas dok,
    trimakasih dok

  2. 1174
    Niezha Says:

    Slm kenal dok,,,
    dok sy sdh 2thn lbh menikah,tp blm jg d karuniai anak,sy tdk brani untuk periksa k doktr soalnya sy tkt sy mempunyai penyakit atau sbagainya,,soalnya dr pertama mengalami menstruasi smp skrg siklus haid sy tdk teratur,tdk bs d hitung kpn dtg haid,juga terkadang berbulan bulan tdk dtg haid,,itu terjadi sbelum dan sesudah menikah,,jd sy hrs bgaimana?apa sy bs mempunyai anak?sy sangat mengharapkan skali jawabannya,
    terima ksh.

  3. 1173
    Dillon Conradt Says:

    I would advise to use plugins that add excellent meta tag outline to your source code. Robots prefer googlebot don’t necessity any tags for robots to spider your web page adequately.

  4. 1172
    Stacey Hartless Says:

    Hey quite nice weblog!! Man .. Stunning .. Astounding .. I will bookmark your blog and get the feeds
    also…

  5. 1171
    Norris Hodgeman Says:

    It’s uncommon for me to find something on the web that is as engaging and fascinating as which you possess got right here. Your web page is sweet, your graphics are wonderful, and what’s much more, you use reference which are applicable to which you’re saying. You’re absolutely one in a million, stellar job!

  6. 1170
    Keturah Mccarvy Says:

    I’m acquiring a javascript error, is anyone different?

  7. 1169
    icha Says:

    dok sya icha 14th,sya prtama mens maret 2010 wktu sya umur 13th,sya tlat mens 1th dan sya mens lagi pd blan fbruari,stlah umur sya 14th dan smpai skrang sya blum mens lagi,sya udh tlat 5 bulan,apa brbahaya ?
    dan bgaimana agr mens lancar stiap blan ?
    tlong jwab ya dok.

    mkasih

  8. 1168
    louren Says:

    saing dok, usia saya 24 th belum menikah.
    bulan ini saya mens gak seperti biasanya…
    bulan ini mens saya bnyak bgt n satu minggu padahal biasanya cuma 3 hari aja.
    nah trus stelah mens 2 hari sesudah itu, saya mengeluarkan flek coklat pekat dan bau banyak sekali da 4 hari ini, bawah perut saya bagian kiri jg sempat trasa sakit seperti disayat n kram. tu kira2 knpa y Dok?pa rahim saya brmasalah?

  9. 1167
    icha Says:

    dok saya icha 14th

    dok saya mndpat mens pda umur 13th ,pda blan mret,,sya tLat mens 1 thun,dan saya mens kedua pda Fbruari saat umur sya 14th,dan smpai skarang sya bLum mens yg ketiga kLinya,bru dua kali sya mens,apa brbahaya ?
    dan bgaimana agar mens stiap bLan ? tlong jwab ya dok,sya mhon,sya tnggu scepatny,,klau bsa sya mnta no HP dkter .
    mkasih

  10. 1166
    DEWI Says:

    PAGI DOK ,SAYA DEWI UMUR 20 TAHUN BULAN INI SAYA MENGALAMI MENSTRUASI 2 X,,PADA TGL 6 -10 JULI,DAN TGL 29 JULI INI JUGA SAYA MENSTRUASI,,BAGAIMANA KEADAAN SAYA DOK APAKAH ITU MASI NORMAL .TAKUTNYA SAYA GAK BISA PUNYA ANAK
    TERIMAKASIH

  11. 1165
    anugrahini Says:

    siang dokter,
    usia saya 24 tahun…(belum menikah)
    mens saya dari dulu gak pernah tratur,n cuma 3 hari aja, nah bulan kmarin saya mens sampai 5 hari,& darahnya banyak sekali yg kluar, perut saya juga sakit sekali gak seperti biasanya. Setelah brenti mens jangka waktu 3 hari, keluar flek coklat pekat hampir kehitaman, bau tidak enak awalny kluar flek sdkit sudah 3 hari fleknya brtambah banyak smpai sekarang. sempat jg kemarin saya merasakan bawah perut bagian kiri sakit luar bisa sperti disayat,dicengkram. kira2 tu knp y dok?
    saya takut trjadi sesuatu

  12. 1164
    Dewi Says:

    Salam kenal dok,
    Saya mau tanya. Saya sdh 1 tahun menikah dan sampai skrg blm jg dikaruniai anak. 4 bulan lalu saya mencoba berobat ke dokter kandungan. pada bulan pertama saya diperiksa rahim, katanya rahim saya bagus. saya hanya diberi vitamin e, namanya enat 500. bulan berikutnya saya datang kembali dan kembali diberi enat 500, ditambah obat penyubur saya lupa namanya. obat penyubur itu diminum setelah 3 hari mens selama 5 hari.tp sampai skrg tdk ada hasil. jd saya tidak lg ke dokter tsb.kecuali pada saat mens bulan Juni 2011 lalu saya mengalami flek coklat selama 3 hari pd tanggal 19-21. lalu pada tanggal 21 pagi saya mengalami sakit sprt pd saat haid, lalu saya mendapat haid lebih kurang 2 hr. perlu dokter ketahui, dari pertama saya mendapat haid selalu teratur n hanya 2 kali mengalami sakit pd saat haid. kurang lebih 6 bulan sebelum menikah, saya mulai mengalami gangguan haid. biasanya saya mendapat haid selama 4-6 hari, tp sekarang hanya 1-3 hari. bahkan bulan ini saya hanya 2 hari, yaitu mulai tanggal 19 – 20 Juli itupun hanya 1 hari yg banyak.oh ya, haid saya setelah menikah berkisar antara tgl 17 – 21 tiap bulan. yang ingin saya tanyakan, apakah lama haid saya tsb berpengaruh terhadap kesuburan saya ? apa yg harus saya lakukan dok? sebagai tambahan informasi, suami saya blm pernah diperiksa, dan dia adalah perokok berat. atas jawaban dokter, saya ucapkan banyak terima kasih.

  13. 1163
    nurul Says:

    dok, mau tnya, akhir2 ini sy kok haid bru jrak 1 mnggu stelah hari terakhir haid tp sy haid lgi, tp haid’y sya brcak2 coklat sja.
    kira2 sbab’y apa y dok?
    sya takut skali dok. trims

  14. 1162
    Rika Says:

    Hai dok, sy mahasiswi usia 20thn..

    Biasa na sy haid tiap tgl 21, tp bln lalu sy haid tgl 22. Dan bln ini sudh tgl 26 sy blm haid, tp nyeri n kram d’perut sudah terasa sjak tgl 22. Ini knp y,,?

    G’ biasa na begini,,

  15. 1161
    ana Says:

    salam kenal doc…umur saya 25 tahun…haid saya lancar2 aja dok,g ada masalah sejak awal pertama haid (kelas 2 smp)…yang membuat sy ragu&bimbang, tubuh &wajah sy ditumbuhi bulu2 halus sprti di tangan,lengan,punggung,dahi,janggut dan kumis,yg sy sadari slama 2 bulan ini ujung bulu kumis sy trlihat jelas&panjang saat saya bercermin scr dekat..
    1.apakah keadaan kandungan sy normal dok?
    2.apakh tumbuhnya bulu kumis dmpak dari kosmetik (kream malam&sunblok)yg selama 3 bln ini sy pakai..
    3.menurut dokter kecantikan sy, bertambahnya kumis bukan krn kosmetik namun pengaruh nutrisi yg terlalu baik& hormon testosteron..apakah penjelsan itu benar dok?trim’s

  16. 1160
    Grace Says:

    Selamat sore Dok..
    Sy usia 32thn.. Tb:150,bb:57kg. Sy sudah menikah sejak desember 2010.. Yg ingin sy tanyakan, sejak sekitar 4 bulan yg lalu haid sy selalu telat sekitar seminggu dan berlangsung utk setiap bulannya. Jadinya selalu berharap hamil tetapi haid kemudian dtg. Terakhir haid tgl 5 – 9 juli. Pada haid hari pertama sy mengalami kram perut sampai harus mengkonsumsi obat anti kram haid yg dijual dipasaran dan sembuh hari itu juga. Tetapi 2 hari terakhir ini sy mengeluarkan lendir seperti selaput yg terkelupas berwarna coklat. Itu karena apa ya Dok? Tambahan info sy mengkonsumsi susu persiapan kehamilan sudah satu bulan ini. Tolong Dok.. Apa penyebab lendir coklat ini dan berbahaya? Terima kasih Dok..

  17. 1159
    yani Says:

    MLM DOK, bagaimana cara biar haid datang setiap bulan,soalnya 7 bulan kebelakang mens sya 2 bulan sekali, trus kta bidan biar mens tiap bln minum kb pil, bisa ga dok? mohon di jwab

  18. 1158
    Dr. Sukma Says:

    Hai Linawati,

    Tidak ada kaitannya antara operasi sterilisasi dengan adanya kista. So, pertanyaan anda gak relevan. Seolah mencari kambing hitam penyebab timbulnya kista. Operasi sterilisasi biasanya mengangkat tuba atau saluran telur, sehingga telur yg matang tidak bisa dibuahi oleh sperma, kartena tuba sudah diangkat.

    Kista didalam ovarium bermacam-macam : berisi cairan bening, berisi massa berlendir spt ingus, mengandung jaringan endometrium sehingga menimbulkan rasa nyeri disekitar massa haid, dst dari USG dapat diketahui ukuran dan jenis kista secara garis besar. Detilnya baru ketahuan setelah diperiksa histoPA.

  19. 1157
    linawati Says:

    sore bu dokter,,,,,
    saya mau tanya,,,,,,,,,
    ibu saya dulu operasi steril,setelah 2tahun operasi ibu saya mens tidak teratur,dan kadang-kadang mandadak sakit perut,,,ternyata setelah cek ke dokter,ibu saya punya penyakit kista,,,,
    pertanyaan saya apa setelah operasi steril slalu mengidap penyakit kista….

  20. 1156
    Angelyne Says:

    Dokter Sukma yg baik,sy ingin brtnya..sy gadis brusia 20thn.dr umur 13thn sy sdh mndapat mens yg prtma.tapi mens saya tdk perna tratur.selama bbrapa tahun ini sy jarang sekali mndapat mens setiap bln brturut2.mens sy 3-4bln skali.lamanya mens 3-7hr.slain itu pndarahannya jg tidak bgtu banyak.sy jd bingung dan khawatir.kondisi fisik sy tggi: 155cm,dan BB: 42kg.
    Apa yg trjadi pd saya?saya sdh brkonsultasi dgn byk dokter+pngobatan tradisional,namun tetap saja sama.sy akan mens stlh d beri obat,jika dihentikan 2bln slnjutnya kembali lg spti ini.kt dokter yg trakhir ad mslh dgn sistem hormon sy,tp sy bingung cara pngobatannya,krn obat yg dberikan sllu sama.
    Bagaimana ya dok?ada saran utk sy.krn usia sy jg sdh trgolong dwsa,sy takut jika ini mngganggu ksuburan saat sdh mnikah nnti.mohon d jawab ya dok.terima kasih..

  21. 1155
    dea Says:

    Selamat Pagi Dok,saya mau tanya bulan juli ini saya berhubungan badan tiga kali,tanggal 4,5 dan 8 juli, bulan kemarin saya mens tanggal 18 juni,kemudian dari tanggal 15 juli sampai sekarang tanggal 21 juli saya mengalami flek coklat, setelah di testpack hasilnya negatif,dan periksa ke dokter pun katanya belum bisa memastikan saya hamil atau tidak,apa sebenarnya yang terjadi pada saya Dok?,sewaktu periksa dokter saya diberi obat Primolut N…terima kasih sebelumnya Dok

  22. 1154
    iswan Says:

    malam dok, istri sy sdh satu tahun ini belum haid, apa itu penyakit dan apa obatnya, sekedar informasi kami mempunyai 2 anak, sejak kelahiran anak kami yg kedua tgl 10-9-2009, istri sy suntik KB selama satu tahun yg berakhir bulan 6 2010 kemarin, trims ..

  23. 1153
    icemacan Says:

    dok saya berusia 21 tahun dan dalam waktu dekat akan menikah,,,yang saya takuti mens saya sampai 3 mminggu lebih kok belum berhenti2 y dok, biasanya saya delep tapi akhir2 ini semenjak mens saya sampai 3 minggu lebih saya tidak merasakan delep dok, apa yang terjadi dengan mens saya y dok???? tolong di balas y dok :)

  24. 1152
    adah Says:

    doc…..
    saya period sekitar 40 hari…….tapi bulan ini period saya tidak teratur…hanya setitik dua…..tapi tanda period seperti sakit perut ada…..apa maknanya ye…..

  25. 1151
    ririn Says:

    halo dok saya ririn..umr saya 24 taun..2 buln yg lalu saya sempat ga dpet 2 buln tp buln berikutnya saya mens tdk teratur..kdang flek doang..tp sebuln ini saya mens bnyak bgd..kurg lebih 2 minggu..mohon penjelasannya dok..mksh

Pages: « 59 … 50 49 48 [47] 46 45 44 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe