resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 8 7 6 [5] 4 3 2 … 1 » Show All

  1. 125
    Anonymous Says:

    Dok.
    Saya masiH berusia 18thn,tapi,beberapa hari ni memang saya sedikit da masalah.terus,waktU saya halangan,saya telat 2 hari,setelah itU,saya masiH tetap halangan hingGa hari ke14,padahal,biasany saya halangan maksimalnya 7 hari dok.tapi sekarang sudah hampir 15 hari,halanganya juga belum selesai dok.memang setelah 7hari saya halangan,warna haid nya itU kuning2 atau puTiH2 atau cokLAt2,tapi berlendir dok.toloNg petUnjuk dan saranya ya dok.makaciH.

  2. 124
    Ny Jauhar Khanafi Says:

    Pagi dok, trims atas jawaban kemarin,tp sy belum jelas kenapa pada bulan ini sy dapat haid 2x pd rentan waktu yg sangat singkat,memang siklus haid sy pendek. Sy minta penjelasan dan solusi.Terimakasih.

  3. 123
    iwan Says:

    dok,mohon penjelasannya ttg pertanyaanku(post 119)
    q btuh pertimbangan dr dokter. mksh sblmnya..

  4. 122
    Dr. Sukma Says:

    Halo ny. Jauhar,

    Pada akseptor KB suntik yang sudah dijalani selama 7 tahunan akan memerlukan waktu cukup lama, bisa sampai satu tahun untuk bisa memperoleh keturunan kembali.
    Hormon dalam tubuh memerlukan penyesuaian, setelah suntikan hormon yang diberikan rutin setiap 3 bulan sekali tsb dihentikan.

  5. 121
    Dr. Sukma Says:

    Halo Wina,

    Itulah, haid pada wanita sangat dipengaruhi oleh pikiran. Karena kelenjar epifise yang menghasilkan TSH adanya di organ otak kita.

    TSH penting untuk terjadinya pematangan sel telur yang nantinya siap dibuahi.

    Jadi take no action. Just wait and see… Haid anda akan datang setelah pikiran tenang.

  6. 120
    Ny jauhar Says:

    Asslm dok, sy ibu muda ( 25 th),tp sy sdh pny seorang putra (7 th) dan selama itu sy suntik bulanan,dan planning mau hamil lg sdh 4 bln tdk kb,biasanya haid sy normal tp bulan ini sy sdh dapat 2x haid (tgl 1 dan 12 feb). Dok apa sy harus konsultasi? Maaf dok saya ingin menambhkn sy ikut program Food combining selama 2 th, dan krlebih sdh 1 minggu lari pagi ( sy bertmpttnggk di sala). Yg ingin sy tanyakan kenapa siklus haid sy tiba2 berubah? Apa kemungkinan ada penyakit stlh lama KB?

  7. 119
    iwan Says:

    mlm dok!!
    mau tny,mohon penjelasannya,
    kmrn q m pcrku petting(oral)
    kami berciuman sesaat stlh pcrku meng “oral” mr. P ku(saat itu aq blm ejakulasi)
    kemudian aq giliran mengoral dia,
    q prnh bc artikel bhw ketika terangsang pria sdh mengeluarkan pre mani yg jg mengandung sperma,kami kan berciuman,
    apakah air liurku saat mengoral dia bs mengandung sperma??apakah tu kemungkinan bs membuat hamil??ato hal2 berbahaya lainnya(PMS)??mohon penjelasaannya
    mksh dok….

  8. 118
    wina Says:

    dear Dr. Sukma..

    Saya wanita berusia 22 tahun dan masih belum menikah.. Biasa nya mens saya teratur, terkadang bisa telat sampai 1 minggu jika lg stress misal ujian atau banyak pkiran.. Terkahir saya mens di tanggal 26 december.. Sampai hari ini tgl 11 Februari saya belum juga mendapatkan haid.. padahal hal ini belum pernah terjadi (sampai sekian lama)… tetapi waktu skitar akhir januari saya mengeluarkan flek2 cokelat bercampur merah selama skitar 1 minggu ( flek tampak sperti kalau mau mens tetapi jumlah nya lebih banyak, namun untuk di bilang mens pun terlalu sangat sedikit )..

    Yang mau saya tanyakan, apakah normal dok? karena saya ga pernah telat ampe lama gini.. saya jadi bingung… apakah karena hormon saya kurang stabil? saya minta saran dari dokter.. Terima kasih..

  9. 117
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nungky,

    Anda berusia 39 tahun. Tergantung sifat genetik dalam keluarga, terkadang seseorang sudah mulai menopause pada usia 45 tahun. Namun ada juga yang 55 tahun baru mengalami menopause.

    Jadi boleh dibilang anda memasuki masa perimenopause. Biasanya terjadi kelabilan hormon saat perimenopause. Organ reproduksi anda mulai mengadakan adaptasi terhadap semakin berkurangnya kadar estrogen yang terkadang menimbulkan ketidak seimbangan antara hormon estrogen dan progesteron.

    Kesimpulan saya, keluhan anda itu wajar, biarkan saja berjalan secara alami. Don’t worry nothing bad will happen..

  10. 116
    nungky Says:

    o ya dok..ada yang terlewat..
    munculnya flek tidak setiap saat/tidak setiap hari setelah hari ke 6 yang saya pikir sudah selesai haid..saya sudah kembali sholat dan sempat 2 kali berhubungan badan…
    Terima kasih ya dok…

  11. 115
    nungky Says:

    Dokter Sukma…
    Terima kasih banyak atas jawaban untuk pertanyaan saya (posting 106). Baru kali ini saya konsultasi by internet dah mendapat jawaban, dalam waktu yang cepat pula.
    Tapi masih ada kekuatiran saya dok…karena haid saya tersebut (seperti yang sudah saya ceritakan di posting 106) tidak seperti biasanya…tidak sebanyak biasanya dan cenderung berwarna merah kehitaman. Haid tersebut berhenti kurang lebih di hari ke 6 (biasanya cuma 4-5 hari), namun sampai sekarang (hari ke 12) kadang-kadang masih muncul flek/bercak coklat dan kadang merah kehitaman. Kenapa ya dok…saya kuatir sekali karena tidak pernah mengalami hal ini.
    Sebelumnya. makasih banyak ya dok…

  12. 114
    Tio Says:

    Hallo Dok,

    Beberapa hari lalu calon mertua saya mengalami serangan stroke ringan, sehingga harus dirawat di RS. Bicaranya jd agak susah dan kurang jelas. dan menurut dokter disana, yg diserang syaraf tenaga. jd badan terasa lemas.
    yang saya mau tanyakan, apakah ada terapi yg dpt dijalankan agar bicaranya kembali normal…
    Saya minta sarannya Dok…

    terima kasih

  13. 113
    Dr. Sukma Says:

    Hai Bowo,

    Yang saya tahu manjur untuk panu/ infeksi jamur adalah Daktarin topical Cream/ointment.

  14. 112
    Bowo Says:

    Salam kenal dok,

    saya ingin minta referensi obat panu yg manjur untuk tubuh dan wajah. karena saya sdh coba obat2 yg beredar di pasaran, tp blm ampuh juga. smoga dokter dpt membantu saya.

    terima kasih

  15. 111
    Dr. Sukma Says:

    Hai Carlo,

    Soal dimana SpOG yang baik dikunjungi, itu relatif. Artinya kalau waktu anda sempit, beaya tidak masalah, sebaiknya anda ke praktek swasta/ sore.

    Bila anda cukup waktu untuk antri, sebenarnya di RS pendidikan seperti RSCM, itu sangat bagus. Karena kwalitas pemeriksaan dan SDM-nya adalah tenaga dosen dan residen, yaitu dokter yang dalam pendidikan untuk menjadi spesialis. Kalau terjadi apa2, di RS pendidikan peralatan dan tenaga akhlinya lebih lengkap.

  16. 110
    carlo Says:

    dok,dimana saya bisa bawa pacar saya untuk cek SPOG..?
    rumah sakit?
    atou dokter klinik?

  17. 109
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fafa (posting 108),

    Gampang saja. Haid yang lancar akan terjadi pada tubuh yang sehat. Jadi agar haid selalu lancar, usahakan agar kondisi badan selalu sehat.

    Caranya : makanan bergizi, cukup olah raga dan cukup istirahat (tidur 8 jam dimalam hari)dan hindari stress. Nanti dengan sendirinya akan terjadi perbaikan disegala aspek, seperti : metabolisme, impuls dan reaksi saraf menjadi baik, perbaikan jaringan rusak atau hampir rusak akan terjadi dengan sendirinya. Termasuk haid anda akan normal dan lancar secara fisiologis.

    Minum suplemen pelancar haid rasanya hanya iklan..

  18. 108
    Anonymous Says:

    dear,Dr.sukma
    salam kenal …
    sy fafa ,20 tahun
    saya mw tanya ..
    dok, gimana sih biar haid kita lancar???
    adakah suplemen khusus ato obat yang aman??

  19. 107
    Dr. Sukma Says:

    Hai Nungky,

    Perdarahan yang terjadi dapat disebabkan berbagai hal : akibat postinor 2, akibat kelelahan terutama fisik, akibat hormon yang imbalance, yang lagi menuju ke balance setelah minum postinor 2. Dan bisa juga pre-menopause syndrome.

    Don’t worry, bukan masalah serius dan segera akan kembali normal lagi.

  20. 106
    nungky Says:

    Dokter….saya berumur 39 tahun, anak 2 orang (13 tahun dan 6 tahun). Selama ini siklus haid saya teratur rata2 27-28 hari. Tapi pada bulan ini tiba2 siklus berubah. Terakhir saya haid tanggal 17 – 20 januari 2009 (biasanya memang sekitar 4-5 hari) tapi kok tiba-tiba tadi malam (29 januari 2009) saya keluar darah haid lagi. Saya tidak menggunakan alat kontrasepsi. Tapi sejak oktober 2008 saya telah minum Postinor 2 (total selama oktober-januari saya telah minum postinor 2 sebanyak 4 kali). Saya minum postinor 2 jika kami terlewat menggunakan kondom atau saya ragu dengan masa subur saya. (terakhir saya minum postinor 2 tanggal 23 Januari 2009).
    Siklus haid yg tiba2 berubah ini apakah karena postinor 2 yang saya minum atau karena hal lain ya dok? Mohon jawaban ya dok. Terima kasih banyak sebelumnya.

  21. 105
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tio,

    Idealnya memang disemprotkan. Namun bila kurang nyaman, boleh saja dengan dibasuh, biasanya untuk satu gayung mandi air ditambahkan satu sendok makan atau kurang lebih 15 cc betadine douch. Sudah cukup berpotensi antiseptik.

    Dapat mematikan sperma selama betadine masih melekat pada mukosa vagina. Bila kemudian sudah dibasuh air biasa, maka sifat spermisida-nya atau sifat mematikan sperma-nya menjadi hilang.

    Jangan takut nggak bisa hamil, karena betadine douch tidak digunakan setiap hari. Pemakaian insidentil, saat masih dirasa ada kuman, virus atau jamur, dst pada organ intim wanita.

  22. 104
    Tio Says:

    halo Dok,

    saya ud beli Betadine Douch,seperti yg dokter sarankan. ternyata cara pemakaiannya disemprot ya dok. yang saya mau tanyakan :
    - Apakah boleh digunakan dgn cara dibasuh?
    - ada ketrangan, bahwa cairan ini dpt membunuh sperma.Hal ini terjadi hanya pd saat pemakaian, atau setelah pemakaian msh berpengaruh? (tante saya ingin coba, tp dia tkut tdk bs hamil)

    trima kasih Dok,

  23. 103
    pentaria Says:

    Dr.sukma..
    haid sy sangat2 tdk teratur, sjk umur 19/20 mulai gk teratur tepatnya sjk mulai kuliah..terlebih skrg stlh kerja makin telat terus, pernah smp telat 3bln..dan pas dtg haid , darah yg keluar jg sdikit.. sy gadis 27th,ptma dtg haid umur 13 smp umur 18an lancar2 aja.. oiya kondisi ini jg dialami kakak sy.. ptanyaan sy, gmn ya dok biar haid lancar?dan mungkin ga sy jd mandul?
    sblmny trmksh byk.

  24. 102
    Dr. Sukma Says:

    Hai Donny,

    Selama haid belum datang, tentu kemungkinan hamil masih tetap ada. Karena itu dianjurkan untuk test pack berulang-ulang. Dengan harapan, semakin kebelakang, testnya akan positif, bila memang hamil.

    Saya tidak tahu obat pelancar haid bebas, kecuali M-kapsul dengan bintang iklan Lidya Kandou. Jangan takut mengunjungi SpOG. Bila berkunjung, semua permasalahan anda akan dibereskan.

  25. 101
    Donny Says:

    Salam dok,
    obat pelancar haid uda diminum,dok apakah test pack harus digunakan beberapa kali untuk mendeteksi kehamilan?mengingat kemaren waktu memakai udah telat 1 bulan lebih semenjak tanggal 31 Oktober 2008 terakhir haid.Apakah obat pelancar haid harus menggunakan resep dokter?kalo ada yang tanpa resep dokter merk apa dok obat pelancar haidnya?maklumlah dok karena ditempat saya tinggal untuk mencari dokter yang bagus cukup susah dan jauh.terima kasih atas perhatian dokter.

Pages: « 59 … 8 7 6 [5] 4 3 2 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe