En annen stoffet for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Levitra Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Cialis 10mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 56 55 54 [53] 52 51 50 … 1 » Show All

  1. 1325
    nadine Says:

    dok,saya nadine berumur 21thn.saya pernah melakukan operasi usus buntu,kira-kira satu bulan setengah saya melakukan hubungan intim,lalu disaat melakukan hubungan intim keluar darah yang lumayan banyak.dan sampai 4 bulan setelah operasi saya melakukan hubungan intim hanya 4 kali,tetapi selalu saja keluar darah.saya operasi bulan akhir september,pada bulan oktober dan november haid saya teratur namun pada bulan desember saya sama sekali tidak haid dan tidak ada tanda-tanda haid.sampai sekarang awal januari blm juga haid,tetapi setelah operasi saya sering sekali ngeflek seperti darah,tetapi tidak bau amis seperti darah.yg ingin saya tanyakan:
    1.apakah pengaruh berhubungan intim setelah operasi?
    2.apakah saya sering ngeflek makanya tidak haid??
    3.apakah akan berpengaruh kekandungan saya dok?
    sekian terima kasih…

  2. 1324
    Prita Says:

    Dokter, saya mau tanya, haid saya selalu tidak teratur di tiap bulannya, kadang maju seminggu, kadang mundur seminggu, kadang juga mungdur 2 minggu….. saya takut dok, apa terjadi mslah dgn sisitem hormon saya, namun alhamdulilah tdk pernah smpai 1 bulan tidak mens. apakah ada kemungkinan besar saya bisa hamil dengan mens saya yg tdk teratur dok…

  3. 1323
    monik Says:

    nama saya monik, umur 24. sudah menikah kira-kira 9bln. setelah saya menikah haid saya lancar seperti biasa. tetapi sejak beberapa bulan terakhir (5bln) haid saya volumenya berkurang. di hari ke tiga sudah tidak keluar darah hanya flek saja. dan tida begitu banyak sebelum saya menikah. apakah itu normal ya dok? terima kasih..

  4. 1322
    rismawati Says:

    saya gadis berusia 34 tahun,sebelumx haid saya lancar,tp kurang lebih 2 tahun ini haid sy tidak teratur lg.kadang sy dapat haid 3 -4 bulan sekali,tanda-tanda apa itu dok? bagaiman cara mengatasix?mohon petunjukx.terima kasih.

  5. 1321
    krisna Says:

    dok , saya krisna 15 th ,
    haid sy tdk tentu , kadang 1 bulan , kadang 2bulan
    sy harus gimana y
    sy minta saran dari dokter

  6. 1320
    tita Says:

    dok, saya mau tanya,usia saya 20thn

    haid saya sudah telat 4hari, memang saya pernah melakukan sex pra nikah, dan saat itu pasangan saya tidak memakai pengaman, tapi alat vital psangan saya tidak menembus vagina saya, jadi hanya digesek diluar saja, dan apa itu bisa menyebabkan kehamilan juga? saya sangat cemas dok,.

    tolong penjelasan nya dok, terima kasih banyak.

  7. 1319
    ligareindra Says:

    dok sudah hampir 1,5 tahun sya blum juga haid slama stelah melahirkan apa penyebabnya? dan solusinya bagaimana?

  8. 1318
    Icha Says:

    dok saya wanita berumur 19 tahun
    akhir- akhir ini saya sering mengalami ketidaklancaran haid.. haid saya datang hanya 1 atau 2 hari lalu selang 3 hari baru datang lagi. tetapi keluarnya hanya sedikit-sedikit..
    yang ingin saya tanyakan . apa penyebab hal tersebut terjadi dok??
    dan saya suka olahraga seperti bela diri.
    apakah ini berpengaruh terhadap siklus mensturasi saya dok ??

  9. 1317
    Ira Says:

    Selamat malam dok?saya ira saya mau tanya saya uda dua tahun menanti momongan tp blum juga,kmaren saya ke dokter katanya saya trkena kista awalnya peranakan saya sakit seperti di gigit trus pinggang saya sakit dok klu saya angkt barang agak berat ato hari dingin penyakit saya cepat datang biasanya ilang muncul lagi,trus saya kedokter lagi katanya kistanya da hilang katanya inveksi rahim,saya minum obt tradisona rutin trus minum obt, sakitnya brkurang tapi dok peranakan saya gatal trus apakah bahaya bila di teruskan minum obt itu&inveksi rahim itu bahaya gak n apa penyebabnya,saya mohon dokter jawabanya dok trims ira jmbi

  10. 1316
    Asriany Says:

    Dokter sy mau nanya, apakah setelah operasi kista akan berpengaruh terhadap sex (dingin)
    makasih dokter atas jawabannya

  11. 1315
    rhani Says:

    Dokter saya mau tany klu lg menstruasi boleh ga minum obat dalfarol dan folavit trus bahaya ga jika mengkomsumsinya dlm jangka panjang…..sampai berhasil hamil…makasih ya dokter untuk jawaban..smoga dokter makin sekses.amin

  12. 1314
    Anonymous Says:

    Dokter yg baik hati saya mau nanya kalau lg datang bulan bisa ga minum dalfarol dan folavit trus ada efek samping ga jika komsumsi jangka panjang terima kasih jawabanya dokter.

  13. 1313
    fifi Says:

    hy dok..
    saia umr 18th, tinggi bdn skitar 165an cm,brat bdn skitar 60kg
    awalnya prtma tama saya haid lncar2 ja.. tp cmn staun / 2taun gto lancar na ..kdang2 rapa bln skali bru dpt haid lg.
    saya dlu pna coba ke dokter, trs di kasi obat doktr,tp obat na itu bkin prut sakit yg bs haid lg..kayak org nyeri kalo lg mao haid..cmn tu prlu minum obat trus baru bs haid lg,kalo ga minum ga dpt haid.skrg saya ud brhnti minum obat itu..
    trus ampe saya 18th blum dpt haid lg..
    brbhaya ga?solusi na apa ya?
    thx .

  14. 1312
    rizka Says:

    saya rizka 16 tahun, saya mau tanya. akhir-akhir inialami saya mengalami keputihan dengan warna nornal.
    tpi hari ini keluar lendir hitam.
    bulan ini saya belum mengalami menstruasi..
    apa ini wajar??
    apa ini harus diperiksakan??
    terimakasih

  15. 1311
    Melly Says:

    Dokter,
    Saya ibu dari 2 putri. Dari tanggal 08 October saya haid, sampai sekarang belum bersih.
    Saya tidak menggunakan KB hormonal dan masih menyusui putri ke-2.
    Sebelumnya haid saya tidak ada masalah dan tidak ada keluhan apa2.

    Adakah yg salah dengan saya ?
    Terima kasih sebelumnya atas jawaban Dokter :)

  16. 1310
    Fransiska Says:

    Selamat pagi bu dokter,
    saya mau tolong tanya… 5 hari belakangan ini saya rutin minum Fundamen E 1x/hr. semalam saya minum fundamen E sekitar jam 11 mlm. tadi pagi, jam 7, saya melakukan test kehamilan dengan menggunakan test pack. dan hasilnya positif. Yang saya ingin tanyakan, apakah fundamen E yang saya minum semalam mempengaruhi hasil test pack saya?
    Terima kasih banyak sebelumnya bu dokter

  17. 1309
    Anggi Says:

    Sore dok..
    Saya Anggi, umur 24 th. Saya haid sejak kelas 2 SMP.
    Dulu saya tidak pernah menghitung siklus haid saya. Namun menjelang dewasa, saya baru perhatikan bahwa siklus haid saya tidak teratur. Terkadang 2 – 3 bulan tidak mendapat haid sama sekali.

    Sejak 3 bln lalu saya baru mencatat siklus haid saya di kalender. Agustus saya haid tgl 3, Sept tgl 21. Dan hingga skrg belum mendapat haid lg sejak itu.

    Apakah ini normal dok?Apa ada yang harus saya kuatirkan?Saya masih single dan khawatir nantinya akan kesulitan mendapat anak ketika sudah menikah.

    Mohon jawabannya ya dok.
    Terima kasih dok.

  18. 1308
    Dr. Sukma Says:

    Hai Inge F,

    Sekarang anda 22 tahun. So, sebaiknya diperiksa kadar hormon didalam tubuh anda. Kunjungi dokter SpOG yang handal. Analisa saya dg segala keluhan dan tanda fisik / bulu2 yg anda tulis kemungkinan terjadi kelebihan testosteron yg melebihi kadar estrogen didalam tubuh anda. Juga bisa terdapat tumor ovarium yg mengganggu produksi estrogen. Yang terakhir mungkin terdapat kelainan khromosome sex.

    Jadi seriuslah mencari tahu apa sebenarnya akar permasalahan gangguan haid anda. Bila dikota anda tidak ada SpOG handal, pergilah ke RSCM di Jakarta. Semoga masalah kesehatan anda dapat diatasi dan dibereskan secara tuntas.

  19. 1307
    Inge Fadjar Says:

    Halo dok, salam kenal. Saya mau tanya dok
    Umur saya skrg 22 tahun. Pertama kali dapat haid umur 13. Dari dulu haid saya selalu tidak teratur. Kadang sebulan 2 x, lalu dua bulan berikutnya kosong tidak haid. Dari umur 17-20 tahun, setiap datang haid selalu disertai nyeri perut sekali

    Saya juga berjerawat dok, dan bulu2 di tangan, muka, dagu, pelipis, kaki dan perut penuh bulu… karena malu, saya rutin mencukurnya. Mood saya juga naik turun

    Masuk usia 22 tahun skrg, saya mengalami haid 3x sebulan, 2x sebulan… tapi tidak disertai rasa nyeri dok. Saya juga tidak stress kok, happy-happy saja… tapi kok aneh ya haid terus, habis donk softex saya

    Terakhir saya berobat ke dokter Sp.OG umur 19 tahun, dan dokternya bilang tidak apa-apa, normal kok umur segini

    Saya kenapa ya dok? Trims sebelumnya atas jawabannya

  20. 1306
    susii Says:

    met malem dok, saya 20 tahun ,, beberapa hari lagi akan menikah., namun saya hawatir, karena beberapa hari setelah menstruasi saya sering mengalami keputihan yang bnyk . dan keputihan tersebut berhenti 14 hari sebelum menstruasi ke dua (berhenti saat ovulasi). Selain itu haid saya kurang teratur, biasanya rutin, namun sekali-kali bisa sampai telat satu bulan atau lebih cepat 10 hr. Saya sendiri merasa kesulitan untuk mengetahui siklus haid saya .. tolong beri saya saran dok ,, terimakasih.

  21. 1305
    hera Says:

    hai dok……..
    usia saya skarang 25 th. sudah menikah 1 thun tpi belum dapat momongan.haid pertama saya sejak kelas 6 SD,darah yang keluar waktu SD cukup banyak, tpi sejak SMA darah yang keluar mulai berkurang, setelah masuk perguruan tinggi saya tidak pernah haid lagi sudah hampir 5 tahun terakhir ini.
    mohon solusinya dok, bagaimana caranya agar haid sya teratur dan cepat dapat momongan. trimakasih banyak dok,,,

  22. 1304
    eka Says:

    Dok,sy ingin bertanya,
    sy umur 25th,sy sudah menikah selama 4th,dan sy belum mendapatkan momongan,haid sy tidak teratur dok,kadang 3bln br dapet,kdng 8bln,kdng smp 1th sy br dapet haid,dulu haid sy teratur dok,tiap bln keluar,sy sdh periksa ke dktr dan di USG lwt vagina,hasilnya bagus tidak ada penyakit apa2,kt dktr sy kegendutan,sy di kasih obat namaya PROVERA untuk mengeluarkan haid,setiap hbs minum obat,haid keluar dengan lancar,bln berikutnya sy tdk minum obat,haidnya tidak keluar, bgmana solusinya dok??…

  23. 1303
    qiqi Says:

    dok saya mau nanya saya berumur 18 tahun tapi kenapa siklus haid saya tidak teratur dok, huhu,
    terus menurut dokter gimana??

  24. 1302
    lia Says:

    sy mau naya saya sudah menikah 9 tahun,udah dikarnuain anak 1 setelah sy mau mempuyai anak lagi.mans sy tidak teratur.harys bagaimana ya dok….

  25. 1301
    lilla Says:

    sng bs menemukan web dr.Sukma..
    salam kenal dok..

    saya wanita berusia 23thn.
    mens saat SD kls 6.
    selalu lancar dan pnh 1 bln tdk mens saat SMA.
    setelah itu lancar kembali.

    tp, bln puasa kemarin thn 2011 (agustus), saya tdk mens, shgga puasa saya tidak ad bolong.
    bln september saya mens tp d akhir bulan, dan hny 4 hr.
    bulan ini, Oktober, saya blm ada tanda2 mens.

    ad tmn yg mengatakan, kalau mens tdk lancar, brarti bisa d bilang tdk subur.
    apa bnr bgtu dok?
    krn jujur sbg wanita yg suatu saat nanti berumah tangga, saya takut klo tdk subur.

    lalu, adakah cara agr kesuburan itu bisa kembali normal?
    misalnya dgn makan makanan tertentu?

    hny sbgai tmbhan, berat badan saya naik stlh sy lulus SMA. Saat itu 47kg. dan skr saya 70kg tinggi 159cm.

    trmksh bnyk dok, sudah berkenan membantu menjawab kegelisahan saya.. ^^

Pages: « 59 … 56 55 54 [53] 52 51 50 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe