En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 58 57 56 [55] 54 53 52 … 1 » Show All

  1. 1375
    Hendra YF Says:

    Dok, istri saya pada kemaluannya pada vagina sebelah luar pada bagian kanan terdapat benjolan sebesar kacang. terjadi selama dalam masa haid…kira – kira apa tu dok…6 bulan sebelumnya hanya benjolan kayak jerawat dan gatal….

  2. 1374
    lyta Says:

    hai dok..

    sya mau menikah 3bln lg,tp haid sya tdk normal.trkhr haid 26 des it pun cm 1hr.smpai saat ini blm dpt.dlu sudh pernh periksa kt dktr mslh hormon dan kelebihan bb.gmana dok solusix.thank

  3. 1373
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rika,

    Sebaiknya ditunggu sampai ada kejelasan apakah anda hamil atau dapat haid yg terlambat. Setiap 2 minGgu baiknya ditest kehamilan. Sebab bila ternyata anda hamil dan minum profertil akan menimbulkan gangguan pada janin.

  4. 1372
    rika Says:

    Dokter,sy Rika,29th,menikah 3 bln dan sangat mendambakan buah hati..Sy punya siklus haid yg tdk teratur (awal bln-tengah bln-akhir bln),,tp stlh menikah (11 Nov 2011) sy br haid 2x yaitu :tgl 14 Nov 2011 dan tgl 29 Des 2011 dgn msg2 wktu haid 7 hr.Dan dr haid terakhir (29 des 2011) blm haid lg smpai detik ini,,sy test negatif..Tgl 26 jan prnh ke dokter kandungan dan dicek smuanya bagus (kandungan&indung telur) dan sy diberi PROFERTIL yg hrs diminum mulai haid hari ke-2 (tp gmn mw minum krn blm haid)..Seminggu yg lalu smpai skr sy mulai merasakan tanda2 :Mual,Pusing,Badan rasanya anget,payudara sakit,perut rasanya begah…tp hr ini sy tes NEGATIF…Mnrt dokter apa yg hrs sy lakukan?apakah sy hrs tunggu dulu bbrp minggu lagi atau bgm?Mohon bantuannya…………terima kasih

  5. 1371
    mega Says:

    Dear Dr. Sukma…
    aq mau nanya kl seandainya kita menstruasi banyak-banyaknya trs tiba-tiba berhenti kemudian selang seminggu dapat lg itu gmn?mslh gk dok?

    terimakasih

  6. 1370
    atick Says:

    Siang dok..saya atick,usia saya 23thn,saya blm menikah,tinggi badan saya 165cm,berat badan saya 45kg.Saya mensnya tdk lancar,dr pertama kali mndpt mens sjk umur 14thn,stlh itu saya mensnya lama g dpt,skrg tetep gt dok mens saya skitar 3-4bln sekali,saya sdh di USG kata dokternya hormon saya tdk stabil,yg saya mau tanyakan bgmn dok spy mens saya bs teratur tiap blnnya soale insyaallah saya akan sgera menikah..Mohon penjelasannya dan terimakasih sblmnya dok..

  7. 1369
    tiya Says:

    Dear Dr. Sukma..
    Saya Tiya, usia hampir 22 tahun belum menikah. Akhir-akhir ini sering tidak teratur haidnya, mungkin sudah sekitar 6 bulan ini. Haid datang 2 bulan sekali. Dan itu tidak pasti. Tapi ketika saya haid, siklusnya bisa 5-7 hari. Padahal 6 bulan sebelumnya haid saya rutin sebulan sekali meskipun tanggalnya maju mundur. Mohon penjelasannya.
    Terima kasih banyak..

  8. 1368
    dita Says:

    Dear,Dr.Sukma
    Saya berusia 23 thn, sekitar 3 bln terakhir kmrn saya mengalami menstruasi yg sangat sedikit dan hanya 3 hari setiap bulannya. itu blm pernah saya alami dan skr saya sdh terlambat haid sampai 1 bln. apa ada masalah dgn saya?
    terima kasih

  9. 1367
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rara,

    Anda kan baru saja mengalami hamil diluar kandungan sehingga satu tuba diangkat/ dioperasi. Biasanya setelah melahirkan, atau setelah keguguran atau habis dikuret biasanya perlu waktu penyesuaian bagi tubuh agar siklus haid kembali normal. Sekitar 3-4 bulan, maka haid anda akan normal kembali.

    Kemungkinan anda hamil kembali masih besar dengan adanya satu tuba fallopii yg masih sehat..berpikirlah positif, jangan stress rileks aja, sehingga proses ovulasi sampai dengan pembuahan dstnya berjalan secara fisiologis/ normal.. Insya Allah anda da suami akan memperoleh bayi yg di-idam2kan dalam waktu tidak lama.. Amien.

  10. 1366
    rara Says:

    Dear Dr.Sukma
    Dok , usia saya 33 tahun dan sudah menikah 11 tahun , saya dan suami lama sekali menanti momongan , dan desember 2011 yg lalu saya hamil , namun itu pun bukan rezeki kami , karenaa ternyata saya hamil diluar kandungan dan harus operasi karena janin di ketahui sudah 3 bulan di tuba palopi , saya tidak ada masalah di rahim saya dok dan saya tidak ada masalah dengan datang bulan sebelumnya .. yang ingin saya tanyakan sekarang saya datang bulan bulan januari tgl 1dan 27, dan bulan februari ini tanggal 20 hari ini … apakah ada pengaruh dari hamil diluar kandungan tersebut dok? tuba palopi saya sebelah kiri diangkat , saya mohon petunjuknya dok … saya ingin sekali memiliki keturunan , mohon penjelasannya dok , terima kasih

  11. 1365
    novita Says:

    Dear Dr. Sukma
    mau nanya,,,,mhn segera d jawab..
    usia sy 28thn,sdh menikah…udah 14 hari ini sy mengalami mens g berenti2(darah sedikit spt flek)..
    slama ini siklus haid sy 28hari&ga pnh telat sebelumnya..seharusnya kmrn sy mens tgl 27′jan,tp ga mens,,keluar flek tgl 1′feb,,dan sampai akhirnya tgl 4′feb baru keluar haid spt biasa..tp anehnya sampai skrg blm berenti jg,,,udah periksa,d USG kt dokter rahim sy gpp,,dan d ksh obat prothyra 10mg..
    yg ingin sy tanyakan;
    1. sy knp ya dok?,,jd khawatir nih…krn blm pnh ky bgini sblmnya,,sy konsumsi natur-E,,apa itu berpengaruh?
    2. obat prothyra itu kegunaannya apa?bknkah u/ yg telat haid?..

    mohon penjelasannya dok,,,,thank’s

  12. 1364
    neza Says:

    siang dokter…
    makasih infonya, btw saya mwu tanya
    siklus haid saya sejak pertama kalo dapat sampai saya berusia 25 tahun ini tidak normal, kadang sampai tiga bulan sekali baru saya haid.
    Segala kegiatan aktivtas dan pergaulan saya pun berada di jalan sesuai dengan norma agama. Saya pernah dua kali memeriksakan ke dokter kandungan yang berbeda, menurut mereka normal-normal saja, begitu pula dengan kandungan saya. Tapi sudah dua kali ini saya mengalami siklus mens lebih dari tujuh hari, ada ketakutan terjadi apa2..
    Menurut dokter apa yang harus saya lakukan? terima kasih sebelumnya

  13. 1363
    Tyo Says:

    Dear Dr. Sukma
    usia saya 33thn sdh 3 tahun menikah belum jg dikaruniai momongan, sdh cek ke dokter katanya tdk ada apa kondisi sy dan suami baik” saja, tp belakangan ini siklus haid saya tdk teratur kadang 2 bln sekali tp cuman sedikit dan tdk sakit,.yg saya mau tanyakan apakah wajar hal itu terjadi mengingat sewaktu gadis saya siklusnya termasuk lancar dan teratur,..mohon penjelasannya terima kasih

  14. 1362
    vera Says:

    hai dok…,
    Saya berumur 23 thn sdh mnkh dan sdh pny ank berusia 2thn…,sbln setelah melahirkn saya pernh haid tp tdk bnyk.
    saya pake KB suntik 3bln x 1,nah sejak saya pake KB itu saya tdk pernah haid lagi sampai sekarang,apa itu berbahaya…???dan bagai mana supaya lancar lg..??apakan KB 3bln x 1 menyebakn badan gemuk…???makasih dok aya tunggu jawaban nya…,

  15. 1361
    alma Says:

    lam kenal dok.mo nanya dok,sy udah nikah 4thn umur sy skrg 29thn tp sy dan suami blm dikaruniai ketrnan.mens sy ngk teratur mulai thn 2004.sy sdh cb kedokter,diksh obat,stlh mnm obat sy mmg mens,tp sudahnya mampet lg dok.sy minta saran n solusinya dok.mksh

  16. 1360
    lala Says:

    Dok. saya lala. saya berumur 25 thn sudah menikah selama 2 tahun dan belum dikaruniai anak. suami saya berumur 35 tahun. siklus haid saya benar2 tidak teratur dok. saya belum pernah cek kedokter spesialis untuk program hamil, sebelum-sebelumnya saya hanya ke bidan. tp klo diliat dari ciri2nya, bisa dikatakan saya terkena SPO dok, tumbuh kumis dan dengan berat badan yang 92 Kg/158 cm.

    awal menikah saya pernah KB suntik dok selama 3 bulan, dan selama itu pula mens saya tidak berhenti, sangat banyak seperti orang pendarahan. kata dokter itu akibat KB yg tidak cocok di badan saya. benar saja, setelah jadwal KB 3 bulan selesai, mens saya langsung berhenti. setelah itu saya baru dapat mens jika dipancing dengan minum obat primolut selama 5 hr yang 10 hari kedepannya langsung dapet menstruasi namun dibulan kedepannya saya sama sekali tidak dapat mens lagi, bahkan pernah hampir setahun saya tidak mens.

    bantu saya dokter, agar saya bisa mens dengan teratur agar bisa cepat hamil. krn mengingat saya dan suami memilki jarak umur yang cukup jauh.

    tolong saya ya dok.

  17. 1359
    ena Says:

    Makasi dokter_
    1 lg bu dokter_ apa mungkin sakitNa ada hubunganNa sama sakit magg istri sy ya bu dokter… Karena styap minum obat yg di kasi sm dokter kadungan tsbt istri sy slalu mengeluh skit perutNa sprti maag_ dan mulai kemarin istri sy menghentikan mengkomsumsi obat trsbt_ gmn menurut ibu dokter…
    Makasi sblmNa…

  18. 1358
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ena,

    Karena istri anda sudah diberi obat, namun perdarahan masih ada bahkan bertambah. Maka sebaiknya dilakuan kuret/ kerokan pada dinding rahim yg disebut lapisan endometrium.. Dari pemeriksaan thd sample kuret tsb yang dilihat dibawah mikroskop oleh dokter spesialis PA, barulah dapat diketahui apa penyebab perdarahan tsb.

    Kemungkinan hormonal imbalance, polip endometrium, mioma submukosum dll. Jadi istri anda sebaiknya mengikuti saran dokter SpOG untuk dilakukan kuret.

  19. 1357
    ena Says:

    Malam dok_ nama sy ena,sy mw nanya_ istri sy memang sering ga teratur mensNa_ dan skrg lbh ga lg_ skrg sudah hmpir 1 bln istri sy mens_ sy udah periksa k 2 dokter yg brbeda_ dokter pun blg keadaan rahim istri sy dlm keadaan normal_ tp dokter tsb tdk bs mnjelaskan knapa istri sy sampai mens bgt lama_ dokter memberi obat utk menyetop mens istri sy_ tp malah tambah bnyak keluarNa kata istri sy_ sy priksa lg k dr tsb di beri obat yg sama n kata dr kalu obat it tdk bs menyetop mens istri sy, katana akan di lakukan tindakan kuret dan skrg istri sy sering mengeluh pusing dan kondisi fisikna pun agak lemah_ yg mw sy tanyakan_ ap yg trjadi dgn istri sy,? Oh ya dokter, kami br mnikah 4 bln lalu _ istri sy usiana br 29 th_ dan menurut istri sy swaktu istri sy masih sma_ dy pernah mengalami hal ini… Makasi dokter…

  20. 1356
    rinita Says:

    dok, saya rinitha, usia 19 thn, tnggi 170, BB 50 .
    sudah seminggu ini saya mengalami flek kecoklatan beserta lendir, bahkan trkadang disertai darah.
    sebenarnya ada apa ya dok dgn saya?
    trims.

  21. 1355
    palupi Says:

    halo dok..saya palupi usia 26th,baru menikah 2,5 blnyl,pertama mens usia 12th,sblmnya tdk pernah telat menstruasi&siklus mens saya biasanya 11-12 hari paling lama,bulan kemarin siklus mens saya normal, ttp bln ini siklus saya maju 1 mgu dan darah mens keluar sedikit2/flek(coklat kehitam-hitaman) hampir 15 hari,,hari ke 13 ini saya mulai minum obt norelut&penambah darah 1x/hari(ats rekomendasi teman bidan),yg saya tanyakan apa penyebab keluar darah mens sedikit2/flek td?apa tdk berbahaya?apa obat yg saya minum td tdak berpengaruh membahayakan pada rahim saya?trima ksh mhn balasannya…

  22. 1354
    christin Says:

    mlm dokter
    saya christin,saya sakit FAM d payudara saya yg kanan dokter dan saya suad operasi bulan 6 thn 2011,dan saya cek lg ternyata masih ad dok,memang hasil USG mengatakan benjolan nya ad 2.kata dokter sya sdh d angkat 2 2 nya,,ternyata pas saya raba masih ad dok.dan sya berencana mw operasi yg ke 2 dokter,tapi selalu terhalang dgn haid saya yg tidak teratur dok,,kata dokter saya operasi bisa d jalan kan bila selesai haid d hutung 12hari,Boleh gk dok saya operasi tapi sebelum 12 hari?dan kenapa ya dok saya haid ny selalu muncul flek brp hari baru datang haid yang lanacar?terimakasih sebelum nya dokter,

  23. 1353
    dedi Says:

    malam dok.,
    pacar saya sudah 1 bulan lebih tidak haid. memang 2 minggu lalu kami ML tapi cuman petting doang. masih pake celana tuh. celana pacar saya jeans lagi.. tidak sampai buka baju. tapi waktu saya cium vagina (sambil pake celana) sepertinya ada cairan gitu.saya ga tau dari mana asal cairannya..padahal saya masih belum mengeluarkan sperma. terus saya meletakkan penis saya kevaginanya(masih pakai celana)…
    apakah pacar saya hamil..memang sebelum kami ML dia udah telat 2 minggu. jadi setelah kami ML tadi dia belum haid udah 1 bulan lebih..dia memang depresi/stress gara2 ML itu…mohon pencerahannya apakah dia hamil atau tidak.!!!

  24. 1352
    rieva el azkar Says:

    halo dok…umur saya 19 thn dan sudah biasa menstruasi g teratur…apakah menstruasi yang saya alami normal?

  25. 1351
    juni Says:

    Mlm dokter aq pgen tanya .. Umr ????? sktar 24 thn dan baru menikah jalan 5 bulan .. Sebelumnya haid saya teratur .. Tp pas usia penikahan aq memasuki 4bln aq sering telat bln nov aq dpt tgl 25 – 31 . Des nya aq gax dpt trz dpt ?i awal jan tgl 1 – 6 .. Nah bln feb nya seharusnya aq dpt lg tgl 1 ni uda telad 6 hari .. Tiba2 perut saya kram sakit sprti maw dteng bulan trnyta gax tiba jg .. Saya priksa kebidan ?i beri obat maag sama pereda nyeri dan test peck jg .. Hasilnya msh negatif. .. Apalah itu normal dok ?? Tlg blz aq panik bgt .??†?å?? ???

Pages: « 59 … 58 57 56 [55] 54 53 52 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe