resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 58 57 [56] 55 54 53 … 1 » Show All

  1. 1400
    sandra Says:

    salam kenal dok………..
    saya mau tnya,pernkhn sy sdh 6 thun……
    wktu 2 thun sy hml 2 bln kegu2ran,tr jrk 1 thun sy hmil lg,tp kena eklamsi…..wktu usia kndungan sy umur 8 bln.
    skrg sy pgn hmil lg,pa yg hrs sy lakukan dok????
    tanks……….

  2. 1399
    Dewi Says:

    Hai dok. . .
    Ak dewi salam knl. . .ak mw tny. . .ak pke kb spiral udh hmpir 1thn. . .knp bulan mei kmrn ak tdk haid pdhl tiap hub intim. ..suami saya sllu mengeluarkan spermanya diluar ms.V sy tkut hmil lg krn anak sy bru b’umur 11buln sma sperti pemasangan spiral. . .trz kmrn ak pke TP hsilnya negatif. . .sbenarnya ap yg terjd dg saya dok. . . .bgmn solusinya. . . .

  3. 1398
    caca Says:

    dok saya mau tanya kemarin sy mens tgl 8 maret, namun smapai skg sy blu juga mens, memang biasanya siklus mens sy 40-50 hari, kmrin sy periksa k dokter tgl 28 april kmudian d tespack hsilnya negative kmudian sy dikasih obat primolut N 5mg esoknya sy merasakan sakit pada payudara dan nyeri pd perut sprt mau mens. namun sudah 2minggu skit tp tidak mens2 juga dok, apa yg terjadi pd saya dok?terimakasih

  4. 1397
    dani dwiyanti Says:

    halloo dokter. sy wanita usia 43 thn. sy pasang spiral sdh 4 thn, pada awal pmasangan, setelah selesai pemasangan beberapa menit kmudian tiba2 sy merasakan nyeri di daerah perut bwh sblah kanan yg membuat sy jatuh pingsan, pdhal saat pemasangan dilakukan sy tdk merasakan sesuatu apa pun yg mnyakitkan. stlh beberapa wkt berselang (agk lama jg sih) sakit yg sama sy rasakan di saat sy sdg haid. mulanya sy anggap biasa krn stlh itu tak skt lg dlm waktu yg cukp lama. tp setelah skian lama tak sakit kini nyeri tsb mulai mjd sesuatu yg bisa dkatakan rutin lah sitiap awl haid atw jelang selesai haidnya. sy smpat diskusi sama suami krn sy khwtir jg sih tp kata bliau ah gk apa2 itu hy gara2 spiral aj. berharap sih demikian tp biar lebih pas sy ingin pndapat dokter ats mslh sy tsb apakh yg sy alami tsb normal atw prlu diwaspadai????? o ya dokter,semnjak psg spiral ini haid sy jd lbh lama dr seblm pasng. klo sblm psg sy haid paling lama 8hr skrg bisa lebih dr 8 hr.kira2 langkah apa yg hrs sy lakukan? apakh prlu memeriksakan, dr ke dktr pnykt dalam atw dmn dokter?

  5. 1396
    Kristin Dameria Pardede Says:

    Selamat Sore dan Salam Kenal dok…

    Saya Kristin, usia saya sekarang 22 Tahun. Saya sudah menikah pada tanggal 04 Desember 2009.Berarti usia pernikahan saya sudah mencapai 2,5 tahun.

    Yang saya ingin tanyakan dok, Apa karena usia saya yang masih sangat mudah, hingga mempengaruhi tingkat kematangan saya mencapai kehamilan?
    Lalu.. sampai saat ini yaitu tanggal 02 Mei 2012 haid saya tidak kunjung datang, sementara saya terakhir pada bulan januari tanggal 31.Namun..saya sudah coba ke dokter zaman kaban, SPOG. Beliau mengatakan saya hanya gangguan hormonal.Memang saya sudah hampir 2 tahun rutin berobat sama beliau.saya hanya dikasih obat terus-menerus hingga saat ini berat badan saya naik lebih dari 10 kg.
    Mohon kiranya dokter memberikan solusi buat saya!

    Padahal Waktu saya masih gadis saya teratur haidnya, setelah merid saya bingung kok jadi malah tidak teratur..

  6. 1395
    sita Says:

    malam dok.. saya sita, saya berumur 19 tahun, saya lajang. pertama kali saya haid pda umur 11 tahun (kelas 6 SD) namun, selama 8 tahun, hanya 1 tahun saya mengalami haid teratur (sebulan sekali), sisanya ya tidak teratur, kadang 5 bulan sekali, 3 bulan sekali, 2 bulan sekali, mlah prnah 1 bulan 2x. lalu saat haid, keram perut yg saya alami sangatlah menyiksa, pda hri prtma bsa saja saya mengalami 5x muntah dan 5x BAB, tpi tu trjadi hri prtma saja, seterusnya tidak apa-apa..
    saya merasa itu tidak wajar? apakah ada obat agar haid teratur? mohon penjelasannya, dok..
    TERIMA KASIH sebelumnya..

  7. 1394
    ade Says:

    s0re dok,,,
    d0k, saya mau tanya,,,
    saya punya pacar, dan hampir 1taun pacar saya tuh mens’nya g n0rmal,, kalou pacar saya mens tuch sampe 2bulan g brhenti2 dok,
    dan yg mao tnyakan, apa ya d0k 0bat’y,,,??? maksih d0k

  8. 1393
    Iin Says:

    Dok saya umur 20th, akhir akhir ini perut kiri bawah saya terasa rada sakit, kalo siklus mens saya teratur tiap bulannya, tetapi hampir setiap mens saya merasakan sakit perut yang hebat,,
    kira kira kenapa ya dok ? apakah ini gejala adanya kista atau myom ?

  9. 1392
    Tian Says:

    Pagi dok,saya mau tanya dr awal ms menstruasi sy merasa tidak normal,selama haid 2bln penuh ga berhenti ak pernah periksa ke dok spesialis kandungan hasil nya mengatakan hormon belum seimbang,lama kemudian haid saya teratur tiap bulan’nya tp kadang telat lg 1_2 bahkan sampe 6_7bln,kadang rutin lg perbulan’nya skr saya mengalami lg telat sampe 9 bulan.
    Itu kenapa ya dok,saya takut ga punya momongan..
    Mohon penjelasannya.

  10. 1391
    rindu Says:

    halo dokter,
    saya lajang berusia 26 tahun, saya setiap bulannya menstruasi teratur dg siklus normal.
    tapi untuk bulan ini kenapa menstruasi saya bisa maju sampe dengan 2 minggu ya dok..
    sebagai informasi, menstruasi saya bulan sebelumnya tgl. 01 April, tetapi kenapa menstruasi berikutnya bs tanggal 16 April (saya biasanya menstruasi selama 3-5 hari).
    mohon informasinya Dok…
    Terimakasih,.

  11. 1390
    Ikh@ Says:

    Dear Dr. Sukma, Saya Ika. umur saya 29th dan baru menikah 10 bulan. sebelum menikah haid saya selalu lancar tiap bulannya. tetapi setelah 3 bulan menikah, tiba-tiba haid menjadi tidak teratur, kadang mundur 2 minggu, bahkan pernah sampai 1 bulan. Saya sudah ke dokter kandungan, hasil USG menunjukan ada kista 3,2 cm disisi kanan rahim. Saya dan suami sangat menantikan momongan. apakah yang saya alami ini normal, Dok ? Terima kasih…

  12. 1389
    yusida Says:

    siang dok, saya berumur 19tahun. baru seminggu saya beres haid, sekarang timbul lagi bercak hitam seperti akan haid. itu kenapa ya? saya khawatir dok, soalnya baru sekarang kayak gini. terimakasih

  13. 1388
    cha Says:

    Dear Dr.Sukma, saya icha, umur saya 22thn, saya mau tanya, siklus menstruasi saya terkadang tepat 29 atw 30 hr kdg jg telat, tapi yg mau saya tanya, normal tidak ya dok kalau mens hanya berlangsung 1 hari dimana darah keluar banyak dan hr berikutny hanya sedikit2 bahkan seperti plek saja, atau darah lebih gelap namun sedikit..terima kasih dok

  14. 1387
    liya feronica Says:

    dear dokter Sukma yng terhomat saya lia berumur 19 thn.saya ingin konsultasi tentang haid yng tidak teratur dari sejak pertama haid saya tidak teratur kadang kadang maju 1 minggu kadang_kadang mundur..saya ingin tau penyebab nya ,apakah ada ganguan?
    dan bagai mana caranya supaya haid saya bisa lancar?
    terimakasi dok.

  15. 1386
    wati Says:

    dok, mau nanya saya mengalami haid yang lama dan tidak teratur. setelah ke dokter diberi obat primolut-N. kata dokter untuk menghentikan pendarahan.dan setelah berhenti tidak diminum, ada darah yang keluar lagi tetapi banyak.kira-kira apa ya…dok penyebabnya. dulu riwayat saya ada gejala miom dan penebalan dinding rahim.saya sudah 3 th menikah dan belum mempunyai anak, kebetulan saya obesitas.terima kasih

  16. 1385
    hani Says:

    dok , saya msh berusia 19 thn , semenjak melakukan program diet dan olhrg . mens jadi terganggu , 3 atau 4 bln hny sekali dtngny . apakah ini wajar dok ?

  17. 1384
    anita Says:

    saya sudah 1th tdk pernah datang bulan padahal saya cuma kb 1 bln yg hrsnya bisa bulanan,pernah 3 bln saya tdk kb tp tetap tdk bisa bulanan apakah itu bahaya dokter

  18. 1383
    Clara Says:

    Dear Dr. Sukma

    Tgl 11 jan saya suntik kb 1bulanan. Sampai suntik berikutnya (9 feb) saya belum juga mens. Akhirnya tgl17feb saya mens sampai 14hari. Tapi bulan maret saya ga mens dok.

    1. Kapan siklus mens saya akan kembali normal ?
    2. Bisakah terjadi kehamilan disaat saya belum mens?

    Teima kasih dok

  19. 1382
    Marvelia Says:

    Selamat siang dok.
    saya mau bertanya
    apakah dosis obat utk spinal anastesi dipengaruhi oleh berat badan dan tinggi badan??
    jika memang berpengaruh, berapa dosis obat utk orang yg tinggi & pendek, dan utk org gemuk & kurus?
    mohon penjelasannya jg, ya dok..
    terima kasih

  20. 1381
    Anonymous Says:

    pgi dok, umr sy 27th. setelah melahirkan anak 1 sy trkena ambeien pnjngnya sktr 1 ruas jari. sdh srng brobt tp tdk ada hsl. apkah jenis ambeien ini beresiko saat hamil n melahirkan? mksh ats jwbnx.

  21. 1380
    Yuanita Says:

    slamat siang dok. Sya seorang guru di salah satu sekolah di Malang. Dok umur sy, 23 tahun bulan juni nanti. Sejak kuliah haid saya tdak pernah teratur kdang 2 bulan sekali, dan sering telat tdak prnah maju siklusnya. Nah setelah lulus kuliah, sy tmbah jarang halangannya, selalu 2 bulan sekali. Sekarang ini sudah 3 bulan sya belum halangn. Maaf dok, yg ingin sya tanyakan, normalkah saya? apa sya perlu mengkonsumsi suplemen atau yg lainnya untuk memperlancar haid saya?
    Terima kasih seblumnya dok…

  22. 1379
    titi Says:

    hai dr sukma
    saya titi usia 22 tthn, saya mngalami haid pertama pada usia 16 thn. sejak pertama haid, haid sudah tdk tratur, beberapa bulan teratur hingga saya kerja lalu tidak teratur lagi. dan sekarang saya sedang kuliah malah tambah tidak teratur. saya sudah 6 bulan tidak haid. terakhir haidpun jg kadar darahnya tidak banyak. saya juga mengalami keputihan, tinggi badan saya 165 dengan brat badan 45.
    menurut dokter apa yg terjadi pada saya?? dan kiat2 apa saja yang harus saya lakukan??
    makasih dok…

  23. 1378
    yenni susanti Says:

    hallo dokter sukma,
    salam kenal, sy yeni, 37th, seorg ibu rmh tgga saya mau tanya dok,sy dulu punya pengalaman/keputusan yg skrg sangat sy sesali, begini wktu itu sy msh berumur 24th setelah melahirkan anak ke2, tp stlh anak ke2 umur 1setengah th, sy kebobolan, dan kira2 janin berumur 2-hmpr 3blnan dok,tp yg sy hrn knp sy tdk menyidam apa2,cm bs muntah dan trs muntah, hgga setetes airpun mnth jg sebtr nasipun mnth jg, apalg yg lain2, hgga tdk ada apa2 yg mau dimnthkan, tp dlm perut ini selalu memaksa tuk kepengen mnth dan mnth, hgga kluar sprti drh dr dlm prt dok, disitu sy tersiksa skli selama hmpr 3bln dok, smpy bdn sy hbs, sisa tulang sm kulit, trs suami tdk tega dok, dan sy jg tdk tahan,lagian kmi jg blm siap krn kasihan sm ank yg ke2 msh terlalu kcl tuk punya adik lg, dan jg, saat itu di tuntut pekerjaan yg saat itu sekian lm sy tgglkan dan tkt di pct krn sering masuk, ndak masuk jg terbentur biaya, pdhal dr awal telat bln udh sperti itu dok, hgga prnh sdh 2bln tlt wktu itu udh mencoba mau di gugurkan, smpk mnm obat2tan spy bs kluar, trs mlh semakin lm smaki kuat sj kandungan sy dok,kmdian kondisi sy makin lm mkn lmh, lalu tnpa sengaja suami sy bertmu org pntr/ semacam tabib, dia blg ktx kehamilan sy tdk dpt di trskan, kmdian dia blg di suami sy , klw km syg nyawa istrimu lbh baik jgn ditrskan, ktx bs fatal, jd di kluarkan sj,hgga kmi pun kermh sakit, dan disitulah, suami sy mhon2 ke dokter tuk segera dikuret/di kluarkan, tetapi wktu itu dirmh skt itu ktx tdk hanya dikluarkan sj tp musti lgsg di kb dan wktu itu pilihan cmn 3 dok, yaitu kb spiral, kb susuk dan steril tp berhubng dana kami yg tdk ckp, terpaksa suami pilih kb steril, krn mmg itu yg mampu kami byr,dan di pilihan kb trsbt hrs mnimal 35th ya dok, kami terpaksa jg bohong ke dokterx,bhw kami udh punya ank 3, dan sy udh umr 35, dgn terpaksa dok suami tnda tgn jg sy, krn yg lain pilihnx sgt rumit jg terlalu mhl, jg wkt itu suami udh ndak tega lht kondisi sy yg smkn lmh,krn ursnx dirs berbelit2, jd kami terpaksa dok sy dikuret lgsg di steril,dgn umur yg msh 24th, hgga skrg dok sdh berjln hmpr 13th, dan yg sy tanyakan dok, selama sdh steril hgga skrg haid setiap bln sllu lncr, ktx org sdh steril cpt menopause ya dok, trs ada yg blng selama msh haid ktx kandungan msh subur ya dok, jg ada yg blg org hbs steril dlm jgka beberp thn bs lepas sndiri dan bs hamil lg, itupun klw ada mukjijad dr thn, apa benar dok…,trs apa sy masih ada harapan tuk hamil lg ndak dok…, n klw sy bs hamil lg, dgn cara gimna dok.. dan apa membahayakan atw tdk, mohon sy mnt solusi dan penjelasan dokter pleasee, sy tggu jwbanx ya dok…,dan terimakasih sebelumx ibu dokter yg baik…

  24. 1377
    nabita Says:

    salam sejahtera dok…saya mau tanya, sudah sebulan ini vagina saya mengeluarkan darah,kadang sedikit kadang jg banyak dan pernah sekali dibarengi dengan kluarnya senacam gumpalan merah seperti daging,namun saya tidak merasakan sakit atau keluhan apapun pada bagian tubuh saya, secara fisik,saya merasa sehat dan tidak merasa stres atau kecapekan krena rutinitas saya.ohya sebelumnya haid saya teratur dan tidak pernah ada masalah. ada apa dengan saya ya dok? trima kasih..

  25. 1376
    hanny Says:

    halo dok ,
    saya bulan ini mengalami menstrusi yang tidak teratur padahal sebelumnya tidak pernah terjadi.
    jarak menstruasi berikutnya 1 minggu selama 2 kali berturut turut ,
    1 minggu mens , 1 minggu enggak, kemudian begitu seterusnya samapai yang ketiga jarak mens nya 2 minggu
    apakah itu masih wajar ?
    atau hal yang harus di khawatirkan?
    terimakasih

Pages: « 59 58 57 [56] 55 54 53 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe