En annen tablett for å bekjempe impotens, for som det er etterspørsel, er Levitra Kjøp Priligy Uten Resept Stoffet er med høy effektivitet, noe som er bekreftet i flere kliniske studier Generisk Levitra 20mg Den aktive ingrediensen i Levitra vardenafil fungerer.

resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 58 [57] 56 55 54 53 … 1 » Show All

  1. 1425
    Anonymous Says:

    malam dok,,,
    apa yang menyebabkan terjadinya flek hitam pada gadis perawan

  2. 1424
    lea Says:

    dok usia sy 25thn dan saya sudah menikah 1thn.begini dok,saya mengalami haid yg tidak teratur.terakhir haid saya tgl 20juli,lalu agustus dan september ini belum haid lg.saya sdh memeriksakan ke dokter.dan hasil usg tidak ada gejala yg serius.dokter bilang hnya fktor hormonal.dokter menyarankan saya mengkonsumsi pil primolut N. untuk mengatur spy siklus haid saya normal kembali.akan tetapi rasa nyeri sprti mau haid skt perut bawah,sakit payudara,dan pegal pegal makin terasa dibadan saya.apakah obat primolut N itu saya hentikan saja agar haid saya keluar ato kah saya teruskn meminumny dok.mohon bantuannya dok, terimakasih

  3. 1423
    alvonsus Says:

    Slamat malam Dok, perkenalkan saya alvonsus umur 25 thn, istri saya 22 thn..
    Yang mau saya tanyakan, kenapa ya kok istri saya mengalami masa haid yang tidak teratur, bln des-maret haidnya 30 hari, lalu bln maret-april 31 hari, april-mei 29 hari, mei-juni 28 hari, juni-agustus 29 hari, lalu agustus-sekarang sdh 30 hari tapi blm mens?
    Pada saat berhub intim, saya selalu tidak mengeluarkan di dalam karena untuk sementara saya ingin meniti karir dulu dok, apakah bisa kemungkinan terjadi kehamilan pada istri saya jika sampai mundur bbrp hari dari jadwal sebelumnya dan tidak ada tanda2 mens?
    Biasanya istri saya mengalami perut kram jika ingin mens..
    Yang kedua, bagaimana tanda2 jika terjadi kehamilan?
    Apakah seminggu setelah berhub intim terjadi morning sickness, dan tanda2 kehamilan yang lain?
    Sekian, trima kasih..

  4. 1422
    rahma yani Says:

    dok, usia sy 24 thn. n sudah 3 bulan sy tidk haid, tetapi sy sudh pake tes hasilnya negatif..apakh ada kemungkinan nanti sy hamil?

  5. 1421
    yanti Says:

    salam kenal Dr.Sukma.saya perempuan 23 thun. haid sy tdk lancar selama berthun2 sejak saya berumur 17. saat saya berumur 19 thun, saya konsultasi ke dokter kandungan tpi katanya kandungan sy baik-baik saja dan saya diberi obat, 10 hari kemudian sy haid lalu bulan berikutnya tidak lgi selama 4 tahun dan 2 bulan lalu tanpa minum obat saya haid selama tiga hari tapi bulan lalu sampai sekarang tidak lagi. saya mw tanya:
    1. ada apa dgn tubuh saya? apa benar karena kekurangan hormon progesteron atau ada kemungkinan penyakit lain? klo benar karena kekurangan hormon progesteron, apa yang harus saya konsumsi agar hormon saya seimbang?
    2. apa benar saya tidak ada kemungkinan hamil karena penyakit ini sudah bertahun-tahun saya alami?
    3.saran dokter saya harus minum obat apa untuk memperlancar haid saya?
    terimakasih banyak Dok. God bless you.

  6. 1420
    Anonymous Says:

    Dok saya mau tanya saya dan pqcar saya kmren melakukan masturbasi bareng lalu pacar saya ejakulasi dan terkena tangannya lalu saya beri tisue basah lalu dia bersihkan tangannya dan lanjut berciuman dan memasukan jarinya ke vagina saya..Saya mau tanya apakah ada kemungkinan hamil bila melakukan hal itu?ok saya mau tanya..berapa

  7. 1419
    Anonymous Says:

    Dear dok,
    sya 24 thn,sya pny siklus yg trlalu cpt,bhaya ga y dok?
    Bln kmrn(agt) pda awl bln sya sdh dtg,trus pertngahn bln jg dtg lg,dgn jarak wkt 15 hr,tp skrg udh dtg lg (sept awal) dgn jrk wkt 5 hr,normal ga dok?

  8. 1418
    Anonymous Says:

    halo dok, saya mw tanya. sdh bnyk makan bgni knp sya tdk gmuk2. mmg bru2 ne saya merasa mw lapar saja. kdg mw mkn 5x/hari, dan sebelum2nya ketika saya kuliah, saya tdk teratur makan. klu pagi jarang mkn,stlh plg kuliah bru mkn, stlh itu mkn sore atau mlm.
    trus klu mlm, saya slalu mrasa kedinginan tiap mlm.
    trkdng bdn saya mw panas dgin,menggigil,skt kpala,skt prut.
    dah gtu udh 2thn. sya blm mnum pil cacing.
    mnrut dok,pnyakit apa yg saya derita?

  9. 1417
    shavira Says:

    hallo dokter
    saya berumur 13 tahun
    saya menstruasi dari umur 11 tahun, tapi dri bulan 9 2011 sampe sekarang darah menstruai saya belum juga keluar. saya sudah periksa ke dokter, dan minum obat berapa kali tetapi darah menstruai saya belum keluar
    apakah bahaya jika tidak menstruasi selama 1 tahun lebih

    trimakasih dok

  10. 1416
    nina Says:

    hy dok,,
    saya m nanya,, saya haid kmren tnggal 29 juni tahun ini,, sampai sekarang saya belum dapat haid,, biasanya sya telat hanya 1 minggu,, tpi sekarang hampir 1 blan,,
    apakah saya hamil ??

    dan satu lagi pertanyaan saya dok,, apakah mengesek-gesekan M P di luar dinding vagina sampai mengeluarkan sperma bisa menyebabkan kehamilan, ?
    tpi M P tersbut tidak mesuk ke dalam vagina apakah bisa menyebabkan ptus perawan ??

  11. 1415
    vian Says:

    dok, saya 2 hari yang lalu melakukan onani dengan pacar saya.. pacar saya mengocok itu saya samapi ejakulasi. setelah itu pacar saya cuci tangan pakai sabun. tapi saya sendiri tidak pakai sabun mencucinya karena hanya membilas dengan air shower dan mengusapnya dengan tangan. Setlah itu saya mengelap tangan saya menggunakan handuk. setelah selang 10 menit, saya memasturbasikan cew saya dengan cara merangsang klitorisnya dengan jari. Apakah bisa hamil dok? tolong, kami berdua sangat kawatir dan kami telah insaf serta telah bersumpah demi tuhan tak kan mengulangi lagi. salam

  12. 1414
    dzaki Says:

    Dok… Istri saya memakai KB suntik skrng” ini suka keluwar flek dr vagina’y nah kalo berhubungan disaat keluar darah flek dari KB suntik , apa pengaruhnya sama dengan berhubungan saat haid?

  13. 1413
    Anggi Says:

    hey dok, saya mau tanya…
    haid saya lama tidak teratur. awalnya selama 1bulan saya bisa haid sampai 2 kali (dua periode).. lama2 dalam 1bulan, saya bisa pendarahan lebih dari 3 minggu…
    bagaimana dok?
    usia saya 21 tahun

  14. 1412
    tata Says:

    Hi dok.. Saya umur 24 tahun. Saya mau tanya. Kenapa ya setelah haid saya masi keluar flek coklat. Terkadang sampai seminggu lebih stlh haid. Memang tidak banyak. Apakah itu normal? Terima kasih banyak dok.

  15. 1411
    Wita Says:

    Hallo dok, saya mau tanya,,,
    tgl 11 juni smpe 17 juni yg lalu sya mengalami mnstruasi dgn lancr,,,
    tpi d blan juli ini tgl 19 sya mnglami haid atau bisa jga dblg gak haid karena berwna cklat smpe skrg blom brhnti juga drah kecklat”an itu,,
    apakah itu brbahaya apa tidak dok?? Saya khawatir udah 1 mggu blom brhnti juga,,,
    .trims

  16. 1410
    jumhari Says:

    Saya mempunya anak 13 tahun, dari bulan Februari 2012 anak saya harus transfusi karena HB& Tromosit di bawah Normal. setelah dilakukan BMG anak saya positf terkena Anemia Aplastik. bagaimana pengobatan yang tepat untuk penyakit ini. saya tunggu jawaban dari Dokter.
    Terima kasih.

  17. 1409
    Dwi ayu wulandari Says:

    maaf mengganggu, saya mau tanya saya tanggal 7 juli kemaren datang haid pertama, selesai nya tanggal 13 juli. satu minggu habis itu kluar flek hitam udah 5 hari belum habis juga. saya mau tanya, apkah itu normal dok??? terimakasih sebelumnya,,,,,
    saya sangat mengharapkan jawaban dari dokter.

  18. 1408
    Sari Says:

    Dok Sukma yth.

    Maaf mengganggu, sya mau tanya apakah yg saya alami ini normal atau karena ada masalah ? bulan lalu saya haid sekitar 40 harian lalu sampai sekarang hampir 2 bulan juga belum haid? usia saya sudah 48tahun. waktu usia saya 46 tahun pernah baru 2 bulan dpat tapi sesudah itu lancar lagi. Berbahayakah minum jamu pelancar haid?

    terima kasih.
    Sari

  19. 1407
    dendi Says:

    dok kalo sakit dbd+tifus bisa mempengaruhi siklus mens gag?

  20. 1406
    Cahyaa Says:

    mau menayakan, jika saya haid delama 3 hari dalam satu bulan, dan itu tidak teratur dan berwarna coklat, hal ini terjadi ketika saya jarang sekali berolah raga, melainkan saya justru malah sering untuk angkat angkat barang atau kerja berat, hal ini saya dapat cegah bagaimana? atau solosinya bagaimana ya? terimakasih…

  21. 1405
    indra Says:

    sore dok,,saya mau nanya dok,,,saya punya pacar tp kok dia bulan ini gk datang bulan yyaa dok,,,,itu kenapa yaa,,dan kalau ada obat untuk mengatasi nya biar datang bulan itu apa yyaaaa obat nya

  22. 1404
    tiara indras sukma Says:

    haii dokter aku mau tanya, kalo haid yang teratur itu bagaimana sih ?

  23. 1403
    mila Says:

    siang dok…
    Dok mw tanyaa. Sya uda hmpi 13 bulan tidk haid. Gimaana dok..?

  24. 1402
    cesDrerly Says:

    lunettes chanel pas cher

    Zhongshan Les est incapable de se déplacer transfert , Strung nuits peu de temps après , et passé, arrivé à troisièmement taux de, mais , Zhongshan, et maintenant est généralement certainement pas préconisant , plus sein cette vieux mâle ‘look’, de plus a fini par être significativement endommagée . complètement probablement le plus puissant vraiment blessés , toute une corps humain fragments d’os avait été cassé éclaté comme un typique mettre en position du partie supérieure du corps , certainement pas endommagée , néanmoins qui est certainement it concernant , Juli, Plus Juli frayeur .sac chanel prix

    http://www.ChanelPascherfr.com/

  25. 1401
    Rina Says:

    Halo dok saya mau tny. 2bulan yg lalu sama bulan ini saya haid berwarna coklat. Trus gak terlalu bnyk dan hampir 1bulan. Itu kira2 knp ya? Dan berbahaya gak? Butuh saran nya dok, thanks

Pages: « 59 58 [57] 56 55 54 53 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe