resize-of-gizi-b.jpgSetiap wanita yang memasuki usia pubertas akan mengalami haid pertama yang disebut menarche. Seharusnya kita mendapat haid setiap bulan sekali, namun di saat-saat awal menstruasi pertama sampai ketiga mungkin tidak atau belum teratur, dan ini wajar saja.

Yang dimaksud pada judul tulisan ini, adalah menstruasi pada wanita dewasa yang sudah biasa mendapatkan haid secara teratur setiap bulan, lantas tiba-tiba siklus haidnya terganggu, maju atau mundur, dan lain-lain. Apa dan bagaimana haid tidak teratur itu?

Haid normal adalah haid yang terjadi selama beberapa hari sampai satu minggu lamanya setiap satu siklus. Banyaknya perdarahan pervaginam pada haid normal diukur dengan berapa kali kita mengganti pembalut wanita setiap harinya pada siklus haid.

Siklus haid normal, bila menstruasi berikutnya berjarak 25 hari sampai 34 hari dihitung sejak hari pertama menstruasi sebelumnya.

Haid normal, bila kita mengganti pembalut maximal tiga kali sehari, tidak tergantung aktivitas yang anda kerjakan pada hari itu. Banyak olah raga atau hanya mengerjakan pekerjaan di kantor, sama saja yaitu maximal tiga kali ganti pembalut per hari. Apabila lebih dari itu, disebut menorrhagia, keadaan tidak normal. Sebaliknya ada juga yang tetap berdarah diluar siklus haid, hal inipun  tidak normal  dan disebut metrorrhagia.

Bila perdarahan tetap banyak didalam dan diluar siklus haid, ini yang disebut meno-metrorrhagia dan hal ini cukup mengkhawatirkan. Bila anda mengalami seperti itu, cepatlah periksa ke dokter kebidanan, karena tidak boleh dibiarkan berlama-lama..

Meno-metrorrhagia perlu ditelusuri lebih lanjut, dicari penyebabnya, sehingga segera dapat diatasi. Perdarahan yang dibiarkan lama, maka  anemia menjadi satu kondisi yang pasti akan dialami dan membahayakan keselamatan disamping adanya gangguan hormonal serta kemungkinan telah terjadi kanker yang mengenai korpus uteri, bagian dari rahim dimana biasanya janin tumbuh dan berkembang.

Kemungkinan kanker korpus juga harus diwaspadai, bila pada seorang menopause yang tiba-tiba mendapat haid lagi setelah bertahun-tahun mati haid (amenorrhea). Jangan buang waktu, segeralah kunjungi dokter kebidanan, agar dapat dilakukan pertolongan secepatnya. Kita berpacu dengan waktu, karena kanker korpus sangat cepat perjalanan penyakitnya, bahkan begitu cepat menyebar ke paru-paru yang biasanya berakhir dengan kematian dalam waktu singkat…

Pada gangguan hormonal dengan mudah akan diberikan hormon yang sesuai, sehingga permasalahan  dapat diatasi. Jadi jangan sepelekan soal menstruasi yang tidak teratur ini. Selalu alert dan waspada akan segala hal yang mungkin terjadi, luangkan waktu anda untuk memperhatikan hal-hal yang tidak beres dalam diri anda sendiri.

Siapa lagi yang paling peduli akan kesehatan tubuh sendiri, kalau bukan anda seorang. Jadi mulailah dengan mencatat hal-hal kecil seperti menstruasi yang perlu anda ketahui dengan pasti kapan mulainya dan sudah berapa hari, agar secara biologis, semua proses alami didalam tubuh berjalan normal…

Popularity: 66%

Posted Sunday, April 27th, 2008 at 1:37 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,471 Responses to “Haid tidak teratur? Waspadai gangguan hormonal sampai kanker korpus uteri”

Pages: « 59 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

  1. 200
    vanty Says:

    dok,saya sdh tdk haid slm 6bln n mnglmi kpthan. yang saya tnykan:
    1)apa pnykit sy?
    2) bagaimn cr pngbtnnya?
    3)dulu sy dblkn obt oleh ibu sy untk mngtsi kpthan. Obtnya bkn untuk d minum tpi dmskkn ke vagina. berbahayakah?
    4)sy slalu khawtirdk haid. Apkah perasaan jg mempngrhi?

    Sblmnya sy ucpkan trim’s

  2. 199
    Amelia Says:

    dok, saya berusia 15 taun, haid saya g lancar, sering sakit badan yg ga jelas, tetapi saat haid saya tidak pernah sakit, saya sering keputihan, solusinya bagaimana ya dok? mohon bantuan nya terima kasih

  3. 198
    lusinda belo Says:

    Makasih dok, atas penjelasannya tapi yang saya takuti itu jagan2 disebabkan oleh yit lain bila harinya haidnya kurang dari 26 hari atau lebih dari 32 hari?

  4. 197
    lusinda belo Says:

    Makasih dok, atas penjelasannya tapi yang saya takuti itu jagan2 disebabkan oleh yit lain bila harinya haidnya kurang dari 26 hari?

  5. 196
    lusinda belo Says:

    Yang ingin saya tanyakan bahwa apa pengaruhnya bagi wanita yg sebagian setelah bersaling 1 bulan mulai haid dan sebagian sampai bulan dan lainya samapai tahuna baru haid?
    Ada sebagian gadis yg haid tidak teratur kadan 2-3 buala sekli haid?

  6. 195
    vanie Says:

    dokter..
    aku cewe umur 20 tahun..
    ada yang aneh dengan haid ku..
    bulan2 kemaren, normal..
    trus yang terakhir, aku haid tanggal 28 Maret, n ampe hari ini (4 May) belum selesai…
    kenapa yah dok??
    aku mo ke dokter, tapi takut n lum siap ma hasil na ntar..
    aku lum nikah, tapi dah pernah berhubungan intim..
    terakhir berhubungan, bulan februari 2009, tapi aku lupa tanggal na, yang pasti, awal bulan..
    ada apa yah, dok??
    sekarang badan ku gag enak banget rasa na..
    entah ni karena haid ini, ato karena ada sakit yang laen..
    akhir2 ni mulai pucat, n aku juga dah minum vitamin penambah darah…

    tolong bantuan na yah dok…
    makasih….

  7. 194
    wulan Says:

    dok usia saya 24 tahun, sy sering datang bulan tidak teratur, kadang tiap bulan datang, kadang 2 bulan sekali. ditmbh lg saya sering keputihan lbh dari 4 hari,stlh sya priksa sh itu biasa alasannya mgkn sy krn trllu stres,stlh mnm obat yg dberi dok.kpthnnya lngsung hilang tp stlh dtg bln kluar lg.saya bingung dok tkt da apa2,mohon bantuannya,sebelumnya terima kasih bgt y dok

  8. 193
    Dr. Sukma Says:

    Halo Irma dan Maila (post 191 dan 192),

    Remaja seusia anda memang wajar haidnya masih kacau. Bersabarlah dan tunggu akan tiba saatnya siklus haid anda akan teratur. Sementara itu stop worrying, lebih baik berpikiran tenang. Sebab semakin gelisah, akan semakin lama datangnya haid teratur. Ketenasngan KUNCI dari kembalinya segala fungsi organ tubuh anda secara normal.

  9. 192
    maila madinah Says:

    dokter usia saya 22 tahun ketika pertama kali saya dapet haid sekitar usia sy 16 th tapi mulai aneh ketika saya baru dua kali mengalami menstruasi setelah itu siklus mulai berantakan dan sudah hampir dua tahun dan sampai sekarang saya tdk mendapatkan haid,tolong dok jawabanya.saya mulai ketakutan.

    setiap sy tnya kedokter selalu jawabannya itu biasa.

  10. 191
    Irma Says:

    dok,
    sy mau tanya knp mens sy tdk lancar padahal waktu itu lancar-lancar sj.sdh hampir 5bln sy tdk mens,katanya sich remaja memang wajar kaya bgt dan nantinya akan lancar,tapi saya takut knp-knp dok karen sy sdh mengalaminya selama beberapa thn ini.ksh saya solusi yang benar donk dok.sblmnya makasih banget ya dok

  11. 190
    cita nuansa asih Says:

    dok, saya gadis berusia 24 tahun..dari sejak pertama kali mendapat haid, haid saya tidak pernah teratur..kadang datang teratur(setiap bulan), kadang sampai 2 bulan telatnya..belakangan saya mulai kuatir, dengan banyak berita tentang penderita kista dan kanker rahim..apalagi sejak 2 tahun ini, setiap haid saya pasti mengalami nyeri..dan setiap hari saya juga sering merasa sakit yang hilang timbul,dibagian kanan dan kiri perut..gejala apakah ini,dok..? karena saya takut nanti bila menikah tidak bisa punya anak..

  12. 189
    cita nuansa asih Says:

    dok, saya gadis berusia 24 tahun..dari sejak pertama kali mendapat haid, haid saya tidak pernah teratur..kadang datang teratur(setiap bulan), kadang sampai 2 bulan telatnya..belakangan saya mulai kuatir, dengan banyak berita tentang penderita kista dan kanker rahim..apalagi sejak 2 tahun ini, setiap haid saya pasti mengalami nyeri..dan setiap hari saya juga sering merasa sakit yang hilang timbul,dibagian kanan dan kiri perut..gejala apakah ini,dok..?

  13. 188
    Hening Says:

    Dok,mau tanya doNk,,
    Saya gadis,umur 20thn,
    Smenjak saya mens,dari SMP sampai saat ini,mens saya tdk tratur,kadang 2 bulan dpt,1 bulan ga,,
    Itu dsebabkan krn apa ya..
    Apa berbahaya buat saya..
    Makasie

  14. 187
    Ella Says:

    Dok,

    Saya Ella, usia 24 tahun dan belum menikah..
    yang ingin saya tanyakan adalah, kenapa waktu haid saya mencapai 25 hari, tapi untuk jadwalnya tetap teratur (tetap mendapat haid tiap bulannya).

    Dapatkah saya mendapatkan konfirmasi yang lengkap dan secepatnya?

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  15. 186
    Nina Says:

    Saya berumur 15th.
    Kalau haid, saya 1bln penuh,bulan brikutnya tdk haid.
    Apa pengaruhnya?
    Apa penyebabnya?
    Apakah dpt menimbulkan penyakit?

  16. 185
    naura Says:

    Saya 33 thn, sudah menikah 5 tahun dan belum dikaruniai anak. Sejak sebelum menikah haid saya tidak teratur. Sempat tidak haid, kemudian dipancing pakai obat hormone bisa haid lagi. Beberapa kali seperti itu. Hingga akhirnya sejak 2,5 thn yang lalu saya tidak pernah haid lagi

    Periksa ke dokter kandungan, tidak ditemukan kista/myom, tetapi rahim kecil. Dokter lain mengatakan ada myiom. Saya diberi pengantar untuk tes hormone, namun baru kemarin sempat dilakukan. Hasilnya sbb:
    LH:55,93 –tinggi
    FSH:131,42 — sangat tinggi
    Prolaktin:26,56 — tinggi
    Estradiol:13,65 — sangat rendah
    Apakah ini yang namanya menopause dini?

    Perlu diketahui, saya tidak berani untuk melakukan terapi sulih hormone. Karena saya memiliki riwayat keluarga penderita kanker. Ibu saya meninggal karena kanker payudara dan kanker hati. Mohon advisnya dokter. Adakah herbal tertentu yg bs dikonsumsi sebagai pengganti terapi tersebut? Atau ada terapi lain? Trims.

  17. 184
    sintha Says:

    dok sya sintha..dok sya mau tnya..semenjak sya berpcran dengan pcra saya siklus haid saya tidak teratur..kenapa ya dok??selama sya pcran sya memang selalu melakukan kiss dan sbgainya tp blm prnah sampai ML dok..apa ad hbungannya dengan itu dok?

  18. 183
    putri Says:

    dok,
    sy mau tanya knp ya mens sy ga lancar padahal waktu itu lancar-lancar aja.dah hampir 4bln gitu sy ga mens,katanya sich remaja memang wajar kaya gitu dan nantinya akan lancar,tapi saya takut knp-knp dok.ksh saya solusi yang benar donk dok.sblmnya makasih banget ya dok

  19. 182
    tita Says:

    saya mau bertanya..
    saya baru menikah beberapa bulan. sejak gadis mens saya kurang teratur.. mungkin siklusnya 30-40 hari. pernah bertanya kedokter katanya tidak apa2.. asalkan tidak stress.cuman dikasih vitamin kalo ga salah.

    setelah menikah mens saya jadi lebih cepat siklusnya. 20 hari sudah mens lagi. saya heran inikenapa ya dok.

    selain itu karna mens yang tidak teratur saya jadi bingung melakukan hubungan dengan suami. pernah saya berhubungan karna saya fikir saya bersih, ternyata abis berhubungan saya mens.

    selain itu pernah juga saya fikir mens saya sudah selesai, karna sudah satu stgh hari tidak keluar darah lagi. tapi ternyata waktu saya berhubungan dengan suami, tiba2 waktu mandi darah saya keluar lagi.

    saya benar2 bingung dan takut dok. karena pernah tahu juga sangat tidak dianjurkan berhubngan suami istri waktu haid. tapi untuk kasus saya bagaimana sebaiknya..

    terima kasih sebelumnya dok

    terima kasih.

  20. 181
    royya Says:

    Dok, kalo siklus haid 40-48 hari dan sering terasa sakit di perut bawah (kanan & kiri)di luar masa haid, kira2 ada masalah apa ya Dok? Saya juga belum hamil setelah 2 tahun menikah. Mohon jawabannya, trimakasih

  21. 180
    nungky Says:

    Dok, bagaimana cara menghitung masa subur? Juga dalam menghitung siklus haid, setau saya hari pertama haid sebagai hari pertama, trus hari terakhirnya pas di tanggal haid berikutnya atau sehari sebelum haid berikutnya? siklus haid saya tidak teratur, antara 24 – 29 hari, tetapi yang paling sering sekitar 26 hr (siklus haid saya hitung dari hari pertama haid sampai sehari sebelum haid bulan berikutnya). Kapan masa subur/tidak subur saya dok? karena saya saat ini hanya KB kalender dan tidak ingin menambah momongan lg. O ya, umur saya saat ini 39 tahun. Terima kasih.

  22. 179
    Tio Says:

    halo dok,

    saya wanita 25th, BB: 56kg, tinggi: +-158cm. Saya sering kali buang air kecil dok. memang sih, saya banyak minum air putih. apakah itu wajar dok? krna sering buang air kecil, air seni saya smp tdk brwarna. Klo stlah makan siang, baru brwarna lagi air seninya.
    Anggapan saya, smua itu karna saya sering minum n udara dingin (AC).
    Minta pendapatnya dok..thanx

  23. 178
    loeki Says:

    halo..dok saya loeki umr 22thun..

    sudah sebulan ini haid saya tidak teratur
    setiap 2minggu sekali saya haid..

    tolong sarannya..
    trims dok..

  24. 177
    andi Says:

    dok maaf saya bertanya lagi kemarin pas saya gesek2 di bibir vagina pacar saya dianya sedang haid tetapi saya tidak mengeluarkan sperma didalamnya trus keesok harinya dia mengeluarkan darah….apa itu bisa mengakibatkan kehamilan ya dok…tolong jawabannya ya

  25. 176
    andi Says:

    dok saya melakukan gesek2 di bagian vagina cew trus saya tidak mengeluarkan sperma apakah bisa menyebabkan kehamilan…tolong balasannya dok

Pages: « 59 … 11 10 9 [8] 7 6 5 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe