UNGUHidup pada saat ini memang penuh dengan tantangan, perjuangan dan serba mengikuti life style, gaya hidup yang dianggap modern. Semua urusan harus cepat diselesaikan, pekerjaan dikejar tenggat waktu, tuntutan dari perusahaan tempat kita bekerja.

Dirumahpun kita tidak bisa lepas dari tuntutan keluarga yang bermacam-macam. Intinya kembali kepada kondisi keuangan dengan seribu satu permintaan dari anggota keluarga. Ada yang mau ini, mau itu, ganti ini, ganti itu sampai kepada permintaan yang kadangkala sulit untuk dikabulkan… Bagaimana kita tidak stress jadinya…

Stress inilah awal dari kacaunya serabut-serabut saraf pencernaan, yang merangsang dikeluarkannya asam lambung yang berlebihan. Terlambat makan sudah biasa, karena dikejar tenggat waktu, maka semakin menjadi-jadilah rasa sakit di uluhati dikarenakan perut kosong sementara asam lambung melimpah… Bagaimana menghindari hal ini?

Banyak jalan menuju Roma, demikian pula banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencegah atau meminimalisir gejala dan keluhan tersebut. Bila kesempatan untuk makan siang tidak ada, maka sebaiknya kita membawa bekal minimal biskuit yang bisa dikulum dalam mulut tanpa perlu menguyah dan menimbulkan suara berisik, sambil tetap anda bekerja. Minimal untuk ‘ngganjel’, sehingga asam lambung akan berkurang karena telah dimanfaatkan untuk mencerna biskuit…

Atau ada cara lain, minumlah susu bisa dari kemasan siap minum, sedikit-sedikit. Jadi dengan demikian kita telah melatih makan atau minum dalam porsi kecil, tapi frekuensi sering. Bila pola makan ‘frequent small feeding’ ini anda praktekkan, maka lambung akan terbiasa dan kembali berfungsi normal karena telah terlatih kapan dan seberapa banyak asam lambung harus diproduksi dan dikeluarkan…

Apa pantangan yang harus dijaga oleh pengidap sakit maag? Hindari makanan yang bercita-rasa asam dan pedas, kurangi atau hindari konsumsi santan, gorengan dan buah durian serta nenas. Jangan konsumsi makanan yang bertekstur keras seperti dendeng, nasi kerak, dll. Pilih makanan lembut dan hangat : nasi hangat, bubur hangat, dll.

Last but not least, minuman mengandung soda seperti minuman soft drink yang amat populer dikalangan anak muda, sebaiknya dikurangi atau dihindari. Gas yang terbentuk akan sangat membuat perut kembung dan terasa penuh serta perih…

Mengenai waktu makan yang baik. Karena pengosongan lambung terjadi dalam waktu empat jam, maka sebaiknya orang sehat mengkonsumsi makanan setiap empat jam juga. Bagi yang telah terlanjur sakit maag, itu tadi pola makan ‘frequent small feeding’ yang mesti diterapkan, sampai kondisi lambung anda kembali normal…

Ada satu cara sederhana untuk menjaga kesehatan lambung. Cobalah mengkonsumsi daging aloe vera (lidah buaya). Tanpa perlu dimasak, buang kulitnya, ambil isinya.  Sebaiknya dipotong kotak-kotak seperti potongan es batu di dalam lemari es. Campurkan juice apa saja -saya suka juice apel- kedalam daging aloe vera. Langsung diminum dan dikunyah daging aloe vera tersebut.

Rasakan khasiatnya, hanya dalam satu kali minum… Anda akan dibuat tercengang, semua keluhan hilang, kemana larinya? Bila ingin menjaga kesehatan lambung dan saluran cerna, konsumsilah secara rutin 3 kali seminggu. Buktikan sendiri manfaatnya.

Popularity: 100%

Posted Friday, May 9th, 2008 at 6:45 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,841 Responses to “Bagaimana agar terbebas gejala maag: perut kembung, rasa sebah, mual dan sakit ulu hati?”

Pages: « 74 … 52 51 50 [49] 48 47 46 … 1 » Show All

  1. 1225
    Yansu Says:

    ok..trima kasih Dr.sukma

  2. 1224
    Anne Says:

    Selamat sore Dr Sukma, sdh 2 minggu ini sy mkn aloevera dan merasa lbh baik. Sy jg sdh tdk mkn obat. Hari ini sy percaya diri sekali, mkn bihun bakso pakai lada, skrg dada sy berdebar debar. Sy kenapa ini Dokter? Sy hrs bagaimana? Harus mkn obat lagi atau mkn aloevera saja lagi? Thank’s Dokter.

  3. 1223
    andy christianto Says:

    mlm dok,sy lg dok…utk lambung luka apa hanya dgn jaga makanan saja,luka tsb bs pulih sendiri???utk pengobatan alami utk lambung luka ada tdk dok??utk makanan apa saja daging n sayur yg tdk bole utk maag???sapi,ayam,sawi,tahu,tempe apa bole??
    terima kasih

  4. 1222
    Anne Says:

    Slmt sore Dokter, saya lupa mau tanya, kalau saya tdk makan obat lagi (nexium,librax,disflatyl, pankreoflat, mucosta,dll), hanya dengan makan aloevera saja, maag saya bisa sembuh? Thank’s Dokter Sukma.

  5. 1221
    Anne Says:

    Slmt mlm Dr Sukma,sy sdh mkn aloevera 2hari sekali.sdh 12hari sy sdh bisa tdk mnm obat,maag jauh lbh baik,nyeri dada kiri berkurang bnyk.Thank’s ya Dok,Dokter benar2 luar biasa baiknya,tdk melulu pakai obat kimia. Dok,maag dilarang mkn apa saja?Sy bosan everyday mkn bihun dg bawang putih,garam,sdkt minyak.Thank’s Dokter.

  6. 1220
    Dr. Sukma Says:

    Halo Adriani,

    Terapi aloevera bersifat individual artinya ada yang cocok dan ada pula yang tidak cocok. So, sebaiknya dicoba dulu. Syukur2 kalau anda cocok diteruskan . Bila tidak cocok, hentikan.

  7. 1219
    Dr. Sukma Says:

    Hai Pradipta,

    Boleh saja. Enema dan pencahar/laxant tujuannya sama, mengeluarkan feces semaximal mungkin sehingga usus besar bagian bawah kosong..

  8. 1218
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yansu,

    Yang biasa saya gunakan adalah yang polos, TIDAK berbintik putih. Di hampir semua supermarket dan pasar tradisional juga ada.

  9. 1217
    pradipta Says:

    hallo dok saya mau bertanya
    apakah enema dan obat pencahar itu gunanya hampir sama??

    karena kemarin saya dapat metode bebas jerawat selama 5hari, dan tercantum bahwa 3 hari berturut turut kita harus mngkonsumsi apel tanpa mengkonsumsi makanan lain…
    dan pada malam harinya kita harus mengaplikasikan enema, tapi bgi saya enema itu mengerikan, mkanya saya rubah ke obat pencahar seperti dulkolax, kira2 sama fungsinya dengan enema dan cara ini aman tidak ya dok…..
    mohon bantuannya ya dok…
    trims bnyak bu dokter…

  10. 1216
    Dr. Sukma Says:

    Halo Adriani,

    Pendapat saya anda menderita gangguan pada lambung /gastritis atau sakit maag. Cobalah latihan yoga atau meditasi, untuk MENENANGKAN PIKIRAN. Inya Allah keluhan anda akan dapat diatasi..

  11. 1215
    agus Says:

    maaf dok menggangu
    ingin bertanya kalau sakit migren, sering sakit dilambung,anemia, alergi dingin, sering cepat lelah dan saat itu dokter menyarankan untuk periksa jantung dan paru paru. kira kira itu gejala penyakit apa ya dok? terima kasih

  12. 1214
    adriani Says:

    Halo dok,
    Saya wanita 21th berat 74kg. 3bulan lalu saya merasa cemas, perut sebah, mual, mulut terasa pait&asam. Tapi yg paling menganggu saya merasa sesak dan jatung berdebar-debar kencang. Dokter pertama mengatakan bahwa ada penyempitan pembuluh di jantung, pada dokter kedua saya menderita asam lambung tinggi. Saya lebih percaya kepada dokter kedua karena ciri2 yang mirip pada penyakit asam lambung tinggi. tp smp skrg dada saya msh sering berdebar dan mual. Rasanya perut saya penuh sekali&pusing. Apakah saya menderita asam lambung tinggi atau penyakit lain?
    Terima kasih.

  13. 1213
    Dr. Sukma Says:

    Hai Andy Christianto,

    Saya tidak punya referensi/nama dokter gastro di Singapore. Dan saya pikir RS di Penang sudah cukup baik. Ditambah lagi dengan anda mengkonsumsi BUKAN obat2an kimia, tetapi jelly gamat, kunir dan aloevera. So, teruskan terapi terakhir ini, karena anda telah merasakan ada perbaikan… Plus lakukan latihan yoga atau latihan nafas panjang, sehingga LEBIH mengkondisikan lambung kearah perbaikan dan semakin baik dari waktu ke waktu. Good luck…

  14. 1212
    andy christianto Says:

    pagi dok,kata anda sy sakit maag dan sudah agak serius dengan adanya ulkus atau luka atau tukak lambung.Sy sdh pernah periksa dokter di RS.Adventist di Penang Malaysia.Tapi sembuh trs kambuh lg,apa penanganannya kurang bnr dok??kalau di Mt. Elizabeth Hospital di Singapore,apa anda ada dokter internist gastro yg bs anda rekomendasikan???skrg ini sy sdh tdk minum obat2an lg,sdh 4hr ini sy minum jelly gamat,kunir,dan aloe vera.hsl nya better dok

  15. 1211
    Dr. Sukma Says:

    Hai Doni,

    Anda sudah ditangani dengan benar. Kostochondiritis berarti ada radang tulang rawan rusuk anda. Kemungkinan bekas trauma terjatuh, dst. Karena radang tentu obatnya anti biotika dan anti-inflamasi. Sebaiknya mnum obat secara teratur sesuai yang tertulis dalam bungkus obat dan dihabiskan.. Setelah obat habis, barulah di-reevaluasi lagi..

  16. 1210
    Dr. Sukma Says:

    Hai Yufdafz,

    Aloevera cari di supermarket : giant, carrefour, hypermart, dll. Cobalah anda melakukan latihan nafas panjang atau yoga atau meditasi. Karena akar permasalahan sakit maag ada pada pikiran yang tidak damai dan tidak tenang.

    Lakukan meditasi 2 kali sehari pagi dan malam sebelum tidur. Minimal setengah jam sampai satu jam setiap sessinya. Nanti anda akan mulai merasakan hasil meditasi ini setelah 2 minggu melakukan meditasi secara teratur dan sepenuh hati. So, selamat mencoba…

  17. 1209
    Dr. Sukma Says:

    Hai Irna,

    Roti gandum lebih kaya SERAT/fiber. Sedangkan roti biasa umumnya dibuat dari tepung yang bertekstur halus. Buat penderita diabetes, keduanya sama saja. Karena DM terkait kandungan glukosa, maka kedua roti dampaknya sama saja bagi penderita DM, kedua roti hampir sama kandungan glukosa-nya. Yang berbeda pada kedua roti hanya fiber dan proteinnya.

  18. 1208
    irna Says:

    Selamat siang Dok,

    Apa perbedaan roti tawar biasa/putih dengan roti gandum? Mana lebih baik untuk penderita diabetes? Thanks

  19. 1207
    yufdafz Says:

    siang dok..

    saya uda sering benget kambuh sakit maag saya. tapi sakit maag saya belum sembuh total banget.saya bosen dengan sakit maag ku.tersiksa aku dibuatnya.perih trus setiap saat..!! dan ampe berasa meriang rasanya juga merasakan perihnya itu sakit maagku. huff.saya pengen sakit maag ku sembuh total dok.untuk semua itu cara dan obatnya apa ya dok.saya ingin obat yg manjur dan mujarab.dan saya juga mau tanya untuk mendapatnya oloe vera (lidah buaya) jenis itu dimana dapatnya ya dok.itu saja dok yg saya dapat infomasikan kepada dokter.dan saya mohon kiranya bisa membantu saya.atas kebaikan bu dokter saya mengucapkap banyak beribu ribu banyak terima kasih.

    Regard’s
    yufdafz

  20. 1206
    Dr. Sukma Says:

    Halo Andy Christianto,

    Benar, anda menderita sakit maag dan sudah agak serius dengan adanya ulkus atau luka atau tukak lambung. Sebaiknya ditangani oleh dokter internist divisi Gastro yang handal, agar penyakit anda tidak berlarut-larut.

    Berbahaya jika luka atau ulkus atau tukak lambung tadi bocor, akan sangat merepotkan operasinya dan bersifat emergency serta ‘life saving’.

    Bagaimana kalau berobat ke Mt. Elizabeth Hospital di Singapore. Anda akan diperiksa teliti serta dilakukan tindakan khusus terhadap ulcer/ ulkus yang ada.

  21. 1205
    Doni Says:

    halo dok,
    umur saya 21 thn
    sudah satu minggu terakhir saya ngerasa nyeri di dada kiri, rasanya kaya berat gitu dada saya.
    sudah cek ke dokter umum, dia tes darah dan ekg, semuanya normal.
    beberapa hari kemudian, saya ngerasa sakit lagi, terus cek ekg lagi, t6etep normal, saya udah cek rontgen dada, dan juga bersih.
    lalu, tadi saya pergi ke dr spesialis penyakit dalam, dia bilang saya kena kostokondritis, dan ada dispepsi juga.

    dok, kostokondritis sebenarnya disebabkan apa sih?
    dan bagaimana cara mengobatinya?
    dokternya bilang, bisa bermacam-macam, dan dia beri saya Betalans, Disflatyl dan UltraCEt

    mohon kiranya bisa membantu saya.
    terimakasih.

  22. 1204
    surya Says:

    Halo dok,
    Sebelum puasa saya dirawat di RS akibat typhus tp tanpa disertai demam, hanya pusing di kepala. Saat keluar saya control ada nyeri di sebelah kanan pusar kadang panas. Menurut dokter akan hilang dgn sendirinya. Benar memang hilang tp 2 bln kemudian saya terkena maag padahal hampir ga pernah telat makan setelah dirawat. Yang saya tanyakan sakit di sebelah kanan pusar ga hilang dan bila pinggang kanan dan kiri ( diatas pinggul )ditekan jari terasa sakit. Pada pemeriksaan USG untuk Ginjal dan hati normal, dan test darah juga normal, mohon petunjuk dok…..

  23. 1203
    andy christianto Says:

    pagi dok,ini msg sy yg ke 3 tapi dokter blm memblsnya.semoga kali ini dibls.lgs saja ya dok,umur sy 30th.biasanya maag sy kambuh minum obat maag bbrp hr sembuh.tapi sejak th ll perut sy rasanya perih,sebah,rasa gelisah,napas rasanya berat,kembung sampai perut bsr,lapar trs.kadang sy kebangun pagi krn lapar.kalau telat mkn keringat dingin,dada berdebar gelisah,stlh sy mkni hilang sendiri.sy ke dokter di penang diendoskopi katanya reflux n lambung sy luka.sy diberi obat pariet 20mg n motillium 10mg.sdh sy minum slm 3lbn.stlh obat hbs,kok kambuh lg.tapi tdk separah th ll.
    yg ingin sy tanya apa gejala sy termsk maag?gmn cara mengobatinya dok??bs tdk kondisi sy kembali seperti semula.sy smpk stress perut kok gk enak trs.mknan seperti bubur kc hijau tanpa santan,susu,roti apa boleh??terima kasih dok

  24. 1202
    Dr. Sukma Says:

    Halo Jumrie,

    Benar, reflux asam lambung disebabkan antara lain oleh sphincter esofagus bagian bawah yang tidak bekerja optimal alias kurang kenceng nutup kelepnya. Sehingga ada makanan dari lambung yang balik lagi keatas kearah esofagus atau tenggorokan. Hal ini menimbulkan rasa perih di ulu hati/heart burn.

    Hiatal hernia dan GERD (gastro esophageal reflux disease) tidak ada jalan lain untuk penyembuhan harus dioperasi memperbaiki kelep atau menutup rongga tempat keluar-masuknya bagian lambung keatas kearah rongga dada pada sliding atau hiatal hernia.

  25. 1201
    susi Says:

    slmt mlm dokter sukma yang baik. sy susi, seorang wartawan, dan mmg pekerjaan sy gila2an dan deadline, jd sy sk mengundur2 wkt makan. tp sy tdk th kl akibatnya fatal begini. sy pikir maag biasa sj, dn kdg ketika sy obati obat milanta atau susu hangat, keluhan menghilang.

    tp, 2 minggu yang lalu sy harus dirawat di RS di jkt slm 2 pekan. sy pun disuruh sinar-x atau rontgen utk perut sy krn sy merasakan perih, mual, panas kebakar, dan sgt nyeri di perut bagian kiri. tepatnya sebarisan dengan puser atau udel dan agak ke bawah dikit. kalau ditekanpun agak keras dan skt bgt. perut jg kembung dan mengeras.

    stlh dirontgen ditemukan gastritis dan ulkus peptikum. saat ini sy sdh keluar dr rmh skt dan hampir 2 minggu berobat jalan.

    adapun obat2an yg diberikan saat kontrol terakhir tgl 17 feb adlh inpepsa (obat ulkus), nexium (ulkus), mucosta (kembung, mual), pankreoflat (kembung), MEIACT 200 Meiji (antibiotik), obat pusing racikan (diminum kl pusing sj), dan obat tidur atau penenang racian (jumlahnya hy 5, sy jg jrg mnm krn tkt ketagihan), lalu laxadine krn sy sulit BAB, dan ukuran fecesnya kecil2.

    sedangkan pada kontrol pertama sebelumnya, jenis obat yg diberikan berbeda. hanya inpepsa dan mucosta yg terus berkelanjutan.

    sy ingin ty, apakh obat2an yg diberikan dokter spesialis dalam sy itu sdh benar? sy blm mencoba aloe vera yg ibu sarankan, krn sy baru menemukan blog ibu ini, tp sy berminat dan akan mencobanya.

    oya nanti kemungkinan 3 hari lg sy harus kontrol lg ke dokter. sy ingin ty ke ibu, apkh aloe vera ini bs mengobati ulkus peptikum? krn kl sy baca di pembahasan ibu di atas, hy lbh ditekankan ke maag, atau maag kronis. apakah lbh baik sy tidak usah kontrol dan menggunakan aloe vera sj? atau tetap kontrol sembari mengkonsumsi aloe vera?

    lalu apakah sinar-x atau rontgen yg sy lakukan itu sdh bs diyakini kebenarannya bu?, sebab kalau hrs endoskopi mahal bgt, dan sy blm py uang untuk itu.

    maaf kl pertanyaannya tll byk bu, krn sy benar2 buta terhadap gastritis dan ulkus peptikum ini.
    tks byk bu….

Pages: « 74 … 52 51 50 [49] 48 47 46 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe