PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

  1. 50
    amir Says:

    bu, 2 tahun yang lalu saya terkena infeksi wkt berenang,, kemudian kel gth bening saya bengkak awal cm dlipat paha, kemudian bwh rahang..sampai skrg saya blm pnh brobat karenas takut.. menurut ibu apayang harus saya lakukan???tlg d blz d email saya..sblmnya terimaskasih

  2. 49
    Dr. Sukma Says:

    Halo HaN,

    Dari keluhan anda sepertinya ada sesuatu pada kelenjar getah bening di leher anda. Bila ukuran diametr benjolan satu sentimeter keatas, sebaiknya dilakukan pemeriksaan FNAB.

    Tergantung posisi benjolan dan hasil pemeriksaan FNAB.
    Yang dikhawatirkan pada orang dewasa adalah anak sebar tumor thyroid(papillary Ca) atau kanker hidung (KNF).

    Yang tidak mengkhawatirkan bila hanya peradangan spesifik (TBC) atau non-spesifik. Jadi saran saya segera kunjungi dokter internist/ penyakit dalam.

  3. 48
    HaN Says:

    salam kenal bu sukma..
    sy pny masalah,,di leher saya ada benjolan kecil..
    kerasa pegel sampe pundak bu..
    kira-kira kenapa ya bu..!?

  4. 47
    Dr. Sukma Says:

    Halo Afandi,

    Agaknya penampilan anak anda sedikit kurus. Jadi bisa saja karena hiperaktif, padahal selera makannya baik.

    Yang perlu dijelaskan ke dokter anak, apakah BB 23 kg itu sudah lama dan tidak naik2/ susah naik padahal makannya mau dan tidak pilih-pilih. Nanti akan dipikirkan dan biasanya dianjurkan FNAB untuk benjolan di leher agar jelas permasalahannya/ diagnosisnya.

  5. 46
    afandi Says:

    Makasih atas infonya bu Sukma
    Sy mau konsul lagi. berat badan anak sy 23kg.tinggi 121cm
    unt aktifitas termasuk anak yang super aktif. unt keringat malam hari dan benjolan di leher yang tdk nyeri. apa ada saran unt yang perlu diutarakan wektu saya ke dokter anak. matur nuwun bu Sukma. Semoga sgala info jenengan menjadi amal ibadah yang diterima olehNya .Amien

  6. 45
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rhyzky,

    Istri anda sakit dibawah pinggul kiri. Disitu lokasi usus besar/kolon dan ovarium kiri. Ginjal diatas.

    Jadi kemungkinan ada masalah dengan indung telur kiri (ovarium kiri) atau kolon anda bermasalah. Segera kunjungi dokter penyakit dalam, agar dilakukan periksa dalam. Setelah itu, bila memang ada indikasi, akan direfer ke dokter SpOG.

  7. 44
    Rhyszqy Says:

    Salam ibu …
    Istri saya mengeluh sakit di bawah pinggul sebelah kiri. Kalo ditekan, terasa sampai ke perut depan. Apa ini gejala ginjal atau ada sebab yang lain bu ? Sakitnya sich udah lama, terasa kalo habis beraktifitas bu.
    Trima kasih.

  8. 43
    Dr. Sukma Says:

    Halo Afandi,

    Saya berpendapat anak anda yang berusia 6 tahun itu menderita radang kelenjar getah bening disebabkan kuman TBC. Ciri2nya antara lain : berat badan susah naik, tidur malam berkeringat sampai basah, anak kurang aktif.

    Sebaiknya dilakukan pemeriksaan laju endap darah (LED) dan test Mantoux, sambil menunggu benjolan agak besar kira2 diameter 1,5 cm agar lebih mudah dilakukan FNAB. Hubungi dokter anak /pediatrician.

  9. 42
    afandi Says:

    Salam kenal bu Sukma,
    Saya punya putra skr umur 6th. mulai umur 1th ada benjolan dileher kiri kalo menoleh diameter 1cm an.Dan kalo malam hari tidur keluar keringat.Berat badan normal. Setiap sy periksa ke dokter waktu dia sakit slalu ditanyakan soal benjolan tsb tp ktnya tdk berbahaya. sy kuatir apa termsk gejala kelenjar getah bening soalnya ada 1 dokter yg bilang begitu. ke tht sdh juga bukan amandel. Mhn sy dikasih petunjuk unt ikhtiar slanjutnya bu dokter Sukma.Matur nuwun

  10. 41
    Dr. Sukma Says:

    Hai Via,

    Mungkin lebih baik ditunggu agar benjolan di axilla itu agak besar, minimal 1 cm. Dengan demikian akan lebih mudah dilakukan FNAB, untuk mengetahui penyebab benjolan tsb.

    Ke dokter penyakit dalam dulu, nanti akan dirujuk ke dokter PA untuk FNAB.

  11. 40
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ary,

    *Keluhan anda bukan kanker kelenjar getah bening/limfoma
    Saya lebih condong ke arah peradangan, bisa non-spesifik atau spesifik (TBC).

    *Minum obat2 yang sudah biasa anda lakukan, itu tidak salah. Akan tetapi TIDAK MENYELESAIKAN MASALAH. Akan berulang dan berulang lagi semua yang anda keluhkan.

    * Untuk menuntaskan masalah itu, perlu dilakukan pemeriksaan oleh dokter penyakit dalam/internist. Kalo perlu akan dilakukan kultur dan test sesnsitivitas terhadap nanah yang keluar dengan baunya tidak sedap itu. Sehingga akan ketahuan, kuman apa yang menjadi penyebab gangguan diketiak anda tsb. Dengan demikian, obatnya akan pasti, yaitu jenis antibiotika atau anti jamur, dst sesuai hasil kultur dan sensitivity test. Maka terapi akan jelas dan bukan coba-coba…

  12. 39
    via Says:

    o ya dok, untuk hal ini saya mesti konsul ke dr yg ahli apa, dan punya referensi gak untuk dr di semarang, tks

  13. 38
    via Says:

    makasih banyak dr atas masukannya, saya awan banget masalah ini, peradangan TBC itu apa ya Dok, bisa disembuhkan tidak ya…, menular..? tks sekali lagi

  14. 37
    ary Says:

    Salam dok

    Saya umur 32, Diketiak saya sering bengkak sampai membesar dan kelihatan memerah terasa sangat sakit, pedih, pegal, linu dan kalo di pegang terasa panas, tubuh terasa demam. Kalo bengkaknya kambuh dan saya sudah tidak tahan sakit maka saya minum obat ANTIBIOTIK, PEREDA RASA SAKIT DAN OBAT UNTUK BENGKAK yang saya beli diapotik. Setelah minum obat 1 sampai 2 kali bengkak tsb mengeluarkan cairan nanah dan semua rasa sakit tadi langsung hilang.Dulu yg sering kambuh ketiak sebelah kanan dan sudah pernah dioperasi 2 kali tapi tetap sering kambuh, skrg yang sering kambuh sebelah kiri dan kadang-kadang dua-duanya. Jika sedang tidak sakit ketiak kadang saya bersihkan dari komedo dan yang berbau tidak sedap. Selama ini saya tidak pernah pakai deodorant.
    Yang ingin saya tanyakan pada dokter:EKOMENDASI
    - apakah saya terkena kanker kelenjar getah bening?
    - apakah obat yg saya komsumsi sudah tepat? kalo belum mohon penjelasan dari dokter.
    - Bagaimana rekomendasi dokter untuk saya?
    Atas jawaban saya ucapkan terima kasih.

  15. 36
    Dr. Sukma Says:

    Halo Via,

    Meski benjolan diketiak anda masih kecil, akan tetapi telah menimbulkan gangguan rasa sakit saat mengangkat lengan. Maka sebaiknya diperiksakan ke dokter penyakit dalam. Kemungkinan payudara anda juga akan diperiksa (payudara pada sisi sama dengan benjolan itu. Contoh : benjolan ketiak kanan akan diperiksa payudara kanan).

    Pada limfoma biasanya pembengkakan kelenjar getah bening yang pertama terlihat adalah di leher. Untuk kasus anda, masih mungkin disebabkan peradangan TBC.

  16. 35
    via Says:

    salam dr,
    saya lagi bingung nih, di ketiak kanan saya terasa ada benjolan kecil(sekali) hampir seperti nadi yang menonjol, saya takut ini gejala limfomia. agak tidak enak di bagian ketiak tsb, nyeri ketika di angkat, ketiak jd terasa hangat (tidak spt biasanya), mohon informasinya tentang ini dok,terimakasih atensinya

  17. 34
    Dr. Sukma Says:

    Halo Tunggul,

    Maaf baru dijawab karena kesibukan saya. Langsung dijawab aja, ya.

    Mengenai kanker kelenjar getah bening (limfoma) jenis obatnya sudah standard tergantung jenis limfoma saat diagnosis ditegakkan. Pada umumnya obat2 itu termasuk didalam Chemoterapy atau obat sitostatika. Obat tersebut harganya memang mahal.

    Untuk sampai taraf penyembuhan yang terdiri atas beberapa siklus, kemungkinan menelan beaya puluhan sampai seratus juta rupiah. Namun, reaksi tubuh penderita terhadap obat sama yang diberikan ke masing2 penderita akan berbeda.

    Sehingga sulit dapat diprediksi apakah ibu mertua anda akan bereaksi bagus dan sensitif terhadap terapi khemo yang akan diberikan. Jadi tidak ada jaminan sembuh.
    Demikian info yang dapat saya berikan.

  18. 33
    Dr. Sukma Says:

    Hai Rizma,

    Jangan tunda lagi segeralah kunjungi dokter penyakit dalam. Dari sana bila perlu anda akan dikirim ke dokter spesialius PA untuk dilakukan FNAB.

    Sehingga segera dapat diketahui apa yang terjadi dengan kelenjar getah bening di leher anda. Kemungkinan sangat besar anda terkena TB kelenjar.

  19. 32
    Rizma Says:

    dok, saya umur 23 tahun. sudah sebulan ada benjolan di belakang leher,tapi makin kesini benjolannya tambah banyak. skrang ada 4. saya cuma ngerasa pegel aja. klo daerah sekitar pundak di pijit,pegelnya ilang.
    kata dokter itu pengaruh badan panas,pusing dan kecapean.tapi saya ngerasa khawatir za…
    apa mungkin saia kena tbc kelenjar juga?
    mohon jawabannya….

  20. 31
    Tunggul Says:

    Salam Dok

    Saya ingin mendapatkan informasi mengenai nama obat, tempat pembelian dan kisaran harganya untuk penyakit kanker kelenjar getah bening untuk ibu mertua saya.
    Harapan kesembuhan seberapa jauh dan rekomendasi berobat yang paling efektif, karena jaman sekarang lebih baik keluar dana yang lumayan tapi kesembuhan dapat diharapkan, dibandingkan yang umum (yang sebenarnya mahal juga) tapi sering kambuh. Jatuhnya jauh lebih mahal dari sisi beaya dan pikiran.

    Terimakasih.

  21. 30
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nia,

    Benjolan diketiak kanan anda yang menjelang dan selama haid terasa nyeri. Dalam dunia medis, benjolan itu disebut ‘Mammary Aberrant’ atau Ectopic Mammary tissue. Yaitu jaringan payudara yang lokasinya bukan ditempat normal/biasa, namun didaerah axilla/ketiak.

    Sama dengan payudara yang normal, maka setiap akan haid terasa tegang dan agak nyeri kalau dipegang. Kelainan anda itu tidak berbahaya, namun sebaiknya segera dibuang/ diangkat/ dioperasi. Dengan demikian, keluhan anda akan hilang sama sekali.

  22. 29
    nia Says:

    dok,saya mau tanya.
    kenapa ya kalo saya mau haid, ada benjolan di ketiak kanan saya saja, kalo dipegang nyeri. tapi, kalo udah haid, lambat laun benjolannya seperti hilang dan gak nyeri. kenapa ya dok?
    apa yang harus saya lakukan?

  23. 28
    Dr. Sukma Says:

    Hai Lily,

    Dari tulisan anda, saya cenderung sangat besar kemungkinan sahabat anda itu pengidap HIV. Dari semuanya : ex drug-abuser, telah didiagnosis limfoma, orientasi sex, perjalanan penyakit yang sangat cepat dan sosialisasi yang kurang/agak tertutup.
    Saya setuju kemungkinan awalnya ODHA, partner sexnya menderita HIV. Merokok juga menurunkan daya tahan tubuh secara umum.

    Adapaun faktor makanan tidak ada kaitannya sama sekali.

  24. 27
    Dr. Sukma Says:

    Halo Mery,

    Yang saya tahu bila kulit dibagian-bagian tertentu pruritus alias gatal2, disertai teraba seperti biji-biji dibawah kulit, biasanya akibat investadi parasit.

    Namun, karena lokasi terabanya biji2 dan juga tonsil yang membesar, bisa juga limfoma. Tetapi limfoma biasanya tidak disertai rasa gatal-gatal, yang anda bilang sampai kedaerah vulva. Sebaiknya kunjungi dokter kulit dulu, agar dilakukan pemeriksaan fisik anda.

    Kalau dicurigai limfoma, anda akan diperiksa darah tepi lengkap. Bila kearah parasit akan dilakukan pemeriksaan yang cocok untuk itu.

  25. 26
    mery Says:

    hai dokter,bila kulit saya diraba maka akan terasa bahwa pada bagian bawahnya ada seperti berbiji2 yang ukurannya ada yang sebesar biji kacang.kemudia saya pruritus. pada pangkal paha ada benjolan, tonsil sebelah kanan membesar, kulit gatal2, bagian vulva gatal sekali tapi tidak keputihan.apakah itu ciri dari limfoma dokter

Pages: « 43 … 7 6 5 4 3 [2] 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe