PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 34 33 32 [31] 30 29 28 … 1 » Show All

  1. 775
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tya,

    Sure he can… Anak anda laki2 itu boleh dan sangat baik bila disamping obat yang diresepkan dokter juga minum Ester-C seperti yang anda tulis…

  2. 774
    Dr. Sukma Says:

    Halo Dyah,

    Setelah membaca tulisan anda, terpikir akan kemungkinan limfoma. Jadi sebaiknya dilakukan FNAB ulang/re-biopsy disamping pemeriksaan USG/CT-scan untuk melihat apakah ada pembesaran kelenjar getah bening (KGB) organ dalam yaitu mesenterial dan para-aorta. Dari hasil lab yang anda tulis LED 90 dan limfosit yang tinggi hal ini mendukung juga kearah limfoma.

    Sebaiknya konsultasi ke dokter hematologi di RSCM, agar bisa ditangani dengan baik dan tuntas. Sebaiknya untuk sementara OAT distop, karena sudah jelas tidak ada perbaikan dari kondisi awal…

  3. 773
    Tya Says:

    Dear dr.Sukma
    Anak saya laki2 (19 thn) didiagnosa melalui FNAB terserang limfadenitis kronik non spesifik. Untuk menjaga staminanya selain obat dari dokter bolehkah minum ester-C 500 gr 2x/hari? Trima kasih.

  4. 772
    dyah Says:

    dr.Sukma yth,
    sebelumnya sy prnh konsul dg dktr sukma(705)
    sy sedang dlm pengobatan OAT masuk bulan ke4. sy didiagnosa tbc kelenjar sjk 4bl yl.benjolan ada di supraclavicula tp smp bln ke4 benjolan tdk ada perubahan,besarnya msh tetap pdhl sy minum teratur OAT dan blm pernah terlewatkan.belakangan pangkal leher saya sblh kanan dkt benjolan terasa tegang dan pegal2, pundak bagian belakang sy kiri kanan jg terasa spt bengkak dan mengeras ,terasa kebas/ mati rasa. ditambh lg 2 hr ini di ketiak sy terasa sakit spt ada bisul yg kl dipegang terasa agak sakit tp benjolan tsb terasa msh kecil jika diraba. pertanyaan sy kenapa stlh minum OAT tepat waktu smp dgn bl ke 4 tdk ada tanda2 bejolan mengecil malah sebaliknya, smp kpn sy hrs mengkonsumsi OAT lg dok?? pemeriksaan apa lg yg hrs sy lakukan dok?
    ini hsl lab sehari sblm memulai OAT dan hsl lab terkhr 3hr yl. pd pemeriksaan hematologi semua normal kcuali :
    neutrofil batang 0 : 0, limfosit 41:43, LED 90:$40, GOT 10:22, GPT 12:17
    demikian dok, mungkin dktr bs memberikan pencerahan buat sy..
    Tks, Dokter Sukma yg baik hati.

  5. 771
    Dr. Sukma Says:

    Halo Rika,

    Karena benjolan ada dibeberapa tempat seperti yang anda tulis, SEBAIKNYA periksakan ke dokter penyakit dalam. Meskipun tidak terasa sakit. Semua penyakit awalnya seperti itu. Kalau cuma akibat radang mudah diobati. Takutnya gejala itu adalah limfoma…

  6. 770
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ratna,

    Untuk memastikan hasil lab tsb tidak salah, kalau perlu anda ulang lagi khusus LED di lab. lain. Pendapat saya sedikit diatas normal seperti yang anda tulis, itu masih dalam batas normal…

  7. 769
    Dr. Sukma Says:

    hai Rully,

    Reactive lymphadenoapathy artinya pembesaran kelenjar getah bening (KGB) yang penyebabnya tidak spesifik/tidak klhas. Yang jelas BUKAN oleh TBC, virus atau lainnya. Karena itu perlu dilacak kemungkinannya antara lain ke dokter paru. Kalau BBS tinggi seperti hasil lab anda, biasanya/ umunya oleh TBC. Mungkin perlu dicrosscheck dengan melakukan test Mantoux, agar pasti…

  8. 768
    Dr. Sukma Says:

    Hai Adelia,

    Sebaiknya minum obat anti-TBC (OAT) diawasi oleh dokter kebidanan atau dokter anak. Agar dampak atau efek samping dari OAT tidak mengenai bayi yang sedang minum ASI.
    Sebaiknya konsultasi ke dokter anak. Dan check ulang apakah betul benjolan yang timbul lagi disebabkan oleh kuman TBC…

  9. 767
    Adelia Says:

    Hi Dokter Sukma,
    Dokter… Kakak saya pernah operasi Tumor Submandibula Sinistra pada bulan pada juni 2009 yang diketahui diagnosa akhir adalah kelenjar TB dan sudah minum obot selama 6 bulan. Belum sempat test kembali beliau pulang kampung (Melahirkan). Masalhnya sudah sebulan ini benjolan tumbuh lagi di sebelah kanan. Periksa ke dokter setempat untuk minta resep yang dulu buat beli obat apotik katanya tidak diperbolehkan. Malah test lagi – Rontgent (tidak ada kelainan pada paru) – test mantog – disuntik BCG terus dkasih obat, tapi kalau obatnya diminum reaksi ke badan justru tidak membaik akhirnya dihentikan. Dokter … Apa mesti kakak saya lakukan… Atau mesti kedokter specialist apa? Mengingat kondisi fisik makin melemah. Berat badan turun drastis, dan ASI tidak keluar…

    Terima kasih atas bantuannya..

  10. 766
    rully Says:

    hai dok..
    saya mw mnanyakn mslh benjolan yg ad d leher saya..
    kmrn saya prksa k R.S, saya mngeluh krn byk benjolan d leher dan d telinga kanan saya.. ukuranny msih kecil2 tp byk.. sampai2 leher sbelah kanan saya sakit/pegel. ini sudh sya rsakn dr smggu yg lalu.. tp kondisi saya bru2 ini menurun lemah.. lalu sm dokter, sya d test Lab,Rontgen. lalu dr hsil Lab hny DL BBS sja yg tdk beres hsilny 45-83(normal 0-20/jm)yg lainny hsilny normal trmasuk hsil rontgennya.. dokterPun msih blm tw pnyebab bnjolan2 ini.. lalu saya d rujuk k spesialis patologi anatomi,lalu kesimpulanny: REACTIVE LYMPHADENOPATHY. tp dkter RS msh jg blm bs mnyimpulkn apa pnyakit saya.. tgl 18bsok sya d rujuk lgi k dktr spesialis paru2..

    kira2 menurut Dr sukma sya mnderita apa ya dok?? sya bingung dn takut sekali..

  11. 765
    ratna Says:

    Siang dok Sukma!Jumpa lagi setelah 7 bulan pengobatan tb kelenjar saya.
    Saya mau tanyakan pengobatan tb kelenjar saya sudah dinyatakan dokter sembuh setelah dites darah ICT dan LED tes pertama dan ke dua tes LED + darah lengkap + tes SGOT + SGPT. Pertanyaan saya :
    Tes LED nya positif trus dokter memberikan pengobatan selama 1 bulan lagi(pengobatan ke-7).Kemudian tes kedua hasil LED nya berupa angka yang normalnya antara 20-25, tetapi hasil saya 27 dan hasil tes lainya masih dalam batas normal. Apakah tb kelenjar saya sudah sembuh total? karena pengobatan ini sudah ke dua kalinya. Saya ingin ini pengobatan yang tuntas! Terima kasih dokter dengan penjelasannya!

  12. 764
    RIKA Says:

    DOK SAYA MAU TANYA SAYA NI UDAD HAMPIR BEBErapa tahun belakangan terdapat bengkak seperti kelenjar di pangkal paha, daerah axila kira kira apa ya dok usia saya 19 thun dan kalau di pegang bengkaknya gx sakait

  13. 763
    Dr. Sukma Says:

    Halo Ika Yuniarti,

    Benjolan yang berpindah-pindah kemumngkinan akibat masih adanya kuman didalam darah penyebab benjolan atau abses tersebut. Sebaiknya JANGAN dipegang/dipencet sendiri, sangat berbahaya bila kumannya masuk kedalam jaringan otak. Sebaiknya ditangani oleh dokter bedah umum atau dokter penyakit dalam.

    Kalau perlu dilakukan pemeriksaan kultur atau biakan nanah atau cairan yang keluar dari benjolan tsb. Sehingga nanti obat antibiotika bisa tepat dan akurat untuk membunuh kuman yang tumbuh dari hasil kultur tersebut..

  14. 762
    Dr. Sukma Says:

    halo Andi,

    Solusinya menurut pendapat saya adalah dengan mengangkat/membuang /operasi kelenjar yang membesar tsb. Dengan demikian fokal infeksi sudah kita buang. Tinggal membasmi kuman TBC yang masih ada didalam aliran darah. Untuk itu diperlukan OAT atau obat anti-TBC lebih singkat waktunya dan bisa dicarikan obat yang paling ringan agar tidak menimbulkan efek mual berlebihan… Dokter penyakit dalam atau dokter spesialis Paru yang handal bisa mencarikan obat yang pas untuk kondisi setelah operasi membuang KGB yang bermasalah tersebut…

  15. 761
    Dr. Sukma Says:

    hai Arif,

    Kunjungi dokter bedah umum atau penyakit dalam. Kemungkinan bisa abses atau radang khronik-spesifik (TBC). Bila dibiarkan akan semakin meluas dan berdampak buruk secara kosmetik..

  16. 760
    Dr. Sukma Says:

    Hai Febe,

    Untuk kepastian apa sebenarnya benjolan dileher anda, sebaiknya dilakukan biopei jarum halus (FNAB). Minta surat rujukan ke dokter umum untuk dokter spesialis PA agar dilakukan FNAB. Hasil atau diagnosis FNAB kemudian ditindak lanjuti untuk pengobatan yang sesuai dengan diagnosis tsb.

  17. 759
    arif Says:

    hai dok sukma…
    saya mau bertanya ne dok…saya mempunyai benjolan di belakang leher sdh 1 bln ini…3 hari yang lalu pecah dan itu mengeluarkan cairan darah yang bau…setiap hari cairanya keluar…saya mau tanya itu penyakit apa ya dok?dan gmn cara mengobatinya?trimakasih ya dok….

  18. 758
    Andi Says:

    Hai dok, saya mengidap tbc kelenajar, sehingga timbul benjolan di sekitar leher, dan solusinya adalah minum obat selama 6 bulan. Namun dikarenakan saya juga terkena maagh, sehingga saya menjadi mual-mual dan badan saya lemas jika mengkonsumsi obat TBC, sampai saya opname di RS, dokter bilang LIVER saya tidak kuat. yang mau saya tanyakan, apakah ada solusi lain untuk TBC saya? di satu sisi saya ingin TBC saya sembuh, tapi di sisi lain lambung saya tidak kuat bila menerima obat TBC. MOHON BANTUANNYA. TERIMAKASIH

    LINK
    http://www.sukmamerati.com/limfoma-kanker-kelenjar-getah-bening-tersering-pada-usia-produktif/comment-page-14#comment-9169

  19. 757
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dee,

    Pendapat saya kedutan dan nyeri otot nggak ada hubungannya dengan benjolan anda. Mammae aberrant juga tidak, karena timbulnya benjolan BUKAN sejak pubertas..

  20. 756
    Dee Says:

    Hi Dok,

    Thx atas tanggapanya. Apakah biopsi dapat menyebabkan efek samping Dok? Dok, selain bisul bernanah dan radang TBC apa saya perlu takut dengan penyakit lainnya?

    Saya juga ada gejala yang saya gak tahu ada hubungannya atau tidak dengan benjolan ini yi:
    Kedutan otot
    Sakit kepala
    Kalau mengenai nafsu makan <– berat badan tidak mengalami penurunan.

    Sekali lagi, thx atas waktunya.

  21. 755
    Dr. Sukma Says:

    hai Dee,

    Benjpolan anda bisa bisul yang bernanah atau radang TBC. Untuk pastinya, harus dilakukan biopsi, bisa FNAB atau open biopsy diangkat lewat bedah kecil.. Tidak ada alternatif lain.

  22. 754
    Dee Says:

    Hi Dokter Sukma,

    Dok udah beberapa minggu ini ada benjolan di ketiak kiri saya (di atas lipatan). Benjolan nya keras donk dan kurang dari 1 cm.

    Saya kebetulan minggu lalu baru berobat ke dokter gigi karena katanya bisa dikarenakan infeksi dari gigi, tapi memang belum bisa ditambal karena mungkin radang. Tapi gigi saya gak pernah sakit, tapi memang ada yang bolong. Rencana minggu ini kalau bisa mungkin ditambal.

    Lalu, benjolan di ketiak saya pernah membesar dan bengkak (warna merah) dan agak sakit tapi kemudian dikasih obat antibiotik dan salep luar sama dokter dan mengecil, tapi sampai sekarang tetap masih ada. Kalau di raba benjolannya seperti ada biji nya seperti jerawat tapi memang tidak sakit. Krn saya pikir semacam bisul saya pencet dok, keluar putih-putih pekat gitu diikuti dgn nanah, tapi memang tidak banyak. Sampai sekarang benjolan nya masih ada si Dok.

    Kenapa ya Dok? Apakah saya harus di biopsi? Saya takut, atau ada cara lain untuk mengetahui penyebab nya. Oh ya saya raba payudara juga tidak ada benjolan. Saya wanita usia 27 tahun belum menikah. Mohon petunjuknya ya Dok. Thanks.

  23. 753
    Dr. Sukma Says:

    Hai Ayun,

    Tergantung daya tahan tubuh seseorang. KIra-kira butuh 2-3 bulan untuk kembali normal…

  24. 752
    ayun Says:

    Dok, bekas bengkak gondong kalo penyalitnya uda sembuh bisa kampes sendiri gak ya? trus kira2 berapa lama bengkaknya bisa kempes total?makasi..

  25. 751
    Dr. Sukma Says:

    Halo Anonymous,

    Benjolan meskipun tidak ganas, bisa timbul lagi BILA terapi tidak atau belum tuntas. . Bila benjolan itu TB kelenjar, maka minimal harus minum OAT selama enam bulan. Bila cukup besar benjolannya, sebaiknya diangkat/ operasi, agar fokus infeksi hilang sehingga akan memperpendek waktu minum OAT (obat anti-TBC). Bila terlalu lama minum OAT, kasihan organ liver atau hati anda yang bekerja extra dan bisa merusak jaringan hati (hepato-toxic).

Pages: « 43 … 34 33 32 [31] 30 29 28 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe