PERAHU LAYARLimfoma malignum atau istilah medisnya Non Hodgkin Lymphoma (NHL), adalah kanker ganas yang terdiri atas sel darah putih ganas yang menyebabkan pembengkakan menyeluruh kelenjar getah bening disekujur tubuh : leher, ketiak, lipat paha, mesenterium/jaringan  lemak perut, para cardial dikanan-kiri jantung, dst. Kenapa kelenjar getah bening membengkak?

Kelenjar getah bening ibarat pabrik yang membuat sel-sel darah putih. Dari germinal center akan terbentuk sel limfosit muda yang disebut limfoblast, makin matang bergerak ketepi menjadi limfosit matur. Limfosit ada yang T-limfosit ada B-limfosit.

T-limfosit akan ‘sekolah’ dulu di kelenjar thymus, untuk mengenali  segala sesuatu tentang cara melawan bakteri, kuman, virus, jamur, dll yang memasuki tubuh kita. Sedangkan B-limfosit akan khusus menangani hal/kejadian berkaitan dengan imunitas. Limfoit-B berasal dari imunoblast yang kemudian akan berkembang menjadi sel plasma.

Dalam keadaan normal sel-sel darah: sel darah merah, sel darah putih dan trombosit  akan berkembang dari muda/imatur menjadi matang/matur didalam sumsum tulang. Begitu sel darah menjadi matur, akan segera keluar dari sumsum tulang dan ikut aliran darah keseluruh tubuh. Jadi bila ditemukan sel-sel darah imatur, yang masih muda dan belum matang didalam aliran darah tepi, maka hal ini dikatagorikan abnormal/patologis dan patut dilacak lebih jauh..

Apabila sel darah putih imatur (limfoblast)  tidak berkembang menjadi sel darah putih  matur, berarti maturasi sel darah putih terhenti sampai disana (maturation arrest), dan tidak akan pernah menjadi matur. Maka limfoblast seperti ini akan bersifat ganas, dan sel-sel ganas akan  membelah diri tidak terkendali sehingga mendominasi populasi sel darah didalam tubuh kita. Keseimbangan populasi antara sel darah merah, sel darah putih dan trombosit menjadi terganggu. Inilah awal terjadinya kanker sel darah…

Dampak dari proliferasi sel darah putih yang tidak terkendali,  sel darah merah akan terdesak, jumlah sel eritrosit menurun dibawah normal yang disebut anemia. Selain itu populasi limfoblast yang sangat tinggi juga akan menekan jumlah sel trombosit dibawah normal yang disebut trombopenia. Bila kedua keadaan terjadi bersamaan, hal itu  akan disebut bisitopenia yang menjadi salah satu tanda kanker darah…

Secara kasat mata penderita tampak pucat, badan seringkali hangat dan merasa lemah tidak berdaya, selera makan hilang, berat badan menurun disertai pembengkakan seluruh kelenjar getah bening : leher, ketiak, lipat paha, dll.

Penyebabnya apa? Umumnya pada penyakit kanker hampir selalu disertai oleh susunan dan jumlah khromosom yang tidak normal. Kelainan khromosom pada limfoma dapat disebabkan oleh : infeksi virus EBV (Epstein-Barr Virus) dan bahan kimia dari pollutant, makanan dan minuman.

Paparan bahan kimia pada saat ini agak sulit untuk dihindari, karena berkaitan  dengan life style atau gaya hidup modern saat ini. Jadi industrialisasi dan modernisasi ibarat pisau bermata dua : satu sisi menguntungkan/mempermudah hidup dan satu sisi lainnya merugikan yaitu munculnya berbagai kanker yang sampai saat ini masih sulit ditanggulangi.. 

Kemajuan teknologi akan membawa serta dampak negatif bagi seluruh isi planet dunia dimana kita hidup, tidak terbatas pada manusia tetapi juga tanaman dan binatang..  So, think twice and be wise in applying technology…

And last but not least, pikiran yang tidak tenang/stressful, kemarahan yang meledak-ledak, kesedihan yang teramat dalam, dengki dan irihati semua itu akan memicu secara tidak langsung terjadinya kanker melalui neurotransmitter yang dikeluarkan pada setiap prilaku yang negatif tersebut..

Jadi, berpikir positif akan selalu menguntungkan kita baik dari segi sosial maupun kesehatan pribadi kita masing-masing… Be a positive thinker.

Popularity: 52%

Posted Tuesday, June 3rd, 2008 at 7:07 pm
Filed Under Category: Bahasa, Popular Health
You can leave a response, or trackback from your own site.

1,073 Responses to “Limfoma, kanker kelenjar getah bening, tersering pada usia produktif”

Pages: « 43 … 35 34 33 [32] 31 30 29 … 1 » Show All

  1. 800
    Dr. Sukma Says:

    Hai Limz,

    Jujur penyakit itu agak mengkhawatirkan. Jadi sebaiknya dilakukan biopsi jarum halus (FNAB) pada salah satu benjolan yang ada. FNAB dilakukan oleh dokter spesialis PA (Patologi Anatomik), periksa ke dokter umum minta dirujuk ke dokter SpPA. Jawaban atau diagnosis FNAB kemudian diberikabn ke dokter Innternist untuk ditindak lanjuti. Bila harus dioperasi, aaaaakan dirujuk ke dokter bedah umum..

    Cepatlah bertindak, sebelum penyakit menjadi bertambah berat dan jangan sampai menyesal nanti…. OK.

  2. 799
    ratna Says:

    selamat pagi dok
    dok saya mau tanya, sy punya benjolan di leher kanan ada 3 yg 2 masih kecil dan 1 lagi makin lm maembesar rasanya sakit klo ditekan trus pegel trus awalnya pusing sprt di tarik tarik sebentar2 slama 2 hr, sy sudah periksa ke agian penykit dlm katanya sih kista yg diakibatkan penyumbatan keringat trus sy disuruh operasi. Apakah benjolan itu klo tdk dioperasi tdk berbahaya? sy diberi resep obat 1. excelise 2. clendary 300 3. meloxin 15 g trimakasih dok

  3. 798
    Dr. Sukma Says:

    Halo Fitri,

    Setelah membaca tulisan anda yang panjang tsb, maka kesimpulan saya anda mengidap Mammary Aberrant p-ada ketiak anda. Artinya: terdapat jaringahn payudara yang sakah tempat, dibawa sejak lahir dan baru dirasakan setelah pubertas/ mesnstruasi. Gejalanya seperti yang anda tulis : pada sekitar masa haid akan terasa tegang, membesar dabn nyut2an sakit. Demikan pula pada saat hamil. benjolan doketiak itu akan membesar terasa tegang dan nyut2an juga.,..

    Mammary aberrant TIDAK berbahaya, akan tetapi akan terus menjadi masalah kesehatan. Terapinya adalah dengan operasi membuang jaringan yang salah tempat itu dan membersihkannya dari axilla/ ketiak. Makin cepat dilakukan operasi akan semakin baik dan menghilangkan stress atau beban pikiran anda…

  4. 797
    Dr. Sukma Says:

    Hai Wuri Nurma Jelita,

    TBC kelenjar TIDAK ditularkan. Yang menular adalah TBC paru2, melalui udara pernafasan (droplet infection)…. Bisa dibarengi obat tradisional atau herbal, tidak ada halangan…

  5. 796
    Dr. Sukma Says:

    Hai Dianda,

    Saya tinggal dan praktek di Pekanbaru. Alamat : Riau Pathology Center. Jalan Jend. Sudirman 121 Lantai 2 (diapit Modelux dan CFC), kompleks Mall Senapelan…

  6. 795
    DIIL THAFA JAUSHA Says:

    selamat pagi dok,
    Anak saya umur 5,4 thn berat badan 19kg.Ada benjolan disebelah kanan leher yang muncul sejak usia 2 bulan tidak ada rasa sakit. sekarang muncul lagi 3 benjolan kecil di kanan dan 1 di kiri. kemarin saya konsul ke dokter anak didagnosa TB KELENJAR dan dianjurkan konsumsi OAT selama 1 bln untuk mengetahui perkembangan benjolannya. saya belum melakukannya. saya mohon saran dokter untuk penanganan anak saya, sebagai tambahan informas, napsu makan dan berat badan anak saya stabil. Makasih sebelumnya.

  7. 794
    Dr. Sukma Says:

    Halo Nita,

    Bila tidak terjadi gatal-gatal/alergi, pendapat saya lebih baik minum kombinasi obat yang pertama yang anda tulis tersebut. Lebih patent dan lebih ampuh membunuh kuman TBC….

  8. 793
    nita Says:

    siang dok, setelah operasi tb kelenjar saya diberi obat
    1.INH 300
    2 rifampicin
    3pyrazinamid 500 g
    4. INH 100
    setelah mengonsumsi obat tersebut terasa gatal-gatal
    kemudian diganti dengan etambuthol dan ofloxaxin,
    saya konsumsi selama 3 minngu.kemudian saya coba lagi obat pertama( INH,rifampicin,pyrazinamid) ternyata tidak gatal2 lagi
    saya harus minum yang mana dok, saya takut kl cuma ethambutol dan ofloxaxin saja tidak maksimal.
    terimakasih dok, mohon penjelasannya

  9. 792
    Fitri Says:

    Sore Dok…

    Saya mengalami pembesaran kelenjar limfa di ketiak kiri sejak SMA tahun 2000 (dulu sempat punya gigi berlubang, apakah karena infeksi dari penyakit ini ya dok?), sekarang usia saya 26 tahun. Bila di tekan terasa sakit, tapi sempat bertahun-tahun pembesaran limfa menghilang, hingga saat hamil tahun 2006, kembali membesar dan juga terasa sakit bila di tekan. Saat itu saya periksa ke dokter ahli bedah, dokter bilang setelah melahirkan harus diangkat, dan saya di beri 2 macam obat (saya lupa namanya, yang saya ingat obat yang satu penghilang nyeri). kemudian setelah melahirkan, benjolannya semakin besar hingga tangan saya tidak bisa dirapatkan dengan badan bagian samping karena terganjal dan juga sakit (saat itu ASI saya sangat subur), tapi beberapa bulan selama saya menyusui, benjolan limfa semakin mengecil sehingga bila di raba hanya terasa kecil sekali, tapi kadang masih nyeri. itu saya biarkan saja, sampai akhirnya sekarang saya sedang hamil 3 bulan, benjolan limfa di ketiak kiri saya agak membesar lagi dan sangat terasa sakit, kadang sampai terasa sakit di lengan dan panyudara sebelah kiri saya.
    Saya belum memeriksakanya lagi, tolong jelaskan apakah penyakit saya ini berbahaya dan memang harus diangkat? bahaya kah untuk janin?
    Terima kasih Dok atas respon baik Anda.
    Salam…

  10. 791
    Wuri Nurma Juita Says:

    Hai Dok..

    kelenjar tbc apa bisa menular, jika ia bagaimana cara penularannya? jika c pasien sedang dalam tahap pengobatan dari dokter apa bisa dibrengi dengan obt2an tradisional?

    thx dokter sukma

  11. 790
    Dr. Sukma Says:

    Hai Luli,

    Saran saya sebaiknya periksa darah lengkap. Kemungkinan ada radang atau anda terkena anemia, yaitu hemoglobin anda dibawah normal… Kemungkinan kanker kelenjar getah bening sangat kecil….

  12. 789
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tami,

    Begini aja. Periksa ke dokter umumdulu, agar dibuatkan surat rujukan ke dokter spesialis PA(patologi anatomik), agar dilakukan FNAB. Nanti jawaban FNAB diberikan/ dibawa ke dokter penyakit dalam atau dokter bedah tergantung hasil atau diagnosis FNAB dari dokter SpPA..

    Pendapat saya SANGAT JARANG atau sangat kecil kemungkinan radang TBC pada lokasi ketiak/axilla. Jadi IGNORE/CUEKIN aja dan forget about M. TBC PCR (pemeriksaan detil DNA dari kuman Mycobacterium TBC), yang hanya membuang-buang uang untuk hal yang tidak perlu… Harga pemeriksaan itu so pasti selangit mahalnya… Saya TIDAK AKAN PERNAH menyarankan pasien untuk pemeriksaan PCR itu pada kasus seperti anda ini… Well, good luck semoga akhirnya anda bisa di FNAB untuk diagnosis keluhan anda tsb….

  13. 788
    luli Says:

    dokter,saya meraskan keluhan…
    sering demam…
    mudah capek…
    keringet dingin…
    sering pusing…
    nyeri di punggung…
    mudah capek+lesu…
    ada sedikit benjolan di ketiak,,
    apkah ini termasuk gejala kanker getah bening??
    trimaksh sebelumnya….

  14. 787
    Tami Says:

    Selamat malam Dokter Sukma,

    Saya sudah mengunjungi dokter Onkologi ternyata saya harus menjalani Biopsi utk mengetahui apakah benjolan di ketiak kiri saya.
    Ketika saya tanyakan apakah tidak bisa dgn cara lain, Prof. mengatakan daripada di tusuk2 dgn jarum (mungkin maksudnya FNAB yah dok? )lebih baik langsung diangkat aja, nanti baru diketahui itu TB kelenjar/lemak/atau apa.
    Aduh dokter Sukma, saya masih takut utk menjalani Biopsi, sebisa mungkin saya ingin menghindari pisau bedah, dan maksud saya sebelum dgn cara pengangkatan/pembedahan .. apakah tidak bisa dengan cara lain dulu. Mungkin dgn FNAB itu.
    Terus terang dokter, saya takut akan efek samping dari pengangkatannya.
    Dokter, apakah yg dimaksud dengan M.TBC PCR ??
    Terima kasih Dokter

  15. 786
    dianda Says:

    Halo dokter…

    saya mau tanya…dokter buka praktek di Pekanbaru gak?
    kalo ada alamat lengkapnya dimana

    terimakasih dok

  16. 785
    Dr. Sukma Says:

    Halo Henry,

    Kesimpulan saya istri anda mempunyai ‘mammary aberrant’ yaitu jaringan payudara yang berada di ketiak. Tidak berbahaya, namun bila dibiarkan akan bertambah besar. Obatnya yaitu operasi pengangkatan jaringan payudara yang salah tempat tersebut, tidak ada jalan lain…

    Operasi sifatnya TIDAK urgent, begitu ada beaya sebaiknya benjolan itu dibuang/operasi…. OK.

  17. 784
    malam dok saya mau tanya istri saya pada saat hamil muncul benjolan diketiak nyerinya sampai keseluruh tubuh.pda saat menyusui benjolan tu mengecil tapi kalau dipencet ada benjolan kecil keras didalam saya mau periksa tidak ada biaya gimana ya dok cara me Says:

    republikhati@yahoo.com

  18. 783
    Dr. Sukma Says:

    Hai Tami,

    Sebaiknya anda tenang dan jangan pikirkan hasil mammografi dan USG mammae serta axilla. Dari semua hasil pemeriksaan tersebut, ditemukan hanya benjolan kecil-kecil multiple pada axilla/ ketiak kiri yang menurut pengalaman itu adalah Mammary aberrant. Jadi terdapat kelenjar dan jaringan mammae pada lokasi yang tidak biasa, yaitu ketiak kiri. Biasanya keluhan berupa terasa membesar/tegang dan agak nyeri disaat dan menjelang haid… Sedangkan kedua payudara anda dalam batas normal…

    Mamamry aberrant terapiny berupa operasi pengangkatan jaringan mammae yang salah tempat tersebut.. Hanya itu, setelah operasi masalah tuntas, asal BERSIH pada saat pengangkata artinya tidak ada sisa jaringan mammae yang masih tertinggal di lokasi itu…. Sedangkan dugaan limfadenitis TBC atau limfoma, pendapat saya pasti bukan….

  19. 782
    Tami Says:

    Maaf dokter saya tambahkan :
    Wkt di Mammo dan USG saya sedang mens, nah kalau menjelang mens dan sedang mens saya rasakan benjolan di ketiak kiri saya ini lebih membesar dr biasanya.
    Waktu saya tanyakan soal tes FNAB ke dokter yg USG saya, dikatakan FNAB tdk bisa utk saya karena FNAB utk benjolan yg berupa cairan sdg kan benjolan saya padat/sedikit keras.
    Kalau harus biopsi saya takut dok, saya trauma dgn tindakan operasi dgn pembiusan lokal, krn wkt lahir anak ke 2 saya Caesar, ketika operasi berlangsung saya stres jantung berdegup kencang sampai akhirnya mata gelap lalu saya dengar suster bilang tensi saya 200.
    Hiks hiks hiks …. saya takut dok.
    Dgn cara tes apa lagi yah dok, Tes bisa dilakukan selain dgn biopsi ??? Tolong beri saya saran dan pendapat Dokter Sukma.
    Terima kasih atas perhatian dan bantuan dokter.

  20. 781
    Tami Says:

    Dokter Sukma yg terkasih,
    Saya baru saja periksa Mammo dan USG dok, tp hasil nya belum dpt saya bawa ke dokter krn sdh libur hari raya Idul Fitri. Saya ingin menanyakan pada dokter Sukma apa sesungguhnya hasil tes nya. Ini saya kirim hasil tes nya dok. Terima kasih atas bantuan dokter.

    Mammografi :
    - Kutis dan subkutis normal, pappila tak retraksi.
    - Fibroglanduler normal, tak terlihat distorsi arsitektur
    Fibroglanduler tak tampak lesi/ mass fokal.
    - Tak tampak stellate/ spiculae / mikrokalsifikasi.
    - Tak tampak pembesaran kelenjar getah bening di axilla.
    Kesan : Tidak tampak Malignancy di kedua Mammae.

    USG MAMMAE :
    Mammae dextra :
    - Echo struktur lapisan fibroglanduler normal
    - Tak tampak mass hipo/ hiperechoik

    Mammae sinistra :
    - Echo struktur lapisan fibroglanduler normal
    - Tak tampak mass hipo/ hiperechoik

    Tampak lesi hypoechoic multiple, konglomerasi di axilla sinistra
    dengan ukuran
    1.38×0.66 cm
    1.25×9.0.56 cm
    0.79×0.64 cm
    Tidak tampak lesi pada axilla dextra.
    Kesan :
    - Tidak tampak tumor mammae bilateral.
    - Massa axilla sinistra.
    DD/: – Lymphadenitis Tbc
    - Lymphoma
    - Lymphadenophaty

  21. 780
    icha hariani susanti Says:

    halo dokter. saya sedang bingung dan stres. di leher suami saya muncul 3 benjolan. semula kecil, tapi sekarang membesar sebesar kelereng. kata dokter mungkin itu kanker getah bening. apa yang harus saya lakukan? adakah pantangan-pantangan (mungkin makanan) bagi suami saya tsb.? seberapa bahaya-kah penyakit itu? apakah sangat mematikan? saya bener-bener kawatir dok.

  22. 779
    Dr. Sukma Says:

    Halo Yovi,

    Pendapat saya sebaiknya benjolan yang sudah berdiameter 5 cm itu diangkat/dibuang/dioperasi saja. Sebab sudah pasti akan berdampak buruk secara kosmetik, disamping itu penyakit jangan dipelihara… Semakin cepat dibuang untuk mengetahui kelainan yang ada secara pasti -setelah diperiksa histo-PA oleh seorang dokter spesialis PA- akan semakin baik. Karena akan menuntaskan masalah kesehatan anda. Terapi atau pengobatan pastinya disesuaikan dengan diagnosis pemeriksaan PA…

  23. 778
    Dr. Sukma Says:

    hai Nurmala Kurniawati,

    Submandibula dextra hanya menunjukkan lokasi, yaitu bawah rahang kanan. Tidak ada nama tumor atau kelainan yang ada… Mungkin anda mengutip kurang sempurna/ hanya sebagian saja. Pls review..

  24. 777
    nurmalia kurniawati Says:

    hay dok,sy mau tny dlu pernah USG krna ada cairan dbwah rahang.. dhsil itu dtulis submandibula dextra apa itu sejenis tumor atau kelenjar saja? mohon penjelasan nya.

  25. 776
    YOVI Says:

    dibawah telinga sebelah kiri tepat dibawah anting ada benjolan yang terus membesar , awalnya saya sadari waktu umur 19 tahun besarnya teraba sebesar biji kedele,namun saat ini mungkin sudah berdiameter 5 cm dan usia saya suda 32 tahun saya wanita dan baru mempunyai anak satu usia 20 bulan.
    benjolan tersebut jika ditekan bisa bergeser keatas kebawah atau kedalam, pernah dilakukan pemeriksaan katanya kelenjar TBC,. namun anehnya saya termasuk obesitass dengan tinggi 152 cm berat 80 kg. jika malam hari sering berkeringat sampai basah. kadang kepala sebelah kiri pusing dan kelenjar terasa sakit. mohon saran dan petunjuk dari ibu mengenai penyakit saya, kemana saya harus berobat?

Pages: « 43 … 35 34 33 [32] 31 30 29 … 1 » Show All

Leave a Reply

  • About

    Dr. Sukma Merati, DSPADr. Sukma Merati is founder and owner of Riau Pathology Center in Pekanbaru, Riau. Dr. Merati has had various international experience and training, including as a fellow doctor at The Mount Sinai Hospital in New York City, NY, USA (2000-2002). More >

  • Most Popular Posts

  • Calendar

    March 2015
    M T W T F S S
    « Dec    
     1
    2345678
    9101112131415
    16171819202122
    23242526272829
    3031  

    Archives By Month

    Backend

    Subscribe